Unit

6

Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Komputer
Isniatun Munawaroh Pendahuluan

P

ada unit sebelumnya Anda telah mengenal berbagai macam bentuk dan jenis media, mulai dari media sederhana, grafis, audio dan bahkan media audio visual. Penguasaan Anda tentang materi tersebut merupakan dasar utama dalam mempelajari unit ini. Dapat dikatakan unit ini merupakan penggabungan atau pengembangan dari materi media unit-unit yang sebelumnya. Dalam unit ini anda akan kami ajak untuk membahas tentang pengertian dan cara mengembangakan pembelajaran berbasis komputer. Adapun materi yang akan disampaikan dalam unit ini adalah sebagai berikut : Subunit 1. Pengertian pengembangan bahan berbasis komputer. Subunit 2 Membuat presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint. Setelah anda mempelajari unit VI dalam modul ini, maka anda diharapkan mampu untuk: 1. Menjelaskan pengertian bahan ajar berbasis komputer. 2. Menjelaskan bentuk program dalam pembelajaran berbasis komputer. 3. Menjelaskan karakteristik bahan ajar dalam pembelajaran berbasis komputer. 4. Menjelaskan prosedur pengembangan dalam pembelajaran berbasis komputer. 5. Membuat presentasi bahan ajar menggunakan Microsoft PowerPoint.

Pengembangan Bahan Pembelajaran

6-1

Agar anda dapat menguasai dengan baik materi yang diberikan dalam bab ini, maka anda diharapkan mengikuti beberapa petunjuk berikut : 1. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan dalam unit ini sampai Anda memahami secara tuntas tentang apa, untuk apa dan bagaimana mempelajari unit ini. 2. Kuasai konsep demi konsep yang disampaikan dalam unit ini melalui pemahaman sendiri dan bertukar pemahaman dengan mahasiswa lainnya atau dengan tutor Anda. 3. Jika pembahasan yang disajikan dalam unit ini dianggap masih kurang, upayakan Anda untuk dapat membaca atau mempelajari sumber-sumber lain yang relevan untuk menambah wawasan Anda. 4. Dalam mempelajari sub unit membuat program dengan PowerPoint ikuti perintah demi perintah yang dianjurkan dalam menguasai materi tersebut. Usahakan anda langsung berhadapan dengan komputer, sehingga apa yang diinstruksikan dalam modul tidak abstrak. 5. Mantapkan pemahaman Anda dengan mengerjakan latihan yang telah disajikan di setiap sub unit dan melalui diskusi dalam kegiatan tutorial dengan mahasiswa lain atau teman sejawat. 6. Jangan lewatkan untuk menjawab soal-soal yang telah disajikan untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami dengan benar materi dalam unit ini.

Selamat belajar !!!

6-2

Unit 6

Subunit 1 Pengertian Bahan Pembelajaran Berbasis Komputer
Pengantar

D

alam era Teknologi Informasi penggunaan komputer telah merambah ke segala bidang kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Komputer memiliki program-program aplikasi praktis yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk pencapaian tujuan pendidikan. Beberapa orientasi penggunaan komputer dalam dunia pendidikan adalah bagaimana komputer dapat membantu orang untuk belajar, untuk mengajar, dan membantu orang dalam mengelola pendidikan secara umum. Begitu juga dalam pengembangan bahan-bahan atau materi pembelajaran, sebagai alternatif sumber belajar, komputer digunakan untuk mentransfer materi-materi kepada peserta didik atau dalam konteks ini biasa disebut dengan Bahan Pembelajaran Berbasis Komputer. A. Bahan Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK)

Istilah komputer pembelajaran pertama kali diadopsi dari beberapa terjemahan sejenis yang menjelaskan tentang penggunaan atau pemanfaatan komputer untuk dunia pembelajaran. Pemanfaatan komputer untuk belajar dimulai dari penggunaan teaching machine pada penerapan pembelajaran berprograma di era tahun 1950-1960an. Pengertian komputer pembelajaran dibagi menjadi 3 hal, yaitu : 1. Computer Assisted Learning (CAL). 2. Computer Based Training (CBT). 3. Computer Assisted Instruction (CAI) Dalam konteks pengembangan, istilah pembelajaran berbasis komputer lebih tepat dikaitkan dengan pengertian CAI (Computer Assisted Instruction). Page (1978:58) mengemukakan : “Computer Assisted Instruction / Learning (CAI/CAL) : Use of a computer to assist in the presentation of instructional materials to a student, to monitor learning progress, or to select additional instructional material in accordance with the need of individual learners.” (Pembelajaran berbasis komputer adalah Penggunaan suatu komputer untuk membantu menyajikan materi

Pengembangan Bahan Pembelajaran

6-3

Macromedia Flash. Pengemasan produk pembelajaran berbasis komputer juga bermacam-macam. gambar. B. PBK memiliki cakupan atau ruang lingkup yang lebih luas dibandingkan dengan bahan pembelajaran jenis lain. interaktif. yang semua itu memerlukan komputer sebagai media dasar untuk menayangkan dan menyampaikan pesan yang terkandung di dalamnya. suara. bahwa : “ Secara luas CAI (Computer Assisted Instruction) adalah penggunaan komputer secara langsung untuk menyampaiakan isi pelajaran. Misal : Camera Foto. Macromedia Dream Weaver. Video Pembelajaran. (seperti : teks. Adobe Premier. Selain hal tersebut dengan dihubungkan melalui jaringan internet. PHP.” Dilihat dari pendapat dua ahli diatas.) PBK dapat dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tampak lebih menarik. Bentuk Program Pembelajaran Berbasis Komputer Proses produksi pembelajaran berbasis komputer dapat dilakukan dengan berbagai program aplikasi. dan lebih bersifat edukatif. proses produksi juga memerlukan berbagai peralatan (hardware). dan sebagainya. Dengan berbagai fitur dan aksesoris pendukungnya. Web Pembelajaran. memberikan latihan-latihan. bahwa semua fungsi yang dimaksud dalam pembelajaran berbasis komputer adalah bagaimana program komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran. 6-4 Unit 6 . Game Pembelajaran. mulai dari CD Interaktif.) Senada dengan hal tersebut Anderson juga mengungkapkan ( lihat terjemahan Yusuf hadi. dan mengetes kemajuan belajar siswa. Selain memerlukan fitur program aplikasi komputer dan komputer itu sendiri. CD/DVD Writer. Java Script dan sebagainya. Scaner. memantau kemajuan belajarnya atau memilih bahan pembelajaran tambahan yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa secara individual. seperti Microsoft PowerPoint. video dan animasi. dan sebagainya. Web Interaktif. Microsoft Front Page. Web Blog Pembelajaran. dkk ( 1987 : 199)). Pemilihan program dan peralatan tersebut didasarkan pada tingkat kebutuhan dan keahlian pengembang program. Camera Video.pembelajaran kepada siswa.

Menurut Slamet Suyanto. Karakteristik Program Pembelajaran Berbasis Komputer Selain berfungsi sebagai alat bantu dalam belajar. Linier.2 B. Ciri-ciri bahan pembelajaran berbasis komputer adalah sebagai berikut : 1. pengembangan pembelajaran berbasis komputer jugs mempertimbangkan penyusunan peta konsep keilmuwan.1 C.C.1 A.2 C. Ada 2 jenis penyusunan dalam hal ini : a.1 B.3 C. Brancing. Bahan Pembelajaran Berbasis Komputer juga memiliki karakteristik tersendiri. Banyak pilihan yang dapat digunakan dalam Pengembangan Bahan Pembelajaran 6-5 .3 B. Sistemik Bahan pembelajaran berbasis komputer disusun secara sistemik dan terstruktur.2 A. MENU A MENU B MENU C MENU D dst… b. MENU UTAMA A B C MENU B MENU C MENU A A.3 Selain memenuhi salah satu dari jenis penyusunan diatas.

5. Penggunaan bahasa yang lugas. tidak enterpretatif. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi. Sebagian besar produk pembelajaran berbasis komputer sangat mudah digunakan. Mudah digunakan. Mudah diperbaiki. meskipun bagi orang awam sekalipun. 2. 2. 3. secara umum prosedur pengembangan bahan pembelajaran berbasis komputer adalah sebagai berikut : 1. hal ini tergantung dari kebutuhan yang diinginkan. penggunaan ilustrasi yang jelas dan detail juga termasuk syarat mutlak dalam pengembangan pembelajaran berbasis komputer.menyusun peta konsep. 4. salah satunya adalah penyebaran menggunakan media internet. Membuat peta konsep keilmuan. Berbeda halnya dengan bahan cetak. Produk pembelajaran berbasis komputer juga mudah diperbaiki. Menyusun peta konsep pokok bahasan konsep keilmuan. Jelas dan Menarik Pemaparan konsep yang jelas dan tampilan yang menarik merupakan hal pokok dalam pembelajaran berbasis komputer. Dengan petunjuk penggunaan yang jelas dan memiliki pola logika yang konkrit menjadikan produk PBK mudah dipahami. Penambahan. melainkan harus melakukan pencetakan ulang. pengurangan. mulai dari konsep mudah ke sulit sampai dengan umum ke khusus. Sehingga semakin memudahkan dalam pengeditan produk PBK. 6-6 Unit 6 . fitur-fitur yang terdapat dalam fasilitas programjuga semakin berkembang. Mudah disebarluaskan Bahan ajar berbasis komputer sangat mudah untuk disebarluaskan. dan revisi terhadap isi produk sangat mudah dilakukan. D. setelah mengalami proses pencetakkan bahan ajar cetak tidak bisa direvisi secara langsung. Prosedur Pengembangan Menurut Slamet Suyanto.

Menurut Anda. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6-7 . 6. Menyusun isi atau penjelasan dari setiap konsep. 4. Memilih program berbasis komputer yang akan digunakan sesuai dengan sifat materi dan kepentingannya. Latihan Untuk memperdalam pemahaman anda tentang pemaparan materi diatas. Untuk menjawab soal latihan ini. Menyusun gambar. 7.rambu Jawaban Latihan Untuk memudahkan dalam menjawab soal latihan diatas. 5. anda harus mencermati kembali tentang pengertian program pembelajaran berbasis komputer. 2. cermati kembali pemaparan karakteristik pembelajaran menurut Slamet Suyanto. Menjawab soal latihan ini. perhatikan rambu-rambu jawaban sebagai berikut : 1. chart.3. kerjakanlah latihan berikut ini! 1. Menyusun konsep-konsep yang akan disampaikan. grafik. Menyusun sub kensep yang lebih rinci dari pokopk bahasan yang akan disampaikan. Kemudian baca dan cermati definisi menurut para ahli. Sebutkan dan jelaskan karakteristik bahan pembelajaran berbasis komputer menurut Slamet Suyanto! Rambu . dan visual lainnya. apakah yang dimaksud dengan bahan Pembelajaran Berbasis Komputer? Uraikan jawaban anda serta refleksikan dengan pendapat para ahli! 2.

menanggapi respon serta memodifikasi respon sebagai jalan pemecah permasalahan. Mudah digunakan. 6-8 Unit 6 . Penggunaan media komputer dalam pembelajaran dinilai cukup efektif. 3. Membuat peta konsep keilmuan. Menyusun konsep-konsep yang akan disampaikan. Sistematik. komputer mampu menyajikan situasi belajar yang kondusif sehingga tujuan belajar dapat tercapai secara optimal. Karena unsur tersebut mampu membangkitkan stimulus. c. 2. Karakteristik baha pembelajaran berbasis komputer menurut Slamet Suyato adalah : a. 4. Mudah diperbaiki. secara mutlhak harus memiliki unsur interaktif. Menyusun peta konsep pokok bahasan konsep keilmuan. Jelas dan menarik.Rangkuman Bahan Pembelajaran berbasis komputer adalah Materi-materi pembelajaran yang disampaikan secara langsung menggunakan media komputer untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Menyusun sub konsep yang lebih rinci dari pokopk bahasan yang akan disampaikan. Pengembangan bahan pembelajaran berbasis komputer. d. b. Menurut Slamet Suyanto prosedur pengembangan pembelajaran berbasis komputer secara umum adalah : 1. karena dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Mudah disebarluaskan. e. khususnya ditujukan untuk pembelajaran individual.

CBT (Computer Based Training). Mudah dicetak. Brancing dan induktif. definisi yang paling tepat dipakai dalam konteks pengembangan bahan pembelajaran adalah… A. uktif dan linier. Dari 3 pengertian yang dikemukakan para ahli pendidikan. Bahan pembelajaran yang dibuat dengan komputer.Tes Formatif 1 1. C. D. Sistemik B. Bahan pembelajaran yang disampaikan menggunakan media komputer. CBL (Computer Based Learning). E. E. C. Induktif dan linier. Linier dan Brancing. CAL (Computer Assisted Learning). C. E. C. Induktif dan deduktif. Mudah diperbaiki. Bahan pembelajaran yang mengulas tentang komputer. Jelas dan Menarik. D. CAI (Computer Assisted Instruction). Apa yang dimaksud dengan Bahan Pembelajaran berbasis komputer? A. CIL (Computer Instruction Learning). B. 4. E. Bahan pembelajaran yang memuat materi tentang komputer. 2. B. 3. D. kecuali : A. Bahan pembelajaran yang terdapat dalam komputer. Mudah digunakan. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6-9 . terdapat 2 jenis penyusunan bahan pembelajaran berbasis komputer : A. B. Berikut karakteristik program pembelajaran berbasis komputer menurut Slamet Suyanto. Dalam unsur sistemik. D.

Efisien. CD Interaktif. Analisis kebutuhan dan keahlian pengembang program. C. E. Garis. Produk pembelajaran berbasis komputer dikemas menjadi beberapa jenis. Informatif. Teks. C. B. Karakteristik materi dan peserta didik. Biaya. Gambar atau Image. Kesulitan Materi E. Dalam menciptakan bahan pembelajaran berbasis komputer yang ditujukan untuk belajar secara individual. 8. Web Blog Pembelajaran. A.10 Unit 6 . D. Animasi. Efektif. Web Pembelajaran. 7. Secara umum pembelajaran berbasis komputer memiliki beberapa fitur dan aksesoris pendukung yang menambah keharmonisan tampilannya. Pemilihan program aplikasi untuk pembuatan bahan pembelajaran berbasis komputer didasarkan pada…. Interaktif.5. 6 . Kesulitan Materi D. E. kecuali : A. C. B. Video Pembelajaran. D. E. Selektif. D. berikut contoh jenis produk pembelajaran berbasis komputer. Berikut yang bukan termasuk fitur pembelajaran berbasis komputer adalah : A. B. 6. Modul. C. Audio dan Video. B. unsur utama yang mampu melayani kebutuhan belajar siswa adalah… A.

maka diperlukan peralatan berupa…. Rumus: Jumlah jawaban benar Tingkat penguasaan= ---------------------------. Berarti Anda telah menguasai materi tersebut. 10. D. Berikut yang bukan termasuk prosedur pengebangan menurut Slamet Suyanto…. A. Ada beberapa prosedur yang harus diikuti dalam melakukan pengembangan bahan pembelajaran berbasis komputer. Bagus! Tetapi bila tingkat pemahaman Anda masih di bawah 80%. Anda perlu mengulangi pada bagian-bagian yang belum Anda kuasai atau pelajari kembali seluruh sub unit di atas. Kamera Video. Memasukkan animasi diawal perancangan. Printer. kemudian pergunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi sub unit 1. Coba Anda hitung jawaban yang benar.9. Untuk memproduksi sebuah PBK yang menampilkan unsur video di dalamnya. B. Scaner. Umpan Balik dan Tindak Lanjut Cocokkan jawaban yang telah Anda pilih dengan kunci jawaban tes formatif 1 yang terdapat pada bagian akhir unit ini. CD Writer. E. Anda dapat meneruskan ke materi berikutnya. Membuat peta konsep keilmuan. E. B. selain memerlukan program-program aplikasi komputer juga memerlukan peralatan (hardware) yang mendukung. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . Menyusun konsep-konsep yang akan disampaikan. C. Menyusun isi atau penjelasan dari setiap konsep. grafik. C.11 .x 100% 10 Apabila tingkat penguasaan Anda terhadap materi sub unit 1 telah mencapai 80% ke atas. chart atau visualisasi lainnya. D. Dalam proses produksi pembelajaran berbasis komputer. Menyusun gambar. A. Kamera Foto.

Microsoft PowerPoint juga mampu digunakan untuk mengembangkan bahan pembelajaran sebagai salah satu alternatif sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik. Kelebihankelebihan Microsoft PowerPoint dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. yaitu : M 6 . gambar.Subunit 2 Cara Membuat Presentasi Menggunakan Program POWERPOINT Pendahuluan icrosoft Power Point merupakan program aplikasi berbasis windows yang berfungsi untuk membuat bahan presentasi. foto dan menambahkan efek animasi dalam presentasi. Ilustrasi. Melalui PowerPoint kita dapat memasukkan suara. misal : Profil Perusahaan. video. Cara Membuka Program Aplikasi Microsoft PowerPoint Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuka Program Microsoft PowerPoint. dan dalam konteks pendidikan tentunya untuk mendisplaykan bahan ajar kepada peserta didik. 1. Pengenalan Produk. Dalam perkembangannya. kita dapat berbuat banyak untuk berkreasi dalam berbagai hal dengan memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Selain sangat familiar.12 Unit 6 . Dengan kita menguasai program aplikasi Microsoft PowerPoint. Berikut kita akan mengulas cara-cara membuat presentasi multimedia menggunakan program aplikasi Microsoft PowerPoint. Microsoft PowerPoint mudah digunakan dan menyediakan banyak fasilitas untuk membuat presentasi menjadi menarik. Presentasi.

13 .1.• Cara Pertama Klik Start kemudian sorot Program pilih Microsoft Office pilih Microsoft PowerPoint. 2. Gambar 6. Gambar 6. Cara membuka PowerPoint Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . Cara membuka PowerPoint • Cara Kedua Klik pada Shortcut atau ikon Microsoft PowerPoint yang ada pada Desktop komputer anda.

from desaign template. Cara pertama adalah dengan memilih menu File kemudian pilih New atau cara kedua dengan menekan tombol Ctrl+N pada keyboard. from auto content wizard. Kemudian akan muncul beberapa pilihan pada New Presentation Task Pane untuk membuat presentasi baru.Setelah anda mengeksekusi atau memilih ikon Microsoft PowerPoint maka akan tampil lembar kerja Program PowerPoint sebagai berikut : Gambar 6. Lembar kerja Microsoft PowerPoint 2.4. Klik salah satu dari beberapa pilihan tersebut. 3.14 Unit 6 . Gambar 6. dan from existing presentation. Membuat dan Menambahkan Slide Baru Membuat Slide baru dapat dilakuan dengan berbagai cara. antara lain : blank presentation. Cara membuka Slide Presentasi 6 .

5. Menambahkan Teks Dalam Microsoft PowerPoint teks tidak dapat dimasukkan secara langsung ke dalam slide. Gambar 6. tetapi harus dengan menggunakan Text Box (Kotak Text). Cara memasuukan Text dalam presentasi Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . Cara menambahkan atau menuangkan teks ke dalam slide adalah sebagai berikut : Buka slide baru.Setelah anda membuka slide yang dinginkan. kemudian Klik New Slide atau dengan menekan tombol Ctrl+M pada keyboard. Kemudian ketikkan teks anda sesuai keinginan. Cara menambahkan slide baru dalam Microsoft PowerPoint adalah sebagai berikut : Pilih Insert pada menu bar.15 . kemudian Klik icon Text Box yangada pada deretan menu drawing Tol Bar. dari jumlah slide yang ada maka dapat ditambahkan beberapa slide baru sesuai dengan kebutuhan anda. drag sesuai dengan panjang teks yang diinginkan maka akan muncul kotak teks. Gambar 6. Cara menambahkan Slide Presentasi 3. Kemudian letakkan pointer ke dalam slide. 6.

5. Klik ikon fasilitas format yang diinginkan. Cara penggunaan WordArt adalah sebagai berikut : 1.4. Gambar 6. Ukuran. kemudian pilih WordArt.WordArt banyak digunakan untuk menuliskan judul.8. 7. 3. warna dan sebagainya. atau dengan menggunakan fasilitas format teks yang berada pada tool bar formatting dan drawing. Klik garis atau kotak wilayah Teks atau blok teks yang akan dimodifikasi. akan berubah sesuai keinginan anda. jenis. sorot Picture. 2.16 Unit 6 . Cara praktis dalam mengolah teks adalah melalui fasilitas format teks yang ada dalam menu bar Format. pokok bahasan. WordArt WordArt merupakan salah satu fasilitas Microsoft PowerPoint yang digunakan untuk memodifikasi teks. Mengolah Teks Teks yang telah berada dalam lembar presentasi dapat diolah sesuai kebutuhan anda. Klik Insert pada menu bar. Gambar 6. fasilitas WordArt dalam presentasi 6 . fasilitas pengolah Text dalam presentasi Cara mengolah teks adalah sebagai berikut : 1. kata-kata penting dan sebagainya.

baers.10. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . Untuk menambahkan slide dalam presentasi adalah sebagai berikut : 1.17 . Pilih salah satu Shape yang diinginkan. Menambahkan bentuk Shape MicrosoftPowerPoint juga menyediakan beberapa fasilitas untuk membentuk obyek yang disebut dengan Shape. Klik tombol Auto Shape. callouts. block arrow.2. Gambar 6. flow chart. WordArt galery 6. Gambar 6. kemudian akan muncul beberapa pilihan menu bentuk Shape. Fasilitas dalam menu Auto Shape. basic shape. Shape terdiri dari garis (line). Pilih efek WordArt kemudian masukkan teks ke dalam kotas dialog sesuai keinginan anda. 9. stars. connectors dan lain-lain.

6 . Kemudian akan muncul kotak dialog Insert Table. Pilih Insert dalam menu bar.11.2. Berikut akan dipaparkan cara pengeditan Shape : 1. Menambahkan Tabel Program aplikasi PowerPoint juga menyediakan fasilitas tabelisasi dalam slide presentasinya. 3. kemudian drag sesuai ukuran yang diinginkan. kemudian klik Table. 2. masukknan jumlah kolom dan baris sesuai dengan keinginan.18 Unit 6 . Letakkan Pointer dalam slide. Cara ini sama ketika anda mengimport tabel menggunakan Microsoft Office. Klik OK. 2. 7. Memformat Shape Setelah anda memasukkan jenis Shape sesuai keinginan anda. kita dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut : 1. Unuk menambahkan tabel. Gambar 6. Kotak dialog Insert Table. Salah satu fasilitas dalam format Auto Shape. Klik Shape yang akan dirubah.12. Pilih salah satu menu fasilitas yang diinginkan. Shape tersebut dapat diatur sesuai dengan keinginan anda. Gambar 6.

13. kemudian sorot ToolBar dan pilih Tables and Border. Klik iko Tables and Border atau dengan pilih menu View pada menu bar. dan sebagainya.19 . Gambar 6. Dalam kotak dialog diatas terdapat berbagai pilihan untuk memodifikasi tabel. ganti data dan keterangan yang ada di kolom worksheet dengan data anda. Fasilitas dalam memformat tabel. 9. Secara otomatis akan muncul chart atau grafik dalam slide. Pilih Insert dalam menu bar. Menambahkan Chart Grafik atau chart juga dapat ditambahkan dalam presentasi anda. kemudian Klik Chart. antara lain: menu untuk menggambar tabel. Column chart dalam PowerPoint. mempertebal line tabel. Memformat Tabel Untuk memodifikasi tabel. Gambar 6. memberi warna sel.14. Untuk menampilkan fasilitas tersebut. 2. cara untuk memasukkan grafik / chart dalam slide adalah sebagai berikut : 1. menambah baris/kolom. kita dapat menggunakan fasilitas menu-menu yang terdapat dalam Tables and Border Tool Bar. Maka chart akan menyesuaikan dengan data yang anda masukkan. menghapus tabel. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 .8.

Gambar 6.20 Unit 6 .16. • Memasukkan gambar/foto dalam slide presentasi : Untuk memasukkan foto dan gambar dalam slide presentasi adalah sebagai berikut : Klik Insert dalam menu bar.10. kemudian pilih From File. cara memasukkan Clip Art dalam presentasi. dan clip art dapat dimasukkan dalam slide presentasi PowerPoint. Cari alamat file foto atau gambar yang anda inginkan kemudian klik Insert. Menambahkan Picture dan Graphic Seperti dikemukakan dalam pembukaan sub bab ini. Gambar 6. cara memasukkan Gambar / foto dalam presentasi. 6 . Berikut akan dipaparkan cara memasukkan gambar/clip art ke dalam slide presentasi : • Memasukkan Clip art dalam slide presentasi : Klik menu Insert dalam menu bar. Drag dan pindahkan Clip Art yang anda inginkan. gambar.15. foto. sorot Picture kemudia pilih Clip Art. sorot Picture.

Pilih objek yang akan diatur. maka objek-objek akan terseleksi. Kemudian Klik alamat Movie / Sound yang ingin dimasukkan. kemudian Tekan+Tahan tombol Shift pada keyboard. 12.17. alignment. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . pilih Movies and Sound. rotate dan sebagainya. Memformat Obyek Microsoft PowerPoint menyediakan fasilitas untuk memformat objek.21 . sound dan movie dapat ditampilkan dalam slide PowerPoint. Pilih salah satu fasilitas format objek yang diinginkan. fasilitas dalam memformat objek. clipart dan picture/gambar). Gambar 6. Pengaturan yang dapat dilakukan melalui fasilitas ini adalah grouping. Cara untuk melakukan pengolahan objek adalah sebagai berikut : 1. Klik panah kecil / sub menu Draw pada Tool Bar. Menambahkan Sound dan Movie Seperti halnya gambar. Klik menu Insert dalam menu bar. Klik objek lain yang akan diatur. 2. wordart. Cara untuk menambahkan movie dan sound ke dalam slide adalah sebagai berikut : 1. seperti : text box.11. distribute.

14. Klik OK. Fasilitas animasi Microsoft PowerPoint terkumpul dalam menu bar Slide Show. Terdapat tiga submenu dari Slide Show untuk animasi. yaitu Animation Scheme. 13.18. Animasi pada PowerPoint Animasi sangat penting dalam presentasi. • Cara kedua : Tekan tombol F5 pada keyboard. Gambar 6.22 Unit 6 . Setelah Sound atau Movie telah ditemukan. dengan menggunakan efek animasi presentasi akan lebih menarik. Banyak orang menggunakan animasi untuk memperjelas materi presentasi yang disampaikan dan menarik perhatian audience. Berikut cara-cara untuk menampilkan presentasi dalam Microsoft PowerPoint : • Cara pertama : Klik Slide Show dalam menu bar. Custom Animation. 6 . interaktif dan tidak monoton. Microsoft PowerPoint menyediakan berbagai fasilitas animasi yang dapat digunakan dalam membuat presentasi. Menampilkan Slide Presentasi Dalam Microsoft PowerPoint terdapat beberapa cara untuk menampilkan slide presentasi. cara memasukkan Sound dan Movie ke dalam presentasi. kemudan pilih View Show.2. dan Slide Transition.

3. Task pane Animation scheme. Fungsi Scheme Animation adalah untuk memberikan efek animasi pada objek dan memodifikasi transisi pada slide presentasi.19. 4. Klik pada salah satu efek dalam task pane Animation Scheme. Ada empat pilihan Animation Scheme. kemudian pilih Animation Scheme maka akan muncul task pane Animation Scheme pada sebelah kanan slide presentasi. yaitu : No Transition (tidak ada efek animasi). Moderate (9 efek). 2. Subtle (13 efek). Klik Play untuk melihat hasil animasinya.20.23 . Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . Klik Slide Show.Gambar 6. dan Exciting (11 efek). Aktifkan slide yang akan diberi animasi. Klik Slide Show. Gambar 6. pilih Animation Scheme. Langkah untuk mengaplikasi efek tersebut adalah sebagai berikut : 1. Animation Scheme : Dalam Animation Scheme terdapat beberapa animasi yang langsung siap dipakai tanpa pengaturan. Cara menampilkan menu animasi dalam PowerPoint.

picture. Klik Play untk melihat hasil atau preview dari efek animasi.21. pilih Animation Scheme kemudian pilih No Animation atau pilih efek lain untuk mengubahnya. shape. Atur Start. 2. Seleksi slide yang akan dirubah atau dihapus efek animasinya. Klik Slide Show. Kemudian ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1.24 Unit 6 . Costum Animation : Dalam Custom Animation terdapat banyak sekali animasi yang dapat digunakan untuk mengolah objek (teks. Seleksi objek yang diberi efek animasi. Gambar 6. Klik Add Effect untuk memilih efek yang diinginkan. 4. 2. 3. Kecepatan. chart dan grafik).Untuk menghapus atau mengubah efek animasi adalah sebagai berikut : 1. Tampilan slide dan task pane dalam Custom Animation. pilih Custom Animation untuk menampilkan task pane Custom Animation. 6 . Klik Slide Show. dan Timing dalam efek animasi.

Jika perlu diberi efek suara pilih Sound. kemudian pilih Slide Transition untuk menampilkan task pane slide transition. 4. kemudian atur kecepatannya. Seleksi slide yang akan dihapus atau dirubah efek transisinya. Klik Slide Show. Pilih salah satu efek transisi. Pilih No Transition untuk menghapus atau dengan memilih efek transisi yang lain. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . Cara untuk mengaplikasikan efek slide transisi ke dalam presentasi anda adalah sebagai berikut : 1. Yaitu : 1.25 . 2. 3. Tampilan task pane dalam Slide Transition. Seleksi slide yang diberi efek transisi. Klik Slide Show. Gambar 2.22. Untuk menghapus atau mengubah efek transisi hampir sama dengan cara mengubah efek dalam Custom Animation. 2. Atur efek transisi dengan Klik atau otomatis setelah beberapa saat transisi tersebut berjalan. Maka akan muncul task pane Slide Transition disebelah kanan slide presentasi anda. pilih Slide Transition. 3. Kemudian masukkan salah satu nama sound yang diinginkan.Slide Transition : Slide Transition merupakan fasilitas Microsoft PowerPoint yang digunakan untuk memberikan efek animasi pada transisi antar slide dalam presentasi.

Perhatikan waktu yang disediakan. penambahan animasi biasanya akan memperpanjang durasi presentasi yang anda bawakan. Wakasek. hindari penggunaan sound yang dapat mengganggu perhatian audience dalam menyimak presentasi anda. Buatlah presentasi tentang profil sekolah berikut ini! Profil Sekolah Dasar Harapan Maju Slide 1 Sekolah Dasar Harapan Maju Visi dan Misi : Sebagai satuan tingkat pendidikan dasar berusaha menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk membentuk jiwa mulia anak yang sesuai dengan akhlak budaya kearifan lokal. kerjakan soal latihan berikut ini: 1. Guru. Slide 3 Jenjang pendidikan yang ada di sekolah. dan Karyawan. diharapkan tidak berlebihan. Apabila tidak benar-benar diperlukan. Bagaimana langkah mengimport file movie dari hardisk anda dalam program Microsoft PowerPoint? 2. Latihan Untuk memperdalam kemampuan dan menambah ketrampilan anda dalam menguasai Program Microsoft PowerPoint. Usahakan proporsional dengan isi materi yang disampaikan dalam presentasi. Komite sekolah. meliputi : 6 .Tips dan Trik Menggunakan Animasi Dalam menggunakan efek animasi pada slide presentasi. diharapkan anda memperhatikan beberapa hal berikut untuk menghindari presentasi anda menjadi tidak arik. meliputi : Kepsek. Slide 2 Bagan Organisasi Sekolah. Yaitu : • • • Dalam menggunakan efek animasi.26 Unit 6 .

meliputi : Gedung.rambu Jawaban Latihan Adapun untuk memberikan gambaran anda dalam mengerjakan soal latihan. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . (0274) 712458. Untuk menjawab soal ini. Yogyakarta Telp. 3. 6. Pergunakan seluruh fasilitas PowerPoint untuk mempercantik tampilan presentasi yang anda buat. anda harus praktek langsung dengan komputer. cermati rambu-rambu jawaban berikut : 1. 2.27 . Laboratorium. 5. Falitias Ibadah. 4. Slide 5 Informasi dan Pendaftaran : SEKOLAH DASAR HARAPAN MAJU Jl. dll. Untuk menjawab soal ini. 2.1. Kelas I Kelas II Kelas III Kelas IV Kelas V Kelas VI Slide 4 Fasilitas yang ada di sekolah. Perpustakaan. dalam mengimport file dari hardisk cermati kembali pembahasan mengenai falisitas Insert dalam menu bar. Kemudian kerjakan berdasarkan daya kreatifitas anda. 0883277722 Rambu . Ahmad Yani 77.

28 Unit 6 . video. Memasukkan efek slide transisi dalam presentasi : Slide Show > Slide Transition 6 . Melalui PowerPoint kita dapat memasukkan suara. Microsoft PowerPoint sangat mudah digunakan dan menyediakan banyak fasilitas untuk membuat presentasi menjadi menarik. Memasukkan chart dalam presentai : Insert > Chart e.Rangkuman Microsoft Power Point merupakan program aplikasi berbasis windows yang berfungsi untuk membuat presentasi. Memasukkan tabel dalam presentasi : Insert > Table d. Memasukkan Movie dalam presentasi : Insert > Movie and Sound > Movie from File/Clip Organizer b. Memasukkan efek animasi dalam presentasi : Slide Show > Animation Scheme/Custom Animation g. Langkah yang sering digunakan dalam Microsoft PowerPoint adalah sebagai berikut : a. gambar. foto dan menambahkan efek animasi dalam presentasi. Memasukkan Sound dalam presentasi : Insert > Movie and Sound > Sound from File/Clip Organizer f. Mengimport Gambar/Image dalam presentasi : Insert > Picture > From Clipart/From File c.

3. C. Slide Presentasi. Slide Show atau Stop. sorot Movie and Sound kemudian pilih Sound from File. Insert > Text Box. Play atau Slide Show. Klik Insert. 4. sorot Movie and Sound kemudian pilih Movie from File.29 . B. Dokumen file. B. D. D. E.Tes Formatif 2 Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dari beberapa alternative jawaban yang disediakan! 1. B. D. E. Layer. Bagaimana langkah untuk memasukkan tabel ke dalam slide presentasi Microsoft PowerPoint? A. C. C. Scene. Slide Show atau Pause. Klik Insert. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . 2. Klik Insert. kemudian pilih Chart. Format > Slide Desaign. Klik File. Apabila kita ingin memasukkan movie ke dalam slide presentasi. Play atau Stop. E. Perintah untuk melihat hasil modifikasi presentasi dalam Microsoft PowerPoint adalah… A. kemudian pilih Background. Insert > Table. Insert > Diagram. Lembar kerja atau dokumen kerja dalam Microsoft PowerPoint disebut… A. Insert > Chart. maka langkah yang ditempuh untuk mengeksekusi perintah tersebut adalah…… A. D. E. Page. pilih Save. C. Klik Format. B. Play atau Pause.

Custom Animation dan Slide Transition. B. Table. Dalam fasilitas Animation Scheme terdapat beberapa kumpulan efek animasi yang tersedia. Langkah untuk menampilkan animasi slide transisi dalam presentasi adalah… A. Slide Show > Slide Transition. E. Tool bar.5. Fasilitas dalam memodifikasi tabel atau memformat tabel. C. Slide Transition dan Slide Show. terdapat dalam faslitas… A. langkah tersebut adalah… A. A. No Transition. 6 . Custom Show dan Animation Scheme. B. C. Fasilitas tersebut adalah…. E. Menu bar. Play dan Slide Show. E. Berikut yang tidak termasuk fasilitas kumpulan efek animasi dalam Animation Scheme adalah : A. Subtle. Insert > Slide from Outline. Animation Scheme dan Custom Animation. C. Auto shapes. D. WordArt. D. Table and Border Tool bar. D. B. Exciting. Inciting. PowerPoint juga menyediakan fasilitas pengolah text menjadi lebih variatif.30 Unit 6 . C. 7. WordArt. Seperti halnya dalam program pengolah kata word. 9. E. D. B. Insert > Slide from File. B. 8. Slide Show > Custom Show. C. Ada dua perintah untuk memasukkan efek animasi ke dalam presentasi. 6. Moderate. Chart. Slide Show > Custom Animation.

GIF.D. Microsoft Power Point Presentation. JPEG Image. Rich Text Format. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . Anda dapat meneruskan ke materi berikutnya.x 100% 10 Apabila tingkat penguasaan Anda terhadap materi sub unit 1 telah mencapai 80% ke atas. Rumus: Jumlah jawaban benar Tingkat penguasaan= ---------------------------. Umpan Balik dan Tindak Lanjut Cocokkan jawaban yang telah Anda pilih dengan kunci jawaban tes formatif 1 yang terdapat pada bagian akhir unit ini. Coba Anda hitung jawaban yang benar. E.31 . kemudian pergunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi sub unit 1. Berarti Anda telah menguasai materi tersebut. B. Animation. D. Microsoft Word Document. C. Bagus! Tetapi bila tingkat pemahaman Anda masih di bawah 80%. Text Box. E. 10. Anda perlu mengulangi pada bagian-bagian yang belum Anda kuasai atau pelajari kembali seluruh sub unit di atas. Apa nama type file hasil dokumen dalam Microsoft PowerPoint? A.

: C Unsur interaktif sangat penting. 3. tetapi hanya sebagai aksesoris atau pelengkap. : A Linier dan brancing merupakan jenis sistematika penyusunan bentuk program pengembangan PBK. 7. karena dengan unsur ini PBK dapat menimbulkan stimulus yang merangsang respon. : A Dokumen kerja dalam PowerPoint disebut slide presentasi. : E Dalam PowerPoint tidak terdapat perintah Inciting. 5. 6. 2. Slide Show untuk melihat seluruh hasil modifikasi dari slide pertama. Walaupun ada perintah lain melalui Animation Scheme. : C Memasukan animasi bukan merupakan prosedur yang utama dalam pengembangan. 2. : C Perintah play untuk melihat hasil sementara modifikasi. : A Animation Scheme dan Custom Animation merupakan 2 fasilitas yang memuat banyak efek animasi. Slide > Table. sebaiknya didasarkan pada analisis kebutuhan dan keahlian pengembang. 3. : D Insert > Movie > From File. : E Modul merupakan produk bahan pembelajaran grafis. 10. 4. 6 . 7.32 Unit 6 . : B Computer Assisted Instruction merupakan istilah yang tepat dipakai untuk definisi pembelajaran berbasis dalam konteks pengembangan. 8. Buka unsur PBK secara langsung. : E Unsur cetak merupakan bagian dari bahan pembelajaran grafis. 6. 4. maka diperlukan kamera video yang hasilnya dapat dimasukkan pada produk pengembangan PBK Tes Formatif 2 1. merupakan perintah untuk memasukkan movie dari dalam alamat file yang diinginkan. 5. : A Untuk memilih program aplikasi yang digunakan. 9.Kunci Jawaban Tes Formatif Tes formatif 1 1. : A dasarnya pembelajaran berbasis komputer adalah pemanfaatan komputer untuk pembelajaran atau penyampaian materi pembelajaran menggunakan komputer. : C merupakan komponen grafis. : C Insert Slide Transition merupakan langkah untuk memasukkan efek transisi pada presentasi. : B Jelas bahwa untuk menghasilkan gambar rekaman video. : B Perintah memasukkan tabel dalam slide presentasi.

Excel. dan program microsoft Office lainnya. Pengembangan Bahan Pembelajaran 6 . : E Microsoft PowerPoint Document merupakan format standart file hasil Microsoft PowerPoint.33 . : C Table and Border Tool Bar adalah fasilitas yang memuat kumpulan efek untuk memodifikasi tabel dan border. 10. : A WordArt merupakan fasilitas yang memuat benruk-bentuk modifikasi text WordArt juga terdapat pada Microsoft Word. 9.8.

(edisi terjemahan oleh Yusufhadi Miarso. Sungkono dkk. Ronald H. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. 2002. Jakarta : PU-UT dan Rajawali Press. Bachtiar Sjaiful Bachri. Pengembangan Bahan Ajar. 2003. 2003. Trik Efek Animasi pada PowerPoint.Daftar Pustaka Anderson.34 Unit 6 . Jakarta : Penerbit Elex Media Komputindo. Sungkono dkk. Surakarta. Tesis “Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Memfasilitasi belajar Mandiri dalam Mata Kuliah Desain Pesan pada Program S-1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya”. 2004. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret. Pengembangan Bahan Ajar. dkk). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta 6 . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Isroi. 1987.