P. 1
PRESENTASI AKUTANSI

PRESENTASI AKUTANSI

|Views: 77|Likes:
Published by Bangkit Pratama

More info:

Published by: Bangkit Pratama on Jul 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/25/2011

pdf

text

original

Assalamualaikum wr.

wb

PRESENTASI AKUNTANSI

‡ ‡ ‡ ‡

Disusun oleh : Nuris shoumus salam Bangkit sandi pratama Agil trihadi Anugrah vicky wiratna

DEFINISI AKUNTANSI

DEFINISI MENURUT PARA AHLI DAN LEMBAGA AKUNTANSI LAINNYA .

Menurut Warren dkk akuntansi itu dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaanµ. .

Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.µ .Menurut Littleton akuntansi adalah untuk pelaksanaan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi).

umumnya dalam ukuran uang. yang digunakan dalam memilih di antara beberapa alternatif. mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi.Menurut Accounting Principle Board Statement No. . 4 mendefinisikan akuntansi sebagai suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk memberikan informasi kuantitatif.

.Menurut American Accounting Association ( AAA ) Akuntansi itu merupakan Proses mengidentifikasikan. untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut ". mengukur dan melaporkan informasi ekonomi.

transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. .KESIMPULANNYA Akuntansi adalah suatu proses mencatat. mengklasifikasi. mengolah dan menyajikan data. meringkas.

SEJARAH PERKEMBANGAN AKUNTANSI DUNIA .

Sekitar abad ke-16 terjadi beberapa perubahan di dalam teknik-teknik pembukuan. . Perubahan yang patut dicatat adalah diperkenalkan jurnal-jurnal khusus untuk pencatatan berbagai jenis transaksi yang berbeda.

di abad ke-17 dan abad ke-18 terjadi evolusi pada personifikasi dari seluruh akun dan transaksi. . sebagai suatu usaha untuk merasionalisasikan aturan debit dan kredit yang digunakan pada akun-akun yang tidak pasti hubungannya dan abstrak. Sebagai tambahan lagi.Pada abad ke-16 dan 17 terjadi evolusi pada praktik laporan keuangan periodik.

Abad ke-17 juga mencatat terjadinya penggunaan akun-akun persediaan yang terpisah untuk jenis barang yang berbeda. .

dan kepercayaan yang diberikan kepada konsep-konsep mengenai kelangsungan. akuntansi mendapatkan status yang lebih baik.diawali dengan East India Company di abad ke-17 dan selanjutnya diikuti dengan perkembangan dari perusahaan tadi. yang ditunjukkan dengan adanya kebutuhan akan akuntansi biaya. periodisitas. . seiring dengan revolusi industri. dan akrual.

Akuntansi biaya muncul di abad ke-19 sebagai sebuah hasil dari revolusi industri. Sampai dengan awal abad ke-19. depresiasi untuk aktivitas tetap hanya diperhitungkan pada barang dagangan yang tidak terjual. .Metode-metode untuk pencatatan aktivitas tetap mengalami evolusi pada abad ke-18.

. sebagai cara untuk memungkinkan dilakukannya perhitungan dari laba periodik.Pada paruh terakhir dari abad ke-19 terjadi perkembangan pada teknik-teknik akuntansi untuk pembayaran dibayar di muka dan akrual. Akhir abad ke-19 dan ke-20 terjadi perkembangan pada laporan dana.

sewa jangka panjang dan pensiun. mulai dari perhitungan laba per saham. sampai kepada masalah penting dari akuntansi sebagai produk baru dari rekayasa keuangan (financial engineering). akuntansi untuk inflasi. . akuntansi untuk perhitungan bisnis.Di abad ke-20 terjadi perkembangan pada metode-metode akuntansi untuk isu-isu kompleks.

SEJARAH AKUNTANSI DI INDONESIA .

penggolongan. dan aktivitas lain dengan tujuan menciptakan informasi akuntansi berdasarkan data. peringkasan.Perkembangan Akuntansi di Indonesia Indonesia awalnya menganut sistem akuntansi Kontinental. seperti proses pencatatan. . Sistem ini disebut dengan tata buku yang menyangkut kegiatan-kegiatan bersifat konstruktif. seperti yang dipakai oleh pemerintah Hindia Belanda.

Akan tetapi. baik perusahaan atau perseorangan semakin banyak menerapkan sistem akuntansi Anglo Saxon. Di Indonesia. dalam perkembangan selanjutnya tata buku mulai ditinggalkan orang. dapat disimpulkan bahwa pembukuan merupakan bagian dari akuntansi.Maka. .

Sebagian besar penanaman modal asing menggunakan sistem akuntansi Amerika Serikat (Anglo Saxon).Berkembangnya sistem akuntansi Anglo Saxon di Indonesia disebabkan adanya penanaman modal asing. Penyebab lainnya karena sebagian besar mereka yang berperan dalam kegiatan perkembangan akuntansi menyelesaikan pendidikannya di Amerika. kemudian menerapkan ilmunya di Indonesia. .

AKUNTANSI SEBAGAI SISTEM INFORMASI .

.Akutansi memiliki proses yang terdiri dari tahapan-tahapan untuk dapat menghasilkan laporan yang diinginkan dan dilakukan oleh akuntan yang sama yaitu transaksi ruparupa.

. Proses Mengklarifikasi Transaksi Tahap yang awal ini adalah di mana dilakukan suatu pembagian transaksi suatu organisasi atau perusahaan ke dalam jenisjenis tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.1.

. sumber-sumber yang dapat dijadikan bukti adanya transaksi yaitu seperti kertas-kertas bisnis semacam bon. Masukkan transaksi yang ada ke dalam jurnal yang tepat sesuai urutan transaksi terjadi atau kejadiannya. data selanjutnya adalah melakukan pencatatan.2. Proses Mencatat Dan Merangkum Setelah melakukan pengklarifikasian. struk. bill. dan lain sebagainya. sertifikat. nota.

pembelian. pengeluaran kas. penerimaan kas dan lain sebagainya ke dalam masing-masing bagian.Contoh : Seperti membagi transaksi yang masuk ke dalam penjualan. Sedangkan untuk transaksi yang jumlahnya kecil dan jarang terjadi bisa sama-sama dimasukkan ke dalam jenis kategori .

3. Proses Menginterpretasikan Dan Melaporkan Setelah kedua proses di atas dijalankan. . Segala hal yang berhubungan dengan keuangan perusahaan diungkapkan pada laporan keuangan tersebut. maka proses yang terakhir adalah melakukan pembuatan kesimpulan dari kegiatan atau pekerjaan laporan keuangan sebelumnya.

KARAKTERISTIK AKUNTANSI .

KARAKTERISTIK AKUNTANSI SECARA UMUM : 1. Konversi data 4. Jaringan arus informasi 3. Memiliki Tujuan utama 6. Pengguna informasi 5. Memerlukan sumber daya . Tumbuh dan berkembang sepanjang masa 2.

WASSALAMUALAIKUM.WR.WB .

1. Tumbuh dan berkembang sepanjang masa sistem informasi mengalami perubahan besar dalam kehidupan dalam suatu perusahaan. sistem informasi cenderung meluas sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan . Perubahan ini memungkinkan sistem informasi beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi.

. Jaringan arus informasi sistem informasi menyediakan informasi ke berbagai pihak di dalam ataupun di luar perusahaan.2.

.3. Konversi data sistem informasi akan mengkonversi input menjadi output.

kreditur. Pengguna informasi informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi digunakan oleh pengguna internal (manajer dan karyawan) dan pengguna eksternal (pelanggan. Pengguna informasi akan bertambah banyak seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan. Hal ini dikarenakan pihak-pihak yang terkait pun semakin banyak. pemegang saham.4. dan instansi pemerintah). .

yaitu : (1) Menyajikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan. (3) Menyajikan informasi yang berkenaan dengan kepengurusan. Tujuan sistem informasi memiliki tujuan utama.5. (2) Menyajikan informasi untuk mendukung operasi harian. .

. personalia. sistem informasi memerlukan sumber daya yang mencakup data. dan dana. peralatan. perlengkapan.6. Memerlukan Sumber daya agar dapat berfungsi.

WB .WASSALAMUALAIKUM.WR.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->