m.Serangga memiliki dinding tubuh yang disebut integumen. ‡ Lapisan kutikula yang tebalnya kurang lebih 1m. y Anatomi Luar Integumen Integumen terdiri dari tiga lapisan utama. yaitu : ‡ Lapisan dasar (basement membrane) dengan ketebalan kurang lebih . ‡ Epidermis atau hipodermis yang mempunyai ketebalan satu sel. Integumen ini berperan sebagai kerangka luar (eksoskleleton). .

thoraks. yang disebut tentorium. . penerima rangsang dan otak (perpaduan syaraf).Secara garis besar bagian tubuh serangga terdiri dari kepala. dan abdomen Morfologi Kepala y Kepala merupakan bagian depan dari tubuh serangga dan berfungsi untuk pengumpulan makanan dan manipulasi. y Kutikula pada kepala mengalami penonjolan ke arah dalam. membentuk rangka kepala bagian dalam.

thoraks. . dan abdomen. yaitu penonjolan bagian dalam kutikula Secara garis besar bagian tubuh serangga terdiri dari kepala. yaitu garis persatuan antara dua sklerit yang terpisah y apodema atau apofisis. yaitu lekukan pada kutikula bagian luar y sutura.Pada kutikula sering dijumpai : y sulkus.

Serate .Pectinate .Capitate . Moniliform.Stylate. . Aristate Plumose .Geniculate . Flabellate.Bipectinate .Lamellate. Setaseous.Antena Berdasarkan bentuknya antena serangga dapat dibedakan menjadi 14 tipe yaitu : Filiform. Clavate .

Sepasang maksila (geraham kedua) 4. Epifaring (lidah) . Labrum (bibir atas) 2. Sepasang mandibel (geraham pertama) 3. Labium (bibir bawah) 5.Alat Mulut Secara umum alat-alat mulut serangga terdiri dari : 1.

sedangkan mesothoraks dan metatoraks masing-masing memiliki sepasang sayap. dan metatoraks y Ketiga bagian toraks tersebut memiliki sepasang tungkai.TORAKS DAN ABDOMEN Bagian Toraks y Bagian dari tubuh serangga antara kepala dan abdomen adalah thoraks terdiri dari tiga segmen atau ruas yaitu protoraks. . y Pada setiap sisi mesotoraks dan metathoraks terdapat sebuah spirakel. mesotoraks.

mesotoraks dan metatoraks masing- masing bagian atasnya terdiri dari notum dan bagian bawahnya disebut sternum. y Pronotum terbagi lagi atas preskutum. skutelum dan postkutelum. mesonotum dan metanotum masing-masing terbagi atas epimeron dan episternum.y Protoraks. skutum. dan notum untuk mesothoraks dan metathoraks masing-masing disebut mesonotum dan metanotum. y Notum untuk prothoraks disebut pronotum. .

Sayap y Serangga dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok berdasarkan kepemilikan sayap. dan hemolimf. trakea. y Sayap diperkuat oleh satu deretan rangkarangka sayap yang bersklerotisasi. . yaitu kelompok serangga bersayap (Pterygota) dan kelompok serangga tidak bersayap (Apterygota). yang mengandung syaraf. y Sayap merupakan tonjolan integumen dari bagian mesopleuron dan metapleuron.

. Bagian sayap yang dikelilingi oleh pembuluh sayap disebut sel.y Permukaan atas dan bawah sayap terbuat dari bahan kitin tipis. y Bagian tertentu dari sayap tampak seperti garis-garis tebal yang disebut pembuluh sayap.

Jenis-jenis metamorfosis ada 2 jenis yaitu : 1. melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui pertumbuhan sel dan differensiasi sel. Metamorfosis sempurna . Metamorfosis tidak sempurna 2.Metamorfosis adalah suatu proses biologi di mana hewan secara fisik mengalami perkembangan biologis setelah dilahirkan atau menetas.

belalang. . jangkrik dan lainnya.Merupakan metamorphosis yang melewati 2 tahapan yaitu dari telur menjadi nimfa kemudian menjadi hewan dewasa. Biasanya metamorfosis ini terjadi pada serangga seperti capung.

Merupakan metamorphosis yang melewati tahapan-tahapan mulai dari telur-larvapupa-imago (dewasa). Contoh metamorphosis sempurna terjadi pada kupukupu .

Ed-5. 1997.A. Study of Insect. Study of Insect. Amerika: Thomson Brook/ Cole.B. y ^ Borror et al. ISBN : 979-688-469-0. 2004.J. 2005. Prosiding Seminar Nasional Biologi XV. Amerika: Thomson Brook/ Cole.y ^ Campbell. . Reece.Ed-7. y ^ Gandjar. ISBN 979-8287-17-7. Biologi Edisi Kelima Jilid 2. Universitas Lampung. dan L. N. Mitchell. 2003.G. y ^ Borror et al.Lampung: Perhimpunan Biologi Indonesia. Jakarta: Erlangga.

html y http://www.org/mw/Metamorfosis _7.crayonpedia.1 . 2004.y ^ Suranto A. y http://www. ISBN: 9793702028.gudangmateri. Jakarta: AgroMedia. Khasiat & Manfaat Madu Herbal.com/2010/07/metam orfosis-dan-metagenesis-hewan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful