Kelompok Ganjil

Peran Guru BK dalam mengoptimalkan Kualitas Pendidikan Nasional dengan mengoptialkan Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional .

atau terkait dengan pengembangan pribadi konseli sebagai makhluk yang berdimensi biopsikososiospiritual (biologis. yang meliputi aspek pribadi.Hakikat Bimbingan Konseling memfasilitasi perkembangan potensi konseli. dan spiritual). dan karir. sosial. belajar. . psikis. sosial.

Fungsi Bimbingan dan Konseling vFungsi Pemahaman vFungsi Preventif vFungsi Pengembangan vFungsi Penyembuhan vFungsi Penyaluran vFungsi Adaptasi vFungsi Penyesuaian vFungsi Perbaikan vFungsi Fasilitasi vFungsi Pemeliharaan .

qBimbingan dan konseling sebagai proses individuasi. qBimbingan menekankan hal yang positif. . qBimbingan dan konseling Merupakan Usaha Bersama.Prinsip – prinsip Bimbingan Konseling qBimbingan dan konseling diperuntukkan bagi semua konseli. qBimbingan dan konseling Berlangsung dalam Berbagai Setting (Adegan) Kehidupan. qPengambilan Keputusan Merupakan Hal yang Esensial dalam Bimbingan dan konseling.

Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling ØLayanan Orientasi ØLayanan Informasi ØLayanan Konten ØLayanan Penempatan dan Penyaluran ØLayanan Konseling Perorangan ØLayanan Bimbingan Kelompok ØLayanan Konseling Kelompok ØKonsultasi ØMediasi .

berupa kegiatan. Hakikat Kompetensi Guru . tentu saja seseorang harus memiliki kemampuan (ability) dalam bentuk pengetahuan (knowledge).Kompetensi pada dasarnya merupakan gambaran tentang apa yang seyogyanya dapat dilakukan seseorang dalam suatu pekerjaan. berperilaku maupun hasil yang dapat ditunjukkan. baik berupa kegiatan. perilaku dan hasil yang seyogyanya dapat ditampilkan atau ditunjukkan. Agar dapat melakukan sesuatu dalam pekerjaannya. sikap (attitude) dan keterampilan (skill) yang sesuai dengan bidang pekerjaannya. Maka dalam hal ini kompetensi guru dapat dimaknai sebagai gambaran tentang apa yang seyogyanya dapat dilakukan seseorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya.

Kompetensi kemasyarakatan. 3. seorang guru akan mampu menjadi seorang pemimpin yang menjalankan peran : ing ngarso sung tulada. yaitu memiliki kepribadian yang mantap dan patut diteladani. memiliki pengetahuan yang luas dari bidang studi yang diajarkannya. memilih dan menggunakan berbagai metode mengajar di dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakannya.Kompetensi profesional. baik dengan siswa. tut wuri handayani . maupun masyarakat luas.Kompetensi personal. Dengan demikian. yaitu : 1.Raka Joni sebagaimana dikutip oleh Suyanto dan Djihad Hisyam (2000) mengemukakan tiga jenis kompetensi guru. mampu berkomunikasi. ing madya mangun karsa. sesama guru. 2.

orangtua/wali peserta didik. dan kompetisi secara profesional dalam konteks global dengan tetap melestarikan nilai dan budaya nasional. menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional. 1. dan menerapkan prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan. 2. . materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah.Kompetensi profesional merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang meliputi: konsep. sesama pendidik. bergaul secara efektif dengan peserta didik.Kompetensi sosial merupakan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk : berkomunikasi lisan dan tulisan. struktur. tenaga kependidikan. bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar. hubungan konsep antar mata pelajaran terkait.Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. penerapan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari. dan metoda keilmuan/teknologi/seni yang menaungi/koheren dengan materi ajar.

2. 3. .Menguasai landasan teoritik bimbingan dan konseling.Mengoptimalkan Kompetensi Sosial dan Profesional Guru Bimbingan Konseling 1.Menyelenggarakan bimbingan dan konseling yang memandirikan.Memahami secara mendalam konseli yang hendak dilayani.

2.Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional 1.Guru BK sebagai konselor. 4.Guru BK sebagai Evaluator.Guru BK sebagai pengaruh pembelajaran. 5. . 3.Guru BK sebagai manajer.Guru BK juga berperan dalam membimbing pengalaman sehari-hari ke arah pengenalan tingkah laku dan kepribadiannya sendiri.

TERIMA KASIH .