P. 1
makalah tekpan hesti

makalah tekpan hesti

|Views: 482|Likes:
Published by Nanda Pratama

More info:

Published by: Nanda Pratama on Jul 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/08/2013

pdf

text

original

MAKALAH TEKNIK PANTAI

Dikerjakan oleh :

HESTI AULIA SARI G1B010020

PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BENGKULU BENGKULU

Bengkulu. serta teman -teman yang selalu mendukung hingga tugas ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi memp erbaiki bahkan menyempurnakan kembali dimasa yang akan datang. Juli 2011 Penulis .KATA PENGANTAR Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT. Penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan tugas ini. karena atas berkat rahmat dan hidayah-NYA lah penulis dapat menyelesaikan Makalah Teknik Pantai ini dengan baik. Penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada Dosen Pembimbing Teknik Pantai yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis.

....... ....................................................................... .................. 1 Macam-macam gelombang........................................................DAFTAR ISI Kata Pengantar................................................................. ii Teori Dasar Deformasi..... 10 ............................................................. 5 Reflaksi dan Difraksi Glombang....................... i Daftar Isi........................................................................... 7 Daftar Pustaka...............

yaitu: Penentuan Metode dan Metode Statistika. Rigid (Kaku) = Patah = Plastik. yaitu: Intrepretasi Fisik dan Analisis Geometri. Terkait dengan pergeseran titik maka deformasi deformasi merupakan pergerakan suatu titik pada suatu benda dimana titik terletak pada benda artinya titik tersebut memiliki posisi dalam sistem koordinat tertentu.Teori Dasar Deformasi Pada prinsipnya beban terhadap benda terdeformasi (Deformable Body) adalah suatu gaya yang melakukan aksi terhadap benda padat sehingga menyebabkan Causative Influences yang menyebabkan terjadinya deformasi. Non-Rigid = Lentur = Elastik. Intrepretasi Fisik adalah proses penerjemahan secara fisis terhadap sifat materi yang mengalami deformasi tegangan (stress) yang terjadi pada materi. 2. sifat-sifat materi. Untuk analisis geometri lebih menekankan penentuan parameter deformasi dengan jalan mentransformasikan perubahan posisi ke dalam bentuk parameter parameter deformasi meliputi translasi. Sedangkan metode statistika dinamakan juga metode analisis regresi yang menitikberatkan pembahasannya pada analisis korelasi antara besaran deformasi antara besaran deformasi (displacement) dan besaran beban (load) penyebab terjadinya deformasi. Penentuan metode pada umumnya adalah metode deterministik. Interpretasi Fisik dapat dilakukan dengan 2 macam metode. hubungan fungsional antara beban dan deformasi yang terjadi dimana sifat materi yang terdeformasi terdiri atas 2 macam. geometri benda dan hukum fisis yang berlaku untuk tegangan-regangan (Stress-Strain). . Apabila suatu benda mengalami deformasi maka dapat dilakukan analisis dengan 2 macam cara. rotasi dan dilatasi. metode deterministik adalah metode operasional yang menggunakan informasi yang berkaitan dengan beban. yaitu: 1. Induk dari deformasi adalah dinamika Bumi yang mengalami banyak perubahan yang diakibatkan kondisi yang tidak stabil disebabkan geometri Bumi yang tidak solid dan rigid (kaku).

Kerangka referensi. D. yaitu: skala global. antara lain: . posisi dan dimensi dari suatu benda (Kuang. skala regional mencakup gerakan antar pulau dan skala lokal mencakup gerakan tanah pada tempat tertentu (Wahyuningtias. Sehingga berdasarkan definisi tersebut.Dinamika Bumi terbagi menjadi 3 skala. Sehingga analisis deformasi adalah metodologi (hal-hal yang berkaitan metode) untuk menentukan parameter-parameter deformasi.. Hal ini dikarenakan pengertian analisis deformasi berbeda dengan pengertian analisis pengkajian suatu obyek. deformasi dan terpadu. Untuk dapat memahami pengertian analisis deformasi terpadu diperlukan pemahaman makna kata dari analisis. skala regional dan skala lokal. Pada skala lokal inilah terdapat studi analisis deformasi terpadu. 2. 4. Penentuan posisi. Analisis adalah penarikan suatu kesimpulan tentang karakteristik dari struktur fenomena secara keseluruhan dari unsur-unsur atau komponen-komponen pembentuk struktur tersebut. Kerangka dasar horisontal dan vertikal dan bentuk geometri beserta ukuran lebih. B. 3. Deformasi adalah perubahan bentuk. 2001). kerangka koordinat dan sistem koordinat. sistem referensi. deformasi dapat diartikan sebagai perubahan kedudukan atau pergerakan suatu titik pada suatu benda secara absolut maupun relatif (Ma¶ruf. 1996). Pendekatan stokastik. Skala global mencakup gerakan antar benua. Ada 2 macam metode pendekatan yaitu pendekatan geodetik dan pendekatan fisis. sebagai berikut: 1. 1996).. Ciri khas pendekatan geodetik adalah penerapan konsep. Sedangkan penerapan kata terpadu dalam analisis deformasi ditekankan bahwasannya analisis deformasi masih dapat dikembangkan lagi untuk menjadi terperinci termasuk dalam kemungkinannya untuk lintas bidang keilmuan. Adapun parameter-parameter deformasi .

maka perubahan bentuk tersebut dipandang sebagai perubahan bentuk yang kecil. Regangan (Strain) Perpindahan partikel suatu benda elastis selalu menimbulkan terjadinya perubahan bentuk benda tersebut. Tegangan (Stress) Tegangan adalah gaya (F) per luas permukaan (A) yang diteruskan ke seluruh material melalui medan-medan gaya antar atom. perpindahan kecil partikel yang berubah bentuk diuraikan dalam komponen u X. 2.1. uY dan uZ yang masing-masing sejajar terhadap sumbu koordinat kartesian X. Komponen Tegangan Keterangan: : tegangan normal searah sumbu Y. bekerja pada bidang luas A atau yang sejajar dengan luas A. . Gambar 1. Tegangan Geser (Shear Stress). yaitu: a) b) Tegangan Normal (Normal Stress). Perubahan bentuk suatu benda elastik dikaitkan dengan regangan. Pada umumnya arah tegangan miring terhadap luas A tempatnya bekerja dan dapat diuraikan menjadi dua komponen. tegak lurus terhadap luas A. Y dan Z. : tegangan geser tegak lurus sumbu Y sejajar sumbu Z. Dalam sistem koordinat kartesian tiga dimensi. : tegangan geser tegak lurus sumbu Y sejajar sumbu X.

sebagai berikut: Gambar 3..1.Gambar 2. Sebagai gambaran bentuk rotasi dapat dilihat pada gambar 3. (b) Elemen Kecil Benda Elastik 3. Komponen Rotasi . Elemen Kecil Benda Plastik dan Komponen Regangan (a) Komponen Regangan. Rotasi Rotasi merupakan perubahan posisi materi tanpa mengalami perubahan bentuk yang membentuk perubahan sudut terhadap koordinat acuan.

Saat angin dan gelombang laut mendorong air menuju pantai. Pembiasan gelombang biasanya terjadi ketika gelombang menyebrangi perbatasan dua mediumyang berbeda. Air ini mengalir ke sepanjang garis pantai sampai menemukan jalan keluar kembali ke laut atau ke perairan danau yang terbuka. dan dapat terjadi pada setiap pantai yang bergelombang pecah. Mula-mula gelombang laut merambat melalui air laut. laju gelombang menjadi berkurang. pada saat gelombang memasuki bagian laut yang dangkal. di bawah dermaga atau sepanjang dermaga jetti. berkurangnya laju gelombang laut ketika memasuki bagian laut yang dangkal menyebabkan gelombang laut dibelokkan hingga sejajar garis pantai.Macam-macam gelombang y Refraksi gelombang di pantai ialah peristiwa pembelokan gelombang yang diakibatkan oleh perubahan kedalaman air pada saat gelombang menjalar ke garis pantai. Arus pecah yang dihasilkan biasanya sempit dan terletak di sebuah parit antara gosong pasir. Ketika mendekati garis pantai. Dengan kata lain. Nah. air sering didorong menyamping oleh gelombang yang mendekat. biasanya melalui garis selancar. y Break Current adalah arus air yang mengalir kuat ke arah laut dari sekitar pantai. permukaan laut tentu semakin dangkal. . Berkurangnya laju gelombang laut mengakibatkan terjadinya pembelokkan arah perambatan gelombang (gelombang laut dibiaskan).

Jika tidak ada penghalang. Di sana bisa membentuk sejumlah ³pecahan´. . maka air akan dengan mudah mengalir kembali ke laut secara terus menerus. maka akan secepatnya menuju dan melimpasi penghalang dengan beberapa arus yang mempunyai energi lebih besar dibanding yang lain. kelebihan air benar-benar mulai terkumpul. Tetapi jika ada penghalang (misalnya: gelombang datang). kemungkinan terjadi hanya beberapa menit. Tarikan dapat terjadi karena air yang datang menabrak pantai dan terkumpul harus kembali ke suatu tempat sepanjang pantai itu. Arus dengan pergerakan yang cepat ini menabrak dan memecahkan penghalang. y Longshore Current adalah arus yang berarah ke tangah laut yang disebabkan oleh angin yang berasal dari sudut tepi pantai. y Shoaling Gelombang Yaitu efek dimana suatu gelombang yang memasuki air dangkal dan mengalami bertambahnya frekuensi gelombang tersebut di permukaan air. y Refleksi Gelombang adalah gelombang air laut yang terpantul atau bergerak tidak beraturan dari suatu tempat ke tempat lain karena menabrak suatu penghalang. Ketika air yang terkumpul harus secepatnya kembali ke tengah laut. oleh karena itu di sana bisa pula terbentuk sejumlah arus seret sepanjang pantai tertentu.y Rip Current adalah arus yang dibentuk oleh pergerakan air yang relatif cepat (sekitar 4 ft (1. contohnya batu karang atau kapal.1 m)/dtk) yang mendesak keluar kembali ke tengah laut dari mana mereka datang.

sebagian besar gerakan air di hampir tertutup jalur elips. sering diakibatkan oleh angin.panjang gelombang. Jika kedalaman air kurang dari setengah panjang gelombang. Gelombang adalah pembawa efisien energi. Mereka transportasi air sangat sedikit.Reflaksi dan difraksi gelombang Gelombang air ditandai oleh tinggi gelombang. dan masa. (Lihat Dalrymple's Java applet:Kecepatan Bawah Air Gelombang untuk contoh: coba tinggi gelombang 5 m. dan kedalaman air 10 m. yaitu panjang gelombang dibagi dengan periode gelombang (dari gelombang setelah melakukan perjalanan satu panjang gelombang setiap periode gelombang). Di laut dalam. maka gelombang dianggap di perairan dangkal. Kecepatan yang membawa gelombang energi ini berkaitan dengan kecepatan gelombang. . Shoaling dan refraksi gelombang terjadi ketika gelombang di perairan dangkal.). Tinggi gelombang adalah jarak antara palung (bagian terendah) dan puncak (bagian tertinggi) gelombang. Periode gelombang adalah waktu untuk dua puncak berturut-turut untuk melewati sebuah titik. perioda gelombang 20 detik. tsunami (gelombang gempa yang dihasilkan) dianggap gelombang air dangkal (1). Panjang gelombang adalah jarak antara puncak gelombang.

Perhatikan pola gelombang silangbalik melintasi pulau. Gelombang refraksi juga terjadi di sekitar pulau dan bentuk gelombang melingkar mengelilingi pulau. Dalam Gambar 2. peristiwa refraksi gelombang diakibatkan oleh perbedaan kecepatan gelombang yang biasanya disertai juga dengan perubahan panjang gelombang yang mengecil. Gelombang mendekati dari satu arah dan akan membungkus pulau sehingga puncak gelombang mendekati pantai berbentuk paralel pada semua sisi pulau (gambar 3) (1). Bagian dari puncak gelombang dekat ke pantai adalah di perairan dangkal dan bergerak lebih lambat daripada bagian yang jauh dari pantai dalam air yang lebih dalam. dan garis-garis vertikal gelombang orthogonals (baris yang akan ditelusuri dengan mengikuti arah gelombang). Karena adanya perubahan kedalaman air. puncak gelombang diperlihatkan (puncak pertama adalah sebuah garis horizontal pada bagian atas gambar). . Puncak gelombang di air yang lebih dalam menangkap sehingga puncak gelombang cenderung menjadi sejajar dengan pantai. Contoh refraksi adalah ketika gelombang mendekati garis pantai lurus di sudut.Refraksi Refraksi atau disebut juga pembiasan gelombang adalah peristiwa perubahan arah gelombang yang bergerak ke arah pantai dari kedalaman air yang dalam menuju kedalaman air yang dangkal.

Gel mbang mendekati pulau dan berbentuk melingkar dari atas gambar.Gambar 2. pembiasan gel mbang diseki ar pulau. 1964. . Dari Bascom.

Jika sisi pulau yang miring di bawah air. Gambar-gambar yang ditampilkan di sini diambil dari dua referensi pertama di bawah. berubah menjadi daerah belakang pulau dan membawa energi gelombang ke dalam puncak gelombang apa yang disebut 'zona bayangan. Gambar 3. air akan terlihattenang. Setelah gelombang melewati pulau pada Gambar 3. seperti breakwater atau pulau.Difraksi biasanya terjadi ketika menghadapi kendala gelombang permukaan-menusuk. namun tidak. ini disebabkan oleh perubahan tinggi gelombang (misalnya di sepanjang puncak) dalam gelombang yang sama. Untuk penjelasan lebih jelas. Terlihat pada gambar bagian di sisi pulau.Difraksi Difraksi gelombang yakni peristiwa berpindahnya energi di sepanjang puncak gelombang ke arah daerah yang terlindung. . makajuga akan terjadi pembiasan . lihat Dean dan Dalrymple (1991). " Berpindah dari gelombang ke daerah terlindung. Difraksi gelombang.

1964. W. RG dan RA Dalrymple. Englewood Cliffs. 1991. Pantai proses dan sedimentasi. gelombang mekanik Air untuk insinyur dan ilmuwan. Inc.COM dengan kata kunci DEFORMASI GELOMBANG . WWW. NJ: Prentice-Hall. 1976. NY: Doubleday & Co. Dean.DAFTAR PUSTAKA Bascom. Garden City. Gelombang dan pantai: dinamika dari permukaan laut. Komar.GOOGLE. Singapore: World Scientific. Inc. P.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->