P. 1
keistimewaan shalat subuh

keistimewaan shalat subuh

|Views: 67|Likes:
Published by Ferdy Firmansyah S

More info:

Published by: Ferdy Firmansyah S on Jul 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2012

pdf

text

original

• • • •

Sholat Subuh itu sangat berat. Buktinya, jumlah shaf jamaah sholat Subuh biasanya jauh lebih sedikit dibandingkan shalat lainnya. Ini membuktikan bahwa sholat Subuh adalah ujian. Selain itu, sholat Subuh memiliki kriteria layaknya ujian, antara lain: pasti sulit tetapi tidak mustahil untuk dilakukan.

“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya’ dan shalat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung didalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

“Pernah, salah seorang penguasa Yahudi menyatakan bahwa mereka tidak takut dengan orang Islam kecuali pada satu hal. Ialah bila jumlah jamaah shalat subuh menyamai jumlah jamaah sholat Jumat”
Pahala sholat malam satu malam penuh
“Barangsiapa yang sholat Isya’ berjamaah maka seakan-akan dia telah sholat setengah malam. Dan barangsiapa sholat Subuh berjamaah maka seakanakan dia telah melaksanakan sholat malam satu malam penuh.” (HR Muslim)

Yang dimaksud dua waktu dingin itu adalah ashar dan subuh. Tirmidzi. Apabila kalian mampu. Melihat Allah. (HR Abu Dawud. “Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat” .” (HR Bukhari). Beliau berkata.” (HR Bukhari dan Muslim) . Maka lakukanlah . kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. ketika melihat bulan purnama. janganlah kalian menyerah dalam melakukan sholat sebelum terbit matahari (Subuh) dan sholat sebelum terbenam matahari (Ashar). yakni melihat Allah di surga. ‘Sungguh. Ada yang lebih diinginkan manusia selain surga.Sholat Subuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya di hari Kiamat saat semua sumber cahaya di dunia akan padam. dan Ibnu Majah). Bagaimana caranya? “Kami sedang duduk bersama Rasulullah. Berjalan dalam kegelapan : Sholat Isya’ dan Subuh Dijanjikan Surga “Barangsiapa yang shalat dua waktu yang dingin maka akan masuk surga.

Berada di bawah Lindungan Allah “Barangsiapa yang menunaikan sholat Subuh maka ia berada dalam jaminan (perlindungan) Allah. . (HR Abu Dawud. dan Ibnu Majah).Terdapat sholat sunnah yang lebih mulia dari dunia seisinya “Dua rakaat fajar (shalat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya” (HR. Malaikat penjaga malam dan siang berkumpul pada waktu sholat Subuh. Ahmad dan Ibnu Majah). yaitu para malaikat. Abu Dawud. Rasulullah SAW menarik perhatian pada sahabat dan perhatian kita dengan pernyataannya bahwa keberkahan itu ada di waktu pagi. Berkah. berbanding dua puluh lima lipat.” (HR Tirmidzi.” (HR Muslim.” (HR Bukhari). “Ya Allah berkatilah umatku di waktu pagi. dan Ibnu Majah). Tirmidzi. Waktu Subuh adalah waktu yang disaksikan hamba Allah yang mulia. Waktu yang disaksikan. ”Sholat berjamaah lebih utama dari sholat salah seorang kamu yang sendirian. Muslim). “Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat” . Tirmidzi.

Bel pengingat: alarm. Ikhlas 2. dan telepon dari sahabat 3.• • • Banyak berjalan artinya terbiasa atau membiasakan diri. Berdakwahlah mengajak orang lain untuk sholat Subuh berjamaah. 1. Dalam kegelapan artinya sholat Isya’ dan sholat Subuh. Tekad yang kuat 3. Berdoa kepada Allah agar dibangunkan saat fajar 4. Tidak tidur dalam keadaan kekenyangan 2. Menuju Masjid artinya berjamaah di masjid bukan di rumah (khusus laki-laki). Berteman dengan orang shalih yang mau membangunkan 5. Mengatur pola tidur 1. bel pintu dari tetangga. agar diri terpacu untuk melakukan hal yang sama .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->