contoh Karya tulis

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberi kami kesehatan dan kemudahan dalam menyelesaikan tugas karya tulis ini. Kami sadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna, seperti hadist yang mengatakan bahwa kesempurnaan hanya milik Alloh dan kesalahan timbul dari kehilapan manusia. Dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terdapat kompetensi dasar menulis karya tulis, untuk memenuhi kompetensi dasar itu kami meneliti tentang penggunaan Styrofoam pada kehidupan masyarakat yang membawa dampak buruk pada lingkungan dan kesehatan penggunanya, serta kami mencoba menemukan cara lain yang lebih ramah lingkungan untuk penguraian styrofoam yaitu dengan menggunakan limbah kulit jeruk sebagai media pengurai styrofoam tersebut. Kami mencoba belajar menemukan sebab-sebab penggunaan Styrofoam yang semakin menjamur dari tahun ke tahun hingga berdampak negative bagi kelangsungan hidup manusia dan kelestarian alam semesta dalam makalah yang berjudul “Pemanfaatan kulit jeruk sebagai pengurai sampah styrofoam yang ramah lingkungan”. Karena peneliti masih pemula tentu penelitian yang kami lakukan masih mermiliki banyak kekurangan, sebab pengetahuan kami masih terbatas. Terwujudnya penelitian inipun atas dorongan dan bantuan dari berbagai pihak, yaitu: 1. Bapak Drs. H. Suhendi Mardani, M.Pd, selaku Kepala SMA Negeri 11 Garut. 2. Ibu Dra. Aisyah, selaku wali keas XI IPA 5. 3. Ibu Dra. Hj. Elis Hidayah, S.H. selaku guru Bahasa Indonesia. 4. kedua orang tua kami yang telah mendukung melalui dukungan moril maupun materil. 5. teman-teman yang telah membantu dalam proses penelitian karya tulis ini. Peneliti menanti kritik dan saran untuk menyempurnakan penelitian selanjutnya. Semoga hasil penelitian yang kami susun ini dapat bermanfaat k bagi kami sendiri dan para pembaca. Garut, Mei 2010 Penyususn BAB I

dll. perkembangan teknologi sedikit demi sedikit menghilangkan gaya hidup tradisonal sehingga lahirnya gaya hidup modern yang disebut revolusi industri. penggunaan plastik dan styrofoam sebagai wadah atau pengemas makanan. Dewasa ini masyarakat lebih senang menggunakan teknologi modern dan bahan-bahan pengemas yang dianggap lebih praktis dan highienis. Namun. Latar Belakang Kehidupan manusia pada zaman dahulu sangat erat dengan alam. Perkembangan teknologi itu disebabkan karena meningkatnya kebutuhan hidup manusia sehingga mendorong manusia itu untuk mengembangkan pola fikrnya agar terciptanya teknologi-teknologi yang canggih. seiring berjalannya waktu. Meskipun mereka menggantungkan hidupnya kepada alam. misalnya penumpukan sampah dimana-mana. misalnya pakaian yang terbuat dari kapas. diantaranya. 1. daun weru. daun jati. rumah yang dibuat dari kayu jati dan kelapa. daun hanjuang. Oleh karena itu.2. praktis dan efisien. Menemukan bahan alternatif yang ramah lingkungan yang dapat digunakan sebagai pengganti styrofoam berupa wadah yang terbuat dari batok kelapa. kulit jagung. daun pisang. rasa tanggung jawab untuk menjaga.3.1. Batasan Masalah Dari latar belakang tersebut kami akan membatasi masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini. Kandungan yang berbahaya yang terdapat dalam styrofoam 3. misalnya penumpukan sampah anorganik seperti plastik dan styrofoam. sehingga pada zaman dahulu tidak pernah terjadi permasalahan dengan lingkungnan. Dalam proses pembuatan styrofoam saja dapat menimbulkan bau yang tidak sedap karena mengeluarkan 57 zat berbahaya ke udara yang dapat mengganggu pernapasan serta mencemari lingkungan. itulah yang akan kami bahas dalam karya tulis ini dengan judul “Pemanfaatan kulit jeruk sebagai pengurai samaph styrofoam yang ramah lingkungan”. kami akan mengadakan penelitian tentang bagaimana cara menguraikan sampah styrofoam agar tidak mencemari lingkungan. Pepatah mengatakan bahwa yang berasal dari alam akan kembali kepada alam. singkok dan beras yang dijadikan makanan pokok. pangan dan papan semuanya memanfaatkan kekayaan sumber daya alam yang diolah secara tradisional. Menguraikan limbah styrofoam dengan lebih cepat dan ramah lingkungan dengan menggunakan media kulit jeruk 4. hal itu disebabkan karena masyarakat menggunakan daun-daunan sebagai pengemas makanan yang mudah terurai oleh tanah. revolusi industri ini cenderung tidak ramah lingkungan karena sering menimbulkan masalah-masalah terhadap lingkungan. misalnya menggunakan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi yang lebih canggih dan efisien. Perkembangan kemasan makanan dan minuman dengan menggunakan styrofoam 2. serta daun-daunan yang dijadikan wadah atau pembungkus makanan. merawat dan melestarikan alam sangat dijungjung tinggi oleh masyarakat tersebut. Akan tetapi. 1.PENDAHULUAN 1. yaitu: 1. Rumusan Masalah . Sumber penghidupan mulai dari sandang. bahkan memerlukan waktu sekitar ± 100 tahun agar bisa terurai oleh tanah.

5. dan membuktikan asumsi teoritis. 4. sampah anorganik memerlukan jangka waktu yang sangat lama untuk terurai. Kedua eksperimen yaitu untuk menyelidiki suatu bidang. contohnya kertas. Sampah anorganik sering menimbulkan masalah terhadap lingkungan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2009:1255) bahwa “ Sampah organik adalah sampah yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan mudah mengalami daur ulang”. dll. 5. palstik. maka kami akan merumuskan masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini dalam kalimat tanya.Dari batasan masalah di atas. Dan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2009:1255) bahwa “sampah anorganik adalah sampah yang terdiri atas unsur yang tidak dapat diproses secara alami”. Meminimalisir penggunaan styrofoam dalam kehidupan sehari-hari sebagai wadah makanan dan minuman.1. contohnya daundaunan. Tujuan penelitian 1. Pengertian sampah Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2009:1255) bahwa “ Sampah adalah barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainnya”. BAB II LANDASAN TEORI 2. memecahkan masalah praktis. kaleng. Bagaimana cara pembuatan batok kelapa menjadi wadah makanan dan minuman pengganti styrofoam? 1. 2.4. karton. Menemukan bahan alternatif pengganti kemasan styrofoam. bunga. Memanfaatkan limbah lain berupa batok kelapa sebagai bahan kemasan pengganti styrofoam. Metode Penelitian Metode yang kami gunakan dalam penelitian karya ilmiah ini yang pertama adalah dengan cara studi pustaka yaitu untuk memperoleh referensi yang dibutuhkan dalam proses penelitian karya tulis ini. 3. Namun berdasarkan jenisnya sampah terdiri dari sampah organik dan sampah anorganik. 1. daging dan sampah makanan. Bagaimana menguraikan limbah styrofoam dengan lebih cepat dan ramah lingkungan dengan menggunakan media kulit jeruk? 4. Penguraian sampah styrofoam sangat dibutuhkan karena hal itu . contohnya seperti sampah styrofoam. Bagaimana perkembangan penggunaan styrofoam sebagai bahan pengemas makanan dan minuman. 2. Adakah kandungan berbahaya yang terdapat dalam styrofoam yang merusak kesehatan dan lingkungan? 3. bahkan beberapa di antaranya tidak dapat diuraikan. Sampah organik mudah diuraikan dengan proses alami dan berlangsung cepat. Mengetahui bahaya penggunaan styrofoam bagi kesehatan dan lingkungan. styrofoam. yaitu: 1. Mengatuhi sejarah perkembangan penggunaan kemasan styrofoam.

2. gas karbon monoksida. perbuatan. Menurut Pudjaatmaka.2 Pengertian Jeruk Jeruk adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan).merupakan langkah yang baik untuk menjaga lingkungan dari kerusakan yang ditimbulkan oleh sampah tersebut. Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar. Dan apabila styrofoam dibakar akan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna yang dapat mengeluarkan gas karbon dioksida.org/wiki/Jeruk. dan kita akan mencoba menguraikan styrofoam dengan menggunakan media dari kulit jeruk sebagai pengembangan penelitian yang sudah dilakukan oleh dua orang siswi yang bernama Trinovia Sulistyo dan Vici Riyani Tedja dari SMU Santa Laurensia. kita harus mencari bahan alternatif yang lebih efektif untuk menguraikan styrofoam. cara menguraikan”. Ini adalah data untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk menghancurkan sampah adalah sebagai berikut: Jenis Sampah Lama Hancur Kertas Kulit jeruk Dus karton Filter rokok Kantong plastik Kulit sepatu Pakian/nylon Plastik Alumunium Styrofoam 2-5 bulan 6 bulan 5 bulan 10-12 tahun 10-20 tahun 25-40 tahun 30-40 tahun 50-80 tahun 80-100 tahun Tidak hancur Untuk menguraikan sampah styrofoam dibuthkan media alternatif pengurai selain tanah dan minyak tanah.wikipedia. http://id. meskipun banyak di antara . dan gas CFC yang dapat merusak lapisan ozon dan menyebabkan pemanasan global. Styrofoam dapat menyebabkan tanah hilang kesuburannya karena adanya styrofoam di tanah akan mengganggu tugas cacing-cacing untuk menggemburkan tanah. sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2009:1596) bahwa “Penguraian adalah proses. Oleh karena itu. Menurut jenisnya sampah anorganik termasuk jenis sampah yang sulit untuk dihancurkan bahkan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk hancur. Qodratillah (2002:910) bahwa “Penguraian adalah penguraian senyawa menjadi konstituennya”.

anggotanya yang memiliki rasa manis. Kandungan vitamin C sangat beragam antarvarietas. memiliki risiko terkena katarak lebih rendah. akan meningkatkan kadar folat. yang membentuk vitamin A banyak terdapat di dalam kulit dan sari buah jeruk. termasuk jeruk. daging. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya. Hasil penelitian epidemiologi menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan (salah satunya jeruk) dan sayuran yang tinggi. dan DNA. termasuk dari jeruk. Beberapa penelitian epidemiologi memang telah memperlihatkan hubungan signifikan antara asupan vitamin C dengan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Jenis minyak atsiri jeruk dibedakan berdasarkan varietasnya. yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat aktivitas molekul radikal bebas. kardiovaskular. Betakaroten (provitamin A). Vitamin C terdapat pada sari buah. Struktur jeruk terdiri atas buah dan kulit. risiko penyakit kardiovaskular juga berkurang. memiliki efek perlindungan terhadap kanker yang lebih baik dibandingkan dengan konsumsi vitamin C dalam bentuk tablet atau suplemen lainnya. Selain sebagai sumber vitamin C jeruk juga merupakan sumber asam folat yang potensial. termasuk kanker. secara ilmiah telah terbukti mampu melindungi tubuh terhadap serangan kanker. Seperempat bagian dari total kandungan vitamin C buah jeruk terdapat di dalam sari buahnya. Vitamin C juga memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Satu buah jeruk dapat memenuhi 20 persen dari kebutuhan folat sehari-hari. Kadar LDL teroksidasi tinggi merupakan faktor utama berkembangnya penyakit jantung. yang merupakan racun bagi dinding pembuluh darah. tetapi berkisar antara 27-49 mg/100 g daging buah. seperti jeruk segar atau dalam bentuk jus. asam lemak. Buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang berguna untuk kesehatan manusia. Sari buah jeruk mengandung 40-70 mg vitamin C per 100 ml. Vitamin C dalam buah-buahan. Tingkat konsumsi makanan dengan kandungan folat tinggi. Vitamin C berperan dalam proses penyerapan zat besi nonorganik (zat besi dan makanan nonhewani) sehingga dapat mencegah dan membantu penyembuhan anemia (lesu darah). dan katarak. 2009:1605) bahwa “Varietas adalah jenis atau spesies tertentu . hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dari makanan. dan asma. biasanya makin berkurang kandungan vitamin C-nya. tergantung pada jenisnya. batu ginjal. dapat mencegah kenaikan LDL teroksidasi. Makin tua buah jeruk. gangguan fungsi kognitif. molekul radikal bebas mengoksidasi protein. dan kulit. Salah satu kandungan dari kulit jeruk yang bisa kita olah dan daur ulang yaitu minyak atsiri. Dalam tubuh. Dengan menurunnya kadar homosistein. peran antioksidan (termasuk vitamin C) menjadi penting. Jeruk sebagai sumber vitamin C juga diduga memberikan efek pencegahan dan penyembuhan terhadap penyakit seperti pengeroposan tulang (osteoporosis). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa individu dengan konsentrasi vitamin C dan karotenoid dalam darah yang tinggi. Peningkatan kadar folat akan menurunkan kadar homosistein. Menurut (Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kerusakan akibat radikal bebas berimplikasi pada timbulnya sejumlah penyakit. Secara signifikan. tetapi semakin manis rasanya. Karena oksidasi lensa mata memainkan peran penting pada pembentukan penyakit katarak.

bergantung varietas. menggunakan bahan pelarut. yang saat ini menjadi salah satu masalah di kota-kota besar. Selain itu. Aroma minyak atsiri yang kurang disukai adalah yang berasal dari jeruk besar dan siam. Berdasarkan hasil uji preferensi. Aroma jeruk dapat menstabilkan sistem syaraf. Minyak atsiri jeruk dapat digunakan sebagai pengharum ruangan. Setiap senyawa penyusun memilki efek tersendiri. serta menghambat sel kanker. Cara yang sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan distilasi uap/air. meningkatkan nafsu makan. Namun. salah satu upaya yang biasa dilakukan adalah mengolah atau mendaur-ulang sampah menjadi produk atau bahan yang berguna. dan jeruk siam madu. menimbulkan perasaan senang dan tenang. seperti sampah organik menjadi pupuk kompos serta sampah plastik menjadi peralatan rumah tangga. Untuk mengatasi masalah sampah. seperti jenis tanaman. biasanya dengan menggunakan pelarut”. . • Jeruk purut: sebagai sedatif. pereda flu. serta dengan distilasi atau penyulingan. seperti di dalam kulkas. sehingga aromanya pun berbeda. dan menyembuhkan penyakit. dan campurannya dapat menghasilkan rasa yang berbeda. serta sitronela sebagai penenang dan pengusir nyamuk. Kandungan limonen bervariasi untuk tiap varietas jeruk. antiseptik. meredakan radang tenggorokan dan batuk. Lapisan minyak diambil menggunakan pipet lalu dimasukkan ke dalam botol berwarna gelap. Ekstraksi minyak atsiri dari kulit jeruk dapat dilakukan dengan beberapa cara. antara lain dengan pengepresan dingin. nipis. bahan parfum. Prinsipnya. Menurut (Kamus Besar Bahasa Indonesia. kemudian uap yang mengandung minyak atsiri didinginkan dengan air mengalir. Ciri-ciri minyak atsiri yaitu bersifat mudah menguap karena titik uapnya rendah. Campuran air dan minyak akan terpisah karena adanya perbedaan berat jenis. sedangkan air di lapisan bawah. Kulit buah jeruk biasanya hanya dibuang sebagai sampah. Minyak atsiri jeruk terdiri atas berbagai senyawa yang mudah menguap. antibakteri. linalil. senyawa yang dominan adalah limonen. tonik. • Grape fruit: penghambat sel kanker karena mengandung limonen tinggi (>90%) • Jeruk lemon: antihipertensi. susunan senyawa komponennya kuat mempengaruhi saraf manusia (terutam di hidung) sehingga sering kali memberikan efek psikologis tertentu (baunya kuat). pengusir nyamuk. Minyak dalam botol lalu disimpan di tempat yang bersuhu rendah dan terhindar dari sinar matahari. Minyak atsiri jeruk juga mengandung linalool. tonik. uap air digunakan untuk mengangkat minyak atsiri dari dalam jaringan kulit jeruk. 2009:381) bahwa “Ekstraksi adalah proses pemisahan suatu bahan dari campurannya. aroma minyak atsiri jeruk yang paling disukai konsumen adalah minyak atsiri dari jeruk manis. Manfaat beberapa minyak atsiri jeruk dalam penyembuhan penyakit adalah: • Jeruk manis: sebagai sedatif. Manfaat bagi kesehatan tersebut karena minyak atsiri jeruk mengandung senyawa limonen yang berfungsi melancarkan peredaran darah.yang dapat dibedakan dari kelompok lain berdasarkan sifat-sifat tertentu. jari budha/kuku harimau. dan penambah cita rasa pada makanan. dan terpineol yang memiliki fungsi sebagai penenang (sedatif). tonik. Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa yang berbeda-beda. Lapisan minyak berada di bagian atas. antidepresi. yaitu untuk aroma terapi. berkisar antara 70-92%. lemon. purut. Minyak atsiri jeruk juga bermanfaat bagi kesehatan.

jeruk bali memiliki rasa khas. bahkan kadang tanpa biji. terutama CVPD yang pernah menghancurkan pertanaman jeruk di Indonesia. Zat aktif pembersih darah Jeruk bali dipercaya mengandung zat aktif yang dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan hematokrit. Jika bersinergi dengan betakaroten (provitamin A) yang banyak terdapat pada jeruk bali. 2. tetapi jika sangat tinggi dapat memicu penyakit jantung karena darah jadi mengental. Nama “pomelo” sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan Bali. serta mengandung banyak air. Buah ini tidak hanya lengkap rasanya. Jeruk yang akan kami gunakan dalam penguraian styrofoam ini adalah jeruk bali dan jeruk garut. 4. Tingkat hematokrit normal pada wanita adalah 37-47 persen. Rendahnya hematokrit akan menyebabkan anemia. sehingga dapat dimakan langsung setelah dikupas. asam. Jumlah biji umumnya sedikit. maxima) merupakan jeruk penghasil buah terbesar. Kabupaten Pati. atau pamelo (bahasa Inggris: pomelo.html.Selain ukurannya yang superjumbo bila dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya. yaitu persentase sel darah per volume darah. Jeruk bali.blogspot. yaitu kombinasi manis. karena media ini merupakan media yang ramah lingkungan untuk menguraikan styrofom sehingga styrofoam dapat diuraikan oleh tanah.com/2009/08/solusi-penanganan-limbah-kulitjeruk. tetapi juga lengkap manfaat sehatnya. Berarti jeruk bali dapat menurunkan risiko penyakit jantung.Namun.sedangkan yang terakhir ditanam di daerah Bageng. rapat satu sama lain. C. Jeruk bali yang memiliki nama Latin Citrus maxima ini daging buahnya berwarna putih hingga merah dengan tekstur halus. Satu porsi jus jeruk bali mengandung lebih dari 3. likopen bisa berperan sebagai antioksidan. jeruk besar. Beberapa kultivar unggulan Indonesia: • Nambangan • Srinyonya • Magetan • Madu/Bageng (tanpa biji) Tiga kultivar yang pertama ditanam di sentra produksi jeruk bali di daerah Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun. 3. Likopen Kandungan likopen pada jeruk bali cukup tinggi. http://barangdaurulang.9 persen pektin. sedangkan laki-laki 40-54 persen. Daging buahnya banyak mengandung air. Bisa juga dinikmati sebagai salah satu komponen rujak dan bahan salad buah berpadu dengan salad dressing yang segar. Setiap 15 gram pektin dapat menurunkan 10 persen tingkat kolesterol. Kalium . Kandungan Jeruk Bali: 1. Pektin Jeruk bali mengandung pektin jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya setelah dijus. dan sedikit pahit. ilmiah: Citrus grandis. Jeruk ini termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan relatif tahan penyakit. yang akan kita olah adalah sampah kulit jeruk yang mengandung minyak atsiri sebagai pengeliminasi styrofoam. yaitu 350 mikrogram per 100 gram daging buah.

Terpinen-4-ol. Ciscarveol. Decanoic. 5. Tangeritin. Threonine. Terpineolene. tanaman jeruk bali yang dimanfaatkan adalah daging buahnya yang dapat dikonsumsi langsung apabila telah tua dan matang. 2006). Akan tetapi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi bagian dalam kulit buah yang berwarna putih pun dapat dijadikan manisan. Citronellal. http://ccrcfarmasiugm. Pada umumnya. Hasil penelitian. Citronellyl-acetate.com/ensiklopedia-tanamananti-kanker/j/jeruk-keprok/. bioflavonoid. Decanol. Jeruk ini mudah ditemui dimana saja dan kapan saja. tetapi kami akan mencoba memanfaatkan kulit luar dari jeruk bali sebagai pengurai styrofoam Jeruk garut diklasifikasikan ke dalam Citrus reticulate atu nama lokalnya adalah jeruk keprok.methyl-ether. jeruk bali termasuk antikanker yang sekaligus menyehatkan prostat. Kulit jeruk Citrus reticulata mempunyai berbagai macam senyawa diantaranya Tangeraxanthin. Senyawa dalam kulit jeruk Keprok (Citrus reticulata) yang telah dilakukan penelitian mengenai aktivitas antikankernya adalah tangeritin dan nobiletin. Tangeretin memiliki IC50 37 uM dan IC50 100 uM sedangkan Nobiletin. Nobiletin. Pada penelitian yang sama melaporkan nobiletin juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostate dengan nilai IC50 100 μM. Pada sel kanker payudara dan colorectal carcinoma. Tetradecanal. Thymol. Decanal. (2002) melaporkan bahwa polimetoksi flavonoid (tangeretin) yang terdapat pada kulit jeruk. Citric-acid. 2000). bahkan kanker. jeruk keprok juga banyak disukai karena daging buahnya banyak mengandung air dan menyegarkan. efek antiproliferatif pada sel kanker yang sama menunjukan aktivitas yang lebih tinggi dengan IC50 30 uM dan IC50 40 uM (Morley. sedangkan kulit luar yang berwarna hijau dibuang karena banyak mengandung kelenjar minyak. Selain rasanya yang manismanis asam. vitamin A (440 IU). Nobiletin dapat menghambat kerja COX-2 dengan cara inhibisi pada murine macrophage dan dapat menghambat induksi kanker kulit oleh dimethylbenz[a]antracen (Murakami et al. dapat menginduksi G1 arrest dengan adanya peningkatan ekspresi CDK inhibitors seperti p27. Tryptophan. 2007).Bagian kulit buah yang dapat digunakan berwarna putih.. 2007). Tyrosine. Vitamin C sangat baik sebagai sumber antioksidan. Cis-3-hexenol. Citronellic-acid. . Vitamin C Seperti jeruk lain.Jeruk bali (gravefruit) merupakan sumber kalium. Perokok dianjurkan untuk mengosumsi jeruk bali dua “siung” (helai dalam buah) setiap hari. Tangeritin dapat menghambat aktivitas sel kanker pada fase G1 sehingga siklus selnya terhambat(Anonim4. Tangeritin merupakan senyawa methoxyflavone yang mempunyai potensi sebagai agen antikanker. p21 pada colon cacer cell line (COLO 205) obiletin merupakan senyawa polymethoxyflavon yang pertama kali di uji aktivitas antikanker secara in vivo (Tang et al. dan likopen (350 ug/100g).wordpress.acid. Thymyl. akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara. Nobiletin dan menginduksi Cells arrest. Pada penelitian secara invitro menunjukkan peniadaan terhadap sel kanker dengan menginduksi apoptosis pada sel leukemia. Cystine. jeruk bali adalah sumber vitamin C (350 mikrogram per 100 gram daging jeruk). Peningkatan kadar vitamin C di dalam darah mampu memperbaiki jaringan yang rusak. Pan dkk.

dan untuk campuran kue. Perkembangan penggunaan styrofoam di masyarakat Berdasarkan hasil observasi kami di lingkungan masyarakat menunjukan tabel jumlah pemakain styrofoam tiap harinya. 3. sehingga dapat memperlambat proses pengosongan lambung serta proses pencernaan dan penyerapan. Minyak kulit jeruk dipakai untuk membuat minyak wangi. serta anemia yang diakibatkan karena kekurangan vitamin C. gangguan syaraf. Vitamin C dari buah jeruk aman dikonsumsi. sedangkan sampah styrofoam baru bisa terurai ± 1000 tahun. Vitamin ini mudah larut dalam air sehingga bila vitamin yang dikonsumsi melebihi dari yang dibutuhkan tubuh.Kandungan buah ini merupakan sumber vitamin C yang berguna untuk kesehatan manusia. styrofoam biasanya bersifat termoflastik padat. Dengan adanya cara penguraian sampah styrofoam ini. Kandungan vitamin C sangat beragam antar-varietas. Pada suhu ruangan. berupa polisakarida nonpati (secara umum dikenal sebagai serat pangan) sangat baik untuk kesehatan. di beberapa negara juga sudah dikenal produk minyak dari kulit dan biji jeruk. Karbohidrat kompleks dalam kandungan jeruk. yaitu: Pengguna/penyalur Banyaknya Jumlah Penyaluran/hari 48 bal @ 100 4800 Hajatan 100 box/hari 4950 tukang nasi 50 box/hari 5000 Total 5000 box/hari Dari tabel diatas bisa kita simpulkan bahwa sampah styrofoam tiap harinya berjumlah 5000. . tapi berkisar antara 27-53 mg/100 gr daging buah yang dikonsumsi. seorang apoteker Jerman. maka kelebihan tersebut akan dibuang dalam urine. ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah.2 Pembuatan Styrofoam Styrofoam adalah sebuah polimer dengan monomer stirena. gula tetes. Bahkan mengonsumsi buah ini dapat mengurangi kemungkinan gusi berdarah. kita harus meminimalisir pemakain styrofoam sebagai wadah makanan atau bahkan menghilangkannya. esens minuman. nyeri otot. sariawan.1. dapat mencair pada suhu yang klebih tinggi. Karena kelebihan vitamin C yang berasal dari buah-buahan umumnya tak menimbulkan efek samping. Selain daging buah. Stirena tergolong senyawa aromatik. Serat pangan [dietary fiber] di dalam tubuh akan mengikat zat gizi pada suatu gel matriks. Keadaan itu akan memperpanjang rasa kenyang dan menurunkan laju penyerapan glukosa. alkohol dan pektin dari buah jeruk yang terbuang. Styrofoam pertama kali dibuat tahun 1839 oleh Eduard Simon. BAB III PEMBAHASAN 3. Tak perlu takut kelebihan vitamin C yang dapat mengakibatkan batu ginjal jika banyak mengonsumsi buah jeruk keprok. sabun wangi. sebuah hidrokarbon cair yang dibuat secara komersial dari minyak bumi.

Styrofoam terbuat dari monomer stirena melalui polimerisasi suspensi pada tekanan dan suhu tertentu. mempercepat detak jantung. semakin cepat pula migrasi bahan kimia styrofoam ke dalam makanan. rapuh dan murah. Kandungan yang terdapat dalam styrofoam akan berimigrasi ke makan yang ada dalam styrofoam tersebut. Akibatnya. atau n-butyl stearat. Kemudian proses pembuatannya ditiup dengan blowing agent. 2008). yaitu gas clorofluorocarbon (CFC). Bahan dasar yang digunakan adalah 90-95% polysterene dan 5-10% gas seperti n-butana atau npentana. Benzena bisa menimbulkan masalah pada kelenjar tyroid. butil hidroksi toluene (BHT). mengganggu sistem syaraf sehingga menyebabkan kelelahan. selanjutnya dilakukan pemanasan untuk melunakan resin dan menguapkan sisa blowing agent. Polysterene yang berciri khas ringan. dan lembaga lainnya mengkategorikan styrofoam sebagai bahan karsinogenik atau suatu bahan yang dapat mendorong atu menyebabkan kanker. Faktor yang mempengaruhi perpindahan zat kimia pada styrofoam ke dalam makanan antara lain: 1. relatif tahan bocor dan bisa menjaga suhu makanan dengan baik. EFA (Environmental Protected Agency).Styrofoam termasuk ke dalam kategori jenis plastik. (Manurung. sulit tidur. Hal ini yang menjadikan polysterene hilanh kejernihannya dan berubah warna jadi putih susu. . Pada wanita. khususnya styrofoam yang digunakan sebagai pembungkus makanan yang dikonsumsi manusia. Pada beberapa kasus benzana bahkan bisa mengakibatkan hilang kesadaran dan kematian. badan menjadi gemetaran. Dan yang paling berbahay. Bahan yang lebih dikenal sebagai gabus ini memang praktis ringan.. WHO (World Health Organization). dan menjadi mudah gelisah. Untuk kelenturannya ditambahkan plasticier seperti doktilptalat (DOP). kaku. dia akan masuk ke sel-sel darah dan lama-kelamaan akan merusak sumsum tulang belakang. Benzena juga tidak bisa dikeluarkan melalui feses (kotoran) atau urine (air kencing). sehingga membentuk buih (foam) plastik busa yang mudah terurai menjadi struktur sel –sel kecil merupakan hasil proses peniupan tersebut. zat ini semakin lama semakinmenumpuk dan terbalut lemak.3 Damapak Bagi kesehatan Kandungan yang terdapat dari bahan-bahan kimia pembuatan styrofoam dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. zat ini berakibat buruk terhadap siklus menstruasi dan mengancam kehamilan. Efek lainnya yaitu. akibatnya produksi sel darah merah berkurang dan timbulnya penyakit anemia. Semakin panas suatu makanan. tembus cahaya. Inilah yang dapat memicu penyakit kanker. zat ini bisa menyebabkan kanker payudara dan kanker prostat. Dalam bahan pembungkus makanan styrofoam ditemukan kandungan dioctyl phthalate (DOP) yang menyimpan zat benzena yaitu suatu larutan kimia yang sulit dilumat oleh sistem pencernaan. Suhu yang tinggi. 3. sistem imun akan berkurang sehingga kita mudah terinfeksi. Karena sifatnya yang rapuh maka polysterene dicampur dengan seng dan senyawa butadien. Saat benzana termakan.

hal ini dibuktikan dalam penelitian di New Jersey yang menyebutkan bahwa 75% dari 12 sampel ASI telah terkontaminasi oleh stirena (BPOM RI. Kadar alkohol dan asam akan mempercepat laju perpindahan.2007) Padahal pemerintah telah mengatur UU RI nomor 7 Tahun 1996 tentang perlindungan pangan. Dimulai dari proses produksi yang menghasilkan limbah yang sangat berbahaya. Beberapa penelitian epidemiologik menduga bahwa terdapat hubungan antara paparan stirena dan meningkatnya resiko leukimia dan limfoma.3. Berdasrkan data IARC. Bahan kimia yang terkandung dalam styrofoam akan berpindah ke dalam maknan dengan lebih cepat jika kadar lemak (fat) dalam suatu makanan atau minuman semakin tinggi. Dampak Bagi Lingkungan Bagi lingkungan. dilarang menggunakan bahan apapun sebagai kemasan pangan yang dinyatakan terlarang dan atau yang dapat melepaskan cemaran yang merugikan atau membahayakan kesehatan manusia. hilang pendengaran. fungsi intelektual). dan neurofati periperal. styrofoam adalah musuh besar yang paling dihindari. Pengemasan pangan yang diedarkan dilakukan melalui tata cara yang dapat menghindarkan terjadinya kerusakan dan atau pencemaran. Masalah kesehatan yang dapat muncul setelah terpapar jangka panjang antara lain: • • • • Menyebabkan gangguan pada sistem syaraf pusat. Pemerintah menetapkan bahan yang dilarang digunkan sebagai kemasan pangan dan tata cara pengemasan pangan tertentu yang diperdagangkan. sebagaimana yang telah diumumkan oleh EPA (Environmental Protection Agency) bahwa limbah hasil pembutan styrofoam termasuk limbah berbahaya ke-5 terbesar di dunia. depresi. 4. Hal ini menjelaskan mengapa dalam jaringan tubuh anak-anak ditemukan monomer stirena meskipun anak-anak tersebut tidak pernah terpapar secara langsung. stirena termasuk bahan yang diduga dapat menyebabkan kanker pada manusia. Kadar lemak tinggi. 3. Semakin lama makanan disimpan dalam wadah styrofoam semakin besar kemungkinan jumlah zat kimia yang bermigrasi ke dalam makanan. bagian keempat mengenai Kemasan Pangan: 1. akurasi dan kecepatan visiomotor. disfungsi sistem syaraf pusat (waktu reaksi. cloro fluro carbon (CFC) merupakan gas yang tidak . 3. Monomer stirena dapat masuk ke dalam janin jikakemasan styrofoam digunakan untuk wadah pangann beralkohol. letih. Kadar alkohol dan asam yang tinggi. karena alkohol bersifat dapat melintasi plasenta. karena sifatnya yang sulit diuraikan oleh alam. dengan gejala seperti. Sementa itu. 3. Monomer stirena juga dapat mengkontaminasi ASI.2. memori. Lama kontak. sakit kepala. 2. Setiap orang yang memproduksi pangan untuk diedarkan.

berbau. Pisau 3. dan styrofoam dimasukkan kedalamnya. Begitu stabilnya gas ini baru bisa terurai sekitar 65-130 tahun. 1 buah styrofoam ukuran 20 x 20 cm 4. tidak terasa. Korek api 7. kami mencari alternatif untuk penguraian styrofoam denagn cara yang mudah dengan menggunakan kulit jeruk sebagai pengurai styrofoam dengan melakukan uji coba. Kulit jeruk di-juicer dicampur air perbandingan (1:1) 3. Kesimpulan : potensi minyak kulit jeruk (minyak atsiri/minyak terbang)sebagai pengeliminasi styrofoam. yang dilakukan hanya menghancurkan styrofoam lama. HASIL PENELITIAN UJI PEMANPAATAN KULIT JERUK SEBAGAI PENGURAI SAMPAH STYROFOAM I. Maka dari itu. Cara Kerja Percobaan pertama: Styrofoam ditempelkan pada kulit jeruk bali dan jeruk wanaraja kemudian digosokgosok. lelehannya membentuk serat-serat seperti benang. dan tidak berbahaya. Disimpan dalam stoples yang terbuka. Diruang terbuka gas ini akan melayang di udara sampai ke atmosfer dan bereaksi yang dapat merusak lapisan ozon. styrofoam dimasukkan kedalamnya . 0. kita harus mengurangi pemakain CFC atau bahkan menghilangkannya. Seperti yang telah dijelaskan pada bahasan sebelumnya bahwa styrofoam mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan dan lingkungan. Beberapa perusahaan memang mendaur ulang styrofoam. Blender 2. Untuk itu. maka berbagai upaya dilakukan untuk menguraikan styrofoam. membentuknya menjadi styrofoam baru dan menggunakannya kembali menjadi wadah makanan dan minuman. Alat dan Bahan 1. Percobaan kedua: 1. Toples 6. 1 kg jeruk Bali 8. saat menempel pada kulit jeruk yang berminyak. Air 5. Kulit jeruk di-blender dicampur air perbandingan (1:1) 2. Disimpan dalam stoples yang tertutup. hasil : tidak efektif (tidak ada perubahan) 2. dan saat dijauhkan (ditarik) dari kulit jeruk.5 kg jeruk Garut II. Gas ini diuraikan karena tidak bereaksi. hasil: styrofoam terurai dalam waktu 2×24 jam . hasilnya styrofoam menjadi meleleh dan kisut. Kulit jeruk di-blender dan selanjutnya di-juice Hasil larutan dan perlakuan: 1.beracun dan mudah terbakar serta sangat stabil. Namun sebenarnya.

Styrofoam sebagai wadah makanan ternyata berdampak buruk bagi kesehatan manusia.Sebaiknya pemerintah lebih memperhatikan kemasan styrofoam yang digunakan sebagai wadah makanan dengan mengeluarkan undang-undang serta penyuluhan yang lebih khusus dalam perlindungan makanan dan lingkungan.2 Saran Adapun saran yang dapat kami berikan antara lain: . .Kesimpulan Dari ketiga percobaan di atas. dapat ditarik beberapa kesimpulan antara lain: .1 Kesimpulan Dari urain mengenai sampah styrofoam di atas. Disimpan dalam botol air mineral yang tertutup rapat.Sebaiknya konsumen lebih meminimalisir penggunaan styrofoam atau bahkan menghilangkannya. BAB IV PENUTUP 4. 4. .Perusahaan makanan sebaiknya mengganti kemasan makan yang menggunkan styrofoam dengan kemasan yang lebih ramah lingkunga dan mudah didaur ulang. III. dimasukkan kedalamnya. DAFTAR PUSTAKA . .Proses pembuatan styrofoam dengan menggunakan CFC dapat menimbulkan global warming. hasil: styrofoam terurai dengan cepat (24 jam) dan menghasilkan gas sangat banyak (tekanan tinggi) Percobaan ketiga: Styrofoam dibakar dengan korek api dan hasilnya styrofoam habis terbakar dan menimbulkan asap hitam pekat.Masyarakat sebagai konsumen makanan harus lebih selektif memilih wadah makanan agar tidak merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar.Beberapa cara telah dilakukan untuk mengurangi dampak buruk dari sampah styrofoam diantaranya dengan mendaur ulang kembali sampah styrofoam. styrofoam dapat diuraikan dengan cepat dan aman dengan menggosokan kulit jeruk pada styrofoam. .Styrofoam tidak dapat diuraikan secara alami dan termasuk penghasil limbah terbesar ke-5 di dunia. . . namun cara penguraian yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan kulit jeruk.3.

---. 2008. InfoPOM : Badan POM RI. (http : www. Kemasan Polistirena foam (Styrofoam) (on line). (http: www.com. 2008. H.---.pdf. 28 februari 2010) ---. selaku wali keas XI IPA 5.com. M. 28 Maret 2010) Berbahaya (on line). yaitu: 1.---. (http:www. Suhendi Mardani. selaku Kepala SMA Negeri 11Garut. Dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terdapat kompetensi dasar menulis karya tulis. selaku guru Bahasa Indonesia. Hj. Styrofoam (on line). Dan menuliskanya dalam karya tulis kami ini yang berjudul “Pemanfaatan kulit jeruk sebagai pengurai sampah styrofoam yang ramah lingkungan”. sebab pengetahuan kami masih terbatas. 5. 4. 3. 20 April 2010) KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberi kami kesehatan dan kemudahan dalam menyelesaikan tugas karya tulis ini. Efek Rumah Kaca (on line). Ibu Dra.blog. 2008. 2008. Kenali Senyawa Kimia di Udara yang (http:www.bumikupijak. Aisyah. Manurung. Kami sadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna. teman-teman yang telah membantu dalam proses penelitian karya tulis ini. 15 Januari 2010) ---.com.28 Maret 2010) Kamus Besar Bahasa Indonesia Ditwas Produk & Bahan Bahaya. Garut. kedua orang tua kami yang telah mendukung melalui dukungan moril maupun materil.senyawa-kimia-berbahaya.Pd. Karena peneliti masih pemula tentu penelitian yang kami lakukan masih mermiliki banyak kekurangan. Bapak Drs. Mei 2010 Penyususn . serta kami mencoba menemukan cara lain yang lebih ramah lingkungan untuk penguraian styrofoam yaitu dengan menggunakan limbah kulit jeruk sebagai media pengurai styrofoam tersebut. 2008. Ibu Dra. Butet Manurung. Semoga hasil penelitian yang kami susun ini dapat bermanfaat k bagi kami sendiri dan para pembaca. ---. (http: www. untuk memenuhi kompetensi dasar itu kami meneliti tentang cara penanggulangan sampah styrofoam di lingkungan sekitar. seperti hadist yang mengatakan bahwa kesempurnaan hanya milik Alloh dan kesalahan timbul dari kehilapan manusia. Elis Hidayah.H. Peneliti menanti kritik dan saran untuk menyempurnakan penelitian selanjutnya.net. S. Terwujudnya penelitian inipun atas dorongan dan bantuan dari berbagai pihak.mfajri. Bahaya Styrofoam bagi Kesehatan (on line).harian-analisa. Penggunaan Styrofoam sebagai Kemasan Kemasan Pangan (on line). 2.

telepon (0262) 233681Garut 2009-2010 LAMPIRAN Styrofoam sebagai wadah makanan Styrofoam sebagai wadah minuman Jeruk bali Jeruk garut http://acciovici. Mega Putri Agustini 4.blogspot.PEMANFAATAN KULIT JERUK SEBAGAI PENGURAI SAMPAH STYROFOAM YANG RAMAH LINGKUNGAN KARYA TULIS diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia disusun oleh: 1.com/2010/06/contoh-karya-tulis.html . Siliwangi 2. Asri Rahmawati 2. Gitri Siswantini 3. Mega Sagita Triana Mentari Kelas XI IPA 5 DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 11 GARUT Jl.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful