A.

Pengertian Syok Syok adalah suatu sindrom klinis akibat kegagalan akut fungsi sirkulasi yang menyebabkan ketidak cukupan perfusi jaringan dan oksigenasi jarngan, dengan akibat gangguan mekanisme homeostasis. Berdasarkan penelitiab Moyer dan Mc Celland tentang fisiologi keadaan syok dan homeostasis, syok adalah keadaan tidak cukupnya pengiriman oksigen ke jaringan. Syok merupakan respon tubuh terhadap gangguan pada system peredaran darah yang menghambat darah mengalir dalam jumlah yang cukup ke seluruh bagian tubuh, terutama ke alat tubuh yang penting. cedera pada jantung atau pembuluh darah, atau berkurangnya jumlah darah yang mengalir, bisa menyebabkan syok. B. Etiologi Syok Syok bisa disebabkan oleh : 1. Perdarahan (syok hipovolemik) 2. Dehidrasi (syok hipovolemik) 3. Serangan jantung (syok kardiogenik) 4. Gagal jantung (syok kardiogenik) 5. Trauma atau cedera berat 6. Infeksi (syok septic) 7. reaksi alergi (syok anafilatik) 8. Cedera tulang belakang (syok neurogenik)

C. Patofisiologi Syok Secara Umum
1

Syok merupakan ketidakseimbangan antara volume darah yang beredar dan

ketersediaan system vascular bed sehingga menyebabkan terjadinya : 1. hipotensi 2. Penurunan atau pengurangan perfusi jaringan atau organ 3. hipoksia sel
1

Manuaba, Ida Bagus Gede. 2007. Pengantar Kuliah Obstetri. Jakarta: EGC

berarti terjadi vasodilatasi. b. Bila tahanan pembuluh darah perifer rendah. Setelah oksigen dan zat nutrisi diambil oleh jaringan. Perubahan metabolism aerob menjadi anaerob faktor yang dapat mempertahankan tekanan darah normal: a.artinya terjadi vasokonstriksi pembuluh darah kecil. c. Apabila volume sirkulasi berkurang maka dapat terjadi syok. Darah akan dipompa oleh jantung ke dalam arteri dan kapiler-kapiler jaringan. Tahapan Syok 1. Fase Kompensasi . D. Tahanan pembuluh darah perifer.4. Volume sirkulasi darah. Bila tahanan pembuluh darah perifer meningkat. Pompa jantung. sistem vena akan mengumpulkan darah dari jaringan dan mengalirkan kembali ke jantung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful