Ciri Khusus Hewan & Tumbuhan

N o
1

Nama Hewan
Elang

Ciri Khusus
1. Memiliki paruh yang melengkung untuk merobek mangsanya. 2. Memiliki kaki dengan cakar yang kuat berbentuk kait untuk mencengkram dan meremukkan mangsa. 1. Memiliki ekor yang panjang untuk bergelantungan dari pohon ke pohon 2. Memiliki mata yang dapat memantulkan cahaya di malam hari disertai dengan suara tangis/teriakan. Menggunakan gelombang bunyi untuk mengetahui posisi mangsanya (ekolokasi)

Tempat Hidup
Umumnya elang hidup di daerah pegunungan kecuali elang laut yang hidup di tebing tinggi pinggir pantai.

Cara Hidup
Elang mempunyai penglihatan yang tajam untuk mencari mangsanya. Setelah menemukan mangsanya, elang memburu mangsanya dan mencengkeramnya.

2

Lemur

Hutan dengan pohon-pohon yang besar (hutan rimba lebat)

Lemur bergerak ke sana kemari dalam hutan rimba lebat untuk mencari makan seperti serangga, buah , kacang-kacangan, telur burung, dan burung muda. Ekornya yang luwes digunakan untuk memegang dahan. Kelelawar mencari makan pada malam hari dan tidur pada siang hari. Kelelawar tidur dengan keadaan menggantung terbalik.

3

Kelelawar

Gua-gua yang lembab dan gelap atau di pohonpohon yang tinggi

. Memiliki dua jari kaki yang bersatu untuk mencegah tenggelam di dalam pasir. Bentuk kaki yang pendek dan berselaput memudahkan bebek untuk berenang. 5 Unta Di padang pasir. 3.Ciri Khusus Hewan & Tumbuhan 4 Bebek 1. Di sela-sela kaki terdapat selaput tipis yang membantunya berenang dan memudahkannya berjalan di lumpur. Bebek termasuk jenis unggas yang dapat berenang. Memiliki kaki yang pendek 2. Memiliki punuk berisi lemak yang dapat dipecah menjadi makanan dan air 2. Untuk itu unta harus dapat beradaptasi dengan suhu yang tinggi. Di air terutama di perairan dangkal. Bebek mencari makan di darat dan di air. Sehingga Unta bisa tahan makan selama berharihari. Bentuk paruh pipih dan lebar yang memudahkan untuk mencari cacing di balik lumpur. 3. Memiliki dua baris bulu mata untuk melindungi mata dari pasir dan matahari. Unta menyimpan makanan dan minumnya pada punuknya. 1. Unta hidup di padang pasir yang panas.

Ciri Khusus Hewan & Tumbuhan 6 Kangguru Merah Memiliki kantung pada perutnya untuk menyimpan anaknya selama kurang lebih delapan bulan. Kangguru merah memakan rumput dan tumbuhan lain. 7 Jerapah 1. jerapah menggerakkan kepalanya kedepan dan kebelakang dan menggulungkan ekornya. Kangguru dapat bertahan tanpa minum dalam waktu lama asalkan bisa memakan tanaman yang mengandung air. Di dataran yang kering seperti di bagian tengah benua Australia. Memiliki leher Padang Sabana panjang untuk memakan tunas dan daun muda pada pohon-pohon yang tinggi. 2. Untuk menghindari hewan pemangsa (karnivora). Kangguru merah bergerak dengan cara melompat. . Jerapah berlari dengan cara menggerakkan bagian kiri kaki depan dan belakang terlebih dahulu kemudain bagian kanan kaki. Memiliki katup kecil pada bagian dalam pembuluh darah di kepala untuk mencegah tekanan darah yang tinggi naik ke kepala. Memakan pucuk-pucuk daun yang ada dipohon yang tinggi.

Memiliki lidah yang panjang dan lengket sehingga saat cicak menjulurkan lidahnya serangga dapat segera lengket. 2. Telapak kaki cicak Rumah dan pohon. memiliki lapisan lengket yang tampak seperti guratan-guratan yang berguna untuk merayap di dinding. Lele menjulurkan misainya untuk menunggu ikan kecil menyentuhnya. 10 Labalaba Memiliki jaring-jaring yang dibuat dari bahan pembuat jaring yang berasal dari organ khusus didalam abdomen yang disebut alat antih Di gua-gua Laba-laba memiliki pengelihatan yang buruk sehingga laba-laba menggunakan jaring untuk menangkap dan menjebak mangsanya. Laba-laba mengandalkan indra peraba untuk . Di sungai atau perairan air tawar Cicak bergerak dengan cara merayap di dinding. Makanannya berupa serangga seperti nyamuk.Ciri Khusus Hewan & Tumbuhan 8 Cicak 1. Memiliki misai untuk mengambil ikan-ikan kecil dibalik ikan kecil lumpur untuk dimakan. 9 Lele Lele memakan ikan-ikan kecil di balik lumpur.

Daerah bersuhu rendah . Memiliki bulu tebal dan lemak yang terdapat pada bagian bawah lapisan kulit. Telinga yang kecil dan tubuh yang berwarna putih membuat rubah artik mampu menjaga panas agar tidak banyak keluar dari tubuh. Pinguin 12 Rubah Artik Memiliki telinga yang kecil dan tubuh berwarna putih. Rubah artik adalah hewan karnivora yang hidup di daerah bersuhu rendah/dingin. 11. Di daerah kutub. Tujuannya agar tidak banyak panas yang dikeluarkan dan terlindung dari udara dingin. Bulu tebal dan lemak yang dimilikinya berfungsi seperti baju yang berlapis-lapis. Penguin hidup di daerah dingin.Ciri Khusus Hewan & Tumbuhan memeriksa apakah ada mangsanya pada jaring. Penguin hidup berkelompok dan saling mendekatkan diri. Indra peraba yang paling peka terdapat pada kaki. Kaki laba-laba dapat menangkap getaran lembut sekalipun.

14 Burung Hantu 1. Memiliki bulu yang halus dan lembut. Di daerah payau atau hutan bakau Ikan gelodok hidup di daerah payau yang memiliki salinitas (kadar garam) yang tinggi. Saat berburu burung hantu mengeluarkan suara yang membuat takut mangsanya. Ikan gelodok memiliki ukuran kecil dan gerakan yang sangat lincah. Di daratan mereka akan bergerak meloncat-loncat. Dengan pendengarannya yang tajam burung hantu dapat menemukan letak mangsanya. Ikan gelodok dapat berjalan di daratan dan memanjat pohon bakau. Bulu yang halus dan lembut membuat burung hantu dapat terbang tanpa suara dan menyambar mangsanya dengan diamdiam. 2. Memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam. Burung hantu mencari mangsa pada malam hari dengan mengandalkan penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam.Ciri Khusus Hewan & Tumbuhan 13 Ikan Gelodok Dapat berjalan di daratan atau memanjat pohon. Hutan .

Batang teratai memiliki rongga-rongga udara di dalamnya. Armadilo memiliki indra penglihatan yang buruk sehingga mengandalkan indra penciuman dalam mencari mangsanya. Memiliki daun yang bundar dan lebar untuk menyerap banyak sinar matahari. 3. 2. Juga disebut sebagai hewan penggali. Dapat menggulung badannya seperti bola. Tempat Hidup Danau atau kolam Cara Hidup Teratai adalah tanaman yang tumbuh di air. Batang teratai berongga dan berisi udara sehingga membantu teratai tetap mengapung di air.Ciri Khusus Hewan & Tumbuhan 15 Armadilo 1. reptil kecil. hewan ampihi. Armadilo merupakan mamalia yang bersisik. dan buah-buahan. 2. Makanannya berupa serangga. . N o 1 Nama Tumbuhan Bunga Teratai Ciri Khusus 1. cacing. untuk menangkap serangga kecil. telur. Tangkai teratai tumbuh tegak sehingga bunganya menyembul ke luar permukaan air. Memiliki lidah yang Hutan-hutan di panjang dan lengket Amerika Selatan. Memiliki cakar yang kuat untuk merobek sarang semut atau seranga lainnya.

Cairan nektar pada daun menarik perhatian serangga. 2. Serangga yang lewat akan menghampiri daun kantong semar karena tertarik dengan warna dau baunya. Kemudian daun mengeluarkan cairan pencerna untuk menghancurkan serangga. Kelebihan garam dibawa ke daun dan dikeluarkan ke permukaan. Memiliki rambut-rambut sensitif pada permukaan daun. 4. Serangga ini berguna sebagai tambahan nitrogen bagi kehidupan venus flytrap. 3 Kantong Semar Kantong semar termasuk tanaman insektivora. Ketika hinggap serangga akan terpeleset dan masuk ke dalam ceruk.Ciri Khusus Hewan & Tumbuhan 2 Venus Flytrap 1. Venus flytrap termasuk tanaman insektivora. Serangga menyentuh rambut sensitif pada daun sehingga daun mengatup. Memiliki bentuk daun seperti Di hutan-hutan guci dan terdapat ceruk di bagian dalam yang berisi cairan. Dapat mengeluarkan cairan pencerna untuk menghancurkan serangga yang terjebak. Hutan bakau sangat berguna untuk mencegah abrasi. 3. 4 Bakau Memiliki akar napas atau Perairan air asin pneumatofora yang menyembul ke permukaan air dan memiliki lubang kecil yang dapat menyerap udara pada waktu air surut . Kantong semar akan mengeluarkan cairan asam untuk mencerna serangga Tumbuhan bakau dapat bertahan hidup di air asin karena akarnya dapat menyaring sebagian besar garam dan air yang diserap. Daunnya dipenuhi cairan Di hutan-hutan nektar. Memiliki dua helai daun yang menyatu pada salah satu sisinya.

Memiliki epidermis yang tebal sehingga dapat hidup di berbagai iklim. Bunga bangkai berbau sangat busuk. Daun disangga oleh tangkai batang yang panjang dan kokoh.Ciri Khusus Hewan & Tumbuhan 5 Kaktus 1. lalat bangkai berdatangan dan bertelur di dalam bunga. Daun teratai nyiru raksasa dapat menyangga anak kecil yang ditaruh di atas daun tanpa takut tenggelam. Daun berbentuk duri. Daun yang berbentuk duri berfungsi untuk mengurangi penguapan. 2. Memiliki daun berbentuk jarum. Ketika merayap ke dalam bunga. 8 Bunga Bangkai Memiliki bau yang sangat busuk Di hutan tropis . 1. Akar yang panjang berfungsi untuk menyerap air sebanyak-banyaknya pada saat hujan turun. Jenis bunga bangkai yang berbau paling busuk adalah bunga bangkai ”Arum Kuda Mati” 6 Jarum Tusam 1. Hal ini membuat kaktus dapat bertahan hidup di lingkungan yang tandus dan gersang. 7 Teratai Nyiru Raksasa Perairan danau dan sungai di Amerika Selatan. Gurun pasir Kaktus tumbuh di daerah yang kering dan tandus. Akar teratai nyiru raksasa terbenam di dasar danau yang berlumpur pekat. Tusam memiliki daun berbentuk berbentuk jarum dengan hanya memiliki satu urat daun di tengah jarum yang berfungsi untuk mengangkut air dan nutrien. kaki dan badan lalat tertempeli serbuk sari. Teratai nyiru raksasa adalah tumbuhan yang hidup di air. Daunnya agak membengkok ke atas untuk mendorong daun-daun di sekitarnya. 2. 2. Memiliki akar yang sangat panjang. Pada permukaan daun terdapat urat-urat daun yang kuat Dapat hidup di berbagai iklim. Karena baunya yang mirip bangkai hewan. Daun tusam memiliki klorophil untuk berfotosintesis dan stomata untuk respirasi dan transpirasi.

kelapa dapat tahan terapung di laut selama berminggu-minggu. Karena pada bambu jaringan meristem terdapat pada setiap buku. Karena terlindung kulit sabut yang tebal dan ringan. 10 Bambu Memiliki batang yang berbuku-buku/beruas-ruas Daerah tropis . Buah kelapa yang masak berjatuhan ke laut dan dihanyutkan oleh ombak.Ciri Khusus Hewan & Tumbuhan 9 Kelapa Buah kelapa dilindungi kulit sabut yang tebal dan ringan. Bambu adalah tumbuhan yang paling cepat tumbuh. Di dataran rendah dan dataran tinggi Kelapa tumbuh di tepi pantai. Pada tunas rebung terdapat sekitar 60 buku. Jadi rebung dapat tumbuh 60 kali lebih cepat daripada tumbuhan lain. Akhirnya kelapa terdampar di pantai seberang dan mulai bertunas.