KUMPULAN ALAT MUSIK TRADISIONAL DARI NEGARA INDONESIA Antara lain : SE RULI N G RE B A B GAMELAN PA N T I N G KOLINTANG GENGGONG SALUANG T A LE MP ONG

CELEMPONG CANANG RA PA I KACAPI CALUNG T A B UH D OL SASANDO TAMBUA SE RUN A I SRONEN GONG GAMELAN WAYAH KENDANG ANGKLUNG KANEKES ANGKLUNG DOGDOG LOJOR ANGKLUNG GUBRAG ANGKLUNG BADENG SARON RI N D I N G SAMPEK

Suling konser standar ditalakan di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulaidari middle C. B foot joint. ataulogam yang dilapisi perak. adalah pilihanekstra untuk model menengah ke atas dan profesional. pada beberapa suling untuk para ahli ada kuncitambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C. Piccolo juga umumnya digunakandalam orkes. dan bahkan beberapa para ahli) memilih closedhole plateau key. . Piccolo adalah suling kecil yang ditalakan satu oktaflebih tinggi dari suling konser standar. Akan tetapi. Parapelajar umumnya menggunakan penutup sementara untuk menutup lubangtersebut sampai mereka berhasil menguasai penempatan jari yang sangat tepat. Suling konser modern memiliki banyak pilihan. Ini berarti sulingmerupakan salah satu alat musik orkes yang tinggi. Sedangkan suling untukpelajar umumnya terbuat dari nikel-perak. akan tetapi.TANJIDOR TIFA TOTOBUANG Di Susun Oleh : HERMANTO AULIA Suling adalah alat musik dari keluarga alatmusik tiup kayu. Suling konserdisebut juga suling Boehm. Suling open-holed. Namun beberapa pemain suling (terutama parapelajar. Suara suling berciri lembutdan dapat dipadukan dengan alat musik lainnyadengan baik. hanya piccolo yang lebihtinggi lagi dari suling.juga biasa disebut French Flute (di mana beberapa kunci memiliki lubang ditengahnya sehingga pemain harus menutupnya dengan jarinya) umum padapemain tingkat konser.Suling modern untuk para ahliumumnya terbuat dari perak dan emas ataucampuran keduanya. Thumb key B-flat (diciptakandan dirintis oleh Briccialdi) standar. atau suling saja. Beberapa orang mempercayai bahwa kunci open-hole mampu menghasilkansuara yang lebih keras dan lebih jelas pada nada-nada rendah.

Sayangnya musik nan indah ini. Misalnya acara . tifa jekir potong dan tifa bas ditambah dengan gong berukuran besar dan totobuang. dengan beberapa lubang sebagai penyanggahnya. Namun musik ini didominasi oleh alat musik tifa. sekarang sangat jarang kita nikmati. Musik ini hanya dapat dipertunjukan pada event-event tertentu. Terdiri dari tifa jekir. Bahkan dapat dikatakan langkah. tifa potong. yang merupakan serangkaian gong-gong kecil yang ditaruh pada sebuah meja. yang sebaliknya hanya dapat dimainkan oleh orang-orang yang tinggal di wilayah mayoritas Muslim. Musik ini merupakan musik khas warga yang tinggal di wilayah mayoritas Kristen.Tifa totobuang musik berasal dari daerah Maluku Tifa totobuang adalah musik asli yang sama sekali tidak dipengaruhi budaya luar. Masing-masing alat musik dari Tifa totobuang memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling mendukung satu sama lain hingga melahirkan warna musik yang khas. tifa dasar. Dalam beberapa pertunjukan musik ini biasanya disandingkan dengan musik sawat.

karena kalau tidak disikapi dengan baik. Sepatutnya event-event yang menampilkan permainan musik tifa totobuang. mungkin saja musik ini akan punah. (**) . festival atau konser semakin digalakan. pertunjukan kesenian daerah Maluku diluar daerah atau di luar negeri serta pada acara-acara adat. Masalah ini seharusnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah. Dengan begitu.penyambutan tamu khusus. musik ini memiliki nafas panjang. Sekarang ini hanya beberapa buah sanggar tifa totobuang yang masih aktif. seiring perkembangan daerah ini kedepan. entah itu eksebisi. Pemainnya pun umumnya merupakan pemain yang diajarkan secara turun-temurun oleh orang tua mereka.