ZAKAT

Zakat adalah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya) menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syarak.[1] Zakat merupakan rukun ketiga dari Rukun Islam.

Etimologi
Secara harfiah zakat berarti "tumbuh", "berkembang", "menyucikan", atau "membersihkan". Sedangkan secara terminologi syari'ah, zakat merujuk pada aktivitas memberikan sebagian kekayaan dalam jumlah dan perhitungan tertentu untuk orang-orang tertentu sebagaimana ditentukan.

Sejarah zakat
Setiap muslim diwajibkan memberikan sedekah dari rezeki yang dikaruniakan Allah. Kewajiban ini tertulis di dalam Al-Qur¶an. Pada awalnya, Al-Qur¶an hanya memerintahkan untuk memberikan sedekah (pemberian yang sifatnya bebas, tidak wajib). Namun, pada kemudian hari, umat Islam diperintahkan untuk membayar zakat. Zakat menjadi wajib hukumnya sejak tahun 662 M. Nabi Muhammad melembagakan perintah zakat ini dengan menetapkan pajak bertingkat bagi mereka yang kaya untuk meringankan beban kehidupan mereka yang miskin.[2]. Sejak saat ini, zakat diterapkan dalam negara-negara Islam. Hal ini menunjukan bahwa pada kemudian hari ada pengaturan pemberian zakat, khususnya mengenai jumlah zakat tersebut.[3]. Pada zaman khalifah, zakat dikumpulkan oleh pegawai sipil dan didistribusikan kepada kelompok tertentu dari masyarakat. Kelompok itu adalah orang miskin, janda, budak yang ingin membeli kebebasan mereka, orang yang terlilit hutang dan tidak mampu membayar.[4]. Syari'ah mengatur dengan lebih detail mengenai zakat dan bagaimana zakat itu harus dibayarkan. Kejatuhan para khalifah dan negara-negara Islam menyebabkan zakat tidak dapat diselenggarakan dengan berdasarkan hukum lagi. [5]

Hukum zakat
Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah seperti salat, haji, dan puasa yang telah diatur secara rinci berdasarkan Al-Qur'an dan As Sunnah. Zakat juga merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan ummat manusia.

Jenis zakat
Zakat terbagi atas dua jenis yakni:
y

y

Zakat fitrah Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadan. Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,5 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan. Zakat maal (harta) Mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing jenis memiliki perhitungannya sendirisendiri.

Yang berhak menerima
Ada delapan pihak yang berhak menerima zakat, yakni: 1. Fakir - Mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup. 2. Miskin - Mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup. 3. Amil - Mereka yang mengumpulkan dan membagikan zakat. 4. Mu'allaf - Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan barunya 5. Hamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinya 6. Gharimin - Mereka yang berhutang untuk kebutuhan yang halal dan tidak sanggup untuk memenuhinya 7. Fisabilillah - Mereka yang berjuang di jalan Allah (misal: dakwah, perang dsb) 8. Ibnus Sabil - Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan.

Yang tidak berhak menerima zakat[6]
y y y y y

Orang kaya. Rasulullah bersabda, "Tidak halal mengambil sedekah (zakat) bagi orang yang kaya dan orang yang mempunyai kekuatan tenaga." (HR Bukhari). Hamba sahaya, karena masih mendapat nafkah atau tanggungan dari tuannya. Keturunan Rasulullah. Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya tidak halal bagi kami (ahlul bait) mengambil sedekah (zakat)." (HR Muslim). Orang yang dalam tanggungan yang berzakat, misalnya anak dan istri. Orang kafir.

Beberapa Faedah Zakat[7]
[sunting] Faedah Diniyah (segi agama)
1. Dengan berzakat berarti telah menjalankan salah satu dari Rukun Islam yang mengantarkan seorang hamba kepada kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat. 2. Merupakan sarana bagi hamba untuk taqarrub (mendekatkan diri) kepada Rabb-nya, akan menambah keimanan karena keberadaannya yang memuat beberapa macam ketaatan. 3. Pembayar zakat akan mendapatkan pahala besar yang berlipat ganda, sebagaimana firman Allah, yang artinya: "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah" (QS: Al Baqarah: 276). Dalam sebuah hadits yang muttafaq "alaih Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam" juga menjelaskan bahwa sedekah dari harta yang baik akan ditumbuhkan kembangkan oleh Allah berlipat ganda. 4. Zakat merupakan sarana penghapus dosa, seperti yang pernah disabdakan Rasulullah Muhammad SAW.

[sunting] Faedah Khuluqiyah (Segi Akhlak)
1. Menanamkan sifat kemuliaan, rasa toleran dan kelapangan dada kepada pribadi pembayar zakat. 2. Pembayar zakat biasanya identik dengan sifat rahmah (belas kasih) dan lembut kepada saudaranya yang tidak punya. 3. Merupakan realita bahwa menyumbangkan sesuatu yang bermanfaat baik berupa harta maupun raga bagi kaum Muslimin akan melapangkan dada dan meluaskan jiwa. Sebab sudah pasti ia akan menjadi orang yang dicintai dan dihormati sesuai tingkat pengorbanannya. 4. Di dalam zakat terdapat penyucian terhadap akhlak.

tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya. Alat pembersih harta dan penjagaan dari ketamakan orang jahat. lalu dibakar dengannya dahi mereka.[sunting] Faedah Ijtimaiyyah (Segi Sosial Kemasyarakatan) 1. Untuk pengembangan potensi ummat 7. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan). 3. Dukungan moral kepada orang yang baru masuk Islam 8. maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu. Menambah pendapatan negara untuk proyek-proyek yang berguna bagi ummat. Zakat bisa mengurangi kecemburuan sosial. Zakat merupakan sarana untuk membantu dalam memenuhi hajat hidup para fakir miskin yang merupakan kelompok mayoritas sebagian besar negara di dunia. Membayar zakat berarti memperluas peredaran harta benda atau uang. 3. Ini bisa dilihat dalam kelompok penerima zakat. karena ketika harta dibelanjakan maka perputarannya akan meluas dan lebih banyak pihak yang mengambil manfaat.org/wiki/Zakatber : http://id. Memberikan dukungan kekuatan bagi kaum Muslimin dan mengangkat eksistensi mereka. pohon korma. 2. dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan 6. [sunting] Hikmah Zakat Hikmah dari zakat antara lain: 1. zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Karena masyarakat bawah biasanya jika melihat mereka yang berkelas ekonomi tinggi menghambur-hamburkan harta untuk sesuatu yang tidak bermanfaaat bisa tersulut rasa benci dan permusuhan mereka. Pilar amal jama'i antara mereka yang berada dengan para mujahid dan da'i yang berjuang dan berda'wah dalam rangka meninggikan kalimat Allah SWT.) QS (9:35) (Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam. dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin). Mengurangi kesenjangan sosial antara mereka yang berada dengan mereka yang miskin. 5. lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri. Sum http://id. Jikalau harta yang demikian melimpah itu dimanfaatkan untuk mengentaskan kemiskinan tentu akan terjalin keharmonisan dan cinta kasih antara si kaya dan si miskin.") QS (6: 141) (Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung. Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah.wikipedia.wikipedia. [sunting] Zakat dalam Al Qur'an y y y QS (2:43) ("Dan dirikanlah salat. 2. Zakat akan memacu pertumbuhan ekonomi pelakunya dan yang jelas berkahnya akan melimpah. 5. Membersihkan dan mengikis akhlak yang buruk 4. salah satunya adalah mujahidin fi sabilillah. dendam dan rasa dongkol yang ada dalam dada fakir miskin. 4.org/wiki/Zakat . tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'".

Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan. Terutama di abad ke 17 dan 18 Masehi. Penyebabnya. Para penguasa kerajaan-kerajaan ini berdarah campuran. Sriwijaya dan Sunda. Jawa Timur. Demak.terutama Belanda .SEJARAH ISLAM DI INDONESIA Pada tahun 30 Hijri atau 651 Masehi. para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara. yang ketika singgah di Aceh tahun 746 H / 1345 M menuliskan bahwa di Aceh telah tersebar mazhab Syafi'i. hubungan dengan pusat dunia Islam seakan terputus. Lambat laun penduduk pribumi mulai memeluk Islam meskipun belum secara besar-besaran. hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW. Berupa komplek makam Islam. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Berita dari Marcopolo menyebutkan bahwa pada saat persinggahannya di Pasai tahun 692 H / 1292 M. abad demi abad. Namun setelah bangsa-bangsa Eropa Nasrani berdatangan dan dengan rakusnya menguasai daerahdemi daerah di Nusantara. Pada makamnya tertulis angka tahun 475 H / 1082 M. Dengan masuk Islamnya penduduk pribumi Nusantara dan terbentuknya pemerintahanpemerintahan Islam di berbagai daerah kepulauan ini. Para pakar sejarah berpendapat bahwa masuk Islamnya penduduk Nusantara secara besar-besaran pada abad tersebut disebabkan saat itu kaum Muslimin sudah memiliki kekuatan politik yang berarti. Yaitu ditandai dengan berdirinya beberapa kerajaan bercorak Islam seperti Kerajaan Aceh Darussalam.menundukkan kerajaan Islam di Nusantara. yaitu pada jaman Kerajaan Singasari. Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. perdagangan dengan kaum Muslimin dari pusat dunia Islam menjadi semakin erat. Baru pada abad ke-9 H / 14 M. Yaman.. Begitu pula berita dari Ibnu Battuthah. Yang terbesar diantaranya adalah berasal dari Hadramaut. Islam datang ke Asia Tenggara dengan jalan damai. Setiap kali para penjajah . Dalam Tarikh Hadramaut. migrasi ini bahkan dikatakan sebagai yang terbesar sepanjang sejarah Hadramaut. Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini. pengembara Muslim dari Maghribi. Pesatnya Islamisasi pada abad ke-14 dan 15 M antara lain juga disebabkan oleh surutnya kekuatan dan pengaruh kerajaankerajaan Hindu / Budha di Nusantara seperti Majapahit. Bahkan di Acehlah kerajaan Islam pertama di Indonesia berdiri. Thomas Arnold dalam The Preaching of Islam mengatakan bahwa kedatangan Islam bukanlah sebagai penakluk seperti halnya bangsa Portugis dan Spanyol. Diperkirakan makammakam ini bukan dari penduduk asli. serta Ternate. Cirebon. Beberapa tahun kemudian. penduduk pribumi memeluk Islam secara massal. juga karena berbagai peraturan yang diciptakan oleh kaum kolonialis. yakni Pasai. Islam masuk ke Nusantara dengan cara yang benar-benar menunjukkannya sebagai rahmatan lil'alamin. tidak dengan merebut kekuasaan politik. Malaka. telah banyak orang Arab yang menyebarkan Islam. yang salah satu diantaranya adalah makam seorang Muslimah bernama Fathimah binti Maimun. Aceh. Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum lama berdiri. selain karena kaum Muslimin Nusantara disibukkan oleh perlawanan menentang penjajahan. tepatnya tahun 674 M. Sampai dengan abad ke-8 H / 14 M. daerah paling barat dari Kepulauan Nusantara. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah. tidak dengan pedang. Orang Arab yang bermigrasi ke Nusantara juga semakin banyak. adalah yang pertama sekali menerima agama Islam. melainkan makam para pedagang Arab. . belum ada pengislaman penduduk pribumi Nusantara secara besar-besaran. keturunan raja-raja pribumi pra Islam dan para pendatang Arab. Adapun peninggalan tertua dari kaum Muslimin yang ditemukan di Indonesia terdapat di Gresik.

yakni Demak. Sebelum menjadi orang penting di tiga kerajaan Islam Jawa. Mukmin. Kondisi seperti ini setidaknya masih terjadi hingga sekarang. memang sudah terlihat sifat rakus mereka untuk menguasai. Kepribadian. Cirebon dan Banten. juga terlihat dari kebijakan mereka yang mempersulit pembauran antara orang Arab dengan pribumi. Terlepas dari hal ini. (Bersambung) http://camelia86. Kedatangan kaum kolonialis di satu sisi telah membangkitkan semangat jihad kaum muslimin Nusantara. Mental. Banten. Sunda Kelapa. ulama-ulama Nusantara adalah orang-orang yang gigih menentang penjajahan. namun di sisi lain membuat pendalaman akidah Islam tidak merata. Portugis menjalin kerjasama dengan Kerajaan Sunda Pajajaran untuk membangun sebuah pangkalan di Sunda Kelapa. religius. Pertempuran besar yang bersejarah ini dipimpin oleh seorang putra Aceh berdarah Arab Gujarat. sehingga semangat Perang Salib pun selalu dibawa-bawa setiap kali mereka menundukkan suatu daerah. Muamalah. Artikel. Sholeh.com/2010/01/tarikh-islam. Adab Mulia. Dalam memerangi Islam mereka bekerja sama dengan kerajaan-kerajaan pribumi yang masih menganut Hindu / Budha. Adab Shohihah. Dan meski pada akhirnya setiap perlawanan ini berhasil ditumpas dengan taktik licik. Akhlaq. Kalangan priyayi yang dekat dengan Belanda malah sudah terjangkiti gaya hidup Eropa. Adab & Akhlaq. Apalagi mereka mendapati kenyataan bahwa penduduk kepulauan ini telah memeluk Islam. Adat.mereka pasti menyodorkan perjanjian yang isinya melarang kerajaan tersebut berhubungan dagang dengan dunia luar kecuali melalui mereka. Peradaban Islam. Tauhid) . Peradaban. Ternate. Akhlaq Muslim. Makassar. Bahkan ikut mempertahankan Makkah dari serbuan Turki Utsmani. dan Perang Aceh (Teuku Umar). Fathahillah. Satu contoh. Sedangkan pada kaum Muslimin kebanyakan. Adat Istiadat.html DOA Maret 9. Hanya kalangan pesantren (madrasah) saja yang mendalami keislaman. Adab. namun sejarah telah mencatat jutaan syuhada Nusantara yang gugur pada berbagai pertempuran melawan Belanda. maka setelah menguasai Malaka pada tahun 1511. Meskipun banyak diantara mereka yang berasal dari kalangan tarekat. Perilaku. terjadi percampuran akidah dengan tradisi pra Islam. namun justru kalangan tarekat inilah yang sering bangkit melawan penjajah. Islamic. Maka terputuslah hubungan ummat Islam Nusantara dengan ummat Islam dari bangsa-bangsa lain yang telah terjalin beratus-ratus tahun. Sejak perlawanan kerajaan-kerajaan Islam di abad 16 dan 17 seperti Malaka (Malaysia). agama seteru mereka. Keinginan kaum kolonialis untuk menjauhkan ummat Islam Nusantara dengan akarnya. untuk memutuskan jalur pelayaran kaum Muslimin. Sifat.blogspot. Perang Padri (Imam Bonjol). Adab Dan Akhlaq. Iman. hingga perlawanan para ulama di abad 18 seperti Perang Cirebon (Bagus rangin). itupun biasanya terbatas pada mazhab Syafi'i. 2007 pada 3:26 pm (Abad Shohihah. Pasai. Akhlaq Mulia. yang lebih terkenal dengan gelarnya. Islam. Fathahillah sempat berguru di Makkah. Muslim. Sulu (Filipina). religion. Namun maksud Portugis ini gagal total setelah pasukan gabungan Islam dari sepanjang pesisir utara Pulau Jawa bahu membahu menggempur mereka pada tahun 1527 M. Semenjak awal datangnya bangsa Eropa pada akhir abad ke-15 Masehi ke kepulauan subur makmur ini. yaitu Fadhilah Khan Al-Pasai. Perang Jawa (Diponegoro). Akhlaq Shohihah.

. Ya Rabb Pencipta langit dan bumi.´ (Muttafaq µalaih) Rasululloh shallallahu µalaihi wa sallam senantiasa berdoa memohon kepada Rabb Subhanahu wa Ta¶ala baik pada waktu lapang maupun pada saat sempit. kejahatan setan dan bala tentaranya. Doa merupakan tanda Ubudiyah (penghambaan diri secara totalitas kepada Alloh Subhanahu wa Ta¶ala). cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal (supaya aku terhindar) dari yang haram. perkayalah aku dengan karunia-Mu (supaya aku tidak meminta) kepada selain-Mu. Rabb segala sesuatu dan yang merajainya. Elokkanlah urusan akhiratku yang merupakan tempat aku kembali. atau aku melakukan kejahatan terhadap diriku atau yang aku tujukan kepada seorang muslim lain. Hakikat doa adalah menunjukkan ketergantungan kita kepada Alloh Subhanahu wa Ta¶ala dan berlepas diri dari daya dan upaya makhluk.´ (HR: Muslim) Di antara doa beliau adalah. Disamping itu terkandung juga sifat penyantun dan pemurah bagi Alloh Subhanahu wa Ta¶ala. Doa adalah ibadah yang sangat agung. Elokkanlah urusan duniaku yang merupakan tempat aku mencari kehidupan. curahkanlah rahmat-Mu kepadaku dan temukanlah aku dengan teman yang tinggi derajatnya. yang artinya: ³Ya Alloh.´ (HR: At-Tirmidzi) Di antara permohonan beliau kepada Alloh Subhannahu wa Ta¶ala. yang artinya: ³Ya Alloh. Beliau sering berdoa untuk dirinya sendiri. Aku bersksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Beliau sangat menyukai kalimat-kalimat yang ringkas namun sarat makna dan juga menyukai ucapan-ucapan doa. yang tidak boleh dipalingkan kepada selain Alloh Subhanahu wa Ta¶ala. untuk sahabat-sahabat beliau bahkan untuk segenap kaum muslimin.MediaMuslim. yang artinya: ³Ya Alloh. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku. Di dalam ibadah doa terkandung pujian terhadap Alloh Subhanahu wa Ta¶ala. Doa juga merupakan lambang kelemahan manusia. (Sumber Rujukan: Sehari Di Kediaman Rasululloh Shallallahu¶alaihi Wasallam.´ (HR: Abu Daud) Demikian pula doa berikut ini: ³Ya Alloh. yang artinya: ³Doa itu adalah ibadah´ (HR: Tirmidzi) Di antara doa Rasululloh shallallahu µalaihi wa sallam adalah. untuk keluarga dan ahli bait beliau. Pada peperangan Badar. ampunilah dosaku. beliau berdoa kepada Alloh Subhanahu wa Ta¶ala hingga jatuh selendang beliau dari kedua pundaknya. Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Asy-Syaikh Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Qasim) Kiat ± Kiat Agar Do¶a Dikabulkan ( Pendo¶anya ) Posted by Khalid Abdullah in Uncategorized Saya akan mencoba membagikan kiat kita agar sebuah do¶a dikabulkan. memohon kepada Alloh Subhanahu wa Ta¶ala agar menurunkan pertolongan bagi kaum muslimin dan menjatuhkan kekalahan atas kaum musyrikin. Kiat ± kiat agar sebuah do¶a dikabulkan ini saya dapat dari ustad saya. Oleh sebab itu Rasululloh shallallahu µalaihi wa sallam bersabda. Jadikanlah kehidupanku ini sebagai tambahan segala kebaikan bagiku dan jadikanlah kematianku sebagai ketenangan bagiku dari segala kejahatan. memohon dan menunjukkan ketergantungan kepada Alloh Subhanahu wa Ta¶ala.Info ± Rasululloh shallallahu µalaihi wa sallam seorang yang banyak berdoa. tolonglah daku dalam menjalankan agama yang merupakan pelindung segala urusanku.

kita bahas. Waktu 3. Lurus Menghadap Kiblat Lurus Menghadap Kiblat ? Ya ! Disaat anda do¶a sambil menghadap kiblat. Kenapa ??? Ya kalo dibayangkan.. Pendoanya 2. Situasi Nah untuk postingan kali ini. dengan tidak bergerak sambil menatap mata anda dengan tulus ??? Atau anak anda meminta dengan berkata : ´ Ayah bagi uang donk«. Apakah anda akan lebih senang jika anak anda meminta uang kepada sambil : menatap anda. Tempat 4. ( Yang bener-bener banget bisa berhasil 99 % dikabulkan ). 1. ³ disertai sambil sambil lari mengambil tasnya. Dengan anak kita meminta dengan posisi badan yang menghadap kita dan dengan mata yang menatap lurus kita. Dan tentunya peluang anak kita tersebut dikabulkan lebih besar untuk dikabulkan. Nah kalau Allah suka apabila kita berdoa dalam posisi menghadap kiblat. karena dia udah ditunngu temannya untuk pergi dengan motor ?? Saya yakin anda akan lebih mengabulkan permintaan ´ minta uang ´ anak anda dengan sikap yang pertama. lebih mendapat kemungkinan sebuah doa dikabulkan oleh Allah. Dalam hal ini ada 4 objek pokok yang harus diperhatikan. kita akan merasa lebih dihargai. ada 5 hal yang bisa diperbaikin dari objek utama yaitu pendoanya. akan saya bahas dari objek pendoanya terlebih dahulu. .OKeh. Agar sebuah do¶a dikabulkan banyak sekali yang harus diperbaiki dan dioptimalkan. 4 objek itu adalah : 1. sekali lagi hanya dibayangkan. Alabila Allah adalah manusia sama seperti kita.

yang berakibat kurang yakinnya dalam berdoa. Mungkin lebih gampangnya. Banyak Berbuat Baik Nah yang ini nich«. Padahal Allah senang apabila hambaNya berdoa dengan penuh melas dan penuh keyakinan kalau Allah akan mengampuni do¶a dari hambanya yang melas dan pasrah itu. Bersih dari : y y y y y Rasa Marah Rasa Dendam Rasa Dengki Rasa Iri Rasa Nafsu 3. Memang terkadang dengan merasa banyak dosa. Bersih Hatinya Jelas harus lagi hati yang bersihlah yang dikabulkan oleh Allah do¶anya. biar IPnya dikasih tinggi. menyiapkan diri dengan sogokan berupa beramal baik terlebih dahulu. Begini. Gak butuh dan gak perlu sama sekali malah ! Namun apakah bersalah jika kita yang sedang mempunyai ´ maksud ´ tertentu kepada Allah. misal nyogok dosen dengan parsel saat lebaran. bahwa do¶anya akan dikabulkan. Bersih seratus persen saya rasa tidaklah mungkin. banyak para oknum ± oknum yang sering agak memebrikan sogokan kepada seseorang yang dinilai akan bisa membantunya dalam kepentingan hidupnya. Tolong jangan bilang ke saya : ´ kalo gitu mah namanya berbuat baik kalau ada maunya doank ! ³ Hei ! Kalau anda bilang begitu. contohnya. Apakah Allah perlu disogok juga ? Secara banget bangetnya ya gak perlulah Allah disogok.2. Hei ! Berdoa itu haris yakin dikabulkan. 4. biasanya berbuat baiknya adalah : . terus lebih baik meminta doa kepada Allah tanpa berbuat baik sama sekali gitu ??? pendapat yang lebih baikkah ???!!! Yang disarankan ( yang biasanya dari cerita-cerita orang yang dikabulkan do¶anya ). kita jadi merasa tidak pantas dikabulkan. sebelum meminta ´ maksud ´ tertentu itu. Ya. Yakin Dikabulkan Banyak orang yang berdo¶a tapi tidak yakin.

Memujinya lewat shalawat-shalawat dan surat Al-Fatihah. Merendahkan Diri Di Hadapan Allah Kita gak pantes sombong. luhur budi pekerti lagi rendah hati. ( Dan julukan memberi lainnya ) Mengunjungi Orang Sakit Habis Memaafkan Kesalahan Orang Lain. ayahku menuturkan: Beliau saw senantiasa tersenyum. Berwaqaf. . Aisyah ra pernah menuturkan: Rasulullah bukanlah seorang yang keji dan tidak suka berkata keji. Sedangkan Allah pantes banget untuk sombong ! yaiyalah Maha Kuasa. padahal berhak banget buat kita untuk marah dan membalasnya. EHem« cukup sekian point-point penting singkat yang dihadirkan di artikel ini agar doa dikabulkan. beliau suka memaafkan dan merelakan . Bahkan sebaliknya.com/kiat-%E2%80%93-kiat-agar-do%E2%80%99a-dikabulkan Akhlakul Karimah hamba tuhan on Mon Feb 28. Semoga Bermanfaat. meringkuk sedemikian rupa ? Nah seperti itulah posisi badan dan hati seharusnya dalam berdoa agar dikabulkan. beliau bukanlah seorang yang kasar. 2011 3:14 pm Akal dan nurani seorang setiap manusia dapat dilihat melalui kelakuan yang biasa ia tampakkan dalam keseharian.y y y Berinfak. Akan berlanjut dari segi segi lainnya. akhlak merupakan satuan ukuran yang digunakan untuk mengukur ketinggian akal dan nurani seseorang. Dengan kata lain. Beramal. Sumber : http://khalidabdullah. Nah sudah sepatutnya kita berdo¶a dengan merendahkan hati terlebih dahulu. Pernah melihat orang yang berdoa sambil meringkuh. Ia berkata: Aku bertanya kepada ayahku tentang adab dan etika Rasulullah saw terhadap orang-orang yang bergaul dengan beliau. merunduk. tidak suka mencela makanan yang tidak disukainya . (HR. tidak suka berteriak-teriak. 5. beliau bukan seorang yang suka berteriak-teriak di pasar dan tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Ahmad) Al-Husein cucu Rasulullah saw menuturkan keluhuran budi pekerti beliau. bukan tukang cela.

Maka aqidah. Sementara akhlak adalah buah yang akan dihasilkan oleh pohon yang berakarkan aqidah serta bercabang syariah dan berdaun ibadah. perangai.Seorang lelaki menemui Rasulullah saw dan bertanya. Abu Dawud) Dengan demikian. baik. Kemudian ia menghampiri Nabi saw dari sebelah kiri dan bertanya. Belum jugakah engkau mengerti? Agama itu akhlak yang baik . Akhlak merupakan salah satu faktor kehidupan yang sangat mendasar dan vital. Ya Rasulullah. akhlak adalah pola perilaku yang berdasarkan kepada dan memanifestasikan nilai-nilai Iman. Pohon yang baik. Bukhari. terpuji. Ya Rasulullah. Dan setiap akhlakqul karimah merupakan buah dari ketaataannya kepada Allah swt. Kualitas akhlak merupakan cermin dari kualitas ibadah seseorang. (HR. apakah agama itu? . Hal ini dibuktikan dengan diutusnya Rasulullah saw ke muka bumi ini yang tidak lain adalah untuk menyempurnakan akhlak umat manusia. tampak subur. (al-Targhib wa al-Tarhib 3:405) Nabi saw bersadba. Sedangkan karimah berarti mulia. syariah serta ibadah yang mantab tentunya akan menghasilkan akhlak yang mantab pula. Apakah agama itu? . yaitu akhlakul karimah. Rasulullah saw menjawab. Apabila perbuatan yang keluar atau yang dilakukan itu baik dan terpuji menurut syariat dan akal maka perbuatan itu dinamakan akhlak yang mulia atau akhlakul karimah. teduh dan kian menjulang. kelakuan. Kata akhlak secara etimologi berasal dari kata al-akhlaaqu yang merupakan bentuk jamak dari kata al-khuluqu yang berarti tabiat. adat kebiasaan atau khalqun yang berarti kejadian. Rasulullah saw menoleh kepadanya dan bersabda. Dia bersabda. Aku menjamin sebuah rumah di surga yang paling tinggi bagi orang-orang yang berakhlak baik . Baihaqi. tabiat atau sistem perilaku yang dibuat. Akhlak yang baik . (HR. Kemudian ia mendatangi Nabi dari sebelah kanannya dan bertanya. dan Hakim) Selain itu. Akhlak yang baik . Islam dan Ihsan. Akhlak yang baik . Abu Dawud dan Tirmidzi) . Kemudian ia mendatanginya dari sebelah kirinya dan bertanya. tentunya akan menghasilkan buah yang baik. buatan. ibadah dan akhlak merupakan pasangan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Kemudian syariah dan ibadah merupakan cabang-cabang yang akan membuatnya semakin rimbun. Setiap manusia pastilah memiliki akhlak. akhlak yaitu suatu keadaan yang tertanam di dalam jiwa yang menampilkan perbuatan dengan senang tanpa memerlukan penelitian dan pemikiran. Rasulullah saw juga bersabda: Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Peranan Akhlakul Karimah Dalam Kehidupan Aqidah yang kuat merupakan akar bagi tegak dan kokohnya bangunan Islam. Jadi secara etimologi akhlak itu berarti perangai. Pengertian Akhlak Secara terminologi. sebagimana tertuang dalam salah satu hadits Rasulullah saw yang artinya: Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia . Ibadah dan akhlak laksana pohon dengan buahnya. (HR. apakah agama itu? . Nabi saw menjawab. apakah agama itu? . Ya Rasulullah. Menurut Imam Ghazali. ciptaan.

sebagai sarana yang dapat melahirkan kehidupan sosial yang tenteram tanpa gontok-gontokan. Beliau menjawab. memukul dan menumpakan darah orang. Orang yang tetangganya merasa tidak aman dari keburukannya. (HR. Aisyah ra. dan Hakim) menyiratkan satu isyarat bahwa Rasulullah saw diutus untuk akhlak manusia yang merupakan kunci untuk mendapatkan rahmat Allah swt. dan Tiadalah Kami mengutus kamu. puasa dan zakatnya. hidup adalah untuk beribadah kepada Allah swt semata sebagaimana firman Allah swt yang artinya: dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. Maka iapun harus memberikan pahala baiknya kepada orang-orang itu. Muslim dan Tirmidzi) Rasulullah saw bersabda. Bagaimana mungkin seorang yang rajin beribadah dapat masuk neraka. Rasul saw menjawab. Mereka bertanya. (HR. ia sering menyakiti tetangganya . memakan harta orang. fulanah terkenal rajin mengerjakan shalat. Demi Allah tidak beriman . Namun ia pernah mencela orang. seorang yang biasa menyakiti tetangganya tentunya ia mempunyai hutang yang harus dibayar di akhirat. Mereka berkata. (HR. Adz Dzariyaat:56 Dan tentunya. maka beliau menjawab Akhlaq Rasulullah adalah Al Quran . Siapa ya Rasul? . (HR. Demi Allah tidak beriman. Dia di neraka .Berdasarkan hadits di atas. orang yang bangkrut di antara umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa shalat. QS. Loginya. melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam . Lalu disebutkan ada seorang wanita yang shalat. ditanya mengenai akhlaq Rasulullah saw. namun bagi seluruh manusia. Nabi saw bersabda. Demi Allah tidak beriman. Pada hakikatnya. mencaci orang. Baihaqi. Bagaimana jika . Dan ketenteraman hidup tentunya akan sangat membutuhkan timbal balik akhlakul karimah antar individu. Al Anbiyaa: 107 Ayat ini dikaitkan dengan hadits yang berbunyi Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia . Muslim dan Imam Ahmad) Beberapa orang datang kepada Rasulullah saw. berpuasa dan berzakat. Jika amal baiknya sudah habis sebelum dibayar semua. Beliau lalu menjelaskan. Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut? . ketenteraman dalam beribadah akan semakin mudah diraih manakala ketenteraman kehidupan pun ada. diambillah dosa mereka untuk diberikan kepadanya. Orang yang bangkrut adalah orang yang tidak mempunyai uang dan harta . Mereka menjawab. Maka Rasul saw menjawab. Bukhari. Akhlak mulia menjadi salah satu perintah vital di dalam Al Quran yang dilaksanakan dengan meneladani Rasulullah saw. dapat dilihat bahwa sesungguhnya akhlak yang mulia bukan hanya diperuntukkan bagi umat muslim saja. sementara yang biasa-biasa saja masuk surga hanya karena yang rajin beribadah suka menyakiti tetangganya sedangkan yang biasa-biasa saja tidak pernah menyakiti tetangganya? Mudah saja. puasa dan zakatnya biasa saja tetapi ia tidak menyakiti tetangganya. Dia di surga . QS. Muslim) Dunia ini adalah alam sosialis yang mengharuskan setiap manusia atau bahkan hewan dan tumbuhan untuk dapat saling berinteraksi dengan baik. Maka iapun dilemparkan ke neraka. Dan itulah urgensi dari akhlakul karimah. Hanya saja. Wahai Rasulullah.

baik dan buruk adalah bergantung kepada adat istiadat dan pemikiran manusia yang masih berlaku di suatu waktu dan tempat.forumotion.net/t9801-akhlakul-karimah _________________ Matius 19:28 Kata Yesus kepada mereka: Aku berkata kepadamu. maka akhlak bukanlah sesuatu yang ada dan melekat pada diri seseorang dengan sendirinya. Yang harus kita ingat adalah. Sebagai contoh: jika seseorang tiba-tiba memberi hadiah kepada orang lain karena alasan tertentu maka orang tersebut tidak dapat dikatakan berakhlak mulia.hutang atau dosa kepada tetangganya itu ternyata jauh lebih besar ketimbang amal ibadahnya? Tentu saja jawabannya adalah Neraka . Sumber : http://murtadinkafirun. kita juga tidak pernah tahu manakala amala ibadah yang kita sangka sangat besar. apalagi karena terpaksa maka perbuatan itu bukanlah pencerminan akhlak. Jilid I. ia hanya berlaku pada waktu tertentu dan di tempat tertentu saja. Perkataan etika berasal dari bahasa Yunani. 1993:102) Sifat Akhlak Islami Bagaimanakah yang dimaksud dengan akhlak Islami? Akhlak Islami bersumber dari Al Quran dan Al Hadits. (HR. KESIMPULAN Kemuliaan akhlak adalah maklumat utama bagi ajaran Islam sebagaimana yang ditegaskan oleh Rasulullah saw tentang tujuan pengutusan beliau ke muka bumi: Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia . Sebaliknya. Tanpa buah (akhlakul karimah) ini maka ibadah hanyalah sebagai upacara dan gerak-gerik yang tidak memiliki nilai dan manfaat apa-apa. Jika suatu pernuatan dilakukan setelah dipikir-pikir dan ditimbangtimbang. Adapun arti moral dari segi bahasa berasal dari bahasa latin. Karena akhlakul karimah merupakan cermin dari berbagai aktivitas ibadah kepada Allah swt. sifatnya tetap (tidak berubah-ubah) dan ia berlaku untuk selamanya-lamanya. Sedangkan etika dan moral hanya bersumber dari adat istiadat dan pikiran manusia. Sedangkan dalam pandangan etika dan moral. ternyata sangat sepele bahkan tidak bernilai di mata Allah swt karena berunsur riya dan sebagainya. sesungguhnya pada waktu . tanpa pikir-pikir atau ditimbang berulang-ulang karena perbuatan itu telah menjadi kebiasan baginya. kita tidak pernah tahu bahwa keburukan yang kita lakukan kepada sesama dan kita anggap sepele ternyata besar di mata Allah swt karena meninggalkan luka yng teramat mendalam di hati hamba-Nya. Jika dilakukan sekali saja atau jarang-jarang maka tidak dapat disebut sebagai akhlak. Fungsi akhlakul karimah dalam kehidupan adalah sebagai buah dari satu-satunya latar belakang diciptakannya manusia. 2. dan Hakim) Berdasarkan pengertiannya. yaitu untuk beribadah (menyembah) kepada Allah swt. Baihaqi. ia selalu berubah-ubah (berubah-ubah seiring bergantinya masa dan kepemimpinan). Bukhari. melainkan ditanam dan dilekatkan melalui suatu usaha atau proses (pembiasaan). yaitu Ethos yang berarti kebiasaan.Timbul dengan sendirinya. Wallahua lam Syarat-Syarat (Kriteria) Akhlak Suatu perbuatan dapat dikategorikan sebagai akhlak jika ia memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut: 1. mores yaitu jamak dari kata mos yang berarti adat kebiasaan. Dilakukan berulang-ulang (continue). (Ensiklopedi Islam. Baik dan buruk dalam pandangan akhlak adalah bergantung pada Al Quran dan Hadits yang selamanya tidak akan pernah berubah.

.. _________________ SHAGGY YANG MALANG .. akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel. yang telah mengikut Aku. Inget-inget lho.bagi yang bukan 12 suku israel. hamba tuhan SILVER MEMBERS Number of posts: 7972 Age: 11 Location: Aceh Humor: Obrolan Santai dengan Om Yesus Reputation: 49 Points: 9351 Registration date: 2010-09-19 y y y y y y y Re: Akhlakul Karimah agus on Mon Feb 28. ayat matius 19:28 berlaku kelak sesudah kiamat yaitu waktu penciptaan kembali.penciptaan kembali.. kamu. apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya. 2011 3:19 pm Cocok buat mata kuliah tambahan buat si bandot neh bro..

semoga Allah memberi manfaat aku dan mereka dengannya. baik di dunia dan akhirat. aku haturkan kepada saudara-saudaraku muslimin. yaitu waktu dari terbitnya fajar shadiq sampai terbenamnya matahari. Apa yang seharusnya seorang muslim berpuasa (menahan diri) darinya? Yaitu perkara-perkara yang membatalkan puasa.agus SILVER MEMBERS Number of posts: 7451 Location: Everywhere but no where Job/hobbies: Baca-baca Humor: Shaggy yang malang Reputation: 73 Points: 8780 Registration date: 2010-04-16 Hukum-hukum Puasa Secara ringkas: Rukun dan Syarat Mudzakarah tentang Hukum Puasa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushabi hafizhahullah berkata: Berikut ini adalah ringkasan tentang hukum puasa. 4. Siapa tujuan niat puasa? Yaitu Allah. 3. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar Maha Dekat lagi Maha Mengabulkan doa. *** BIMBINGAN PUASA HUKUM PUASA RAMADHAN . Waktu puasa. 2. Orang yang berpuasa. Dan inilah niat. dia muslim dan muslimah. RUKUN SHIYAM (PUASA) ada empat: 1.

Muslim) Dalam riwayat Muslim:.Muslim) Dari Abu Hurairah radhiallahu µanhu. menunaikan haji dan puasa pada bulan Ramadhan. maka Rasulullah Shalallahu µAlaihi Wassalam berpuasa selama sembilan kali Ramadhan. (Majalis Syarh Ramadhan.´puasa pada bulan Ramadhan dan menunaikan haji.´(QS.Al Baqarah:183) ³Maka barangsiapa diantara kamu melihat bulan itu (Ramadhan). Puasa Ramadhan ini diwajibkan pada tahun kedua Hijriyyah. bahwa Rasulullah Shalallahu µAlaihi Wassalam pernah naik mimbar lalu berkata: ³Amien.Puasa pada bulan Ramadhan adalah merupakan salah satu rukun Islam. Bukhari dan Muslim) Dari Abu Hurairah radhiallahu µanhu. Jum¶at ke Jum¶at. membayar zakat. Ibnu Utsaimin hal 5) TARGHIB (DORONGAN) UNTUK BERPUASA RAMADHAN 1. karya Syaikh Utsaimin hal 21 dan setelahnya).´ (HR. Rasulullah Shalallahu µAlaihi Wassalam bersabda: ³Shalat yang lima waktu.´ (HR.´ (QS. Amien. Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa yang terjadi diantara masa tersebut apabila dosa-dosa besar dijauhinya..´ (HR. anda naik mimbar kemudian mengucapkan:Amien.´ Kaum Muslimin telah berijma¶ (bersepakat) bahwa puasa pada bulan Ramadhan hukumnya adalah wajib dan barangsiapa mengingkarinya maka ia kafir. diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Al Baqarah:185) Dari Abu Abdirrahman Abdullah ibnu Umar Ibnul Khaththab radhiallahu µanhuma berkata: ³Aku telah mendengar Rasulullah Shalallahu µAlaihi Wassalam bersabda: ³Islam dibangun diatas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Beliau ditanya:´Ya Rasulullah. mendirikan shalat. Pengampunan Dosa-Dosa Dari Abu Hurairah radhiallahu µanhu dari Nabi Shalallahu µAlaihi Wassalam bersabda: ³Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Allah Ta¶ala berfirman: ³Hai orang-orang yang beriman. hendaklah ia berpuasa. Amien´. Amien. Bukhari . Setiap orang Islam yang telah baligh lagi berakal maka wajib atasnya berpuasa pada bulan Ramadhan. (Fushul Fi Ash Shiyam wa At Tarawih wa Az Zakah. Amien?´ Beliau .

aku lakukan puasa Ramadhan dan shalat tarawih di malam harinya. MENJELANG BULAN RAMADHAN 1. sempurnakanlah bulan Sya¶ban tiga puluh hari.¶ Kemudian keduanya membawaku. Hadits ini shahih). jangan pula kamu berbuka hingga melihatnya. termasuk orang yang manakah aku?¶. Akupun bertanya:¶Suara apakah ini?¶. Ibnu Hibban dan Al hakim. ketika itulah aku mendengar suara yang keras. Ibnu Khuzaimah dan Ahmad dan Al Baihaqi. Menghitung Hari Bulan Sya¶ban Dari Abu Hurairah radhiallahu µanhu berkata: ³Rasulullah Shalallahu µAlaihi Wassalam bersabda: ³Puasalah kamu karena melihat hilal (bulan) dan berbukalah karena melihat hilal. Rasulullah Shalallahu µAlaihi Wassalam pernah bersabda: ³Janganlah kamu mendahului Ramadhan dengan melakukan puasa satu atau dua hari sebelumnya kecuali seseorang yang telah rutin berpuasa maka berpuasalah. Jika kamu terhalangi awan. Muslim) . dan semua orang muslim yang berdo¶a akan dikabulkan do¶anya.´ (HR. darah mengalir dari mulut mereka. Hadits ini Shahih). Rasulullah Shalallahu µAlaihi Wassalam bersabda: ³Janganlah kamu puasa hingga melihat hilal.´ (HR. maka ketika aku melihat orang-orang yang digantung dengan kaki diatas. Aku jawab:¶Aku tidak mampu¶. hadits ini shahih). ANCAMAN BAGI ORANG YANG MEMBATALKAN PUASA RAMADHAN DENGAN SENGAJA Dari Abu Umamah Al Bahiliy radhiallahu µanhu berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Shalallahu µAlaihi Wassalam bersabda: ³Ketika aku sedang tidur.Bukhari dan Muslim). kecuali kamu melihat hilal sebelum itu (hari ketiga puluh).´ (HR.´ (HR. Dari Abdullah bin Umar radhiallahu µanhuma.´ (HR. mulut mereka rusak/robek. jika kamu terhalangi awan hitunglah bulan Sya¶ban. Larangan Berpuasa Pada Hari yang Diragukan Dari Abu Hurairah radhiallahu µanhu. Ahmad. Engkau adalah Rasulullah. aku shalat lima waktu. Lalu keduanya berkata:¶Kami akan memudahkannya untukmu¶. Mereka menjawab:¶Ini adalah teriakan penghuni neraka. aku tunaikan zakat. keduanya berkata:¶Naiklah¶. Dikabulkannya Do¶a dan Dibebaskan dari Api Neraka Rasulullah Shalallahu µAlaihi Wassalam bersabda: ³Sesungguhnya Allah memiliki hambahamba yang dibebaskan dari neraka setiap siang dan malam bulan Ramadhan. Beliau Shalallahu µAlaihi Wassalam menjawab: ³Termasuk dari Shiddiqin dan Syuhada. datanglah dua orang laki-laki lalu memegang dua lenganku membawaku ke satu gunung yang kasar (tidak rata). At Thahawi. An Nasa¶i. 2. Ibnu Hibban. aku bertanya:¶ Siapakah mereka?¶ Dia menjawab:¶Mereka adalah orang-orang yang berbuka sebelum halal puasa mereka (sebelum tiba waktunya). Al Bazzar. Maka akupun mengucapkan:Amien´«dst.¶´ (HR. Ahmad. Orang yang Berpuasa termasuk Shiddiqin dan Syuhada Dari Amr bin Murrah Al Juhani radhiallahu µanhu berkata: ³Datang seorang laki-laki kepada Nabi Shalallahu µAlaihi Wassalam lalu berkata:¶Ya Rasulullah! Apa pendapatmu jika aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq untuk diibadahi kecuali Allah. At Thabrani) 2.´ (HR.bersabda:´Sesungguhnya Jubril µAlaihis Salam datang kepadaku lalu berkata: µBarangsiapa yang mendapati bulan Ramadhan tetapi tidak diampuni dosanya lalu dia masuk neraka maka Allah akan jauhkan dia.Bukhari dan Muslim) Dari µAdiy bin Hatim radhiallahu µanhu berkata: Rasulullah Shalallahu µAlaihi Wassalam bersabda: ³Jka datang bulan Ramadhan puasalah tiga puluh hari. Sanadnya shahih). (HR. Katakan : Amien¶. Lalu akupun naik hingga ketika aku sampai di puncak gunung. 3.

maka tidak ada puasa baginya. An-Nasai (4/196).com/2011/07/hukum-hukumpuasa-secara-ringkas-rukun. 2. dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Barangsiapa yang tidak meniatkan puasa pada malam hari sebelum fajr. 3. 4. Malang SYARAT PUASA BULAN RAMADHAN Syarat Puasa Bulan Ramadhan ada tujuh: Dan dibagi menjadi 2 jenis: Jenis pertama: syarat sahnya puasa.blogspot. Islam. oleh Ustadz Abdullah Sholeh Al Hadrami. penerbit Majelis Taklim dan Dakwah Husnul Khatimah.Shilah bin Zufar meriwayatkan dari Ammar berkata: ³Barangsiapa yang berpuasa pada hari yang diragukan berarti telah durhaka kepada Abul Qosim (Rasulullah). untuk setiap hari puasa. berakal.´ (HR. HR Ahmad (6/287). Baca Selengkapnya: Bimbingan Islam | ahlussunnah wal jama-ah | salafiy: Hukum-hukum Puasa Secara ringkas: Rukun dan Syarat http://bimbingan-islam. Ibnu Khuzaimah No 1933.html#ixzz1TGNY97NV Apa itu Puasa? Puasa ialah menahan diri dari makan dan minum serta melakukan perkara-perkara yang boleh membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sehingga terbenamnya matahari. At-Tirmidzi No 730. ada empat: 1. Berniat pada malam hari. Dari Hafshah Ummul Mukminin radhiyallahu anha. dan mengikatnya pada awal waktunya ketika seorang menyelesaikan dari sahurnya. hendaknya dia tidak sedang haidh dan nifas. ketika seorang menyelesaikan sahurnya. Hukum Puasa Hukum puasa terbahagi kepada tiga iaitu : . Abu Dawud No 2454. Ibnu Hibban dalam Al-Majruhin (2/46) dan Ad-Daruquthni (2/172) * Syaikh Ibnu Baz rahimahullah memberikan keterangan terhadap hadits ini dalam Hasyiyah beliau terhadap Bulughul Maram karya Ibnu Hajar hal 404 No 626: Hadits ini menunjukkan perintah untuk melakukan niat puasa pada awal waktunya. Dintambah khusus untuk seorang wanita. Ibnu Majah No 1700.Bukhari secara ta¶liq) Maraji¶: Kitab Fiqih Ramadhan.

* Meninggalkan sesuatu yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sehingga masuk matahari. Sunat Berpuasa * Bersahur walaupun sedikit makanan atau minuman * Melambatkan bersahur * Meninggalkan perkataan atau perbuatan keji * Segera berbuka setelah masuknya waktu berbuka * Mendahulukan berbuka daripada sembahyang Maghrib * Berbuka dengan buah tamar. * Sunat â¼³ Puasa pada hari-hari tertentu.html . nifas dan wiladah (melahirkan anak) bagi kaum wanita * Hari yang sah berpuasa. * Haram â¼³ Puasa pada hari-hari yang dilarang berpuasa. Waktu berniat adalah mulai daripada terbenamnya matahari sehingga terbit fajar. Syarat Sah Puasa * Beragama Islam * Berakal * Tidak dalam haid. * Sihat * Tidak musafir Rukun Puasa * Niat mengerjakan puasa pada tiap-tiap malam di bulan Ramadhan(puasa wajib) atau hari yang hendak berpuasa (puasa sunat).* Wajib â¼³ Puasa pada bulan Ramadhan. Syarat Wajib Puasa * Beragama Islam * Baligh (telah mencapai umur dewasa) * Berakal * Berupaya untuk mengerjakannya. jika tidak ada dengan air * Membaca doa berbuka puasa Perkara Makruh Ketika Berpuasa * Selalu berkumur-kumur * Merasa makanan dengan lidah * Berbekam kecuali perlu * Mengulum sesuatu Hal yang membatalkan Puasa * Memasukkan sesuatu ke dalam rongga badan * Muntah dengan sengaja * Bersetubuh atau mengeluarkan mani dengan sengaja * kedatangan haid atau nifas * Melahirkan anak atau keguguran * Gila walaupun sekejap * Mabuk ataupun pengsan sepanjang hari * Murtad atau keluar daripada agama Islam Sumber : http://radensomad.com/syarat-dan-rukun-puasa-ramadan.

puasa dianggap tidak sah tanpa disertai dengan niat yang dilakukan di malam hari sebelum terbitnya fajar. agar puasanya sejak pagi sudah dalam keadaan suci. karena dikhwatirkan bisa mengeluarkan air mani yang bisa membatalkan puasa. 4. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu µAlaihi Wa Sallam : ´´ ³Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung pada niatnya´ HR. 2. 5. dan dikhawatirkan jatuh dalam persetubuhan yang haram untuk dilakukan. Sahur walaupun dengan seteguk air. I¶tikaf. Puasa wishol (dua hari bersambung tanpa berbuka). walaupun yang lebih utama adalah yang mengenyangkan. dan tidak mengharuskan untuk diqodho. Mencicipi makanan. seperti mencium. Tidak dalam keadaan haidh atau nifas. Sakit. karena dikhawatirkan bisa tertelan dan bisa tercampur ludah yang kemudian tertelan. Islam 2. kemudian ia makan atau minum. 5. minum. Niat. Menyegerakan berbuka. Berdo¶a ketika akan berbuka. 3. Yang membatalkan puasa dan mengharuskan untuk qodho: 1. Menahan diri dari hal hal yang bisa membatalkan puasa. Rukun Puasa : 1. yang melampaui batas Hal hal yang disunnahkan dalam berpuasa : 1. Mukim 5. Bukhori dan Muslim. Jompo. 4. mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Hal hal yang dimakruhkan ketika berpuasa : 1. seperti lupa atau dalam paksaan. karena . Makan dan minum dengan sengaja. seperti mencium wangi wangian disiang hari bulan Ramadhan. minuman atau lainnya. bersetubuh dengan istri. 3. Melakukan hubungan mesra dengan istri tanpa bersetubuh. 2. meraba. maka teruskan puasanya. jika makan dan minum itu dilakukan tidak dengan sengaja. Hal hal yang membolehkan seseorang untuk berbuka puasa : 1. terutama pada sepuluh hari yang terakhir di bulan Ramadhan. Menahan anggota tubuh untuk tidak melakukan hal hal yang bisa mengurangi pahala puasa. 4. walaupun jika mandinya dilakukan setelah fajar tetap puasanya dianggap sah. Berakal 4. karena dikhwatirkan bisa tertelan yang mengakibatkan puasanya menjadi batal Hal hal yang bisa membatalkan puasa : I. 2. Berkumur dan istinsyaq (menghirup air dengan hidung) secara berlebihan. Memberi makan pada orang lain untuk berbuka puasa. Safar 2. ³Barang siapa yang lupa sedangkan ia sedang berpuasa. atau usia lanjut. Kehausan dan kelaparan. 6. yang bisa memberatkan dalam hukuman. Mengandung dan menyusui. maka tidak membatalkan puasa. 3. 5. baik makanan ringan. Berusaha untuk mandi janabah atau mandi setelah haidh atau nifas sebelum fajar. Berlebih lebihan dalam melakukan hal yang mubah. Sehat.Puasa Ramadhan wajib dilakukan bagi seseorang yang memenuhi lima syarat : 1. dan lain lain. seperti makan. Baligh 3.

2010 in Bulan Ramadhan and Artikel Islam. jika muntah tanpa sengaja maka puasanya tidak batal.ia telah diberi makanan dan minuman oleh Allah swt. dan lain lain. memerdekakan budak. Yang membatalkan puasa dan mengharuskan qodho dan kaffarah Jima¶ atau bersetubuh di siang hari bulan Ramadhan. menghayal. Syarat Sah Puasa. Jama¶ah dari Abi Hurairah. garam. Makruh dalam Puasa. Istimna¶. 3. (HR. Minuman atau obat obatan yang bisa berfungsi seperti makanan. memberikan pelajaran bagi si kaya untuk merasakan lapar sehingga menumbuhkan rasa kasih sayang kepada fakir miskin.Rukun-rukun Puasa. dan menjaga dari maksiat. Dasar wajib puasa: Hai orang-orang yang beriman. dan jika tidak mampu memberi makan 60 orang miskin. jika tidak mampu puasa dua bulan berturut turut. diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orangorang sebelum kalian agar kalian bertakwa. maka kemudian Nabi mewajibkan ia untuk membayar kaffarah. Secara bahasa (etimologi) berarti : menahan. Sunnah-sunnah dalam Puasa. 5. Haidh dan nifas walaupun sedikit dan terjadi sesaat menjelang terbenamnya matahari. atau mencium istrinya. laki laki dan wanita. Syarat Wajib Puasa. dan lainnya. yaitu secara berurutan. mengurangi syahwat. Hal-hal yang Membatalkan Puasa Published on July 28. ternyata sebaliknya. yaitu mengeluarkan air mani dengan sengaja. Dalam keadaan seperti ini batallah puasa dan baginya wajib mengqodhonya di kemudian hari. (Al-Baqoroh 183) Puasa diwajibkan pada bulan Sya¶ban tahun kedua hijriyyah. matahari belum terbenam atau fajar sudah terbit. dan kewajiban ini berlaku bagi keduanya. seperti infus. mentega. Syarat sah puasa: . Hal yang Membatalkan Puasa. Lihat : Nailul Author 4/214) Artikel Ramadhan : Dasar Wajib Puasa. dengan sengaja. Seperti yang terjadi pada seorang badui yang datang pada Nabi dan menceritakan bahwa ia telah melakukan hubungan suami istri. II. fitamin. dan tidak wajib diqodho. baik dengan onani. minum dan bersetubuh dengan meyakini bahwa matahari sudah terbenam atau fajar belum terbit.Menurut istilah syara¶ (terminologi) berarti menahan diri dari perkara yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat tertentu. Hikmah puasa : menahan hawa nafsu. Hikmah Puasa. Problematika Puasa.´ (HR Jamaah) 2. 6. Memasukkan sesuatu yang bukan makanan pokok melalui lobang yang bisa sampai pada perut besar. Makan. seperti gula. Muntah dengan sengaja. walaupun tanpa mengeluarkan air mani. 4.

namun di akhirat mereka tetap dituntut dan diadzab karena meninggalkan puasa selain diadzab karena kekafirannya. sampai tergelincirnya matahari (waktu duhur) dengan syarat: a. Islam Berakal Bersih dari haid dan nifas Mengetahui waktu diperbolehkan untuk berpuasa. minum dan lain-lain sebelum niat. sekalipun belum mandi sampai pagi. Mampu mengerjakan puasa (bukan orang lansia atau orang sakit). 3. Mukallaf (baligh dan berakal). 2. mulai terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar di setiap harinya. Niat untuk puasa wajib. Sedangkan orang murtad tetap wajib puasa dan mengqodho¶ kewajiban-kewajiban yang ditinggalkannya selama murtad. Sedangkan niat untuk puasa sunnah. Islam Puasa tidak wajib bagi orang kafir dalam hukum dunia. seperti hari raya atau hari tasyriq. Lansia yang tidak mampu berpuasa atau orang sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh menurut medis wajib mengganti puasanya dengan membayar fidyah yaitu satu mud (7. Niat puasa Ramadhan yang sempurna: . 3. 82 km dan keluar dari batas daerahnya sebelum fajar). namun orang tua wajib menyuruh anaknya berpuasa pada usia 7 tahun jika telah mampu dan wajib memukulnya jika meninggalkan puasa pada usia 10 tahun.1. orang gila walaupun sebentar. 2. 4. Adapun perempuan yang terputus haid atau nifasnya sebelum fajar maka puasanya tetap sah dengan syarat telah niat. diniatkan sebelum masuk waktu dhuhur b. Anak yang belum baligh atau orang gila tidak wajib puasa.5 ons) makanan pokok untuk setiap harinya. Berarti tidak sah puasa orang kafir. Niat. tidak mengerjakan hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan. 4. perempuan haid atau nifas dan puasa di waktu yang diharamkan berpuasa. Syarat wajib puasa: 1. Mukim (bukan musafir sejauh Rukun-rukun puasa: 1.

tetap sah.5 ons) dari makanan pokok. Murtad. tanpa terpaksa dan mengetahui keharamannya maka puasanya batal. Muntah dengan sengaja. . 2. berdosa. Haid. nifas dan melahirkan sekalipun sebentar. tidak mengetahui keharamannya karena bodoh yang ditolerir atau dipaksa.Saya niat mengerjakan kewajiban puasa bulan Ramadhan esok hari pada tahun ini karena Allah SWT. hidung. Masuknya sesuatu ke dalam rongga terbuka yang tembus ke bagian dalam tubuh seperti mulut. 7. 1. Jika masih ada kesadaran sekalipun sebentar. Jahil ma¶dzur/kebodohan yang ditolerir syariat ada dua: a. Kecuali jika lupa atau dipaksa atau karena kebodohan yang ditolerir oleh syari at (jahil ma dzur). 4. Menghindari perkara yang membatalkan puasa. maka puasanya tetap sah. Jika masih di batas dalam tenggorokan. Masalah masalah yang berkaitan dengan puasa: 1. sekalipun masuk islam seketika. 6. b. Apabila seseorang berhubungan dengan istrinya pada siang hari Ramadhan dengan sengaja. Hukum menelan dahak : y y Jika telah mencapai batas luar tenggorokan. 5. wajib menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sampai maghrib dan wajib mengqodhoi puasa serta wajib membayar kaffaroh [denda] yaitu: membebaskan budak perempuan yang islam jika tidak mampu. 3. 1. maka boleh dan tidak membatalkan puasa. Bersetubuh dengan sengaja dan mengetahui keharamannya. telinga dan lain-lain jika ada unsur kesengajaan. mengetahui keharamannya dan atas kehendak sendiri. Mengeluarkan mani dengan sengaja. Pingsan dan mabuk sehari penuh. Hal-hal yang membatalkan puasa : 1. Gila meskipun sebentar. hidup jauh dari ulama¶. baru masuk islam. Namun jika dalam keadaan lupa. jika tidak mampu maka wajib memberi makanan pada 60 orang miskin masing-masing berupa 1 mud (7. seperti dengan tangan atau dengan menyentuh istrinya tanpa penghalang. 2. maka haram menelan dan membatalkan puasa. Denda ini wajib dikeluarkan hanya bagi laki laki. wajib berpuasa dua bulan berturut turut.

dan dibawahnya adalah batas dalam. Sedangkan menurut sebagian ulama¶ batas luar adalah makhroj huruf kho¶( ). 5. 2. Wajib qodho¶ tanpa denda. Orang yang muntah atau mulutnya berdarah wajib berkumur dengan mubalaghoh (membersihkan hingga ke pangkal tenggorokan) agar semua bagian mulutnya suci. sedangkan menelan ludah yang berada pada bibir luar membatalkan puasa karena sudah di luar mulut. Berbagai konsekuensi bagi orang yang tidak berpuasa atau membatalkan puasa Ramadhan: 1. 4. bukan untuk kesunnahan maka puasanya batal secara mutlak. 6. Wajib denda tanpa qodho¶. Orang yang sengaja membatalkan puasanya atau tidak berniat di malam hari. 7. Seperti perempuan mengandung dan menyusui yang tidak puasa karena kuatir pada kesehatan anaknya saja. 3. Mengakhirkan qodho hingga datang Ramadhan lagi tanpa ada udzur. baik terlalu ke dalam (mubalaghoh) atau tidak. Jika bukan mandi sunnah atau wajib seperti mandi untuk membersihkan badan maka puasanya batal baik disengaja atau tidak. dan di bawahnya adalah batas dalam. wajib menahan diri di siang hari Ramadhan dari perkara yang membatalkan puasa (seperti orang puasa) sampai maghrib dan setelah Ramadhan wajib mengqodhoi puasanya. Hukum masuknya air mandi ke dalam rongga dengan tanpa sengaja: Jika sebab mandi sunnah seperti mandi untuk sholat jum¶at atau mandi wajib seperti mandi janabat maka tidak membatalkan puasa kecuali jika sengaja atau menyelam. Berlaku bagi orang lanjut usia dan orang sakit yang tidak punya harapan sembuh. 3. orang yang membatalkan puasanya dengan selain jima¶ (bersetubuh) dan perempuan hamil atau menyusui yang tidak puasa karena kuatir pada kesehatan dirinya saja atau kesehatan dirinya dan anaknya. Hukum air kumur yang tertelan tanpa sengaja: y y Jika berkumur untuk kesunnahan seperti dalam wudhu tidak membatalkan puasa asalkan tidak terlalu ke dalam (mubalaghoh) Jika berkumur biasa. Apabila ia menelan ludah tanpa mensucikan mulutnya terlebih dahulu maka puasanya batal sekalipun ludahnya nampak bersih. Menelan ludah tidak membatalkan puasa dengan syarat: Murni (tidak tercampur benda lain) Suci Berasal dari sumbernya yaitu lidah dan mulut.Yang dimaksud batas luar menurut pendapat Imam Nawawi (mu¶tamad) adalah makhroj huruf kha¶ ( ). Berlaku bagi orang yang tidak berniat puasa di malam hari. y y Wajib qodho¶ dan membayar denda : Jika membatalkan puasa demi orang lain. jika keduanya tidak mampu berpuasa. . 8.

Mandi janabat sebelum terbitnya fajar bagi orang yang junub di malam hari. Sahur. Memberi makanan berbuka kepada orang berpuasa.2. Meninggalkan caci maki. Bila tak ada. Bila tak ada juga. Ghibah (gosip)2. Bekam [mengeluarkan darah]. Memakai siwak setelah masuk waktu duhur. cukup dengan air putih. Banyak tidur dan terlalu kenyang. maka air zam-zam. Adu domba3. Berusaha makan dari yang halal 14. Memperbanyak bacaan Al Quran dengan berusaha memahami artinya. 11.4. Membaca doa berbuka yaitu: . Mandi dengan menyelam. Mengakhirkan sahur. Hal hal yang membatalkan pahala puasa: 1. 4. Yang dimaksud denda di sini adalah 1 mud (7. Sumpah palsu. Berlaku bagi orang yang gila tanpa disengaja. berbuka dengan makanan atau minuman yang diberi pemanis. 4. 13. 8.6. Hal-hal yang disunnahkan dalam puasa Ramadhan: 1. Berbohong 4. Berkata jorok atau jelek Rasulullah SAW bersabda : . Tidak wajib qodho¶ dan tidak wajib denda. Berbuka dengan kurma. Memperbanyak amalan sunnah dan amal sholeh. 12.5. 5. 6. Bersungguh-sungguh di sepuluh hari terakhir. dimulai dari tengah malam.5 ons) makanan pokok daerah setempat untuk setiap harinya. dan lain-lain Hal-hal yang dimakruhkan dalam puasa Ramadhan: 1. . Bila tak ada. Disunnahkan dengan bilangan ganjil. 3. Mandi setiap malam di bulan Ramadhan 9. dengan apa saja yang berasa manis alami. Memandang dengan syahwat5. Bila tak ada kurma. 10. Menyegerakan berbuka puasa. sekalipun dengan seteguk air. Mencicipi makanan. 7. 2. Menekuni sholat tarawih dan witir.3.

adu domba.³ Lima perkara yang membatalkan (pahala) puasa : berbohong. Anas) Sumber Forsan Salaf .R. ghibah. sumpah palsu dan melihat dengan syahwat ³ (H.