Cara Mudah Membuat Windows XP USB Flashdisk

BY DOZOL ON: AUGUST 12TH, 2010 IN: WINDOWS

http://jarlok.com/cara-mudah-membuat-windows-xp-usb-flasdisk/ http://jarlok.com/step-by-step-install-windows-xp-dari-flashdisk/ http://jarlok.com/cara-mengatur-bios-pc-agar-booting-dari-usb-flashdisk/ http://jarlok.com/coba-linux-atau-windows-live-dengan-mobalivecd/
30Share

USB flashdisk saat ini banyak dipakai sebagai pengganti cd/dvd atau media simpan lainnya karena gampang dibawa dan mudah digunakan. Apalagi harganya yang terjangkau, membuat flashdisk banyak digunakan untuk keperluan menyimpan data dan file. Bahkan USB flashdisk tidak hanya difungsikan sebagai media simpan file, sekarang flashdisk mulai banyak digunakan untuk install windows dan linux melalui flashdisk. Artinya untuk menginstall windows xp/vista atau windows7 tidak harus memakai cd/dvd windows tapi cukup dengan flashdisk bootable yang berisi file-file installasi windows. Untuk membuat flashdisk windows xp yang bootable tidak bisa dengan kopi paste isi cd windows lalu dimasukkan kedalam flashdisk, tetapi membutuhkan software khusus seperti Flashboot yang akan membuat USBflashdisc menjadi bootable sekaligus mengkopikan file installasi windows keadalam flashdisk. Saya contohkan disini adalah cara membuat windows xp usb dengan memakai flashdisk 1 gb, Sebelumnya siapkan dulu software berikut ini:  Download software HPUSBDisk.exe untuk memformat flashdisk.  Download Flashboot 2.0b portable untuk mengcopi file windows xp kedalam flashdisck Bila kedua software sudah didownload, lanjutkan langkah-langkah dibawah ini:

1. Siapkan cd installasi windows xp, atau file iso-nya jika belum punya file image(iso) silahkan
lihat artikel membuat iso file dari cd/dvd windows xp. 2. Masukkan/ Tancapkan flashdisk ke komputer, ingat !! sebelumnya backup data penting didalam flashdisk, lalu jalankan program HPUSBDisk.exe untuk memformat flashdisc. Lalu formatlah flashdisk dengan software HPUSBDisk.exe. Pilih file system FAT32 untuk format flashdisk. 3. Jalankan Flashboot 2.0b portable.exe. 4. Setelah program terbuka, klik “Next“

.5. Kemudian pilih drive cd/dvroom yang sudah berisi Windows XP CD. lalu klik menu CD -> USB 6. Muncul pilihan FlashBoot Main Menu. atau pilih opsi “Image file” Jika ingin mengambil dari file iso yang sudah dibuat dengan program iso maker lalu klikNext.

Selanjutnya klik Next lagi. Kemudian pilih drive Flashdisk. Lanjut ke tahap Step by step install Windows XP dari flashdisk tapi sebelumnya set . Setelah berhasil membuat Windows XP USB sekarang sudah siap digunakan untuk install komputer lewat USB. Masukkan pada Volume label terserah. 8. klik Next. 9. Flashdisk. sampai 11.7. dan file system pilih FAT32. muncul Complete successfully. Lalu klik tombol “Format Now” untuk memulai proses pembuatan Windows XP Tunggu proses format dan copy file Windows sampai selesai. 10.Click OK to exit. pilih Convert Windows XP/2000 Installation CD lalu klikNext lagi. Setelah itu keluar pilihan skenario.

bios PC agar boot dari USB Flashdisk. UTILITY. Selamat mencoba semoga bermanfaat. Jadi sebaiknya format drive C: dengan type FAT32 agar komputer dapat diinstall windows dari Flasdick. Step by step Install Windows XP dari Flashdisk BY DOZOL ON: DECEMBER 15TH. Kalau flashdisk sudah dibuat. Sebelum mulai langkah langkah instal windows xp dari flashdisk. Restart komputer. siapkan terlebih dahulu sebuah flashdisk yang sudah berisi file setup windows yang sudah dibuat dengan software flashboot 2. Untuk memastikan atau sekedar mencoba gunakan aja MobaliveCD untuk menguji Flazhdick. 2010 IN: KOMPUTER. Pada proses pembuatan instalasi windows xp didalam flashdisk pada langkah sebelumnya dengan software flashboot 2. saatnya sekarang proses instal windows dari flashdisk yang berisi file setup windows xp. Tapi jika anda lupa memformat partisi aktif ke FAT32.0b portable menggunakan startup windows 98 sehingga yang perlu disiapkan adalah file type partisi C: (drive tempat windows diinstal) harus mendukung file system DOS yaitu FAT/FAT32. WINDOWS 1Share Setelah sukses membuat instalasi windows xp didalam usb flashdisk. Flashboot sendiri sudah menambahkan program FDISK untuk membuat partisi yang bisa dieksekusi pada waktu boot pertama kali. SOFTWARE. . ikuti step by step instal windows xp dari flashhdisk: 1.lalu Atur bios booting dari flashdisk.0b portable untuk detailnya silahkan lihat di artikel Cara mudah membuat windows xp usb flashdisk.

3.” Itu berarti drive C: (yang akan diinstall windows) belum diformat ke system FAT/FAT32 dan partisi belum diaktifkan. Tekan tombol “ESC” untuk kembali ke menu sebelumnya.2. Please create some DOS partitions first. Jika keluar jendela “There are no usable partitions for Windows 2000/XP setup at the moment. . Pilih Instal Windows. Tunggu sampai keluar jendela Flashboot wrapper for windows 2000/XP setup.

2. Lalu ketik Y dan tekanEnter pada jendela konfirmasi Fdisk. pilih “Edit partitions” untuk mulai menggunakan program FDISK. Kemudian pilih no. lalu tekan ESC. . Pilih secara berurutan 1 -> 1 -> Y untuk mulai membuat partisi untuk windows.4. 5. 6. Set Active partition untuk mengaktifkan drive C: yang sudah dibuat pada langkah 5. Sampai terbentuk partisi C: dengan system file FAT32.

Install Windows lalu pilih disk C: tekan Enter untuk menginstall windows XP ke drive C:. 2 . Jawab Y jika ada warning untuk memformat drive C:. 7. Pastikan komputer di boot lagi dari flashdisk. Tunggu system akan memformat drife C: lalu tekan Enter lagi. Keluar dari program FDISK dan komputer akan direstart. Jika jendela Flashboot wrapper sudah muncul(seperti dilangkah no.selanjutnya tekan tombol ESC lagi untuk kembali ke menu utama.2) sekarang pilih no. . 8.

9. Tekan Enter lalu cabut Flashdisk dari computer agarkomputer booting dari harddisk (Setting BIOS lagi jika pc gagal booting dari harddisk). Tunggu sampai 100 % system sedang menyalin file yang diperlukan ke harddisk. Sampai disini flashdisk sudah tidak diperlukan lagi. Kemudian akan keluar jendela Windows XP Home/Profesional Setup. Jika proses copy file windows sudah selesai. Setelah komputer restart dan booting dari harddisk. di monitor akan muncul jendela setup windows xp. program akan meminta restart. 11. 10. Tekan Enter untuk . Jangan lupa sebelum restart agar mencabut flashdisk hal ini mencegah boot ke flashdisk yang akan mengakibatkan proses kembali dari awal lagi.

Kemudian tekan tombol F8 pada jendela Windows XP Licensing Agreement.mulai menginstall windows. 12. .

14. restart saja dan booting sudah normal dari harddisk. Jika nanti windows minta restart lagi. Sampai dilangkah ini. Setelah itu tunggu proses instalasi windows XP sampai selesai. tekan C. anda hanya tinggal mengikuti intruksi yang tampil dilayar monitor sampai finish. lalu tekan Enter. Silahkan dicoba semoga berhasil .13. 10). Yang perlu diingat adalah booting dari flashdisk hanya untuk proses copy file ke harddisk. kemudian 15. Setelah itu flahsdisk tidak diperlukan lagi (sampai langkah no. Lalu pilih drive C: dan tekan Enter. Pilih Convert the partition to NTFS (lebih disarankan).

Lalu bagaimana cara mengatur bios agar komputer bisa booting dari usbflashdisk?. Enter di “Hard Disk Boot Priority” . Hidupkan PC masuk ke Bios dengan menekan tombol “del/delete” pada saat komputer baru booting. 2. 2010 IN: KOMPUTER 4Share Atur bios agar booting dari Flashdisk. Mari lihat screenshoot dari bios berikut ini: Cara atur bios agar boot dari flashdisc (Saya contohkan disini adalah bios “Award” untuk bios “phoenix” atau yang lainnya kurang lebih sama): 1. 3. Sebelumnya tancapkan flashdisk yang mau dibooting ke komputer.Cara Mengatur Bios PC Agar Booting dari Usb Flashdisk BY DOZOL ON: OCTOBER 29TH. Pilih “Advanced BIOS Features” 4. Untuk Mobo keluaran terbaru rata-rata sudah memiliki fasilitas untuk boot dari usb sehingga memudahkan menjalankan dan menginstall windows dari flashdisk tanpa perlu lagi cd dan drive optik. Untuk menjalankan windows dari flashdisk diperlukan pc atau lebih tepatnya motherboard yang sudah mendukung booting dengan usb flashdisk.

5. Sorot Flashdisk. pada kebanyakan Bios Mobo sekarang sudah menambahkan fasilitas Boot prioritas tanpa perlu masuk bios. Setelah itu simpan pengaturan bios dengan memilih “Save & Exit Setup“ 7. Cukup tekan tombol F12 pada saat booting lalu keluar menu booting pilih dari Harddisk: . Selain itu. lalu tekan tombol + (plus) di keyboard untuk menguabah urutan flashdisk menjadi diatas harddisk 6.

selanjutnya tunggu komputer booting dari USBflashdisc Kini komputer dapat menjalankan windows atau linux live dari usb atau bisa juga untuk install windows dan linux flashdisk. Semoga berguna .Lalu Pilih Flashdisk yang sudah ditancapkan di PC.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful