PROPOSAL KEGIATAN MAGANG KERJA

Untuk Diajukan Kepada : PT. SMART,Tbk Jl. Raya Rungkut Industri no.19 Surabaya

September – November 2011

FAKULTAS PERTANIAN JURUSAN SOSIAL EKONOMI PROGRAM STUDI AGRIBISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

Raya Rungkut Industri no.19 Surabaya : Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang : Magang yang telah ditetapkan sesuai dengan prosedur kerja di perusahaan terkait sesuai dengan disiplin ilmu dan keahlian peserta Waktu pelaksanaan Lokasi : September .2011 LEMBAR PENGESAHAN Nama Kegiatan Pelaksana Kegiatan Bentuk Kegiatan : Kuliah Kerja Profesi (Magang) di PT.19 Surabaya Malang. 2 Mei 2011 Proposal Magang Kerja . SMART.Tbk Jl. Raya Rungkut Industri no.November 2011 : Jl.

maupun masalah yang dihadapi khususnya berkaitan langsung di bidang keahliannya. Untuk itu kami bermaksud mengenal lapangan kerja. akan dapat menambah pengetahuan tentang dunia kerja yang sesungguhnya. khususnya mahasiswa S-1 Jurusan Sosial Ekonomi. Universitas Brawijaya Malang. Dewasa ini sering dijumpai lulusan baru dari Perguruan Tinggi mengalami kesulitan dalam menghadapi kenyataan yang ada di lapangan. Magang adalah alternatif yang kami pilih untuk memenuhi maksud tersebut. merasa perlu diadakannya suatu praktek kerja. sehingga kelak dapat menjadi lulusan sarjana yang berpotensi.1 Latar Belakang Progam S-1 dibentuk dengan tujuan menghasilkan sumber daya manusia yang siap pakai dan ahli di bidangnya serta tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu.2 Alasan Pemilihan Obyek Kuliah Kerja Profesi Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Brawijaya berinisiatif menyelenggarakan Magang pada salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan pengolahan CPO atau kelapa sawit yang dianggap telah berhasil dalam persaingan pasar dan memberikan kontribusi nyata terhadap Proposal Magang Kerja . Fakultas Pertanian. kami sebagai mahasiswa. Berkaitan dengan pengenalan dan penerapan kemampuan baik secara teoritis maupun teknis pada suatu bidang kerja. Hal ini disebabkan kurang siapnya lulusan tersebut dengan kenyataan di lapangan yang ternyata jauh berbeda dengan apa yang didapat di bangku perkuliahan. demi terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas. Kami mengharapkan dengan Magang ini.BAB I PENDAHULUAN 1. sebelum terjun dalam dunia pekerjaan yang sesungguhnya. teknologi dan seni. Kurangnya bekal teknikal kepada mahasiswa dapat mengakibatkan sumber daya-sumber daya manusia yang dihasilkan menjadi kurang qualified. 1. Berdasarkan pada hal tersebut di atas.

manajemen keuangan (financial management). b. Adapun peserta dalam kegiatan Magang ini adalah mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian yang telah dibekali keterampilan dan keahlian di bidang manajeman komunikasi (integrated marketing communication). Sebagai wahana dalam penerapan teori-teori yang telah dipelajari selama mengikuti perkuliahan ke dunia usaha yang sesungguhnya. Bekal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat jika dapat dibuktikan secara nyata. 1. manajemen sumber daya manusia (human recources management).3.1 Tujuan Umum 1. Optimisme dan kesuksesan merupakan faktor kunci dalam keberhasilan kegiatan yang akan dilaksanakan. serta manajemen produksi dan operasi (production and operation management). maupun bagi mahasiswa sendiri serta untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang praktek dan dunia kerja sesungguhnya. baik pihak perusahaan.3 Tujuan Magang Kegiatan Magang ini kami laksanakan untuk mendapat manfaat yang sebesar-besarnya bagi semua pihak. c.4.4 Manfaat Magang 1. Dengan demikian kerja sama tersebut diharapkan mampu menciptakan kualitas tenaga kerja yang profesional dan kompetitif yang nantinya dapat berperan serta dalam dunia usaha baik secara lokal maupun internasional. 1. Untuk menambah wawasan praktis yang terdapat pada perusahaan sehingga mahasiswa mendapatkan gambaran realitas kerja yang sesungguhnya.2 Tujuan Khusus a. manajemen agribisnis (agribussiness management).3.pengolahan kelapa sawit menjadi beberapa produk olahan. 1. manajemen pemasaran (marketing management). Untuk melihat sejauh mana mata kuliah yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja.1 Bagi Mahasiswa Proposal Magang Kerja .

1.4. Merupakan sarana penghubung antara instansi atau perusahaan dan Lembaga Pendidikan Tinggi. c. 1. Merupakan sarana untuk alih ilmu di bidang Pemasaran khususnya Kemitraan dan lain-lain bagi kemajuan instansi atau perusahaan yang bersangkutan. Dapat mengenal lebih jauh realita ilmu yang telah diterima di perkuliahan dengan kenyataan yang ada di lapangan.2 Bagi Penyelenggara Program a. b. Menambah wawasan. b. pengetahuan dan pengalaman selaku generasi yang dididik untuk siap terjun langsung di masyarakat khususnya di lingkungan kerjanya.3 Bagi Instansi atau Perusahaan bersangkutan a. Dapat menguji kemampuan pribadi dalam berkreasi pada bidang ilmu yang dimiliki serta dalam tata cara hubungan masyarakat di lingkungan kerjanya. Sebagai sarana untuk memberikan pertimbangan dalam menentukan kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan oleh instansi atau perusahaan yang bersangkutan.4.a. Memperdalam dan meningkatkan ketrampilan dan kreativitas diri dalam lingkungan yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya. Dapat menyiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan kerjanya di masa datang. Untuk memperkenalkan instansi pendidikan Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya kepada instansi yang membutuhkan lulusan atau tenaga kerja yang dihasilkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. b. e. Proposal Magang Kerja . d. Sebagai bahan masukan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana program atau kurikulum yang telah diterapkan sesuai kebutuhan masyarakat pengguna lulusan program. c. dilihat dari segi sumber daya manusia yang dihasilkan Lembaga Pendidikan Tinggi.

specialty and frying fats amongst others. From this small palm plantation. Accreditation from the Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) and other quality and environment management systems have helped in penetrating the international markets and assisting the product to become the preferred choice both in the industrial as well as consumer segments. SMART. Today.. The journey from trading in coconut oil to its present position has seen a lot of transition. Membantu tugas dari karyawan instansi atau perusahaan dalam bidang Kemitraan dan Manajemen. shortening. In 1980. the products from the Proposal Magang Kerja . In order to secure raw material supply. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. The product range now includes cooking oil. The plantations are a major employer of local resources and indirectly support a greater number of people and communities throughout Indonesia. In 1968.1 Profil PT. Pabrik Bitung Manado Oil Ltd. the first factory to produce coconut oil was setup and later on Sayang Heulang in Bandung and Mulyorejo in Surabaya were added. the cultivation and operation of palm plantations is the foundation of Sinar Mas Agribusiness and Food division. Extensive distribution network ensures the availability of the products and helps in constantly increasing market share. Sinar Mas saw great potential in generating jobs for a large number of Indonesians. Intensive advertising and in-store promotion are also carried out to support the various brands. Sinar Mas modified its production facilities to enable the production of palm oil. Today. margarine. Tbk Sinar Mas started the agribusiness by trading in coconut oil and later integrated into production to support the trading activities.d. the company bought over a small company that cultivated palm plantation estate and produced crude palm oil.

) ketika sektor industri berlomba membangun keberlanjutan usaha mereka.2 Tinjauan Strategi Pengembangan Pengembangan Usaha adalah langkah-langkah yang diterapkan dalam upaya mengembangkan suatu usaha yang dapat diterapkan berdasarkan analisis yang telah ditentukan. pemerintah menginisiasi program stabilisasi harga guna menyediakan pasokan minyak goreng yang memadai dengan harga terjangkau. pendistribusian minyak goreng harus berada pada lokasi yang tepat. selalu menyandingkan aspek ekonomi. Setelah sekian tahun. sekaligus mengharuskan seluruh anggotanya menyelaraskan aspek ekonomi. perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit serta produk turunannya menyandarkan diri pada kaidah Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) sebagai sebuah wahana global yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam industri sawit. Dengan komitmen untuk selalu peduli terhadap sesama yang terjaga dan berkelanjutan 2. Strategi adalah suatu konsep untuk mengembangkan usaha yang Proposal Magang Kerja . itu sebabnya kami melibatkan seluruh unit usaha yang tersebar di berbagai kota termasuk bermitra dengan berbagai pihak. khususnya di bulan Ramadhan saat kebutuhan akan komoditas ini di masyarakat senantiasa meningkat. Sinar Mas selalu meyakini jika kemitraan dan koordinasi adalah kunci keberhasilan dalam mengatasi kondisi serta dinamika yang beragam di lapangan. PT SMART Tbk. sosial dan lingkungan dalam upaya memenuhi kebutuhan dunia terhadap minyak sawit yang terus meningkat. Pada bagian lain. Sebagai sebuah industri yang beroperasi berdasarkan prinsip agribisnis terbaik sesuai kaidah RSPO. Sebagai bagian dari CSR. sosial dan lingkungan guna mencapai produksi minyak sawit yang lestari. Sinar Mas mengandalkan produk bermerek Filma dan Kunci Mas. menjangkau khalayak yang paling membutuhkan. Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART Tbk.agribusiness and food division can be found in almost all the houses in Indonesia and also in many other parts of the globe. memegang kuat komitmen sangatlah penting. Sepanjang empat tahun terakhir.

Eksternal Factor Evaluation (EFE) yaitu salah satu pendekatan untuk menyusun profil peluang dan ancaman bagi perusahaan. Untuk mengukur kedua analisis tersebut digunakan Matriks EFE dan IFE. Selain Analisis SWOT. (Skandarini. juga digunakan analisis tentang Eksternal Factor Evaluation (EFE) dan Internal Factor Evaluation (IFE). Untuk mengukur Analisis SWOT digunakan Matriks SWOT yang di dalamnya terdapat Kekuatan dan kelemahan yang merupakan Faktor Internal perusahaan. Opportunity. serta Peluang dan perusahaan. Weakness. Dalam Menganalisis suatu strategi pengembangan yang diterapkan dalam suatu perusahaan. Sedangkan Internal Factor Evaluation (IFE) adalah suatu pendekatan untuk menyusun profil kekuatan dan kelemahan perusahaan.tepat sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan dan dapat bersaing dalam bisnis dengan mengoptimalkan kekuatan internal dan eksternal. Threat) yaitu salah satu cara untuk mengidentifikasikan berbagai faktor internal dan eksternal perusahaan secara seistematis dan menyeluruh. Jadi Strategi Pengembangan adalah suatu upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan guna mengembangkan usaha sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dan mampu bersaing dalam dunia bisnis (Soekartawi :2000). 2007) Ancaman yang merupakan faktor eksternal Proposal Magang Kerja . analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT (Strenght.

Adapun teknik pengumpulan data dalam melaksanakan Magang adalah sebagai berikut: a. Jalan Raya Rungkut Industri no. 3. Waktu pelaksanaan yaitu mulai 5September 2011ampai dengan bulan November 2011. Supervisi dilakukan oleh setiap pembimbing dengan ketentuan bahwa supervise penuh dilakukan oleh pembimbing lapang.1 Tempat dan Waktu Kegiatan Magang ini akan dilaksanakan di PT. meliputi pengendalian data-data mengenai potensi wilayah. Kegiatan Produksi Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan MDO antara lain merencanakan dan malaksanakan kegiatan penjualan. Sedangkan pembimbing mahasiswa bertugas memastikan bahwa peserta telah bekerja sesuai dengan prosedur Magang yang telah ditentukan.Tbk. menganalisis perilaku ekonomi dan konsumen. Seorang tenaga pemasar harus melakukan observasi wilayah. Pembimbing lapang diharapkan menjadi petunjuk utama bagi peserta dalam menguasai bidang yang sedang digeluti dan berhak menegur serta mengarahkan peserta Magang jika terdapat suatu kesalahan. Sales promotion and Trading.2 Metode Kegiatan Magang dilakukan dalam bidang Marketing Development Officer (MDO) dan Human Resources Development (HRD).BAB III METODE PELAKSANAAN 3.19 Surabaya. SMART. pengembangan serta pembinaan pasar agar rencana penjualan yang sudah ditetapkan dapat tercapai dan berkembang setiap saat serta terpeliharanya pasar dan perkembangan pasar. Wawancara Proposal Magang Kerja .

3.Wawancara atau interview.4 1. Dokumentasi Dokumentasi adalah salah satu alat kelengkapan data yang bertujuan untuk menunjang informasi yang sudah didapat dilapang sehingga deskripsi dan argumentasi yang dimunculkan akan semakin optimal. 5. Observasi partisipatif Observasi partisipatif adalah kegiatan pengamatan secara mendalam dan terlibat secara langsung di lapang perusahaan PT. Agung Widyanto (0810440006) Minat :Manajemen Produksi 4. Bidang yang diinginkan Arlinda Dyah Ayuningtyas (0810440026) Minat : Sales Marketing and promotion pada pendistribusian dan penjualan produk minyak goreng 2. Agung Setyo Nugroho (0810440005) Minat :Human Resources Development (HRD) Bogie Wardhana Satriyonegoro Minat : Manajemen produksi 3. SMART. Ayu Dwi Mestika Ridzi (0810440028) Minat : Human Resources Development (HRD) 3.Tbk. dilakukan untuk memperoleh data primer dan sekunder dengan malakukan tanya jawab serta diskusi langsung pada pihak-pihak yang yang bersangkutan. b. Dokumentasi ini dapat berupa foto kegiatan dan lain sebagainya. Observasi partisipatif dilakukan untuk mendapatkan data primer. c.3 1. Pembimbing Dalam kegiatan ini melibatkan 2 orang pembimbing yang terdiri atas: Pembimbing mahasiswa Proposal Magang Kerja .

5 Daftar Riwayat Hidup Mahasiswa (terlampir) Proposal Magang Kerja . 3. Fakultas Pertanian. Pembimbing lapang Pembimbing lapang akan ditentukan oleh pihak perusahaan terkait. Universitas Brawijaya.Pengajar pada jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. sebagai dosen pembimbing Magang. 2.

Demikian harapan kami. Selain itu mahasiswa dapat mengetahui kondisi kerja di lapangan yang sesungguhnya. sehingga ada suatu keuntungan timbal balik antara kami dengan pihak instansi atau perusahaan. Kami juga berharap pihak instansi atau perusahaan berkenan memberikan bimbingan selama melaksanakan kegiatan Magang.BAB IV PENUTUP Magang yang kami laksanakan ini merupakan salah satu program akademik Program Studi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Proposal Magang Kerja . Kami akan berusaha untuk dapat melaksanakan Magang ini sesuai aturan yang berlaku di instansi atau perusahaan dengan sebaik-baiknya. dan atas perhatian pihak perusahaan kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Besar harapan kami semoga pihak instansi atau perusahaan berkenan untuk membantu dan memberikan tempat yang dapat kami pergunakan untuk kelancaran kegiatan Magang ini. dengan maksud agar mahasiswa dapat mengaplikasikan materi-materi yang telah didapat selama di bangku perkuliahan sesuai dengan kemampuannya.

1 No. Nama NIM Tempat/ Tanggal Lahir Alamat Rumah Nganjuk Alamat Malang Malang Jenis kelamin No. Nama NIM Tempat/ Tanggal Lahir Alamat Rumah Ponorogo Alamat Malang Malang Jenis kelamin No. Nama Lengkap Proposal Magang Kerja . Hp E-mail Status Pernikahan 3. Sigura-Gura Kec. 9 : Laki-Laki : 085646182507 / 082141689745 : withd. : Laki-Laki : 085648698080 : agungubfp@yahoo.Lampiran DAFTAR RIWAYAT HIDUP 1. 15 Juni 1990 : Perum Pondok Kencana blok S/2 : Jalan Sigura-Gura Barat 1 No. Barat Ngebel. Hp E-mail Status Pernikahan : Agung Setiyonugroho : 0810440004 : Ponorogo/ 20 Mei 1989 : : Desa Jalan Ngrogung.com : Belum menikah : Arlinda Dyah Ayuningtyas 2.9 Kab.anto@gmail.com : Belum menikah : Agung Widyanto Firmansyah : 0810440005 : Madiun.

Hp Email Status Pernikahan : 08104400026 : Bandung/ 10 Juni 1990 : Taman Pinang Indah G3 No. 18 : Perempuan : 08170513006 : arlindadyahayuningtyas@yahoo. Tumenggung Suryo No. 3 Bondowoso : Jalan Sigura-gura Barat I No. Nama Lengkap NIM Tempat/ Tanggal Lahir Alamat Rumah Alamat Malang Malang Jenis Kelamin No.co. Nama Lengkap NIM Tempat/ Tanggal Lahir Alamat Rumah Alamat Malang Jenis Kelamin No. : Jalan R.NIM Tempat/ Tanggal Lahir Alamat Rumah Sidoarjo Alamat Malang Malang Jenis Kelamin No. Hp Email Status Pernikahan : Ayu Dwi Mestika Ridzi : 08104400028 : Medan/ 16 Juni 1990 : Perumahan Graha Tartila Blok F-20 Blandongan. 9 : Laki-Laki : 085649258117 / 081336515955 : : Belum menikah 5.com Proposal Magang Kerja .id : Belum menikah 4.com : Belum menikah : Bogie Wardana Satriyonegoro : 0810440035 : Bondowoso/ 26 Mei 1990 : Jalan Mastrip No. Hp Email Status Pernikahan bogiewardanasatriyonegoro@gmail. 12. Pasuruan : Jalan Raya Sumbersari 285 B Malang : Perempuan : 085790870870 / 082139502826 : ziri_luchuw@yahoo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful