PENDAHULUAN

1

F

aktor penentu pertama apakah seseorang bisa menggambar atau tidak, adalah kekuatan alam alias bakat. Faktor alamiah tersebut tidak bisa digeser atau diubah. Hal ini yang membuat seseorang memiliki corak gambar atau pola goresan yang berbeda dengan orang lain. Namun pada dasarnya, bakat itu juga bukan faktor utama sebagai indikator kepiawaian kita dalam menghasilkan goresan menakjubkan."Hadiah" dariTuhan ini akan sia-sia belaka ketika kita enggan mengasahnya. Belajar menggambar sama halnya dengan belajar matematika, gam pang-gam pang susah (yang gampang bisa jadi terasa susah), atau malah susah-susah gampang (yang susah jadi terasa gampang). Waktu belajar matematika kita harus memiliki ketekunan dan ketelitian tinggi. Menggambar juga memerlukan ketekunan dan ketelitian seperti itu, tetapi ada faktor tambahannya yang tidak boleh ketinggalan, yaitu perasaan dan imajinasi. Jika ada lima orang ilmuwan matematika mengerjakan satu soal matematika (tidak boleh saling menyontek), bisa dipastikan hasil akhir/jawaban soal antara ilmuwan satu dan yang lain adalah sama. Perbedaan ini akan terlihat jika ada lima orang pelukis menggambar apel di atas meja, dengan ketentuan tidak boleh menyontek juga, maka hasil akhir gambarnya bisa berbeda-beda. Bisa jadi seorang pelukis menggambar meja klasik dengan ukiran, apelnya diletakkan pada nampan kuningan yang tepinya pun berukir.Jumlah apelnya mungkin lebih dari satu buah. Ini menunjukkan bahwa si perupa memiliki imajinasi tinggi dan rumit, mungkin perasaannya juga lebih feminin, dan hubungan sosialnya dengan orang lain cukup bagus. Sedangkan seorang perupa yang menggambar, hanya, sebuah apel yang diletakkan di atas meja kayu dengan model minimalis, menunjukkan bahwa si perupa memiliki imajinasi dan pikiran praktis. Mungkin juga lebih idealis dan berwatak kaku. Seperti belajar psikologi, kan? Ada di antara kita bertanya,"Apa gunanya kita bisa menggambar? Paling cuma sebagai hobi saja, kan?" Benar, menggambar adalah hobi. Namun di sisi lain kita dituntut bisa menggambar apabila kita terjun sebagai seorang ilustrator, pembuat iklan, maupun Menggambar dengan pensil itu mudah | 1

menjadi seniman lukis. Bahkan menjadi guruTK pun ada baiknya kalau bisa menggambar, sebab gambar adalah salah satu sarana komunikasi. Sebuah gambar mampu menceritakan banyak hal, ada ribuan kata tertulis di dalamnya! Kita ingat-ingat kembali! Pada zaman pra sejarah (zaman ketika orang belum mengenal tulisan) fungsi gambar sama dengan alat komunikasi tertulis pada zaman sejarah. Manusia purba menyampaikan pesan lewat gambar di dinding-dinding gua, pahatan batu, dan di pohon-pohon. Mereka membuat banyak gambar. Mulai dari goresan sederhana berbentuk semacam tanda, sampai lukisan gua yang menceritakan kehidupan mereka. Berkat jejak yang mereka tinggalkan, kita bisa mengetahui keberadaan manusia purba walaupun kita hidup ribuan tahun setelah itu. Huruf-huruf Mesir Kuno juga berupa gambar, ada yang berbentuk mata, burung.tongkat, manusia, dan sebagainya.Jadi, apakah sempat terpikir di benak kita bahwa huruf-huruf yang kita pakai sekarang juga berupa gambar berbentuk lambang/simbol? Sebelum kita melangkah lebih jauh dan menyelam lebih dalam tentang dunia seni rupa.ada baiknya kita mengetahui satu hal terpenting."Jangan khawatir kalau hasil goresanmu tidak mirip dengan contoh yang tersedia dalam buku ini." Ingat uraian di atas tentang imajinasi dan perasaan, kan? Dengan keduanya kita bahkan bisa menggambar dengan teknik/cara kita masing-masing.

A. Start Now!
Siap-siap Menggambar Kita tidak perlu memikirkan bahan dan alat yang rumit.Yang kita perlukan hanya pensil, kertas, penghapus, dan penggaris.Terkadang kita juga memerlukan jangka, tetapi kita hanya akan membutuhkannya pada saat menggambar benda tertentu, khususnya benda mati. Bagi pemula sangat perlu untuk lebih mengenal alat-alat gambar yang akan kita gunakan. Pensil Pensil untuk menggambar memiliki bermacam-macam ukuran ketebalan. Nantinya kita akan lebih banyak menggunakan pensil jenis B. Ragam pensil ini terdiri dari pensil B,

2 | Menggambar dengan pensil itu mudah ( febriantoedypratama.wordpress.com

2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, dan 8B.Ada juga pensil jenis H. Pensil jenis ini lebih banyak digunakan oleh para arsitek. Pensil jenis ini adalah, pensil H, 2H, 3H, 4H, 5H, 6H, 7H, dan 8H. Pensil jenis H memiliki tingkat kekerasan mata pensil lebih tinggi dibanding mata pensil jenis B.Jenis pensil HB kekerasannya berada di pertengahan antara pensil H dan pensil B. Pensil HB, B, dan 2B digunakan untuk menggambar sketsa. Pensil jenis B lain yang lebih tebal kita gunakan untuk membuat outline (garis luar yang memberi bentuk gambar) dan untuk mengarsir. Semua itu tergantung keperluan kita.

(www.gluesky.com)

Penggaris dan Jangka Penggaris digunakan sebagai alat ukur panjang, sedangkan jangka untuk menggambar bidang lengkung/lingkaran. Untuk menggambar dengan teknik isometric (menggambar bangun ruang/ bidang sebagai permulaan menggambar), kita akan sangat memerlukan bantuan penggaris dan jangka. Penggaris yang kita gunakan juga tidak hanya satu macam, namun kita juga akan menggunakan penggaris siku.

2 | Menggambar dengan pensil itu mudah

Namun ada hal lain yang bisa dilakukan oleh penghapus. lebih sedikit menggunakan penggaris dan jangka. kita pun hanya memerlukan pensil. dan pigura dengan kaca pelindung. siku. Kertas juga tidak boleh terlalu tipis. tapi kita kehilangan hasil karya kita. Dengan teknik ini. Polesan inilah yang akan menentukan supaya gambar kelihatan lebih hidup. tunggu dulu. 2 | Menggambar dengan pensil itu mudah . -— Kita semua tahu kegunaan penghapus. Penghapus. dan tidak boleh terlalu ditekan. Sepertinya mudah. dan jangka. Untuk membuatnya tampak hidup.penggaris. suatu saat bisa saja luntur terkena gesekan (benda dan udara). Finishing Touch Menggambar tidaklah sempurna bila tidak disertai dengan pemolesan.Tentu saja teknik menghapusnya harus teratur. Bisa juga menyimpannya dalam tempattempat kedap udara. karena kita menggunaka mata kita sebagai lensa fotografi dan tangan sebagai pencetak gambar. kita langsung menggoreskan pensil di atas kertas. Kertas yang agak kasar bagus untuk menggambar dengan pensil. Namun kertas yang baik untuk menggambar dengan pensil adalah kertas yang tidak licin. kita bisa menyemprotkan consentrate fixative (istilah awamnya kertas kita dipernis/dipelitur) pada permukaan kertas. dikhawatirkan mudah sobek. Pensil yang menempel pada kertas. bukan arsiran gradasi yang kita dapat.Jika penekanannya kuat. yaitu membantu kita mendapatkan arsiran gradasi. teknik seperti ini lebih disukai karena waktunya lebih singkat. searah. Kalau kita ingin mengabadikan karya kita. yaitu menghapus ketika terjadi kesalahan menggores saat menggambar sketsa. r*___. Bagi yang sudah profesional. B. Kertas Segala jenis kertas bisa digunakan untuk menggambar. ya? Eits.1. Proporsi objek biasanya ditentukan menggunakan "ilmu kira-kira". Sementara penggambaran dengan teknik still life (menggambar secara langsung tanpa menggunakan bangun/bidang datar tertentu sebagai permulaan). karena goresan pensilnya tidak akan tampak. karena goresannya akan terlihat jelas. plastik yang di-press.

pohon berdaun jarum.Yang perlu diingat. Semakin lama tekanan itu semakin berkurang sehingga tercipta arsiran yang lebih terang. Bentuknya bisa berupa titik-titik. Arsiran seperti ini misalnya untuk menggambar rambut buah rambutan. arsiran pada kain sofa agar tampak kasar. lalu goreskan penghapus tersebut.Arsiran ini memiliki tingkat ketebalan berbeda sebagai efek pencahayaan suatu benda. Kadang-kadang kita bisa juga memanfaatkan penghapus.Mengarsir Kepiawaian membuat arsiran adalah modal terbesar untuk membuat gambar menjadi lebih sempurna.Ada bermacam-macam jenis arsiran. dan batu. penghapus tidak boleh ditekan terlalu kuat (penekanannya ringan saja) supaya gambar kita tidak hilang. dan garis-garis tak beraturan. Pada umumnya arsiran yang paling sering digunakan dan paling dikenal adalah arsiran searah. Penghapus kita letakkan pada tempat yang ingin dibuat lebih terang arsirannya. Bentuk arsiran ini tidak beraturan dan asimetris. Arsiran seperti ini biasanya digunakan untuk memberikan efek kain transparan. Arsiran Searah Arsiran Kasar/Acak 2 | Menggambar dengan pensil itu mudah . Teknik membuatnya cukup mudah. batang pohon.Arsiran searah ini lebih banyak dipilih karena hasilnya lebih halus. pada bagian yang tebal kita berikan tekanan lebih pada pensil. Jenis arsiran lain yang akan kita gunakan untuk menyempurnakan gambar kita adalah arsiran gradasi. garis-garis memanjang.Arsiran silang adalah arsiran yang dibuat dengan cara menggoreskan pensil ke dua arah berlawanan sehingga garis-garis/arsirannya saling berpotongan dan tumpang tindih. dan kain kasa. Ada jenis arsiran kasar/acak.

2 | Menggambar dengan pensil itu mudah .

Mengampelas sangat bagus untuk membuat gradasi. Mengampelas . Mengampelas sebenarnya menggosok arsiran dengan ujung jari atau kertas. Pada bab-bab selanjutnya. Begitu juga dengan arsiran gambar. teknik arsiran seperti inilah yang paling banyak kita gunakan. Mengarsir bayangan juga baiknya menggunakan teknik ini. Perhatikan gambar di bawah ini! Lihat perbedaan corak arsiran yang belum diampelas dan yang sudah.Apa kegunaannya? Supaya arsiran kita kelihatan lebih halus.Grada Mengampelas Perkakas yang hendak diperbaiki catnya biasanya diampelas terlebih dahulu supaya hasilnya lebih baik.

6 | Menggambar dengan pensil itu mudah .

dan kain kita ampelas supaya gradasinya kelihatan lebih halus. Sedangkan pada kayu dan batu kita bisa menorehkan arsiran acak/kasar tanpa diampelas. Kaca Logam Kain Menggambar dengan pensil itu mudah J 7 .Tiap model/cara mengarsir yang berbeda akan menimbulkan efek yang berbeda pula pada benda.Arsiran pada kaca.Tidak diampelas Diamp elas Tidak diampelas Diampelas Sekarang kita bisa belajar mengarsir melalui contoh di bawah ini. logam.

Menggambar dengan pensil itu mudah .

I. Jangan lupa kedua ujung garisnya harus berhimpit. tambahkan satu lagi sudut siku-siku. Terlebih dahulu kita membuat dua garis tegak lurus.2 MENGGAMBAR BENDA entuk-bentuk benda adalah yang paling mudah untuk digambar. Nah. Mari kita belajar menggambar benda yang awalnya hanya berupa garis atau bangun sederhana. Kedua garis tersebut kita temukan ujungnya sehingga menjadi bentuk sudut siku-siku. di sini kita tentukan panjang dua sisi tegak dan lebar di dua sisi mendatar. Hanya berasal dari bentuk bangun dasar. Langkahnya adalah sebagai berikut: a. 8 | Menggambar dengan pensil itu mudah . Sejak awal masa pertumbuhan. Ikutlah langkah-langkah yang menyertainya untuk mempermudah membuat sketsa.Jadilah persegi panjang! Bangun dua dimensi ini adalah persegi panjang ajaib. balok. dan tabung. seperti garis. Komposisinya sangat mudah. Untuk hasil terbaik. persegi. Setelah satu sudut siku-siku selesai dibuat. Gelas Kaca Bentuk benda ini adalah gambar yang paling mudah untuk dibuat.Jika kita menganggap diri kita tidak punya bakat seni. buatlah garis ini dengan penggaris segitiga siku-siku. tapi kita pasti bisa membuat gambar benda mati di sekeliling kita. limas. trapesium. b. lingkaran. menggambar bentuk benda adalah yang pertama diajarkan.

Sekarang kita lihat ada bentuk bangun tiga dimensi terbentuk setelah penambahan oval. Setelah berbentuk tabung. Lalu garis-garis bantu kita hapus semua. tambahkan oval untuk kenampakan dasar gelas. seperti dalam contoh. Dari persegi panjang yang terbelah dua. 2.c. Kita membuat garis di tengah-tengah persegi panjang. Mangkuk Porselin Sama halnya dengan menggambar gelas kaca. buatlah tambahan garis panjang di bagian atas dan bawah pada garis yang membelah persegi panjang. 8 | Menggambar dengan pensil itu mudah . e. Sekarang ada dua persegi panjang yang sama besar. menggambar mangkuk juga terbilang mudah. 5. Garis tambahan tersebut berguna untuk membantu kita membuat bentuk oval. Gelas kita hampir terbentuk. Selanjutnya tinggal membuat arsiran. Kita menggunakan arsiran halus dengan diamplas menggunakan ujung jari atau kertas. Tentu saja arsirannya berbeda sebab mangkuk ini tidak tembus pandang. Kita perlu mengatur arah datangnya sinar sehingga kita bisa menentukan arsiran bayangan. Buatlah efek terang gelap yang hampir semua terlihat di seluruh permukaan gelas. Langkah ketiga. Menggambar gelas kaca dan langkah-langkahnya. Hal ini untuk membuat kesan tembus pandang dan menguatkan karakter benda terbuat dari kaca. d.

Tambahkan perpanjangan atas dan bawah pada garis yang membelah trapesium. Kita hapus semua garis bantu termasuk bentuk oval yang berada di bagian belakang mangkuk. berikan sedikit tambahan bentuk oval di bagian bawah.a. Tentukan arah datangnya sinar. Karena bentuk mangkuk ini bulat. Selanjutnya kita bisa membuat oval seperti yang pernah kita kerjakan saat menggambar gelas. Siku-siku digunakan agar kaki-kaki trapesium sejajar dan sama panjang. Lagi-lagi kita membelah bangun trapesium ini dengan sebuah garis. kita poles bagian kanan mangkuk sebelah luar dengan arsiran agak tebal untuk mengesankan sisi gelap/tidak terkena cahaya. e. Ini bertujuan untuk membentuk alas mangkuk. b. bentuk oval pada mangkuk tidak sama ukurannya. kita bisa menggunakan pertolongan penggaris siku-siku juga. Bedanya. c. Sekarang kita memiliki dua buah trapesium ajaib. Pada gambar ini. penting di 8 | Menggambar dengan pensil itu mudah . Bagian alas ukurannya lebih kecil. Untuk membentuk sebuah trapesium seperti pada langkah I . arah sinar datang dari samping kiri. Jika sudah jadi bentuk tiga dimensi. d. Kita membuat bangun dua dimensi berbentuk trapesium sama kaki. Oleh karena itu. Buatlah belahan tepat tengahnya.

Yang membedakan hanya posisinya yang terbalik. Garis tegak penjang berguna sebagai tangkai lampu. Garis horizontal sejajar yang berdekatan di bagian atas.sekali membuat arsiran gradasi. nantinya berubah jadi kap lampu indah. semakin terang. 3. Lihat contoh. Bangun yang membantu tersebut adalah oval dan trapesium. Sementara garis pendek horizontal di bagian bawah akan menjadi penyangga lampu supaya tetap tegak berdiri. Kemudian tambahkan arsiran bayangan mangkuk supaya gambarnya lebih natural. Menggambar mangkuk porselintiengan langkah-langkahnya. terjadi sebaliknya ketika kita mengarsir bagian dalam mangkuk. Buat arsiran gradasi dari tebal ke tipis pada bagian luar mangkuk. b. Semakin ke kiri. Membuat kap lampu dari trapesium sama halnya membuat mangkuk. . Seperti membuat kaca dan mangkuk. Sedangkan pijakan lampu diberi sedikit tonjolan di tengah. Garis-garis di langkah awal sangat diperlukan untuk membuat sketsa lampu cantik ini. Namun. Lampu Baca a. c. membuat lampu pun diperlukan bangun sederhana dua dimensi sebagai bentuan. 3.

Yang kita buat kali ini adalah kap lampu klasik tertutup. Karena lampu ini tidak rata. maka efek melengkung tidak tercipta.Tambahkan pula tiang penyangga dan kabel. semua cahaya lampu hanya menyebar dari bawah kap saja. beri hiasan pada kap lampunya.Tentukan arah datangnya sinar dan arsiran bayangan lampu. Jika arsiran tebal ini tidak dibuat.dv Kemudian buatlah kap lampunya. Jadi. justru permukaan kap lampu hanya memiliki kesan rata. . maka berikan arsiran tebal pada tiap lekukan sebelah kiri (yang tidak terkena cahaya). O ya.

semua tergantung pada kreatifitas kita.Walau demikian. Toples Kaca Sekarang mari kita coba menggambar benda yang sedikit lebih rumit dibandingkan benda-benda sebelumnya.Menggambar lampu baca disertai langkah-langkahnya. 4. a. b. Pertama. Kita membuatnya dengan cara dan peralatan seperti saat menggambar gelas. Jangan lupa beri sedikit tambahan panjang di Menggambar dengan pensil itu mudah | 11 . serumit apapun bendanya. Tambahkan garis di tengah persegi panjang. buatlah persegi panjang.

dua ujung terbawah.Titik-titk bantu ini diukur dari dua ujung atas tabung. c. Kita membuat setengah oval di bawah atap tabung dan oval penuh di atas dasar tabung. Menggambar dengan pensil itu mudah | 11 .atas dan bawah persegi untuk menghasilkan oval yang bagus. Cara termudah untuk membuat tambahan-tambahan oval-oval itu adalah menggunakan titik-titik bantu. dan dari tengah bangun oval atas maupun oval bawah. Setelah ditambah dua oval jadilah tabung tiga dimensi.

Kita membuat oval yang agak menjorok ke dalam di bawah tutup toples. Jika kamu melihat dengan jeli. Kita perlu menambahkan detail garis-garis. Setelah itu kita kerjakan bagian dasar toples.Tentu saja dua titik bantuan diperlukan. e. garisgaris di sisi bawah toples ini tidak benar-benar lurus tapi sedikit melengkung pada ujungMenggambar dengan pensil itu mudah | 11 .d.Tambahkan satu buah oval lagi untuk dasar toples. Bahkan kita pun perlu membuat ukuran yang sama di sebelah kanan dan kirinya supaya hasilnya simetris.

Cahaya kita datangkan dari arah depan kiri. Langkah terakhir tentu saja memberikan arsiran. f. Kita memberi arsiran yang teratur dan tegas pada tutup toplesnya untuk membuat kesan bahwa tutup toples terbuat dari bahan berkilat seperti logam/kaleng. garis- Menggambar dengan pensil itu mudah | 11 . Kemudian buatlah arsiran di badan kaca (lihat dan perhatikan gambar).ujungnya. Ini untuk memberikan kesan bahwa motif kacanya timbul/menjorok ke luar. Karena tembus pandang.

. 2. 1. membuat arsiran bayangan. Menggambar dengan pensil itu mudah | 11 .garis di bagian belakang toples tetap kelihatan.Terakhir.

Menggambar dengan pensil itu mudah | 11 .

Dalam contoh ada 5 buah garis horizontal dengan panjang yang berbedabeda. Menggambar dengan pensil itu mudah | 11 .Menggambar toples kaca disertai langkah-langkahnya. Mari kita mencoba membuatnya dengan langkah-langkah yang mudah. Kendi Gerabah Menggambar kendi ini susah-susah gampang. 5. jika digambar dengan teknik st/7/ life. Kita membuat sebuah garis vertikal dan menambahkannya dengan beberapa garis horizontal. a.

ada baiknya efek sudut itu dihilangkan. Diganti dengan lengkungan pada Menggambar dengan pensil itu mudah | 11 .Yang perlu diingat pada awal membuat badan kendi. b.Garis terpanjang berfungsi untuk memudahkan kita membuat perut kendi. Namun. Sebenarnya kita bisa menambahkan garis-garis horizontal lagi untuk lebih memudahkan. Perhatikan gambar. Maksudnya garis ditarik dari atas ke bawah menyentuh ujung-ujung ova! atau garis horizontal dengan meninggalkan sudut tertentu. Tarik garis dari tiap ujung oval. kita boleh menarik garis secara terputus-putus. Dari garis-garis tersebut. kita buat oval dan setengah oval.

jika kamu lihat di gambar yang sudah jadi. kita akan membuat kesan bahwa peganan kendinya tidak terbuat dari gerabah Menggambar dengan pensil itu mudah | 11 .tiap sudutnya. Pegangan kendi ini bisa digambar sesuai selera kita. Jadi. Tambahkan moncong kendi dan alas kendi. pegangan kendinya dikaitkan pada leher kendi. Pada contoh gambar. pegangan kendi dibuat ramping dan tipis dengan lekukan-lekukan dibuat indah pula agar tampak klasik. d. Kita juga perlu menggambar tutup kendi dan pegangannya. e. c.

Gerabah ini sudah dibuat berkilat Menggambar dengan pensil itu mudah | 11 .tapi dari plat logam seperti kuningan. Kita menentukan arah datang cahaya dari depan. f.

Menggambar dengan pensil itu mudah | 11 .

6. Meja Kayu Menggambar kendi gerabah disertai Bagi pemula, biasanya, bentuk tiga dimensi digambar dari perspektif depan. langkah-langkahnya. Sekarang mari buat gambar meja yang dilihat dari atas di ujung kiri. Kita belum memerlukan bantuan titik-titik hilang karena kita hanya menggambar satu buah benda saja.
a. Kita membuat persegi panjang dengan posisi seperti gambar. Sudut tempat kita melihat meja digambar lebih lebar, sementara sisi lain digambar lebih kecil dan sisinya pendek untuk membuat kesan jauh. b. Dari persegi tadi kita membuat balok tipis. c. Sebelum membuat kaki-kaki meja, ada baiknya kita menambahkan garis tinggi. Garis ini kita gunakan sebagai bantuan untuk membuat kaki meja yang proporsional. Bahkan kita pun perlu menggambar lingkaran-lingkaran. Gunanya sebagai patokan dimana kaki meja menempel. d. Di tiap-tiap pertengahan lingkaran boleh juga digambar garis bantu vertikal agar lebih mudah dalam menggambar kaki meja. O ya, kaki meja di sudut seberang tidak perlu digambar. Kita hanya perlu menggambar tiga kaki saja. Kecuali jika kita hendak menggambar meja kaca, maka semua kakinya harus tampak. e. Kaki meja kita digambar mengecil pada bagian bawahnya. Nah, sekarang kita tinggal mengarsir. Kita mendatangkan cahaya dari atas sehingga bayangan ada tepat berada di bawah meja. Bagian atas meja diarsir lebih terang karena terkena cahaya, sementara bagian sampingnya diarsir lebih gelap. Kaki-kaki meja juga diarsir sedemikian rupa untuk membuat kesan bahwa kakinya berbentuk melingkar. Perhatikan gambar!

1. 14 | Menggambar dengan pensil itu mudah

2.

3 .

4 .

Menggambar meja kayu disertai langkah-langkahnya.

14 | Menggambar dengan pensil itu mudah

7. Sofa
Sama halnya dengan meja kayu, kursi digambar dari perspektif yang sama. Sofa ini terbuat dari kain yang agak kasar. a. Buatlah dua persegi panjang berhimpitan. Kita bisa memakai bantuan selembar kertas yang dilipat dua. Letakkan kertas tersebut di atas meja dengan posisi tegak lurus.Amatilah dan gambarlah. b. Kemudian kita membuat balok tiga dimensi. Balok untuk dudukan dibuat lebih tebal daripada yang akan digambar sebagai sandaran kursi. c. Tambahkan lengan-lengan kursi dan sandarannya. Untuk lengan kursi kita hanya perlu membuat balok tambahan. Sedangkan untuk sandaran, kita membuat bidang lengkung. Sandaran dibuat agak menjorok ke belakang supaya membuat kesan ergonomis (nyaman). d. Tambahkan detail supaya tampak seperti sofa sungguhan. Beri kancing-kancing pada lengan dan sandaran.Tambahkan busa empuk untuk duduk. Untuk menggambar busa duduknya, kita perlu membuat bantuan berupa persegi panjang satu lagi.Tambahkan pula kaki-kaki sofa yang sangat pendek itu. e. Setelah hampir jadi, kita ubah saja bentuk lengan kursinya. Sisi-sisi balok dibuat melengkung, permukaan lengannya jadi lingkaran. Kalau begini, lengan sofa pun kesannya lebih empuk daripada bentuk balokArsiran sofa dibuat agak kasar untuk mengesankan kain kasarnya. Cahaya datang dari kiri agak ke belakang. Jadi, kita perlu membuat arsiran gelap di sebelah kanan dan muka sofa. Bayangan juga dibuat jatuh di sebelah kanan sofa.

Menggambar dengan pensil itu mudah j

15

Garis bantu akan sangat diperlukan dalam menggambar atap. Buatlah lingkaran untuk jamnya. Di masa kini sudah jarang orang memiliki jam kakek seperti ini. dan sedikit logam sekaligus. Ini adalah bodi jam kakek. Lingkaran dibuat dengan posisi serong. Model lainnya memiliki burung kukuk yang keluar tiap kali menunjukkan waktu tertentu. d. Jam Kakek Jam kakek adalah salah satu benda antik. kayu. tetapi bentuknya pipih. Sekarang kita akan menggambar dari perspektif yang berbeda. a. Selanjutnya kita tentukan arah datangnya cahaya. Cahaya kita datangkan dari depan jam kakekArsirlah bagian depan jam dengan arsiran terang.Menggambar sofa disertai langkah-langkahnya 8. Tambahkan alas/pijakan dan buatlah atapnya. Gambar pula kotak kaca yang di dalamnya terdapat gantungan logam (entah apa namanya) yang selalu bergoyang-goyang tiap detik. Kita melihat jam kakek dari kanan depan dan posisi kita lebih tinggi daripada jam. Membuat gambar seperti rumah-rumahan. Biasanya jam kakek terbuat dari kayu dan berbentuk seperti rumah-rumahan. c. Kadang-kadang kita Menggambar dengan pensil itu mudah j 15 .Jadi bentuknya cenderung oval. Sekarang kita akan menggambarnya dan memberikan efek kaca. b.

Untuk kaca arsirannya dibuat gradasi terang-gelap secara berulang. Arsiran ini mirip arsiran kaca tetapi lebih tegas. Payung Menggambar dengan pensil itu mudah j 15 . yang berbayang tampak gelap sekali. kita mengarsir lebih gelap. Menggambar jam kakek disertai langkah-langkahnya.Yang terang tampak berkilau. Sementara di bagian samping jam kakek. e. Beri sedikit bayang-bayang untuk lekukan/bagian yang tersembunyi. Permukaan jam juga tertutup kaca.membuat arsiran lebih terang daripada bagian lain karena kita ingin menimbulkan efek berkilau. 9. Mengarsirnya tidak perlu tebal. Begitu pula di bagian atapnya. Yang terakhir tentu saja menggambar arsiran di bawah jam kakek sebagai bayangnnya. Sedangkan tepi bulatan pada jamnya terbuat dari logam. f. g.

Melalui garis bantu yang telah dibuat sebelumnya. Menggambar payung disertai langkah-langkahnya. jadi tembus cahaya. a. Oleh karenanya. Untuk menghasilkan burufT yang baik gunakanlah penggaris siku-siku. lebar. c. Sebuah payung tentu saja memiliki gagang/pegangan dan tudungnya berjeruji. e. Sehingga bagian gelap dan terang pada tudung tidak begitu nyata bedanya. kita tinggal menggambar garis lengkung di atas bangun oval. Teddy Bear (Beruang Teddy) Menggambar Beruang Teddy sesungguhnya tidak perlu banyak aturan seperti menggambar benda-benda lain. b. Tambahkan perpanjangan sedikit pada tangkaiT. buatlah jeruji-jeruji yang menyangga tudung payung. Kemudian buatlah bentuk oval. Payung ini tergeletak di lantai. 10. berbeda dengan menggambar boneka. proporsionalitas tetap diperlukan supaya gambarnya bagus.Menggambar payung tidak sesulit yang dibayangkan. Gagang payung tidak boleh terlalu panjang atau terlalu pendek. d. kita bisa membuat gambar payung cantik. kita gambar panjang gagang payung kira-kira sepanjang jari-jari tudungnya (tidak termasuk pegangannya). Dari titik pertengahan (titik pertemuan garis bantu untuk menggambar jeruji tudung). Kita membuat hurufT. Menggambar dengan pensil itu mudah j 15 . Lihat dan perhatikan gambar. dan sudut. kita tambahkan lagi garis-garis bantuan. Jika oval sudah selasai. tinggi.tapi huruf ini digambar miring. Garis lengkung inilah yang nantinya menjadi tudung. Kita juga perlu membuat titiktitik bantuan. Payung ini terbuat dari bahan impermeable (tidak tembus cairan) tetapi tipis. Cahaya kita datangkan dari balik payung sehingga bayangan jatuh di bawah tudung payung. Bila benda lain perlu ketelitian ukuran panjang.Walaupun demikian. Dengan mengikuti langkahlangkah di bawah ini.

e. Garis tengah di kepalanya membantu kita agar mudah menggambar wajah beruang sekaligus menggambarkan jahitan kain di kepala boneka. tentunya kita harus membuat efek supaya dia kelihatan berbulu. sedangkan yang lebih kecil sebagai moncongnya. sedikit belakang). Beruang Teddy digambar serong supaya terlihat semua bagian tubuhnya (muka. 2. Selanjutnya buatlah gambar mata.Arsiran kasar tidak perlu diampelas dengan ujung jari atau kertas. maka lingkaran kecil diletakkan di tengah. telinga. d. Lingkaran di bagian depan menandai bagian perut si beruang. Lingkaran yang besar sebagai kepala. samping. Kita membuat outline si beruang dengan rambut-rambut kecil halus. Kita hapus semua garis-garis yang seharusnya tidak tampak dari pandangan mata kita. c. T?mbahkan gambar kaki yang sedang duduk dan tangannya yang menjuntai di samping badannya. Menggambar dengan pensil itu mudah j 15 . Jika wajah Beruang Teddy menghadap ke depan. Karena BeruangTeddy ini berbulu. arsiran bayangan si beruang perlu diperhalus dengan diampelas. hidung. seperti pada contoh. 1. Kalau kita melakukannya. Gambarlah badannya. 3. Kita mulai dengan membuat dua buah lingkaran tumpang tindih. b. Lalu tubuhnya diberi arsiran kasar. justru tidak timbul efek bulu. Namun. bukan di samping. dan mulutnya yang sedang tersenyum.a.

Kita bebas menentukan sudut pandang. Proporsi Semua Benda Berikut ini adalah gambar dari semua benda yang telah kita gambar sebelumnya. bisa dijadikan patokan bila kita hendak menggambar banyak benda dalam selembar kertas. 1 1 . Ukuran-ukuran ini memang tidak paten seratus persen. Gambar benda-benda ini digambar tampak depan. 3 15 Menggambar dengan pensil itu mudah j . Ketika menyatukan semua benda dalam satu halaman kertas.Menggambar Beruang Teddy disertai langkah-langkahnya. kita bisa berimajinasi sendiri. kita melihat sambil berdiri di depan benda-benda tersebut. Namun.

Yang paling banyak adalah berbentuk bulat. c. Bagian ini menandakan kulit jeruk yang licin berkilau terkena cahaya. kita hanya tinggal menambahkan gambar tangkai dan daun. Dengan bantuan penggaris siku.MENGGAMBARBUAH B uah-buahan memiliki aneka rupa dan bentuk.tapi kali ini kita akan menggambar buah dengan arsiran yang pas supaya lebih terlihat natural. d. Ada satu area tertentu pada kulit jeruk yang tidak diarsir.Yang terpenting dari gambar buah adalah detail serta arsirannya. Buah di bagian bawah diarsir paling tebal.Tambahkan dua garis berpotongan di tengahnya sehingga menjadi empat buah bujur sangkar kecil. Semua orang bisa menggambar buah. I . Semakin ke atas arsirannya semakin tipis. Keempat bujur sangkar yang berhimpitan tersebut akan kita gunakan untuk membuat lingkaran. karena detailnya memerlukan tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Supaya arsirannya halus dan gradasinya juga Menggambar dengan pensil itu mudah j 15 . Gambar tangkai dan daun ini juga terserah akan ditempatkan di mana. Jeruk Buah jeruk adalah yang paling mudah digambar. buatlah bujur sangkar. Kamu bisa menggambar tangkai pada posisi tegak atau miring seperti gambar yang tertera. Kita datangkan cahaya dari atas. Pada dasarnya mengambar buah tidak memerlukan banyak langkah. b. Mulai saat ini kita akan lebih banyak menggunakan berbagai macam pensil untuk mengarsir suatu objek. a. Buah jeruk kita sudah jadi tapi masih berbentuk gambar dua dimensi. Setelah lingkaran selesai digambar. Mari kita hilangkan semua garis bantu. lalu mulailah mengarsir.

Bayangan jeruk juga digambar pendek di bawah jeruk. Setelah lingkaran jadi. Kita bisa menggambar lingkaran dengan metode bujur sangkar seperti yang kita lakukan pada jeruk. Menggambar dengan pensil itu mudah j 15 . Supaya lebih mudah mari kita gunakan jangka saja.Titik tengah ini berguna untuk menggambar kelopak-kelopak buah manggis. Seperti menggambar jeruk. e. Perhatikan contoh. Manggis a. b. Begitu juga dengan daun dan batang. kita perlu mengampelas arsiran buah jeruk kita. 2.bagus. untuk menunjukkan bahwa daun menghadap ke atas. Sekarang kita beri cahaya dari sebelah kiri. c. bentuk lingkaran dibuat pertama kali sebelum akhirnya menjadi gambar manggis yang lezat. Menggambar jeruk disertai langkah-langkahnya. tentukan titik tengah di bagian atas buahnya. Bagian atas yang kena sinar diarsir lebih terang. Kulit manggis yang juga mulus akan memantulkan cahaya sehingga kita perlu membuat gradasi antara sisi yang terang dan gelap. Daun diarsir seperti contoh di bawah. Lakukan cara mengarsir seperti pada buah jeruk. atau bisa juga menggunakan jangka.

Buatlah bayangannya. Kita juga harus menggambar tulang daunnya supaya lebih menyerupai daun aslinya. c. 3. Namun. Kita ketahui bahwa dalam satu tangkai tersusun banyak buah anggur. Yang harus kita lakukan pertama kali adalah membuat tangkai buahnya. Supaya lebih menarik kita tambahkan daun pada batangnya.d. Gambarlah daun seperti bentuk daun biasa. kita akan menggambar bulatan-bulatan kecil sebagai buah anggurnya. Kita bisa menggunakan pensil 7B untuk batangnya.Anggur kita sorot dengan cahaya dari atas agak ke kiri. Pada tiap-tiap tangkai buah. sebagai permulaan kita gambar dua tangkai saja. d. seperti 8B. Hal ini 1 2 3 Menggambar manggis disertai langkahnya menandakan permukaan kelopak lebih kasar daripada kulit manggis. Bisa satu. b. Kita mengarsir buah anggur dengan pensil yang sangat lunak. dua. Bulatan-bulatan tersebut tumpang-tindih.Tangkainya bisa dibuat sesuai selera kita.Arsiran kelopak tidak dibuat berkilau seperti pada kulit. tiga. Menggambar dengan pensil itu mudah j 15 . dan seterusnya tergantung panjang batangnya. Kemudian tepi daun dibuat bergerigi besarbesar. supaya warnanya lebih gelap. Anggur a. Sedangkan daun diarsir dengan pensil 6B. sebagian tertutup oleh yang di atasnya.

Setelah diarsir kita akan melihat bahwa anggur berkesan sedang diletakkan di atas bidang datar. Menggambar dengan pensil itu mudah j 15 .Permukaan anggur yang halus menimbulkan efek pantulan cahaya. e. Terakhir. sementara kita melihatnya dari atas. gambar arsiran bayangan anggur kita. Perhatikan gambar. Lakukan pengarsiran seperti pada jeruk dan manggis. Daunnya juga perlu diberi arsiran gradasi karena permukaan daun tidak rata seperti kertas.

Jadi buat arsiran penuh di permukaan alpokat matang ini.Tentu saja gradasi tetap diperlukan sebagai tanda arah datangnya sinar dan mengesankan bentuk tiga dimensi. Kerjakan menggambar tetes air ini dengan gerakan cepat. Alpokat disertai Menggambar buah alpokat ini tidak perlu penggaris ataupun jangka. berbentuk seperti kubah Masjid. Kecepatan tangan kita mempengaruhi bentuk yang kita buat. Kemudian tangkai buah digambar pada ujung yang tumpul tersebut.1. manggis. b. c. atau anggur. mungkin saja garis lengkungnya akan berkelok-kelok. a. Menggambar dengan pensil itu mudah | 23 . Yang pertama diarsir adalah kulit buahnya. Buat bentuk seperti tetes air. Kita mengubah ujung-ujung bentuk tetes air yang runcing menjadi tumpul. kita gambar sebuah alpokat terbelah.Ada bijinya di tengah buah tersebut. Menggambar anggur langkah-langkahnya. 2. Hanya dengan begini saja sebenarnya sudah mirip buah alpokat. kan? Untuk lebih meyakinkan. misalnya dalam bentuk lengkung. Gunakan pensil 8B untuk membuat arsiran kulit buah alpokat. Kalau kita menggaris dengan perlahan. Kulit alpokat tidak semulus kulit jeruk. 4. Bijinya timbul setengahnya. 3.

Tambahkan setengah lingkaran yang lebih kecil di dalam gambar setengah lingkaran yang tadi telah kita buat. e. Semangka a. orang yang melihat sudah bisa memastikan bahwa yang kita gambar adalah buah semangka. Dengan adanya motif garsi-garis itu. Semakin terang. karena cahayanya datang dari kiri. Menggambar dengan pensil itu mudah . Kita datangkan sinar dari arah kanan atas. Saat mengarsir pensilnya juga jangan ditekan supaya menghasilkan warna daging yang mirip aslinya. Pertama. kita buat lingkaran. kita mengarsir dengan cara mengurangi tekanan pensil pada kertas. 2. b. Daging buahnya diarsir dengan pensil yang tidak terlalu hitam/lunak. c. Kita bisa menggunakan satu macam pensil saja untuk mengarsir semangka utuh ini. Menggambar Alpokat disertai langkahnya. semakin berkurang tekanan pensilnya. Menggambar semangka sama mudahnya dengan menggambar manggis. misalnya 3B. 1. Kita memberikan tekanan yang lebih saat mengarsir motif semangka.d. tambahkan satu buah bidang berbentuk setengah lingkaran. Bijinya diarsir gradasi menggunakan pensil 6B atau 7B. contohnya pensil 6B. Supaya lebih menarik. Sedangkan untuk kulit yang warnanya lebih terang. 5. Buah semangka memiliki kulit mulus juga. sehingga kita harus membuat efek pantulan sinar pada permukaan kulit semangka. 3. Sedangkan semangka utuh kita beri motif garis-garis sembarang. Buat bayangan alpokat memanjang ke kanan. Perhatikan gambar.

Lakukan langkah pertama seperti ketika membuat semangka. Di tengahnya ada biji apel yang masih terselip. ujung setengah lingkarannya tidak runcing tapi kita buat tumpul. Selanjutnya buat arsiran bayangannya. Buat arsiran gradasi disertai efek pantulan sinar pada permukaan mulus kulit apel. Kita tambahkan sedikit lengkungan di bagian atas lingkaran. 1. Kalau semangkanya berdaging kuning. Sedangkan buah yang dibelah. tapi kita pindah setengah lingkarannya di sebelah kanan depan. apel bentuknya tidak benar-benar bulat. Perhatikan baik-baik contoh gambarnya. Daging buahnya kita arsir merata dengan penekanan biasa menggunakan pensil 5B (karena ini adalah semangka berdaging merah. Kita bisa menggunakan pensil 6B untuk mengarsir dengan tingkat penekanan yang berbeda dibandingkan semangka. c. Apel a. 3. Dasar apel juga tidak bulat. arsirannya lebih terang lagi).•d. Menggambar dengan pensil itu mudah | 23 . Berbeda dengan semangka. 6. Menggambar semangka disertai langkahnya. Di situ kita gambar tangkai buahnya. b. Seperti semangka. Buah yang sudah dibelah juga tidak berbentuk setengah lingkaran persis. d. 2. Di bagian pertengahan atas buah diberi garis lengkung sebagai kesan cekung. e. kita juga mendatangkan cahaya dari kanan atas.

Buatlah gradasi dan efek pantulan sinar. kan? Menggambar apel disertai langkahnya. Daging apel yang putih juga diberi sedikit sekali arsiran. yang bawah agakgelap.e. Garis-garis bantu juga perlu dibuat untuk mempermudah menggambar dasar dan bagian atas buah yang menonjol. Gunakan pensil yang agak keras. b. Buat bayangannya juga. 3. seperti 2B atau 3B. 7. Bagian atas buah diarsir lebih terang. Lihat gambar! Di tengahtengah buah dibuat pula tangkainya. Menggambar paprika disertai langkahnya. tapi mengambang saja.Tanpa tangkai pun tak masalah. Menggambar dengan pensil itu mudah . f. c. kita tambahkan tonjolan-tonjolan. 1. Buat arsiran bayangan yang memanjang ke kiri. d. Kemudian tiap lekukan juga diarsir lebih gelap supaya terlihat konturnya. Itupun saat mengarsir. Paprika memiliki permukaan mulus tapi tidak rata. Sketsa paprika dimulai dengan membuat tabung yang alasnya lebih kecil daripada atasnya. Dari bentuk gelas yang rata. 2. Jadi arsirannya pun mengikuti kontur lengkungan-lengkungan permukaannya.Jadi kelihatan lebih hidup. pensilnya tidak ditekan di kertas. Sinarnya kita datangkan dari kanan atas. Paprika a.

Ambil pensil yang goresannya tebal. Gambarlah garis lengkung sejajar dan sebuah garis lurus yang tegak lurus. Semakin lama kelihatannya semakin susah saja bentuk buahnya? Wah. Pegang pensil seperti biasanya atau nyaris vertikal. d.Tapi hanya dengan garisgaris lengkung kita bisa membuat buah pisang yang lezat. Gampang kan? Bolehlah kita buat gambar rambutan yang terkelupas kulitnya. Selanjutnya gores-goreskan di setiap lingkaran. Selanjutnya tinggal mengarsir. Buatlah bulatan-bulatan polos seperti menggambar anggur.Tidak ada efek pantulan cahaya.8. 9. b.Yang ada hanya arsiran terang dan gelap. mari kita buktikan.Tutup semua kulit rambutan dengan goresan rambut ini. Pisang tidak punya bentuk yang pasti. jadi tidak mulus. Menggambar dengan pensil itu mudah | 23 . Jika belum pandai meggambar rambut. Lakukan saja secara acak. Yang paling penting dari rambutan adalah memberikan efek rambut! Pastinya rambut ini bisa kita buat dengan sangat mudah dan cepat. Goresannya tidak usah panjang-panjang dan tidak usah terlalu rapi. apakah bulat atau persegi. Lihat dan perhatikan gambar. Kulit rambutan ditutupi banyak rambut. Cara mengarsirnya seperti cara mengarsir alpokat matang. coba terus! Menggambar rambutan disertai langkahnya. Pisang a. Rambutan a. c.

Ujung-ujung persegi panjang dibuat melengkung sehingga menjadi bentuk lonjong. Di tengah belah ketupat-belah ketupat itu dibuat semacam sisik atau sejenis kulit buah. Kita memberikan sinar dari atas pisang. Arsiran pertama adalah bonggol pisang. Pisang diarsir keseluruhan.Yang kita buat pertama kali adalah persegi panjang.Tepi daun nanas dibuat berduri. c. 1 Menggambar pisang disertai langkahnya. Bekas potongan diberi arsiran kasar dengan warna terang. Masing-masing garis lengkung ditambah dua garis lengkung lagi. Lihat gambar! Sementara bonggol pisangnya digambar silinder. Lihat gambar! d. Nanas a. Sementara bagian bawah nanas kita gambar kelopak/pangkal buah. Bagian bonggol pisang dan ujungnya tidak menempel pada lantai/meja. Menggambar dengan pensil itu mudah . Kita perlu menggambar daun-daun yang mirip ekor ayam jago itu. Ini adalah bagian yang rumitTiap belah ketupat harus digambar sedemikian rupa sehingga tampak menonjol. Kemudian bagian luar bonggol diarsir gelap dengan pensil tebal. b. Kedua garis lengkung menyatu di ujung sehingga terbentuklah buah pisang.b. Kita tinggal membuat garisgaris serong ke kanan dan ke kiri. Sebelum diarsir kita harus membuat sisik buah. Buah nanas yang kelihatannya susah digambar. Gunakan penggaris siku-siku untuk hasil lebih baik. ternyata mudah dibuat. Arsiran pisang tidak menunjukkan gradasi yang berarti seperti buah lainnya. 10. c. Bagian pangkal pisang juga diarsir dengan arsiran gelap.tapi dibuat lebih tebal pada sisi bawahnya. d. Garis-garis tersebut berfungsi untuk membentuk belah ketupat dalam bentuk mini dan banyak. Jangan lupa tambahkan bayangan.

kita pun harus membuat perbandingan ukuran antara buah yang satu dengan yang lainnya. Ini diperlukan agar efek tonjolan lebih kelihatan. Begitu juga dengan arah datangnya sinar. 2. sedangkan yang berukuran kecil digambar dalam jumlah lebih banyak. Proporsi Buah-buahan Sekarang mari kita coba menggambar kesepuluh jenis buah dalam satu halaman kertas. Buah yang besar kita gambar dengan jumlah sedikit. dan ketelatenan. Menggambar dengan pensil itu mudah | 23 . Mengarsir nanas juga memerlukan ketelitan. kejelian. 3. 11.Jika kita bisa membuat perbandingan mirip dengan ukuran buah sebenarnya. maka buah-buah bervitamin kita jadi enak dilihat. Mengarsir nanas sama dengan mengarsir satu demi satu sisiknya. Mengarsir buah nanas juga tidak sama seperti buah-buah lain yang berkulit rata. Menggambar nanas disertai langkahnya.e. Dalam gambar ini. 1. kan? Kita juga bebas menentukan posisi dan jumlah buah yang hendak digambar.

Menggambar dengan pensil itu mudah .

30 | Menggambar dengan pensil itu mudah . Kita juga memerlukan lingkaran-lingakaran bantu kecil yang berfungsi untuk menggambar bunga nantinya. Lingkaran-lingkaran tidak digambar menghadap ke muka semua. Jika kita mengikuti langkah-langkah yang tertera di bawah ini. jadi datangnya sinar dari arah mana saja. Lalu kita tambahkan garis lengkung sejajar dengan garis-garis yang sudah kita buat. Kemudian dari tiap lingkaran kita gambar mahkota berjumlah lima buah. Anggrek a. apakah menghadap ke muka.MENGGAMBAR BUNGA unga-bunga indah di taman adalah objek menarik untuk digambar. teknik mengarsir terang gelap harus diutamakan juga supaya bunga terlihat lebih hidup. b. Awalnya kita menggambar garis lengkung sembarang tegak lurus. Dengan demikian. tetapi ada pula yang serong. kita telah mendapatkan gambar batang dan tangkai. Namun demikian. I .Tangkai harus digambar dengan sangat tipis/ramping supaya terlihat bahwa tangkai bunga anggrek tidak sekaku batangnya. Mahkotanya pun disesuaikan dengan arah bunga. Kita harus tahu bahwa anggrek tumbuh pada batang di antara daun-daun/di ketiak daun. niscaya kita akan mendapatkan kemudahan dalam menciptakan karya seni rupa bunga. Bunga-bunga ini kita misalkan berada di luar ruangan.

Bunga juga perlu diarsir seperti dalam gambar.samping. Lihat gambar. Kita perlu menambahkan kelopak/dasar bunga serta lidah anggrek. atau belakang. c. Batang diarsir dengan arsiran kasar dan terang. berhimpitan dengan daun. Kita bisa perhatikan di contoh gambar. tapi dasar bunganya tidak terlihat. Bagian tengahnya diarsir gelap untuk menimbulkan efek cekung. Kita sempurnakan gambar anggreknya. Daun diarsir halus dengan bagian bawahnya lebih gelap karena kita mendatangkan sinar dari atas tanaman. BungaTerompet Kecil 30 | Menggambar dengan pensil itu mudah . Dan bunga juga berada pada salah satu ruas batang. » d.Tiap daun tumbuh di tiap ruas batang. Sedangkan yang menghadap ke belakang hanya kelihatan pangkal bunganya saja. Menggambar anggrek disertai langkahnya. 2. e. Anggrek yang menghadap ke muka dan samping kelihatan lidahnya. Ruas-ruas pada batang juga harus digambar. mahkotanya kita beri arsiran gradasi. Lidahnya diarsir dengan pensil tebal.

Bagian bawah bunga (yang ternaungi mahkota) juga diarsir agak tebal sedikit. Sedangkan garis di samping kanan dan kiri diberi kuncup pada ujung atasnya. Bagian tengah bunga diarsir lebih tebal lagi sebagai efek cekung. Daun juga perlu diberi arsiran gradasi supaya timbul efek tidak rata pada permukaannya. Bentuk dasar bunga harus seperti terompet. Sementara itu garis lengkung di bawah kuncup kita jadikan gambar dedaunan.Tambahkan gambar tulang-tulang daun supaya lebih mirip daun aslinya. cukup 2B saja. Putik bisa digambar secara acak. b. 30 | Menggambar dengan pensil itu mudah . e. Gambarlah kelopak bunga dan kuncupnya. Kita gambar terlebih dahulu garis-garis melengkung dan batangnya. Sempurnakan batang tangkai bunga dengan menambahkan garis-garis sejajar.a. Itu pun arsirannya harus tipis. Melalui bentuk oval tadi kita menggambar mahkota bunga berjumlah 6 buah. Kita tambahkan gambar putik di tengah-tengah bunga. Daunnya bertumpuk antara yang satu dengan yang lain. Kita mengarsir bunga dengan pensil yang tidak tebal. Kita juga perlu membuat garis-garis lengkung yang lebih pendek tapi bercabang di bawah kedua kuncup. d. c. Arah bidang oval digambar sesuai dengan arah ujung garis batangnya.

Kita bisa membuat lingkaran-lingkaran sebagai bantuan untuk menggambar mahkotanya. 2. Kelopak dan dasar bunganya juga mirip bunga terompet tapi lebih pendek (tidak mirip 30 | Menggambar dengan pensil itu mudah . 3.1. Garis-garis melengkung yang menempel di bawah bunga bermahkota lima tersebut adalah tangkainya. Menggambar bunga sepatu mirip seperti menggambar bunga terompet. b. Bunga Sepatu Menggambar bunga terompet kecil disertai langkahnya. a.

Ujung putiknya diberi gambar serabut. c. Oleh karena itu. Kelopak kuncup memiliki ketebalan arsiran yang sama dengan daun dan batang. Bagian tengah bunga diarsir kasar (dipenuhi dengan titik-titik). Kemudian arsirlah mahkota bunga dengan pensil yang tidak tebal. 30 | Menggambar dengan pensil itu mudah . tapi efek lengkungan juga harus diperhatikan (menggunakan arsiran gradasi). Buatlah kesan bahwa gerigi daun tidak setajam dan sekaku daun nanas. kita gunakan teknik menggambar putik seperti ketika kita menggambar rambutan dan putik bunga sepatu. Sedangkan putiknya juga sangat banyak dan ukurannya kecil-kecil. menjuntai melebihi tinggi bunganya. masih ingat kan caranya? c. Kuncup bunga diarsir dengan cara yang sama ketika mengarsir mahkota bunga mekar.Tulang daunnya juga harus digambar sejajar dan tepi daun sedjkit bergerigi. Tambahkan garis-garis sejajar untuk membuat tangkai bunga.terompet). 4. . mirip daun bunga sepatu (tepinya tidak rata). Putik bunga sepatu paling istimewa karena ukurannya panjang. d. Kita tidak perlu membuat tangkai tambahan untuk menggambar daun. Sempurnakan batangnya dengan cara membuat garis sejajar. Kita harus menggambar mahkota krisan secara penuh. Daun bunga sepatu kita gambar di bawah bunganya saja. Daun diarsir gradasi untuk menimbulkan efek tidak rata di permukaanya. Mahkota tersebut memiliki luas yang lebih kecil daripada mahkota bunga sepatu ataupun bunga terompet. saling berhimpitan mengelilingi bagian tengah bunga. mahkota. Bagian tengah bunga kita beri gambar putik. Cara menggambarnya sama seperti menggambar rambut pada buah rambutan. Daun krisan menempel pada tangkai pokok bunga.

Jangan lupa diberi gambar kelopak mawar yang terbuka pada mawar yang terbuka.Tepinya digambar bergerigi. Mahkotanya bertumpuktumpuk. Bunga mawar kita menghadap ke atas. Gambar batangnya juga disempurnakan. Supaya lebih mudah. Kita menyempurnakan gambar daun. Salah satu cabangnya memiliki cabang lagi. Kita beri dua buah cabang. kita gambar bentuk mug. kita gambar dulu pola bunganya.Menggambar krisan disertai langkahnya. Mawar a. mahkotanya digambar sangat rapat seperti pada kuncup. Mengarsir bunga mawar juga perlu gradasi. tapi ukurannya pendek-pendek. Pertama. c. b. Dari bentuk mug tersebut. Gelap-terang-gelap di mahkota sangat 30 | Menggambar dengan pensil itu mudah . Di ujung atas bunga. Geriginya kecilkecil. Jangan lupa diberi gambar duri-duri. Mug kita sangga dengan garis vertikal panjang yang agak melengkung. Semakin ke atas mahkotanya semakin rapat. Kuncup bunga mawar bentuknya lebih bulat daripada kuncup krisan. Daun-daun digambar pada cabang-cabang yang pendek. 5. d. kita menggambar mahkota mawar.

6. Gambar rangkaian bunga cantik di bawah ini menunjukkan gambar bunga yang dilihat dari perspektif berbeda. Proporsi Gambar Bunga Bunga-bunga yang telah kita gambar tadi bisa kita jadikan rangkaian bunga cantik ini. Catatan:Sebelum rangkaian bunga digambar. kita perlu membuat pola berbentuk hati teriebih dahulu agar hasilnya simetris. Bagaimanapun juga. Mawar disertai langkahnya. Bunga digantung di dinding dengan anyaman tanaman merambat. Lihat gambar. . Lingkaran-lingkaran juga perlu dibuat agar bunga-bunga sejenis memiliki ukuran yang sama. kita harus bisa membuat ukuran proporsi antara bunga satu dengan bunga lain. Sementara kita melihat bunga tepat di depan mata kita. Daunnya diarsir dengan arsiran gradasi juga.diperlukan untuk mengesankan bahwa mahkotanya tampak bertumpuk-tumpuk.

Menggambar dengan pensil itu mudah | 35 .

tetapi lebih ekspresif. Kita bisa menentukan sendiri jumlah ranting atau tinggi pohon yang akan kita gambar. MENGGAMBAR POHON ketentuannya. b. Untuk membuatnya sempurna.Tidak ada keharusan atau patokan tertentu. Gambarlah batang dengan cara membuat dua garis sejajar vertikal di bawah segitiga. sebab pohon cemara memiliki batang yang lebih ramping dibandingkan pohon mangga atau beringin. c. Dalam waktu lima menit sebuah pohon 5 I. Lakukan teknik menggambar seperti pada poin sebelumnya. Gambarlah segitiga sama-kaki. ya? Mudah saja. Gambar daun dibuat secara rapat dan memenuhi segitiganya. Kemudian keliling segitiga kita beri efek yang menunjukkan bahwa tanaman ini berdaun jarum. Bagaimana. panjang vertikal yang membelah segitiga sama-kaki. dalam menggambar pohon. Cemara a. tetapi kerapian juga perlu diperhatikan. Pada bagian yang tidak terkena sinar. goreskan pensil dengan Menggambar dengan pensil itu mudah j 37 . Daun-daun cemara bisa kita gambar dengan cepat menggunakan teknik menggambar seperti pada saat menggambar rambutan. lalu garis enggambar pohon memang rumit. menggambar suatu jenis pohon juga tidak boleh meninggalkan syarat dan tercipta di kertas kita. Sangat mudah menggambar pohon cemara. Batang cemara ini tidak boleh terlalu besar.Namun. Biarpun daunnya digambar secara acak. seperti ukuran tinggi dan jumlah batang. Garis tersebut digambar panjang sampai ke luar segitiga. kita harus menggambar garis bantu teriebih dahulu. Bagian tengah segitiga juga harus diberi efek daun jarum. d.

penekanan lebih. a. Daun dan batang tidak perlu diamplas untuk memberikan efek kasar. b. rantingnya semakin kecil. apalagi jangka. 1. kanopi (daun-daunnya) tidak begitu rimbun. Sangat mudah menggambarnya. Kita bebas menentukan banyaknya cabang dan ranting. penggaris siku. Kita gambar batang pokok pohon teriebih dahulu beserta cabangcabangnya. Pola daun ini juga bisa Menggambar dengan pensil itu mudah j .Tidak ada teknik khusus dalam menggambar pohon ini. 2. memiliki karakter batang yang berwarna lebih terang. Semakin ke atas/ujung. 4. Kemudian pada tiap-tiap cabang ranting dibentuk pola-pola daun.Tidak perlu penggaris. Cemara disertai langkahnya 2. 3. misalnya kelor. Bayangan jatuh di sebelah kiri pohon. Pohon Berkanopi Jarang Pohon seperti ini. Kita akan menggambarnya secara umum saja. Sebenarnya banyak sekali jenis pohon seperti ini. Lihat dan perhatikan gambar! Sedangkan batangnya cukup diarsir kasar.

Terakhir. 1. Pohon jenis ini batangnya diarsir lebih terang. Sehingga akan tercipta pola daun yang tepinya bergerigi halus. kita menggerakkan pensil dengan cara menggetarkan tangan kita. Buatlah gradasi. 3. c. Jadi gunakan pensil yang tidak tebal. Selanjutnya bagian bawah/dasar kanopinya diberi arsiran lebih tebal untuk menunjukkan bahwa bagian bawah kanopi terlindung dari sinar. 2. bentuknya pun acakjika hasil gambarmu tidak sama seperti contoh yang terSedia. arsiran kanopi semakin tipis. Menggambar dengan pensil itu mudah j 37 . Pertama daun diarsir secara merata dengan satu macam jenis arsiran/warna.dikerjakan secara cepat. d. Mengarsirnya pun tidak usah terlalu halus. Saat kita menggambar pola daun. jangan khawatir. Lalu dedaunannya bisa menggunakan pensil yang cukup tebal seperti 6B. Pohon berkanopi jarang disertai langkahnya. buatlah arsiran bayangan pohonnya. Batang pohon tidak perlu diberi efek kulit pohon secara berlebihan dengan cara mengarsir kasar dan tebal. semakin ke atas.

e. pohon ini tidak semua batangnya kelihatan karena tertutup oleh kanopinya yang tebal. c. Batang ini tidak berbentuk silindris rata. Contoh jenis pohon seperti ini adalah pohon kenari. Pada pohon seperti ini. 2. b. Mengarsir batang pohon ini tidak perlu diampelas/digosok. Cara mengarsir daunnya juga sama dengan mengarsir daun pada pohon berkanopi jarang. a. Batang pohon seperti ini berukuran lebih besar/tebal tidak seperti pohon berkanopi jarang yang ramping. Kita gambar teriebih dahulu batang terbawah pohon beserta sebagian akar-akarnya yang tersembul dari tanah. dan ranting-rantingnya. atau pohon di hutan tropis. pohon oak. d.3. Kita juga sebaiknya memberikan garis-garis rapat sejajar pada batang untuk membuat kesan kulit pohonnya kasar. Gambarlah pola dedaunannya. sebaiknya kita harus cukup telaten untuk membuat detailnya. Bedanya dengan pohon berkanopi jarang. Pohon Berkanopi Rindang Agak berbeda dengan pohon berkanopi jarang. Menggambar dengan pensil itu mudah j . Kemudian kita gambar cabang-cabang. Kita perlu membuat gradasi juga agar permukaan batangnya terlihat memiliki kontur. batang. sebagian besar batangnya diarsir tebal. 1. Caranya mirip seperti pada cara menggambar pola daun sebelumnya (kerjakan dengan cepat dengan cara menggetarkan pensil di antara jemarimu). 4. Ini sebagai tanda bahwa kanopi menaungi batangnya.Tapi karena konturnya cukup banyak. Justru lebih mudah menggambar pohon seperti ini. Arsiran batang adalah arsiran kasar. 3. kita tidak perlu menggambar cabang dan ranting yang berada di ujung batang pohon. Kanopinya juga harus cukup tebal.

Batang pohon palem beruas-ruas. Sedang pelepah yang tegak lurus.Pohon berkanopi rindang (contoh ini adalah pohon kenari) disertai langkahnya.Tiap pelepahnya kita beri garis-garis yang meruncing pada ujung pelepahnya. c. b. a. mirip daun pisang. Pangkal batangnya tertutup dan sedikit akar serabutnya tampak. d. Pada ujung garis tersebut kita tambahkan beberapa garis melengkung lagi. Palem Pada umumnya pohon palem yang paling kita kenal adalah pohon kelapa. Gambar berikut bisa kita anggap pohon kelapa. Perhatikan gambar. Agar daunnya mirip kelapa. Lalu kita buat dulu pelepah-pelepahnya. Jadi. Batangnya diarsir dengan arsiran gradasi terang-gelap. bisa tegak. kita jadikan sebagai janur palem. Lihat dan perhatikan gambar! Menggambar dengan pensil itu mudah j 37 . 4. Kita membuat garis melengkung condong ke kanan. condong ke kanan atau ke kiri. Bentuknya bebas. tidak diberi tambahan garis lengkung. kita gambar garis-garis rapat seperti rumbai-rumbai.Yang kita buat kali ini adalah pohon palem yang condong ke kanan.Jangan lupa batangnya diberi gambar garis-garis sejajar. Cahaya datang dari arah kiri. Ujung rumbainya dibuat runcing.

Bagi yang belum terbiasa memang tampak sulit.tetapi batangnya tersusun dari banyak pelepah. tapi ternyata mudah sekali. kamu bisa menggambar binatangbinatang cantik yang tampak hidup. 5. Bagian bawahnya kita gambar mirip pangkal batang palem. Pada pangkal batang. MENGGAMBAR BINATANG M enggambar binatang ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. sedangkan ujungnya dibuat mengecil. Buat gambar garis sejajar di setiap garis-garis yang telah kita buat sebagai gambar daun. Gambarlah batang pisangnya dulu. Batang pohon tidak diberi efek kayu. arsirannya dibuat lebih gelap untuk mengesankan bahwa pelepah batangnya sudah tua dan kering. Sedangkan ujung atas batangnya kita ubah menjadi daun yang masih kuncup. Menggambar dengan pensil itu mudah j . karena pisang tidak memiliki unsur kayu. Kemudian gambarlah garis-garis melengkung.Tinggal ikuti langkah-langkah sederhana. kita beri efek sobekan-sobekan dan sedikit gelombang pada tiap-tiap helai daunnya. maka arsiran batang dan daunnya dibuat senada. Beberapa garis digambar sebagai patokan untuk membuat gambar daun. d. Karena tidak memiliki unsur kayu. kita juga harus memberikan efek gradasi pada tiap lekukan daun dan bekas sobekan untuk menunjukkan permukaan daun yang tidak kaku. Namun.Menggambar palem disertai langkahnya. b. c. Pohon Pisang a. Supaya daunnya lebih natural.Akar serabut juga diperlihatkan sedikit.

e. f. Paruh angsa berbeda dengan paruh bebek. Kita menggambar mata dan paruh pada kepalanya. tapi tentu saja angka ini tidak memiliki sudut atau siku.Tentunya penggambaran ini dibuat sesuai imajinasi kita masingmasing. Setelah itu kita mesti membuat arsiran halus tapi acak untuk menciptakan kesan air berserta gelombang-gelombang kecil yang mengitari si angsa. Garis melingkar bebentuk oval ini tidak perlu digambar penuh. Cara menggambarnya pun sepertinya sudah umum.I. Angsa kita akan diberi arsiran tipis saja. f. Buatlah garis berbentuk angka 2. tapi putus-putus saja. kita harus membuat efek bulu-bulu. Bagian lehernya diberi garis yang sejajar. mari kita tambah garis lagi sehingga angka dua ini tertutup. kita membuat garis-garis melingkar di bawah badan angsa.Angsa adalah angka 2 ajaib karena posisinya seperti angka 2 jika dilihat dari samping. Sedangkan perut angsa garisnya menggembung. Paruhnya memiliki tonjolan di bagian atasnya. Kemudian kita harus menciptakan efek air supaya gambar kita lebih hidup. Sebelum mengarsir air. gambar si anak itik yang buruk rupa sudah jadi.Agar sayapnya terlihat lebih nyata. Gambar bayangannya tidak perlu persis seperti gambar angsanya. c. Gradasi diperlukan pada bagian-bagian tertentu/ lekukan tubuh. Perhatikan gambar. Bayangan angsa pun terlihat bergelombang di air. Goresan melengkung ini adalah sayap yang dilipat. a. kita juga harus membuat goresan di badannya. b. Menggambar dengan pensil itu mudah j 37 . Perhatikan baik-baik arsiran airnya! Nah. Dari satu garis yang telah kita buat sebelumnya. Selain paruh dan mata. ya! d. Angsa Hewan ini biasanya digambar pada posisi sedang berenang.

silakan perhatikan gambar. Mari kita buat gambar trapesium kecil. kita bisa membuat kepala lembu.2. Lembu Menggambar angsa disertai langkahnya Jika kita sedang duduk-duduk di bawah pohon di suatu padang rumput desa. a. . Kita sambungkan dengan trapesium yang besar. sedangkan yang lainnya hanya terlihat Menggambar dengan pensil itu mudah j . dan mencetak gambarnya lewat goresan pensil. Dari sebuah trapesium kecil. Gambarlah garis horizontal agak melengkung ke atas di dalam trapesium kecil. Kita bisa sambi! membawa peralatan gambar kita. lalu kita gambar dua buah tanduk. c. b. salah satu matanya kelihatan penuh. Garis ini sangat membantu kita untuk membuat gambar mata lembu. Jadi. Sudut-sudut atas trapesium kita buat tumpul. kita mungkin bisa memperhatikan lembu-lembu yang sedang diumbar. Posisi wajah lembu kita buat serong. Pada bagian bawah trapesium kita pasangkan empat buah garis. Supaya lebih jelas dimana penempatan garisnya.

Mengarsir dilakukan dengan penekanan sedang. Bagian lipatan dan lekukan badan diarsir lebih tebal. Perhatikan gambar! Kaki depan dan kaki belakang memiliki bentuk yang berbeda. g. Dan tambahkan gambar puting susunya! Ini penting karena menjadi identitas seekor lembu betina. dan moncongnya diarsir menggunakan pensil yang paling tebal. e. Menggambar dengan pensil itu mudah j 37 . Garis-garis vertikal yang menempel di bawah trapesium kita sempurnakan menjadi kaki lembu. tanduk. Kita tinggal menggambar garis melengkung ke kiri berhimpitan dengan kaki-kaki trapesium.sebagian saja. supaya si lembu kelihatan memiliki tengkuk. Pastinya punggung si sapi tidak sedatar garis atas pada trapesium besar. Moncong dan tanduknya diberi sedikit gradasi. f. Bisa menggunakan pensil 7B. Kemudian gambarlah moncongnya dengan dua lubang hidung. Kuku. d. Perutnya juga digambar cembung. Pipi si lembu juga kita gambar serong. Sebaiknya kita membuatnya sedikit melengkung ke bawah. Ekornya yang menjuntai di bokong juga harus digambar berambut pada bagian ujungnya. Di bawah tanduk kita buat gambar daun telinganya.

d. Ini akan menunjukkan karakter bulunya. Kemudian ekornya juga perlu kita gambar. Kita juga harus menggambar lehernya supaya lebih terlihat bahwa si pipit sedang menatap ke atas. Di bawahnya terdapat badan yang mirip seperti badan bebek/angsa berenang. Pertama. Kemudian punggungnya ditutup dengan arsiran halus yang lebih terang. Rantingnya juga harus diarsir dengan arsiran tebal dan agak halus. Lalu kita beri gambar paruh. bagian sayapnya juga. Bagian punggungnya diberi corak garis-garis acak. Kaki yang satunya lagi digambar sedikit saja karena si burung sedang bertengger pada sebatang ranting pohon. Semakin ke perut. arsirannya semakin terang.Lembu disertai langkahnya 3. Hal ini bukan karena cahaya datang dari bawah. c. Hanya salah satu kaki saja yang kita gambar utuh. Garis bantu yang melengkung di kepala untuk mempermudah kita meletakkan mata burung. Si pipit digambarkan sedang menengadah. Di bagian tubuhnya diberi gambar garis untuk menciptakan sayap yang dilipat. Lihat gambar! b. Pipit a. tetapi bulu burung memang terdiri dari berbagai macam warna. Ekornya juga diberi garis-garis seperti kipas. Burung pipit diarsir menggunakan arsiran campuran. Menggambar dengan pensil itu mudah j . Kemudian sayap burung diberi efek bulu-bulu. mari kita gambar lingkaran.

semakin ke perut semakin tebal. d. kita gambar cabang batang pohon. Supaya lebih indah. ular kita gambar dengan motif totol-totol di bagian punggungnya. Menggambar dengan pensil itu mudah j 37 .Agar terlihat garang. mata yang berada di sisi lain tidak tampak. c. Di tengah-tengah tubuh si ular yang berbentuk spiral. Ular a. Garis tersebut kita bentuk seperti yang terlihat pada langkah kedua. Sekarang giliran binatang melata yang akan kita gambar. Seekor ular sedang bergelayut di salah satu cabang pohon dapat kita ciptakan hanya dari sebuah garis berbentuk spiral.Burung disertai langkahnya 4. Matanya yang kelihatan hanya satu. si ular diberi lidah bercabang yang sedang dijulurkan. b. kemudian meruncing pada bagian ekomya. Bagian kepala ular digambar agak kecil.

Bagian perutr bergaris dan diarsir terang. Menggambar dengan pensil itu mudah j . e. Bagian punggung ular diarsir lebih gelap. Kalau angsa.sedangkan bagian perutnya tidak. Cabang batang pohon pun kita beri garis-garis acak untuk memberikan efek kulit kayu. bagian ujung ekor melengkung ke atas. Ular disertai langkahnya. Cabang pohon diarsir kasar/acak. Bangau a. kita harus menggambar garis berbentuk seperti angka dua terbalik.Totol-totolnya diarsir paling tebal. Hampir sama dengan menggambar angsa. Pertama. tetapi memiliki gradasi karena ada bagian yang tersembunyi. 5.

sedangkan bangau ujung ekornya melengkung ke bawah. Kemudian kita tambahkan garis sejajar hingga angka dua terbalik menjadi tertutup. Paruhnya lebih panjang dibandingkan paruh angsa. Kita juga harus memberi efek bulu di badan bangau seperti pada gambar. Perhatikan gambar! d. Menggambar dengan pensil itu mudah j 37 . Tambahkan gambar paruh dan mata. b. Kita akan menggambar bangau yang sedang berdiri dengan satu kaki. Bangau tersebut sedang berdiri di tanah sehingga arsiran bayangannya lebih mudah digambar. Kemudian kita gambar garis-garis sebagai kakinya. dan juga meruncing seperti jarum.tetapi tetap dibuat gradasi arsiran gelap pada lekukan tubuhnya. c. Langkah selanjutnya adalah menggambar sayap yang terlipat. Tambahkan garis sejajar hingga gambar kaki terbentuk. Lakukan dengan pensil yang tidak tebal.Sempurnakan dengan ruas-ruas kecil untuk menunjukkan kulit kaki yang kasar. Hanya kita gambar teriebih dahulu pahanya. Beri gambar kuku-kuku di ujung jarinya. Mengarsir bangau seperti membuat arsiran pada angsa. Sayap ini harus digambar sejajar dengan badannya dan menutup hampir seluruh badan bangau. e. f. Coba tirukan cara menggambar kaki pada gambar langkah ketiga.

6. Pertama kali yang kita gambar adalah lingkaran. Rusa a. Keduanya akan menjadi gambar kepala rusa. lalu moncongnya digambar berhimpitan pada lingkaran.Tambahkan garis-garis sejajar Menggambar dengan pensil itu mudah j .Bangau disertai langkah-langkahnya.

Hampir seluruh tubuh rusa diarsir dengan ketebalan sama. Itu nanti yang akan jadi pangkal/tempat tumbuh tanduk. Namun. Perhatikan gambar! Ekornya tidak panjang seperti lembu. kita menggambar wajah rusa dengan posisi serong. Sebelum mengambar kaki. Kita perlu juga membuat garis bantu untuk menentukan posisi mata. Eh. Kita gambar hidungnya pada ujung moncong rusa. Sama halnya dengan lembu atau binatang berkaki empat lainnya. lalu kita sambung dengan badannya. bentuk kaki depan dan belakang tidak sama. kecuali bagian bawah moncong dan lehernya. kita pun sebaiknya membuat pola-pola seperti contoh gambar sebagai patokan gambar paha dan lutut rusa. sementara yang lain tidak. Salah satu daun telinganya kelihatan utuh. Seperti lembu.Tanduk rusa diberi arsiran kasar tapi lebih terang (diarsir dengan penekanan ringan). di atas lingkaran diberi gambar seperti tombol berjumlah dua buah. pada bagian-bagian tubuh tertentu harus diberi arsiran gradasi gelap-terang untuk menunjukkan lekukan tubuh yang tersembunyi. Kuku-kukunya diarsir dengan pensil yang paling tebal. Di kedua pangkal tanduk kita beri gambar tanduk-tanduk bercabang. w- Rusa disertai langkah-langkahnya. 50 | Menggambar dengan pensil itu mudah' . Selanjutnya kita sempurnakan gambar kakinya.sebagai leher rusa.

2. Sekarang mari kita coba menggambar ikan sedang melompat dari dalam air.. Buat garis melengkung di bagian kepalanya. Seekor ikan bergerak menggunakan sirip.Arsirannya pun acak. tapi arsiran air ini harus dibuat halus. 4. Sirip dada juga harus digambar. Ikan Menggambar ikan berenang sudah biasa. Sedangkan sirip punggung hanya terlihat sedikit. Bentuk gelombang air kita gambar secara acak. jika pada gambar angsa kita menggambar efek gelombang air tenang dan teratur. tetapi menggambar ikan yang sedang melompat ternyata lebih mudah. Kepalanya diarsir gradasi lebih terang daripada badannya. d. maka kali ini kita akan menggambar efek air beriak seperti gelombang. Menggambar ikan berenang itu mudah. 0 | Menggambar dengan pensil itu mudah' . e. a. f. Perhatikan garis berhimpit yang menimbulkan efek melengkung pada gambar contoh. Garis lengkung kita buat jadi bidang tertutup.Awalnya kita hanya perlu menorehkan sebuah garis lengkung asimetris. Sirip-sirip diberi arsiran berupa garis-garis sejajar. ► b. Buatlah gradasi pada bagian tubuh yang sedang meliuk. Efek sisik ikan ditimbulkan dari arsiran silang dengan pensil yang tidak tebal. Kepala ini arsirannya halus. c. Kita gambar mulut ikan sedang terbuka. Oleh karena itu.7. Tambahkan garis melengkung di bagian bawah sebagai ekor. 5. Bagian bawahnya lebih runcing. Garis iengkung ini harus dibuat kesan sebagai suatu objek yang bentuknya agak pipih. 3. kita sempurnakan gambar ekornya. 1.

Arsirannya juga tidak tebal. Hal ini penting karena bayangan yang tidak berhimpit dengan objek menimbulkan efek melayang/terbang/meloncat. kamu bisa menggunakan garis bantu. b. merasa bahagia. Tambahkan gambar mata. Untuk membuat anjing lebih hidup. tidak kaku seperti cuping telinga lembu atau rusa. Selanjutnya kita buat gambar badannya. Bila kesulitan menentukan letak hidung dan mulut. Kedua telinganya menjuntai. Lagi-lagi kita akan membuat gambar lingkaran besar dan lingkaran kecil berhimpitan. Ekornya kita gambar tegak.Menggambar ikan disertai langkahnya. Keempat kakinya kita gambar dengan posisi lurus ke depan dan belakang. menandakan anjing ini memiliki warna bulu yang terang. c. Anjing a. Mata anjing terlihat semua. 50 | Menggambar dengan pensil itu mudah' . kita perlu memberikan efek bulu (seperti yang telah kita buat pada gambar beruangTeddy). Sedangkan bayangannya tidak berhimpit dengan badan anjing. 8. Posisi kepala anjing serong. Sekarang kita akan menggambar anjing yang sedang berlari. menandakan bahwa dia sedang mengibas-kibaskannya. Lihat dan perhatikan gambar! d. e.

Menggambar anjing kecil disertai langkahnya. bunga. 9. dan pohon). Namun. MENGGAMBAR MANUSIA 52 | Menggambar dengan pensil itu mudah . Dengan demikian. binatang yang lebih kecil mudah disesuaikan ukurannya. binatang-binatang yang berukuran besar kita gambar satu ekor. 2. kita pun perlu mengoptimalkan kekuat imajinasi agar proporsi binatang yang terlihat lebih jauh bisa seimbang. Biasanya binatang yang paling besar yang pertama kali digambar. Kamu bisa menggambar salah satu binatang teriebih dahulu sebagai patoka ukuran. Jadi. buah. 3. Proporsi Gambar Binatang. Seperti saat menggambar buah-buahan. sedangkan yang ukurannya lebih kecil sebaiknya digambar lebih da satu ekor.1. terkadang tidak selalu binatang yang kita gambar berada dalam perspektif yang sama (seperti gambar benda.

Kita gambar kedua tangan dan kaki di tubuh si bayi. Kita hendak menggambar bayi yang umurnya 6 bulan ke atas. hidung. Kemudian kita gambar pakaiannya. dan kepala digambar seperti manusia dalam dunia nyata. Sementara untuk menggambar kaki perhatikan langkah 5 dan 6. tapi kali ini kita akan tahu bahwa menggambar manusia itu mudah. tapi juga tidak terlalu gampang. cerdas. Proporsi bentuk mata. e. Si bayi sedang menatap ke atas sambil tertawa. sedangkan kaki kirinya terlipat. Dengan demikian. Di lingkaran/kepalanya. Jari-jari tangan kiri digambar terbuka. a. Rambutnya juga dicukur pendek. dan salah satu tangannya hendak meraih sesuatu. dan ceria.Ada lagi gambar manusia yang sangat natural.Tentu detailnya lebih banyak dan cukup rumit. Cukup pakaian kasual berupa kaus dan celana polkadot. Ekspresi wajah seperti ini menunjukkan karakter seorang bayi yang sehat. Kita pilih jenis gambar manusia yang tidak terlalu rumit. Sementara anime Barat memiliki gaya gambar yang lebih natural (mirip manusia sungguhan). b. Biasanya seniman lukis membuat gambar wajah seseorang dengan contoh foto atau orang sungguhan. I. Sebenarnya penggambaran manusia ada berbagai jenis. kita beri garis bantu untuk menggambar wajah. Contohlah gambar pada langkah 3 dan 4.A ntara perupa yang satu dengan yang lain memiliki cara sendiri untuk menggambar manusia. Kita gambar lingkaran dan tubuh bayi teriebih dahulu. Kaki kanan (langkah 5) posisinya lurus.Yang paling umum digambar adalah jenis 'manga'.Jika kamu ingin menggambar bayi perempuan. Kebanyakan dari kita merasa kesulitan menggambar manusia. Bayi Bayi bukanlah orang dewasa dalam bentuk mini. c. tinggal ubah 52 | Menggambar dengan pensil itu mudah . d. kita bisa menebak bahwa bayi ini berjenis kelamin laki-laki. Lihat! Tubuh bayi lebih berkesan bulat daripada tubuhnya setelah dewasa. f. Garis bantu diperlukan di sini. Kita gambar wajahnya seperti pada langkah 7. Sekarang tiba saatnya bagi kita untuk menggambar manusia. karena proporsi tubuhnya jauh berbeda dengan orang dewasa. Posisi kaki sedang duduk. Kartun Jepang ini digemari di seluruh dunia karena mudah digambar. khususnya dalam tingkat kerumitan menggambar wajah.

karena postur tubuh anak perempuan dan perempuan dew berbeda. Kepalanya kita buat agak lonjong. 2. 2. Jika kita perhatik beri posisi si anak tidak benar-benar menghadap ke depan. Beri arsiran halus pada kulitnya. Ada alasan khusus mengapa kit memilih anak perempuan. tidak bulat seperti kepala bayi. tubuh g. Kita gambar pola badan. a. Jangan lupa arsiran bayangannya. Rambutnya diarsir acak. 4. itu pun penekanan pensilnya sangat ringan. tapi rapat dan tebal. 3. Kalau pada bayi lebarnya tidak tampak. Kita perlu juga memberi g 52 | Menggambar dengan pensil itu mudah . Mengarsir kulit menggunaka pensil 3B saja. 1. tetapi pada anak proporsi tubuh sudah terlihat dengan jelas. Gradasi diperlukan untuk menciptakan efek leku dan bagian tubuh yang tidak terkena pancaran sinar. Anak Gambar yang akan kita buat adalah anak perempuan. K gambar garis-garis bantu pada wajah untuk menentukan posisi mata. Sedangkan postur anak lelaki dan lelaki dewasa hampir sama. Bajunya juga diberi arsiran le tebal. d mulut.model rambut dan pakaiannya (rambut dikucir dan bajunya diberi renda dan pita). hidung. Dia sedikit serong ke kanan.

kita beri gambar pakaian sesuai dengan keinginan kita. Melalui garis perpotongan tubuh. Ujung paha kita anggap sebagai lutut si anak. dada si perempuan kecil ini tidak menonjol (Inilah yang membedakan postur anak perempuan dan perempuan dewasa). c.Yang kelihatan hanya dua lubang hidungnya.Arsir pakaiannya menurut seleramu. d. Bola matanya digambar seolah-olah kosong. Kemudian kita gambar dua lengan. kita beri rambut berponi dan berkepang dua.Jangan sampai tangannya terlalu panjang. tumitnya bisa menyentuh pantat. Posisi pinggang sejajar dengan siku lengan.Jangan lupa bagian lekukan tubuhnya diberi arsiran lebih tebal. Panjang tangan harus diperhatikan. Setelah tubuhnya jadi. maka alis digambar sejajar dengan mata (tipe alis lurus vertikal). Kulitnya diarsir dengan pensil 3B dengan penekanan ringan. Panjang betis kira-kira sama dengan panjang paha. Untuk memperkuat karakter anak-anak berumur 1 0 tahun. Lihat contoh! b. Kita goreskan saja garis-garis yang searah dengan bentuk poni dan twin ta/7-nya. Baru kita bisa menggambar pahanya. kita bisa menentukan pangkal pahanya.Anak perempuan ini kita beri rok selutut. Panggulnya sama lebarnya dengan bahu. Kita menggambar jari-jari tangan kanannya yang terbuka. Kita sempurnakan bahunya. Kakinya memakai sepatu hitam dan kaus kaki putih. Rambutnya diberi arsiran searah. Bibirnya juga digambar tanpa ekspresi.Yang kanan posisi biasa. Cahaya datang dari muka sehingga garis hidungnya tidak kelihatan jelas. panjang tangannya hanya sampai sedikit di bawah pangkal paha. Lengan bajunya berbentuk balon. Daun telinga kirinya hanya kelihatan sedikit. Kita ingin menggambar karakter anak yang polos sedang melamun. Kemudian kita gambar betis sampai ke telapak kaki. 52 | Menggambar dengan pensil itu mudah .yang membelah tubuh si anak menjadi dua bagian. Proporsi jari juga harus diperhatikan.Yang paling pas. Namun.Tambahkan gambar tangan.Jadi ketika kaki dilipat.yang kiri dilipat ke belakang. e.

Wanita Kita lakukan hal yang sama seperti ketika menggambar anak perempuan. 3. Garis pertengahannya juga harus dibuat.Anak perempuan disertai langkahnya. Garis bahunya memiliki panjang yang berbeda. Kali ini kita akan menggambarnya dalam posisi serong. Perhatikan gambar! Bagian pertengahannya kira-kira 2:3 antara kiri dan kanan. Bagian kiri si wanita bahunya digambar lebih pendek. tapi bentuk kepala dan lekukan tubuhnya berbeda. Kita juga menentukan panjang lengan sampai siku (yang sejajar pinggang). untuk menentukan lekukan di dadanya. Menggambar dengan pensil itu mudah | 57 . Pembuatan garis tengah tubuh ini penting. dan paha hingga lutut. pangkal paha. Kepalanya lebih oval dan lekukan tubuhnya juga lebih terlihat jelas.

f.Kita menginginkan si wanita memiliki penampilan yang menarik. Kita tambahkan giwang di telinganya. Betisnya sama panjang dengan pahanya. Matanya digambar indah dengan bulu mata lentik. berilah arsiran yang lebih terang untuk bibir bawah. Dan bibirnya sedang tersenyum. Menggambar dengan pensil itu mudah | 57 .ya? Pastikan ukuran dadanya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. e. Pinggangnya digambar ramping. bukan? Makanya kita harus menggambar detail tubuhnya seindah mungkin. Ujung alisnya meruncing. Si wanita sedang berjalan. Garis hidungnya terlihat. Cara mengarsirnya sama seperti mengarsir gambar manusia sebelumnya. Salah satu tangannya sedang terayun ke depan.Alisnya dibuat melengkung mirip bulan sabit. sedangkan panggulnya lebar.Jemarinya digambar yang lentik. Rambutnya dibuat berponi dan dikucir ekor kuda supaya terlihat muda dan enerjik. Sebaiknya jangan terlalu tebal memberikan garis-garis lekukan pada wajah supaya tidak kelihatan tua. Untuk mengarsir bibirnya. Kita sempurnakan wajahnya.

dadanya bidang.4. tubuh. Kita gambar lengannya lebih kekar. Menggambar dengan pensil itu mudah | 57 . Bahu lelaki lebih lebar dibanding wanita. dan pinggulnya pun lebih kecil dari wanita. Perhatikan contoh! Lekukan betisnya tidak kita gambar dengan jelas karena kita akan memakaikan celana panjang di kakinya. Namun. tapi pahanya sedikit lebih ramping dari wanita. Langkah awal menggambar pria dewasa mirip seperti menggambar wanita. b. dan garis vertikal yang membagi tubuhnya menjadi dua. Kita harus menggambar kepala. Pria a.tentu saja postur tubuhnya berbeda.

d. Rambut di kepalanya pendek. Menggambar dengan pensil itu mudah | 57 Menggambar pria disertai langkahnya. Buat arsiran seperti mengarsir gambar sebelumnya. Hidungnya mancung dan bibirnya tipis. dan cinta olahraga. Lekukan di wajah juga tidak perlu terlalu tebal supaya dia kelihatan muda. Kita tentukan sendiri arah datangnya cahaya. Salah satu tangannya sedang dimasukkan dalam saku. dan tatapan agak memandang ke bawah.c. sedangkan yang satunya pada posisi biasa. Gambarlah jari-jari dengan posisi agak terbuka. cerdas. e. mata cekung. . Badannya yang kekar ditambah pakaian olahraga dan sepatu kets tanpa tali semakin memperkuat karakternya yang dingin tapi baik hati. wajahnya terkesan dingin dengan alis mata runcing.

dan pria). Beri garis tengah. Hidungnya besar. Kepala si kakek yang bulat kita beri rambut beruban dan hanya tumbuh di bagian sampingsampingnya saja. Salah satu tangannya yang terbuka. Namun. wanita. d. dan bibirnya tersenyum. Arsirlah dengan cara yang sama seperti gambar manusia sebelumnya.5. si kakek akan kita gambar berpostur tambun dan berperut buncit. Kerut-kerutan di wajah dan tangannya terlihat jelas. Sedangkan lengannya tidak lagi kekar. dia lambaikan. Bagian pinggangnya tidak terlihat jelas akibat dari efek perut buncit. berkumis. c. Buatlah gambar kepala dan badan hingga paha sebatas lutut. karena perbedaan postur dan banyaknya rambut terlihat jelas dibanding pria muda.Jadi. alisnya melengkung ke bawah. Kita pilih orang tua berjenis kelamin pria. 1. Maka tercipta karakter ramah si kakek. OrangTua a. tetapi tampak gempal. kita pasti juga bisa mengggambar orang tua. menandakan kulitnya keriput. Kita sudah tiga kali menggambar sketsa manusia (anak. b. Menggambar dengan pensil itu mudah | 57 . Kita telah terlatih membuat sketsanya. 2. 4. 3 . Matanya sayu.

anak. wanita dewasa. Menggambar dengan pensil itu mudah | 57 . Proporsi gambar Manusia ini dia gambar keseluruhan manusia.6.Jadilah sebuah keluarga bahagia! Seperti dalam bab sebelumnya. Mulai dari bayi. Kita bisa memadukan yang telah kita gambar tadi ke dalama satu halaman kertas. dan orang tua. pria dewasa. ada baiknya jika gambar-gambar ini kita buat dalam sebuah interaksi antara individu yang satu dengan yang lainnya. Kita juga bisa menggambar mereka ke dalam perspektif yang berbeda. Seperti pada binatang. ukuran tiap manusia perlu diperhatikan.

8 Menggambar dengan pensil itu mudah | 57 .

di sini kita mulai menggunakan bantuan titik hilang. dua titik. Sementara menggambar arsitektur memiliki ketelitian tinggi dan detail lebih banyak. kita belah melintang persegi panjangnya. Satu titik hilang hanya menggambarkan salah satu sisi saja yang kita gunakan sebagai patokan arah (dari posisi mana kita melihat benda tersebut). dan lain-lainnya jadi lebih besar. a. baik itu hanya satu titik. Selanjutnya kita gambar properti yang biasanya ada dalam sebuah kamar tidur. Ingat! Setiap kali hendak menggambar benda. KamarTidur Kamar tidur kita gambar melalui metode satu titik hilang. langkah pertama adalah membuat salah satu sisi ruangan dimana kita akan meletakkan satu titik hilang. Kita juga bisa mengubah ukuran ranjang. Kita bisa membuat suatu bidang persegi panjang. kita akan mengetahui bahwa kamar tidur ini berukuran cukup luas dan sepertinya nyaman ditinggali. maupun tiga titikTitik-titik tersebut berguna sebagai penolong kita untuk meletakkan benda-benda yang kita gambar. c. Namun. Kalau kita memperhatikan gambar. Supaya lebih jelas. kita mesti menarik garis dari titik hilang itu. Namun. kita akan meletakkannya pada jarak sekitar 3 A dari dasar persegi dan titiknya berada di tengah. sebab kita akan menggambar dalam cakupan luas (benda berukuran besar dan kecil kita gambar dalam satu halaman disertai ketepatan ukuran/proporsinya masing-masing). benda adalah sesuatu yang berukuran lebih kecil dari manusia. itu akan membuat kamar jadi tampak sempit dan Menggambar dengan pensil itu mudah | 57 . Melalui satu titik itu kita bisa menarik garis untuk menggambar sisi-sisi lain (dinding kanan dan kiri. mari kita coba menggambar! I. meja. dan lantai ruangan). b. Supaya lebih mudah. atap. Sebenarnya kita bisa meletakkan posisi titik hilang di sembarang tempat dalam bidang persegi panjang tersebut. Mudah saja. kemudian tentukan pertengahan di garis tersebut. lemari. Pekerjaan kita bergantung pada alat bantu ukur seperti penggaris dan jangka.M embuat gambar arsitektur sebenarnya memiliki kemiripan dengan cara menggambar benda. Bedanya. Nah.

Ini seperti kita melihat ruang kamar pada sisi di seberang jendela dan kita berdiri pada sebuah kursi agak tinggi.Arsiran bayangan yang paling banyak justru jatuh di atap kamar karena cahaya lampu terhalang kap. laptop.s-umpek. kan? Kalau kamu ingin menjadi arsitek. Sebagai penyempurna kita bisa menambah berbagai barang sesuka hati. Malah jadi tidak ergonomis lagi. Coba kamu lakukan eksperimen sendiri dengan mengubah posisi titik hilang. Ciptakan pula efek-efek kaca.Tirainya tertutup dan sedikit bergoyang ditiup angin malam. Misalnya kita menambahkan bantal tidur. f. Sekarang kita akan membuat suasana kamar terang oleh cahaya lampu gantung. dan almari diberi arsiran bayangan. jam alarm. Kamar tidur yang kita gambar dilihat pada posisi lebih tinggi daripada almari. Bagian tersembunyi di bawah ranjang. bantal duduk. dan kayu yang dipernis. Bendabenda kecil tersebut bisa kita gambar tanpa menggunakan bantuan titik (karena kecil jadi bisa dikirakira sendiri). meja. buku-buku. estetika seperti itu sebaiknya diperhatikan. kursi. misalnya kamu melihat kamar ini pada posisi jongkok atau berdiri biasa. e. Kamu bisa menggambarnya dalam perspektif lain. Menggambar dengan pensil itu mudah | 63 . ya? d. Bagian atap dan sebagian kecil dindingnya diberi arsiran lebih tipis untuk menujukkan cahaya berpendar dari lantai dan dinding bagian bawah ke atas.Tepat di atas lampu kita beri arsiran bayangan paling gelap. kain.

1. 2. Menggambar dengan pensil itu mudah | 63 .

tep———~ I | Menggambar dengan pensil itu mudah .

Cahaya kita tentukan dari kiri. Dengan demikian. Yang pertama kita lakukan adalah menggambar garis horizontal. Garis vertikal itu akan kita gunakan sebagai salah satu sudut rumah. Sangat penting untuk menentukan ukuran-ukurannya. mari kita coba menggambar dengan memindahkan perpotongan garis vertikal (ke kanan. Kita seperti berada pada persimpangan jalan (berada di salah satu sudut ketika melihat perspektif ini). Selanjutnya perhatikan gambar. d. Mudah.Jendela-jendela diarsir tebal karena menggunakan kaca riben. Dindingnya juga diberi arsiran dengan pensil yang tidak tebal dengan penekanan ringan. ke atas. misalnya garasi.Yang kita gambar kali ini adalah perspektif dua titik hilang dilihat dari posisi kita berdiri di tanah. Pada ujung-ujung garis kita beri titik-titik hilang. Untuk menentukan puncak atapnya. semakin jauh dari tempat kita melihat maka pagarnya kelihatan semakin rapat. Sisi lain digambar berdasarkan titik hilang di ujung kiri. Selesai menggambar rumah pada posisi ini. Kemudian kita gambar sebuah garis vertikal tepat di tengah garis horizontal.Tarik garis dari titik kanan dan kiri yang bertemu di puncak dan dasar garis vertikal. bukan? Kita juga bisa menambahkan gambar bangunan tambahan di samping rumah. Hal ini untuk menunjukkan bagian rumah yang tidak terkena sinar. Rumah Sekarang kita menggambar menggunakan perspektif dua titik hilang. Sempurnakan gambar rumah kita dengan mengarsirnya. seperti 2B. Misalnya saat menggambar pagar lantai dua. Kita menggambar rumah dengan menggunakan patokan kedua titik hilang.Akan tetapi. sehingga bagian kanan kita beri arsiran bayangan rumah.2. kiri. b. kamu juga bisa memberikan efek kaca Menggambar dengan pensil itu mudah | 65 . kita telah menggambar bidang belah ketupat. Perspektif seperti ini menggambarkan suatu benda yang dapat kita lihat kedua sisinya secara bersamaan. dan ke bawah). a. Salah satu sisinya digambar berdasarkan titik hilang di sebelah kanan. c. misalnya sisi kanan dan kiri. kita ambil 2/3 bagian dari sudut tempat kita melihat.

bening sehingga bagian dalam rumah akan kelihatan. Kemudian garis-garis yang kita tarik dari titik di bawah berakhir di puncak gedung. b. Sekarang kita akan menggambar sebuah gedung kaca. Gedung Kaca Saat kita melihat gedung bertingkat. c. kita akan melihat puncaknya mengecil. kiri. Kita juga harus menentukan jumlah lantai di gedung kaca ini.Tiga titik hilang digunakan untuk menggambar bangunan-bangunan tinggi. atau saat berada di ketinggian. Langkah pertamanya mirip seperti menggambar dengan titik hilang dua dimensi.Tentu saja kita harus menambahkan titik hilang yang ketiga berada jauh di atas. Seperti saat menggambar rumah. a. Rumah disertai langkahnya. atau gambar yang kita lihat dari posisi jongkok. Tentukan tinggi gedung sebelum kita menarik garis-garis. panjang dan lebar lantainya semakin ke atas semakin sempit kelihatannya. Menggambar dengan pensil itu mudah | 65 . Sementara garis dari atas akan menentukan lebar gedungnya. Semua bidang persegi (gambar jendela-jendela) berdasarkan titik-titik di kanan. 3. dan atas. Itu karena tampak jauh dari pandangan kita. Bedanya kita harus menambahkan satu titik lagi.

Sedangkan bayangan gedung berada tepat di bagian bawah gedungnya.d. Kamu bisa mengubah posisi gedung kaca ini. Buatlah efek kaca riben yang memantulkan cahaya seperti plat logam. Bagaimana jika dilihat dari atas? Kita tinggal meletakkan titik hilang ketiga berada jauh di bawah. Menggambar dengan pensil itu mudah | 65 . Bentuknya pun mengikuti bentuk gedung kaca.

Menggambar dengan pensil itu mudah | 65 .Menggambar gedung kaca disertai langkahnya.

Anggap saja kita berada di salah satu sudut atas bidang tersebut ketika melihatnya.4.Tentukan titik hilang di sebelah kanan dan kiri. Kali ini kita akan menggambar denah rumah seisinya dalam wujud tiga dimensi. c. Denah Rumah 3D Gambar denah rumah biasanya berbentuk dua dimensi.Tentunya kita akan memerlukan titiktitik hilang sebagai bantuan. b. tapi kita tidak perlu menggambar garis vertikal. Secara sembarang kita menarik garis dari kedua titik hilang tersebut. Kita tentukan sendiri letak ruang-ruang di dalam rumah.Yang jelas kita tidak memerlukan Menggambar dengan pensil itu mudah | 65 . Cara membuatnya mirip seperti menggambar rumah. Garis-garis ini kita buat berpotongan sehingga muncul bidang persegi panjang. a. Buatlah garis panjang horizontal. kita menggunakan dua titik hilang.

Semua benda digambar dengan cara menarik garis dari kedua titik hilang supaya ukurannya pas. seperti yang sudah pernah kita lakukan saat menggambar kamar tidur. jendela. kamar tidur. Semakin ke belakang rumah. tapi juga tidak terlalu kecil. dan atap (eksterior). dan dapur sengaja tidak kita beri sekat supaya terlihat lapang. kamar mandi.gambar dinding.Antar ruang tamu. Cahaya yang kita datangkan berasal dari depan rumah. Sudah kelihatan sebagai rumah ideal. kan? 1 Menggambar dengan pensil itu mudah | 69 . Bagian-bagian yang tersembunyi juga perlu diberi arsiran bayangan. dan dapur. ukuran ruangannya pun harus kelihatan semakin kecil. Bagian jendela dan pintu cukup kita tandai dengan garis dan sudut saja. Rumah yang kita gambar ukurannya tidak terlalu besar. Rumah yang ideal harus memiliki minimal lima ruang. d. Namun demikian. ruang makan. Samping ruang tamu kita jadikan area car port. pintu. kita bisa juga membuatnya jadi tampak sempit (dengan cara menggambar benda-benda dalam ukuran lebih besar) atau sangat luas (menggambar benda-benda dalam ukuran super mini). yaitu ruang tamu. ruang makan. Setiap benda digambar menurut keberadaan titik hilang. sehingga tiap benda memiliki bayangan yang jatuh ke arah belakang rumah. e.

ala h an Menggambar dengan pensil itu mudah | 69 ..

Garis ini nantinya akan menjadi tanah tempat si pria berpijak dan pohon-pohon di sebelahnya tumbuh. Sligo. adalah penggambaran yang paling detail dan cukup rumit. Musim Gugur di Pegunungan Gambar ini adalah modifikasi dari lingkungan yang sudah ada di dunia: Hazelwood. I. Di samping kanan dan kirinya kita beri gambar pohon-pohon tinggi dengan banyak ranting. Menggambar dengan pensil itu mudah | . tapi bisa juga kita menggambar sesuatu yang hanya ada dalam pikiran kita. atau bahasa aslinya landscape. Namun. a. Pada bab ini kita diajak menggambar suatu tempat yang ada di dalam pikiran penulis buku ini. Garis ini adalah horizon hilang (batas mata kita memandang ke depan). Kita bisa menggambar pemandangan tempat yang sudah ada. Sekarang kita tinggal menggambar lanskapnya sesuai keinginan kita. b. Kita juga buat garis yang letaknya agak jauh di atas garis pertama. Ireland. kita akan mengubahnya menjadi tempat yang berbeda dengan menambahkan pegunungan bersalju dan pepohonan yang rontok daunnya.MENGGAMBAR LANSKAP L anskap. Dia memandang ke arah danau dan pegunungan. Cara menggambar ini sangat terpengaruh oleh jiwa si perupa.Ada seorang pria sedang berdiri di tepi danau. Kita buat garis vertikal dengan posisi rendah di bagian bawah kertas. Namun dengan detail itulah gambar lanskap kelihatan paling indah.

Untuk suasana yang lebih romantis. Menggambar dengan pensil itu mudah | 71 . Jauh di hadapan si pria berdiri kokoh gunung-gunung yang puncaknya tertutup salju. kecuali pohon berdaun jarum (pinus dan cemara tidak rontok daunnya). Pohon-pohon di garis horizon digambar sangat kecil.Daunnya kita gambar beberapa helai saja untuk menunjukkan bahwa saat itu sedang musim gugur. kita bisa tambah gambar orang-orang berperahu di tengah danau. Pepohonan di tepi danau juga digambar tanpa daun.

Langitnya kelabu disertai awan-awan mendung.Jangan lupakan efek bayangan di air.tapi gradasinya dibuat tidak perlu terlalu tampak. sedangkan mendungnya masih menggunakan pensil yang sama tapi lebih ditekan. Kita ingin menonjolkan bahwa hari itu cukup suram. Langit diarsir dengan pensil 4B dengan penekanan ringan. gunung. tetapi tidak rata/acak untuk menimbulkan kesan permukaan air bergelombang. Arsiran di air halus (diampelas juga seperti langit. sehingga bentuk siluet cocok dipasangkan dengan langit kelabu.c. dll). Perhatikan gambar! . Arsiran adalah hal terpenting. siluet. Si pria berdiri dan ketiga gambar pohon yang kokoh menjulang itu diarsir dengan pensil yang paling tebal. d. Bukit-bukit kecil dan pegunungan diarsir dengan sedikit gradasi juga. Mengarsir langit yang baik adalah: semakin mendekat ke bumi warnanya semakin cerah. Kita menentukan suasananya tidak seterik musim semi atau panas. menunjukkan bahwa permukaannya tidak rata.

Gambarlah sebatang pohon kelapa yang paling tinggi di ujung kanan.Pegunungan disertai langkah-langkahnya. Liku-likunya pun bebas. Kita pilih daratan di sebelah kiri bibir pantai saja. Kita juga bisa meminta bantuan titik hilang yang kita letakkan di ujung kiri garis horizon. Setelah itu kita beri gambar bukit di salah satu bibir pantai. Dengan demikian. Karang-karang itu bagus juga bila digambar di permulaan laut (agak jauh dari garis bibir pantai). ini sebagai patokan untuk menggambar pohon-pohon lain. kita telah menentukan dimana posisi laut lepas pantai pribadi kita. Garis pantai ini kita gambar berliku-liku. b. Buat teriebih dahulu garis horizon/garis hilang. Pantai Pribadi a. Garis bibir pantai ini sebagai penentu posisi daratan dan lautan. Kita perlu menggambar beberapa aktifitas pantai supaya . Akan lebih cantik bila bukit itu dilengkapi batu-batu karang. 2. Kemudian kita tentukan pula garis bibir pantai.

kan? Begitu juga dengan bibir pantainya. Lebih menarik lagi jika ada gambar daratan pada horizon. Ombak pantai harus berbuih. Kita harus pandai memainkan gradasi di sini.Arsiran air lautnya semakin tebal ketika menjauh dari pantai. Ditambah gambar burung-burung terbang jadi kelihatan oke! . Kita bisa langsung membuat arsiran langitnya. Lihat! Tampak lebih natural. Saatnya mengarsir! Cuaca di pantai terkesan terik. dan berperahu. Gambar orang berjemur. Kita tidak perlu membuat pola awan seperti yang selama ini kita lakukan saat menggambar langit. Ada goresan-goresan agak gelap di laut sebagai karakter gelombang/ombak kecil. Sedangkan payung dan tenda diberi arsiran yang tidak tebal untuk menunjukkan bahwa bahannya berwarna cerah (agar cahaya matahari dipantulkan kembali ke langit). banyak awan putih melayang. Pasir pantainya juga diberi arsiran gelap-terang untuk menunjukkan adanya ombak pasir. Bagian pasir yang baru saja terkena sapuan ombak diberi arsiran lebih gelap. Langitnya cerah. Arsirannya halus tapi acak. c.pantai tidak terkesan kosong. Garis/pola kita gambar tipis saja. berkemah.

.

.

Horizonnya sengaja kita buat miring. Kita menggambar semua gedung dengan metode yang sama dengan menggambar gedung kaca pada bab Menggambar Arsitektur. b. kali ini kita menentukan dasar gedungnya teriebih dahulu sebelum menarik garis-garis dari titik kanan dan kiri. Seolah-olah kita melihat kota dari langit. Lihat gambar! Ini memang sedikit lebih rumit dan perlu kesabaran karena detailnya banyak dan ukurannya banyak yang kecil-kecil.3. Bedanya. sementara kita sedang terbang. 76 | Menggambar dengan pensil itu mudah . Hutan Beton a. Kita akan menggambar pada perspektif berbeda menggunakan teknik tiga titik hilang. seperti lebar jalan. Sebuah gedung kaca yang paling dekat dengan mata kita akan dijadikan patokan untuk menggambar bangunan-bangunan lain. posisi titik ketiga berada jauh di bawah horizon pada posisi yang miring juga.

Supaya ada efek pantulan cahaya matahari. kan? Pada salah satu sisi jalan kita beri gambar tragedi kecelakaan lalulintas. Mobil-mobil digambar dengan ukuran super mini-. dan tingginya pohon-pobon. Cahaya datang dari kanan atas sehingga bayangan jatuh ke kiri.besarnya mobil-mobil. Supaya ada sesuatu yang beda. c. Jangan lupa. semakin ke tengah semakin tipis. Kaca-kaca gedung diberi arsiran agak tebal pada ujung-ujungnya. Langitnya diarsir seperti ketika mengarsir langit di pantai. sebuah burung besi sedang terbang di atas hutan beton kita! 76 | Menggambar dengan pensil itu mudah . kita gambar taman di atas gedung. tapi tetap kelihatan hidup.

Menggambar dengan pensil itu mudah ( 77

78 | Menggambar dengan pensil itu mudah

Kota langkahnya.

disertai

78 | Menggambar dengan pensil itu mudah

bukan? Sejak awal kita sudah belajar menggambar banyak objek.Tanah Menggambar dengan pensil itu mudah . dan juga rumah-rumah penduduk dan jalan beraspal yang kelihatan jauh. Silo kita beratap melengkung.4. Tentunya garis horizontal digambar lebih dahulu sebagai horizon hilang. Kita gambar rumah petani teriebih dahulu. a. hutan produksi. Cara menggambar rumah petani sama dengan menggambar rumah pada bab Arsitektur. Kita akan menggambar sebuah areal pertanian modern. kita arsir tipis dengan pensil 2B. paling banyak detailnya dan paling banyak jenis arsirannya! Pastinya kita telah terlatih. b. Baru kita gambar lahan-lahan yang konturnya agak berbukit Di setiap sisi lahan ada tanaman-tanaman pendek yang berguna sebagai penahan erosi. dan silo (tempat menyimpan hasil panen). Sebuah kolam tak bertuan. Sungai dan tandon air juga jangan ketinggalan karena ini menjadi ciri khas wilayah pertanian. dan pagar pembatas. Setelah rumah si petani selesai dibuat. Arsirannya harus gradasi untuk menunjukkan bagian yang ternaungi dan yang tidak. Pohon-pohon diarsir dengan pensil 6B dan 7B. maka areal pertanian kita akan tampak dari atas. Karena gambar rumah ini berada di bawah garis horizon. Seperti yang sudah-sudah. Cahaya kita datangkan dari sebelah kiri. kita gambar kandang sapi. Di halaman rumah petani ada kebun mangga. Dinding-dinding bangunan yang tidak terkena cahaya. sawah di dataran yang lebih rendah. Pengolahan Tanah Modern Ini dia latihan menggambar kita yang terakhir. gudang.Ada juga lahan kosong berumput sebagai tempat ternak merumput. Di sini kita akan menuangkan objek-objek yang pernah kita gambar. kita harus menggambar satu objek sebagai referensi untuk menggambar objek lainnya. sedikit tanaman hias.Teknik dua titik hilang juga sangat diperlukan supaya gambar kita proporsional nantinya.

Agar kelihatan bahwa area itu berumput.diarsir dengan pensil 5B dengan penekanan biasa. Burung-burung terbang juga bagus kok kalau ditambahkan. Jendela juga kita gambar berkaca riben. Rumput-rumput hijau bisa menggunakan pensil 3B dengan penekanan ringan. Bukit-bukitnya diarsir seperti mengarsir gunung pada pegunungan. Padi-padi di sawah cukup menggunakan pensil 2B. tapi bagian sisi alur yang terhalangi guludan lain diarsir dengan agak ditekan. Menggambar dengan pensil itu mudah I 79 . Langitnya juga dibuat cerah seperti langit pantai dan kota. Batang pohon baiknya diberi arsiran tebal dengan pensil paling lunak. Membuat efek padi seperti menggambar rambutan. kita mesti menambahkan sedikit efek rumputnya (seperti efek bulu pada Beruang Teddy).