P. 1
Sejarah GPS

Sejarah GPS

|Views: 1,041|Likes:
Published by Adry Putera Daerah

More info:

Published by: Adry Putera Daerah on Jul 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2013

pdf

text

original

1

KATA PENGANTAR

Assalamu alikum wr.wb Puji syukur kehadirat allah swt atas rahmat dan hidayah-NYA sehingga kami dapat menyelesaikan tugas klipping ini dengan tepat waktunya. Adapun klipping yang kami buat ini yan membahas tentang proses dan interaksi sosial yang kami rangkum dari berbagai buku, kami menyadari pada penyusunan klipping ini masih banyak kekurangan karena kami sadar bahwa kami masi dalam tahap pembelajaran, sehingga dari itu kami meminta kritik dan saran dari para penbaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan klipping ini. Ucapan terimah kasi kami sampaikan kepada seluruh rekan-rekan taruna/i mahasiswa terutama teman kelompok saya yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini serta pihak-pihak lain yang juga telah membantu kami dalam penyusunan klipping ini, Demikian yang kami sampaikan semoga bahan diskusi ini bermanfaat bagi kita semua khususnya taruna/i mahasiswa Akademi Maritim Indonesia Veteran Makassar umumnya.amin«.

09 APRIL 2010

PENYUSUN

2

SEJARAH GPS

Bagaimana GPS muncul ? Awalnya ide ini berasal dari seseorang di masa lampau yang berpikir, bagaimana keberadaan kita saat ini, lokasinya dimana, dan akan pergi ke suatu tempat yang tentunya memerlukan kejelasan lokasi tempat yang tepat. Terkadang, hanya menyebutkan alamat suatu tempat, belum tentu kita menemukan posisi yang dimaksud oleh alamat tadi. Ataupun ada kesamaan alamat bisa terjadi pula. Hal inilah tentunya salah satu yang mendasari munculnya GPS. Sistem navigasi GPS dengan menggunakan satelit pertama kali diluncurkan oleh angkatan laut Amerika Serikat pada tahun 1960. Nama satelitnya: Transit, terdiri dari 5 konstelasi satelit. Sebelumnya GPS hanya digunakan Amerika untuk Serikat kepentingan dibawah militer

Departemen

Pertahanannya. Baru pada tahun 1978 kalangan non-militer dapat memanfaatkan kegunaan dari alat ini. Akan tetapi saat itu baru pada tingkat korporat, dimana

penggunaannya terutama di dunia penerbangan, pembuatan peta, survey dan keperluan ilmiah lainnya. Kejadian tertembaknya pesawat Korean Airlines di tahun 1983 oleh Uni-Soviet maka presiden Amerika Serikat waktu itu, Ronald Reagan, memerintahkan penggunaan sistem GPS untuk kalangan awam secara gratis. Jadi sejak saat itu industri telekomunikasi memanfaatkan fasilitas ini sebaik mungkin dengan membuat alat navigasi dan bisa dijual bebas secara langsung. Hingga Maret 2008, sudah ada 31 satelit yang aktif mendukung sistem GPS yang mengorbit mengelilingi bumi kita. Kumpulan satelit-satelit itu diberi nama NAVSTAR-GPS. Pengelolaan penggunaan sistem satelit GPS ini dipegang oleh Angkatan Udara Amerika

3

Serikat. Selain NAVSTAR-GPS, juga ada konstelasi satelit lain milik negara-negara tertentu seperti GALILEO milik negara-negara Eropa, COMPASS milik Cina, GLONASS milik Rusia dan IRNSS milik India.

Sistem

Navigasi

dan

posisi

merupakan hal yang penting dalam berbagai aktifitas dan prosesnya sampai saat ini masih dianggap suatu hal yang rumit. Selama bertahun-tahun perkembangan teknologi

berusaha menyederhanakan urutan suatu aplikasi teknologi, tetapi penyederhanaan prosespun terkadang merugikan kita juga.

Akhirnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat memutuskan bahwa militer mereka harus mempunyai suatu bentuk teknologi yang sangat teliti mengenai suatu posisi yang tepat dari suatu lokasi apapun yang ada di permukaan bumi ini. Kebetulan waktu itu mereka mempunyai dana segar senilai 12 juta dollar, dan tentunya hal ini dijadikan modal untuk membangun suatu teknologi mutakhir yang baik.

GPS (Global Positioning System) adalah suatu teknologi navigasi ciptaan manusia, yang bekerja di lokasi mana saja di seluruh bumi. Untuk menggunakan GPS, Anda tidak perlu subscribe atau langganan alias gratis, ibaratnya beli pesawat televisi tapi tidak perlu bayar bulanan untuk nonton, cukup beli unitnya saja. Lalu siapa yang mendanai? Satelit GPS dimiliki oleh badan pertahanan AS (Unites States Department Of Defense) yang dibiayai oleh pembayar pajak di AS sendiri.

Saat ini, jutaan org menikmati kegunaan/fungsi /keakuratan dari gps seperti di dunia penerbangan, laut, darat, utk tangkap ikan, berburu, survei di hutan, dll. Bisa dibayangkan pesawat terbang tanpa navigasi atau kapal laut berlayar tanpa navigasi akurat!

4

GPS terdiri dari konstelasi 24 satelit yg mengorbit 24.000mil diatas permukaan bumi. Ke 24 satelit ini mengirimkan singal microwave berupa data &waktu untuk menghitung posisi suatu tempat dan cukup membutuhkan minimal 3 satelit untuk mengetahui lokasi suatu titik di bumi. Serta satelit keempat diperlukan utk mendapatkan posisi tiga dimesi yang menentukan elevation atau altitude (ketinggian).

GPS tidak bisa bekerja di dalam gedung tapi bisa bekerja di bawah pohon meski kanopinya lebar serta cuaca apapun tidak terlalu berpengaruh dari sinyal GPS. Pemakaian GPS harus di ruangan terbuka menghadap angkasa. Pemakaian GPS di dalam pesawat sebaiknya minta ijin dengan pilot Anda.

Kenapa

Departemen

Pertahanan

Amerika

mengembangkan

GPS

?

Pada waktu itu ada sejenis perlombaan senjata dari ICBM, menjadi suatu hal yang menarik dalam hal menentukan lokasi tepat dari lokasi misil yang ditembakkan oleh musuh. Tentunya dengan mengetahui dengan

mengetahui lokasi secara tepat, kita bisa menghancurkan musuh tersebut beserta seluruh perangkat persenjataan mereka.

Hal tersebut tidaklah terlalu sulit waktu itu untuk menemukan lokasinya, apabila lokasi peluncuran senjata itu berada di daratan, dimana waktu itu kebanyakan misil darat berasal dari daratan uni soviet. Akan tetapi sebagian besar jenis senjata nuklir, ternyata ditembakan dari arah lautan. Tentunya untuk mempertahankan kekuasan amerika, mereka harus menemukan cara bagaimana menemukan posisi tepat, walaupun itu berada di tengah samudera yang luas dalam hitungan jam. Dan mereka menemukan GPS. GPS atau global

5

positioning system, merupakan suatu system yang merubah system navigasi sampai saat ini.

Differential GPS merupakan suatu bentuk kerjasama dari dua receiver GPS, satu receiver GPS posisinya diam dan receiver GPS lainnya bergerak menyusuri area yang akan dipetakan posisinya. Jadi satu receiver GPS merupakan base station (reference GPS) dan receiver GPS lain menjadi rover GPS. Perlu diingat, untuk Differential GPS, tidak hanya terbatas menggunakan 2 receiver GPS saja, Anda bisa menggunakan 3, 4 atau berapapun receiver GPS. Yang penting ada salah satu yang harus menjadi GPS reference / base stationnya.

Assisted-Global Positioning System (A-GPS) merupakan penyempurnaan dari GPS sebagai satelit penentu posisi di belahan bumi.Satelit GPS yang dimiliki bumi mempunyai konstelasi 24 satelit dalam enam orbit yang mendekati lingkaran, setiap orbit ditempati oleh 4 buah satelit dengan interval antara yang tidak sama. Orbit satelit GPS berinklinasi 550° terhadap bidang equator dengan ketinggian rata-rata dari permukaan bumi sekitar 20.200 km.

y

Metode Advanced Positioning yang terdapat pada A-GPS merupakan metode penentuan posisi yang paling tinggi akurasinya dibandingkan metode deteksi posisi lainnya seperti misalnya Time Difference Of Arrival (TDOA)]], maupun Enhanced Observed Time Difference (E-OTD) sehingga A-GPS jauh lebih efisien dan efektif dalam mengakses informasi dari satelit karena tidak perlu mencari data satu persatu dari ke-24 satelit yang ada, namun A-GPS telah mengetahui sasaran (satelit) mana yang dibutuhkan atau dituju.

A-GPS pertama kali dikeluarkan oleh US FCC (United States Federal Communications Comission), yakni suatu badan komunikasi Amerika.Pada masa itu digunakan untuk mengakomodir Panggilan Darurat (911) agar penelpon dapat terlacak dengan lebih akurat, baik ketika di dalam maupun luar gedung.

6

Pada masa sekarang ini, deteksi posisi bukan lagi hanya untuk kebutuhan militer ataupun eksplorasi, namun akibat adanya "demam" piranti-piranti tanpa kabel ataupun komunikasi selular, penggunaan deteksi posisi telah menjadi sebuah kebutuhan di dunia telekomunikasi.

Atas dasar itulah, maka teknologi pencari posisi ini terus berevolusi mencari bentuk yang paling ideal dan sempurna.

Kegunaan

y

A-GPS menawarkan solusi terakurat dari metode-metode yang telah ada sebelumnya. Lebih lanjut, A-GPS merupakan layanan yang menggabungkan sistem GPS dan layanan GSM (Global System for Mobile Communications).

y

Layanan ini juga berguna untuk dapat menjembatani kekurangan dan kelebihan GPS dan LBS. LBS adalah Location Based Service yang sebenarnya adalah salah satu layanan tambahan dari selular GSM.LBS bukanlah sistem tetapi merupakan layanan yang menggunakan sistem tambahan penunjang sistem GSM.

y

A-GPS Menjadikan proses akses informasi menggunakan satelit menjadi lebih mudah dan cepat.

Metode Metode A-GPS merupakan metode yang berbasis pada waktu.Pada metode ini, akan dilakukan pengukuran waktu tiba dari sebuah sinyal yang dikirimkan dari satelit GPS. Hal ini berarti pada perangkat yang digunakan harus memiliki fasilitas untuk mengakses GPS.AGPS seperti halnya GPS, juga menggunakan satelit yang memancarkan sinyal radio ke penerimayang terpasang pada permukaan atas bumi.Penerima GPS dihubungkan dengan antena yang menerima sinyal radio untuk mengkalkulasi posisi penerima GPS.

7

Kelebihan GPS Sebagai Pemandu Jalan

Seringkah Anda tersesat saat memasuki perumahan yang banyak jalannya? Atau bingung mau cari warung somay waktu jalan-jalan ke Bandung? Itulah kelebihan GPS sebagai pemandu jalan. Anda tidak akan pernah tersesat lagi. Bahkan GPS bisa menghemat biaya bensin Anda. Lho? Pernah sekali waktu saya berkunjung ke Bandung, karena saya orang Pontianak terang saja saya tidak tahu kondisi jalan di Bandung. Dengan GPS saya bisa mengunjungi banyak lokasi dalam sehari dan tidak ada waktu terbuang hanya gara-gara salah jalan ataupun berhenti sana sini untuk menanyakan orang setempat. Semua dipandu dengan GPS dengan pemandu suara berbahasa Indonesia pula. Menarik sekali dan menghemat waktu. Saat itu saya hanya ditemani Garmin Nuvi 200, tipe termurah PND dari Garmin tapi hasilnya cukup memuaskan karena peta yang disertakan sudah lengkap, yaitu City Navigator 2.1 Jawa Bali (saat ini sudah v3.02). Kelebihan yang lain peta yang disertakan sudah mengenali one way, two way maupun vorobodden.

GPS juga banyak kelebihan yang kini mulai dimanfaatkan di banyak sektor komersial dan hobbist. Salah satu contoh di bidang komersial adalah penerapan GPS yang dipadukan dengan alat komunikasi seperti ponsel, radio ataupun internet. Bukan magic ketika Anda menelepon sebuah jasa layanan taxi dan operatornya menjawab 4 menit akan ada jemputan di tempat Anda. Bagaimana bisa, operator (bukan sopir) mengetahui armadanya dimana dan berapa jauh atau dekat armada ke lokasi Anda? Itu berkat penggabungan teknologi GPS dan teknologi komunikasi. Sehingga seluruh armada taxi dapat dipantau keberadaannya oleh operator di command center mereka. Bahkan kecepatan dan jarak bisa dihitung secara presisi oleh komputer mereka. Sehingga bagaikan telepati sang operator dapat menghitung waktu dan jarak penjemputan Anda.

Untuk kalangan hobbist banyak sekali pemanfaatan GPS seperti geotag, sebuah konvergensi GPS dan kamera digital. Kelebihannya Anda dapat menyimpan koordinat bumi di dalam data exif foto-foto Anda. Fungsinya, anda dapat dengan mudah ingat dimana

8

diambilnya foto bahkan bisa disharing ke teman-teman foto tersebut diambil di lokasi mana. GPS dapat dipasang di body ataupun dengan kabel. Beberapa kamera digital terbaru juga sudah ada yang built in GPS seperti Nikon Coolpix P6000. Pembelajaran Geotag: http://learningtogeotag.com/

Ataupun untuk kalangan yang hobby mancing, kini juga tersedia GPS yang dilengkapi dengan sonar atau echo sounder yaitu alat yang bisa mendeteksi keberadaan ikan/karang disekitar kapal/perahu kita. Memudahkan para nelayan untuk menangkap ikan dan menghindari bahaya yang tidak diinginkan. Sementara GPS berfungsi agar Anda tidak tersesat di laut.

Peralatan GPS

GPS terbagi menjadi beberapa jenis, ada GPS untuk udara (penerbangan), darat dan marine. Ada juga yang lebih spesifik misalnya GPS khusus militer dan kalangan survey. Namun untuk orang awam penggunaan GPS lebih banyak untuk navigasi di jalan raya. Peralatan GPS yang kini cukup ³booming´ adalah GPS PND/PNA, dikenal dengan Personal Navigation Device/Assistant.

Kemampuan GPS PND terletak pada tampilannya yang bersahabat. Anda yang gaptek pun dijamin tetap akan mudah mengoperasikannya karena rata-rata menggunakan layar sentuh. Merk-merk PND terdiri dari Garmin, Mio, Holux dll.

GPS Garmin 530HCX, perpaduan GPS dan FRS/GMRS/Radio 2 arah

Kini GPS juga banyak ditanamkan dalam ponsel, sehingga dengan bermodalkan ponsel pun Anda akan mudah menemukan suatu lokasi. Namun sayangnya masih banyak layanan GPS di ponsel masih dikenakan biaya. Berbeda dengan GPS yang betulan hampir semuanya free. Seperti Nokia Maps yang pemakaian gratis namun dikenakan biaya jika ingin feature navigasinya (menunjukkan kapan belok dan tiba tujuan). Ponsel GPS kini digemari karena mulai dilengkapi dengan A-GPS yaitu Assisted GPS (GPS terbantu), sebuah feature

9

yang dapat mempercepat penangkapan signal GPS meski dihalangi oleh benda-benda padat misal di dalam rumah. Namun AGPS mensyaratkan adanya koneksi internet minimal GPRS yang terhubung ke server provider merk ponsel tersebut. Namun usah kuatir karena biaya yang dikenakan sangatlah kecil sekitar 5-10KBan saja. AGPS menghapus mitos bahwa ponsel GPS tidak handal untuk digunakan. Tipe-tipe AGPS sekarang mudah dijumpai seperti pada Nokia N series dan E series. Windows Mobile PDA Phone juga sudah dilengkapi AGPS. Feature wajib bagi road warrior. Kelemahannya harus ada signal GPRS, dan jika di daerah blank spot, GPS tetap bisa dipergunakan seperti biasa namun dengan penerimaan signal satelit yang lebih lama dari biasa. Ponsel GPS kini menjadi daya tarik karena mudah dibawa-bawa, bahkan beberapa kalangan menggunakan ponsel GPS untuk kebutuhan survey misalnya pengambilan titik koordinat, mengukur luas lahan, mengukur panjang, mencari alamat, serta memantau posisi teman yang juga memakai ponsel GPS. Satu hal yang perlu Anda ketahui, pemakaian GPS di ponsel tidak dikenakan biaya alias gratis, bisa dibuktikan dengan tetap berfungsinya GPS meskipun SIM card tidak terpasang.

Selain model PND juga ada model handheld, model ini lebih untuk adventurer, misal Anda yang suka hiking, biking, mancing ataupun camping sangat cocok dengan tipe handheld karena mudah dibawa dan tahan banting, tahan debu dan tahan air. Selain adventurer tipe handheld juga banyak dipakai kalangan surveyor misalnya untuk pertambangan, perkebunan, pertanian bahkan marine juga banyak memakai tipe handheld.

Secara umum tipe handheld lebih banyak disediakan feature tambahan dibandingkan tipe PND karena faktor keselamatan. Tipe PND lebih banyak digunakan untuk otomotif sehingga feature yang disediakan lebih terbatas karena produsen ingin Anda lebih memerhatikan jalan berkendara daripada GPS karena sangat berbahaya sambil berkendara Anda bermain GPS. Feature tambahan seperti kompas elektronik, barometer, perhitungan luas area dll hingga saat ini belum tersedia pada tipe PND sehingga Anda harus menyesuaikan kebutuhan Anda, sebaiknya Anda tanyakan ke penjual apa yang cocok dengan kebutuhan Anda, bukan feature/harga yang mungkin bisa menjebak Anda salah beli.

10

GPS+PETA

Sebuah GPS hanyalah sebuah alat navigasi yang memandu jalan, namun GPS menjadi lebih mantap jika GPS tersebut dilengkapi yang peta. GPS tanpa peta bagaikan sayur tanpa garam. GPS saat ini telah dilengkapi dengan peta dan hampir seluruh wilayah Indonesia telah tersedia peta jalannya.

Peta juga terbagi menjadi beberapa jenis, ada peta laut, peta aviation (penerbangan), peta kontur/topografi, serta peta jalan. Nah yang sering dimanfaatkan orang awam adalah peta jalan.

Untuk pemakai GPS handheld maupun PND dapat memanfaatkan peta jalan. Peta ini rata-rata masih versi berbayar dengan biaya yang tidak sedikit. Wajar karena pembuatan peta tidak semudah yang dibayangkan.

Namun belakangan muncul komunitas yang terdiri dari berbagai profesi yang bukan dari kalangan pemetaan yang justru bersatu membuat peta seluruh Indonesia. Orang-orang inilah yang berjasa tanpa mendapat imbalan terus melengkapi peta Indonesia. Komunitas ini dikenal dengan nama mapdeveloper navnet

Baru GPS merk Garmin yang disupport. dan tidak tertutup kemungkinan kedepannya akan semakin mendukung merk lainnya. Meski gratis, bukan berarti peta ini serba kekurangan, justru para mapdeveloper membuatnya lebih canggih daripada peta berbayar.

Kelebihannya: 

Dibuat oleh orang lokal yang tentu saja sangat mengerti kota dimana mereka domisili  Dibuat dengan software berbayar yang banyak digunakan oleh perusahaan2 pemetaan juga  Berkemampuan mencari jutaan obyek menarik  Bisa mencari alamat di seluruh kota di Indonesia

11 

Icon2 /symbol2 poi yang telah dicustomize dengan yang lebih menarik  Tersedia 2 versi, untuk perangkat GPS dan PC/laptop  Diupdate secara berkala 2 bulan sekali  Jika terjadi kekeliruan atau kesalahan dalam peta, tim mapdev menerima saran dan kritik di web diatas dan akan diperbaiki pada bulan berikutnya

Hari modern GPS digunakan secara luas dan kebanyakan orang memiliki satu hari ini. Tujuan awal GPS tidak untuk penggunaan pribadi. Ini dirancang untuk penggunaan militer untuk melacak benda-benda udara dan benda-benda lain yang tidak dapat dilihat secara normal saling berhadapan.

Tanggal GPS modern kembali ke akhir 1950. Rusia mulai ada eksplorasi ruang angkasa dengan Sputnik. Orang-orang yang mengikuti pesawat ketika bepergian menyadari bahwa Anda bisa melacak dengan sinyal radio. Dengan penemuan ini awal GPS dilahirkan. Pemerintah Amerika Serikat mulai bekerja pada pengembangan teknologi ini di pertengahan tahun 1960-an ketika proyek Sistem Transit diluncurkan. Sistem Transit adalah sebuah sistem dari 6 satelit yang mulai mengelilingi bumi. Mereka itu harus digunakan terutama untuk membantu melacak kemajuan dan arah rudal dan kapal selam. Pertama adalah menempatkan satelit ke orbit mengelilingi bumi pada tahun 1978 oleh Amerika Serikat Departemen Pertahanan.

Today's GPS Navigasi dan Global Positioning System sering bisa ditemukan di kaca depan mobil atau pada sepeda motor dan sepeda. Teknologi ini sangat populer sehingga sistem pemetaan canggih ini yang lebih baru bahkan mobil yang dirancang dengan GPS dimasukkan sebagai fitur standar. Tapi apa yang banyak orang gagal untuk sadari adalah bahwa GPS mulai sebagai lebih dari perangkat yang digunakan oleh directionally ditantang. GPS Navigasi mulai sebagai sebelum waktu dan menjanjikan peralatan yang dirancang oleh Pemerintah Amerika Serikat untuk militer dan pemerintah menggunakan secara eksklusif.

12

Hari sistem ini mencakup pengoperasian 24 satelit yang terus mengorbit bumi dalam lagu yang sangat tepat. Satelit digunakan untuk berbagai fungsi yang mencakup navigasi, GPS pemetaan dan pelacakan. Dengan bantuan satelit ini yang hanya terlihat pada malam hari kita dapat secara akurat menggambarkan lokasi kami, lokasi orang lain, atau lokasi di mana kita ingin melakukan perjalanan. Apa yang lebih luar biasa adalah bagaimana sistem seperti kecil sekarang. Today's GPS bisa masuk ke telapak tangan Anda dan belum memegang kekuasaan yang sangat besar. Beberapa unit navigasi bahkan dibangun ke jam yang tidak lebih besar dari seperempat! GPS yang lebih kecil populer untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda motor karena mudah untuk dibawa dan mengetahui lokasi.

Teknologi GPS terus-menerus berubah dan hanya masa depan akan dapat memberi tahu kami apa yang akan terjadi dengan itu karena kemungkinan tidak terbatas. Dengan hari ini kendaraan, built in GPS memiliki lebih banyak daripada navigasi. Teknologi yang ada sekarang memiliki kemampuan untuk menempatkan informasi lalu lintas, cuaca dan berita informasi langsung ke GPS dan peta itu! Bahkan pompa bensin dengan harga saat ini dapat digunakan dengan layanan langsung MSN disertakan dalam beberapa GPS pembelian.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->