P. 1
PERKEMBANGAN WARALABA

PERKEMBANGAN WARALABA

|Views: 142|Likes:
Published by Nissa Aulia

More info:

Published by: Nissa Aulia on Jul 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/15/2013

pdf

text

original

PERKEMBANGAN WARALABA DI IDONESIA

Oleh : Pyco Putra Anugra 170610080048

JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NIAGA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG 2011

dalam bisis eceran seperti : Carrefour. Mc Donald. Smart. Dalam definisi tersebut menekankan pada pentingnya peran nama dagang dalam pemberian waralaba dengan imbalan royalty. Kentucky Fried Chicken. Menurut Peraturan pemerintah RI No 16 tahun 1997 tanggal 18 Juni 1997 tentang WARALABA dikatakan bahwa : Waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan inteletual atau penemuan atau cirri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan dan atau penjualan barang dan atau jasa. sebagian besar pendapatan yang diperoleh dari bisnis waralaba tersebut mengalir ke kantong pengusaha di luar negeriuntuk pembayaran royalti secara terus menerus. Saat ini terdapat 42 perusahaan waralaba lokal jauh lebih sedikit jumlahnya dari waralaba asing yang jumlahnya mencapai 230 perusahaan. Sumber: http://id.com/business-management/2154959-definisi-dan-pengertianwaralaba-franchise/#ixzz1SSMCZmGN . bahwa waralaba yang lebih berkembang di Indonesia adalah waralaba yang sumber teknologinya datang dari luar negeri sebagai pemilik Hak Kekayaan Intelektual (Intellectual Property Right). antara lain : • PH Collin dalam Law Dictionary mendefinisikan Franchise sebagai “license to trade using a brand name and paying a royalty for it” dan franchising sebagai “act of selling a license to trade as a franchise”.PENDAHULUAN Di Indonesia usaha waralaba ini sudah mulai berkembang sejak tahun 1985pada berbagai skala usaha terutama bisis makanan seperti : Pizza Hut. dll. Fakta menunjukkan. Maka dalam rangka memperkuat perekonomian negara perlu dikembangkanbisnis waralaba lokal.shvoong. APA ITU WARALABA ? Waralaba didefinisikan secara berbeda-beda oleh beberapa pihak. Implikasinya.

yaitu franchise tidak sekedar menjadi penyalur. adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya. yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus. Agar waralaba dapat berkembang dengan pesat. namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya. 259/MPP/KEP/7/1997 Tanggal 30 Juli 1997 tentang Ketentuan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba. adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba. yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) RI No. PERKEMBANGAN WARALABA DI INDONESIA sistem waralaba di Indonesia mulai dikenal pada tahun 1950-an. Tonggak kepastian hukum akan format waralaba di Indonesia dimulai pada tanggal 18 Juni 1997. . waralaba berkembang pesat. Franchisee atau penerima waralaba.Definisi Franchisor dan Franchisee Franchisor atau pemberi waralaba. maka persyaratan utama yang harus dimiliki satu teritori adalah kepastian hukum yang mengikat baik bagi franchisor maupun franchisee. 16 tahun 1997 tentang waralaba ini telah dicabut dan diganti dengan PP no 42 tahun 2007 tentang Waralaba. Perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an. Karenanya. PP No. 16 Tahun 1997 tentang Waralaba. Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. misalnya di AS dan Jepang. kita dapat melihat bahwa di negara yang memiliki kepastian hukum yang jelas. Selanjutnya ketentuan-ketentuan lain yang mendukung kepastian hukum dalam format bisnis waralaba adalah sebagai berikut: 1. yaitu dengan munculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi.

seiring masuknya waralaba asing disektor usaha rumah makan siap saji (fast food chain restaurant) antara lain. antara lain. dan lain-lainnya. Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No.2. Perusahaan lokal . Undang-undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek. Pioneer Take Out. salon kecantikan. 14 Tahun 2001 tentang Paten. Undang-undang No. perusahaan lokal yang telah mengembangkan usahanya dengan mempergunakan format bisnis waralaba jumlahnya tidaklah sebanyak waralaba asing banyak atau hanya sekitar 10 persen dari jumlah waralaba asing yang ada di Indonesia. dll. waralaba sebagai format bisnis mulai dikenal pada awal dekade 80-an. 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang. Di Indonesia. Texas Church. Undang-undang No. 31/M-DAG/PER/8/2008 tentang Penyelenggaraan Waralaba. Format bisnis waralaba memang tak dapat dipungkiri eksistensinya dan digemari oleh pengusaha-pengusaha mengingat kecilnya risiko kegagalan yang mungkin timbul dalam menjalankan usaha khususnya bagi pengusaha-pengusaha pemula. 5. 4. dan tersebar di beberapa bidang usaha. KFC. kegagalan usaha yang mempergunakan format bisnis waralaba prosentasenya tidak lebih dari satu digit. Jaringan bisnis ini berkembang sangat pesat dalam waktu yang singkat. bahkan menurut data di Deperindag RI hingga tahun l997 (sebelum terjadinya Krisis Moneter) telah terdaftar lebih dari 250 perusahaan sebagai penerima waralaba (franchisee) dari suatu waralaba asing. • • • • • • • • rumah makan/restoran jasa pemasaran hotel toko buku dan toko cindera mata minimarket persewaan kendaraan pusat kebugaran dan perawatan tubuh penata rambut. Di sisi lain. Bahkan dibanyak negara. 3.

Jika Anda calon pengusaha pemula. Bagi Anda franchisor. setidaknya Anda mengantongi berbagai keuunggalan: baik dari sisi brand. pameran franchise. twitter. Pasalnya. Ini menunjukan bahwa tren ini akan semakin memberikan angin segar bagi industri franchise. Bahkan diberbagai kampus sudah banyak dibangun entrepreneur center. Pasalnya pameran franchise di penghujung tahun pada pada November silam mendapat sambutan yang meriah. bahwa franchisee akan lebih terbuka dan kritis mengungkapkan kekecewaan di depan publik. Dengan berbagai keuunggulan diatas tentunya. media sosial seperti facebook.tersebut antara lain. Terbukti meningkatnya jumlah pengunjung pameran yang ingin berbisnis dengan system franchise. blog. LIA. tren kewirausahaan juga dirasakan mengalami lonjakan. Terlebih franchise dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembekalan entrepreneurship. Tentu kemudahan akses informasi ini akan berdampak baik bagi franchisor pasalnya calon franchisee akan semakin paham berbisnis dengan pola franchise. Anda tidak memulai bisnis dari NOL lagi. Perkembangan positif ini tentu semakin membakar optimisme banyak pelaku di industri ini pada tahun 2011. promosi nasional dan lainnya. Namun yang perlu menjadi catatan franchisor pada 2011. Es Teller 77. Tahun 2011 agaknya momen yang bakal menjadi peluang besar bagi para franchisor di Indonesia. waralaba menjadi pilihan bisnis yang menarik di tahun 2010. jeli dan bahkan kritis terhadap bisnis yang akan dipilihnya. Terbukti ketika saya mengisi . support. youtobe. Pada tahun 2011. CFC. Tidak hanya itu. Baik lewat majalah. entrepreneur pemula maupun mahasiswa. dll. surat kabar. Melalui pola franchise. ILP. franchise di Indonesia diyakini akan lebih bergairah dan mengalami pertumbuhan. TV. tingkat resiko kegagalan dalam membangun bisnis dapat ditekan. Indomaret dan lain-lainnya. internet. Kedua mereka akan mendapat beragam informasi yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. sharing experience. system. Rudy Hadisuwarno. Bahkan franchise akan lebih “dibidik” calon pengusaha pemula. Hal ini tampak makin bertumbuhnya pelatihan entrepreneur bagi para purna karya. Terlebih “ledakan” informasi mengenai bisnis franchise semakin terasa dan mudah diakses dimana-mana. 2011 saya melihat para calon franchisee akan makin selektif. Lutuye Salon. radio.

Tentu dengan adanya pameran franchise di berbagai kota ini akan semakin meningkatkan penetrasi bisnis franchise ke berbagai daerah di luar pulau jawa. Adapun waralaba yang diprediksi bakal di-pinang calon franchisee antara lain: 1. Franchise-franchise yang terbukti mampu memberikan keuntungan bagi franchisee akan menjadi bidikan calon franchisee lain. Franchise yang akan ditingalkan adalah bisnis franchise yang banyak mengalami penutupan gerai dan mengecewakan franchisee. Tentu saja efek dari word of mouth seperti hal tersebut diatas akan terus bergerilya kemamana. bahkan mereka melihat market yang belum jenuh menjadikan daya tarik tersendiri. 3. . Tidak hanya itu saja. Sulawesi dan Kalimantan. Sumatera. Pasalnya berbagai EO pameran franchise juga mulai membuat perencanan pameran baik di Jawa. Oleh karena itu mereka (calon franchisee) akan melakukan investigasi terhadap outlet yang berjalan. Banyak orang yang ingin memiliki bisnis franchise namun tidak memiliki waktu dan mereka tidak mau melepas pekerjaannya sebelum bisnisnya berjalan dengan baik. Munculnya waralaba-waralaba baru prospektif selalu ditunggu oleh para investor di bisnis franchise. Lalu bisnis franchise apa yang akan menjadi pilihan para franchisee di 2010. Calon franchisee akan lebih pandai dalam memilih bisnis franchise. ditengarai penetrasi bisnis franchsie di luar Jawa akan semakin cepat. Banyak sekali peminat di kategori ini waralaba yang menggunakan pola franchisor operator juga akan dibidik para calon franchisee. 2.sebuah seminar entrepreneurship baru baru ini ada 3 orang franchisee yang tidak segan-segan menyebut merek franchise yang membuat mereka kecewa. Waralaba baru yang memiliki prospek baik. Apakah menguntungkan atau tidak. Franchise yang bisa membuat sukses franchisee. Sebab itu dibutuhkan kepiawaian seorang franchisor untuk mengelola franchiseenya dengan baik sesuai dengan hak dan kewajibannya. Memasuki tahun 2011. Waralaba “Franchisor Operator”. dengan makin banyaknya edukasi terhadap bisnis franchise diyakini 2011 juga akan diwarnai makin menjamurnya merek-merek baru di bisnis ini.

. Jangan sampai bisnis Anda hanya bertahan dalam hitungan bulan. Low Invesment yang Sustainable. pilihlah bisnis yang memiliki tingkat lifecycle produk yang panjang. 4. Tentu bagi calon franchisee harus ekstra hati hati dalam memilih franchise baru ini. Waralaba / business opportunity yang relatih rendah nilai investasi masih menjadi bidikan calon franchisee. namun yang perlu dicatat jangan memilih bisnis dengan produk yang musiman.Tentu bagi pendatang baru harus membuktikan bahwa bisnisnya sudah proven dan layak franchise.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->