P. 1
Mengenal Ms.Powerpoint2007

Mengenal Ms.Powerpoint2007

|Views: 669|Likes:
Published by Hilman Hasabi

More info:

Published by: Hilman Hasabi on Jul 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2012

pdf

text

original

Mengenal Microsoft Power Point 2007

M. Hilman. Hasabi / XI AV2 / 11

Power Point dan Presentasi

Presentasi

merupakan

kegiatan

yang

penting

dalam

mengkomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan berbagai tujuan, misalnya untuk menarik audiensi agar mereka membeli produk, menggunakan jasa atau untuk kepentingan lain. Salah satu alat peraga yang dapat digunakan untuk mendukung presentasi adalah computer. Adapun salah satu perangkat lunak yang dapat dipakai adalah PowerPoint yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Dengan menggunakan software ini seseorang dapat menuangkan ide-ide cemerlangnya dalam bentuk visual yang menarik dalam waktu yang singkat.

Fitur-fitur Power Point

PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi : o Teks o Gambar dan Grafik o Foto o Suara o Film PowerPoint juga memungkinkan komunikasi dengan software lain, seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui Word lalu memolesnya melalui Power Point, bisa juga dengan Excel dan menyisipkannya ke PowerPoint.

Langkah Menjalankan Power Point
Penjelasan Gambar : o Window sebelah kiri adalah nomor slide diawali dengan nomor1 o Window yang tengah tempat kita menempatkan fitur-fitur Power Point beserta formatnya (Bentuk, Background, animasi, Transisi dan sebagainya) yang disebut dengan Slide

Langkah Menciptakan Presentasi
Setelah anda menghadapi tampilan sebagaimana terlihat pada gambar 9.1. Anda bisa langsung membuat presentasi. Slide pertama adalah slide dengan format layout untuk Judul presentasi. Anda ketikkan langsung saja Judul dan Sub Judul pada slide yang pertama. Misalnya kita akan buat slide tentang Pengenalan Internet maka tampilan slide pertama seperti pada contoh Gambar 9.2.

Untuk menambahkan slide baru, klik tombol New Slide maka akan muncul window Office Theme yang berisi beberapa format layout slide yang dapat kita pilih. Lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 9.3 berikut ini .

Ada empat jenis layout pada Office Theme yaitu:
o Teks Layouts yang berisi Layout khusus untuk menampilkan teks saja, terdiri dari Title Slide yaitu slide untuk judul/awal presentasi, Title Only hanya memuat judul saja, Title and Teks memuat judul dan penjelasannya, Title and 2 colom memuat judul dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk 2 kolom. o Content Layouts yang berisi Gambar, bagan, diagram dengan lima bentuk yaitu: Blank artinya kosong, Content berisi isinya saja, Title and Content untuk menampilkan judul dan Isinya, Title and two Content untuk menmpilkan judul dan dua isi yang disajikan dalam dua kolom, Title, Content and 2 Content sama dengan o Title and Content hanya Content kolom kedua dipecah lagi menjadi dua baris, Titel 2 Content and Content sama dengan sebelumnya hanya yang kiri yang dipecah dua, Title and 4 Content sama dengan sebelumnya hanya kiri dan kanan masing-masing dipecah dua. o Text and Contents Layout Yaitu gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat memilih salah satu model yang diinginkan. o Other Layout Model Slide out yang lain, misalnya dengan clip art, media dan sebagainya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya kita akan memilih layout Title and Content, maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 9.3 Dan kita bisa menambahkan tulisan presentasi pada slide kedua misalnya seperti pada Gambar 9.3

Langkah Memberi Animasi pada Microsoft Power Point 2007
Tip Menggunakan Animasi : o Sebelum menggunakan efek animasi pada slide Anda ada beberapa tip yang perlu diperhatikan, yaitu: o Jangan berlebihan. Penggunaan efek animasi yang berlebihan justru akan membingungkan audience dan mengaburkan isi presentasi. o Sesuaikan animasi dengan isi, tujuan, audience, dan tempat/lokasi presentasi. o Perhatikan waktu yang disediakan. Penambahan efek animasi akan menambah durasi setiap slide presentasi. Semakin banyak efek yang digunakan akan semakin banyak waktu yang diperlukan. o Apabila efek animasi dilakukan untuk presentasi oral, jangan banyak menambahkan efek sound. Efek sound cenderung memecah konsentrasi audiende antara suara pembicara dengan sound animasi.

Menu Animasi
Animasi pada PowerPoint 2007 terkumpul pada menu Animasi. Perhatikan gambar berikut ini :

Slide Transition
PowerPoint 2007 menyediakan tidak kurang dari 59 efek slide transisi.

Themes/Tema

Tema tersebut adalah desain template yang dapat diterapkan untuk seluruh presentasi yang memungkinkan untuk konsistensi seluruh presentasi. Untuk menambahkan tema untuk presentasi :

o Klik tab 'Design o Pilih salah satu yang ditampilkan Tema atau klik tombol Galleries

Langkah Memberi Font , Effect, Warna Text , WordArt, Alignment dan Indentasi
Untuk mengubah font typeface : o Klik panah di sebelah nama font dan pilih font. o Ingat bahwa Anda dapat melihat bagaimana font baru akan terlihat oleh penyorotan teks, dan hovering melalui font typeface baru.

Untuk mengubah ukuran font : o Klik panah di sebelah font size dan pilih ukuran yang sesuai, atau o Klik pada tombol increase or decrease font size.

Font Styles dan Efek Font style format standar adalah pilihan yang digunakan untuk menekankan teks. Mereka termasuk: Bold, Italic, dan Underline. Untuk menambahkan teks ke ini: Pilih teks dan klik font Styles disertakan pada font grup dari tab Home atau Pilih teks dan klik kanan untuk menampilkan pengaturan font

Ganti Warna Teks Untuk mengubah warna teks : o Pilih teks dan klik tombol Warna yang ada pada font Group dari Ribbon, atau Sorot teks dan klik kanan dan memilih pengaturan warna. o Pilih warna dengan mengklik panah bawah di samping tombol warna font.

WordArt
WordArt adalah gaya yang dapat diterapkan untuk teks untuk menciptakan efek visual. Untuk menerapkan Word Art : o o o o Pilih teks Klik tab Insert Klik tombol WordArt Pilih WordArt

Untuk mengubah gaya dari WordArt : o Pilih WordArt o Klik Tab Format untuk Drawing tools o Klik tombol WordArt fill, tombol WordArt Outline, atau tombol Text Effects

Ubah Alignment Paragraf Paragraph Alignment memungkinkan Anda untuk menetapkan bagaimana Anda ingin teks yang muncul . Untuk mengubah alignment : o Klik Tab Home o Pilih tombol yang sesuai untuk berpihak pada paragraph alignment. o Align Left: teks yang berpihak dengan margin kiri o Center: Teks yang rata tengah o Align Right: Aligns teks dengan margin kanan o Justify: Aligns teks yang rata pada kedua margin kiri dan kanan.

Indent Paragraf Untuk indent paragraf, Anda dapat melakukan berikut ini : o Klik tombol Indent untuk mengontrol indent. o Klik tombol Indent berulang kali untuk meningkatkan ukuran indent.

Arah teks Untuk mengubah arah teks : o Pilih teks o Klik tombol Text Direction pada tab Home o Klik pilihan anda

Menyimpan Presentasi : Bila Anda menyimpan presentasi, Anda memiliki dua pilihan: Simpan atau Simpan Sebagai . Untuk menyimpan dokumen : o Klik Tombol 'Microsoft Officeµ o Klik 'Save'

Anda mungkin harus menggunakan fitur Save As bila Anda perlu menyimpan presentasi dengan nama yang lain atau menyimpannya untuk PowerPoint versi sebelumnya. Ingat bahwa versi PowerPoint tidak akan dapat membuka presentasi PowerPoint 2007, kecuali jika Anda menyimpannya sebagai Format PowerPoint 97-2003. Untuk menggunakan fitur Save As : o o o o Klik Tombol 'Microsoft Officeµ Klik 'Save Asµ Ketik nama untuk Presentasi Dalam kotak Simpan sebagai Jenis, pilih Power point 97-2003 Presentation

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->