Atmosfer adalah lapisan udara yang terdiri dari campuran berbagai gas yang menyelimuti suatu planet baik

planet bumi, merkurius, mars, jupiter, uranus, saturnus, venus, neptunus dan lain-lain. Atmosfer ada di sekeliling kita mulai dari permukaan tanah hingga jauh di angkasa sana.

Manfaat/Fungsi Lapisan Atmosfer (Atmosfir) Bumi 1. Melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi karena terkena gaya gravitasi bumi. 2. Melindungi bumi dari radiasi ultraviolet yang berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup dengan lapisan ozon. 3. Mengandung gas-gas yang dibutuhkan manusia, hewan dan tumbuhan untuk bernafas dan untuk keperluan lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida, dan lain sebagainya. 4. Media cuaca yang mempengaruhi awan, angin, salju, hujan, badai, topan, dan lainlain.

(Pengertian Lithosfer Sebagai Struktur Lapisan Bumi) ± Lithosfer berasal dari bahasa yunani yaitu lithos artinya batuan, dan sphera artinya lapisan. Lithosfer merupakan lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Lithosfer adalah lapisan kulit bumi paling luar yang berupa batuan padat. Lithosfer tersusun dalam dua lapisan, yaitu kerak dan selubung, yang tebalnya 50 ± 100 km. Lithosfer merupakan lempeng ya

Kerak bumi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu: a. Kerak benua, merupakan benda padat yang terdiri dari batuan granit di bagian atasnya dan batuan beku basalt di bagian bawahnya. Kerak ini yang merupakan benua. b. Kerak samudera, merupakan benda padat yang terdiri dari endapan di laut pada bagian atas, kemudian di bawahnya batuan batuan vulkanik dan yang paling bawah tersusun dari batuan beku gabro dan peridolit. Kerak ini menempati dasar samudra 2. Lapisan sima (silisium magnesium) Lapisan Sima yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa Si O2 dan Mg O lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt. Lapisan merupakan bahan yang bersipat elastis dan mepunyai ketebalan rata rata 65 km.

Terdapat dua tipe litosfer ‡ Litosfer samudra, yang berhubungan dengan kerak samudra dan berada di dasar samdura ‡ Litosfer benua, yang berhubungan dengan kerak benua

Lapisan inti luar tebalnya sekitar 2. mengandung mineral cairan Besi dan Nikel (disebut juga lapisan Nife). Kerak bumi (crush) merupakan kulit bumi bagian luar (permukaan bumi).000° C dan tekanan terus menurun.6 milyar tahun yang lalu. Tabal selimut bumi mencapai 2. Bumi merupakan planet dengan urutan ketiga dari sembilan planet yang dekat dengan matahari.500° C dan bertekanan tinggi. Lapisan kerak bumi dan bagian di bawahnya hingga kedalaman 100 km dinamakan litosfer. Suhu di bagian bawah kerak bumi mencapai 1.200 oC.Lapisan Inti: cairan kental bersuhu di atas 4. Inti bumi (core). Suhu di bagian bawah selimut bumi mencapai 3. Lapisan Litosfer: merupakan lapisan lebih kental dengan suhu < 2. mengandung mineral Silicium dan Magnesium (disebut juga lapisan Sima). Secara struktur. Lapisan ini menjadi tempat tinggal bagi seluruh mahluk hidup. 2. Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh berbagai jenis mahluk hidup. Selimut atau selubung (mantle) merupakan lapisan yang terletak di bawah lapisan kerak bumi. Lapisan Astenosfer: merupakan lapisan kedua yang melapisi lapisan inti dengan suhu antara 2. Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta km. lapisan bumi dibagi menjadi tiga bagian.700 km. yang terdiri dari material cair.100 oC. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam. 3. Lapisan ini disebut juga lapisan mantel bumi. Tebal lapisan kerak bumi mencapai 70 km dan merupakan lapisan batuan yang terdiri dari batu-batuan basa dan masam. Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4. Permukaan bumi terdiri dari daratan dan lautan. inti dalam merupakan pusat bumi berbentuk bola dengan diameter sekitar 2. Inti bumi bagian dalam Inti bumi bagian dalam ± Bumi telah terbentuk sekitar 4.900 km dan merupakan lapisan batuan padat. berbentuk bulat dengan radius ± 6.500 oC.000-4.000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2. dengan penyusun utama logam besi (90%). yaitu sebagai berikut : 1. dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 ± 5200 km.000 oC. .000° C dan tekanan terus turun.370 km. nikel (8%).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful