A.

Alasan Menjadi Seorang Guru Guru adalah jabatan profesi, untuk itu seorang guru harus mampu melaksanakan tugasnya secara profesional. Seseorang dianggap profesional apabila mampu mengerjakan tugasnya dengan selalu berpegang teguh pada etika kerja, independent (bebas dari tekanan pihak luar), cepat (produktif), tepat (efektif), efisien dan inovatif serta didasarkan pada prinsip-prinsip pelayanan prima yang didasarkan pada unsurunsur ilmu atau teori yang sistematis, kewenangan profesional, pengakuan masyarakat dan kode etik yang regulatif. Pengembangan wawasan dapat dilakukan melalui forum pertemuan profesi, pelatihan ataupun upaya pengembangan dan belajar secara mandiri. Sejalan dengan hal di atas, seorang guru harus terus meningkatkan profesionalismenya melalui berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan

kemampuannya dalam mengelola pembelajaran maupun kemampuan lain dalam upaya menjadikan peserta didik memiliki keterampilan belajar, mencakup keterampilan dalam memperoleh pengetahuan (learning to know), keterampilan dalam pengembangan jati diri (learning to be), keterampilan dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu (learning to do), dan keterampilan untuk dapat hidup berdampingan dengan sesama secara harmonis (learning to live together). Beberapa alasan saya mengapa ingin menjadi guru,disamping guru adalah pekerjaan yang mulia,guru juga fleksibel artinya nyaman untuk seorang perempuan sekaligus ibu rumah tangga,karena tidak menguras waktu lama sehingga tidak mengganggu kewajiban sebagai seorang istri dan juga ibu dari anak-anak. Disamping itu,menjadi seorang guru juga dapat meningkatkan potensi diri sekaligus potensi murid. Karena potensi ini merupakan sebuah hal yang menarik, karena setiap tahun akan selalu muncul tantangan baru yang diikuti dengan potensi baru untuk sukses. Mendidik lagi bibit-bibit baru dan tentu dengan inovasi dan improvisasi baru dalam cara bimbingan agar dapat menciptakan generasi yang bermutu. Menjadi kepuasan tersendiri sebagai seorang guru jika mampu mengembangkan potensi murid. Selain itu,kesuksesan murid akan membawa pada kelangsungan karier seorang guru. Setiap murid yang tidak mengerti tentang satu hal lalu belajar untuk mengetahuinya lewat bantuan guru , akan memberikan perasaan gembira seorang guru .

Jadi ilmu guru dan murid juga bisa saling sharing. Tidak banyak pekerjaan yang mengizinkan individu untuk bisa berkreatifitas di banyak ruang dan juga berkuasa atas banyak hal seperti profesi ini. Bisa menjadi sang moderator kelas dari anak-anak didiknya Menjadi seorang guru juga sangat kondusif untuk keluarga. Hal lain yang unik dengan menjadi seorang guru yaitu tidak henti-hentinya seorang guru untuk terus belajar dan belajar. bisa juga dapat mengetahui perkembangannya psikologisnya. Seburuk-buruknya. kita tetap bisa mengatur waktu sesuka hati. Jika telah memiliki anak. berada di tengah orang-orang muda setiap hari akan membantu kita mengingat tentang tren dan juga ide-ide terbaru dari 'daerah jajahan' kita Ini juga membantu memecahkan segala hambatan. jika kita harus membawa PR ke rumah. atau jok es tersebut bisa berasal dari para murid. Jadi bekerja sebagai guru sangat fleksibel bagi kita yang sudah berkeluarga. Memiliki selera humor yang baik. Seorang guru juga adalah penguasa di kelas tempat dia mengajar.hal ini di lakukan untuk terus mengasah kemampuan sebagai seorang guru karena yang menjadi pertanyaan murid akan membuat kita terus menggali dan mendalami sesuatu hal. Selain itu.Dan ketika seorang murid yang telah diprediksikan tidak naik kelas bisa berhasil di tangan guru. Kadang-kadang silly jokes bisa membuat para murid tertawa. Bayangkan perasaan yang dirasakan ketika ada seorang murid yang berhasil karena kerja keras guru. menjadi guru juga bisa awet muda. Disamping memberikan bimbingan kepada si anak. Terkadang para murid bisa memberikan sebuah pernyataan yang sangat lucu tanpa mereka sadari. Inilah yang akan membuat kita menikmatinya. bekerja sebagai seorang guru memberikan kesempatan pada ki a untuk memiliki t hari libur yang bisa dihabiskan bersama-anak-anak. Bahkan jika kita memanfaatkan waktu luang untuk memberikan les tam bahan pada para murid. tetap saja kita bisa sampai di rumah sama seperti anak -anak kita. memberikan . mengurai dari rasa stress yang ada. maka ia benar-benar menjadi seseorang yang paling berhak untuk memutuskan segalanya. maka kita akan menemukan banyak hal untuk tertawa setiap hari. Bisa menambah semangat riang gembira. maka ini bisa membuat stres yang biasanya datang dalam pekerjaan hilang. Sekali seorang guru menutup pintu dan mulai mengajar.

Persyaratan untuk menjadi guru di tiap daerah mungkin berbeda. Jika masih miskin pengalaman. sopan santun. Amal kebaikan yang tak akan pernah putus. Ketika para murid libur panjang. Mendidik kebaikan. walaupun harus menunggu sampai tahun ajaran baru. itu merupakan hal kebaikan yang mulia. guru menyampaikan materi demi materi.itu. Jadi cerminkan sifat yang baik kepada anak didik. dan terkadang mengharuskan kita untuk melakukan perjalanan ke berbagai daerah. Untuk beberapa komunitas.pengajaran yang lebih baik kepada si anak..ah alasan utama menjadi seorang guru.. berhitung tentu ada yang mengajari toh. saling lebih dekat juga dengan dukungan si istri.. profesi guru termasuk langka. menulis. ilmu yang diberikan kepada anak .. Jadi bisa dipastikan kita bisa selalu mendapatkan pekerjaan. Ketika menjadi guru. Apalagi ditambah dengan paras guru yang menarik. budi luhur disamping juga mengajarkan pengetahuan dari yang tidak mengerti menjadi mengerti. memupuk sikap. tapi sekali kita membuktikan kesuksesan sebagai guru. sungguh luar biasa kita bisa membaca. Kita bisa memanfaatkannya untuk berlibur bersama keluarga atau melakukan pekerjaan paruh waktu yang lain. mabuk-mabukan. Menjadi guru juga liburannya banyak.Guru mencerminkan sifatnya kepada murid-murid. Walaupun si guru itu telah meninggal skalipun. dll setidaknya dapat mereduksi hal-hal yang tidak baik. akan relatif mudah untuk bergerak menemukan pekerjaan baru.beda. Bisa dikatakan menjadi guru itu adalah sang model bagi anak -anak didiknya. kharismatik dan apa yang ada didalam dirinya.guru itu bisa dibilang siapa saja yang mengajarkan kebaikan kepada seseorang Dan amal kebaikannya pun tidak akan pernah putus walaupun sampai akhir hayat. Di tiap suatu hal yang diajarkan kepada anak didik. kita juga mendapatkan kesempatan yang sama. hal ini juga bisa menjadikan kita agar menjauhi dari sifat yang negatif. dari segi penampilan. moral. misalkan pergi ke diskotik. bisa menjadi semakin menarik yang diajarkan lho. Melihat si anak didik menjadi sukses atas bimbingannya. Guru yang baik dan berkualitas seyogyanya kan mencontohkan sifat yang baik toh. menjadi guru privat bisa mengisi pengalaman yang kita butuhkan. membuat keluarga menjadi harmonis.

setidaknya lebih semangat lagi belajarnya.. eksplisit yang bukan hanya sekedar pendapat khalayak umum. 1.al dalam Sujipto (1994:17) bahwa ciri-ciri utama suatu profesi itu sebagai berikut : 1. pasti akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Jabatan yang memerlukan latihan dalam jabatan yang berkesinambungan.apapun pekerjaannya (yang baik). 5. dan bahkan berkembang luas. 4. . 5. B.. Jabatan yang melibatkan kegiatan intelektual.wordpress. Suatu jabatan yang memiliki fungsi dan signifikansi sosoial yang menentukan (crusial).com/2010/02/28/makalah-profesi-keguruan) Menurut Sanusi. Itulah guru«mulia pekerjaannya tapi secara keceluruhan. Jabatan yang mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat. Jabatan yang lebih mementingkan layanan di atas keuntungan pribadi. Jabatan yang menjanjikan karier hidup dan keanggotaan yang permanen. Jabatan yang menggeluti suatu batang tubuh ilmu yang khusus. Jabatan itu berdasarkan pada batang tubuh disiplin ilmu yang jelas. 7. Jabatan yang menentukan baku (standarnya) sendiri.didiknya masih bermanfaat.. Keterampilan/keahlian yang dituntut jabatan itu didapat melalui pemecahan masalah dengan menggunakan teori dan metode ilmiah.jika kita niat tulus dan berusaha... Jabatan yang memerlukan persiapan profesional yang lama (dibandingkan dengan pekerjaan yang memerlukan latihan umum belaka). 2. 6. 4.. 3. sistematik. Jabatan itu memerlukan pendidikan tingkat perguruan tinggi dengan waktu yang cukup lama. (http://sopwanhadi. ayo mari kita berusaha lebih keras lagi dalam memajukan pendidikan ini.. Jabatan yang menuntut keterampilan/keahlian tertentu 3. et.. 2. 8.. Syarat-Syarat Profesi Keguruan Adapun syarat-syarat Profesi Keguruan adalah sebagai berikut..

4. Mengenal. memilih dan menggunakan media. . Memilih dan menyusun prosedur instruksional yang tepat. 6.6. Mengenal dan dapat menggunakan metode pengajaran. 10. Guru mampu mengelola kelas antara lain mengatur tata ruang kelas untuk pengajaran dan menciptakan iklim mengajar yang serasi sehingga Proses Belajar Mengajar berlangsung secara maksimal. 8. Proses pendidikan untuk jabatan itu juga aplikasi dan sosialisasi nilai-nilai profesional itu sendiri 7. Adapun 10 kompetensi profesional guru yang dikutip Samana (1994) adalah : 1. Guru mampu mengunakan media dan sumber pengajaran untuk itu diharapkan mempunyai : 1. 2. dan bahan ajar penunjang untuk keperluan pengajarannya. 2. Guru dituntut mengusai bahan ajar. Mengembangkan laboratorium. 3. 4. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran. Melaksanakan program belajar mengajar. Jabatan ini mempunyai prestise yang tinggi dalam masyarakat dan oleh karenanya memperoleh imbalan yang tinggi pula. Dalam prakteknya melayani masyarakat anggota profesi otonom dan bebas dari campur tangan orang lain. Merumuskan tujuan instruksional. meliputi bahan ajar wajib. 3. Guru mampu mengelola program belajar mengajar meliputi : 1. 2. 3. 4. Tiap anggota profesi mempunyai kebebasan dalam memberikan judgement terhadap permasalahan profesi yang dihadapinya. bahan ajar pengayaan. Menggunakan dan mengelola laboratorium dalam Proses Belajar Mengajar. 9. 5. Dalam memberikan layanan kepada masyarakat anggota profesi itu berpegang teguh pada kode etik yang timbul yang dikontrol oleh organisasi profesi. Membuat alat bantu pengajaran sederhana. Mengenal kemampuan anak didik.

Menggunakan perpustakaan dalam Proses Belajar Mengajar. dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. 6. Jika jumlah guru cukup banyak. melakukan. maka kepala sekolah dapat meminta bantuan wakilnya atau guru senior untuk melakukan supervisi.masbied. Keberhasilan kepala sekolah sebagai supervisor antara lain dapat ditunjukkan oleh meningkatnya kinerja guru yang ditandai dengan kesadaran dan keterampilan melaksanakan tugas secara bertanggung jawab. Menggunakan mikro teaching dalam PPL. Landasan pendidikan adalah sejumlah ilmu yang mendasari asas-asas dan kebijakan pendidikan baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. (http://www. 9. Guru mengenal fungsi serta program pelayanan bimbingan dan penyuluhan. Dalam pengajaran guru dituntut cakap termasuk penggunaan alat pengajaran.5. 8.com/2009/10/30/peningkatan-profesionalisme-guru-dalammengajar/) C. Guru mampu mengelola interaksi belajar mengajar. 6. 5. Memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran. 7. 10. Pada prinsipnya setiap guru harus disupervisi secara periodik dalam melaksanakan tugasnya. Guru mampu menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran. Cita-Cita Tertinggi yang Ingin dicapai Menjadi guru profesional merupakan impian dan cita-cita tertinggi yang ingin sy capai. Guru menghargai landasan-landasan pendidikan. Guru mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah. media pengajaran dan sumber pengajaran agar siswa giat belajar bagi dirinya. Profesionalisme guru adalah kemampuan guru untuk melakukan tugas pokoknya sebagai pendidik dan pengajar meliputi kemampuan merencanakan. .

TUGAS PROFESI KEPENDIDIKAN OLEH : SRI HIDAYATI (A1C107063) FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI 2011 .

. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful