Arti penggandaan Kegiatan di kantor tidak akan pernah lepas dari kegiatan penggandaan dokumen.

Dokumen yang telah dicetak akan selalu membutuhkan salinannya minimal satu lembar untuk proses pengarsipan. Selain untuk proses pengarsipan penggandaan dokumendiperlukan untuk berbagai kegiatan lain terutama yang terkait dengan penyebaran informasi kepada seluruh karyawan. Sebagai contoh ketika sebuah kantor akan mengadan rapat maka diperlukan undangan, dan satu undangan harus diperbanyak agar dapat disebar luaskan pada semua pihak yang akan diundang. Begitu juga dengan hasil rapat harus disosialisasikan kepada beberapa pihak dan bagi seorang sekretaris sangat tidak mungkin menyalin hasil rapat sebnyak orang yang akan diberikan informasi tersebut maka peran bagian penggandaan menjadi sangat penting. Untuk dapat menggandakan dokumen dengan tepat diperlukan berbagai sumber daya diantaranya adalah peralatan -peralatan dan mesin-mesin penggandaan. Sebelum kita membicarakan lebih lanjut tantang penggandaan dan alat-alat atau mesin-mesin pengganda, sebaiknya kita harus mengetahui arti penggandaan dokumen. 1.Penggandaan menurut Kamus Besar Bahasa indonesia berati proses, cara, perbuatan menggandakan. 2.Penggandaan juga bisa diartikan sebagai usaha memperbanyak atau melip atkan beberapa kali dokumen. 3.Suatu perbuatan menggandakan atau memperbanyak dokkumen sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat penggandaan sehingga diperoleh hasil yang sama dengan dokumen aslinya. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kegiatan yang merupakan kegiatan penggandaan, bik itu penggandann dokumen tertulis maupun penggandaan dokumen tidak tertulis. Agar kita dapat mengetahui berbagai cara yang dapat digunakan untuk menggandakan dokumen dan berbagai alat untuk menggandakan dokumen sesuai dengan jenis dokumennya, maka kita perlu mengetahui berbagai jenis dokumen. Berikut ini beberapa jenis dokumen: 1. Dilihat dari segi pemakainya: i Dokumen pribadi Dokumen niagai Dokumen sejarahi Dokumen pemerintahi 2. Dokumen dilihat dari segi kegunaanya Nilai penerangani Nilai yuridisi Nilai perdangani Nilai historisi 3. Dilihat dari sumbernya Dokumen yang bersumber dari segi pemerintahi Dok. Yang bersumber dari swastai Dokumen yang berasal dari kontrak dagangi Dok. Yang bersumber dari aktivitas lembaga persurat kabarani Dok. Yang bersumber dari perseorangan.i 4. Dokumen dilihat dari segi fungsinya

Dok.Memperbanyak dokumen yang berisi gambar atau lukisan. Ditinjau dari segi penelitian Dok. Fungsi penggandaan Bagian penggandaan di suatu kantor memegang peranan dan fungsi antara lain: 1.literali Dok. Dok.Proses gelatin ( indirect proces) 4. Statisi 5. Pada bagian ini yang akan kita bahas adalah cara penggandaan dokumen tertulis. memperbanyak materi rapat. Primeri Dokumen sekunderi Dokumen tertieri 6.Photocopy 6. Inaktifi Dok.White print 8. Penggandaan selain dilakukan terhadap dokumen tertulis dapat juga dapat dilakukan terhadap dokumen tidak tertulis. Ditinjau dari ruang lingkup atau bentuk Dok.Stencil mechine 2. Korporali Dok.Memperbanyak hasil rekaman. vcd.Dokumen dinamis. Misalnya memperbanyak cd. memperbanyak laporan.Dry electric process . 4. atu kaset.i Dok.Multygraph 5. Misalnya memp erbanyak undangan.memberikan pelayanan memperbanyak dokumen 2. Misalnya memperbanyak gambar peraga.Memberikan pelayanan sesegera mungkin secara optimal Macam-macam mesin atau alat pengganda Selain mesin ketik yang biasa dipakai untuk mengganda pada jumlah tertentu dengan kertas karbon.memberikan layanan memperbesar atau memperkecil tulisan dari suatu dokumen sesuai dengan keinginan pimpinan. memperbanyak bukti traksaksi dll. Aktifi Dok. Semi aktifi Dok.Process liquid (direct process) 3.Bertanggungjawab atas pekerjaan yang telah dipercayakan pimpinan kepadanya 5. privati Dengan mengetaui jenis-jenis dokumen tersebut maka diharapkan kita dapat menentukan dengan tepat cara dan mesin penggandaan yang akan digunakan.Memperbanyak dokumen naskah sebagi bahan suatu pekerjaan. Beberapa bentuk gandaan yang lazim dilakukan antara lain: 1. beberapa alat reproduksi yang biasa digunakan adalah: 1. 2. 3.memberikan pelayanan memperbanyak dokumen untuk bagian-bagian lainnya 3.Contact 7.

beberapa alat reproduksi yang biasa digunakan adalah: 1.Jenis isi dokumen apakah beripa naskah/angka ataukah berupa huruf.Jumlah dokumen yang akan digandakan. Jika menggandakan dokumen dalam jumlah banyak dengan mesin yang kapasitas gandaan pe r menitnanya rendah maka akan menimbulkan pemborosan waktu dan tenaga.Tingkat kualitas hasil gandaan yang diinginkan.9Offset 10.Bahan atau kertas yang dipilih untuk menggandakan.Noncarbon 11.Multygraph 5.Noncarbon 11.Risograph Macam-macam mesin atau alat pengganda Selain mesin ketik yang biasa dipakai untuk mengganda pada jumlah tertentu dengan kertas karbon. Dan jika menggandakan dalam jumlah kecil dengan mesin pengganda yang berkapsitas besar maka akan menimbulkan pemboroson dalam biaya operasionalnnya. Misal juka menginginkan hasil gandaan berwarna dengan tingkat ketajaman warna yang tinggi maka tidak mungkin dipilih mesin stensil tapi lebih tepat menggunakan risograph atu mesin foto copy berwarna. Jika menginginkan kualitas gandaan yang makin baik maka diperlukan juga mesin pengganda yang berteknologi tinggi. 2.Process liquid (direct process) 3.Dry electric process 9Offset 10.Scanner 13. 4. banyak sedikitnya dokumen yang digandakan perlu dijadikan pertimbangan karena akan sangat berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan. 3. Dengan perkembangan teknologi .Contact 7.Photocopy 6.Risograph Memilih mesin pengganda dokumen Untuk memilih mesin pengganda yang tepat harus mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan antara lain: 1.Proses gelatin ( indirect proces) 4. Setiap mesin pengganda memiliki pasangan kertas sendiri-sendiri baik itu ukuran maupun jenis kertasnya. Hal ini karena ada jenis-jenis mesin yang hanya cocok untuk menggandakan dokumen berisi tulisan (bukan berupa gambar) dan ada juga mesin pengganda yang mampu menghasilkan hasil gandaan yang baik untuk kedua macan dokumen tersebut.Stencil mechine 2.Printer 12.Scanner 13.Printer 12.White print 8.

baki penyortiran kertas 9. Jika pekerjaan penggandaan banyak dan waktu terbatas maka akan sangat tepat jika menggunakan mesin pengganda yang berteknologi modern dan memiliki kecepatan yang tinggi untuk meningkatkan efisiens Komponen mesin fotocopy 1.pemilihan ketas sebagai bahan gandaan mungkin dapat dimanipulasi namun dengan menjodohkan secara tepat tentunya akan diperoleh hasil gandaan yang lebih baik pula. casing mesin fotocopy proses kerja Pada fotokopi hitam-putih. Partikel itu dipindahkan ke selembar kertas. wadah toner 3. roller penetap 5. 5. pengakalan pewarnaan 6. Setiap mesin pengganda memiliki kecepatan gandaan yang berbeda. sensor CCD 2. baki fotocopy 8. partikel pewarna ( toner ) hitam bermuatan positif melekat pada bidang-bidang bermuatan negative.Waktu yang tersedia untuk menggandakan. . baki kertas 10. Ketika silinder terus berputar melewati pangkalan pewarnaan. mesin fotokopi mula-mula memancarkan cahaya ke kertas. yang melintasi rol panas yang melekatkan toner secara permanent menjadi fotokopian. silinder foto berputar 7. Pantulan ini menembus lensa menuju silinder logam yang berputar. silinder fotosensitif 4. sehingga waktu yang tersedia juga mempengaruhi dalam menentukan mesin pengganda yang akan dipilih. Cahaya hanya memantul dari bagian putihnya.

duplicator. Cahaya yang dipantulkan diperkuat dengan piranti gandengan muatan ( CCD ). yang mengarahkan berkas laser. sheet scanner. merah. dan kuning. Mesin Stensil Manual (Manual Stencil Duplicator) Mesin stensil manual dapat digunakan untuk menggandakan warkat/surat dengan jenis kertas seperti HVS. atau stensil cutter sebagai sheet master 5. Pangkalan terpisah memberikan toner biru. 4. . roneo dan sebagainya. 3. kuning.5 x 13 inci atau 21. ukuran kertas maksimum adalah kertas folio (8. Kerangka mesin y y y y y y Pintu tinta (inker door) Pompa tinta (ink pump) Alat penghitung (counter) Pengatur tinta (ink control) Engkol (handle) Pengatur posisi cetakan (copy positioning) . dengan filter biru. merah.Fotokopi berwarna melewati proses serupa.5 x 33 cm) mesin stensil manual: Komponen 1. Ciri-ciri mesin stensil manual: 1. Silinder tinta (ink cylinder) y y y Penjepit sheet stensil (stencil fitting bar) Kain penyaring tinta (ink screen) Plat baja (steel band) 2. Tenaga pengerakknya menggunakan tenaga manusia Komponen dan cara kerja mesin bersifat mekanis Tinta yang digunakan adalah tinta stensil warna hitam sheet yang digunakan bisa sheet stensil. dan hitam untuk menghasilkan gambar berwarna. 2.

6. 5. 9. kertas master dengan transfer carbon Master thermal.y y Pengungkit pencetak (print lever) Pengatur pemasukan kertas (feed contril) 3. a. 8. kertas master dengan perekam menggunakan thermocopier Penggandaan menggunakan kertas folio Pencetakan menggunakan cairan pelarut alkohol. 5. Mesin stensil spiritus termasuk jenis mesin pengganda proses langsung (direct proses) atau ada juga yang menyebutnya sebagai mesin pengganda cairan (liquide duplicator) Ciri-ciri 1. c. b. mesin stensil spiritus: Tenaga penggerakknya menggunakan tenaga manusia (manual) Komponen dan cara kerja mesin bersifat mekanis Menggunakan master paper Kertas biasa dengan lapisan bahan pelicin Master Sheet. 2. 4. 2. 4. 3. Penutup mesin y y y y papan kertas (feed bord) penahan kertas (back guide) papan penerima (receiving board) penuntun kertas (paper guide) Mesin Stensil Spiritus (Spirit Duplicator) B. 3. 7. mesin Tabung stensil sepiritus: Komponen 1. berisi cairan (fluid tank) Alat penghitung (counter) Tempat kertas atau papan kertas (feed tray) Roda penyesuaian kertas (adjustment wheel) Tombol pengatur pemasukan kertas (feed control button) Pengatur posisi cetakan (copy positioner) Tombol pengatur tekanan (preasure control button) Engkol (handle) Tutup atas (top cover) .

10. penahan kertas (back guide) c. Silinder tinta (ink cylinder) a.5 x 33 cm) Komponen mesin stensil manual: 1. papan kertas (feed bord) b. Mesin stensil terbagi menjadi dua macam yaitu mesin stensil manual (mesin yang digerakkan dengan tangan manusia) dan mesin stensil listrik (mesin yang digerakkan dengan arus listrik) A. papan penerima (receiving board) d. Pompa tinta (ink pump) c. Tenaga penggerakknya menggunakan tenaga manusia (manual) 1. Kain penyaring tinta (ink screen) c. Pengungkit pencetak (print lever) h. Silinder logam 11. Penjepit sheet stensil (stencil fitting bar) b. Mesin Stensil Spiritus (Spirit Duplicator) Mesin stensil spiritus termasuk jenis mesin pengganda proses langsung (direct proses) atau ada juga yang menyebutnya sebagai mesin pengganda cairan (liquide duplicator) Ciri-ciri mesin stensil spiritus: 1. penuntun kertas (paper guide) B. sheet scanner. Pengatur tinta (ink control) e. Engkol (handle) f. roneo dan sebagainya. duplicator. . atau stensil cutter sebagai sheet master 5. Kerangka mesin a. Plat baja (steel band) 2.5 x 13 inci atau 21. Ciri-ciri mesin stensil manual: Tenaga pengerakknya menggunakan tenaga manusia Komponen dan cara kerja mesin bersifat mekanis Tinta yang digunakan adalah tinta stensil warna hitam sheet yang digunakan bisa sheet stensil. Penutup mesin a. 3. Alat penghitung (counter) d. ukuran kertas maksimum adalah kertas folio (8. Mesin Stensil Manual (Manual Stencil Duplicator) Mesin stensil manual dapat digunakan untuk menggandakan warkat/surat dengan jenis kertas seperti HVS. Pengatur posisi cetakan (copy positioning) g. 4. Tempat hasil gandaan (receiving tray) MESIN PENGGANDA (metal cylinder) Di sini akan dibahas dua buah mesin penggandan yaitu mesin stensil dan mesin fotokopi. 2. Pengatur pemasukan kertas (feed contril) 3. Pintu tinta (inker door) b.

Roda penyesuaian kertas (adjustment wheel) 5.2. tempat hasil gandaan (receiving tray) C. Komponen dan cara kerja mesin bersifat mekanis 3. Silinder logam (metal cylinder) 11. Pencetakan menggunakan cairan pelarut alkohol. Tutup atas (top cover) 10. Komponen mesin stensil sepiritus: 1. kertas master dengan transfer carbon c. Alat penghitung (counter) 3. Mesin Fotokopi Merupakan alat yang digunakan untuk membuat salinan atau tiruan sebuah dokumen di atas kertas dengan proses penyinaran . Kertas biasa dengan lapisan bahan pelicin b. Master Sheet. Tempat kertas atau papan kertas (feed tray) 4. Pengatur posisi cetakan (copy positioner) 7. Engkol (handle) 9. Master thermal. kertas master dengan perekam menggunakan thermocopier 4. Tombol pengatur pemasukan kertas (feed control button) 6. Penggandaan menggunakan kertas folio 5. Menggunakan master paper a. Tabung berisi cairan (fluid tank) 2. Tombol pengatur tekanan (preasure control button) 8.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful