P. 1
01 - Mengenal AutoCAD

01 - Mengenal AutoCAD

|Views: 1,031|Likes:
Published by Listiyono Di Ka

More info:

Published by: Listiyono Di Ka on Jul 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/25/2012

pdf

text

original

BAB I MENGENAL AUTOCAD

A. Mengenal AutoCAD Software AutoCAD dikembangkan oleh sebuah pengembang software grafis terkemuka asal Amerika Serikat, Autodesk Inc. Mulai dikembangkan pada pertengahan tahun 80-an dengan versi pertama yang dirilis adalah AutoCAD R1, tepatnya pada bulan Desember 1982. Kemudian pada bulan Juni 1992, AutoCAD R12 dirilis, dan pada bulan Desember 1995 AutoCAD R13 dirilis. Hingga sekarang Autodesk Inc sudah mengeluarkan produk terbaru mereka, yaitu AutoCAD 2011, tentu saja dengan penyempurnaan-penyempurnaan dari versi sebelumnya dan dengan penggunaan yang semakin memudahkan kita. Dalam buku ini, kita akan belajar menggunakan AutoCAD dengan menggunakan software AutoCAD 2006. Saya memilih AutoCAD 2006 karena dari sisi spesifikasi teknis yang diminta, cukup ringan. Tampilannya pun tidak jauh berbeda dengan AutoCAD 2010 yang lebih berat dan lebih banyak menghabiskan resources komputer kita. AutoCAD sendiri adalah salah satu software yang berfungsi untuk memmpermudah / membantu kita dalam proses penggambaran sebuah objek. Dengan menggunakan AutoCAD, kita dapat menghasilkan sebuah gambar yang memiliki tingkat ketelitian tinggi (akurat), mudah dibaca, dsb. Sehingga membuat AutoCAD menjadi software yang sangat familiar di kalangan orang-orang yang bekerja di bidang teknik. Untuk bisa berkomunikasi dengan AutoCAD, kita menggunakan perintah (command). Perintah (command) adalah instruksi yang kita berikan pada AutoCAD, agar software tersebut mau melakukan sesuatu. Seperti membuat garis atau menggandakan objek. Command (perintah) yang ada di AutoCAD pada umumnya dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu : 1. Command (perintah) dengan menggunakan menubar 2. Command (perintah) dengan menggunakan toolbar 3. Command (perintah) dengan menggunakan keyboard (shortcut keyboard) Dari ketiga kelompok di atas, yang lebih diutamakan pada pembahasan dalam buku ini adalah penggunaan command (perintah) dengan menggunakan keyboard (shortcut keyboard). Kenapa? Karena cara tersebut jauh lebih efektif dari yang lainnya.

6. Dimension. 3. koordinat. ketebalan garis. Dapat dihilangkan atau dimunculkan sesuai dengan kebutuhan. 2. Command Line. Toolbar. Draw. Format. atau 2010. Properties Tab. Edit. dsb. adalah tempat kita melihat output dari perintah yang telah kita inputkan. Display. View. sebagai alat navigasi kita di AutoCAD (kursor). Tools. 5. adalah tempat kita memasukkan input perintah ataupun angkaangka. Seperti ukuran. berisi menu File. Tampilannya hampir tidak ada bedanya dengan AutoCAD versi 2007. Jendela AutoCAD 1 2 5 6 4 2 3 Gambar di atas adalah jendela dari AutoCAD versi 2006. dsb. . Keterangan : 1. Menubar. adalah sebuah toolbar yang berfungsi untuk melihat / mengetahui data-data apa saja yang dimiliki oleh sebuah objek. 2008. Croshair. 4.B. berisi icon / lambang dari masing-masing perintah yang ada di AutoCAD.

C. Esc. berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi Osnap dari AutoCAD. berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi Dynamic Input dari AutoCAD. maka pergerakan kursor ketika menggunakan perintah AutoCAD hanya akan bergerak secara vertikal dan horizontal. F11. Beberapa perintah tersebut antara lain adalah sebagai berikut : . 4. berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi Polar dari AutoCAD.dari AutoCAD. F2. F9. F7. Space Bar. F6. berfungsi untuk menampilkan jendela AutoCAD Text Window. 13. 3. berfungsi untuk membatalkan perintah yang telah dibuat. berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi modus Orthogonal dari AutoCAD. jika dikombinasikan dengan tombol lain. 9. berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi Coordinat dari AutoCAD. berfungsi untuk menampilkan keterangan (bantuan) dari perintah AutoCAD yang digunakan atau untuk menampilkan keterangan dari program AutoCAD itu sendiri. 7. F1. terdapat beberapa tombol keyboard yang berfungsi untuk mengaktifkan beberapa fungsi dasar AutoCAD. 12. 14. berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi Snap dari AutoCAD. F4. Enter. Ctrl. 16. berfungsi untuk mengakhiri perintah (fungsinya sama dengan tombol enter). berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi Object Snap Tracking dari AutoCAD. F10. Tombol-Tombol Fungsi Di program AutoCAD. Sebuah jendela yang berfungsi untuk melihat perintah-perintah apa saja yeng telah dipakai. berfungsi untuk mengaktifkan beberapa perintah AutoCAD. 2. F12. F5. 10. Jika modus orthogonal aktif. F3. berfungsi untuk berpindah bidang gambar pada proses penggambaran isometrik. 5. tombol-tombol fungsi tersebut antara lain adalah sebagai berikut: 1. 6. 11. F8. berfungsi untuk menampilkan atau menghilangkan Grid dari AutoCAD. berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi Tablet dari AutoCAD. berfungsi untuk mengakhiri perintah 15. 8.

• Ctrl + N baru : untuk mengaktifkan perintah New (membuat lembar kerja • Ctrl + Q AutoCAD) : untuk mengaktifkan perintah Close (keluar dari program • • • • • • • Ctrl + W Ctrl + E Ctrl + T Ctrl + U Ctrl + O Ctrl + P Ctrl + A : fungsinya sama dengan tombol F11 : fungsinya sama dengan tombol F5 : fungsinya sama dengan tombol F4 : fungsinya sama dengan tombol F10 : untuk mengaktifkan perintah Open File : untuk mengaktifkan perintah Plot (mencetak gambar) : untuk mengaktifkan perintah Select All (menyeleksi semua objek yang ada di file gambar) • • • • • • • • • • • Ctrl + S Ctrl + D Ctrl + F Ctrl + G Ctrl + L Ctrl + Z Ctrl + X Ctrl + C Ctrl + V Ctrl + B Ctrl + M perintah Open) : untuk mengaktifkan perintah Save : fungsinya sama dengan tombol F6 : fungsinya sama dengan tombol F3 : fungsinya sama dengan tombol F7 : fungsinya sama dengan tombol F8 : untuk mengaktifkan perintah Undo : untuk mengaktifkan perintah Cut : untuk mengaktifkan perintah Copy : untuk mengaktifkan perintah Paste : fungsinya sama dengan tombol F9 : untuk mengaktifkan perintah Select Template (sama dengan • Ctrl + TAB : untuk berpindah file gambar secara cepat (jika membuka lebih dari satu file gambar) • Ctrl + 1 : untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jendela Properties Manager • Ctrl + 2 Centre : untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jendela Design • Ctrl + 3 : untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jendela Tool Palletes Windows .

Paste. Cut. Beberapa toolbar penting tersebut antara lain adalah sebagai berikut : 1. Copy. dsb. karena di dalamnya terdapat perintah untuk membuka lembar baru (New). Toolbar Standart Fungsi toolbar ini cukup penting. Toolbar Layers . terdapat beberapa toolbar penting yang harus tetap ada dalam proses pembuatan gambar.• Ctrl + 4 Manager : untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jendela Sheet Set • Ctrl + 5 Palletes : untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jendela Info • Ctrl + 6 dbConnect : untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jendela • Ctrl + 7 Set Manager : untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jendela Markup • Ctrl + 8 Quickcalc : untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jendela • Ctrl + 9 Command Line : untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jendela • Ctrl + 0 : untuk mengaktifkan atau menonaktifkan semua toolbar yang ada di AutoCAD Beberapa fungsi dasar AutoCAD D. Toolbar-Toolbar Penting Dalam program AutoCAD. 2. membuka file (Open).

jenis dimensi dan type tabel yang kita pakai. Melalui toolbar ini pula. karena melalui toolbar ini kita bisa mengetahui warna. jenis garis dan ketebalan garis dari sebuah objek. dalam buku ini satuan yang digunakan adalah satuan centimeter (cm). jenis dimensi dan type tabel sesuai dengan yang kita inginkan. kita bisa mengganti warna. Satuan Penggambaran dalam AutoCAD Dalam proses penggambaran dalam AutoCAD. karena melalui toolbar ini kita bisa mengetahui jenis text. Toolbar Styles Fungsi toolbar ini sangat penting. kita bisa mengganti jenis text. . terdapat beberapa satuan yang digunakan. 4.Toolbar ini merupakan toolbar yang berfungsi untuk mengatur Layer yang akan kita pakai dalam proses pembuatan gambar. Pemakaian toolbar ini akan dibahas lebih lanjut pada bab V. Toolbar Properties Fungsi toolbar ini sangat penting. Namun begitu. Melalui toolbar ini pula. jenis garis atau ketebalan garis dari sebuah objek sesuai dengan yang kita inginkan. E. 3. Peran toolbar ini sangat penting. Jadi setiap pembuatan objek selalu dalam satuan centimeter.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->