P. 1
Coal Bed Methane

Coal Bed Methane

|Views: 52|Likes:
Published by Arif Mahendra

More info:

Published by: Arif Mahendra on Jul 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2013

pdf

text

original

Coal Bed Methane

Coal Bed Methane adalah : Gas methane yang dapat bernilai ekonomis, terbentuk dan terdapat bersama-sama dengan lapisan batubara. bersamaCoal seam gas dapat dibedakan menjadi dua macam : 1. Coal bed methane : gas methane yang terdapat dalam batubara dan belum tersentuh oleh kegiatan apapun. 2. Coal Mine Gas : gas methane yang menyertai kegiatan penambangan batubara terutama pada tambang Bawah tanah. Sejarah coal bed methane :  Batubara dikenal sebagai sumber energi yang cukup besar peranannya sebagai pengganti minyak bumi.

Bila dibandingkan dengan emisi yang dihasilkan dari proses pembakaran batubara. Sejak awal tahun 1980 an produksi gas methane mengalami kenaikan.   . dan saat ini coal bed methane sebagai cadangan energi yang sangat penting. karena dengan dapat terambilnya gas ini maka tambang akan terbebas dari proses ledakan.  Coal Mine gas pertama kali diproduksi sejalan dengan pengambilan gas methane dalam tambang batubara (bawah tanah). karena bila gas ini dibakar sangat bersih dari terbentuknya emisi sehingga tidak mengotori lingkungan. maka pada pembakaran batubara akan menghasilkan emisi yang berupa gas maupun padatan ( abu terbang dan abu dasar ). Sumberdaya GMB di Indonesia cukup besar yaitu sekitar 450 TCF.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->