Belajar bahasa arab tidak bisa di pisahkan dari ilmu nahwu sebab tampa ilmu nahwu..

atau grammar arab maka bahasa itu akan amburadul gak beres « # .. . .. #

Di bawah ini aku ingin menerangkan sebagian qowai¶d ilmu nahwu Pertama :kalimat:ada 3,Isim,fiil,harf , ,

(1)Isim definisinya adalah.. suatu kalimat yang menumjukan dirinya sendiri tampa di iringi waktu contoh zaidun..menuduh kan kepada yang bernama zaid tida terikan waktu /kapanpun itu dia zaid (2)Fiil definisinya adalah suatu kalimat yang menunjukan diri sendiri dan diiringi waktu contoh sudah mengerjakan..waktu lampau.. sedang mengerjakan..waktu sekarang..atau akan mengerjakan..waktu akan datang atau mustaqbal (3) Harf definisinya adalah sesuatu yang menujukan pada kalimat lain nya bisa ikut isim contoh filmasjidi..fi«itu haraf«menuduhkan/nempel di kalimat isim ya itu al masjidi juga bisa ikut fiil contoh artinya laki2 tidak menolong«kata..lam..itu harf..kata yansur itu fiil mudore.. (BAB ISIM )

Dalam bab ini akan menjelaskan apa yang berkaitan dengan isim definisi isim telah di ketahui di atas tadi sekarang apa tanda2 nya isim itu ? isim bisa di ketahui dengan (1) / kasrah..contoh filmasjidi..di masjid..nah kalou ada yang kasrah itu pasti kalimat isim(2) tanwinLbaris dobel..contoh.. bizaedin..kepada zaed ..nah kalau ada tanwin itu pasti kalimat isim(3) ..alif lam.. contoh.. ..al madrasatu..sekolah..kalo kalimat ada alif lam nya itu kalimat isim(4) huruf jar..ya itu huruf yang suka merubah baris yang di ikutinya menjadi kasrah..contoh.. filbaeti..fi+albaeti..asal nya albaetu..terus ada fi jadi filbaeti..di rumah ..contoh lagi.. ala sayaroti..ala+sayaroti«asal nya assayarotu ..di tambah ala jadi ala sayaroti..di atas mobil.harkat akhir di ubah menjadi kasrah ..kalo ada huruf jar itu kalimah pasti kalimat isim..sedangkan huruf jar itu adalah .. min..dari.. ilaa..ke/arah/tujuan.. a¶n..dari/jauh dari.. alaa..di atas/kepada.. fi..di dalam/di atas/di.. rubba..terkadang/banyak/agak banyak.(5). huruf untuk ber sumpah..jumlah nya ada tiga ba contoh billahi..demi allah.. wawu contoh wallahi demi allah.. ta..contoh tallahi demi allah..nah kalau kalimat di masukin semua huruf yang diatas ini itu pasti kalimat isim..clear enough ?« , , , , , , (BAB FIIL )

Definisi fiil sudah di ketahui di atas sekarang apa tanda2 fiil ? fiil bisa diketahui dengan(!) .. ..qod..telah..contoh qod qoma..telah berdiri..qod+qoma asal nya qoma..berdiri ditambah qod kalau kalimat ada qod didepanya itu kalimat fiil..(2) ..sin.akan waktu dekat.contoh saadzhabu..akan pergi ..ini namanya sin tanfis..kalau ada kalimat semacam ini pasti kaliamat fiil(3) saufa..akan waktu jauh..contoh saufa adzhabu..akan pergi waktunya nanti masih jauh..(4) ta tanis/perempuan..dan ta itu sukun/mati tak ber harkat..contoh , atat,jaat..datang seorang wanita..kalau ada kalimat seperti ini ada ta tanis sakinah itu pasti kalimat fiil.. >>clear enough ?

.. arkanun.ini jamak taksir .(BAB HARF ) Definisi harf sudah di atas di sini tinggal mengeahui tanda2 harf. roaetu jaedina.contoh ilaa huruf jar«...... ..kami melihat jaed banyak ini sedang nasab. .isim itu nama & mufrad tunggal/satu.contoh muslimattin... .. marortu bi zaedina..contoh ..isim mufrad . . (BAB PEMBAGIAN ISIM Kalimat isim banyak jenis nya di antaranya 1...jamak muanas salim definisi nya. .. ..sebenar nya kalau itu isim belum ada syarat adalah.asal nya roaetu jaedan. ..definisinya yang ketika rofa di tambah wawu dan nun dan ya dan nun ketika nasab dan kasrah..kami datang jaed banyak.huruf adawat sarat. 2.jamak taksir.. .ini rofa..perempuan muslim banyak..asal nya jaa jaedun.harf aga mudah di ketahui dengan mengetahui hurufnya sedikit..dan ber ubah menjadi arkanun.definisinya.isimlima itu adalah..ini ) . yang di jamak kanpakai alif dan ta kedua2 nya tambahan..definisi nya yang ber ubah dari bentuk mufrad nya contoh.. ba huruf jar.dia adalah kalimah yang bukan tasniyyah(menujukan dua)dan bukan majmuk(menujukan banyak)dan bukan cabang dari yang dua itu ( + ( kita kila..atau tiga huruf.satu huruf contoh.contoh isim mufrad zaedun.jamak mudzakar salim ..di tambah alif dan ta di akhiran nya 4. .... .artinya sudut banyak«asal mufrad nya ruknun.. .dan bukan isim lima ..asal nya muslim. .jaa jaeeduna..atau dua huruf contoh lao.juga jenis isim 3...

satu perempuan muslim«jamak mudzakar slim.isim lima .tpi jangan ke iyya mutakalim.. marortu definisinya..huruf qof sebelum akhir kasrah.adalah isim yang akhiran nya alif dalam bentuk iyya.kami melewat kepada zaed banyak.tidak ada definisi ...clear enough ? catatan«isim mufrad:nama satu. 7.. ro aetu zaedaeni..zaedun . marortu bi zaedaeni....kalau perempuan satu ...contoh jaa zaedani ... murtaqi. ...yang lima tadi itu di atas . . yang menunjukan dua dan di tambah alif dan nun pada waktu rofa dan iyya dan nun pada nasab dan kasrah...nama lakilaki banyak« zaeduna«zaed banyak«isim tasniyyah«nama menuduhkan dua« zaed dua«isim lima«tadi sudah jelas di atas«.contoh. muslimatu.saya melewat ke zaed dua.asal nya roaetu zaedan.yang sebelum hufuf akhiran nya fathah «contoh Mustafa..isim mu¶tal .yang huruf sebelum akhiran nya kasrah.ini kasrah... ..definisi nya .alias isim mufrad.kasrah.jamak taksir.isim tasniyyah.saya melihat zaed dua ini nasab.asal nya marortu bi zaedin. . ..perempuan banyak huruf nya tak ada huruf ellat/mati....asal nya bizaedin 5.nama bayak dari yang banyak.rizalun....besar jangan tasgir perkecili harus idofat. dan ini punya sarat.ya¶ni barisnya fathah (2) mu¶tal manqus.alias isim mufrad 6..alias isim mufrad.contoh Mustafa.satu orang zaed........ muslimaatin....rojulun«jamak mu¶anas salim.....isim mu¶tal nama yang akhiran hurufnya huruf ellat/mati«alif dalam form iyya .(1) mu¶tal maqsur..datang zaed dua.banyak laki laki «kalau cuma satu .di hubungkan dengan kalimat lain..huruf sebelum akhir . . murtaqi«isim mu¶tal di bagi dua.ini rofa asal nya jaa zaedun..ya itu harus mufrad/tunggal harus mukabar . ..

jadi bisa zaedan.fiil amar wajib mabni sukun/mati contoh unsur.pergantian ini namanya i¶rab«dan i¶rab /baris..dan fiil tidak bisa kasrah. .. ..fiil madi.dan nanti fiil akan di ceritakan di bab al af¶al .. yang tak bisa ber ubah.antunna.2. yansuru.dan sukun..isim bisa menerima. .berapa harf istifham...banyak laki« banyak perempuan. .ya itu fathah. huwa.. dan isim tidak bisa sukun. bihi. . .antum.kasrah.zaedin«sedangkan fiil bisa menerima 3 dari i¶rab itu.. ... ... . .rofa¶..pegtanyaan«YANG HARUS mabni adalah kalimat harf.hunna.anta.sukun.ana. unsur.3 dari i¶rab itu. nasoro....3.atau.dan isim domir itu wajib mabni tak ber ubah..hiyya....bisa fathah .kasrah.. .contoh.seperti huruf jarr yang telah di ceritakan di atas..rofa¶....isim. .. .ada juga isim yang mabni.... .dommah+rofa¶=sama//fathah+nasab=sama///kasrah+hofadz=sama//j azem+sukun=sama«jelas kan ? clear enough ? .itu wajib.clear enough ?« . .ini satu lakilaki...ini isim domir.. .conto.fiil.sekarang kita cerita mabni mabni itu..Contoh nasoro.zaedun.kata kata...nahnu«F IIL..sukun. ..wajib mabni fathah.. ..satu perempuan...contoh..4. kam.kata bisa zaedun...jadi kalau sudah fathah ya fathah selamanya. biha .mabni.. . . .kasrah..clear enough ?.ya itu fathah. . ..« .1....mufrad muanas ..dan.bisa zaedan bisa zaedin.antuma..(BAB AL I¶RAB DAN MABNI ) i¶rab definisi nya i¶rab itu berubah nya akhiran kalimat karena beda beda yang masuk pada kalimat itu pada pengucapan nya atau beda pada perkiraan nya. ««CATATAN.. .huma..hum.rofa¶. hum.itu .fathah. ada empat...yang empat kita terapkan ke poko kalimat...contoh.rofa¶..

yansuru.kasrah 3.. .amil nawasib atau amil jawazim ..tanda nya pake dommah sebab jamak muanas salim«..2.tanda..jamak muanas salim contoh ja.nun . RAFA)..1. ja.fiil mudhore yang masih utuh..a zaeduuna.dommah 2.at muslimaatun..ja.kita sekarang bahas yang nomor (1).alif 4.. ... NASAB) untuk nasab ada empat tanda ya itu..disini kita bahas yang pertama (1)fathah.jamak taksir contoh ja..(BAB MENGETAHUI TANDA I´RAB I¶RAB ADA 4 (RAFA) (NASAB) (KHOFADZ) (JAZEM) ) 1(I¶RAB.conto.belum ada .nah kata yansuru rafa¶ tanda nya dommah sebab fiil mudhore mulus«clear ? (2) alif.. ..4..isim lima . .wawu 4..fathah 2.kata zaeduna ini rafa tanda nya wawu sebab kalimatnya jamak mudzakar salim«clear enough ? 2(I¶RAB...ada empat.1.untuk rafa¶.a abuka nah kata abuka ini rafa .tanda nya rafa wawu sebab kalimat nya isim lima (4) nun .a«isim mufrad contoh nah kata zaedun ini rafa tandanya dommah sebab isim mufrad..nun bisa jadi tanda dalam rafa pada jama mudzakar salim «contoh ..3.paa empat kalimat«.nah kata muslimatun rafa .contoh .isim mufrad contoh roaetu zaedan nah kata zaedan nasab tanda nya pake fathah sebab kalimat nya isim ......nah kata zaedani wlaupun di baca ni tapi ini rafa tanda nya alif sebab kalimat nya isin tasniyyah (3) wawu wawu bisa jadi tanda pada rafa pada kalimat .a rijalun nah kata rijalun rafa¶ alamat rafa nya pakai dommah sebab jamak taksir«..dommah dommah bisa jadi alamat rafa untuk ... .fathah bisa jadi tanda pada nasab di tiga tempat .a.alif bisa jadi tanda rafa pada isim tasniyyah contoh zaedani.alif . nun . .

b.nah kata rijalin dalah khofadz tandanya kasrah sebab kalimat nya jamak taksir«.. roaetu abaaka....b...iyya..3.mufrad.jamak taksir. . contoh anyansuro. .contoh marortu bi rijalin.nah kata muslimatin adalah khofadz tanda nya pakai kasrah sebab kalimat nya jamak muanas salim .nah kata muslimaatin adalah nasab tandanya pkai kasrah sebab kalimat nya jamak mu.fathah..nah anyansura nasab tanda nya fathah sebab kalimatnya fiil mudhore yang sudah di masukin amil nawasib 2..a.jamak taksir .jamak muanas salim contoh marortu bi muslimaatin.nun nun bisa jadi tanda pada nasab di dua kaliamah«a«isim tasniyyah contoh roaetu zaedaeni kata zaedaeni. .. contoh.....adalah nasab tanda nya iyya sebab kalimah nya isim tasniyyah«b...c.2.alif ..alif jadi tanda dalam nasab pada isim lima contoh.kita bahas kasrah bisa jadi alamat pada khofadz pada .isim mufrad contoh marortu bizaedin nah kata bizaedin adalah khofadz tandanya pakai kasrah sebab kalimatnya isim mufrad.anas salim 3. roaetu rijalan nah rijalan ini adalah nasab dan tandanya fathah sebab kalimatnya isim jamak taksir«fiil mudhore yang kemasukan amil nawasib..jama mudzakar salim contoh roaetu zaediina nah kata zaediina adalah nasab tandanya iyya sebab kalimat nya jamak mudzakr salim 3(I¶RAB HOFADZ)untuk tanda khofaz ada tiga ya itu 1.nah kata abaaka adalah nasab tandanya alif sebab kalimatnya isim lima 4..kasrak..kasrah bisa jadi tanda di nasab pada kalimat jamak muanas salim contoh roaetu muslimaatin..

fiil itu tidak bisa sempurna artinya kecuali kalau ada fa¶il.jadi fiil perlu alasan asal mustaq ini satu(1)alasan yang kembali ke bentuk /form.. (BAB ISIM GOER MUNSORIF Definisinya «yaitu semua isim yang menyerupai fiil dalam mempunyai elat....kata bi ahmada adalah khofadz tandanya pakai fathah sebab kalimatnya isim goermunsorif.definisinya.2.. contoh marortu bi zaedaeni..clear enough ?.disini aku perlu terangkan isim goermunsorif...kata ) .... ...semua isim yang menyerupai fiil dalam punya ..kata zaedaeni adalah khofadz tandanya iyya karena kalimat nya isim tasniyyah«b«isim lima contoh marortu biabika akat biabika adalah khofadz tanda nya iyya sebab kalimat nya isim lima«c«jamak mudzakar salim .kalimat asal itu adalah masdar.yang cabang dua2nya satu kembli ke bentuk nya yang satu kembali ke ma¶na nya..yang ke dua kembali ke ma¶na nya ..istiqoq) ( ) ( ) ...... fathah bisa jadi tanda pada khofadz pada isim goer munsorif .. (1) iyya.iyya bisa jadi tanda pada khofadz pada tiga kalimat....fathah ...alasan dua.conto....yang alasan itu satu kembali ke bentuk nya /form..alasan dua.bagai mana fiil punya alasan dua ?fiil itu menurut ulama basroh irak bukan kalimat asal.perlu aku jelaskan.atau punya alasan satu tapi mendiami alasan dua.cukup jelas?.fiil dulu.contoh marortu bizaediina..atau isim punya alasan satu tapi menempatia alasan dua«rincian nanti di bawah... . «yang kedua .. berdiri..a.. ..tasniyyah.kata bizaediina adalah khofadz tandanya iyya sebab kalimatnya jamak mudzakar salim.contoh marortu bi ahmada.

.. + marortu = + alamiyyah+ta tanis.berdiri zaed itu«subject harus ada object. 2..gak boleh di baca ahmadan.qoma . .......2. wasfiyyah +wazan fiil=aswada.. . .makkata .waqoftu biarfata.conto marortu biahmada..arfata...tidak sempurna kecuali ada zaedun jadi .dari wasfiyyah..gak bisa biahmadi walaufun ada huruf jar no way« .lagi pula karena mirip fiil dan fiil tak bisa nerima kasrah...... .ahmada = . . .marortu biahmada alamiyyah+bahasa ajam=ibrohima biibrohima + + ... .. « ( ) « ..dan sebagai nya + + «marortu bi .oleh sebab mirip piil maka dia tidak bisa nerima tasrif/tanwin karena fiil juga gak bisa terima tanwin. ...alamiyah +wazan fiil.(1 alamiyah 2) ( wasfiyyah ) (adal ) 1.jadi fiil itu perlu fail untuk menyempurnakan kalimat.sifat.....maka isim semacam ini waktu kasrah nya pake fathah. dahabtu ila makkata.. clear enough ?«dalam isim goermunsorif terbagi 3..namanya iftiqor>>ini alasan kedua.clear enough ?.fatimata. yang kembali ke ma¶na.Dari alamiyah. aswada.warna..sekarang isim goermunsorif seperti itu prosesnya cuma alasan nya gak sama dia punya alasan dua satu kembali ke bentuk lafadz dua kembali ke ma¶na . «... ..no way..

2.tafalani...seperti fiil lima wktu nasob..isim mufrad jamak taksir jamak muanas salim fiil mudhore ada juga yang suka pakai huruf..dsb...harkat itu adalah dommah.banyak sekali yang menolong.tafalina« ada juga yang tandanya pakai buang huruf akhir.isim maqsur i¶rabnya semuanya di perkirakan pada dommah .conto ..marortu bilmurtaqi.. .sukun di sini di bagi yang suka pake harkat iyalah kalimat .isim manqus i¶rab nya waktu rafa dan kasrah..dibagi dua 1.. .. . « .roaetu alfata <marortu bilfata. .....roaetulmurtaqiyya.yafaluna tafaluana..bereslah kita bahas isim sekarng pindah bahas fiil . >>ja. maqsur dua mamdud. «clear enough ? jelas ? . ....clear enough ? (FASAL ) yang suka di pasang i´rab ada dua.1. .clear ? (BAB I¶RAB ISIM MU¶TAL ) isim mutal adalah yang di ceritakan diatas .fathah.3. .anyafalaa.adal/pindah bentuk.jaa alfata .jama mudzakar salim.isimlima dansebagian dari fiil lima«fiil lima itu adalah.kasroh. >>yafalani.... .disini ada segat muntahaljumu.. .... .contoh .isimtasniyyah..contoh nawasiro.harkat 2 Huruf .di kirakirakan dan waktu nasab di jelaskan contoh «.seperti pakai alif atau wawu«yang suka pakai ini adalah.. . .a murtaqi.pindah dari nussor banyak ke nawasiro banyak sekali.... «marortu binawasiro.nasab dan kasroh.. .

. suatu kalimat yang menunjukan perintah dan permintaan..ini sekarang « sayadribu.yang namanya amil nawasib itu sebuah group dari harf yang suka masuk fiil mudhore dan merubah harkat nya menjadi nasab.yaftahu. «suatu kalimat kerja yang menujukan kerjaan selesai/lewat...akan memuka.harkatnya fiil seperti ini selamanya rofa.sedang memukul. ..kamu harus menolong.contoh unsur..contoh yang kemasukanamil nawasib.terus di masukan LAM jadi Lamyansur... Lamyansur«asalnya yansuru.definisinya.contoh...sedang memukul... nah harkatnya kalimat fiil seperti ini jazen/sukun«unsur.waktunya masih berjalan sekarang«nah fiil ini di bagi tiga« (1) fiil madi definisinya.telah memukul/ waktu nya udah selesai«atau yadribu .alima....(1) .akan memukul....fataha.doroba (2)fiil amar ....idzhab (3) fiil mudhore definisinya .masih ingat kan definisi fiil pada awal tulisan di atas.. anyansuro..(fathah) nasoro..yaitu suatu kalimat yang menunjukan dirinya sendiri dengan diiringi waktau(time) seperti doroba .. suatu kalimat yang menujukan kejadian bisa sekarang bisa di masadepan contoh yadribu..contoh yang ke masukan amil jawazim.jumlah nya lumayan bayak «diantaranya.asal rofa jadi sukun«..clear enough ? jelas ? Sesdah itu ini terusan cerita fiil mudore apa amil nawasib itu ? dan apa amil jawazim itu ?«baiklah .nasoro.iftah.kata sudah kan ber arti udah beres«nah fiil madi seperti ini harkatnya/mabni fatah selamanya......kecuali kalau kemasuka amil nawasib dan amil jawazim .tadinya rofa jadi nasab./dommah.sedang membuka.asal nya yansuru terus masuk AN jadi anyansuro.(BABUL AL AF¶AL ) Disini kami akan menceritakan Fiil.sayaftahu.nah ini di waktu akan datang. ... ..sudh menolong.idrib.

kaeyansuro.Fa¶il... ... Contoh. lamkae . 3..Naibulfail.Lamyansur..Lam amar . . 7... .diantara amil jawazim adalah .makana liyansuro... .yang baris nya harus rafa 1.definisi lam juhud.Mubtada.Attawabe¶.clear enough ? (BAB AL MARFU¶AT ) Dalam bab ini adalah terusan dri i¶rab yang empat telah kami ceritakan di atas dan di antara yang empat itu adalah i¶rab rofa berapakah yang harus rofa itu ? dalam hal ini ada tujuh 7 bab. .atau didahului Lamyakun. «an .Lam .tak menolong. ...atau lam kae pakai lam didepan nya likaeyansuro.huruf Lam yang didahului kata makana. Lamma . anyansuro Lanyansuro.Khobar inna.. idan .. 5. ...Lamma yansur.. 2.Lamyakun liyansuro..semuanya ber asal dari yansuru.. .......dan merubah harkatnya menjadi jazem/sukun. lam juhud.Lamyansur. 4...Khobar.Isim kana. . kae . .contoh ....untuk lam juhud ada definisinya..contoh atau .adalah group dari huruf yang suka masuk fiil mudhore. . .kalau fiil mudhore kemasukan huruf yang diatas ini maka harkatnya harus ganti jadi nasab (2) Amil jawazim. . .. Liyansur«semuanya sukun asalnya semua itu yansuru..contoh. 6.. lan .

..kita semua/kami.... .d orobtu.huwa. .yaitu fail....nah sekarang mari kita jelaskan satu persatu.dorobat«dorobata....isim yang harkatnya rofa¶ dan sebelumnya di ceritakan fiil nya/kerjaannya«contoh zaedun dalam kata .antum kalian...kata sayah adalah ganti dari kata nama orang yang bicara.dorobuu.nahnu.contoh..ANA.mutakalim..yang muttasil bagai mana definisinya ..dorobaa..itu adomir matakalim.munfasil . .dorobtum.(A) Fail isim dohir.yang tidak ada di depan kita«contoh.... ...anta... apa isim domir itu..ana/sayah.1..dorobta..ini mukhotob artinya kita bicara pada orang yang ada di depan kita«conto go.doroba.ib....kamu..huma lakilaki duwa«hum mereka.yang mengerjakan nya tersembunyi....perempuan sendiri.dorobti.nah kata zaedun adalah fail harkatnya harus rafa dan sebelum nya ada fiil kata kerja yaitu doroba /memukul«Fa¶il ini di bagi dua.domir semacam ini ada .definisinya ..antuma kamu berdua...artinya sudah zaed sudah memukul orang itu...yang di ajak bicara /ada didepankita atau gaib.. . ..perempuan banyak«ISIM DOMIR di bagi dua. .dia lakilaki sendiri tak ada depan kita... .dorobna.dorobahu. ..anta antuma antum...doroba zaedun...seperti contoh di atas tadi..... . (1) Fa¶il..Muttasil..yang tak bisa di bikin awalan kalimat dan tidak bisa diam sesudah kata illa.dengan kata......dor obna.adalah huruf yang menuduhkan pada mutakalim/pembicara atau mukhotob.ada muatkalim maal goer.. « .NAHNU««.. .. .contoh .kata nahnu adalah ganti dari nama orang banyak misalnya umsr zaed saad ahamad.hunna..dorobtu«gak boleh di baca tu dorob.contoh domir mukhotob. .. ...fiil dan maf¶ul doroba dan hu.. /jelas ... ...hiyya.(B) Fa¶il isim domir.dan juga ada mutakalim wahdah . ...dorobtunna. .dorobtuma...dorobtuma......dan 2...mereka tidak nyebut nama tapi pakai kita semua ...sedangkan zaed tersembunyi«jumlafail isim domir 14 .definisinya adalah.. . .....yang ada di sini .

. . . . .antuma..aslal fiil yadribu. .hiy ya.bagian kedua dari domir adalah ISIM DOMIR.antuma..definisinya..ada atura khusus dalam bab ini ya itu fiil nya/kata kerjanya«kalaulah itu dari fiil madi maka..huma.ul yang barisnya harus nasab dikarenakan dia menggantikan fa¶il maka i¶rab dia/harkat dia harus rofa mengikuti i¶rabnya fa¶il. .nahnu«« CATATAN«kata huma sama lakilaki dan permpuan.contoh..huma..jadi duriba zaedun.duriba.hunna.anta.antuma lakilaki dan perempuan juga sama tulisan dan ucapan membedakan nya adalah pake siyaqul kalam.. . . .doroba amrun jaedan. .huma. .. . .. . «huwa..munfasil. . . «duriba zaedun«asal nya« .contoh nasoro huwa. «di dommah kan awalan huruf dan di kasrohkan huruf sebelum akhir«contoh.dommah kan awal huruf dan fathah kan huruf sebelum akhir «contoh.kuma.duriba zaedun«dan kalau fiil nya dari fiil mudhore maka.adalah yang kadang jadi awalan kalimat.artiya zaed sudah di pukul.....kuma. .sudah menolong dia.antunna.ka.jadi..orang yang mengerjakan nya tidak di ceritakan «ini sebenarnya maf.humma .... umar memukul zaed. . . ..hum.kunna..14..buang fa¶il kata amrun masuakan kata zaedan di tempatnya dan rubah i¶robnya /harkatnya.anti...terus buang amrun tetapkan zaedan pada tempatnya dan harkatnya seperti amrun... ..ni..hunna...(1) . . ...yaitu.yudrobu zaedun«zaed sedang di pukul«DAN naibul fa¶il di bagi dua ...mum.antum..yudrobu zaedun.dan bolek diam sesudah kata illa.na. ... .. .ki. «jurusan percakapan kalau sedang meneritaka lakilaki huma dan antuma lakilaki juga kalau menceritakan perem puan huma dan antuma perempuan.. .kum.ha.asalnya doroba«jadi .dan umar tidak di ceritakan lagih..persist seperti fa¶il.jelas kan ?«clear ? (BAB NAI¶BUL FA¶IL ) (2) Dari marfua¶t adalah naibul fa¶l atau yang di namakan almafululadzi lam yusamma fai¶luhu..jadi yudrubu«yudrobu zaedun«asalny yadribu amrun zaedan.ana.. . . . .bisa huwa yaqumu dia berdiri«yang jenis ini ada 14 ya itu.hu..

dan sepertinya mubtada dan khobar adlah sesuatu yang tak bisa di pisahkan karena satu memerlukan sama yang lain.masukan ana..nudrobu.orang bertanya .yudrobuuna.duribtu.zaed itu berdiri. ..... .1...jumlah nya ada 14.(2) isim domir...tudrobuuna.imun aja .....hiya.yudrobna.imun..duribna«dan dari fiil mudhore nya juga 14.....duribuu.duriba .. « ..mubtada isim domir. . .2. .....duribna.. . . huwa qo.. ..duribaa.. .. .contoh..yudrobaani.di bagi dua.. .... .. ...umar mukul sayah. .antuma.. .mubtadaisim dohir.yudrobu... .kalimat tidak akan sempurna kalau tidak kumplit(subject&object) kita kalau bicara zaedun aja .... .anta..duribata..duribtuma«duribt um....dan ana ini di gantikan ke domir muttasil jadi tu«jadinya duribtu.huma..huwa huma..duribtu.tudrobaani. ... ..... .khobar itu adalah ..tudro bu«tudrobaani. ... . .duribtuma..duribta..tudrobiina. ..kata huwa adalah mubtada isim domir. .hunna..duribtunna... .........apa..asal nya doroba amrun ana.. ..bagaimana zaed itu... ...yaitu.zaed itu berdiri.. .. .orang akan bertanya siapa yang qoimun itu/berdiri itu ? jadi harus kumplit zaed berdiri Mubtada... ... jelas kan ? clear ? (BAB MUBTADA & KHOBAR ) Mubtada itu adalah.. ..dan jenis ini ada 14 seperti fa¶il. .dan kalau kita bicara.antuma....seperti contoh tadi.buang umar.qo....anti.duribat....udrobu.. . . ...contoh yang tadi itu kata zaedun nya... .contoh..... .duribti. . « .. ... . tudrobaani tudrobna.hum.adalah isim yang harkatnya rofa¶ dang di sandarkan ke mubtada contoh... ..isim yang harkatnya rofa¶ dan tak ada amil/perintah yang berbentuk lafadz«dan apa itu KHOBAR..isim dohir... .tudrobu. .antum..

zaed ada di kamu.antunna.kata qo..dan..mafati....mabariha.zaedun jariyyatuhu dzahibatun.....terdiri dari dorof=inda&madruf isim domir=ka.nah kata indaka ..asbaha..atau wadah.. meng rofakan isimnya(mubtadanya) dan me nasabkan khobar nya«contoh kana zaedun qoiman.nahnu Sekarang KHOBAR.. ..imun.ana.. .nah kata qoma¶ abuhu adalah khobar jumalh sebab terdiri dari fiil=qoma¶ & fa¶il + abuhu«(D) terdiri dari mubta dan khobar .. . ..bata.disini ada empat.yang terdiri dari fiil & fa¶il..yaitu khobar yang terdiri dari kalimat jumlah..adalah khobar jumlah...zaedun indaka.a.yaitu khobar yang terdiri dari satu kalimat contoh yang tadi zaedun qo...zaedun fiddari.3.tempat. .soro.. .1...... .adha.kata jariyyatuhu dzahibatun adalah khobar jumlah sebab terdiri dari mubtada =jariyyatuhu & khobar=dzahibatun«clear ? (BABU YANG SUKA MERUBAH MUBTADA DAN KHOBAR...(C) fiil&fail.imun adalah khobar mufrad sebab terdiri dari satu kalimat«(2) khobar jumlah.dolla.disini di bagi tiga.saudaranya adalah.zaed pelayannya itu pergi...(B) Jar& majrur ....mainfakka...zaed di rumah.. .laesa . donna dan saudara saudara nya.inna dan saudara saudara nya.contoh..kana dan sudara sudaranya . . ...contoh..contoh..(A) dorof&madruf ....dan tasrifan nya dari .. (1) kana dan saudara saudaranya..asalnya zaedun qoimun terus masuk lafad kana jadi rubah khobarnya nasab jadi kana zaedun qoiman.. .. ..khobar itu di bagi dua juga (1) khobar mufrad . .kata fiddari adalah khobar jumlah sebab terdiri dari huruf jar=fi & majrur = addari.madama.kana. .yang terdiri dari huruf jar& majrur kalimat yang di ikuti khuruf jar itu.mazala... . ...aksinya.. ... ) Bab ini mengatur sesuatu yang suka merubah kondisi mubtada dan khobar.... .dan 2.amsa.contoh zaedun qoma¶ abuhu zaed berdiri bapanya zaed. ...... .

dan sebagainya.. yakunu qowiyyan.. .contoh. ...yang aksinya.. .inna zaedan qooimun. .kun .contoh.sesuatu yang suka menyalin harkat mubtada dan khobar.dalam arti..semua ini....menyangka/prasangka dan juga di artikan meyakinkan.asal nya zaedun muntoliqun masuk lah kata donantu jadi donantu zaedan muntoliqon..group ini sebenarnya bukan isim marfuat....lakinna alamro sahlun.laeta.nun.aksiny adalah sebaliknya kana ...menasabkan isimnya(mubtada) dan merofakan khobar nya . ....donna..masuk yakunu robah khobarnya jadi kowiyyan«dan teman nya kana juga sama tasrif seperti itu« (2) INNA dan sudara nya ... .contoh dari tasrif kana..rubahlah harkat kalimat maubtada dan khobar.latkun..yakunu.tapinya urusannya enteng. hasibtu .pada harkat sebelumnya..melainkan amil nawasih ...... kana.. ..asalnya...attawabe¶ ada empat 4 ..asalnya zaedun qooimun terus masuk inna jadi rubah mubtadanya jadinya inna zaedan qooimun.donnantu .al amru sahlun ..laala.donantu zaedan muntoligon... roaetu ..kai. .asalnya zaedun qowiyyun . ..hiltu. .annan... .inna....kaanna....... .saudara saudaranya adalah .group ini ada beberapa kata ya itu. . .contoh.kenapa mubtadu dan khobar di ubah menjadi nasab ? karena dua kalimat itu menjadi maful dua2nya dari donnantu yang menjadi fi¶il dan fa¶il kata donna adalah fii¶l dan kata tu adalah fa¶il«karena mubtada dan khobar jadi maf¶ul maka harkatnya nasab karena maful isim mansubat...menasabkan mubtada dan khobar .... ..tasrifan dari kana.contoh donantu zaedan muntolikon«aku sangka bahwa zaed berangkat«jelas kan ? (BAB ATTAWABE¶ ) Dari isim marfu¶at yang suka rafa harkatnya adalah tawabe¶ artinya pengikut... ...lakinna.ikut ikutan .masuk lakinna jadi lakinna alamro sahlun (3) DONNA dan sudaranya«.

.kullu.....hatta..... ... ..karena zaedun rofa maka al aqilu juga rofa¶...ajmau.....bal.tsumma....roaetu zaedan wa amron.atab bayan... .1 ataf nasaq.. . ...marorrtu bizaedin wa amrin.jelas ? clear ? (C) ATTAOKID .ataf ada dua jenis..kata yang berakal adalah sipat dari zaed...datang zaed dan amr... .mirip sipar tapi bukan sipat.. ..marorrtu bizaedin al aaqili«OK...ataf bayan yang tidak pakai huruf penyambung contoh...umpamanya ada zaed 2 orang satu berakal satu gila.nafsu. BADAL..(AL AAQILU) di samakan dengan harkat zaedun.... . # .datang zaed yang ber akal..contoh « . adalah isim yang harkatnya di ikut kan ke yang di sipatinya..aenu. . .di hubungkan ke kata zaed fakai wawu nah yang di hubungkan begini harkatnya harus di ikutkan ke ma¶tufnya/yang depan. ... .lakin.....roaetu zaedan al aaqila« . ... . (A) Na¶at..am..ao. ...abu hafsin umaru..jenis«A.kalo ada orang bertanya zaed yang mana oooh zaed yang berakal....NA¶AT«B..nah kata sipat itu .harkat nya di samakan dengan zaedun karena . .contoh...TAOKID«D« « « .2..bukan yang gila.datang zaed dirinya dia.fa.jaa zaedun nafsuhu..jaa zaedun ao amrun.. .contoh jaa zaedun wa amrun..kata amrun adalah ataf . .jaa zaedun al aaqilu.kalao yang diikutinya nasab maka ikut nasab..wawu..ATAF.bapa hafs umar.datang zaed atau amr. . .kata nafsuhu...artinya sipat/sipatan sesuatu na¶at itu adalah..diantara tawabe¶ juga al ataf artinya disambungkan ke kalimat sebelum nya pakai huruf khusus(hiruf ataf) diantaranya.....kata umaru di ataf kan ke kata abu /isim lima rafa maka brisnya/harkatnya rafa jadi umaru... .clear ? (B) ATAF.C..saya makan ikan sampai kepalanya. .yang kami jelas kan di atas adalah ataf nasaq.akaltu assamakata hatta rosaha..contoh.. ...taokid artinya memperkuat hukum«disini di lengkapi dengan beberapa kalimat taokid..diantaranya... ...

contoh yang tadi di badal isti¶mal.contoh hudz tsaoban sikkinan«ambil baju eh pisau«nah kata sikkinan di ikutkan harkatnya kepada kata tsaoban.. «idzhab idzhab.contoh..artinya adalah yang ikut ke isim pertama yang dimaksud hukum tampa ada pelantara huruf...kata ahuka adalah badal /ganti /tegasnya.clear ? jelas ? (D) AL BADAL «badal artinya ganti.artinya ganti kesalahan «Badal golat ialah pengganti kata tujuan awal dengan kata tujuan kedua dengan murni karena kata yang awal itu kesalahan ini persis seperti badal isti¶mal tadi bedanya ini jelas tidak di sengaja alias kesalahan...badal syae min syae.2...dadal di bagi empat «1.datang zaed saudaramu.akaltu arrogifa nisfahu.. .Lafdi/kata«2.jaa zaedun ahuka.manawi/arti«yang kami jelaskan dia atas taokid manawi /arti hukum«dan taokid lafdi adalah memperkuat kalimat dengan mengulanginya...badal ba¶di minal kul «ya itu sebagian dari sesuatu«contoh ..kata nisfa badal dari arrogifa maka barisnya di ikutkan.badal isti¶mal.kata ahuka saudarmu itu adalah kumplit zaed tak kurang tak lebih.bukan assisten nya roaetu alqaoma kullahum...contoh. ...saya melewati kaom semuanya«TAOKID ada dua . FASAL ISIM MANSUBAT isim yang harkatnya nasob/nasab ..1.sesuatu dari sesuatu itu.di sini semua nasob/nasab«4«Badal golat. ..dari kata zaedun jadi yang di maksud zaedun itu saudaramu«harkatnya ahuka samakan dengan zaedun karena zaedun rafa maka ahika rafa.saya melihat ummat/kaom semuanya.memperkuat bahwa yang datang itu dirinya sendiri.. marortu bil qaomi ajmaiina..pergi pergi«nah kata berulang2 ini adalah taokid lafdi memperkuat kata dengan menyebut kembali kata itu«.. .tandanya pakai wawu karna kalimatnya isim lima....saya makan roti setengahnya..taokid... «Badal istimal adalah mengganti kata tujuan awal dengan tujuan yang kedua dengan secara sengaja ......contoh jaa zaedun ahuka....dan kata nisfahu/setengahnya adalah bagian dari roti yang satu«3.datang zaed saudara mau.....

«naat «ataf...Khobar kana 13.Maf¶ul min ajlih 11.Istisna 8.Isim La 9. Maf¶ulbih. Masdar 3.Munada 10.Maf¶ul donna 15. Tawabee. 2.Dorof makan 5. nanti kita jelaskan lagi secara singkat mari kita mulai ..Rincian dan urutanya adalah 1.Dorof Jaman 4.. «Taokid.Disini akan di ceritakan tentang isim yang harkatnya harus nasab/fathah dalam fasal ini ada beberapa bab jumlahnya tidak kurang dari 15 bab tapi sebenarnya sebagian bab yang lima belas itu sudah di bahas di isim marfu¶at.Al hal 6.Maf¶ul maah 12.. ya«mari kita mulai nomer 1 Maf¶ul bih apa mafulbih itu ? maf¶ulbih itu adalah suatu ising yang harkatnya selalu nasob yang menjadi sasaran kata kerja contoh . «Badal.Isim inna 14.Tamyiz 7.

fail....dia. ketika agus gak ada di depan kita. bakar dsb .hum dia lakilaki 2 orang mereka laki2 lebih dari 3 orang .maf¶lbih isim dzohir 2..yang punya kerjaan...ada di hadapan kita«Mutakalim «si pembicara hu«.jadi sepertinya 12 aja rincian nya ketika nasab .kamu.doroba zaedun amron.saya.. umar. karrah dan dommahnya «formatnya sama karena domir itu mabni (tetap pada satu format gak berubah) dan juga di bagi 3 golongan .....neh harkatnya umar harus nasab di baca amron ..atau si pembicara.....coba perhatikan artinya doroba .Gaig gak ada di hadapan kita «Mukhotob.ini maf¶ulbih.ringakasnya .dzomir ada 14 tapi ada yang sama formatnya antara wanita dua orang & laki laki dua orang pada mukhotob (ada di depan kita) kalian berdua .mereka....dan contohnya yang tadi di atas dan bagaimana maf¶ulbih isim dzomir ? . ah saya kataka ketika nasab sebab domir agak sulit membedakan nasab.amron.dan gai.kita katakan dia . dia lakilaki 1 orang (gak ada di depan kita ) namanya gaib( ) huma . maf¶ulbih isim domir«apa sih isim dzohir ? adalah suatu kalimat isim nama yang di sebutkan dengan jelas.kepada umar.dia berdua ..b yang tidak ada di depan kita .orang nama zaed.lanjut maf¶ulbih di bagi dua formatnya seperti di bab fa¶il 1.sebenarnya sih sudah jelas di atas mengenai isim domir.ha dia perempuan sendiri .ini kata kerja(fiil) zaedun........nah ini kata ganti dari agus umpamanya . contohnya zaed.. ....memukul.tapi ok«isim domir iyalah satu nama yang memakai kata ganti.atau orang yang ada di depan kita ....dimana pukulan zaed bersarang di umar...orang yang tidak ada di depan kita ..sebelum menerangkan ini kita beri penjelasan tentang isim dzomir .

...yang kata kerja itu bersarang di kata ganti yang tadi contoh dorobaka«takdirnya zaedun dorobaka«zaed mukul kamu «umpanya nama kamu umar «daripada mengatakan zaed mukul umar .si pembicara dan temanya .ada fasal khusus.na«kita.. .. sesudah ini kita cek bagaimana maf¶ulbih isim domir .kamu lakilaki satu«.. BAB MASDAR Masdar dalam arti kata adalah sumber....si pembicara sendiri wahdah ...mutakalim .hunna«.. dan definisinya dalam ilmu nahwu adalah suatu isim yang harkatnya nasab yang biasa datang pada urutan ketiga dari tasrifan atau susunan fiil .mereka perempuan banyak.kamu peremouan dua .ada di depan ini mukotob .kita katakan zaed mukul kamu«atau contoh lagi doroba huma «zaed memukul dia berdua(umar dan bakar) sekian maf¶ulbih mudah2an jelas bisa di mengerti..kunna «kalian perempuan banyak«ini group mukhotob «ni«..ini mutakalim.kamu perempuan satu ..mutakalim maalgoer insyaallah domir saya jelaskan lebih detail nanti ..kuma«.kamu lakilaki berdua kum«kamu lakilaki banyak lebih dari 3 orang ..lebih dari 3 orang«ini semua gaib .ki .ka«..saya .huma dia perempuan berdua .kalau anda sudah punya wawasan tentang ..

.di kalian.contoh .. BAB DZORF Dorf artinya adalah wadah dan juga di artikan amplop atau keadaan juga dikatakan dorf«tapi apa menurut ilmu nahwu ? adalah isim yang menujukan tempat atau waktu yang harkatnya nasab dengan mengirakan arti fi artinya (di) «contoh inda «artinya(di) kalau di sambungkan kata lain sepert kum .jadi indakum.dorban adalah masdar kalimatnya isim dan termasuk isim mansubat...nah inda ini dorf yang menunjukandi satu tempat «EH jangan lupa dorf terbagi dua .contoh tasrifan fiil lihat nomer tiga kata nasron yang artinya dengan menolong sebenarnya«.isim yang harkatnya nasab..dorobtuhu dorban«saya memukul dia dengan pukulan sebenarnya«.tasrifan fiil maka anda kan tahu apa nomer tiga dari tasrifan itu ...

.Dorf makan.. BAB ALHAL Hal artinya tingkah dan kelakuan«dalam ilmu nahwu diartikan«sesuatu isim yang dengannya di jelaskan keadaan fiil«.pagi.. BAB TAMYIZ .kholfa .ma¶a .dan bukannya naik mobil«jadi yang mendengarkan obrolan gak perlu bertanya dengan apa zaed itu datang. .di belakang masjid.a)datang. saharon....dsb.sembari«nah kata masiyan (berjalankaki) menjelaskan kata kerja /fiil kata(ja..saya datang hari ini«kata alyaoma harkatnya nasab sebab kalimat dorf zaman 2...... .amama albaeti«di depan rumah«....tu alyaoma .1..di belakang .atau dalam bahasa kita bisa di implikimpliki .a .Dorf makan..belakang.datang zaed berjalan kaki.. .malam « gudwatan .contoh ja.dan barisnya harus nasab...contoh....nah kata amama«. .qudama ..waktu makan sahur (dawn) .hari ini« .a zaedun masiyan«.Dorf zaman. 2..diantaranya adalah .laelatan. amama«di depan« ...sore.nah kata bakiyan itu namanya Hal dan harkatnya nesab.goddan«besok«dsb «contoh ji....waro..di« ..contoh lain.(menangis)menerangkan kata kerja (Qoma)berdiri.sesuatu yang menunjukan di satu tempat ada beberapa yang menujukan pada suatu waktu seperti di bawah ini .depan.ringkasnya isim untuk menjelaskan kata kerja«..inda.... «sesuatu yang menujukan di suatu waktu .zaed berdiri sembari menangis«kata bakiyan.. «kholfa almasjidi...alyaoma.. «qoma zaedun bakiyan.bersama..adalah dorf makan sebab menujukan suatu tempat... masaan .

...goeru..dalam contoh tadi qoma .....menangislah orangorang kecuali umar.zaedan ... .contoh «tasobbaba zaedun arqon. darah nya atau keringatnya«atau dalam bahasa kita adalah yang suka di pakai jawaban pertanyaan apanya ? nah ini dia tamyiz. .tam.kalau mubtada sudah ada khobarnya.kalau kalimatnya taam dan mujab.....illa..sempurna .nafyi«menyangkal atau negative.a¶da«kecuali«dsb«.illa.dan apa itu mujab «positive .telah mengucur pada zaed keringatnya«kata arqon( ) keringatnya menjelaskan apa yang mengucur dari badan zaed karena masih belum jelas «apa itu air matanya .. contoh lagi.kecuali>>huruf alat istisna . .dan menjawab pertanyaan apanya yang sejengkal ? jenis kalimat begini namanya tamyiz dan harkatnya nasab...orang orang (fa¶il/yang mengerjakan) .sibru ardon«sejengkal tanahnya «kata ardon .Tamyiz adalah kalimat yang menjelaskan perbedaan karena kalimat masih belum jelas .subject sudah ada objectnya...kalau fiil sudah ada failnya .contoh «qoma alkaomu illa zaedan berdirilah orangorang kecuali zaed «contoh lain «baka annasu illa amron«.an secara singkat«pertama pengecualian dengan kata illa «.. .positive« «naqis ..kecuali« .mujab.bukan kalimat negative. .alat pengecualian « ...ini gambaran taam«...berdiri(fiil/kata kerja) «alkaomu. .kurang/gak sempurna« «..kata zaedan dan amron harkatnya nasab karena datang sesudak alat pengecualian kata ( illa) dan kalimatnya taam dan mujab«disini aku ceritakan apa itu taam«apa itu mujab«kaliamt taam (sepurna) adalah kalimat yang sudah ada rangkaiannya....kami coba jelas.disin i agak rumit karena berhubungan dengan rentetan format kalimat .tanahnya menjelaskan kata sejengkal.yang di kecualikan«.. BAB ISTISNA Istisna dalam arti pengecualian«..sempurna dan positive«maka harkat yang di kecualikannya harus nasab «.dengan kata ...selain..

Nah kalimat yang di kecualikan pakai salah satu yang di atas ini harkatnya harus kasroh«contoh .. BAB ISIM LA La ..tapi bagi«hola..... .atau aturan yang ada .. .yang di dahului huruf negative.hola zaedan«dan «hoola zaedin«begitu juga haasa..dan begitu juga yang lainnya....jadi maf¶ulbih .tidak berdiri kecuali zaed..kata bizaedin..maka harkatnya harus kasroh.siwa.. Seterusnya dari huruf istisna adalah goeru .negative.. ma..saya tidak melewat kecuali pada zaed...harkatnya nasab karena maf¶ulbih sebagian dari isim mansubat«contoh yang kasroh« «ma marortu illa bizaedin.contoh .dari fi¶il dan fa¶il kata dorobtu..kata amrin harkatnya harus kasrah sebab ada sesudak alat pengecualian kata ...haasa.contoh «ma qoma alkaomu illa zaedan. .yang di maksud di sini .adalah kata menyangkal .hola.. «koma alkaomu goeru zaedin«orangorang berdiri selain zaed«kata zaedin harus kasrah karena berada di belakang alat pengecualian kata goeru «contoh lagi. «dzahaba alkaomu aa¶da amrin«.aa¶da.sempurna«tapi .. ........dalam arti kalau yang di kecualikan posisinya jadi fa¶il maka harkatnya harus rofa¶ .....Ada juga kalimat tam..di dahului huruf jar ya itu ba..tidak berdiri manusiamanusia kecuali zaed.nah kata tidak di depan menunjukan kata negative«dalam keadaan seperti ini pengecualian pakai kata illa«hukumyang berlaku menuruti awamil. «hasa...selain..dsb.dan kalau di masukin huruf jar ..selain..contoh yang rofa¶ « «ma qoma illa zaedun...selain.saya tidak mukul kecuali kepada zaed«kata zaedan.kata ma«contoh yang nasab..maka harkatnya harus kasroh.kata zaedun rofa¶ sebab jadi fa¶il dari kata qoma yang di dahului negative.ma dorobtu illa zaedan. .kalau jadi maf¶ulbih harkatnya harus nasab... .dibaca bizaedin.... «manfi .aa¶da«.bisa dua jalan bisa juga nasab.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful