Filsafat Ilmu

Oleh: Setiawan Aji P. Imam Rudi P. Dimas Gigih Damarsasi Utami Febria S. Ratna P. Reny Nuri S. 6101408231 5301408005 4301408052 5401408009 2250408014 4301408062

Universitas Negeri Semarang 2009

dan ilmu yang bersifat transcendental. di lakui proses pembangunan suatu teori lewat model dan lambang-lambang yang merupakan abstrksi dan penyederhanaan realitas yang hendak dijelaskan oleh teori tersebut. namun mengandung unsur normative yang selektif.A. aplikasi dan implikasinya adalah teknologi. maka moral harus mampu memberi arah bagi pengembangan ilmu. Evolusi ataupun revolusi peradaban dan kebudayaan. Pemapemahaman yang lebih lengkap tentang hakikat suatu realitas dapat dicapai melalui perpaduan antara ilmu dan pengetahuan. pengungkapannya berupa seni hasil dari buah budi manusia yang sifatnya komplementer. penjelasan fenomena berdasar kajian ilmiah yang insani diangkat sebagai himpunan ilmu. bahkan agama merupakan landasan berpijak pengembanhan ilmu dengan keutamaan bagi kemaslahatan manusia . Belajar teknologi dan seni berarti terbentuknya tenaga kerja industri yang dapat mengimplementasikan dan mentransformasikan sains dan teknologi ke dalam yang produk yang bernilai baik ekonomis nasional dengan maupun kemampuan memenuhi standart internasional yang berguna bagi masyarakat. teknologi dan seni. Penelaahan ke alaman memunculkan pengetahuan berdasarkan gejala-gejala yang ada. Jaringan struktur-struktur logika yang amat luas. membuat ilmu menjadi terbatas dan sempit tempat cakupannya. senantiasa berakumulasi dengan paduan alamiah yang subyektif. Latar Belakang Pengetahuan dan ilmu pada hakikatnya tergolong ke dalam rumpun yang meliputi ilmu alam. ilmu sosial. Teknologi dan seni merupakan tolok ukur keberadaban insani.

teknologi dan seni bersifat subyektif. Rumusan Masalah Komplementaritas Ilmu dan Pengetahuan Ilmu merupakan suatu pengetahuan tentang suatu bidang yang . selanjutnya aplikasi dan implikasinya digunakan untuk memecahkan persoalan praktis merupakan bagian kajian ilmu terapan. 3. Tujuan Penulisan 1. teknologi dan seni C. Ilmu tanpa agama adalah buta dan agama tanpa ilmu adalah rapuh.ilmu pengetahuan Mengetahui arti teknologi dan seni dalam perkembangan ilmu Mengetahui hubungan ilmu. 2. Pengembangan ilmu dasar bagi kemaslahatan umat dikenal dengan istilah ilmu terapan atau applied science tujuan yang terkandung didalamnya adalah untuk memecahkan masah-masalah praktis yang berguna untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi umat manusia. Jadi ilmulah yang melahirkan teknologi dan seni. 4. artinya tujuan dan manfaat tergantung pada penguasa teknologi dan seni. atau teknologi dan seni adalah penerapan ilmu dasar untuk memecahkan masalah guna mencapai tujuan tertentu. Pencapaian hasil ilmu dasr mampu memberi gambaran tentang berbagai macam alternatif/simpulan yang bersifat nisbi. yang pada dasrnya harus diikuti norma moral etika kemasyarakatan yang luas.yang menggali ilmu itu sendiri. Dengan demikian. B. Mengetahui arti komplementaritas Mengetahui komplementaritas ilmu.

Untuk itu hal yang perlu diperhatikan agar nilai-nilai budaya tidak rusak atau luntur karena kemajuan jaman. Teknologi dan Seni Dalam makalah ini. Jadi secara tidak langsung nilai-nilai budaya akan tersingkirkan atau luntur bersamaan berkembangnya ilmu dan teknologi canggih. sedangkan . apakan sesuai dengan konsep ilmu amaliah dan amal ilmiah atau belum. kami akan membahas tentang teknologi dan seni yang merupakan terapan dari ilmu dasar. Pembahasan Komplementaritas Ilmu dan Pengetahuan Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui oleh manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. kami juga membahas tentang bagaimana teknologi dan seni sebagai ilmu terapan bermanfaat bagi kehidupan manusia Indonesia sekarang ini.disusun segara sisitematis menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerapkan gejala-gejala alam atau fenomena-fenomena tertentu dibidang yang diketahui berdasarkan pengalaman manusia itu sendiri. Selain itu. Bagaimana ilmu dasar mempengaruhi terciptanya teknologi dan seni serta bagaimana hubungan antara teknologi dan seni itu sendiri. Dalam hal ini masalah yang akan muncul yaitu timbulnya dampak negatif dimana akan merusak atau melunturkan nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi karena berkembangnya jaman. kita harus tetap menjaga dan melestarikan budaya-budaya kita walau ilmu dan pengetahuan semakin maju. D.

Ilmu pengetahuan. Pengetahuan dan ilmu pada hakikatnya tergolong kedalam rumpun yang meliputi ilmu alam. Namun demikian sering dirasa dampak ilmu dan pengetahuan yang kadang merusak atau melunturkan nilai-nilai budaya yang dijunjung tinngi. dan ilmu yang bersifat transcendetal. Ilmu sosial lebih beragam pengetahuannya. ilmu sosial. pemahaman yang lebih lengkap tentang hakikat sesuatu realitas dapat dicapai melalui perpaduan antara ilmu dan pengetahuan. Teknologi dan seni merupakan hasil budi manusia yang dipergunakan untuk kemaslahatan hidup berbasis dasar yang scienctis. Dan di dunia modern saat ini telah mengalami perubahan-perubahan dalam perannya. Etika bahkan bisa lebih jauh lagi jangkauannya karena sudah dimuati unsur norma yang disepakati antar dn intern masyarakatnya dengan demikian bahasa dan etika merupakan komplementer yang positif dalam mengungkapkan ide atau konsep tertentu. sebagai Pengetahuan penyampaian mengenai ide gejala fisik kealaman kandungan akan sifat memungkinkan bagi insani memanfaatkan proses alam. Teknologi dan Seni . Ilmu berkembang terus menerus sesuai dengan perubahan jaman dan peradabannya.ilmu adalah suatu pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara simetris menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan menerapkan gejala-gejala alam atau fenomena-fenomena tertentu dibidang yang diketahui berdasarkan pengalaman manusia itu sendiri. dalam kurun perkembangan waktu sangat didambakan karena besarnya manfaat yang didapat dan diperoleh bagi manusia. Ilmu dan pengetahuan juga komplementer. Ahli ilmu alam menyelidiki proses secara alami dan menyusun hukum yang bersifat umum mengenai alam dan tidak bermahsud mengubah alam.

Misalnya di dalam ilmu bahasa. Tiap proses tersebut membuat kita mengerti makna dari apa yang kita baca sehingga kita bisa mengerti berbagai ilmu dari tulisan yang kita baca itu. akantercipta sebuah keseimbangan yang indah. 1989). kita belajar membaca hurf. keindahannya. paragraf. Budi . Jadi. walaupun berpaham rasionalis ataupun empiris ( F. Seni adalahkeahlian membuat karya yang bermutu. teknologi itu sendiri adalah suatu cra yang dipandang sebagai kepandaian untuk membuat sesuatu/melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni. dan lain sebagainya ( Kamus Besar Bahasa Indonesia. baik konkret maupun abstrak. Bentuk pengembangan ini disebut teknologi. teknologi dan seni merupakan penerapan ilmu dasar untuk memecahkan membersihkan masalah guna mencapai dari suatu tujuan dan tertentu.Ilmu dasar ( basic science ) merupakan landasan kajian ilmiah yang bersifat asasi yang digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan secara keseluruhan (Maman Rachman. sedangkan ilmu dasar/teori murninya mungkin diperoleh dengan jalan pengaetahuan dorongan kepentingan manusiawi. Bentuk televisi yang sama. dilihat dari segi kehalusannya. 2008:207). sampai essay. Pengembangan ilmu dasar untuk kemaslahatan manusia disebut dengan ilmu terapan. dan cara-cara pelaksanaan yang ditempuh untuk menghasilkan sesuatu sesuai dengan tuntutannya. penciptaan peralatan. lukisan-lukisan tangan saja. Teknologi dan seni merupakan dua hal yang berhubungan karena dengan keduanya yang terdapat dalam suatu karya. atau lagu-lagu tanpa adanya musik. Kita tidak bisa membayangkan jika teknologi atau seni berdiri sendiri. kata. Tujuannya adalah untuk memecahkan masalahmasalah yang dialami umat manusia. model pakaian yang sama. penentuan langkah kegiatan. Hasil-hasil dari ilmu terapan dapat berupa pengolahan bahan. Dlam ilmu fisaika pun ada fisika dasar dan fisika terapan…….

Teknologi yang mulai bergeser dari teknologi industri menjadi teknologi informasi sekarang ini membuat banyak orang khawatir akan cyber crime yang merebak. tetapi tetap harus diikuti norma moral etika kemasyarakatan yang luas. memang tetap harus diamalkan secara ilmiah untuk kemaslahatan manusia. bukan hanya untuk memuaskan kepentingan pemiliknya sendiri Perkembangan teknologi dan seni berjalan bersama dan saling mendukung satu sama lain. Akan tetapi. dalam Bahasa Indonesia berarti perbuatan kasih sayang atau charity. teknologi dan seni bersifat subyektif karena digunakan untuk tujuan tertentu yang bergantung pada penguasa teknologi dan seni.Dengan demikian. Ilmu. tetapi data menunjukkan hari-hari ini Indonesia menduduki peringkat pertama dalam hal cyber crime sedunia. perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih dan menarik visualnya tidak membuat kita buta akan kejahatan yang bisa terjadi dimana saja. perkembangan teknologi sangat membantu banyak orang dalam berkomunikasi melalui internet. Francis Bacon mengatakan ilmu adalah kekuasaan sehingga teknologi merupakan alat kekuasaan. Misalnya seni peran dan seni musik semakin berkembang setelah ditemukannya listrik.Hardiman. Kata amal dalam bahsa Arab berarti tindakan atau perbuatan. bukan berarti kita menggunakannya secara semene-mena karena ada istilah ilmu amaliah dan amal ilmiah yang berarti ilmu harus diamalkan dan tiap amalan harus bersifat ilmiah. salah satunya ada seorang gadis yang diduga terjerat human trafficking melalui Facebook. melalui teknologi dan seni. . dunia sastra tulis pun menang atas sastra lisan setelah Johan Guttenberg menemukan mesin cetak. Di Indonesia. 2009:24). seni rupa semakin berkembang setela ditemukannya kamera photo. ilmu itu harus berguna bagi orang lain. Jadi. Hal ini tentunya tidak sesuai dengan ilmu amaliah. Dengan demikian.

2. Daftar Pustaka . akantercipta sebuah keseimbangan yang indah. 4. baik konkret maupun abstrak. Saran Kita tidak boleh memisahkan antara teknologi dan seni karena teknologi dan seni karena merupakan dua hal yang berhubungan dan dengan keduanya terdapat dalam suatu karya. F. Teknologi dan seni sebagai ilmu terapan bagi kemaslahatan manusia. Penutup Kesimpulan 1. penentuan langkah kegiatan. 5.E. Teknologi dan seni saling berhubungan dan melengkapi 3. Ilmu dasar ( basic science ) merupakan landasan kajian ilmiah yang bersifat asasi yang digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan secara keseluruhan. penciptaan peralatan. Pengembangan ilmu dasar untuk kemaslahatan manusia disebut dengan ilmu terapan. Hasil-hasil dari ilmu terapan dapat berupa pengolahan bahan. dan cara-cara pelaksanaan yang ditempuh untuk menghasilkan sesuatu sesuai dengan tuntutannya.

Budi Hardiman 2009 Penerbit Kanisius.antara. Yogyakarta Filsafat ilmu Maman Rachman dkk 2008 UNNES press Semarang www.com .sarikata.Kritik ideology F.com www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful