Komunikasi

Disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Komputer Perkantoran

Kelompok Ganjil
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Siapa Siapa Siapa Siapa Siapa Dkk.

Materi
Jenis-Jenis Komunikasi

Jaringan Komunikasi

Tujuan Pembelajaran
‡ Untuk mengetahui pengertian konsep komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui sejarah komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui jenis-jenis komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui jaringan komunikasi dan jaringan komunikasi data

Tujuan Pembelajaran
‡ Untuk mengetahui pengertian konsep komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui sejarah komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui jenis-jenis komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui jaringan komunikasi dan jaringan komunikasi data

dan masyarakat menciptakan. Baik lokal maupun yang luas.seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. seperti internet . kelompok.Pengertian dan Konsep Komunikasi ‡ Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang. organisasi. dan menggunakan informasi agar terhubung denganlingkungan dan orang lain ‡ Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat.

Pengertian dan Konsep Komunikasi Source F E E D B A C K info Media Perseorangan/ Kelompok AUDIO Kabel. punya kepentingan FISIK serat optik VISUAL NON-FISIK info Destination Perseorangan/ AUDIOKelompok VISUAL yg dituju Udara .

Pengertian dan Konsep Komunikasi .

Konsep Komunikasi .

Tujuan Pembelajaran ‡ Untuk mengetahui pengertian konsep komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui sejarah komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui jenis-jenis komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui jaringan komunikasi dan jaringan komunikasi data .

Sejarah Komunikasi Komunikasi langsung Komunikasi tidak langsung Alat komunikasi .

Sejarah Komunikasi danKomunikasi Data Tradisional Alat komunikasi Modern .

Sejarah Komunikasi dan Komunikasi Data Modern Perkembangan Alat Komunikasi Modern ‡ Sistem Komunikasi Telepon ± Penemuan Telegraph oleh Morse pada tahun 1835 ± Penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 Menggunakan kabel ‡ Sistem Komunikasi Radio ± Penemuan radio oleh Guiogelmo Marconi pada tahun 1901 Menggunakan gelombang elektromagnetik ‡ Sistem Komunikasi Data ± Penemuan konsep mesin hitung (computer) pada 1822 yang kemudian menjadi berkembang pesat setelah ditemukannya transistor pada 1948. . kemudian timbul keinginan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain (era 1960-an).

Sejarah Komunikasi .

Tujuan Pembelajaran ‡ Untuk mengetahui pengertian konsep komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui sejarah komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui jenis-jenis komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui jaringan komunikasi dan jaringan komunikasi data .

Jenis-Jenis Komunikasi Komunikasi Langsung Komunikasi Tak Langsung Komunikasi Satu Arah Komunikasi Dua Arah .

Jenis-Jenis Komunikasi Data Melalui Infrastruktur Teresterial Umum Melalui Satelit Simplex Comunication Aliran Data Half-Duplex Comunication Full-Duplex Comunication .

Frame Relay. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL).Jenis komunikasi secara umum ‡ Melalui Infrastruktur Teresterial Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. VP MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP). Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. .

. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.Jenis komunikasi secara umum ‡ Melalui Satelit Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi.

aliran data hanya satu arah. Mainframe ke monitor. dll. Radio broadcast. contoh sistem komunikasi TV. . keyboard ke cpu.Jenis komunikasi berdasarkan aliran data ‡ Simplex Comunication Simplex Comunication yaitu Komunikasi satu arah.

hanya satu arah saja pada suatu saat. . Komunikasi antar komputer di jaringan komputer.Jenis komunikasi berdasarkan aliran data ‡ Half-Duplex Comunication Komunikasi dua arah. Contoh pada Sistem Walkie-talkies. data dapat mengalir kedua arah secara bergantian.

Jenis komunikasi berdasarkan aliran data ‡ Full-Duplex Communication Komunikasi dua arah secara simultan. . pada saat bersamaan. Contoh akses internet dan telephon lewat saluran TV cable. pada saat yang sama data mengalir ke kedua arah secara bersamaan.

Jenis Komunikasi .

Tujuan Pembelajaran ‡ Untuk mengetahui pengertian konsep komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui sejarah komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui jenis-jenis komunikasi dan komunikasi data ‡ Untuk mengetahui jaringan komunikasi dan jaringan komunikasi data .

Jaringan Komunikasi Jaringan Suatu kelompok terorganisir dengan pola tertentu Jaringan Komunikasi Suatu bentuk pola-pola keterkaitan komunikasi anta individu dalam suatu kelompok .

Jaringan Komunikasi Waka Kelas Ketua Kelas Info Bend. Kelas Absen 1 Absen 11 Absen 21 Absen 31 Feedback .

Jaringan Komunikasi Data rg rakan ata an informasi Jaringan Komunikasi Data iko kan Dari suatu titik k titik lain m lalui ralatan listrik atau l ktromagn tik. kab l s rat o tik (fib r o tic cabl s). atau sinyal g lombang mikro (microwav signals) .

Jaringan Komunikasi Data Jaringan Komunikasi Data .

Jaringan Komunikasi Data LA Jaringan Komunikasi Data WA .

tetapi justru menjadi populer setelah PC banyak digunakan. . LAN pada awalnya dikembangkan dikomputer mini.LOCAL AREA NETWORK Merupakan suatu jaringan dimana peralatan-peralatan hardware dan software digabungkan untuk dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas.

.Dengan adanya sistem LA ini maka beberapa PC yang tadinya bekerja sendiri-sendiri. pada akhirnya dapat bekerja sama dalam batas-batas tertentu. Kerjasama yang dapat dilakukan juga semakin berkembang dari hanya pertukaran data sampai saling memakai peralatan yang dihubungkan dengan salah satu sistem komputer. bahkan juga dengan sistem komputer yang lebih besar.

Akibat banyaknya merk dan jenis komputer yang beredar. . sehingga pekerjaan dapat diselesaikan secara lebih efisien dan perlatan yang mahal dapat digunakan secara bersama. maka seringkali sebuah kantor memiliki lebih dari satu merk komputer dengan pelbagai jenis dan ukurannya. Padahal kantor sangat menghendaki agar semua sistem komputer yang dimilikinya dapat saling bekerja sama. Hal inilah yang menyebabkan dorongan munculnya LA .

yang berlokasi saling berjauhan tetapi masih dalam satu jaringan. yang dalam hal ini disebut sebagai peripheral. . Setiap workstation dapat digunakan sebagai stand-allone (komputer yang berdiri sendiri). tetapi juga dapat digunakan untuk meng-access storage ataupun output devices. Pada gambar nampak sebuah jaringan LA yang terdiri dari empat PC yang diletakkan pada pelbagai tempat.LA menjadi sedemikian populernya karena secara umum dapat digunakan sebagai paralatan otomatisasi kantor. PC yang ada disebut sebagai workstation.

Manajer pada Workstation-1 dapat menggunakan software expert system yang terdapat pada server untuk menyiapkan grafik serta mencetaknya dengan ploter. LA dalam hal ini mampu memberikan semuanya itu kepada pemakai. dan ini tentu sangat menghemat biaya. Manajer 2 yang terdapat pada Workstation-2 dapat menggunakan MS-Word dan mencetaknya dengan printer biasa. .

‡ Jaringan LA biasanya akan terdiri atas: File server. seperti misalnya dalam satu gedung. Dan dikarenakan pendeknya jarak yang ada. Printer server. satu departemen ataupun satu kampus (saat ini pengertian terbatas diartikan tidak lebih dari 20 km). maka LA hanya bisa menjangkau daerah yang areanya terbatas (local). ploter dan lainnya. Utility server. . maka kecepatan transmisi data menjadi sangat tinggi. berfungsi untuk membagi peng-access-an printer kedalam jaringan sehingga bisa dimanfaatkan seluruh pemakai. berfungsi untuk mengontrol harddisk serta menghubungkannya kedalam jaringan. ‡ Sesuai dengan namanya. seperti misalnya modem. dengan adanya peralatan ini memungkinkan untuk setiap pemakai didalam jaringan bisa menggunakan beberapa peralatan. merupakan suatu perlatan didalam jaringan yang berguna untuk melakukan komunikasi dengan jaringan yang lain. Gateway.

.

Penggunaan udara sebagai media transmisi pada LA pada saat ini belum umum digunakan. ataupun kabel koaksil yang biasanya digunakan pada televisi. Dalam hal ini.Media transmisi data yang digunakan pada LA biasanya berupa kabel untiran seperti halnya yang digunakan pada kabel telpon. jaringan LA biasanya tidak memerlukan adanya modem. . ataupun kabel serat optik.

Bentuk ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar ataupun departemen pemerintahan.WIDE AREA NETWORK ‡ Merupakan suatu jaringan yang terdiri atas dua ataupun lebih komputer dalam suatu area yaang luas dan dihubungkan dengan fasilitas komunikasi seperti misalnya sistem telpon ataupun pemancar gelombang-mikro. .

data ataupun komunikasi gambar/video . Setiap cabang yang ada. kemudian saling dihubungkan dengan sebuah jaringan yang bermuara pada kantor pusat. jaringan yang ada dapat menangani banyak hal.Pada saat ini. banyak sekali perusahaan yang memiliki cabang yang tersebar dipelbagai kota ataupun pelbagai negara. Pada saat ini. seperti misalnya melakukan komunikasi suara.

Jaringan Komunikasi .

Jenis-Jenis Jaringan ‡ ‡ ‡ ‡ Fiber / Serat Optik Sistem Kabel Public Switched Telephone etwork (PSTN) Broadband dan Home Network .

dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.Fiber / Serat Optik ‡ Fiber Optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED (light emitting diode) .

Fiber / Serat Optik ‡ Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi. . karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit.

3. Qube memliki kelebihan yaitu adanya alat vote untuk memasukan suara/ pilihan penonton. Qube adalah TV berbayar pertama yang muncul sekitar tahun 1970. Video on Demand sistem kerjanya adalah dengan PPV (pay per view) jadi kita membayar sesuai dengan siaran TV yang kita lihat saja.Sistem Kabel Sistem kabel terdiri atas: 1. VOT adalah layanan yang diotorasikan FCC (Federal Communication Commission) dimana perusahaan telepon lokal yang berpartisipasi dipersyaratkan untuk mennyangkut program video dari semua pihak yang meminta tanpa Qube. VOT (Video Dial Tone). Video On Demand (VOD). dengan cara begitu kita tidak akan mengalami kerugian yang besar apabila kita tidak menonton yang lain. 2. .

. termasuk hal yang sangat penting dalam perkembangan teknologi komunikasi dunia. karena memudahkan orang dalam berkomunikasi dengan orang di luar negeri atau tempat lain.Public Switched Telephone Network (PSTN) ‡ PSTN (Public Switched Telephone Network) adalah jaringan telepone tetap (dengan kabel).

. Didirikan untuk memecahkan masalah koneksi internet di perkotaan besar yang memerlukan jaringan internet dengan kecepatan tinggi. Sekitar 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telpon standard. Ada 2 macam jenis yaitu DSL dan Kabel Modem yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih.Broadband dan home network ‡ Broandband adalah sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi.

ketika mereka akhirnya berubah definisi untuk kecepatan di atas 768 Kb / s. Memiliki jaringan Broadband kit aakan dapat menikmati layanan canggih seperti seperti VoIP (voice over Internet Protocol) dan IPTV (Internet protokol televisi). maka kita tidak dapat menikmati berbagai content menarik seperti game online yang banyak berkembang. Home Network memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan dari koneksi broadband.Broadband dan home network ‡ Komisi Komunikasi Federal (FCC) didefinisikan sebagai jaringan broadband dengan kecepatan lebih dari 200 / s Kb (kilobit per detik) sampai Maret 2008.5 Mb / s (Megabits per detik) ke lebih dari 100 Mb / s. Tanpa adanya Broadband. dengan beberapa komputer dengan menggunakan koneksi broadband yang sama pada waktu yang sama. ‡ . Pengguna internet broadband hari ini menikmati kecepatan mulai dari 1.

Jenis Jaringan Komunikasi .

Terima Kasih .

Chizli .Credits ‡ Edi Washito ‡ I Made Adi Widiarta ‡ Nur Fatmawati ‡ Zulfikar I.

Chizli .Credits ‡ Edi Washito ‡ I Made Adi Widiarta ‡ Nur Fatmawati ‡ Zulfikar I.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful