2010

PENGARUH CAHAYA PADA PERKECAMBAHAN BIJI KACANG HIJAU

X-2 9/25/2010

yaitu komponen biotik dan komponen abiotik . Dampak yang terjadi terhadap tanaman tersebut karena etiolasi adalah tanaman tidak dapat melakukan fotosintesis. Tanaman yang tumbuh di tempat gelap tersebut akan mengalami peristiwa etiolasi. Antara komponen biotik dan abiotik saling mempengaruhi. Pada tanaman yang terkena sinar matahari. Sedangkan komponen abiotik antara lain: udara.4 HIPOTESA Jika terdapat suatu intensitas cahaya tertentu maka dapat mempengaruhi perkecambahan biji kacang hijau BAB II KAJIAN TEORI Sinar matahari memang berguna bagi fotosintesis pada tumbuhan. tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. namun matahari memliki efek lain. misalnya. cahaya. yaitu menekan pertumbuhan sel tumbuhan. Oleh karena itu. dan manusia.BAB I PENDAHULUAN 1. Hal tersebut menyebabkan tumbuhan yang terkena cahaya matahari akan lebih pendek daripada tumbuhan yang tumbuh di tempat gelap atau tidak terkena sinar matahari. Padahal fotosintesis bertujuan untuk menghasilkan karbohidrat yang memiliki peran penting dalam pembentukan klorofil. Kondisi gelap juga memacu produksi hormone auksin. 1. 1. seperti ujung akar dan ujung batang. produksi auksin akan terhambat oleh karena itu pertumbuhan tanaman tersebut relative lebih lambat dan tidak bisa tinggi. Oleh karena itu tanaman akan tumbuh lebih cepat. . Auksin adalah hormone tumbuh yang banyak ditemukan di sel-sel meristem.3 TUJUAN PENELITIAN Untuk mengetahui pengaruh cahaya pada perkecambahan biji kacang hjiau. Karena karbohidrat tidak terbentuk. dan sebagainya. maka daun tidak akan berwarna hijau. Selain itu batang juga tidak bisa kokoh. melainkan putih pucat. matahari. kami mengadakan penelitian untuk mengetahui apakah benar ada pengaruh cahaya matahari terhadap perkecambahan kacang hijau. Komponen biotik terdiri dari tumbuhan. hewan. begitu pula dengan klorofil.2 RUMUSAN MASALAH Apakah cahaya dapat mempengaruhi perkecambahan biji kacang hijau? 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Dalam ekosistem terdapat dua macam komponen yang saling ketergantungan. gas. angin.

Variabel Variabel Bebas/Manipulasi : Intesitas cahaya (tempat gelap. Tempat  Tempat I : tempat terang (di halaman rumah)  Tempat II : tempat teduh (di bawah pohon)  Tempat III : tempat gelap (di bawah tempat tidur) 3. Prosedur / langkah-langkah 1. tapi batang tidak tegar atau kokoh karena oragn mengandung banyak air. enzim riboflavin pada ujung batang menyerap sinar nila dari sinar matahari.2 Populasi dan sampel Tiap gelas plastik terdapat 5 biji kacang hijau yang sebelumnya direndam pada air dahulu dan diambil yang tenggelam. Alat dan bahan 3 buah gelas plastik 15 biji kacang hijau yang tenggelam ketika di rendam Kapas secukupnya Gunting II. Organ perbanyakan pada tanaman etiolasi lama-lama akan mengkerut lalu mati akibat tidak mendapat sinar matahari dan tidak mendapat sumber makanan. kapas. Waktu  Mulai menanam dan pengamatan : 23 Agustus 2010  Selesai mengamati : 29 Agustus 2010 b. 3.3 Cara kerja I. BAB III METODE PENELITIAN METODE PENELITIAN 3. Sinar nila merupakan perusak enzim-enzim yang membantu pembentukan asam indo asetat atau salah satu jenis auksin. Ambil biji yang tenggelam untuk memilih biji yang baik . tempat terang. Pertama siapkan segala alat dan bahan yang akan digunakan 2.Selain itu. Itulah sebabnya pertumbuhan tanaman etiolasi selalu lebih cepat. tempat teduh) Variabel kontrol : biji kacang hijau.1 Tempat dan Waktu a. Rendam biji kacang hijau sebentar 5. air. Beri kapas secukupnya yang telah di basahi oleh air 4. dan gelas plastik III. Lubangi bagian bawah gelas plastik dengan menggunakan gunting 3.

1 Tabel Gambar Perkecambahan Kacang Hijau Hari keTempat Gelap Tempat Terang Tempat Teduh 1 2 3 . Amatilah setiap pertumbuhan yang terjadi setiap hari BAB IV HASIL PENELITIAN 4.6. Siramlah dengan air secukupnya secara rutin 8. Letakkan 5 biji kacang hijau pada tiap-tiap gelas plastik 7.

4 5 6 7 .

8 cm 20.1 cm 18.2 cm 16.4.4 cm 10.4 cm 7.5 cm 16.1 cm 12.0 cm 7.2 Tabel Data Pertumbuhan Tinggi Tanaman Di Tempat Gelap 2.3 Diagram Batang Pertumbuhan 25 20 15 Tempat Gelap Tempat Terang 10 Tempat Teduh 5 0 23-Aug 24-Aug 25-Aug 26-Aug 27-Aug 28-Aug 29-Aug .3 cm 0.8 cm 6.9 cm 4.2 cm 6.3 cm 14.5 cm Tanggal 23 Agustus 2010 24 Agustus 2010 25 Agustus 2010 26 Agustus 2010 27 Agustus 2010 28 Agustus 2010 29 Agustus 2010 4.9 cm 8.2 cm 8.6 cm Tinggi Tanaman Di Tempat Terang 0.6 cm Tinggi Tanaman Di Tempat Teduh 1.

Pilihlah tempat yang aman untuk menyimpan tanaman. BAB VI PENUTUP 6. Jangan menanam terlalu banyak jika tempat yang kita gunakan cukup kecil atau sempit. . .Amatilah dan ukur pertumbuhan tanaman setiap hari dengan teliti.1 Kesimpulan . Hormon auksin juga tidak terhambat sehingga pertumbuhan bisa melaju dengan pesat.Matahari merupakan salah satu faktor penting dalam perkecambahan kacang hijau . Tetapi daun dan batangnya berwarna putih pucat. 6. tidak nampak layu serta batangnya kokoh. namum daunnya berwarna hijau segar. tanaman juga tidak bisa berdiri kokoh.BAB V PEMBAHASAN Berdasarkan data yang kita peroleh selama mengamati perkecambahan biji kacang hijau dalam 7 hari.Tanaman yang tidak terkena sinar matahari warnanya pucat. Sedangkan perkecambahan dan pertumbuhan pada kacang hijau di tempat teduh lebih cepat dari pada kacang hijau di tempat terang namun tetap lebih lambat dari kacang hijau di tempat gelap. Hal ini disebabkan karena tanaman tidak mendapat sinar matahari sama sekali sehingga tidak mampu menghasilkan karbohidrat untuk pembentukan klorofil.2 Saran . Daunnya berwarna hijau tapi agak pucat.Perhatikan jumlah kacang hijau yang akan kita tanam. kita mengetahui bahwa kacang hijau yang tumbuh ditempat gelap memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibanding kacang hijau yang tumbuh ditempat terang dan teduh. Perkecambahan dan pertumbuhan kacang hijau yang terkena sinar matahari secara langsung terbilang sangat lambat dibandingkan dengan kacang hijau yang tumbuh di tempat gelap dan di tempat teduh. Hal ini karena tanaman mendapat suplai sinar matahari yang cukup untuk pembentukan klorofil dan karbohidrat. . nampak layu dan batangnya tidak kokoh.Tanaman bisa tetap tumbuh tanpa matahari tapi tanaman tersebut menjadi tidak normal .

KATA PENGANTAR Dengan mengucap puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang selalu melimpahkan berkat dan rahmatNya sehingga laporan penelitian biologi dengan judul Pengaruh Cahaya Terhadap Perkecambahan Kacang Hijau ini dapat disusun dengan sebagaimana mestinya. akan kami terima dengan senang hati untuk perbaikan pada penulisan laporan penelitian biologi ini. Kediri. M. 1 Oktober 2010 Kelompok IV . Laporan penelitian ini kami buat untuk memenuhi tugas biologi serta memberikan laporan tentang hasil penelitian kami selama satu minggu. Kabut Sulistyowati. Serta kepada seluruh pihak yang turut membantu dalam pembuatan laporan penelitian ini.Pd selaku guru biologi kami yang telah memberikan bimbingan serta saran-sarannya. oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun. X-2 SMA Negeri 2 Kediri v . Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Dra. Akhirnya kami menyadari adanya kekurangan dan kelemahan dalam penyusunan laporan penelitian ini. terutama dari para guru dan teman-teman.

Rifdah Yuri K. Cindy Aprillia R. R. Telah disahkan pada Hari : Tanggal : Pembimbing Dra.Halaman Pengesahan Laporan penelitian dengan judul Pengaruh Cahaya Terhadap Perkecambahan Kacang Hijau Disusun oleh: Andreas Ricardo Angga Sugeng I. Kabut Sulistyowati iii .

com .Daftar Pustaka   www.com www.scribd.google.

4 Hipotesa BAB II KAJIAN TEORI BAB III METODE PENELITIAN 3. 1 Analisis Data iii iv v vi 1 1 1 1 1 1 2 2 2 2 3 3 5 5 6 6 vi .1 Tempat dan Waktu 3.DAFTAR ISI Halaman Halaman pengesahan Abstrak Kata pengantar Daftar isi BAB I PENDAHULUAN 1.2 Tabel Data Pertumbuhan 4.3 Tujuan Penelitian 1.2 Populasi dan Sampel 3.1 Latar Belakang 1.2 Rumusan Masalah 1.3 Cara Kerja BAB IV HASIL PENELITIAN 4.1 Tabel Gambar Perkecambahan Kacang Hijau 4.3 Diagram Batang Pertumbuhan BAB V PEMBAHASAN 5.

BAB VI PENUTUP 6.1 Kesimpulan 6.2 Saran DAFTAR PUSTAKA 6 6 6 7 vii .

tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. iv . dan sebagainya. dan manusia. Penelitian ini dimulai pada tanggal 23 Agustus 2010 dan berakhir pada tanggal 29 Agustus 2010 dengan data hasil akhir tanaman yang tumbuh di tempat gelap mencapai tinggi 20. Komponen biotik terdiri dari tumbuhan. gas. Sedangkan komponen abiotik antara lain: udara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa matahari merupakan salah satu faktor penting dalam perkecambahan kacang hijau. angin. Dalam ekosistem terdapat dua macam komponen yang saling ketergantungan. yaitu komponen biotik dan komponen abiotik . hewan.9 cm.ABSTRAK Kelompok IV. cahaya. tanaman yang tumbuh di tempat terang mencapai tinggi 8. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cahaya pada perkecambahan biji kacang hjiau. Saran yang dapat penulis kemukakan adalah: untuk selalu berpikir kritis serta teliti dan hati-hati dalam melakukan penelitian seperti ini. matahari. nampak layu dan batangnya tidak kokoh. 2010. Pengaruh Cahaya Terhadap Perkecambahan Kacang Hijau.6 cm. dan tanaman yang tumbuh di tempat teduh mencapai tinggi 15. Tanaman yang tidak terkena sinar matahari warnanya pucat. Antara komponen biotik dan abiotik saling mempengaruhi. misalnya.6 cm.

Anggota Kelompok IV 01 Andreas Ricardo Angga S.R Rifdah Yuri K. 02 09 24 Kelas: X-2 . I Cindy Aprillia R.