Disusun Oleh : Rina Widiyaswara NPM.

0913024063

MUTASI
KELAS XII IPA SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI :
Memahami Penerapan Konsep Dasar dan Prinsip-Prinsip Hereditas serta Implikasinya dalam Salingtemas

Kompetensi Dasar :
Menjelaskan Peristiwa Mutasi dan Implikasinya dalam Salingtemas

P O K O K B A H S A N

Pengertian Mutasi Mutasi pertama kali diperkenalkan oleh Hugo de fries (belanda) dalam bukunya Mutation theory. NEXT HOME . Mutasi adalah perubahan dalam urutan nukleotida pada DNA. Mutasi dapat terjadi di sel somatik (Tidak diwariskan pada keturunan). atau perubahan materi genetik yang terjadi dalam. dapat terjadi di sel kelamin (Ovum & sperma) dan diwariskan pada keturunannya.

sehingga jumlah makhluk hidup yang mengalami mutasi tampak sedikit ~ Individu yang mengalami mutasi biasanya mati sebelum dilahirkan atau sebelum dewasa BACK HOME . sehingga dalam keadaan homozigot karakter perubahannya belum dapat dilihat. adanya perubahan pada materi genetik 2.Agen penyebab mutasi disebut Mutagen. ~ Gen yang mengalami mutasi umumnya bersifat lethal. biasanya adalah gen resesif. Makhluk hidup yang mengalami mutasi disebut mutan. Syarat Mutasi: 1. perubahan tersebut bersifat dapat atau tidak dapat diperbaiki 3. hasil perubahan tersebut diwariskan secara genetik pada keturunan berikutnya Kharakter suatu mutan : ~ Gen yang mengalami mutasi pada suatu individu.

Jenis-jenis Mutasi Berdasarkan jenis materi genetiknya. Mutasi Kromosom HOME NEXT . mutasi dibedakan atas: 1. Mutasi Gen 2.

Bila gen yang mengalami mutasi terdapat pada sel kelamin (gamet) maka perubahan akan diwariskan pada keturunannya. Gen yang mengalami mutasi terdapat pada sel-sel tubuh (sel somatis) maka perubahan diturunkan ke sel anakan melalui pembelahan mitosis. Mutasi gen terjadi pada susunan kimianya (DNA). Mutasi Gen Mutasi gen adalah perubahan yang terjadi pada susunan molekul DNA atau gen. Bila struktur kimia gen berubah maka fungsinya pun akan berubah pula. BACK HOME NEXT .1.

Misalnya UUU diganti UUC yang juga merupakan kode untuk pembentukan fenilalanin.Macam-macam Mutasi Gen a. BACK HOME NEXT . Mutasi Tak Bermakna ( nonsense mutaion ) Terjadi karena perubahan susunan basa pada kodon (triplet) dari asam amino tetapi tidak mengakibatkan kesalahan pembentukan protein.

Mutasi Ganda Tiga ( triplet mutation ) Terjadi karena penambahan atau pengurangan tiga basa secara bersama-sama. Mutasi Bingkai ( Frameshift mutation) Terjadi karena pengurangan satu / beberapa atau penambahan sekaligus pasangan basa secara bersama-sama. c. BACK HOME NEXT .b.

Mutasi gen mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : BACK HOME NEXT .

yang disebut juga dengan mutasi aberasi. Mutasi ini dapat ditemui pada peristiwa gagal berpisah pada saat peristiwa pindah silang (crossing over). BACK HOME NEXT . Mutasi Kromosom y Mutasi kromosom adalah perubahan yang terjadi pada struktur dan susunan kromosom. apabila kromosom hilang atau bertambah sehingga terjadi perubahan jumlah kromosom.2.

eu = benar. Variasi yang menyangkut jumlah kromosom dapat dibedakan menjadi euploid dan aneoploid. Macam ² macam aneuplid adalah :  monosomik ( 2n ² 1 )  nulisomik ( 2n ² 2 )  trisomik ( 2n + 1 ) HOME BACK NEXT  tetrasomik ( 2n +2 ) . a. ploid = unit) Mutasi kromoson ini tidak melibatkan perubahan pada seluruh genom. Aneuploid (an = tidak.Mutasi kromosom dapat dibedakan menjadi : ‡Mutasi karena perubahan Set kromosom Yaitu perubahan pada jumlah n-nya. melainkan hanya terjadi pada salah satu kromosom dari genom.

Trisomi Autosom BACK HOME NEXT .

IQ penderita sindroma down umumnya rendah yaitu 25-75. If the red x still appears. or the image may have been corrupted.  Sindroma Klineferter (2n+1) bersimbol XXY Sifat : fenotif laki-laki tetapi memperlihatkan tandatanda perempuan seperti tumbuh payudara. mulut selalu terbuka. Berikut ini contoh kelainan pada manusia akbat peristiwa aneuploid :  Sindroma Turner (2n-1) bersimbol XO Sifat : tubuh pendek. Your computer may not have enough memory to open the image. you may have to delete the image and then insert it again.  Sindroma Down Sifat : memiliki tubuh pendek. kepala lebar. hidung dan mulut biasanya tampak kotor. tanda-tanda kelamin sekunder tidak tumbuh.The image cannot be displayed. dan kulit pada leher sangat kendur. and then open the file again. wajah bulat. leher pendek dengan pangkalnya bersayap. Restart your computer. BACK HOME NEXT . meliki lipatan pada kelpak mata.

rahang bawah rendah. adanya kelainan otak. mulut kecil. dan usus. dan memiliki keterbelakangan mental.  Sindroma Edwars Penderita ini mengalami trisomi pada autosom dengan kariotipe 45A + XX atau 45A + XY. jantung.  Sindroma Patau Sifat : Cacat mental. memiliki celah bibir. Sifat : letak telinga rendah.Lanjutan ««. tangan dan kaki tampak rusak.. BACK HOME NEXT . mata kecil.

Macam-macam euploid. yaitu : monoploid (n) .b.tetrraploid (4n) triploid (3n) .poliploid (4n ke atas) BACK HOME NEXT . Euploid ( eu = benar. ploid = unit ). Euploid merupakan mutasi yang menyebabkan kehilangan 1 atau lebih set kromosom.

Inversi adalah perubahan urutan letak gen dalam suatu kromosom. yaitu inversi perisentrik dan inversi parasentrik. berpilin. Kerusakan kromosom ini dapat dibedakan atas beberapa macam. BACK HOME NEXT . yaitu : a. melekat kembali dengan letak terbalik dan lain sebagainya.‡ Mutasi karena perubahan struktur kromosom (aberasi) Kerusakan kromosom terjadi karena perubahan jumlah atau susunan gen-gen di dalam kromosom yang disebabkan karena sebagian benangnya lepas. Inversi ini pun dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan letak sentromer pada saat terjadinya inversi.

Delesi adalah kromosom homolog yang hilang sebagian gennya.b. klik disini video delesi c. Duplikasi adalah kromosom homolog yang mendapatkan penambahan sebagian gen dari kromosom pasangannya. video duplikasi BACK HOME NEXT .

e. Katenasi adalah kromosom homolog yang ujungnya saling berdekatan. Traslokasi adalah pertukaran gen dari suatu kromosom ke kromosom lain yang bukan homolognya. sehingga membentuk lingkaran. BACK HOME .d.

Macam-macam penyebab mutasi dapat di bedakan sebagai berikut : 1. Mutasi alami (mutasi spontan) Mutasi buatan HOME NEXT .Penyebab Mutasi Zat atau sesuatu yang menyebabkan mutasi disebut dengan mutagen. 2.

Mutasi Alami Mutasi alami adalah perubahan yang terjadi dengan sendirinya akibat adanya faktor alami yang memengaruhinya.1. Faktor alami tersebut antara lain : a. Sinar Ultraviolet b. Sinar Radioaktif BACK HOME NEXT .

Sinar ini diserap dengan sangat kuat oleh molekul DNA. Sinar Ultraviolet (UV) termasuk mutagen fisik. Energi dari sinar UV menyebabkan eksitasi elektron pada basa nitrogen. BACK HOME NEXT . yakni sel kanker yang berkembang dari sel pigmen pada kulit. Salah satu jenis kanker kulit akibat mutasi oleh sinar UV adalah terbentuknya melanorma.Sinar Ultraviolet Sinar Ultraviolet memiliki energi yang besar yang dapat menyebabkan perubahan susunan gen atau kromosom.

Sinar Radioaktif Unsur radioaktif. seperti uranium dan radium yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya perubahan dalam gen atau kromosom. Perubahan tersebut dapat diturunkan jika terjadi pada sel-sel gonad dan tidak akan diturunkan jika terjadi pada sel somatis. BACK HOME NEXT .

terapi deteksi suatu penyakit. fisika. Mutasi Buatan Mutasi buatan adalah mutasi yangs sengaja dilakukan oleh manusia.2. antara lain dengan :  pemakaian bahan radioaktif untuk diagnosis. televisi  Pemakaian bahan kimia. dan biologi BACK HOME NEXT .  Penggunaan senjata nuklir  Penggunaan roket. sterilisasi dan pengawetan makanan.

Pada padi dihasilkan atomita I dan II . hasilnya menyebabkan buah cabai besar ( 3x asal ).Contoh dengan penyinaran radioaktif : tanaman cabai dalam keadaan berbunga diberi penyinaran radioaktif pada putiknya.Pada jagung diperoleh jenis jagung hibrida .Pada kedelai diperoleh kedelai muria Contoh dengan bahan kimia : kolkisin dilakukan pada tomat. Bila biji ditanam ulang hasilnya sebesar asal buah. semangka menghasilkan buah tanpa biji  acenaphena dan asetat indol 3 dilakuka pada apel. digitonin. gandum dan tanaman hias  dengan asam nitrat. gas metan BACK HOME NEXT .

sinar kosmis. sinar ultraviolet.alat nuklir dapat mlepaskan energi yang besar yang dapat menimbulkan radiasi pengionisasi. a. g . antara lain : . Mutasi Fisika Adalah mutasi yang disebabkan oleh bahan fisika. uranium.Neutron . unsur radioaktif seperti thorium.a.Radiasi sinar X.Suhu tinggi BACK HOME NEXT . . b. radium dan isotop K. .

b. .Asam nitrit. natrium nitrit . BHC .Peroksida organik . eter mulan sulfat. seperti DDT.Fe dan Mg . dimetilsulfat.Eosin.Glikidol HOME BACK NEXT . antara lain : . dimetil.pestisida. Mutasi Kimia Adalah mutasi yang disebabkan oleh bahan kimia.agen alkilase. .H2O2 . seperti mustard. dapat memberikan gugus alkil yang bereaksi dengan gugus fosfat dari DNA yang dapat mengganggu replikasi DNA. eritrin dan fluoresen .Antibiotik .Formaldehide .Hidroksil Amino (NH2OH) merupakan mutagen pada bakteriofage yang dapat menyerang sitosina DNA dan urasil pada RNA.

BACK HOME . bacteri dan penyisipan DNA. Bagian dari virus yang mampu mengadakan mutasi adalah asam nukleatnya yaitu DNA. Virus dan bakteri diduga dapat menyebebkan terjadinya mutasi. Mutasi Biologi Adalah mutasi yang disebabkan oleh bahan biologi atau makhluk hidup terutama mikroorganisme. Tidak kurang dari 20 macam virus dapat menimbulkan kerusakan kromosom.C. yaitu : virus.

dan beberapa mutasi dapat menyebabkan letal (kematian).Dampak Mutasi Akibat yang ditimbulkan oleh terjadinya mutasi bermacammacam. Pengaruh negatif mutasi buatan : poliploid umumnya gagal mengahasilkan keturunan secara generatif menguntungkan bila diperbanyak secara vegetatif HOME . Sedang jika terjadi pada sel generatif dapat menimbulkan mutasi. sehingga terjadilah peristiwa evolusi. Bila mutasi terjadi pada sel soma dari janin maka dapat menyebabbkan teratogen (cacat sejak lahir). Bila mutasi berjalan terus menerus dari generasi ke generasi maka pada suatu saat akan muncul turunan baru yang sifatnya berbeda dengan moyangnya. Jika mutasi terjadi pada sel soma (sel vegetatif ) dapat menimbulkan terjadinya kanker. Mutasi yang menyebabkan kematian adalah merupakan usaha untuk menjaga keseimbangan genetika dalam suatu populasi.

terapi pertumbuhannya lambat. pemanfaatan mutagen dikembangkan untuk menghasilkan tanaman poliploidi. Sebelum dilakukan terapi. kandungan gizi yang tinggi. jaringan abnormal. biasanya dilakukan penanaman sebuah kapsul kecil yang berisi zat radioaktif ke dalam tubuh pasien untuk sementara waktu. Di bidang kedokteran. sinar X banyak digunakan untuk mengambat perkembangan atau membunuh sel tumor. Tanaman tersebut dapat menghasilkan buah yang besar. dan bijinya steril. dan tumor. Pancaran sinar alfa dapat menghancurkan semua sel yang tidak dikehendaki. Di bidang pertanian. Mutagen lain yang telah dimanfaatkan dalam bidang kedokteran adalah sinar alfa dari logam kobalt yang bersifat radioaktif.Manfaat Pengetahuan Mutasi HOME Beberapa mutagen tertentu telah diketahui bersifat menguntungkan. .

Latihan 1. Delesi b. Katenasi NEXT . Translokasi c. Inversi e. Mutasi pada gambar di samping disebut «« a. Duplikasi d.

a. mutasi yang menyebabkan kehilangan 1 atau lebih set kromosom di sebut ««. delesi d. euploid NEXT . mutasi kromosom c. mutasi gen b. aneuploid e.2.

KEMBALI KE SOAL .Jawaban Anda Salah ««.

YUPZZZZ««« JAWABAN BENAR ANDA MEMANG CERDAS KEMBALI KE SOAL .

Sepertinya anda harus membaca materi lagi«. SOAL . Ayo belajar lagi dong.JAWABAN ANDA SALAH ..

SIPPPPP JAWABAN ANDA BENAR «. Kembali ke soal .

                    .