P. 1
Proposal

Proposal

|Views: 267|Likes:
Published by Herry Prasetya

More info:

Published by: Herry Prasetya on Jul 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2014

pdf

text

original

PROPOSAL PROYEK AKHIR Implementasi Sistem Monitoring Lokasi Kendaraan Berbasis Teknologi GPS dengan Web Sebagai Aplikasi

Antarmuka
Diajukan Sebagai Syarat Untuk Memenuhi Pelaksanaan Proyek Akhir Pada Jurusan Teknik Komputer Program D3 Di Politeknik Telkom

Disusun Oleh : Heri Prasetyo 30208042

JURUSAN TEKNIK KOMPUTER POLITEKNIK TELKOM BANDUNG 2011

MT 2 .MT Tora Fahrudin ST.LEMBAR PENGESAHAN Sistem Monitoring Kendaraan Berbasis Web Dengan Memanfaatkan Smart Phone Sebagai GPS Reciever Telah diperiksa dan disetujui untuk diangkat sebagai judul proyek akhir Oleh : Pembimbing I Pembimbing II Prajna Deshanta Ibnugraha ST.

serta posisi kendaraan yang selalu update.Perancangan Sistem Pelacak Kendaraan dengan memanfaatkan Smart Phone (menggunakan Nokia 5800 XM) sebagai GPS (Global Positioning System) reciever dan GPRS sebagai media komunikasi data ini dibagi menjadi perancangan aplikasi monitoring. 3 . Pembahasan dipusatkan pada bagaimana cara membangun sebuah aplikasi di Smart Phone sehingga bisa berfungsi sebagai alat GPS reciever. serta cara mengolah data posisi tersebut di database sehingga akhirnya dapat ditampilkan di sistem berupa titik koordinat di dihasilkan GoogleMap. serta disiplin dan keamanan pengemudinya.report beserta keterangannya yang cukup lengkap. Selain itu para pemilik dipusingkan oleh pengaturan waktu jadual operasional kendaraan yang dikemudikan oleh supir tersebut. dibutuhkan waktu yang cepat dan biaya yang efisien dalam melakukan usaha atau bisnis. Masalah utama yang dihadapi oleh pemilik kendaraan bermotor saat ini adalah pencurian kendaraan bermotor.Dengan memadukan aplikasi dan GPS Tracking Unit ini posisi kendaraan di GoogleMap.sehingga ada fasilitas yang memungkinkan untuk menggembangkan GPS yang sudah built di dalamnya sebagai alat untuk mendapatkan data koordinat dari satelit GPS. tanpa melupakan faktor keamanan dan keselamatan tentunya.Smart Phone di gunakan karena semakin berkembangnya teknologi Hand Phone.perancangan sebuah sistem GPS Tracking Unit. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mengurangi masalah-masalah di atas.ABSTRAKSI Perusahaan seringkali dipusingkan dengan masalah manajemen distribusi barang. penghematan biaya karena menggunakan teknologi GPRS.selain itu tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) juga merupakan masalah bagi pemilik kendaraan. baik itu kendaraan milik perusahaan maupun pribadi. biasanya perusahaan jasa penyewaan kendaraan bermotor khususnya mobil. Latar Belakang Pada saat seperti sekarang ini dimana kondisi perekonomian yang sedang buruk. Hal ini juga menjadi momok bagi perusahaan yang memiliki supir.data posisi yang dikirimkan oleh GPS reciever.dan komputer berikut peralatannya.

2. Perumusan Masalah Dalam proyek akhir ini akan dilakukan perancangan GPS tracking unit untuk simulasi layanan monitoring posisi kendaraan dengan aplikasi GoogleMap. Tujuan Penelitian Dari penelitian ini diharapkan akan diperoleh hasil sebagai berikut : 1. Bagaimana membuat aplikasi monitoring dengan memanfaatkan GoogleMap dan aplikasi J2ME untuk aplikasi di Smart Phone? dengan Komputer. dan ditampilkan dalam bentuk Peta GoogleMap. Adapun sistem pelacakan yang ada saat ini menggunakan teknologi Batasan Masalah Batasan masalah dalam penulisan tugas akhir ini adalah : 4 . Bagaimana mengimplementasikan konsep GPS tracking kedalam suatu aplikasi? 2.Maka rumusan masalah yang terkait dengan hal diatas adalah sebagai berikut: 1. Adapun tujuan dari perancangan sistem ini adalah untuk memonitor dan melacak lokasi sebuah kendaraan bermotor yang diambil berdasarkan data posisi yang dikirimkan oleh alat GPS ke PC Client. dibutuhkan suatu sistem penentu lokasi kendaraan bermotor berbasis GPS dengan memanfaatkan media internet yaitu berupa GPRS (General Packet Radio Service) sebagai komunikasi data SMS (Short Message Service) dan juga sudah ada yang menggunakan GPRS. Penelitian ini difokuskan pada perancangan aplikasi di Smart Phone (menggunakan Nokia 5800 XM) yang dimodifikasi sehingga dapat menangkap data posisi dari satelit GPS dan dikirimkan oleh alat GPS reciever dengan melalui sambungan internet (dalam hal ini GPRS). Bagaimana proses pengiriman data dari GPS reciever ke database ? 3. Mampu membuat aplikasi yang dapat mengetahui posisi kendaraan. Penggembangan sebuah aplikasi di Smart Phone sebagai GPS reciever.Untuk mengatasi hal tersebut di atas.

Koneksi ke internet dilakukan melalui GPRS yang dimiliki oleh masing-masing operator GSM dan terhubung ke internet. II. Sistem GPS tracking secara global Arsitektur sistem yang akan disimulasikan adalah sebagai berikut : Gambar 1. 5 . 2. Di internet kita memiliki GPS Tracking Server yang diletakkan pada server hosting yang akan menampung data yang dikirimkan oleh Nokia 5800 XM pada sebuah database (di sini kita menggunakan MySQL). pemprograman J2ME untuk membuat device GPS reciever dengan HP Nokia Arsitektur Sistem 1.Arsitekture Sistem Keterangan: Data posisi tersebut dikirimkan oleh Nokia 5800 XM ke Server GPS Tracking melalui internet (disini kita menggunakan HTTP untuk mengirimkan data). 5800 XM.1. Server tersebut kita lengkapi dengan aplikasi pemantau (di sini kita buat dengan PHP) sehingga dapat diakses oleh komputer pemantau melalui web browser. Perancangan dan pembuatan aplikasi memnggunakan bahasa Pembuatan Aplikasi pada Smart Phone menggunakan bahasa pemprograman php untuk menampilkan posisi pada GoogleMap.

Baca data dari GPS dan tunggu sampai data posisi GPS sudah didapatkan 3.2. 3. Langkah kedua diulangi. demikian seterusnya. Jika data GPS sudah didapat dan perioda pengiriman data (misal setiap 1 menit) sudah dicapai maka buka koneksi GPRS dan kirimkan data melalui HTTP dengan format URL seperti di atas 4. Flowchat GPS tracking device Gambar 2 Flowchat tracking device Prinsip kerja aplikasi J2ME sendiri kita sederhanakan sebagai berikut: 1. Arsitektur sistem monitoring 6 . proses ini dilakukan setiap 1 detik sekali. Inisialisasi data 2.

php keterangan File penerima update data dari GPS TrackingDevice. dan lon yang merepresentasikan informasi posisi GPS Tracking Device pada saat mengirimkan data. Ketika data diterima. Data ini dikirimkan melalui HTTP GET method seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. lat.Gambar 3 Arsitektur Sistem Monitoring Berikut adalah deskripsi masing-masing file program PHP yang digunakan untuk membangun aplikasi GPS Tracking Server: program J2me. File ini memiliki parameter input unit_id. program ini akan langsung menyimpan data tersebut pada tabel yang terdapat 7 .

dan lon) ditambah dengan timestamp yang mencatat waktu penyimpanan dan id record (auto increment). Setiap Marker harus memiliki koordinat dimana Marker tersebut diposisikan pada peta. Hal ini dikerjakan oleh program lainnya yaitu lastpos. Data ini harus diformat terlebih dahulu ke dalam bentuk XML karena Google Map mensyaratkan seperti itu. 8 . Benda bergerak direpresentasikan dengan objek Marker yang terdapat pada API Google Map.php. Informasi yang disimpan adalah semua data tersebut di atas (unit_id. lat.pada database. menyediakan tombol navigasi kepada user (geser dan zoom).php Modul ini berfungsi untuk menginisialisasi dan menampilkan Google Map pada suatu koordinat tertentu. Viewer. Data posisi koordinat Marker tersebut diambil dari tabel yang ada pada database yang berisi data posisi terakhir benda bergerak. dan menampilkan objek dengan tampilan animasi (jika objek yang dipantau bergerak maka tampilan pada peta akan bergerak juga).xml. menyediakan fasilitas pencarian benda bergerak.

pembatasan masalahnya. 2. 2. Analisa system Sistem di ujiakan dengan menggunakan googleMap untuk monitoring posisi kendaraan. Desain dan Konfigurasi Sistem Pada bagian ini akan dijelaskan proses desain sampai perancangan sistem monitoring kendaraan. Pendahuluan Berisi tentang latar belakang pembuatan proyek akhir. metodologi penulisan serta sistematika yang digunakan dalam penulisan laporan proyek akhir ini.Metodologi Penelitian Proyek Akhir ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut : 1. Sistematika Penulisan Penulisan tugas akhir ini akan dibagi dalam beberapa bagian sebagai berikut : 1. Bab I. 9 . tujuan pembuatan proyek akhir. Bab III. Bab II. Desain model jaringan Perancangan model sistem disesuaikan sehingga dapat berjalan sebuah sistem monitoring berbasis web. 3. Dasar Teori Berisi tentang penjelasan teoritis dalam berbagai aspek yang akan mendukung ke arah analisis proyek akhir yang dibuat.pemprograman J2ME dan pemprograman PHP. Studi literatur Berisikan pembahasan teoritis melalui studi literatur dari buku-buku atau jurnal ilmiah yang berkaitan dengan dasar sistem GPS Tracking. 3.

5. Bab IV. http://www.“Cara Kerja GPS”. Referensi 1. http://id.2001.Aplikasi Mobile GIS.com/index. 4.php/AplikasiGPS/. Membangun Aplikasi Web-Based GIS Dengan Mapserver . Alokasi Waktu Penelitian Tabel1. Analisis Hasil Simulasi Pada bab ini. Riyanto.2010. 2. kesimpulan yang diperoleh dari serangkaian kegiatan terutama pada bagian analisis pengujiannya diungkapkan. 10 Minggu ke 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 1 1 1 0 1 2 3 1 4 1 5 1 6 1 7 1 8 19 . alokasi waktu penelitian Kegiatan Studi Pustaka & pengumpulan bahan Perancangan system dan Simulasi Pengujian sistem Penulisan Laporan III.mikron123.org/wiki/Global_Positioning_System.4. Bab V. 2007. dilakukan beberapa analisa hasil simulasi sistem sesuai skenario yang telah dirancang dan sesuai standar. Kesimpulan & Saran Pada bab ini.GPS-NMEA Sentence Information. Selain itu saran-saran pengembangan lebih lanjut dari proyek akhir yang telah dibuat dituliskan pada bab ini. 3.“Global Positioning System”. Prahasta Eddy.Glenn. 5. diakses tanggal 7 November 2010. Baddely.wikipedia.

com/2009/07/aplikasi-pemantau-gps-tracking-dengangoogle-maps/comment-page-1/#comment-1219. 9. 11 . Yogyakarta:Andi.diakses tanggal 10November 2010. Ali Murtadlo.”mobile tracking memanfaatkan teknologi GPS dan GPRS”.dijexi. Proyek Akhir: T. 10. 7. http://www.”membuat sitem gps tracking”. diakses tanggal 23 Desember 2010.com/2009/07/membuat-sistem-gps-tracking/. http://www.andisun.di akses tanggal 20 Desember 2010.dijexi. Dasar Pemrograman WEB Dinamis Dengan PHP. Simulasi Sistem Informasi Posisi Kereta Api Dengan Menggunakan GPS untuk Keselamatan Penumpang. 6. 8. 2010.Elektronika PENS-ITS.diakses tanggal 20 Desember 2010. http://www. Kadir Abdul.2009.”Aplikasi pemantau gps dengan google map”.com/jurnal/mobile-tracking-memanfaatkan-teknologiglobal-positioning-system-gps-dan-general-packet-radio-servicegprs .

12 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->