P. 1
SEJARAH - perjanjian linggarjati

SEJARAH - perjanjian linggarjati

5.0

|Views: 4,393|Likes:

More info:

Published by: Gianfranco Jubintoro on Jul 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2013

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Pertempuran merupakan salah satu hal yang banyak terjadi pada masa lampau. Sekarang pun masih banyak pertempuran yang terjadi di lingkungan kita, meskipun hanya dalam skala kecil dulu merupakan tempat yang mempunyai kerajaan kecilan.Indonesia kerajaan yang hebat

dan menguasai hamper seluruh daratan asia tenggara. Meskipun be gitu, masa kejayaan itu pelahan lahan mulai pudar, dan Indonesia pun dijajah

oleh negara lain. Hal ini tentu sangat memprihatinkan mengingat masa kejaayaan kerajaan majapahit. Maka untuk menghindari pertemp uran - pertempuran yang sia sia,kita kerajaan di Indonesia contohnya sriwijaya dan

mengenal suatu konsep pemikiran yang bernama perjanjian. perjanjian merupakan persetujuan antara kedua belah pihak untuk mengikuti sesuatu yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Perjanjian juga bisa digunakan untuk mengakui sesuatu hal.contohnya perjanjian linggarjati.Perjanjian linggarjati merupakan perjanjian antara Indonesia dengan belanda dalam hal kemerdekaan Indonesia. Dalam karya tulis saya yang satu ini, saya akan membahas tentang perjanjian tersebut.di harapkan dengan karya saya yang satu ini,bisa memberikan pemahaman lebih dalam tentang perjanjian linggarjati.

Page 1

Page 3 .Page 10 .Page 11 Page 2 . Page 9 .Page 4 .Page 9 . .Page 3 .Daftar isi Kata Pengantar Daftar isi Bab 1 Pendahuluan Latar belakang Bab 2 isi Bab 3 Penutup Kesimpulan Saran Daftar Pustaka Page 1 ..Page 2 .

pemerintah Inggris mengirimkan Lord Killearn ke Indonesia untuk menyelesaikan perundingan antara Indonesia dengan Belanda. Pada akhir Agustus 1946.Perundingan ini menghasilkan persetujuan gencatan senjata (14 Oktober) dan meratakan jalan ke arah perundingan di Linggarjati yang dimulai tanggal 11 November 1946. namun Belanda hanya mau mengakui Indonesia atas Jawa dan Madura saja. selain itu pemerintah Inggris menjadi penanggung jawab untuk menyelesaikan konflik politik dan militer di Asia. Sumatera dan Madura. diplomat Inggris. Sir Archibald Clark Kerr. mengundang Indonesia dan Belanda untuk berunding di Hooge Veluwe.BAB 1 PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia karena Jepang menetapkan status quo di Indonesia menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda. Page 3 . oleh sebab itu. namun perundingan tersebut gagal karena Indonesia meminta Belanda mengakui kedaulatannya atas Jawa. seperti contohnya Peristiwa 10 November.Pada tanggal 7 Oktober 1946 bertempat di Konsulat Jenderal Inggris di Jakarta dibuka perundingan Indonesia -Belanda dengan dipimpin oleh Lord Killearn.

33) Komisi Jenderal yang terdiri dari Schermerhorn (bekas Perdana Me nteri. mereka mencari hubungan dengan Pe rdana Menteri Sutan Sjahrir untuk bertukar pikiran mengenai prosedur -prosedur dalam pembicaraan pembicaraan yang akan diadakan. yang mengakui nasionalisme di Indonesia. hal.BAB 2 ISI Pada tanggal 17 Mei 1946 Katholieke Volkspartij (KVP-Partai Rakyat Katolik) memenangkan pemilihan umum di Negeri Belanda. van Poll (anggota KVP. Van Mook kemudian menulis surat kepada Menteri Daerah Seberang Lautan yang baru. Kabinet Beel kemudian membentuk September 1946 dengan tujuan Komisi Jenderal pada tanggal 2 sementara dikuasakan menjalankan wewenang-wewenang pemerintah agung untuk memajukan persiapan persiapan suatu tertib hukum baru bagi Hindia Belanda . Bahkan ia mengatakan.Dr. van Mook ditunjuk sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang baru menggantikan van Starkenborgh Stachouwer yang mengundurkan diri akibat berbeda pendapat dengan Logemann.J. kemudian pada bulan Juli 1946 bersama dengan Partij van de Arbeid (Partai Buruh) berkoalisi membentuk pemerintahan. setelah pe ndaratan sekutu di Indonesia pada bulan September 1945. Jonkman. Beel ditunjuk sebagai Perdana Menteri. ketua).Van Mook kemudian dimasukan ke dalam komisi ini secara ex officio . untuk mengadakan perundingan dengan pihak republik setelah dua perundingan sebelumnya menghasilkan kegagalan. Begitu tiba di Jakarta.A. pada tanggal 7 September 1946 bahwa ini adalah kesempatan yang ketiga. Sebelumnya. Saya yakin bahwa ini adalah kesempatan terakhir (Renville. Mr. anggota) tiba di Jakarta pada tanggal 18 September 1946. Menteri Daerah Seberang Lautan. anggota) dan de Boer (ahli ekonomi. setelah akhir tahun 1945 dan April 1946. Page 4 .

Setelah tentang gencatan Tentara senjata Republik berlangsung Indonesia. Delegasi Belanda berangkat dari Jakarta dengan menumpang kapal terbang Catalina Catalina yang mendarat dan berlabuh di luar Cirebon. Gani (Menteri Perekonomian). yaitu Lord Ki llearn.S. Ia tidak berkeberatan menginap di Hotel Linggarjati ya ng sekaligus menjadi tempat perundingan.Dalam tahap pertama akan dibicarakan tentang penghentian permusuhan dan kemudian meningkat kepada perundingan -perundingan tentan g susunan ketatanegaraan baru di Indonesia dan perubahan Kerajaan sesuai dengan tuntutan zaman. Pembicaraan kesulitan. maka diambil jalan tengah j ika perjanjian diadakan di Linggarjati.Ia berangkat dari Jakarta menumpang kapal fregat Inggris H. Disepakati pula bahwa perundingan -perundingan akan diadakan di bawah pengawasan seorang penengah.Hari Minggu pada tanggal 10 November 1946 Lord Killearn tiba di Cirebon.M. Suatu garis demarkasi selebar dua kilometer dari kedua belah sisi medan pertempuran diterima. memberikan persetujuannya kepada gencatan senjata. Karena tidak memungkinkan perundingan dilakukan di Jakarta maupun di Yogyakarta (ibukota sementara RI). maka pada tanggal 7 November 1946 diperintahka n penghentian tembak menembak. Veryan Bay. Soesanto Tirtoprodjo (Menteri Dalam Negeri) dan Moehammad Roem. yang akan diperbantukan oleh Pemerintah Inggris. A. tanpa Jenderal Panglima Soedirman.K.Delegasi Indonesia Page 5 . dekat Cirebon.Dari Banckert yang kemudian mereka pindah ke kapal perang menjadi hotel terapung selama perjanjian berlangsung. Sementara itu delegasi republik akan diwakili oleh Sutan Sjahrir (Perdana Menteri). Sedangkan Ali Boediardjo berfungsi sebagai sekretaris. Amir Sjarifoeddin (Menteri Pertahanan).

maka dihasilkan beberapa asas dan pokok persetujuan. (2) Pemerintah Belanda dan Pemerintah Republik Indonesia bekerja sama supaya terbentuk Negara Indonesia Serikat (NIS) yang berdaulat dan merdeka atas dasar demokratis dan federal. Madura dan Sumatera. sebuah desa dekat Linggarjati. (5) UUD Negara Indonesia Serikat akan ditetapkan oleh suatu sidang konstituante yang akan dibentuk dan terdiri dari utusan -utusan republik dan daerah-daerah lain NIS yang ditunjuk secara demokratis. Page 6 . (7) Uni Indonesia-Belanda dikepalai oleh Raja/Ratu Belanda. Setelah kedua deleg asi mengadakan perundingan pada tanggal 11 -12 November 1946 yang ditengahi oleh Lord Kilearn.Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta sendiri menginap di kediaman Bupati Kuningan. (4) Bagian Negara Indonesia Serikat (NIS) adalah : Daerah Republik. diantaranya : (1) Pemerintah Belanda mengakui Pemerintah Republik Indonesia sebagai de facto menjalankan ke kuasaan atas Jawa. (3) Wilayah Negara Indonesia Serikat (NIS) meliputi seluruh wilayah Hindia Belanda. Keputusan keputusan untuk membela kepentingan bersama akan diambil oleh badan badan uni atas nama Raja. Kalimantan dan Negara Indonesia Timur.yang dipimpin oleh Sjahrir menginap di desa Linggasama. (6) Pemerintah Belanda dan Pemerintah Republik akan bekerja sama untuk kepentingan bersama Neg eri Belanda dan Indonesia supaya terbentuk suatu Uni Indonesia -Belanda.

Persetujuan Linggarjati kemudian diparaf oleh Schermerhorn dan Sjahrir di rumah kediaman Sjahrir di Jakarta pada tanggal 15 November 1946. setelah memperbanyak jumlah anggotanya dari 200 menjadi 514 orang.Bahkan di suatu majalah laskar rakyat bernama Godam Jelata ada sebuah puisi dengan kalimat tertulis Anti Linggarjati sampai mati . Pemerintahan sementara ini secara prinsip diterima oleh Sjahrir pada tanggal 8 Juni 1947 dan disetujui dalam rapat kabinet tanggal 20 Juni 1947. karena sebagian besar anggota KNIP yang lama menolak isi persetujuan tersebut. Komisi Jenderal mengultimatum Pemerintah Indonesia untuk mengakui kedaulatan Kerajaan Belanda atas Ind onesia secara de jure sebelum tanggal 1 Januari 1949 dan sebelum itu Indonesia di bawah suatu pemerintahan sementara (interim) dimana Raja/Ratu Belanda sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Ditambah atas campur tangan Soekarno -Hatta yang akan meletakan jabatan jika persetujuan Linggarjati tidak disetujui. Dan akhirnya Persetujuan Linggarjati ditandatanga ni dengan khidmat di Istana Rijswijk (kini Istana Negara) pada tanggal 25 Maret 1947. di bulan Mei 1947. Dalam pelaksanaan persetujuan Linggarjati. Partai Sosialis.Persetujuan Linggarjati ha nya didukung secara nyata oleh partainya Sjahrir. Secara umum di kalangan Republik. Pada akhirnya se bagian besar anggota Partai Sosialis di kabinet dan KNIP pun menarik dukungan terhadap Sjahrir pada Page 7 . Rupanya hal ini membawa dampak kurang baik bagi Sjahrir. KNIP sendiri kemudian meratifikasi perjanjian tersebut pada bulan Februari 1947. dan oleh Soekarno -Hatta.Penolakan diantara nya datang dari Partai Nasional Indonesia (PNI). baik politisi maupun pejuang kemerdekaan. Masyumi. persetujuan Linggarjati ditolak karena dianggap menguntungkan pihak Belanda. Partai Rakyat dan laskar -laskar rakyat.Ia dianggap terlalu banyak memberikan konsensi kepada Belanda terutama oleh anggota partainya sendiri.

Schermerhorn sendiri sebagai ketua Komisi Jenderal menolak aksi militer ini. meminta agar diperkenankan untuk melanjutkan aksi militer hingga Yogyakarta dan menduduki ibukota Republik itu dengan segala konsekuensinya.Sjahrir mengembalikan mandat Perdana Menteri kepada Presiden Soekarno keesokan harinya. Tanggal 13 Oktober 1947. Jonkman.tanggal 26 Juni 1947. Dan di kemudian hari Pemerintah Belanda menging kari Persetujuan Linggarjati ini dengan mengadakan aksi militer pada tanggal 20 Juli 1947. Page 8 . Komisi Jenderal dibubarkan. Van Mook yang didukung oleh Jenderal Spoor mengirim telegram kepada Menteri Urusan Daerah Seberang.

Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Partai-partai tersebut menyatakan bahwa perjanjian itu adalah bukti lemahnya pemerintahan Indonesia untuk mempertahankan kedaulatan negara Indonesia. meletuslah Agresi Militer Belanda I . Hasil perundingan ini ditandatangani di Istana MerdekaJakarta pada 15 November1946 dan diratifikasi kedua negara pada 25 Maret1947. Pada tanggal 20 Juli1947. Page 9 .J.Untuk mengeluarkan menyelesaikan Peraturan Presiden permasalahan No. contohnya beberapa partai seperti Partai Masyumi. dan Partai Rakyat Jelata. dimana pemerintah bertujuan menambah anggota Komite Nasional Indonesia Pusat agar pemerintah mendapat suara untuk mendukung perundingan linggarjati. Pelaksanaan hasil perundingan ini tidak berjalan mulus. Partai Rakyat Indonesia . PNI.BAB 3 PENUTUP KESIMPULAN Perundingan Linggarjati atau kadang juga disebut Perundingan Linggajati adalah suatu perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati. 6/1946. dan pada tanggal 21 Juli1947. Hal ini merupakan akibat dari perbedaan penafsiran antara Indonesia dan Belanda. Perjanjian Linggarjati menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia. van Mook akhirnya menyatakan bahwa Belanda tidak terikat lagi dengan perjanjian ini. ini. Gubernur Jendral H.

hal ini akan mendatangkan malapetaka bagi kita sendiri.SARAN Saran saya untuk generasi muda yang sekarang adalah jangan lah mengingkari suatu janji yang sudah dibuat. Dua Negara yang membuat. Page 10 .meskipun janji itu merugikan kita. kita bisa lebih mengerti dan bisa memetik nilai nilai luhur dalam sejarah kita dan salah s atunya adalah perlajaran dalam hal janji. semoga dengan lebih memahami sejarah sejarah dari negeri kita yang tercinta ini. karena kita sudah berjanji tetap kita harus menaati karena ki ta yang membuat janji berarti siap menerima konsekuensi dalam janji tersebut.dan telah sepakattetapi pada akhirnya belanda sama sekali tidak mengindahkan perjan jian tersebut.untuk apa membuat janji yang tidak akan ditepati? Oleh karena itu. sama halnya dengan belanda dan Indonesia dalam perjanjian linggarjati.

com/index. M.mediabersama. Pustaka Sinar Harapan. (2)Renville. Anwar.DAFTAR PUSTAKA (1)Memoar Seorang Sosialis. Indonesia. Ide Anak Agung Gde Agung. 1991. Kompas.php?option=com_content&view =article&id=2199:obrolan -sore-tentang-sjahrir&catid=933&Itemid=194 Page 11 . Rosihan (5)http://www.C. (3)Sejarah (4)Sejarah Indonesia Kecil Modern. 1997. 2004. Serambi. Djoeir Moehamad.Ricklefs. 2008. Yayasan Obor Indonesia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->