P. 1
Pengertian Bayi Tabung~83

Pengertian Bayi Tabung~83

|Views: 203|Likes:

More info:

Published by: Nabila Rizki Pratiwi on Jul 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2014

pdf

text

original

TUGAS IPA BAYI TABUNG

DI BUAT OLEH : ADITYA RAHMAN FANNY INDAH SARI NABILA RIZKI PRATIWI SAMUEL ANDAR H

4. merupakan komplikasi dari proses stimulasi perkembangan telur dimana banyak folikel yang dihasilkan sehingga terjadi akumulasi cairan di perut. Efek Samping Bayi Tabung 1.perkembangan selama kehamilan seperti biasa. . kemungkinan terjadi sekitar 5%. Selanjutnya diharapkan embrio itu akan tumbuh sebagaimana layaknya di dalam rahim wanita. Setelah pembuahan hasil konsepsi tersebut dipelihara beberapa saat dalam tabung tadi sampai pada suatu saat tertentu akan dicangkokan ke dalam rahim wanita tersebut. Prosenya mula-mula dengan suatu alat khusus semacam alat untuk laparoskopi dilakukan pengambilan sel telur dari wanita yang baru saja mengalami ovulasi. Ovarian Hyperstimulation Syndrome (OHSS). 2.Pengertian Bayi Tabung Bayi tabung adalah bayi hasil konsepsinya (yi dari pertemuan antara sel telur dan sperma) yang dilakukan dalam sebuah tabung yang dipersiapkan sedemikian rupa di laboratorium. bukan merupakan rahasia lagi kalau proses bayi tabung bisa menghasilkan lebih dari satu bayi. Karena prosedurnya menggunakan jarum khusus yang dimasukkan ke dalam rahim. Dibuat sedemikian rupa sehingga temperatur dan situasinya persis sama dengan aslinya. Cairan bisa sampai ke rongga dada dan yang paling parah harus masuk rumah sakit karena cairan harus dikeluarkan dengan membuat lubang dibagian perut.. Tingkat keguguran kehamilan bayi tabung sekitar 20%. Kemudian sel telur yang diambil tadi dibuahi dengan sperma yang sudah dipersiapkan dalam tabung yang suasananya dibuat persis seperti dalam rahim. 3. resiko pendarahan bisa terjadi yang tentunya membutuhkan perawatan lebih lanjut. Didalam laboratorium tabung tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai dengan tempat pembuahannya yang asli yaitu rahim ibu atau wanita. Jangan takut dulu. Kalau tidak dikeluarkan bisa menggangu fungsi tubuh yang lain. Keguguran. Dan sayangnya ini terjadi terhadap saya« Kehamilan kembar. Tidak jarang bayinya bisa masuk ICU karena prematur. OHSS yang parah ini hanya dialami oleh sekitar 1% dari pasien« kata dokter. Tak terbayang rasanya kalau mengandung bayi lebih dari satu. tapi katanya resiko melahirkannya lebih tinggi dari kalau hanya satu bayi. sangat jarang terjadi. kalau kembar dua sih umum« coba kalau tiga atau lebih « aduh perut bisa kaya apa yah? dan bayinya pasti kecil-kecil. Sudah tentu wanita tersebut akan mengalami kehamilan . Resiko pendarahan pada saat pengambilan sel telur (Ovum Pick Up). Kelihatannya enak punya anak kembar. Kalau kembar dua saya maaau sekali« dua anak cukup. Kehamilan diluar kandungan atau kehamilan ektopik. Ini memang bisa juga terjadi pada kehamilan normal. 5.

. Pengeluaran telur melalui proses operasi kecil. Perkembangan hormon yang terkontrol dimulai sesaat setelah mendapatkan mens. Agar emrio dalam rahim dapat bertahan & berkembang dengan baik maka saya harus mengalami suntikan hormon setiap hari selama 17 hari. 36 jutaan rupiah (kurs Rp 6000/SGD). Setelah dua hari pembuahan. 3. 2. Persiapan mental diwajibkan bagi pasangan lewat konseling yang diberikan oleh pekerja sosial yang disediakan oleh rumah sakit.Biaya bayi tabung Dari statistik biaya per proses bayi tabung rata-rata sekitar SG$6000 an atau sekitar Rp. 6. dilakukan oleh embriologist di rumah sakit. sudah termasuk obat-obatan. embrio yang terbaik dipilih dan dimasukkan kedalam rahim. Intinya kita disuruh bersiap untuk menghadapi keadaan kalau proses bayi tabung berhasil maupun tidak berhasil. hanya memerlukan wantu sekitar 10 menit. 7. Tahap pematangan telur melalui injeksi obat hormon satu hari sebelum sel telur yang matang dikeluarkan. Berikut ini adalah tahap-tahap proses bayi tabung di salah satu rumah sakit di Singapore yang telah saya jalani. tepatnya pada hari ke dua lewat suntikan yang diberikan setiap hari selama kurang lebih tiga minggu« ya betul 3 minggu! sampai mencapai ukuran telur yang diharapkan. Proses bayi tabung Untuk memulai proses bayi tabung dibutuhkan tekad yang kuat mengingat prosesnya yang tidak mudah. 4. Kali ini prosesnya mudah. 1. Setelah itu barulah didapatkan kepastian hamil atau tidak. Tahapan proses pembuahan sel telur dengan sperma menjadi embrio. 5. telur diambil sebanyak-banyaknya.

sel telur yang sudah matang (seperti masak telur saja ya) diambil dari indung telur lalu dibuahi dengan sperma di dalam sebuah medium cairan. In vitro adalah bahasa latin yang berarti dalam gelas/tabung gelas (nah nyambung juga kan dengan kata tabung).Pengertian Bayi Tabung bayi tabung itu sebenarnya adalah proses pembuahan sel telur dan sperma di luar tubuh wanita. embrio kecil yang terjadi dimasukkan ke dalam rahim dengan harapan dapat berkembang menjadi bayi« . Dan vertilization adalah bahasa Inggrisnya pembuahan. Dalam proses bayi tabung atau IVF. dalam istilah kerennya in vitro vertilization (IVF). Setelah berhasil.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->