P. 1
Proposal

Proposal

|Views: 236|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Farhan Azzam on Jul 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2014

pdf

text

original

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Dasar Pemikiran Kemajuan yang terjadi dalam berbagai bidang kehidupan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam bidang pendidikan. Diantara pengaruh yang ditimbulkan dalam bidang pendiddikan itu diantaranya menyangkut pola dan prilaku antara guru dan siswa, siswa dengan siswa lainnya baik dalam lingkungan sekolah maupun didalam lingkungan masyarakat, juga cara mengajar guru dan belajar siswa yang semakin hari perlu adanya inovasi dan kreasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mengingat situasi dan kondisi yang seperti tersebut perlu kiranya para guru dan siswa diberikan pengenalan serta wawasan yang berbeda dari situasi yang dihadapi sehari-hari melalui kunjungan ke sekolah – sekolah yang memiliki latar belakang serta kondisi yang berbeda dari sekolah mereka sendiri terkhusus dalam bidang budaya. Para guru dan siswa akan saling memperkenalkan budaya masing-masing sehingga dapat menambah wawasan para siswa dan guru tentang budaya yang beraneka ragam di Indonesia. Mengingat situasi yang seperti itu kami dari MAN I Medan dyang tergabung dalam English Club MAN 1 Medan bermaksud untuk mengadakan karya wisata sekaligus studi banding ke sekolah AIBEP ( SMP N. 3 Ubud, Bali) dalam rangka pengenalan dan sekaligus pertukat informasi budaya dan pengalaman sehingga akan dapat membina kerja sama dan peningkatan kegiatan sekolah. Dalam hal ini MAN 1 Medan akan memperkenalakan budaya dari daerah Sumatera Utara yaitu budaya Melayu dan Batak. 1.2 Landasan Kegiatan Landasan kerja penyelenggaraan karya wista sekaligus Studi banding tahun pelajaran 2010/2011 ini adalah : 1. 2. Program kerja OSIS dan English Club MAN 1 Medan angkatan 2010/2011. Rapat pengurus OSIS dan English Club MAN 1 Medan 1.3 TUJUAN Melalui kegiatan karyawisata dan studi banding ini diharapkan para guru dan siswa 1. Melakukan pengamatan terhadap situasi sekolah yang dikunjungi untuk selanjutnya melakukan perbaikan yang dianggap perlu.

1.4 Sasaran Kegiatan Sasaran kegiatan karya wisata dan studi banding MAN I Medan tahun 2010/2011 adalah sebagai berikut : 1. 5. memotivasi siswa agar memperoleh pengalaman dan wawasan menegenai budaya Indonesia. 2.2. . lebih besar yaitu persatuan dan kemajuan bangsa indonesia. Saling bertukar pengalaman bagi guru dan siswa dengan para guru dan siswa di sekolah yang Saling mempererat rasa persaudaraan sebagai sesama guru dan juga siswa demi tujuan yang dikiunjungi. Pengenalan budaya Sumatera Utara khususnya budaya Batak dan Melayu serta saling bertukar informasi budaya bagi guru dan siswa dengan para guru dan siswa di sekolah yang dikunjungi 3. pembimbing. dan pengajar untuk mengkoordinasi dam memperlihatkan budaya dari Sumatera utara yaityu budaya Melayu dan Batak. Memberikan suasana baru bagi guru dan siswa sehingga mampu membangkitkan motivasi untuk meningkatkan kinerja mereka. Siswa kelas XI Unggul MAN 1 Medan dalam kegiatan ini dapat memeperkenalkan sekaligus Guru-guru sebagai pendidik. 4.

3 Waktu dan Tempat Kegiatan Karya wisata dan studi banding.1. Bali) Penanggung Jawab Ketua Sekretaris Bendahara Anggota : : : : : . tanggal waktu tempat 1. N. Insya Allah akan dilaksanakan pada : hari.BAB II ISI KEGIATAN 1. 3 Ubud. Nama Kegiatan ” Karya wisata dan studi banding ke Bali Siswa MAN 1 Medan” 1.4 Kepanitian : : : Sekolah AIBEP (SMP.2. Tema Kegiatan Tema kegiatan karya wisata dan studi banding ini adalah ” Dengan karya wisata dan studi banding ini kita tingkakatan toleransi dan penghargahan budaya setiap daerah di Indonesia” 1.

Ketua Panitia Burhanuddun.000.Ag. . M. Mengetahui : Kepala MAN 1 Medan Medan.5 Anggaran Biaya Untuk kegiatan Karya Wisata (study banding) masing masing peserta dikenai biaya sebesar Rp 3.000 untuk keperluan sesuai dengan jadwal kegiatan terlampir.1.Pd. Harahap. S.

Study Tour MAN 1 Medan ( English Club MAN 1 Medan) Rute : Medan-Bali ( Menginap Selama Seminggu ) Hari Jam Program Tour I II III IV V VI VII .

guru. maupun siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia khususnya sekolah MAN 1 Medan agar sesuai dengan tarap internasional. baik keterampilan guru dalam mengajar maupun keterampilan siswa dalam belajar. diharapkan semua yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan karya wisata dan studu banding ke Bali tahun pelajaran 2010/2011 siswa MAN 1 Medan dapat melaksnakan tugas sesuai denagan tugas masing-masing.BAB III PENUTUP Study Banding adalah pengajaran yang bersifat membandingkan dan mengaplikasikan suatu pengetahuan untuk menjadi lebih baik dalam proses pengajaran pembelajaran dalam sebuah kelas dan untuk melihat perbandingan antara tehnik.metodelogi dan manejemen sekolah tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan. juga diharapkan adanya kerja sama anatar seksi sehingga terjalin kesamaan langkah dalam menjalankan tugas. Dengan selesainya penyusunan proposal ini. Besar harapan kami semoga proposal ini dpat bermanfaat sehingga dapat docapai tujuan yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu. Dengan adanya target atau sasaran tersebut maka setelah pelaksanaan study banding akan diketahui apakah tujuan itu tercapai atau tidak yang mempunyai manfaat baik bagi sekolah. Amin . pelaksaan study banding dapat mencapai tujuan maka perlu ditetapkan target atau sasaran tujuan study banding. Agar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->