1. Jelaskan apa yang melatar belakangi terbentuknya internet!

Internet berawal dari buah pemikiran inovatif Advanced Researech Projects Agency (ARPA) yang menciptakan ARPANET pada penghujung taun 60-an, sebuah agensi Departement of Deence (DoD) AS yang mensponsori pengembangan suit protocol TCP/ IP. ARPA selanjutnya berganti menjadi DARPA atau Defence Advanced Research Project Agency. 2. Jelaskan secara singkat tentang sejarah internet !

Mungkin agak sulit dipercaya bahwa cikal bakal Internet sesungguhnya diawali dari Unisovyet, ketika pada tahun 1957 mereka meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik. Peluncuran Sputnik ini dirasakan sebagai ´ancamanµ oleh musuh besar mereka, yaitu Amerika Serikat. Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap sebagai negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA bernaung di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Department of Defense (DoD). Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat disabot oleh musuh mereka. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini disebut ARPAnet. Pada awalnya, ARPAnet hanya menghubungkan empat buah situs saja, yaitu : y y y y Stanford Research Institute (SRI) University of California at Santa Barbara (UCSB) University of California at Los Angeles (UCLA) University of Utah

Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Stanford University menghasilkan sebuah protokol yang disebut TCP/IP. Protokol TCP/IP inilah yang berkembang terus hingga sekarang dan menjadi protokol standar dalam Internet.

3. Jelaskan manfaat internet dari segi ekonomi !

1) Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan 2) Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja
3) Peluang bisnis baru 4) Perdagangan online / e-comerce

Media untuk mencari informasi atau data. ftp dan www (world wide web ± jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. newsgroup. menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Cracking ± Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri. dengan menggunakan email. Carding 6. Jelaskan segi positif dan negatif internet Dampak Positif : Media pertukaran data. mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan. perkembangan internet yang pesat. Hacking ± Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.4. Dampak Negatif : 1. Perjudian 5. Penipuan 5. dan lain-lain. 3. Pornografi 7. Berikan alasan kamu apa itu internet ? hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia walaupun berbeda sistem operasi . Cybercrime Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet 2. kebudayaan. 4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada diinternet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful