P. 1
BERKHOTBAH

BERKHOTBAH

|Views: 326|Likes:
Published by nuelkisnanda

More info:

Published by: nuelkisnanda on Jul 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2014

pdf

text

original

BERKHOTBAH

BERBICARA UNTUK TUHAN
Seni atau kecakapan berkhotbah, ilmu pengetahuan tentang menyiapkan khotbah dan menyampaikannya, dikenal sebagai homiletik. ³Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakanNya? Dan bagaimana mereka dapat memberitakanNya jika mereka tidak diutus?´ (Roma 10:14, 15). Maka Tuhan berkenan menyelamatkan mereka yang percaya oleh kebodohan pemberitaan Injil´ (1 Korintus 1:21). Mengapa khotbah perlu? Metode Tuhan yang terutama untuk menyampaikan kebenaran adalah melalui khotbah. Hal ini mungkin baik secara lisan atau melalui cara kedua yaitu halaman-halaman yang dicetak. Berkhotbah adalah lebih dari kemampuan untuk memberitakan kebenaran. Guru-guru dunia dan politikus-politikus melakukan hal ini, tetapi mereka bukanlah pengkhotbah-pengkhotbah.

BERKHOTBAH ADALAH BERBICARA UNTUK TUHAN (menyampaikan katakataNya ± Yohanes 6:63) Pada saat berkhotbah, anda berdiri sebagai juru bicara Tuhan. ³Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan Firman Tuhan (sebagai juru bicara Tuhan)´ ± I Petrus 4:11. Sebagai pengkhotbah, anda akan dihakimi jauh lebih berat daripada siapapun juga. Penghakiman akan ditentukan berdasarkan cara anda mempengaruhi orang lain ± Yakobus 3:1. Berkhotbah adalah tugas yang sangat penting. Itulah cara yang telah dipilih Tuhan untuk menyelamatkan manusia dan membawa mereka kembali kepadaNya. Kalau orang Kristen ingin menjadi dewasa dan bertumbuh di dalam Tuhan, penting bagi mereka untuk mendengarkan khotbah-khotbah Alkitabiah yang baik dan sehat dari minggu ke minggu. Beberapa orang Kristen memiliki ³karunia pelayanan´ untuk mengajar. Tuhan mengurapi mereka, memberikan kepada mereka pernyataan dan pengertian dari FirmanNya, dan memakai mereka dengan cara yang istimewa dalam mengajar. ³Ia member beberapa pengajar-pengajar´ (Efesus 4:11). Tidak banyak orang mempunyai karunia pelayanan ini. Tetapi ada tempat untuk mengajarkan apa yang telah diajarkan kepada anda oleh orang lain, tidak perlu sebagai karunia pelayanan. Paulus berkata kepada Timotius : ³Apa yang telah engkau dengar daripadaku di depan banyak saksi, percakapkanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain´ ± II Timotius 2:2. Seorang pendeta adalah seorang gembala (seseorang yang menjaga dan member makan domba-domba). Jemaatnya, atau dombanya, telah dipercayakan kepadaNya oleh

Berkhotbah adalah pertimbangan yang utama. Kalau anda tidak mempunyai sebuah ruangan dimana anda bisa tidak terganggu. tapi pelajarilah. ide-ide dan pengertian-pengertian. mungkin anda bisa menulis catatancatatan anda di bawah judul-judul setiap buku. seorang pelayan Tuhan harus berkenan = bertanggung jawab.´ Banyak pendeta mendapatkan bahwa waktu yang paling baik untuk menyendiri. Janganlah membaca Firman hanya untuk mendapatkan bahan khotbah. dan memberi mereka makanan rohani yang baik dari Firman Tuhan. dan jemaat akan bertumbuh. Seorang ahli hukum memakan waktu berjam-jam untuk mempersiapkan pembelaannya ± seorang pendeta haruslah sedikitsedikitnya bekerja sekeras itu. tetapi bukan kemalasan kita. Kalau anda selalu mempelajari Alkitab. secara tetap anda akan menerima pikiran-pikiran. Paulus memberikan perintah ini kepada Timotius : ³Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Tuhan sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu. Dan Tuhan mengawasi kasih untuk melihat apakah pendeta itu menjaga dombanya dengan baik. Beritahukanlah kepada yang lain bahwa anda tidak mau diganggu pada pagi hari karena anda sedang mencari Tuhan. maka Tuhan akan menghargainya. menyingkir dari semua gangguan adalah setiap pagi. Prioritas utama dari seorang pelayan (pendeta) atau utusan Injil adalah untuk berkhotbah. PERSIAPAN Bacalah secara tetap seluruh Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu. Tuhan akan berbicara pada anda tentang beberapa bagian kebenaran. Kalau anda yang membangun sebuah gereja. carilah bagian yang dibutuhkan oleh . anda akan maju. Sebuah khotbah akan memakan waktu delapan sampai sepuluh jam untuk mempersiapkannya. Tidak ada seorangpun yang dalam waktu semalam dapat menjadi sesuatu. Seorang pelayan Tuhan dipercaya untuk memberi makanan rohani kepada dombaNya.Tuhan. Sangat menolong apabila anda memakai sebuah buku catatan. Kerja keras dibutuhkan sama halnya dengan berkhotbah. ³Orang yang ingin berbicara untuk Tuhan harus belajar untuk banyak berbicara kepada Tuhan. Carilah pimpinan Roh Kudus dalam penyelidikan anda. ³Roh menolong kelemahan-kelemahan kita. Tidak mungkin anda berjalan ke suatu lapangan terbang dan yang dalam semalam menjadi seorang pilot. dari Kejadian sampai Wahyu. mungkin anda bias belajar di gereja anda.´ Seringkali pada saat berdoa di dalam Roh dan menantikan Tuhan. yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu´ ± II Timotius 2:15. anda harus bekerja keras. Kalau Tuhan tidak memberikan arah yang tertentu. Bekerja keraslah. agar mereka dapat menggunakan waktu untuk mencari Tuhan dan mempersiapkan khotbah untuk kebaktian hari Minggu. Banyaklah berdoa.

KEJUJURAN ³Berkhotbah bisa bertahan untuk kesalahan-kesalahan jujur yang tak terhitung. Menyendirilah dengan Tuhan setiap pagi. Dapat kunci Tuhan untuk khotbah itu ± sesuatu yang akan mengena pada setiap hati. Kalau kehidupan seorang pengkhotbah benar. tetapi tidak dapat tahan terhadap ketidaktulusan. sambil menyadari anda saluranNya untuk menyampaikan FirmanNya. Kalau masalahnya demikian. Tidak ada gunanya berkhotbah melawan hal dusta atau . dan dengan orang lain. sia-sia anda pergi kemana-mana untuk berkhotbah dengan mulut anda. PERLAWANAN Menyampaikan berita dari Tuhan merupakan suatu pergumulan. Penting bagi anda melakukan hal ini sebab pemberitaan Firman Tuhan adalah mutlak penting. Tuhan memakai ³kebodohan pemberitaan Firman´ untuk menyelamatkan mereka yang percaya. SI PENGKHOTBAH / KARAKTER = PRIBADI Kehidupan seorang pengkhotbah haruslah menunjukkan apa yang dikatakan bibirnya. membawa gangguan-gangguan. membuat anda merasa lelah atau merasa seperti anda tidak dipimpin oleh Roh Kudus. anda harus menetapkan waktu-waktu tertentu untuk persiapan. dengan diri kita sendiri. Ia akan berusaha untuk membuat pikiran anda mengembara. ³Anda adalah khotbah anda. Setan akan melakukan segala sesuatu untuk menghalang-halangi persiapan anda dan menjaukan anda dari khotbah itu. Kadang-kadang roh-roh akan datang pada anda untuk mengganggu konsentrasi anda sementara anda berkhotbah Berkhotbah adalah suatu peperangan ± tetapi ingatlah.´ Kehidupan dan teladan pengkhotbah sering mempengaruhi orang lebih daripada kata-kata yang dikhotbahkannya.jemaat anda dan berkhotbahlah untuk memenuhi kebutuhan itu. Waktu anda berkhotbah.´ Kita harus jujur dengan Tuhan. Jika anda tidak berkhotbah melalui kehidupan anda kemanapun anda pergi. Oleh sebab perlawanan ini. secara harfiah anda memerangi musuh. Janganlah hanya sekedar berdiri dan berbicara untuk menghasilkan khotbah yang paling baik. Arahkanlah pikiran anda kepada Tuhan. Si pengkhotbah muda Timotius diberi petunjuk ³Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu´ ± I Timotius 4:16. pelajarilah dan persiapkanlah pokok itu. Kehidupan kita harus menjadi teladan untuk diikuti orang lain. suatu peperangan. Tuhan akan memakai dan memberkati apa yang dikatakannya. Orang-orang harus bisa melihat bahwa kita hidup dengan apa yang kita ajarkan kepada mereka.

Watak adalah jauh lebih penting daripada kemampuan. Sebagai hamba-hamba Tuhan kita harus menyucikan diri kita. Saya belum sampai pada hal itu. Tuhan mengharapkan penyerahan yang lebih sungguh-sungguh dari mereka yang melayani FirmanNya daripada orang-orang Kristen yang lain. ³Karena sembelihan kepada Tuhan ialah jiwa yang hancur. Musa adalah seorang yang sangat pandai. Tidak perlu merasa kurang enak karena gugup dalam berkhotbah kalau hal itu membuat kita bergantung sepenuhnya pada kekuatan Tuhan. yakin bahwa tidak ada dosa yang belum diakui di dalam kehidupan kita. ³Aku menguduskan diriKu bagi mereka (bagi orang-orang) ± Yohanes 17:19. hati yang patah dan remuk tidak akan Kau pandang hina. KEMURNIAN HATI ± pemberesan.kebejatan moral. Kita harus menyadari kelemahan kita sendiri sedemikian rupa sehingga membawa kita pada ketergantungan total kepada Tuhan. tetapi yang bisa menghalangi atau membuat pelayanan kita kurang efektif. dan ia berkuasa dalam perkataan dan perbuatannya´ ± Kisah Para Rasul 7:22. sebab kita tahu bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat´ ± Yakobus 3:1. ³Janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru. Setiap orang mempunyai watak dan kemampuan. Kalau anda berbicara tentang sesuatu yang anda belum alami sepenuhnya. hai orang-orang yang mengangkat perkakas rumah Tuhan´ ± Yesaya 52. WATAK DAN KEMAMPUAN Keadaan anda sebagai seorang pribadi adalah jauh lebih penting bagi Allah daripada apa yang dapat anda lakukan. pengendalian diri Kita harus disisihkan untuk dapat dipakai oleh Tuhan. dididik dalam hikmat orang Mesir. Ketergantungan pada diri sendiri harus dibuang ± kita harus sadar bahwa pekerjaan Tuhan hanya bisa dilakukan dalam kuasa supernatural dari Roh Kudus. saya sendiri baru memulainya. atau bermoral bejat. harus dihancurkan. SIKAP HATI ± rendah hati. ya Tuhan´ ± Mazmur 51:19. bahkan dari perkara-perkara yang nampaknya tidak salah. ³Dan Musa dididik dalam segala hikmat orang Mesir. Tetapi Allah lebih tertarik pada .´ Janganlah berpurapura seakan-akan sudah sampai kalau anda belum mencapainya. ³Sucikanlah dirimu. jujurlah kepada jemaat dan katakanlah kepada mereka ³Tuhan baru mengerjakan hal ini di dalam saya. kalau anda tidak jujur dalam hal apa yang anda katakana. ketergantungan dengan Roh Kudus Tuhan membutuhkan hati yang patah dan remuk. Membanggakan kepandaian kita sendiri dan pemikiran bahwa kita dapat membawa perubahan rohani di dalam hidup orang-orang yang mendengarkan kita.

demikian juga siapa kita dapat bersekutu adalah Yesus. dengan siapa anda bergaul dan melewatkan waktu akan mempengaruhi perkembangan watak anda. Wewenang yang besar akan datang dari persekutuan yang erat dengan Kristus. Ia harus mempunyai sikap yang sama kepada mereka seperti Yesus. bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah Injil manusia. Dalam hidup anda. HAMBA-HAMBA YANG BENAR DAN YANG PALSU Hamba Tuhan yang benar akan mengasihi jemaatnya. yang berkata. ³Sebab aku menegaskan kepadamu. Karena aku bukan menerimanya dari manusia.´ Apa yang dilihat jemaat dalam diri pendetanya akan dicontohnya. Watak dibentuk melalui pergaulan. utamakanlah kejujuran. melainkan keserupaan anda dengan Yesus. ³Akulah Gembala yang baik. Paulus berkata. ³Pohon akan memantulkan watak dari pendetanya. kebaikan dan kebenaran. Pada saat kita melewatkan waktu sendirian dengan Dia kita akan bertumbuh menjadi seperti Dia. ³menurut Injilku´. Gembala yang baik memberika nyawanya bagi domba-dombanya.´ ± Yohanes 10:11. dan pelayanan yang kedua. dan bukan manusia mengajarkannya oleh pernyataan Yesus Kristus´ ± Galatia 1:11-12. bukan dari kedudukan atau bakat yang kita miliki. kita harus mengasihi Yesus lebih daripada berkhotbah. Para suami dan istri bertumbuh menjadi serupa karena mereka melewatkan waktu bersama-sama. saudarasaudaraku. Kebanyakan orang tidak ingat khotbahnya tetapi mereka ingat orang yang menyampaikan khotbahnya. Para Rasul melewatkan waktu tiga tahun dengan Yesus dan kemudian melayani dengan kuasa dan wewenang yang besar. ³Bukanlah bakat-bakat anda yang hebat yang banyak diberkati Allah.wataknya yang telah dibina selama 40 tahun di padang gurun daripada kemampuannya. Wewenang kita datang dari apa yang kita terima melalui persekutuan kita yang erat dengan Dia. Dalam II Timotius 2:8 dan Roma 16:25. WEWENANG Wewenang dalam pelayanan kita datang dari Allah. sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus´ ± I Korintus 11:1. Mengapa Paulus mempunyai wewenang untuk berbicara demikian? Sebab ia menerima wahyu dari Allah. Kita diperintahkan untuk mengikuti teladan Paulus : ³Jadilah pengikutku.´ Yesus harus menjadi yang terutama dan hidup kita. . Paulus bisa juga berkata ³Injilku´ sebab ia hidup sesuai dengan InjilNya. Kehidupan anda yang benar adalah kunci untukl khotbah yang baik.

mencari atau sangat merindukan uang. tetapi barang siapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya´ ± Yohanes 7:18. Ini mengambil sebuah topik seperti darah Kristus. apa yang Allah katakana dalam bagian Firman Tuhan yang dipilih (kata dalam bahasa Gerikanya adalah exegesis). . kemurahan. kesetiaan. Menggali arti sesungguhnya dari sebuah pasal atau bagian dari sebuah pasal. jemaat yang besar. Textual. atau Doa. Seperti Paulus. 2. kebaikan. METODE ± METODE Ada dua pendekatan yang dapat diikuti dalam berkhotbah : 1. ia akan tahu apa itu kekurangan dan apa itu kelimpahan ± Filipi 4:12. beberapa petunjuk yang menolong akan diberikan dalam pelajaran ini. berusaha membuat ayatayat itu cocok dengan pendapat kita sendiri (kata dalam bahasa Gerika untuk ini adalah eisegesis). Janganlah menjadi Pengkhotbah topical semata-mata. Hamba Tuhan yang benar tidak akan mencari kemuliaan bagi dirinya sendiri. dan cara satu-satunya seorang pengkhotbah bisa belajar berkhotbah adalah dengan berkhotbah. Wahyu 3:20 berkata : ³Lihat. menyadari pelayananpelayanan yang telah Allah tetapkan di dalam gereja. kesabaran. yang makan dengan baik dan bertumbuh Berkhotbah bisa secara topical. Aku berdiri di muka pintu dan mengetok.´ Anda dapat berkhotbah tentang Yesus yang sedang mengetok pintu hati kita dan ingin masuk ke dalamnya. Hamba Tuhan yang benar dapat membedakan ³Tubuh´. kelemah-lembutan. textual atau expository. 2. Ini adalah mengambil satu atau beberapa ayat dalam Alkitab sebagai ³teks´ (ayat emas) dan berbicara tentang suatu pemikiran yang timbul dari ayat-ayat tadi. Misalnya. Pelayanan tidak ditetapkan oleh diri sendiri atau ditetapkan oleh manusia tetapi ditetapkan oleh Allah. Cara ini dapat membawa pada hal yang salah dan menghasilkan orangorang Kristen yang imannya semata-mata berdasarkan akalnya. damai sejahtera. dan berkhotbah dengan topik itu. penguasaan diri ± Galatia 5:22-23. Namun. ³Kasih. Hamba Tuhan yang benar akan menunjukkan buah roh dalam hidupnya.Hamba Tuhan yang benar tidak akan tamak. Cara ini menghasilkan orang-orang Kristen yang sehat. menyadari penetapan Tuhan terhadap orang-orang lain dalam berbagai bidang pelayanan. sukacita. Topical. Memasukkan ide sendiri ke dalam bagian dari Firman Tuhan. Kita akan melihat pada tiga metode ini : 1. ³Barang siapa berkata-kata dari dirinya sendiri ia mencari hormat bagi dirinya sendiri. atau rumah yang bagus. Cara satu-satunya bagi seorang bayi untuk belajar berjalan adalah dengan berjalan.

Paling baik untuk memakai cara ini seringkali ± kalau tidak. . Sesuai dengan ide Alkitabiah tentang berkhotbah.3. Expository. Berkhotbah secara Topical dan Textual tidak menghasilkan pengetahuan umum yang baik dari Alkitab bagi jemaat. Ini adalah menyatakan arti sesungguhnya dari suatu bagian Alkitab (perikop). Berkhotbah cara expository : a. b. anda bisa kekurangan bahan dan mengulanginya lagi. Ini harus menjadi pola kita juga sebab Roh Allah akan mengurapi dan memberkati FirmanNya. Khotbah Petrus yang hebat pada hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2:14-34) penuh dengan kutipan ayat-ayat dari Perjanjian Lama disertai keterangan dan penerapannya. Pengkhotbah mengerjakan secara menyeluruh bagian-bagian dari Firman dan karenanya akan menghasilkan gereja yang benar-benar tahu Firman Tuhan dengan baik dari Kejadian sampai Wahyu. Menghasilkan pengkhotbah dan pendengar-pendengar yang Alkitabiah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->