1.

OSIS

OSIS : adalah satu-satunya organisasi yang sah keberadaannya di sekolah Kerja OSIS : menampung seluruh aspirasi yang dimiliki oleh siswa suatu sekolah ANGGARAN DASAR ORGANISASI INTRA SEKOLAH PEMBUKAAN Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa Bahwa sesungguhnya ilmu itu merupakan salah satu karunia Tuhan Yang Maha Esa yang harus diamalkan untuk membawa manusia ke arah kebahagiaan hidup. Bahwa Indonesia dengan kemerdekaannya telah memperoleh kesempatan dan waktu yang seluasluasnya untuk mencari, menggali, dan mendalami ilmu pendidikan menuju masyarakat yang adil dan makmur. Sekolah sebagai lembaga pendidikan mempunyai kewajiban dan tanggungjawab mendidik, membina, melatih dan membekali para siswa sebagai generasi penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dalam usaha menuju tercapainya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Bahwa para siswa sebagai kader penerus perjuanga bangsa dan pembangunan nasional, sadar akan kewajiban, peranan dan tanggungjawabnya terhadap dirinya sendiri, keluarga, bangsa dan negara, dalam rangka pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa. Maka kami para siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 126 Jakarta menghimpun diri dalam satu Organisasi Siswa Intra Sekolah yang disusun dalam Anggaran Dasar sebagai berikut. BAB I UMUM Pasal 1 Nama, Waktu dan Tempat Kedudukan 1. Organisasi ini bernama Organisasi Siswa Intra Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 126 Jakarta disebut OSIS SMP N 126 Jakarta. 2. Organisasi ini didirikan untuk waktu yang tidak ditentukan 3. OSIS SMP N 126 Jakarta berkedudukan di SMP Negeri 126 Jakarta Jalan SMP 126 Batu Ampar , Kecamatan Kramatjati Kota Administratif Jakarta Timur . Pasal 2 Dasar dan Azas 1. Organisasi ini berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 2. Organisasi ini berdasarkan kekeluargaan dan kegotongroyongan Pasal 3 Tujuan 1. Mempersiapkan siswa kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan bekal keterampilan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, kepribadian dan budi luhur 2. Melibatkan siswa dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara serta pelaksanaan pembangunan nasional 3. Membina siswa berorganisasi untuk pembangunan kepemimpinan Pasal 4 Sifat Organisasi Organisasi ini bersifat intra sekolah dan merupakan satu-satunya wadah yang menampung kegiatankegiatan ekstra kurikuler sekolah yang menunjang kurikulum, yang sah mewakili siswa dari sekolah tersebut. Pasal 5 Bentuk Organisasi Organisasi ini berbentuk kesatuan

Pasal 6 Lambang Lambang OSIS bersifat nasional dan digunakan bersama-sama dengan lambang sekolahnya. 4. 3. Keanggotaan berakhir apabila siswa tidak menjadi siswa lagi atau meninggal dunia Pasal 8 Hak dan Kewajiban Anggota Setiap anggota mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam OSIS Pasal 9 Keuangan Keuangan organisasi ini diperoleh dari dana sekolah yang disediakan untuk itu. Majelis Pembimbing. Musyawarah Perwakilan Kelas. sumbangansumbangan yang tidak mengikat serta usaha-usaha lain yang sah. 4. Pasal 12 MPK menetapkan Anggaran Rumah Tangga (ART) serta Garis Besar Program Kegiatan (GBPK) OSIS di sekolah disahkan oleh Kepala Sekolah BAB IV Pasal 13 Pengurus OSIS OSIS dipimpin oleh seorang Ketua dengan dibantu oleh dua orang Wakil Ketua Ketua dan Wakil Ketua OSIS harus Warga Negara Indonesia yang duduk di kelas VIII dan tidak kelas terakhir Ketua dan Wakil Ketua OSIS dipilih oleh MPK dengan suara terbanyak Pengurus OSIS bertanggungjawab kepada Kepala Sekolah dan kepada MPK dalam suatu musyawarah yang dilakukan oleh MPK Pengurus OSIS menunjuk wakilnya untuk duduk di dalam MPO dengan surat ketetapan Kepala Sekolah 1. . 3. disingkat MP BAB III Pasal 11 Musyawarah Perwakilan Kelas Anggota-anggota MPK adalah merupakan perwakilan kelas. Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah 3. Anggota organisasi ini adalah siswa SMP Negeri 126 Jakarta. BAB II Pasal 10 Perangkat Organisasi Perangkat Organisasi terdiri dari : 1. Pasal 7 Keanggotaan 1. sehingga setiap kelas dari sekolah yang bersangkutan memiliki wakilnya yang duduk dalam MPK Sebelum sah menjadi anggota MPK. setiap anggota harus mengucapkan janji secara sungguhsungguh di hadapan Kepala Sekolah atau di hadapan pejabat yang ditunjuk/ dikuasakan oleh Kepala Sekolah untuk mengambil janji. disingkat MPK 2. 2. 5. 2. Perumusan bunyi janji diatur tersendiri secara nasional MPK bertanggungjawab kepada Kepala Sekolah 1. 2.

Pasal 17 Sebelum memangku jabatannya Ketua dan Wakil Ketua OSIS mengucapkan janji dengan sungguhsungguh dengan tuntunan Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing di hadapan Sidang Lengkap MPK sebagai berikut : JANJI KETUA DAN WAKIL KETUA Atas dasar kehormatan kami. . 3. Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi janji kami ini dengan taufik dan hidayah-Nya Pasal 18 Ketua OSIS mengangkat dan memberhentikan pembantunya atas persetujuan Kepala Sekolah BAB V Pasal 19 Majelis Pembimbing OSIS 1. Akan menjalankan tugas kami dengan jiwa persatuan dan kesatuan atas dasar kekeluargaan demi tercapainya tujuan organisasi kami. kami berjanji : 1. Ketua dan Wakil Ketua OSIS menetapkan petunjuk pelaksanaan untuk menjalankan peraturan sebagaimana mestinya 2. 2. Ketua dan Wakil Ketua OSIS di dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dibimbing oleh Pembimbing Pasal 16 Jika Ketua dan Wakil Ketua OSIS meninggal dunia. Akan menjalankan semua ketentuan yang berlaku sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga dengan penuh tanggungjawab sebagai amal bakti kami kepada sekolah. bangsa dan negara 3. diatur di dalam Anggaran Rumah Tangga dan/atau peraturan lainnya yang sah. 4. berhenti atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya. Dalam melakukan kewajibannya. Pasal 14 Ketua dan Wakil Ketua OSIS bekerja menurut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. ATURAN-ATURAN TAMBAHAN Pasal 21 Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar ini. Majelis Pembimbing OSIS dipimpin/diketuai oleh Kepala Sekolah Pasal 20 Majelis Pembimbing wajib memberikan bimbingan secara terus-menerus kepada OSIS dalam melaksanakan tugasnya.1. maka ia diganti oleh anggota pengurus lainnya yang ditetapkan oleh Kepada Sekolah. Ketua dan Wakil Ketua OSIS dibantu oleh para pembantunya Ketua dan Wakil Ketua OSIS memegang jabatannya selama satu tahun Di dalam melaksanakan tugasnya Pengurus OSIS dibimbing oleh Pembimbing Pasal 15 1. Akan menjalankan kewajiban kami selaku Ketua dan/atau Wakil Ketua dengan kesungguhan hati kami sebaik-baiknya 2. Majelis Pembimbing OSIS merupakan badan pembimbing OSIS yang beranggotakan guru-guru yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah 2.

Pd Ridwan Syafari Ketua Umum Wakil Ketua I Wakil Ketua II Sekretaris Umum Sekretaris I Sekretaris II Bendahara Umum Bendahara I Bendahara II : : : : : : : : : Rani Agustin (8. S.Pd. Amalya (7. S.1).8).10) . S.2) Sekretaris Bidang III : Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Paskibra Anggota : : Ditya Pratama (8.Pd ( Staf HUMAS ) Udin Sanudin.2) Agata Restu Cahya Rani (7.Pd Ade Sugiawan.8) .9) Abdul Rozak (8.8) Magdalena Palma (8.Pd.10) Fiestha Sonia Angelia (7.Pd ( Staf Kesiswaan) Ahmad Wahyudi.8) Beby Rizki Septia (7. Kuslani) Wasyati.2) Meditias Ratnasari (8. M.2) Rizky Hidayatullah (8.8) Nadya Rasty Andhira (8. Muthia Ramadhini (8.MPd ( Staf Sarana dan Prasarana) Dra.2) Sekretaris Bidang IV : Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur PMR Anggota : : Lintang andini Putri (8. S.1) Vera Masfufah (8. M. Sri Sudaryati.9) Inge Della Mutiara Saputra (8. S.4) Indah Kemala Putri (8. M. Misbahussuduri ( 7.7) Noer Yasmine Awalia (7.8) Pembina Pelaksana OSIS : Sekretaris Bidang I : Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Rohis Rokris Anggota : : : Haryanto Wibowo (8.Pd ( Staf kurikulum) Efendi.Pd ( Staf kurikulum) Suyud.Lampiran 1: Struktur Organisasi OSIS SMP Negeri 126 Jakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 : Dewan Pembina Ketua Wakil Ketua Anggota : : Kepala Sekolah ( Drs. S.3) Sekretaris Bidang II : Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Pramuka Anggota : : Zahrina Fajrina (7.2) Nur’aini (8.

Sekretaris Bidang V : Pendidikan Organisasi.9) .8) Sekretaris Bidang VIII : Apresiasi.3) Sekretaris Bidang VI : Pendidikan Keterampilan dan Wiraswasta Anggota : Osa Easoci (8.3) Muhammad Ovie Raka Siwi (7. Politik dan Kepemimpinan Anggota : Valka Noviyanti (8.1) .8) Riza nurul Fathia (8.3) Sekretaris Bidang VII : Pendidikan Jasmani dan Daya Kreasi Basket Volly Ball Footsal : : : Widhatama Putra (8.3) Andrean Reza Putra (8. Persepsi dan Kreasi Seni Kesenian/Padus Mading Marawis : : : Anida Rosaliana Amalia (7.4) .1) Wuri Nur Rahayu (8. Rizki Pratama Ningrum (7. Mohamad Alfiansyah (7.

8) 1.8) SEKRETARIS : UMUM : Nadya Rasty Andhira (8. Andrean Reza Putra (8. Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi : Widhatama Putra (8.1) : Wuri Nur Rahayu (8.8) . Agata Restu Cahya Rani (7. Inge Della Mutiara Saputra (8.2). Pendidikan Pendahuluan Bela Negara : Ditya Pratama (8.9) 2.10).1) : Lintang andini Putri (8.3).8) V.2) Ketua Anggota III.3) Ketua Anggota VI.1) WAKIL I Vera Masfufah (8.3) Ketua Anggota VII.1) Anggota : Rizki Pratama Ningrum (7. Beby Rizki Septia (7. Ketrampilan dan Kewirausahaan : Osa Easoci (8. (7. Pendidikan Politik dan Kepemimpinan Ketua : Valka Noviyanti (8.8) : Muthia Ramadhini (8. Noer Yasmine A.10) : Zahrina Fajrina (7. Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Ketua : Haryanto Wibowo (8.7). Fiestha Sonia Angelia (7. Amalya (7. Misbahussuduri ( 7.4) : Mohamad Alfiansyah (7.9) WAKIL II Abdul Rozak (8. Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur : Rizky Hidayatullah (8. Kehidupan Berbangsa dan Bernegara : Nur’aini (8. Berorganisasi.2) BENDAHARA : UMUM : Meditias Ratnasari (8.8) Anggota : Magdalena Palma (8.8) SEKRETARIS BIDANG I.2) 2.Lampiran 2: Struktur Pengurus OSIS SMP N 126 JKT TP 2009-2010 KETUA Rani Agustin (8.2) Ketua Anggota IV.4) 1.2).3) Ketua Anggota II. Indah Kemala Putri (8.

9) Jakarta. Kuslani Nip. S. 131 094 836 Udin Sanudin.Raka Siwi (7. 131 880 723 Ridwan syafari Nip. Apresiasi dan Kreasi Seni : Riza nurul Fathia (8.3) : Anida Rosaliana Amalia (7.Ketua Anggota VIII. 470 063 972 Lampiran 3: LATAR BELAKANG OSIS Latar Belakang berdirinya OSIS .O. Persepsi. 7 November 2009 Mengetahui Kepala Sekolah Pembina OSIS Pembina OSIS Drs.8).Pd Nip.Muh.

dan ekstrakurikuler dapat berlangsung dengan mantap. Kaitannya dengan Wawasan Wiyatamandala Dengan memperhatikan kondisi sekolah dan masyarakat dewasa ini yang umumnya masih dalam taraf perkembangan. Para guru. ko-kurikuler. kegiatan kurikuler. kebersihan. serta menciptakan suatu kondisi kemampuan dan ketangguhan yakni memiliki tingkat keamanan. 4. agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Garis-garis Besar Haluan Negara juga menegaskan bahwa generasi muda yang di dalamnya termasuk para siswa adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945. Kepala sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh untuk menyelenggarakan seluruh proses pendidikan dalam lingkungan sekolahnya.84 tanggal 1 Oktober 1984 perihal Wawasan Wiyatamandala sebagai sarana ketahanan sekolah. Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya. sehingga proses belajar mengajar. kecerdasan dan keterampilan. . meningkatkan ketakwaan teradap Tuhan yang maha Esa. Di dalam garis-garis besar haluan Negara ditetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila. Departemen pendidikan dan kebudayaan. adalah melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum. dapat menimbulkan pertientangan antara kita sama kita. Upaya untuk mewujudkan wawasan Wiyatamandala antara lain dengan menciptakan sekolah sebagai masyarakat belajar. betapapun sulitnya keadaan yang melingkunginya. Mengingat tujuan pendidikan dan pembinaan generasi muda yang ditetapkan baik di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 maupun di dalam garis-garis besar Haluan Negara amat luas lingkupnya. seperti yang tercantum pada Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. mempertinggi budi pekerti. perdamaian abadi dan keadilan sosial. dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. memperkuat kepribadian. bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa. mengeterapkan Wawasan Wiyatamandala yang merupakan konsepsi yang mengandung anggapananggapan sebagai berikut. harus senantiasa menjunjung tinggi martabat dan citra guru sebagai manusia yang dapat digugu (dipercaya) dan ditiru. 2. 5. Pembangunan pendidikan merupakan bagian dari Pembangunan Nasional. baik melalui proses belajar mengajar maupun melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. mempertinggi budi pekerti. mencerdaskan kehidupan bangsa. maka dalam rangka usaha meningkatkan pembinaan ketahanan sekolah bagi sekolah-sekolah di lingkungan pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasra dan Menengah.Tujuan nasional Indonesia. kegiatan kokurikuler. mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Pembangunan Nasional dilaksanakan di dalam rangka pembangunan Manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. • • • • • Sekolah merupakan Wiyatamandala (lingkungan pendidikan) sehingga tidak boleh digunakan untuk tujuan-tujuan diluar bidang pendidikan. maka diperlukan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang merupakan jalur pendidikan formal yang sangat penting dan strategis bagi upaya mewujudkan tujuan tersebut. Berdasarkan surat Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah nomor :13090/CI. pembinaan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). dan kekeluargaan yang mantap. yang harus berdasarkan Pancasila dan bertujuan untuk: 1. ketertiban. di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. maka upaya pembinaan kesiswaan perlu diselenggarakan untuk menunjang perwujudan sekolah sebagai Wawasan Wiyatamandala. namun harus mencegah masuknya sikap dan perbuatan yang sadar atau tidak. keindahan. 3. meningkatkan kecerdasan dan keterampilan. Antara guru dengan orang tua siswa harus ada saling pengertian dan kerjasama yang baik untuk mengemban tugas pendidikan. Untuk mengimplementasikan wawasan Wiyatamandala perlu diciptakan suatu situasi di mana siswa dapat menikmati suasana yang harmonis dan menimbulkan kecintaan terhadap sekolahnya. memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air. dan ekstra-kurikuler. Dan secara operasional diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kunci pas. OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Kemauan bekerja keras akan menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain. Kunci pas adalah alat kerja yang dapat membuka semua permasalahan dan kunci pemecahan dari segala kesulitan.Apakah OSIS ? OSIS (kepanjangannya adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama((SMP)) dan Sekolah Menengah Atas((SMA)). Tujuan nasional yang dicita – citakan adalah masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. menyebabkan siswa berani mandiri. ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ Pelangi Merah Putih. Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Tangan terbuka. merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara. Para siswa berdaya upaya melalui lima jalan dengan kesungguhan hati. aktif dan amal. Lima daun kapas. agar menjadi warga negara yang baik dan berguna. yang melaju di lautan hidup menuju masa depan yang lebih baik. Buku terbuka. Empat buahkapas. yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera baik material maupun spiritual. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing seorang guru yang dipilih oleh pihak sekolah. Delapan lipatan pita. Tujuh belas butir padi. Lambang OSIS Gambar lambang OSIS : Arti bentuk dan warna lambang OSIS : ♦ Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga. Kemerdekaan yang telah ditebus dengan mahal perlu diisi dengan partisipasi ♦ . yang menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggung jawab. yaitu tujuan nasional yang dicita – citakan. Kelima jalan tersebut dilukiskan dalam bentuk lima kelopak daun bunga. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS. Biduk. 1. Kesediaan menolong orang lain yang lemah sesama siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan dan pertolongan. yaitu : abdi. Generasi muda adalah bunga harapan bangsa dengan bentuk bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila. Biduk / perahu. adab. ajar. 17-8-45 adalah peristiwa penegakan jembatan emas kemerdekaan Indonesia mengandung nilai – nilai perjuangan ’45 yang harus dihayati para siswa sebagai kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi.

sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada tanah air. Warna tanah Indonesia. Sebagai dasar lambang yaitu warna kehormatan / agung. Warna Merah Putih. bangsa dan negara. Warna Coklat. Warna kebangsaan Indonenesia.com . Warna Kuning.blogspot. untuk kepentingan dirinya dan sesama mereka. Suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi.osis-smpn126jkt.com Email : osissmpn126@gmail. ♦ ♦ http://www.penuh ♦ para siswa. berpijak pada kepribadian dan budaya sendiri serta rasa nasional Indonesia. dengan hati yang suci. berani membela kebenaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful