Keutamaan Puasa

Posted on May 20, 2010 by Abu Mushlih Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya para lelaki muslim dan perempuan muslimah, para lelaki dan perempuan yang beriman, para lelaki dan perempuan yang taat, para lelaki dan perempuan yang jujur, para lelaki dan perempuan yang sabar, para lelaki dan perempuan yang khusyu’, para lelaki dan perempuan yang rajin bersedekah, para lelaki dan perempuan yang rajin berpuasa, para lelaki dan perempuan yang senantiasa menjaga kemaluannya, dan para lelaki dan perempuan yang banyak mengingat Allah, maka Allah siapkan untuk mereka ampunan dan pahala yang sangat besar.” (QS. al-Ahzab: 35) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa merupakan perisai yang dapat digunakan oleh seorang hamba untuk melindungi dirinya dari jilatan api neraka.” (HR. Ahmad, sahih) Suatu ketika, Abu Umamah radhiyallahu’anhu bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, tunjukkan kepadaku suatu amalan yang dengan sebab itu aku bisa masuk ke dalam surga.” Maka beliau menjawab, “Lakukanlah puasa, tiada yang dapat menyamainya.” (HR. Nasa’i, sanadnya sahih) Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah berfirman: Semua amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Akulah yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila suatu hari salah seorang dari kalian sedang berpuasa maka janganlah dia mengucapkan kata-kata kotor ataupun berteriak-teriak. Apabila ada orang yang mencaci-maki dirinya atau memeranginya maka ucapkanlah; Aku sedang puasa. Demi tuhan yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah daripada bau kasturi. Seorang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan; ketika berbuka puasa maka dia merasa senang, dan ketika berjumpa dengan Rabbnya maka dia pun merasa senang dengan puasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim) Dicuplik dengan peringkasan dari kitab Shifat Shaum Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam fi Ramadhan karya Syaikh Salim bin Ied al-Hilali dan Syaikh Ali Hasan Ali Abdul Hamid -hafizhahumallahDari keterangan di atas dapat kita simpulkan bahwa: 1. Puasa merupakan salah satu sebab turunnya ampunan dan curahan pahala 2. Puasa merupakan salah satu sebab untuk menyelamatkan diri dari siksaan api neraka 3. Puasa merupakan salah satu sebab untuk masuk ke dalam surga

Sehingga kita bisa menjalankan sebuah ibadah yang sangat agung demi menggapai ampunan dan pahala dari-Nya. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam. Puasa merupakan sebuah amalan yang sangat istimewa yang disandarkan Allah kepada diri-Nya 5.com/keutamaan-puasa.html/ . Pogung Dalangan 7 Jumadi Tsani 1431 H/21 Mei 2010 http://abumushlih. Puasa akan mendatangkan kegembiraan di hati orang yang beriman. yaitu di dunia ketika dia berbuka/berhari raya dan di akherat ketika dia berjumpa dengan Allah dengan membawa amalannya Semoga Allah yang Maha kuasa lagi Maha mengetahui masih memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan Ramadhan di tahun ini. Wisma al-Ghuroba’. Puasa merupakan benteng dari perbuatan jelek 6. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.4.

Peredaran Diawasi Awas. proses pembersihan tubuh disempurnakan. orang sehat dan tidak memiliki masalah stres serta gangguan emosi dapat bertahan tanpa makanan selama 50-75 hari. Anda Nurlaila Puasa (inmagine) BERITA TERKAIT • • • • • Cegah Ayam Berformalin. Berikut beberapa efek positif berpuasa. Setiap pon lemak manusia setara dengan 3. Tubuh akan mengeluarkan sejumlah besar racun melalui aliran darah.500 kalori yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas fisik berat seharian. 12 Agustus 2010.Berpuasa didefinisikan sebagai periode tubuh yang pantang mengasup semua jenis makanan atau makanan tertentu. Kamis. Ayam Formalin Beredar Selama Puasa Tradisi Bakar Lemang Sambut Ramadan Stasiun Senen Lipatgandakan Petugas Keamanan Puasa Dibagi Menjadi Tiga Tingkatan VIVAnews . Setelah puasa berlanjut pada hari-hari setelahnya. 03:21 WIB Pipiet Tri Noorastuti. Lemak tubuh yang tidak bermanfaat. Ini terlihat dari menebalnya lapisan lidah dan nafas yang biasanya lebih berbau pada hari-hari pertama.Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Puasa justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bertolak belakang dengan persepsi bahwa berpuasa memburuk kesehatan tubuh. racun yang terakumulasi dalam sel . Menyembuhkan dengan cepat Hari-hari awal berpuasa merupakan fase tersulit. Menurut AJ Carlson. Profesor Fisiologi di Universitas Chicago seperti dikutip dari MedIndia menyatakan. pori dan organ pembuangan lain. puasa justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Saat beban racun tubuh berkurang. meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta meremajakan tubuh. limbah aliran darah dikeluarkan lewat hati.Puasa membantu menurunkan kadar kolesterol. dan ginjal.vivanews. lapisan lendir menebal di dinding usus. limpa.com/news/read/170494-manfaat-puasa-bagi-kesehatan .Mengatasi kecanduan kafein. . Puasa mengistirahatkan sistem pencernaan. .tubuh akan dikeluarkan. darah. nikotin.Puasa dengan kontrol pada penderita diabetes membuat perubahan gaya hidup dan pola makan sehingga akan memperbaiki kondisi mereka. kembung. narkoba dan alkohol. dan gastritis. Energi akan digunakan untuk membersihan dan detoksifikasi usus. sel-sel mati. Sehingga mempercepat proses penyembuhan dan sekaligus menghemat energi. Tidak banyak yang mengetahui bahwa tubuh memerlukan energi besar untuk mencerna makanan. Sel yang sakit. . Sehingga energi disimpan untuk menyembuhkan diri dan memperbaiki sel tubuh. rasa lapar orang yang berpuasa berkurang dibandingkan saat normal.Puasa meningkatkan kewaspadaan mental. Tubuh akan menggunakan mineral penting dan vitamin untuk membuang racun dan jaringan tua. http://kosmo. Lebih Energik Mengapa orang merasa lebih energik setelah berpuasa? Selain itu. Racun yang dibersihkan dari sistem limfatik meningkatkan konsentrasi dan energi untuk melakukan aktivitas. rokok. . efisiensi setiap sel ditingkatkan. Puasa meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat khusus . serta menyembuhkan sel-sel tubuh dari berbagai penyakit.Puasa mengurangi gangguan sistem pencernaan seperti sembelit.

Makan makanan yang mengandung gizi seimbang tentunya.com Oke deh langsung saja ya >> Tips Buka Puasa • Tips Buka Puasa 1 : Segerakan berbuka puasa Ini sebenarnya bukan tips. nangka. jangan berlebihan! • Tips Buka Puasa 3 : Jangan langsung makan makanan berat dengan porsi yang banyak sekaligus Beri waktu satu jam. 2011 Filed under: Tips Tips Buka Puasa Tips Buka Puasa ala MasCipul. MasCipul. Makanlah buah manis. ubi jalar dan minuman ringan bersoda. buka puasa di sunnahkan untuk di segerakan. Bulan apalagi kalau bukan bulan puasa? Yups. namun sunnah bagi setiap muslim yang sedang berpuasa pada bulan Ramadhan.Tips Buka Puasa July 11th. atau jajanan manis. Karena sebentar lagi bulan puasa. • Tips Buka Puasa 2 : Awali dengan makan makanan yang manis-manis Tentu saja ini untuk mengembalikan kondisi tubuh yang terkuras. Namun ingat. lobak. nah kalo buka puasa lain lagi. Setelah sebelumnya ada postingan tentang SMS Ucapan Puasa 2011 dan Jadwal Puasa 2011.com akan lebih sering posting tentang hal-hal mengenai puasa. Tips Buka Puasa 5 : Jangan makan dan minum yang bisa merangsang gas seperti kol.com. • Tips Buka Puasa 4 : Jangan makan makanan dengan bumbu yang merangsang seperti cabe atau santan kental. barulah konsumsi makanan penuh sesuai dengan porsi anda biasanya. • . kali ini mascipul akan mengulas tentang Tips Buka Puasa ala MasCipul. Kurang dari sebulan lagi umat muslim di dunia akan dihadapkan dengan bulan yang penuh berkah. Bulan yang paling dinanti diantara 12 bulan dalam setahun. Ketika sahur kita disunnahkan untuk di akhirkan.

Semoga bermanfaat dan semoga puasa kita bs diterima Allah SWT. Beberapa tips diambil dari beberapa sumber. Silahkan kalau ada yang mau menambahkan Tips Buka Puasa http://www.com/2011/07/tips-buka-puasa.• • • Tips Buka Puasa 6 : Jangan mengkonsumsi tape ketan. sedangkan beberapa lagi merupakan pengalaman pribadi. kopi. dan teh kental karena dapat merangsang pengeluaran asam lambung.com.mascipul. Tips Buka Puasa 7 : Berhentilah sebelum kenyang (Ini sunnah Rasul juga ) Apa lagi ya? Mungkin kawan-kawan bisa menambahkan Nah begitulah Tips Buka Puasa ala MasCipul.html .

Dibulan Ramadhan. pikiran. disaat itulah maka pikiran negatif dan rasa lelah sirna. Berikut ini merupakan tips menjalankan puasa dengan nikmat : 1. Saat kita tersenyum kepada orang lain. umat Muslim juga diwajibkan untuk berpuasa. Tak pelak bebanpun bertambah karena disaat puasa kita harus menjaga hati. dan percakapan. Membaca Al-Quran Membaca Al-Quran memang memiliki banyak manfaat dan pahala dari Tuhan.Tips Menjalankan Puasa Dengan Nikmat Spoiler for Pembukaan: Spoiler for No Repsol: Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Oleh karena itu mengapa senyum termasuk dalam ibadah karena selain membuat hati kita sendiri tenang juga membuat hati orang lain senang. berpuasa di saat bekerja memang sangat berat. bagi umat Muslim diseluruh dunia bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan pengampunan. Dengan senyuman. seseorang yang sedang marah akan merasa sangat damai. Dengan mengaji. maka hati kita pun akan merasa tenang dan damai. Bagi para pekerja. Spoiler for Gambar: 2. Senyum Senyum merupakan perbuatan paling mudah dan memiliki manfaat sangat besar. serta Insyaallah akan dijauhkan dari hal-hal yang buruk. Membaca Al-Quran juga bisa menyingkat waktu berpuasa karena jika kita asik mengaji waktu yang dirasa berat itu pun bak tidak ada artinya. Spoiler for Gambar: .

mengusir kesedihan . Berpikiran positif Pikiran positif membantu kita untuk menenangkan otak dan diri kita dari masalah yang belum tentu terjadi.3. Spoiler for Gambar: 4. Dengan memperbanyak membaca Istighfar. Manusia cendrung berpikiran negatif terhadap suatu masalah yang belum tentu terjadi atau terhadap orang lain yang belum terlalu kita kenal. Saat kita berpikiran negatif. Spoiler for Gambar: . dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Salah satunya menghindari kita untuk berpikiran jahat terhadap orang lain. Selalu Istighfar Membaca Istighfar memiliki banyak sekali manfaat. kita bisa mendapat rahmat dan kebaikan dari Tuhan.terhindar dari godaan Syetan. maka disaat itu lah kita dihinggapi perasaan was-was dan tidak tenang. Sehingga dapat membuat puasa kita tak berjalan lancar dan membuang-buang waktu untuk memikirkan hal yang tak perlu.

Oleh karena itu.php?t=9764440 .bagi setiap orang dianjurkan untuk berbuat kebajikan untuk orang lain seperti bersedekah. Bersedekah Bulan Ramadhan memang buan yang penuh berkah dan rahmat. Spoiler for Gambar: 6. Untung menghindari hal itu. seperti memberi uang untuk masyarakat kurang mampu. Bersedakah di bulan suci jauh lebih baik daripada Anda menghamburkan uang untuk membeli baju baru mahal untuk lebaran.5. Hal ini bisa membuat waktu berjalan dengan cepat serta merekatkan hubungan Anda dengan keluarga atau teman. Tuhan lebih mencintai umatnya yang menghadiahkan sedikit rezekinya untuk sesama umat yang kurang mampu daripada menghamburkan rezekinya hanya untuk memamerkan diri untuk kepuasan semata. Bersedekah bisa dengan cara apa saja.us/showthread. pada umumnya kita akan merasa jenuh dan seakan-akan waktu berjalan lebih lama.kaskus. mengajak warga kurang mampu untuk berbuka atau sahur bersama-sama. Menghibur diri Saat bekerja di bulan puasa. http://www. atau dengan berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata di sekitar daerah rumah Anda. luangkanlah waktu Anda untuk menghibur diri seperti bermain games di komputer atau game elektronik.

. Dalam beberapa hari kedepan kita umat muslim akan menunaikan Rukun Islam yang ke 4.Tips Sehat Berpuasa Ramadhan Spoiler for Terimakasih Gan: Quote: Assalamualaikum wr.. Quote: Quote: Puasa Ramadhan secara umum berdampak positif bagi kesehatan. Silahkan disimak Gan.wb. yaitu Puasa Ramadhan. Semoga Bermanfa'at.. ane akan membagi TIPS SEHAT Selama Puasa Ramadhan. Tips berikut perlu Anda pertimbangkan agar puasa Anda tetap menyehatkan. Quote: ... Amin.

termasuk di Afrika. Kurma matang mengandung gula sekitar 80%.5 liter per hari. Kandungan nutrisi kurma Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. seperti campuran sirup gula dan madu. kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa. Jangan berlebihan melahap kue dan makanan manis yang bahkan dalam jumlah besar sekalipun tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu pola makan Anda. besi.Makan yang sehat. magnesium dan asam folat. Kurma .1. sisanya terdiri dari protein. Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Anda harus minum dalam jumlah besar.Minum yang cukup. lemak dan produk mineral termasuk tembaga. Tabel di samping menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma. Anda juga harus minum saat bersahur. Anda sebaiknya menerapkan diet sehat pada saat berbuka. Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah berbuka puasa. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1. Spoiler for kurma: Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Quote: 2. Karena karakteristik tersebut. Australia dan Amerika (California). Pertimbangkan memakan kurma yang dapat mengisi ulang energi dengan cepat. Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat.

hampir semuanya dari karbohidrat. yang makan kurma secara teratur. yaitu piridoksin (vitamin B-6). Sebagai makanan laksatif (laxative food). protein dan lemak. dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik.kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. asam pantotenat dan riboflavin. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi. kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut. Khasiat buah kurma • • • • • • • • • • • • Kaum Arab Badui. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase. penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf. niacin. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah. menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. anti-inflamasi dan anti-hemoragik. Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat. Quote: . yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke. Kurma adalah sumber vitamin A. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin.

Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam. Quote: 6. pasien . Quote: 4.Saat bersahur. Penderita diabetes harus secara teratur memonitor gula darah mereka. Mulailah dengan sup. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.Jangan langsung berbuka dalam porsi besar. Dianjurkan untuk berolahraga yang tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka. Makan berlebihan tidak hanya mengganggu tubuh. tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih. Quote: 7. tidurlah di awal siang untuk mengumpulkan energi. Quote: 5. disarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa.Jangan makan terlalu banyak. Ibu hamil atau menyusui.Penderita diabetes.Minimalkan penggunaan tenaga fisik. yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka. Puasa seharusnya tidak memperburuk status kesehatan orang dengan kondisi medis. Anda sebaiknya tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur. Atlet harus ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. lansia. Quote: 9. Quote: 8.Jika memungkinkan. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan.Kalau begitu. Quote: 10. cukup hidrasi dan tidak makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.Orang yang lemah fisik. Hindari sinar matahari dan panas yang menimbulkan dehidrasi. betul sekali anjuran Nabi Muhammad untuk mengawali berbuka puasa dengan tiga butir kurma! SUMBER Quote: 3. kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.

Segera membatalkan puasa bila mendapatkan masalah kesehatan. mungkin sebaiknya Anda tidak berpuasa sehari atau lebih. Bila tetap berpuasa. Mereka tidak harus berpuasa Ramadan jika hal itu membawa risiko pada kesehatan mereka.Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasihat medis. Hari-hari di mana Anda tidak berpuasa dapat diganti sebelum Ramadhan berikutnya. Demi keselamatan yang lebih baik. penyakit jantung atau asma. mereka harus berkonsultasi dengan dokter jika merasakan tanda-tanda gangguan kesehatan.hipertensi. Orang yang harus mendapatkan pengobatan berkala harus mendapatkan saran dari dokter dan ustadz mereka. SUMBER . Quote: 11. biasanya tidak wajib berpuasa Ramadhan. Bila Anda mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat. Quote: 12. disarankan untuk pergi ke dokter sebelum dan sesudah Ramadhan.

filed in: Blogging 4 Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang dilaksanakan oleh kaum muslimin di seluruh dunia. 2007. Allah swt. maka katakanlah. Ada empat bentuk puasa yang telah dilakukan oleh umat terdahulu. Ada empat bentuk puasa yang telah dilakukan oleh umat terdahulu. Puasa dari seluruh atau sebagian perbuatan (bertapa). Misalnya puasanya para pendeta 2. Hal mana telah menunjukkan keluwesan Islam. Yakni merealisasikan ketakwaan kepada Allan swt. Puasa bicara. Al-Baqarah ayat 185 : “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan. 4. Allah swt.Sejarah Puasa Posted by hendra on September 10. Puasa merupakan amal ibadah klasik yang telah diwajibkan atas setiap umat-umat terdahulu. surat Maryam ayat 26 : “Jika kamu (Maryam) melihat seorang manusia. orang akan tahu bahwa ia mempunyai aturan yang tengah-tengah yang berbeda dari puasa kaum sebelumnya baik dalam tata cara dan waktu pelaksanaan. yakni praktek puasa setiap hari dengan maksud menambah pahala. yaitu: 1. sebagaimana telah diwajibkan atas kaum sebelum Muhammad saw. Dan puasa-puasa kaum-kaum lainnya yang mempunyai cara dan kriteria yang telah ditentukan oleh masing-masing kaum tersebut. Puasanya orang-orang sufi. sebagaimana telah diwajibkan atas kaum sebelum Muhammad saw. Sebagaimana yang telah dikisahkan Allah dalam Al-Qur’an. Sebagaimana yang terkandung dalam surat al-Baqarah ayat 183: “Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kalain bertakwa. juga tidak terlalu longgar sehingga mengabaikan aspek kejiwaan. maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini” (Q. Maryam :26). Tidak terlalu ketat sehingga memberatkan kaum muslimin. 3. seperti puasa yang dilakukan oleh pemeluk agama Budha dan sebagian Yahudi. telah mewajibkannya kepada kaum yang beriman. HIKMAH PUASA Diwajibkannya puasa atas ummat Islam mempunyai hikmah yang dalam. yakni melaksanakan perintah dan menjauhi larangan. yaitu: Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang dilaksanakan oleh kaum muslimin di seluruh dunia.” Kadar takwa tersebut terefleksi dalam tingkah laku. yakni praktek puasa kaum Yahudi. Sedang kewajiban puasa dalam Islam. bulan yang di dalamnya .S. sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk tuhan yang Maha Pemurah. telah mewajibkannya kepada kaum yang beriman. Puasa merupakan amal ibadah klasik yang telah diwajibkan atas setiap umat-umat terdahulu.

” Sedangkan madzhab Hanafi mempunyai pendapat lain: bahwa puasa yang diwajibkan pertamakali atas umat Islam adalah puasa Asyura’. lalu beliau bertanya: (puasa) apa ini? Mereka menjawab: ini adalah hari Nabi Saleh as. Bila puasa telah diwajibkan kepada umat terdahulu. (H. Allah mengisyaratkan hikmah puasa bulan Ramadhan. Pada masa-masa sebelumnya. yang tidak juga boleh meninggalkannya. yaitu karena Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan yang diistimewakan Allah dengan dengan menurunkan kenikmatan terbesar di dalamnya. Pendapat ini dilandaskan pada hadis Nabi saw. tidak di bulan yang lain.: diriwayatkan dari Ibn ‘Amr ra. ”Ibn Abbas ra. Setelah datang Ramadhan Asyura’ dirombak (mansukh). Inilah nikmat terbesar dan teragung. sampai di Madinah. Ketika hijrah ke Madinah beliau mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa (Asyura’). Madzhab ini mengambil dalil hadisnya Ibn Umar dan Aisyah ra. yaitu al-Qur’an al-Karim yang akan menunjukan manusia ke jalan yang lurus. beliau melihat orang-orang Yahudi sedang melakukan puasa Asyura’. Dan ketika datang Ramadhan maka lantas puasa Asyura’ beliau tinggalkan. Rasulullah biasa melakukan puasa Asyura’ sejak sebelum hijrah dan terus berlanjut sampai usai hijrah. dan sebagai pembersih hati serta penenang jiwaraga. Bukhari dan Muslim). Dan Rasul berkata. Kemudian Rasulullah memerintahkan untuk berpuasa hari Asyura’ sampai diwajibkannya puasa Ramadhan. barang siapa ingin berpuasa Asyura’ silahkan berpuasa. rahmah bagi orang-orang yang beriman. jika tidak juga tak apa-apa”. maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu”. Karena itu. Siapa yang mau silahkan berpuasa. Ayat ini menjelaskan alasan yang melatarbelakangi mengapa puasa diwajibkan di bulan Ramadhan. dan Allah tidak mewajibkannya atas kalian. maka adakah puasa yang diwajibkan atas umat Islam sebelum Ramadhan? Jumhur ulama dan sebagian pengikut Imam Syafi’i berpendapat bahwa tidak ada puasa yang pernah diwajibkan atas umat Islam sebelum bulan Ramadhan. (H.R. Bukhari). Hal ini sesuai dengan wahyu secara mutawattir (berkesinambungan) dan ijtihad yang tidak hanya berdasar hadis Ahaad (hadis yang diriwayatkan oleh tidak lebih dari satu orang). meriwayatkan: ketika Nabi saw. Abdullah (Ibnu ‘Amr) juga tidak berpuasa”. telah berpuasa hari Asyura’ dan memerintahkannya (kepada umatnya) untuk berpuasa pada hari itu. bahwa Nabi saw. “Diriwayatkan dari Aisyah ra.diturunkan (permulan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasanpenjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan bathil).. hari di mana Allah .R. Ramadhan juga merupakan pengobat hati. beliau pun ikut berpuasa seperti mereka dan manyerukan ke ummatnya untuk melakukan puasa itu. barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan tersebut. yang diriwayatkan oleh Mu’awiyah : “Hari ini adalah hari Asyura’. bahwa orang-orang Quraisy biasa melakukan puasa Asyura’ pada masa jahiliyah.. Maka wajib bagi orang-orang yang mendapat petunjuk untuk bersyukur kepada Sang Pemberi Nikmat tiap pagi dan sore.

S. DEFINISI PUASA Secara etimologi. dan berbukalah dengan berdasar ru’yat pula. kewajiban puasa Ramadhan itu hanya merombak kesunatan puasa Asyura’. berkata: aku lebih berhak atas Musa dari kalian. mendirikan salat. Lalu Nabi saw. minum. (HR. kewajiban puasa Asyura terombak (mansukh). kecuali mereka yang hidup pada zaman Islam masih baru atau orang yang hidup jauh dari ulama. Sedang menurut madzhab lainnya. “Diriwayatkan dari Abdullah Ibn Umar. maka genapkanlah Sya’ban menjadi 30 hari. Sesuai dengan hadits Nabi saw. Puasa Ramadhan wajib dilakukan. Puasa Ramadhan diwajibkan pada bulan Sya’ban tahun kedua hijriyah. bahwasanya aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”. perut dan alat kelamin sehari penuh. adakalanya karena telah melihat hitungan Sya’ban telah sempurna 30 hari penuh atau dengan melihat bulan pada malam tanggal 30 Sya’ban. haji ke Baitullah (Makkah) dan berpuasa di bulan Ramadhan. itu menunjukkan pelaksanakaan haji lebih banyak menuntut pengorbanan waktu dan harta. puasa adalah menahan dari hal-hal yang membatalkan puasa dengan disertai niat berpuasa. sebagaimana madzhab Abi Hanifah. surat Maryam ayat 26 : “Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa demi Tuhan yang Maha Pemurah. maka lantas Musa as. Sunnah. Kewajiban puasa Ramadhan berlandaskan Al-qur’an. Lantas beliau melaksanakan puasa tersebut dan memerintahkan (kepada sahabatsahabatnya) berpuasa. Bukhari). Barang siapa yang mengingkari atau mengabaikan keberadaannya dia termasuk orang kafir.”*** .swt. sejak terbitnya fajar kedua sampai terbenarnnya matahari dengan memakai niat tertentu. (Q. melakukan puasa pada hari itu. bicara dan perbuatan. puasa adalah menahan nafsu dua anggota badan. Jika bulan tertutup mendung. Seperti yang ditunjukkan firman Allah. Maryam : 26) Sedangkan secara terminologi. kata ‘al-shaum’ didahulukan. memenangkan Bani Israel atas musuh-musuhnya. mengeluarkan zakat. Sedang dalam riwayat lain. “Berpuasalah dengan karena kamu telah melihat bulan (ru’yat). dan Ijma. Sebagian ulama mendefinisikan. puasa berarti menahan. Kewajiban puasa Ramadhan sangat terang. karena kewajiban puasa lebih merata (bisa dilaksanakan oleh mayoritas umat Islam) dari pada haji. bahwasanya dia mendengar Rasulullah saw bersabda: Islam berdiri atas lima pilar: kesaksian tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. baik menahan makan.” Kata ‘al-haj’ (haji) didahulukan sebelum kata ‘al-shaum’ (puasa). maka lantas.

oleh M. Umar Hasyim. Dr. .================= Diambil dari buku “Pilar-pilar Islam dalam al-Sunnah” karya Prof. Rofiq Mu’allimin.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful