SENI KRIYA NUSANTARA

Seni Batik merupakan salah satu seni kriya khas Indonesia yang sudah cukup lama hidup dan berkembang di daerah Nusantara. Seni Batik menjadi salah satu bukti peninggalan sejarah budaya bangsa Indonesia. Banyak hal yang dapat terungkap dari seni batik, misalnya latar belakang kebudayaan, kepercayaan, adat-istiadat, alam lingkungan, dan tingkat ketrampilan suatu daerah. Menurut salah seorang pakar batik, kata “batik” berasal dari kata “tik” karena selalu ada titik-titik dari canting untuk membatik. Membatik pada dasarnya sama dengan melukis di atas sehelai kain putih. Membatik juga merupakan suatu kegiatan mewarnai kain dengan membuat motif tertentu. Jadi, membatik adalah karya kerajinan berupa selembar kain yang diberi gambar dan diproses dengan pelilinan dengan alat yang disebut canting. Canting terdiri dari mangkok kecil yang mempunyai carat dengan tangkai dari bambu. Carat mempunyai berbagai ukuran tergantung dari besar kecilnya titik-titik dan tebal halusnya garis-garis yang hendak dilukis. Pada umumnya kain batik berfungsi sebagai bahan sandang, Batik di Pulau Jawa dibagi menjadi dua golongan besar yaitu Batik Keraton dan Batik Pesisiran. Batik keraton biasanya dipakai oleh para kalangan keraton sedangkan Batik Pesisiran biasa dipakai oleh masyarakat umum. Batik Keraton penuh dengan berbagai aturan, sedangkan batik pesisiran berkembang alami menurut kreativitas seniman di suatu daerah. Motif Batik keraton bersifat simbolis atau perlambangan karena mempunyai latar belakang kebudayaan Hindu dan Kejawen. Misalnya motif sawat yang melambangkan mahkota atau penguasa tinggi, motif naga melambangkan air, dan motif burung melambangkan dunia atas atau angin. Batik Keraton juga ditandai dengan warna-warna yang dominan yaitu coklat, biru, hitam, dan putih. Motif Pesisiran banyak dipengaruhi oleh ragam hias yang berasal dari budaya asing, terutama cina. Bentuk gambarnya lebih bersifat naturalis. Warna-warna yang dipakai adalah biru, merah, kuning, dan coklat. Batik Pesisiran yang terkenal adalah Batik Tuban, Gresik, Madura, Sidoarjo, Lasem, dan Cirebon.

Disebutkan bahwa dahulu seni ukir merupakan hasil hasil budaya atau tradisi orang-orang melayu. Sehingga minat masyarakat terhadap seni ukir kayu semakin meningkat. Cekungan ini yang kita kenal dengan nama relief. kursi. katil. dan kepala perahu yang disebut bangau. Berbagai motif telah banyak diciptakan oleh seniman seni ukir kayu. Menarik bukan? Saat ini seni ukir kayu juga telah berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Daerah ini telah menghasilkan berbagai seni ukir kayu dengan berbagai motif yang tak kalah indahnya dengan karya-karya melayu. Salah satunya yang terkenal adalah Jepara. kosmos atau masih banyak tema yang lainnya. Hasil akhirnya. perabot seperti almari. ketam.SENI KRIYA NUSANTARA Seni ukir kayu adalah seni membentuk gambar atau motif pada obek kayu dengan membentuk cekungan pada obyek. Wow lama juga ya? Disebutkan pula bahwa daerah Kelantan. palu dan paling penting pahat. . Melaka dan Negeri Sembilan telah lebih dahulu banyak mengembangkan kesenian ini untuk membuat hiasan tradisional dan hiasan . alat-alat permainan masa lapang. alat-alat senjata. Penentuan tema ini sepenuhnya tergantung pada se pemahat.hiasan yang berada dalam istana. Peralatan yang dibutuhkan untuk membentuk suatu karya seni ukir kay cukup sederhana seperti. peralatan memasak. meja. Saat ini seni ukir kayu sudah banyak dikenal orang. peralatan pertukangan dan pengangkutan tradisi seperti perahu. gergaji. Saat ini kita sering menjumpai hasil karya seni ukir kayu pada pintu gerbang. Misalnya hewan. alat-alat musik baik tradisional maupun modern. Seni ini diperkirakan telah berkembang sejak 500 tahun yang lalu. tumbuhan atau manusia. Bahkan beberapa ada yang menirukan gaya lekukan bara api yang melengkunglengkung indah. gambar atau motif yang ingin diciptakan terbentuk dari sekungan-cekungan tersebut. kereta kuda dan kereta lembu dll. Biasanya motif relief ini mengusung tema-tema yang unik.

Kasihan para pahlawan dan mereka yang berharap masa depan (Kompas. dan kepada masyarakat. ramah tamah. contohnya berhati terbuka. seperti. sedangkan. sifat manusia adalah ekstrover. 2. sama dengan. akibatnya. 2006:6). Malaysia sudah memulainya sejak 1959. Cara Pertentangan Pengembangan paragraph dengan cara pertentangan biasanya menggunakan ungkapanungkapan seperti berbeda dengan. dan bagaikan. bertentangan dengan. Cara Perbandingan Pengembangan paragraf dengan cara perbandingan biasanya menggunakan ungkapan seperti serupa dengan. 4. Ibaratnya kita diminta untuk memegang telur. lancar dalam pergaulan. Padahal. Indonesia perlu melakukan reformasi penyelenggaraan program jaminan sosial 6. kan tetapi. telur itu akan pecah. tetapi kalau terlalu longgar juga akan pecah karena akan terlepas dari tangan. sedangkan. Seharusnya Indonesia telah menerapkan Negara kesejahteraan sejak awal kemerdekaan. Kalu terlalu keras memegangnya. contohnya. Kata – kata yang digunakan yaitu ibaratnya. Cara Sebab Akibat Pengembangan paragraph dengan cara sebab akibat dilakukkan jika menerangkan suatu kejadian.pola pengembangan paragraf 1. Cara Analogi Analogi adalah bentuk pengungkapan suatu objek yang dijelaskan dengan objek lain yang memiliki kesamaan atau kemiripan. Orang yang tergolong tipe ekstrover memiliki sifat – sifat tertentu. Biasanya. akan tetapi. Selain tipe introvert. dan bertolak belakang dari. oleh karena itu. lain halnya dengan. dan karena. Indonesia paling sulit untuk bangkit lagi. Berikut contohnya. pengembangan analogi dilakukan dengan bantuan kiasan. penggembira. dan sementara itu. mudah mempengaruhi. Akibatnya. . seperti halnya. baik dari segi penyebab maupun dari segi akibat. Cara Contoh – contoh Kata seperti. Kita harus menanganinya secara tepat dan harus menjadi perhatian kita bersama janganlah masalah ini membuat kita sebagai bangsa menjadi pecah. 1984:147). Ungkapan yang digunakan yaitu padahal. Oleh karena itu. misalnya. Berikut contohnya 3. 5. Tipe ekstrover adalah orang – orang yang perhatiannya lebih diarahkan keluar dirinya. Akibat sebuah peristiwa merupakan sebuah pikiran utama sedang sebab sebagai pikiran penjelas. kepada orang lain. Program Jamsostek baru dimulai pada 1976 sehingga Indonesia tertinggal membentuk tabungan nasional. sejalan dengan. dan lain – lain adalah ungkapan – ungkapan dalam pengembangan dalam mengembangkan paragraph dengan contoh. saat krisis melanda Asia pada 1997/1998. dan mudah dipengaruhi oleh orang lain (Purwanto. demikian juga. Cara Akibat – Sebab Kebalikan sebab akibat. Contoh pengembangan cara analogi Dalam persoalan Poso kita memang diingatkan bahwa penanganannya tidaklah mudah.

8. Kata adalah biasanya digunakan jika sesuatu yang akan didefinisikan diawali dengan kata benda. traktor pun ikut-ikutan diberi model seperti tank. flogmatis (banyak lendirnya) adalah manusia yang sifatnya tenang. Jepang pun tidak mau kalah .. digolongkan menjadi. 9. Penyelidikan tentang tempramen dan watak manusia telah dilakukan sejak dahulu kala. Kemudian kolerisi (banyak empedu kuning) adalah manusia yang memiliki sifat garang. Bentuk traktor mengalami perkembangan dari jaman ke jaman seiring dengan kemajuan tehnologi yang dicapai umat manusia. Kata – kata atau ungkapan yang lazim digunakan yaitu dibagi menjadi.”. Terakhir. ialah. yaitu traktor yang memakai roda rantai. 7. Sementara itu. Contoh berikut kiranya dapat memperjelas uraian ini. ada traktor yang dijalankan dengan mesin uap. hebat. Di samping Carterpillar. dan mengklasifikasikan. Keturunan traktor model tank ini sampai sekarang masih dipergunakan orang. Adik-adiknya masih kecil dan tidak ada yang menjaga. gembira. Pada waktu tank menjadi pusat perhatian orang. terbagi menjadi. Cara Definisi Adalah. Ford pun tidak ketinggalan dalam pembuatan traktor dan alat-alat pertanian lainnya. lekas marah. optimis. Hippo Crates dan Galenus mengemukakan bahwa manusia dapat dibagi menjadi empat golongan menurut keadaan zat – zat cair yang ada dalam tubuhnya. Jika akan menjelaskan sinonim suatu hal. Santian mengemukakan bahwa psikologi merupakan perwujudan tingkah laku manusia. Ayahnya yang dinanti-nantikan kedatangannya dari Jakarta belum tiba juga. “Psikologi adalah ilmu jiwa. Empat golongan tersebut yaitu sanguistis (banyak darah) yang sifatnya periang. yaitu. Selanjutnya. dan lekas berubah ubah. Cara Klimaks dan Antiklimaks Gagasan utama mula-mula dirinci dengan sebuah gagasan bawahan yang dianggap paling rendah kedudukannya. kata ialah yang digunakan dan jika akan mendefinisikan pengertian rupa atau wujud.S. dan agresif. yaitu digunakan jika sesuatu yang akan didefinisikan diawali dengan kata kerja atau sifat. Traktor semacam ini adalah hasil perusahaan Carterpillar. Pada waktu mesin uap baru jaya-jayanya. melankolis (banyak empedu hitam) memiliki sifat muram. Cara Klasifikasi Cara Klasifikasi adalah pengembangan paragraph melalui pengelompokkan berdasarkan ciri – cirri tertentu. Sudah beberapa hari ibunya sakit. Kemudian berangsur-angsur dengan gagasan lain hingga gagasan yang paling tinggi kedudukan/kepentingannya. 1984:150). tidak mudah berubah dan lamban. dan pesimis (Purwanto. merupakan adalah kata – kata yang digunakkan dalam mengembangkan paragraph dengan cara definisi. sedangkan menurut Crow dan Crow “Psikologi adalah kejiwaan manusia dalam berinteraksi dengan dunia sekitarnya. tidak gembira. Woodworth berpendapat. kata merupakan yang dipakai.”. Contoh pengembangan paragraph dengan cara definisi Apakah psikologi itu? R.Hari ini ia terpaksa tidak masuk sekolah.

Produk Jepang yang khas di Indonesia terkenal dengan nama padi traktor yang bentuknya sudah mengalami perubahan dari model-model sebelumnya. kesal. Cara Proses Proses merupakan urutan dari suatu tindakan untuk menciptakan sesuatu atau urutan dari suatu peristiwa. yaitu 6.65 persen. Demikian pula perkebunan meningkat 6. Memang bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. manusia dapat menyampaikan bermacam-macam pikiran dan perasaan kepada sesama manusia. dan dapat merusak suasana. 11. Cara Umum Khusus Paragraf yang dimulai dengan pikiran pokok kemudian diikuti oleh pikiran-pikiran penjelas Pada waktu menulis surat kita harus tenang. Mungkin akan tertulis kata-kata yang kurang terpikir. Penulis dapat menyertakan ilustrasiilustrasi yang nyata (kongkret). tumbuk sampai halus. 13. terburu nafsu. Satu-satunya bidang pembangunan yang tidak mengalami imbas krisis ekonomi adalah sektor-sektor di bidang pertanian. Seandainya manusia tidak berbahasa. dan kemarahan itu akan tergambar dalam surat kita. kebingungan. 12. Kalau sedang sedih. Kesedihan. Daun pohon anggur dapat digunakan sebagai bahan pembersih wajah. Dengan bahasa. Setelah itu. Masaklah hasil tumbukan itu dengan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih. ambillah daun anggur secukupnya. atau marah kita jangan menulis surat. Cara Batasan Objek Untuk menjelaskan pengetahuan yang dimiliki penulis. Lalu. . 10. bingung. kekesalan. Misalnya. alangkah sunyinya dunia ini. ramuan kita dinginkan kemudian kita gunakan untuk membersihkan wajah. Caranya. Dengan bahasa pula.46 persen. Cara Khusus Umum Paragraf yang dimulai dengan pikiran-pikiran penjelas kemudian diikuti oleh pikiran pokok atau kesimpulan.bersaing dalam bidang ini. perikanan masih meningkat cukup mengesankan. manusia dapat mewarisi dan mewariskan semua pengalaman dan pengetahuannya.