BAB I PENDAHULUAN A. PROFIL SEKOLAH B. PENGERTIAN VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH A.

Pengertian visi Langkah awal dalam penyusunan rencana strategi (Strategy Formulation) adalah penetapan visi. Visi merupakan gambaran tentang masa depan (future) yang realistik dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Visi adalah pernyataan yang diucapkan atau ditulis hari ini, yang merupakan proses manajemen saat ini yang menjangkau masa yang akan datang. Visi adalah pernyataan yang merupakan sarana untuk: 1. Mengkomunikasikan alasan keberadaan organisasi dalam arti tujuan dan tugas pokok. 2. Memperlihatkan framework hubungan antara organisasi dengan stakeholders (sumber daya manusia organisasi, konsumen/citi zen, pihak lain yang terkait). 3. Menyatakan sasaran utama kinerja organisasi dalam arti pertumbuhan dan perkembangan. Pernyataan visi, baik yang tertulis atau diucapkan perlu ditafsirkan dengan baik, tidak mengandung multi makna sehingga dapat menjadi acuan yang

mempersatukan semua pihak dalam sebuah organisasi (sekolah). Bagi sekolah Visi adalah imajinasi moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Imajinasi ke depan seperti itu akan selalu diwarnai oleh peluang dan tantangan yang diyakini akan terjadi di masa datang. Dalam menentukan visi tersebut, sekolah harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan.. Merumuskan Visi sekolah Bagi suatu organisasi visi memiliki peranan y ang penting dalam menentukan arah kebijakan dan karakteristik organisasi tersebut. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan sebuah visi antara lain: 1. Visi harus dapat memberikan panduan/arahan dan motivasi 2. Visi harus desebarkan di kalangan anggota organisasi (stakeholder) 3. Visi harus digunakan untuk menyebarluaskan keputusan dan tindakan organisasi yang penting.

Visi bukanlah fakta. Mampu menjadi dasar dan mendorong terjadinya perubahan dan pengembangan sekolah ke arah yang lebih baik. Pernyataan misi harus: 1. Visi sekolah harus mencerminkan dorongan yang kuat akan tumbuhnya inspirasi. Visi sekolah harus mencerminkan standar keunggulan dan cita -cita yang ingin dicapai. Mengundang partisipasi ma syarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang digeluti organisasi (Akdon. 3. antara lain: 1. Dapat menimbulkan inspirasi dan siap menghadapi tantangan 4. Jadi misi merupakan penjabaran visi dalam bentuk rumusan tugas. B. Visi dapat memberikan arahan. 2. Dengan kata . Pengertian misi Misi adalah pernyataan mengenai hal -hal yang harus dicapai organisasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan di masa datang (Akdon. Merumuskan Misi Sekolah Misi merupakan tindakan atau upaya untuk mewujudkan visi. 3. Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh organisasi dan bidang kegiatan utama dari organisasi yang bersangkutan. 5. Pernyataan misi mencerminkan tentang penjelasan produk atau pelayanan yang ditawarkan. 2. tetapi gambaran pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan. 2006:98). kewajiban. Secara eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. 4. 7. Visi sekolah berorientasi ke masa depan. rumusan visi sekolah yang baik seharusnya memberikan isyarat: 1.Beberapa kriteria dalam merumuskan visi. 2006: 97). 6. Dalam merumuskan visi harus disertai indikator pencapaian visi. 2. untuk jangka waktu yang lama. sesuai dengan norma dan harapan masyarakat. 6. Menjembatani masa kini dan masa yang akan datang. 3. Gambaran yang realistik dan kredibel den gan masa depan yang menarik. Menunjukkan keyakinan masa depan yang jauh lebih baik. 5. semangat dan komitmen bagi stakeholder. Sifatnya tidak statis dan tidak untuk selamanya. Berdasarkan beberapa pendapat diatas. dan rancangan tindakan yang dijadikan arahan untuk mewujudkan visi. mendorong anggota organisasi untuk menunjukkan kinerja yang baik. Menjadi dasar perumusan misi dan tujuan sekolah.

namun disesuaikan dengan kondisi sekolah. Satu indikator visi dapat dirumuskan le bih dari satu rumusan misi. Kualitas produk dan pelayanan yang ditawarkan memiliki daya saing yang meyakinkan masyarakat.sessuai dengan potensi yang dimiliki. 4. Penjelasan aspirasi bisinis yang diinginkan pada masa mendatang juga bermanfaat dan keuntungannya bagi masyarakat dengan prod uk dan pelayanan yang tersedia .sehingga dapat dik embangkan secara optimal. Harus jelas memiliki sasaran publik yang akan dilayani. Antara indikator visi dengan rumusan misi harus ada keterkaitan atau terdapat benang merahnya secara jelas. Ada beberapa kriteria dalam pembuatan misi. Rumusan misi sekolah selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan ³tindakan´ dan bukan kalimat yang menunjukkan ³keadaan´ sebagaimana pada rumusan visi. 4. Penjelasan tentang produk atau pelayanan yang ditawarkan yang sangat diperlukan oleh masyarakat.lain. 3. Pernyataan misi sekolah harus menunjukk an secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh sekolah. 2. Misi sekolah menggambarkan tentang produk atau pelayanan yang akan diberikan pada masyarakat (siswa) 5. misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya. y Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali poten si dirinya. Kualitas produk atau layanan yang ditawarkan harus memiliki daya saing yang tinggi. 3. antara lain: 1. Misalnya. sehingga setiap siswa berkembang secara optimal. y Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak . Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan misi sekolah antara lain: 1. sebuah sekolah yang memiliki visi ³UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ´ merumuskan misinya sebagai berikut : y Melaksanakan pembelajar an dan bimbingan secara efektif. y Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah. 2.

namun realistik dan dapat dicapai Merumuskan Tujuan Sekolah Tujuan menggambarkan arahan yang jelas bagi sekolah. C. Tujuan sekolah menyatakan kegiatan khusus apa yang akan diselesaikan dan kapan diselesaikannya? . Tujuan sekolah harus memberikan ukuran yang spesifik dan akuntabel (dapat diukur) 2. antara lain: 1. oleh karena itu tujuan harus selaras dengan visi dan misi. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan tujuan sekolah. Tujuan cenderung untuk esensial tidak berubah. Tujuan sekolah merupakan penjabaran dari misi. kebijaksanaan. Tujuan harus menantang.y Menerapkan manajemen partisip atif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah (stakeholders). 4. Tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai atau akan dihasilkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Tujuan akan mengarahkan perumusan sasaran. Tujuan tidak harus dinyatakan dalam bentuk kuantitatif. Pencapaian tujuan dapat dijadikan indikator untuk meni lai kinerja sebuah organisasi. Pengertian tujuan Tujuan merupakan penjabaran dari pernyataan misi. program dan kegiatan dalam rangka merealisasikan misi. akan tetapi harus dapat menunjukkan kondisi yang ingin dicapaidi masa mendatang. Tujuan harus serasi dan mengklarifikasikan misi. Tujuan menggambarkan arahan ya ng jelas dari organisasi 7. Penetapan tujuan pada umumnya didasarkan pada faktor -faktor kunci keberhasilan yang dilakukan setelah penetapan visi dan misi. oleh karena itu tujuan harus dapat menyediakan dasar yang kuat untuk menetapkan indikator. Perumusan tujuan akan strategi/perlakuan. arah kebijakan dan program suatu sekolah. kecuali terjadi pergeseran lingkungan. Tujuan menggambarkan hasil program 6. 2. visi dan nilai -nilai organisasi. program dan sub program organisa si. Tujuan biasanya secara relatif berjangka panjang 5. Pencapaian tujuan akan dapat memenuhi atau berkontribusi memenuhi misi. 3. Beberapa kriteria tujuan antara lain: 1. atau dalam hal isu strategik hasil yang diinginkan. Oleh karena itu perumusan tujuan harus memberikan ukuran lebih spesifik dan akuntabel. 3.

. maka tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu 3 tahun mungkin belum se-ideal visi atau belum selengkap visi. Dengan kata lain. tujuan merupakan tahapan untuk mencapai visi.Jika visi merupakan gambaran sekolah di masa depan secara utuh (ideal).

tujuan. sasaran dan strategi (car a mencapai tujuan dan sasaran). Pengelolaan sekolah yang tidak profesional dapat menghambat proses pendidikan yang sedang berlangsung dan dapat menghambat langkah sekolah dalam menjalankan fungsinya sebagai le mbaga pendidian formal. Perencanaan strategis merupakan landasan bagi sekolah dalam menjalankan proses pendidikan. sasaran dan strategi tersebut harus dilakukan pengelola sekolah. akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan diriya. bangsa dan negara. Agar pengelolaan sekolah tersebut dapat berjalan dengan baik. Komponen dalam perencanaan strategis paling tidak terdiri dari visi. tujuan dan program sekolah´ . agar sekolah memiliki arah kebijakan yang dapat menunjang tercapainya tujuan yang diharapkan. Agar kegiatan pendidikan tersebut terencana dengan baik maka dibutuhkan kurikulum pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan usaha yang terencana dan terprogram dengan jelas dalam agenda pemerintahan yang berupa penyelenggaraan pendidikan. Perumusan terhadap visi. Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang diberikan tugas untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional harus menjalankan perannya dengan baik.BAB II PEMBAHASAN Pendidikan merupakan komponen yang memiliki peran yang strategis bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan tujuan bangsa yang telah dirumuskan. misi. ³Mencerdaskan kehidupan bangsa´ adalah salah satu tujuan bangsa Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 pada alinea ke empat. penulis tertarik untuk menulis makalah tentang ³merumuskan visi. Berdasarkan penjelasan dia tas. sampai kepada implementasi garis terdepan. misi. misi. Dalam menjalankan peran sebagai lembaga pendidikan ini. kecerdasan. kepribadian. pengendalian diri. sedemikian rupa sehingga tujuan dan sasarannya tercapai. tujuan. sekolah harus dikelola dengan baik agar dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang telah dirumuskan dengan optimal. masyarakat. dibutuhkan rencana strategis sebagai suatu upaya/cara untuk mengendalikan organisasi (sekolah) secara efektif dan efisien. Tujuan pendidikan Negara Indonesia yan g tertuang dalam Undang -undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan.

mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup Teknik Mesin. 4. Menjadi warga negara yang produktif. Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT 2. Menciptakan komitmen yang tinggi dengan Allah SWT. 4. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir. adaptif dan kreatif. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah un tuk mengisi kebutuhan DU/DI pada saat ini maupun pada masa yang akan datang 5. Menyiapkan tamatan warga negara yang produktif. pengetahuan dan sikap agar kompeten : 1. 2. VISI DAN MISI SMK PIRI SLEMAN VISI Membentuk tenaga kerja tingkat menengah yang berkualitas dan berakhlak mulia MISI 1. TUJUAN SMK PIRI SLEMAN Mencetak/menyiapkan siswa/tamatan menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang siap : 1. 3. Mandiri 4. adaptif dan kreatif. B.A. Khusus Membekali peserta didik dengan ketrampilan. Kerja 3. mampu berkompetensi. TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN Umum Menyiapkan siswa/tamatan : 1. Mampu memilih karir. mampu mengembangkan diri dan siap memasuki lapangan kerja. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Teknik Mesin. Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan unggul dalam bidang keahliannya dengan berwawasan IPTEK dan berlandaskan IMTAQTEK C. Bubut Konvensional dan CNC . Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian Teknik Mesin. RosulNya dalam pribadi insan 3. Latih 2.

2. Penggerindaan 4. Frais Konvensional dan CNC 3. Penyekrapan. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful