TATA KRAMA

1. NASIONAL 2. LOKAL :
# Lingkungan rumah : cara makan # Lingkungan sekolah : bertemu dengan guru # Lingkungan masyarakat : waktu berkunjung, bermain

PENGERTIAN : ‡ TATA : aturan. kelakuan ‡ TATA KRAMA : kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia setempat . tindakan. norma. peraturan ‡ KRAMA : sopan santun.

Memerlukan kebutuhan bathin : perhatian kasih sayang kerja sama pertolongan .Mengapa kita mempelajari. memahami dan melakukan tata krama ? Karena : a.Kita adalah kelompok / golongan makhluk hidup yang tidak bisa hidup sendiri a.

Saling menghargai HASILNYA : a. Menghasilkan prestasi / pola pikir yang sehat dan baik / bermutu .Membentuk suasana hubungan / menciptakan suasana hubungan yang menyenangkan b.Menciptakan semangat kerja / belajar yang tinggi b.TUJUAN MENTAATI TATA KRAMA a.

Bisa membawa mala petaka pada anggota keluarga / pada saat kapan saja . Timbul ketegangan antaranggota kelompok b.JIKA TIDAK MENTAATI a. Semangat belajar/prestasi menurun d. Timbul perselisihan c.

menyela pembicaraan 6. berbicara dengan bertolak pinggang . berbicara menyinggung orang lain 2. Tata Krama Berbicara : 1. memborong pembicaraan orang lain 4. memotong pembicaraan orang lain 5.Dipandang dari tingkah laku Tata Krama terdiri dari : A. mempermalukan orang lain 3.

B. menyebut nama 2. m. Tata Krama Pergaulan : 1. Tata krama bertamu misal : bertamu.enerima tamu . Tata cara berkenalan misal : berjabat tangan.

Tata cara makan . Tata cara bersolek dan menggunakan perhiasan 3. Tata cara berbusana 2.C. Tata Krama berpenampilan : 1. Tata cara berjalan bersama 4.

Setiap anggota keluarga dapat menunaikan kewajibannya 4. Saling menhargai dan menghormati antar anggota keluarga 3. Setiap anggota keluarga dapat menempatkan diri sebagai makhluk ciptaan Tuhan 2.Tata krama yang berkaitan dengan hak dan kewajiban manusia sebagai pribadi maupun sebagai makhluk sosial : 1. Setiap anggota keluarga saling bantu dalam kesulitan dan kegembiraan .

KEBERSAMAAN HIDUP BERBAGAI LINGKUNGAN HIDUP a. Kebersamaan hidup di lingkungan keluarga contohnya : mempergunakan waktu mandi secepat mungkin karena diperlukan juga oleh seluruh anggota keluarga b.saling menolong .menjenguk teman yang sakit . Kebersamaan hidup di lingkungan sekolah Misalnya : .diskusi .belajar kelompok .menghargai saran dan pendapat teman .mengerjakan kliping bersama .

Cara menggunakan fasilitas pribadi prinsip jangan mengganggu ketenangan dan membahayakan orang lain . sepeda motor 2. Cara menggunakan fasilitas umum bertindak untuk mengatasi masalah dengan cara yang memungkinkan anda mengambil prakarsa dan tindakan Contoh : membuang sampah sembarangan .c. Contoh : HP. Kebersamaan hidup di lingkungan masyarakat 1.

Sekian dan Terima Kasih .