P. 1
TEHNIK OLAH VOKAL

TEHNIK OLAH VOKAL

|Views: 94|Likes:
Published by Cello Sadiva

More info:

Published by: Cello Sadiva on Jul 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2013

pdf

text

original

TEHNIK OLAH VOKAL

Pertama-tama, hal yg paling penting dalam seni vokal adalah pernafasan. Pernafasan saat bernyanyi dengan pernafasan biasa tentu jauh berbeda. Bagi yg tidak biasa bernyanyi, mungkin rasa 'ngos-ngosan' bila bernyanyi.

Prinsip pernafasan saat bernyanyi adalah menghirup udara secepat dan sedalam mungkin, lalu mengeluarkannya sehemat mungkin dan lama. Bahkan kita tak perlu menghirup nafas !. Kita hanya perlu mengembangkan rongga dada, dan kemudian udara otomatis akan terisi.. Jadi tak perlu ada suara2 yg mengganggu di microphone saat kita bernyanyi.

Pernafasan di bagi menjadi tiga garis besar, yaitu : pernafasan dada, diafragma dan perut. Ada sedikit kontradiksi di sini. Sebagian orang ada yg bilang pernafasan perut yg bagus dalam bernyanyi, ada jg yg bilang pernafasan diafragma.. Namun gw mengatakan pernafasan perut itu melelahkan, sedangkan pernafasan diafragma itu lebih menyimpan banyak udara.

Kalau pas ambil napas dada dan bahu bahu kamu terangkat, itu tandanya pake paru2. contoh: kalau kamu tersentak kaget, nah itu ambil napasnya pake paru2.

Kalau pas ambil napas justru perut atau bagian bawah dada yang mengembang tanpa mengangkat bahu / dada, maka itu adalah pernapasan diafraghma.

Sikap Tubuh

Seluruh badan mulai dari kepala sampai ujung kaki harus diberi latihan supaya santai, ambil napas pelan-pelan, lalu hembuskan. Diulang terus dengan teratur.

Bisa juga pada saat menghembuskan nafas badan kamu bungkukkan (kayak posisi rukuk waktu sholat) tapi kepala nggak lihat ke depan melainkan ke bawah (bahkan agak ngeliat ke belakang lewat kolong kedua kaki), juntaikan tangan ke bawah. Digoyangkan biar relax. (posisi kedua telapak kaki lurus ke depan dengan jarak sejengkal di antara keduanya.

Lalu perlahan-lahan naik, angkat badan kamu, tapi tumpu kekuatan lewat punggung. Jadi kamu akan ngerasa kalau tulang belakang kamu itu perlahan-lahan naik ke atas ngikutin

th. harus konsentrasi dengan target nada. dia bisa memijat punggung sembari badanmu naik menuju posisi tegak. Latihan lidah "La-la-la. Ingat.. (Kalau ada temanmu. .. Latihan Mulut Kemudian latih bagian rahang dengan huruf-huruf vokal dan konsonan. Lalu latihan bibir Nyanyikan tangga nada dengan bibir terkatup jadi bunyinya bakal "brrrrr-brrrr-brrr-brrr" nyanyikan tangga nada arpeggio secara staccato (patah) maupun legato. rahang harus relaks. arpeggio.badanmu yang ikut tegak. Selama proses itu kamu bernapas dengan teratur. AIUEO Latihan Diafraghma : Huruf K – Ch – K – ch – sssst . ho-ho-ho. kamu baru boleh nyanyi.ha-ha-ha Lalu latihan wilayah nasal (hidung) : "nya-nya-nya" dengan benar-benar menekankan suara cempreng dari hidup." (biar ga bosen bisa sekalian latih semuanya pakai tangga nada.) Setelah sudah relaks. tatata. Ketika nyanyi. dengan tempo cepat. Napas harus teratur dan kontrol power dengan baik. ra ra ra.

" taruh tangan di bawah samping rusuk dan rasakan bagian itu mengencang. Bahu jangan di angkat saat bernafas selama bernyanyi. dan ujungnya menyentuh bagian belakang gigi seri bawah kita. kaki agak di jarangkan. hidung untuk nada2 tinggi. usahakan agar selebar dan seluas mungkin. jauh beda sama Eric Martin aslinya ! ). dalam setiap lagu2nya. karena akan mengakibatkan tenggorokan kelelahan). Lebarkan mulut saat bernyanyi dengan nada rendah. terutama saat menarik nafas. Outward Support ini cukup vital utk bernyanyi. (kalo lo nyanyiin ga pake outward support. karena kita membutuhkan support untuk mengeluarkan nada agar lebih gress dan pitch nya terjaga (sebenarnya gw sulit menguraikannya dengan kata2 ) Bagaimana caranya ?. agar resonansi udara dalam berjalan dengan baik. Eric Martin adalah contoh vokalis yg bagus dalam penggunaan teknik itu. Dada diperlebar cenderung di majukan ke depan. agar bisa berdiri seimbang. karena hal itu dapat membantu. Bentuk Mulut Mulut usahakan agar terbuka lebar bagi pemula. Kencangkan bagian samping bawah tulang rusuk.. dan terakhir resonansi kepala bila hendak mengambil nada2 amat tinggi.. maka garing bgt suara lo !.tinggi maupun slow dia selalu menggunakannya. rileks. karena sering gw perhatikan hal ini sulit bagi pemula. Resonansi dada berguna dalam mengambil nada2 rendah. sekali lagi seperti kita menguap. Rongga mulut seperti kita menguap. baik itu keras . Lidah di datar kan selama bernyanyi. tenggorokan untuk suara yg jernih (namun jangan menumpukan suara pada tenggorokan. dan fleksibel. jadi prinsipnya agar ruang keluar udara dapat menjadi lebar. NAH ! tahan terus selama bernyanyi (fleksibel aja ya). Perhatikan juga bagian atas rongga mulut. Lidah harus se rileks mungkin. . coba katakan "HISSSSS.Badan kita mesti tegap..

b. biasanya dipakai untuk nada2 rendah. tajam. Biasanya vokalisnya bee gees pake suara nasal. resonansi dada biasanya punya warna karakter gelap. biasanya untuk warna suara percakapan. Nasal (rongga hidung) 4. resonansi nasal (mask resonance).Resonanansi Suara Dalam vokal. punya warna yang bright. Kepala a. resonansi kepala (bukan head register atau falsetto). ada 4 warna utama atau resonansi : 1. d. sensual dan seksi. Dada 2. berat. resonansi ini dipakai untuk vokal lembut di seluruh jangkauan nada vokal. . atau penyanyi country selain pakai resonansi mulut juga pakai resonansi nasal. c. Untuk lebih memperjelas pengucapan bisa pakai resonansi ini. cerah. Mulut 3. resonansi mulut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->