P. 1
Beberapa Perintah Pada Autocad

Beberapa Perintah Pada Autocad

|Views: 3,325|Likes:
Published by ruzzzit

More info:

Published by: ruzzzit on Jul 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2015

pdf

text

original

MENGENAL BEBERAPA PERINTAH DASAR PADA AUTOCAD

1. MENGGAMBAR DUA DIMENSI Dalam menggambar bentuk dengan menggunakan AUTOCAD kita di tuntut untuk megetahui beberapa perintah yang paling mendasar diantaranya sebagai berikut: A. Line (Menggambar Garis) Dalam membuat garis, anda cukup menuliskan “line” atau huruf “L” pada command promp, atau cukup mengklik ikon yang telah tersedia. Setelah selesai, anda dapat mengakhirinya dengan menekan enter. Langkah: 1. Masukan perintah : ketik “Line” / “L” 2. Klik titik acuan 3. Masukan nilai pada rumus: Rumus : Contoh : @(panjang) < (sudut) @25 < 30°

B. Circle (Membuat Lingkaran) Ketik “Circle” atau huruf “C” untuk menggambar lingkaran, kemudian tekan Enter untuk mengakhiri. Untuk memasukan nilai radius langsung masukan nilai radius-nya. Untuk memasukan nilai diameter suatu lingkaran tekan “D” lalu masukan nilai diameter-nya. Langkah1 radius: 1. Masukan perintah: ketik “Circle” / “C” 2. Tentukan titik acuan 3. Masukan nilai dengan nilai jari-jari (R) Langkah2 diameter: 1. Masukan perintah: ketik “Circle” / “C”

Tinggi @50 . Langkah penggunaan dan rumus Polyline sama dengan Line. Polyline Perintah Polyline atau pline digumakan untuk menggambar gabungan garis lurus. 75 . Erase @(panjang) < (sudut) @25 < 30° @ Panjang . atau gabungannya dengan kondisi garis berisi ketebalan tertentu. D. 3. lengkung. Arc (Membuat Sudut Atau Garis Lengkungan) Perintah Arc digunakan untuk membuat busur atau garis lengkungan dengan mengetikan Arc pada command promp atau klik ikon pada tool bar yang tersedia. Langkah: 1.2. Klik titik acuan 3. Masukan nilai pada rumus: Rumus : Contoh : F. Rectangle (Membuat Empat Persegi Panjang) Ketik “Rectangle” atau “Rec” pada command promp untuk membuat empat persegi panjang yang tiap sisinya dapat diatur sebagai berikut: Langkah: Masukan perintah: ketik “Rec” Tentukan titik acuan Masukan nilai pada rumus: Rumus: Contoh: E. Masukan perintah: ketik “Polyline” 2. Tentukan titik acuan “D” Masukan nilai diameter C.

dan Polar (array melingkar). I. Extend Perintah Extend digunakan untuk memanjangkan sebuah atau lebih dari satu objek line dengan menentukan garis batas panjangannya terlebih dahulu. J. H. 2. Array Perinatah Array digunakan untuk menduplikatkan lebih dari satu objek dengan susunan yang teratur. G. huruf dan berbagai bagian dari gambar. MENGGAMBAR TIGA DIMENSI A. Offset Perintah Offset digunakan untuk membuat satu objek yang parallel dengan menentukan jarak objek atau menunjukan suatu titik pada layer. Box (batang persegi panjang) Command ini digunakan untuk membuat persegi empat. dengan berdasarkan satu garis atau titik sebagai cerminnya. K.Perintah Erase digunakan untuk menghapus garis. Mirror Perintah Mirror digunakan membuat pencerminan dari objek yang dipilih. dengan langkah pengerjaan sebagai berikut: Langkah: . Dua jenis Array yang tersedia yaitu Rectangular (array kotak). Trim Perintah Trim dipakai untuk memotong objek gambar dengan memakai batas objek lainnya yang telah dipilih atau ditentukan terlebih dahulu.

Masukan perintah: “Box” 2. Cone (kertucut) Command ini digunakan untuk membuat sebuah kerucut dengan diameter dan panjang tertentu langkah pengerjaanya sama dengan command Cylinder. Langkah: 1. Masukan nilai lebar (Enter) Contoh: @ 50 . 4. 3. Masukan nilai panjang silinder D. Sphere (bola) Command ini digunakan untuk membuat sebuah bola. 2. Cylinder (batang silindris) Command ini digunakan untuk membuat sebuah batang silindris dengan diameter dan panjang tertentu. Masukan command “Cylinder“ 2. 3.1. langkah penerjaannya cukup sederhana yaitu: Langkah: 1. tinggi (Enter) 4. memasukan command: “Sphere” Ketik titik acuan Masukan nilai jari-jari bola (Enter) C. Masukan command: “Cone” Ketik titik acuan Masukan nilai jari-jari (Enter) Masukan nilai panjang silinder E. Klik titik acuan 3. 50 (Enter) 50 B. Ketik titik acuan 3. Langkah: 1. Masukan nilai jari-jari (Enter) 4. 2. Masukan nilai panjang dan tinggi Rumus: panjang . Torus (Cincin) .

jajaran genjang. yang apa bila dirubah satu bagian akan merubah keseluruhan dari bentuk benda tersebut. persegi dengan command Polygon. bahkan bentuk yang tidak beraturan dengan command Polyline atau Spline. Masukan command: “Torus” 2. Klik titik acuan 3. Langkah: 1. seperti yang telah kita ketahui bahwa bentuk tiga dimensi memiliki ketentuan nilai panjang. Extrude Perintah Exterude digunakan untuk membuat bentuk tiga dimensi dari gambar dua dimensi dengan syarat dan ketentuan berikut: Garis / Line Untuk membuat gambar tiga dimensi kita harus menggunakan jenis garis yang formatnya Pollyline. Bentuk benda Bentuk yang di Extrude Sepeti bentuk kubus. segitiga. Penggunaan Extrude Untuk menggunakan Extrude langkah pertama adalah menentukan betuk yang akan dibuat tiga dimensi. dan garis-garis dari bentuk tadi merupakan satu kesatuan. Sebagai contoh bentuk kubus yang kita buat dengan command Rectangel. sebuah elip dengan command Ellipse. tinggi dan lebar. Masukan nilai jari-jari pusat Torus (Enter) 4. garis tersebut harus menjadi suatu bentuk yang ujung dari garis tersebut menyatu atau dengan kata lain semua garis sudah merupakan satu bagian yang tak terpisahkan.Command ini digunakan untuk membuat sebuah cincin dengan diameter cincin dan diameter pusat cincin yang dapat ditentukan. sebuah lingkaran dengan command Circle. Masukan nilai jari-jari Torus (Enter) F. Fungsi Extrude disini membuat tiga dimensi dengan memasukan nilai lebar dan sudut dari bentuk yang telah ditentukan tadi. dan bentuk lain. Haruslah memiliki ketentuan diatas. sudut disini merupakan sudut .

Revolve Tentukan objek yang akan diExtrude Tentukan garis/jalur atau acuan pengExtrudean Masukan perintah: ketik Extrude (Enter) Pilih ojek yang akan diExtrude (Enter) Ketik “P” (Enter) Pilih garis/jalur pengExtrudan . yaitu objek yang akan diExtrude akan mengikuti garis/jalur atau acuan yang telah ditentukan. Pilih objek yang akan diExtrude (Enter) 4. 3. 6. Tentukan objek yang akan di Extrude 2. begitupun pada bentuk lainnya hasilnya akan sama. Langkah: 1. dengan langkan pengerjaan seperti dibawah ini. 2. sebagai contoh sederhana apa bila kita memasukan nilai sudut pada sebuah Circle maka akan menghasilkan bentuk batang yang meruncing. Langkah: 1. Masukan niali sudut (Enter) Cara lain penggunaan Extrude Ada cara lain menggunakan command ini. Masukan perintah pada command: ketik Extrude (Enter) 3. Catatan:  Garis/jalur pengExtrudean harus menempel pada bagian objek  Jalur atau acuan harus merupakan garis satu kesatuan  Jalur atau acuan yang berkelok memiliki ketentuan tertentu  Jalur atau acuan berkelok hanya diperbolehkan pada satu pandangan/bidang  Untuk Circle jalur harus berada tepat dititik pusat lingkaran G. Masukan nilai lebar (Enter) 5. 4. 5.keseragaman.

masukan sudut yang atau diluar garis objek H. 3. Masukan command interference 4. Interference Command ini digunakan untuk mengambil bagian dari dua buah objek tiga dimensi yang disatukan. sesuai dengan bentuk yang diharapkan 3. Ketik objek pertama (Enter) 5. Ketik yes / Y (Enter) Catatan:  Command ini bisa digunakan untuk beberapa objek tiga dimensi tergantung pada bagian mana yang akan kita ambil  Hasil dari objek ini akan tepat berada pada bagian yang disatukan  Apabila ingin mengambil bagian yang disatukannya saja disarankan menggunakan command Intersect dibawah I. 2.Command ini digunakan untuk membuat bentuk tiga dimensi dengan cara memutar objek dari garis referensi atau acuan tertentu sebesar sudut yang ditentukan. Satukan kedua buah objek tersebut. Ketik objek kedua (Enter) 6. diinginkan Catatan:   Format objek sama dengan ketentuan command Extrude Garis referensi atau acuan harus berada tepat pada garis objek Tentukan objek yang akan diRevolve beserta garis referensinya Masukan command Revolve (Enter) Klik pada objek referensi atau acuan. Langkah: 1. Union . Langkah: 1. Pilih dua objek yang akan dimbil bagian yang disatukannya 2.

4. Pilih dua objek yang akan dimbil bagian yang disatukannya 2. Langkah: 1. 5. pilih objek pengExtrudean 2. Masukan command Intersect 4. 2. sesuai dengan bentuk yang diharapkan 3. Langkah: 1. masukan Command Extrude Faces 3. J. perbedaannya terletak pada langkah pengerjaan dan hasil akhirnya hanya mendapatkan bagian yang disatukannya saja. Langkah: 1. Ketik pada bagian yang akan diExtrude (Enter) . Subtract Command ini digunakan untuk memotong objek tiga dimensi dengan objek tiga dimensi yang lainnya. Langkah: 1. 2. Pilih objek yang akan dipotong dan objek pemotongnya Letakan objek pemotong pada bagian yang diharapkan Masukan command Subtact Klik pada objek yang akan dipotong (Enter) Klik pada objek pemotongnya (Enter) Tentuka objek yang akan disatukan masukan command Union Pilih objek yang akan disatukan (Enter) Intersect Command ini hamper sama fungsinya dengan command interference. K. Klik pada kedua objek sekaligus (Enter) L. Satukan kedua buah objek tersebut. Extrude Faces Comman ini digunakan untuk mengExtrude objek tiga dimensi. 3. 3.Command ini digunakan untuk menyatukan objek tiga dimensi.

Material Command ini digunakan untuk merubah jenis material dari objek tiga dimensi. selain langkah diatas kita bisa menggunakan tool yang tersedia. Tentukan objek 2. Tool Yang Dibutuhkan Untuk mempermudah dalam pengerjaan gambar tiga dimensi ada beberapa tool yang tersedia. Klik Import untuk memasukan jenis material apa saja yang dibutuhkan kekolom sebelah kiri (ok) 6. O. orbit. Langkah: 1. N. Render Comman ini digunakan untuk melihat perubahan dari jenis material seeperti yang telah disebutkan pada langkah pengerjaan diatas. Kilk Material Library 4. Catatan:  Setelah dirender objek akan terlihat perubahan jenis materialnya  Apabila gambar di rubah (diperkecil. pilih objek yang akan diganti jenis materialnya (Enter) 7. Pilih jenis material yang ada pada kolom sebelah kiri. Masukan nilai PengExtrudean (Enter) 5.4. untuk menampilkan tool ini kita tinggal mengklik kanan pada tool yang ada. Klik command pada tool yang tersedia (akan muncul table) 3. Pilih jenis material pada kolom material lalu klik Attak. dan tool yang kita perlukan dalam pengerjaan gambar tiga dimensi adalah sebagai berikut: . Masukan sudut PengExtrudean (Enter) M. setelah keluar table klik render. untuk melihat bentuk dari jenis material tersebut klik Preview 5. Untuk melihatnya klik render pada tool yang tersedia. ganti pandangan) maka akan kembali seperti semula.

Render Command yang digunakan: Material Render 3. Edges on Gouraud shaded. Edges on 4. Shade Command yang digunakan: 2D wireframe 3D wireframe Hidden Flash shaded Gouraud shaded Flash shaded.1. Solid Editing Command yang digunakan: Union Subtract Intersect Extrude Faces 6. 3D orbit Command yang digunakan: 3D orbit Untuk memutar objek tiga dimensi 3D continues orbit Untuk memutar tiga dimensi secara continues 2. Solid Command yang digunakan: Box Sphere Clynder Cone Wedge Torus Extrude Revolve Interference 5. View Semua command bisa digunakan CONTOH SOAL DAN TUGAS-TUGAS MECHANICAL DESKTOP Contoh soal: 1 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->