P. 1
Bahan_Motivasi

Bahan_Motivasi

|Views: 36|Likes:
Published by pakaman

More info:

Published by: pakaman on Jul 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/25/2011

pdf

text

original

Bahan Motivasi

Penyesuaian diri dikatakan untuk memuaskan motif ´. ( Anwar Prabu Mangkunegara 2006:93 . The adjustment is said to satisfy the motive ³.Menurut Abraham Sperling mengemukakan bahwa motif adalah : ³ Motive is defined as tendency to activity. dimulai dari dorongan dalam diri (drive) dan diakhiri dengan penyesuaian diri. Yang artinya :³ Motif didefinisikan sebagai suatu kecenderungan untuk beraktivitas. started by a drive and ended by an adjustment.

Sedangkan menurut William J. Stanton definisi motif adalah sebagai berikut : ³ A motive is a stimulated need which a goal-oriented individual seeks to satisfy ´. ( Anwar Prabu Mangkunegara 2006:93 ) . Yang artinya : ³ Suatu motif adalah kebutuhan yang distimulasi yang berorientasi kepada tujuan individu dalam mencapai rasa puas ³.

.Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa motif merupakan suatu dorongan didalam diri seseorang dalam beraktivitas demi mencapai suatu kepuasan individu.

Stanford mendefinisikan motivasi sebagai berikut : ³ Motivation as an energizing condition of the organism that serves to direct that organism toward the goal of certain class ³.( Anwar Prabu Mangkunegara 2006:93 ) .Menurut Fillmore H. Yang artinya : ³Motivasi sebagai suatu kondisi yang menggerakkan manusia kearah suatu tujuan tertentu ³.

and maintenance of behaviors relevant in work setting ³. dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja µ. mengarahkan. McCormick mendefinisikan motivasi kerja sebagai berikut : ³ Work motivation is defined as conditions which influence the arousal. Yang artinya : ³ Motivasi kerja didefinisikan sebagai kondisi yang berpengaruh membangkitkan. . direction.Menurut Ernest J.

bekerja efektif.Menurut Malayu Hasibuan (2006:143) definisi motivasi adalah sebagai berikut : ³ Motivasi adalah pemberian daya penggerak yang menciptkan kegairahan kerja seseorang agar mau bekerja sama. . dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan ³.

Yang artinya :³Motivasi adalah suatu keahlian. it is a skill in aligning employee and organization interest so that behavior result in achievement of employee want simultaneously with attainment or organizational objectives ³. sehingga keinginan para pegawai dan tujuan organisasi sekaligus tercapai ³.Sedangkan menurut Edwin B Filippo definisi motivasi adalah sebagai beikut : ³ Direction or motivation is essence. ( Malayu Hasibuan 2006:143 ) . dalam mengarahkan pegawai dan organisasi agar mau bekerja secara berhasil.

Berdasarkan pengertian motivasi diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah kondisi yang menggerakkan karyawan agar mampu mencapai tujuan dari motivnya .

‡Meningkatkan efisiensi penggunaan alat-alat dan bahan baku. ‡Meningkatkan tingkat kesejahteraan karyawan. ‡Mempertahankan kestabilan karyawan perusahaan. ‡Mengefektifkan pengadaan karyawan. ‡Meningkatkan loyalitas. kreativitas.Tujuan motivasi menurut Malayu Hasibuan (2006:146) antara lain sebagai berikut : ‡Meningkatkan moral dan kepuasan kerja karyawan Meningkatkan produktivitas kerja karyawan. ‡Menciptakan suasana dan hubungan kerja yang baik. dan partisipasi karyawan. ‡Mempertinggi rasa tanggung jawab karyawan terhadap tugas-tugasnya. ‡Meningkatkan kedisiplinan karyawan. .

Imbalan atau hukuman Prestasi (evaluasi dari tujuan yang tercapai) 4. Perilaku yang berorientasi pada tujuan. Gambar sebagai berikut menjelaskan bagaimana suatu proses motivasi terjadi : .1. 3. Mencari Karyawan jalan untuk memenuhi kebutuhan 5.Kebutuhan yang tidak terpenuhi 6. Kebutuhan yang tidak dipenuhi dinilai kembali oleh karyawan 2.

Kebutuhan aktualisasi diri (self-actualization needs). dan lain-lain. dicintai orang lain . 4. Kebutuhan fisik (physiological needs).Teori Motivasi kebutuhan menurut Abraham Maslow. dan mencintai orang lain. Kebutuhan social (social needs) Kebutuhan ini berkaitan dengan menjadi bagian dari orang lain. Kebutuhan yang berkaitan tidak hanya menjadi bagian dari orang lain (masyarakat). . tetapi lebih jauh dari itu. Kebutuhan rasa aman (safety needs). 1. 5. 3. Kebutuhan ini berkaitan dengan kebutuhan rasa aman dari ancamanancaman dari luar yang mungkin terjadi seperti keamanan dari ancaman orang lain. yaitu diakui/dihormati/dihargai orang lain karena kemampuannya atau kekuatannya. minuman. pakaian. kebutuhan yang harus dipenuhi untuk dapat mempertahankan diri sebagai makhluk fisik seperti kebutuhan untuk makanan. 2. atau ancaman bahwa suatu saat tidak dapat bekerja karena faktor usia atau faktor lainnya. ancaman alam. Kebutuhan pengakuan (esteem needs). seks. Kebutuhan yang berhubungan dengan aktualisasi / penyaluran diri dalam arti kemampuan/minat /potensi diri dalam bentuk nyata dalam kehidupannya merupakan kebutuhan tingkat tertinggi dari teori Maslow.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->