Bagaimana TV Satelit Bekerja

Romy Romanza o_romy_o@yahoo.co.id

LISENSI DOKUMEN Copyright © 2008 komputerBLOG.com
Dokumen ini boleh dimodifikasi dan disebarkan secara luas, baik melalui media elektronik atau mekanik selama bukan untuk tujuan komersial, dengan syarat tidak merubah atribut penulis dan pernyataan yang ada di lisensi dokumen. Dilarang melakukan penulisan ulang tanpa seizing dari penulis yang bersangkutan.

Pengantar
Saat TV satelit pertama kali diperkenalkan di awal tahun 1990-an. Dahulu TV satelit membutuhkan satelit yang sangat besar, berdiameter 2 hingga 5 meter. Saat ini untuk menikmati TV satelit hanya menggunakan parabola berbahan solid berdiameter sekitar 1 meter. Saat ini, kita dapat melihat parabola TV satelit di atap rumah seluruh penjuru Amerika Serikat. Apabila melakukan perjalanan ke daerah pedalaman yang belum dijangkau perusahan TV kabel, kita akan menemukan parabola TV satelit dihampir setiap rumah. Kebanyakan perusahaan TV satelit menawarkan program film, acara olahraga, dan pemberitaan yang up to date dari seluruh belahan dunia kepada kunsumen dengan menjanjikan kualitas gambar dan suara. TV satelit mempunyai banyak solusi untuk permasalahan yang berhubungan dengan TV kabel dan siaran TV tanpa berlangganan.
1 | komputerBLOG.com

Stasiun TV tanpa berlangganan dan TV satelit memancarkan program dengan sinyal radio.Walaupun teknologi TV satelit masih berkembang. Telkomvision Hadir dengan Berbeda Berdasarkan situs web telkom. yang jumlahnya bisa lebih dari 100 channel secara GRATIS. Keduanya merupakan sistem tanpa kabel yang mengantarkan program TV secara langsung ke pemirsa TV di rumah. TV Satelit Telkomvision hadir dengan layanan yang berbeda dengan TV satelit lainnya karena hanya menggunakan receiver parabola biasa (free to air). India. Sinyal radio memancar dari antena dalam garis lurus. Hambatan kecil seperti 2 | komputerBLOG. Stasiun penyiaran menggunakan antena berdaya besar untuk memancarkan gelombang radio ke area sekelilingnya. TV satelit telah menjadi pilihan yang populer untuk banyak pemirsa TV. hanya dengan perangkat tambahan (LNB & Kartu Tayang) dapat menangkap siaran dari satelit . Arab. Di samping itu. Keterbatasan utama siaran TV tanpa berlangganan adalah jangkauan. Pemirsa TV dapat menangkap sinyal tersebut dengan antena yang kecil.com . kita akan mencari tahu bagaimana TV satelit bekerja. TV satelit mempunyai banyak kemiripan dengan siaran TV tanpa berlangganan. pelanggan tetap dapat menikmati siaran–siaran lokal maupun siaran dari China . Pada artikel ini. dari stasiun TV sampai kepada pelanggan. Maka dalam penerimaan sinyal. kita harus meletakkan antena dalam garis lurus. Permasalahan dengan Siaran TV Secara konseptual.

seperti Bumi. TV satelit menempati salah satu tempat di angkasa relatif terhadap bumi yang disebut geosynchronouss orbit. tetapi hambatan besar. Sistem satelit TV memancarkan dan menerima sinyal radio menggunakan antena spesifik yang disebut parabola. Tetapi karena planet ini tidak datar.com .pepohonan atau gedung kecil tidak mengganggu. Solusi TV satelit TV satelit mengatasi masalah jangkauan dan gangguan pemancaran sinyal dari satelit yang mengitari bumi. kita dapat menangkap ratusan kilometer siaran TV dari sumbernya. Jika Bumi benar-benar datar. akhirnya garis sinyal tidak sepenuhnya dapat diterima oleh antena TV. Satelit berada di angkasa yang tinggi sehingga banyak konsumen yang terjangkau oleh sinyalnya. Setiap satelit diluncurkan ke 3 | komputerBLOG. akan memantulkan gelombang radio ini. Masalah lain dengan siaran TV tanpa berlangganan adalah sinyal sering berubah bentuk.

4 GHz . rentang gelombang dari 3. menjangkau kira-kira 22200 miles (35700 km) diatas permukaan bumi. yang artinya TV satelit memiliki gambar dan suara yang lebih berkualitas. tanpa penyesuaian. Secara mendasar. periode yang sama dibutuhkan oleh bumi untuk satu kali rotasi penuh. DISH Network.angkasa dengan kecepatan sekitar 700mph (11000 kph). TV satelit digital menyiarkan program di rentang frekuensi Ku (11. kebanyakan konsumen TV satelit mendapatkan program TV melalui penyedia direct broadcast satellite (DBS). Sistem TV Satelit Dalam waktu singkat jumlah pelanggan TV satelit semakin banyak. satelit tetap bergerak dengan perpindahan planet. atau Astro.7 GHz sampai 14. Penyedia layanan tersebut memilih program dan menyiarkannya untuk pelanggan sebagai paket. Pada saat kecepatan dan ketinggian itu. tujuan penyedia adalah untuk menyajikan lusinan bahkan ratusan program ke TV dalam bentuk kurang lebih sama dengan pesaingnya. tetapi saat ini. jika segalanya sudah bekerja dengan baik. Awalnya TV satelit disirakan di gelombang radio pita C. Beberapa pemilik antena parabola tanpa berlangganan masih mencari secara program TV secara manual.com . TV kabel. Maka. Tidak seperti pemrogram yang terdahulu.7 gigahertz (GHz) sampai 6. Parabola penerima diberikan kepada pelanggan untuk dapat menikmati channel dari antar negara dan benua. Dengan kata lain. Astro versus Indovision 4 | komputerBLOG. satelit akan berputar mengelilingi planet setiap 24 jam sekali. Indovision.5 GHz). seperti DirecTV. penyedia layanan TV satelit secara keseluruhan digital. kita harus mengarahkan parabola sekali.

 Pusat penyiaran adalah pusat hub dari sistem. parabola. sehingga siaran di Ku-Band sering terganggu yang menyebabkan siaran Astro sering terganggu ketika mendung atau hujan.Astro dan Indovision merupakan dua penyedia layanan TV satelit terbesar di Indonesia.4 GHz. S-Band beroperasi pada frekuensai 2-4 GHz.  Sumber program adalah channel yang menyediakan berbagai program untuk disiarkan. siaran Indovision juga akan terganggu jika dilewati transmisi wifi yang menggunakan frekuensi 2. Keduanya beroperasi pada satelit yang berbeda. indovision menggunakan S-band melalui satelit Komponen Ada lima komponen utama yang melibatkan sistem satelit direct to home (DTH) atau direct broadcasting (DBS): sumber program.com . TV satelit umumnya dioperaskan di Ku-band dan C-band. Sedangkan. 5 | komputerBLOG. Penyedia TV satelit tidak membuat program sendiri. Dengan cara ini. mereka membayar perusahaan lain (seperti HBO atau ESPN) untuk menyiarkan isi programnya melalui satelit. sedangkan Cakrawarta. dan penerima (receiver). penyedia layanan TV satelit seperti perantara diantara pemirsa TV dan sumber program (Perusahaan TV kabel bekerja dengan prinsip yang sama). Indonesia yang beriklim tropis memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Astro menggunakan Ku-band melalui satelit Measat-2. sedangkan C-Band pada frekuensi 4-8 GHz dan KuBand pada frekuensi 12-18 GHz. Penyedia TV satelit menerima sinyal dari berbagai sumber program dan menyinari sinyal tersebut ke satelit dalam orbit geosynchronous. sedangkan S-band banyak digunakan oleh militer. penyiar pusat. Di pusat penyiaran. satelit.

Program TV Satelit Penyedia layanan TV satelit mendapatkan program dari dua sumber utama: siaran internasional dan lokal. 6 | komputerBLOG. Channel lokal biasanya menyiarkan programnya melalui gelombang udara. Parabola menerima sinyal dari satelit (atau berbagai satelit pada bagian yang sama di angkasa) dan menyalurkan ke penerima (receiver) di rumah pelanggan. Channel intenasional biasanya mempunyai pusat pendistribusian yang memancarkan programnya ke satelit geosynchronous.  Penerima (receiver) memproses sinyal dan menyalurkannya ke TV. Kebanyakan channel internasional juga disediakan untuk TV kabel.com . Pusat penyiaran menggunakan parabola satelit besar untuk membawa sinyal analog dan digital dari beberapa sumber.  Satelit menerima sinyal dari stasiun penyiaran dan menyiarkan ulang ke permukaan bumi.

jadi penyedia harus mendapatkan siaran dari stasiun lokal dengan cara lain. saluran terdiri dari kuantitas data yang besar. Ini adalah perbedaan antara TV satelit dan TV kabel:  Keuntungan TV kabel. 7 | komputerBLOG. Dengan kata lain.Kebanyakan stasiun lokal tidak memancarkan program mereka ke satelit.  Keuntungan TV satelit. TV kabel menghasilkan suara dan gambar yang berkualitas dengan tambahan channel dari lebih dari satu TV di rumah kamu dengan mudah. TV kabel mempunyai batasan akses di daerah pedalaman.com . Layanan ini tersedia  di area pedalaman dan perkotaan. tanpa memperkecil saluran digital. lalu memancarkannya ke pusat penyiaran. Kelemahan TV kabel. Jadi. keadaan tersebut akan memperkecil fasilitas dan menimbulkan beberapa kerusakan alat komunikasi. sekitar 270 megabits per second (Mbps) untuk setiap channel. tidak hanya masalah channel apa yang mau disaksikan. Pada poin ini. Jika penyedia menyediakan program lokal di area khusus. hal tersebut menjadi terlalu besar untuk ditangani oleh satelit. Kabel: Pesaing Terbesar Satelit Dengan munculnya teknologi yang berbeda di setiap pelayanan TV menjadi keputusan yang sulit bagi penikmat TV. Pusat penyiaran merubah semua program menjadi program berkualitas tinggi. TV satelit menyediakan akses digital dan program yang berkualitas. TV satelit menawarkan film dengan suara dan gambar yang berkualitas dengan ratusan channel. peralatan menerima sinyal lokal langsung dari kabel serat optik atau antena.

Dengan Mpeg-2. dahulu menggunakan MPEG-2 yang masih digunakan untuk film di DVD dan untuk Digital Cable Television (DTV). DirectTV dan DISH Network. Sinyal TV Satelit Sinyal satelit mempunyai garis sinyal yang cukup panjang untuk memancar sebelum ditampilkan di layar TV dalam bentuk acara TV favoritmu. penyedia layanan dapat memancarkan lebih banyak channel secara signifikan. DirecTV dan DISH Network menggunakan pengompresan MPEG-4.com . Akan tetapi. Pengompresan berarti informasi yang tidak diperlukan atau pengulangan informasi dihapus dari sinyal sebelum dipancarkan. TV satelit berpengaruh terhadap cuaca. mahal dalam pembelian alat (biasanya tidak dapat disewa). masing-masing mempunyai tujuan yang berbeda. MPEG-4 sebenarnya didisain untuk video di media layar kecil seperti komputer. Standar Pengompresan TV satelit menggunakan tipe khusus dari file video yang distandardisasi oleh Moving Picture Experts Group (MPEG). penyedia TV dapat mengurangi 270 Mbps menjadi sekitar 5 atau 10 Mbps (tergantung tipe program). penyedia layanan TV satelit utama di Amerika Serikat. MPEG-4 dapat mengcodekan data lebih efisien dan meyediakan bandwidth yang lebih lebar dibandingkan dengan 8 | komputerBLOG. bersiaplah untuk mengelurkan biaya ekstra. Ada lima macam standar MPEG. Jika ingin mengakses TV satelit di banyak ruangan. Sinyal direkonstruksi setelah dipancarkan. Selain itu. Sekarang. Kelemahan TV satelit. pengompresan harus tetap dilakukan. Karena sinyal satelit berisi data digital berkualitas tinggi yang maka dapat dipancarkan tanpa pengompresan. Dengan pengompresan MPEG.

seperti saat kamu melihat acara bincang-bincang atau berita. Standar ini yang menginterpretasikan file digital yang disediakan untuk pengguna perorangan. MPEG-2 menggompres file untuk dipancarkan menjadi video yang berkualitas. televisi.MPEG-2. dan PDA (Personal Digital Assistants). telepon seluler. dan perangkat video. seperti pertandingan bola basket. MPEG-4: standar untuk menggompres video yang berkualitas dan bergambar detail ke file dengan skala yang lebih kecil untuk diputar di komputer.com . dibandingkan dengan gambar bergerak dinamis. Standar MPEG Semua standar MPEG ada untuk meningkatkan kerja sama antar sistem di komputer kamu.  MPEG-21: digunakan sebagai Multimedia Framework. Pengkodean dan Algoritma TV Satelit Di pusat penyiaran. MPEG-2 lebih baik untuk menganalisa gambar statik. Inilah mengapa TV satelit menggunakan pengompres MPEG-4 yang menghasilkan gambar detail dalam keadaan bergerak cepat yang objeknya secara terus-menerus dan berpindah tempat. MPEG-2: standar untuk TV digital. MPEG-4 dapat menghasilkan gambar yang lebih baik pada gambar yang bergerak dinamis melalui pengompresan ruang dan tempo (waktu). MPEG-2 masih digunakan untuk pengompresan TV digital yang resmi. video digital yang berkualitas tinggi dikirim melalui pengodean MPEG yang mengubah program ke video MPEG-4 9 | komputerBLOG. Standar MPEG terdiri dari:    MPEG-1: standar pertama untuk mengodekan dan membaca kode untuk file video dan suara.

Proses ini kadang-kadang menimbulkan masalah teknis dalam gambar video. yang berisikan gambar data yang lengkap dari frame. Pengkodean bekerja di saluran penghubung dengan pengompresan untuk menganalisa setiap frame video dan mengurai kelebihan data atau data yang tidak relevan dan mengekstrapolasi informasi dari frame lain. Setiap frame dapat dikodekan dengan tiga cara. Salah satu masalah tersebut adalah macroblocking. Pixel-pixel tersebut terlalu kecil untuk dilihat mata manusia secara terpisah. Pemprediksi frame hanya terdiri dari data yang menjelaskan bagaimana gambar dapat berubah dari frame sebelumnya. Masalah macrobloking sering disebut pixilating. Kadar pengompresan tergantung dari jenis program. yang membuat gambar rusak.berukuran tepat dan diformat untuk diterima receiver satelit di rumah kamu. Penggunaan data dari frame sekitar yang terdekat. Jika enkoder merubah siaran berita.com . receiver menambahkan posisi dan warna pada setiap pixel. yaitu:   Sebagai intraframe. dekoder dapat menggunakan frame yang terprediksi lebih banyak karena kebanyakan adegan tetap sama dari frame ke frame. Di layar TV terdapat pixel-pixel. Proses ini mengurangi ukuran file secara keseluruhan.  Sebagai bidirectional frame. Metode ini melengkapi pengompresan yang terkecil. yang hanya berisikan informasi yang cukup untuk memberitahu penerima satelit bagaimana untuk menggambarkan frame berdasarkan penggambaran intraframe yang paling terbaru atau memprediksi frame. enkoder harus membuat lebih banyak intraframe. siaran berita pada umumnya dikompres ke ukuran yan lebih kecil daripada program seperti balap mobil. yang menggambarkan informasi dari intraframe sekitar atau memprediksi frame. Dalam program yang adegannya cepat dari frame ke frame. Pixel merupakan 10 | komputerBLOG. Sebagai prediksi frame. Hasilnya.

Parabola yang standar terdiri dari permukaan parabolik (berbentuk setengah bola) dan pusatnya yang berbentuk seperti tanduk (feed horn). Parabola Saat sinyal terjangkau ke rumah pelanggan. menguatkannya. pemancar pusat memancarkan langsung sinyal tersebut ke satelit. Parabola hanya merupakan peralatan spesial dari antena yang didisain untuk memfokuskan secara spesifik sumber penyiaran. dimana pelanggan dapat menangkap sinyal tersebut. Pengalgoritma dan Pemancar Setelah video di kompres. pengontrol mengirim sinyal melalui pusat parabola dan memfokuskannya menjadi sinar. 11 | komputerBLOG. Untuk memancarkan sinyal. dan mengirim sinyal tersebut kembali ke bumi.data video berbentuk kotak kecil yang mempertajam gambar yang dilihat. Pengalgoritma membuat data digital teracak dan hanya dapat dikembalikan jika diterima oleh receive yang mempunyai kode keamanan. Satelit menangkap sinyal. Masalah macrobloking menyebabkan pixel-pixel tersebut rusak. sinyal tersebut ditangkap oleh parabola. Saat sinyal dikompres dan dialgoritma.com . penyedia layanan TV satelit membuat algoritma dari video tersebut untuk mencegah orang yang tidak dikehendaki mengakses channel TV secara gratis.

Dalam susunan yang ideal. titik tersebut berapa di pusat parabola yang melewati sinyal ke dalam peralatan penerima. Saat sinar mengenai permukaan parabolik parabola. Dalam kasus ini. Cara kerja parabola satelit tepat berlawanan dengan pemancar. tidak terdapat berbagai hambatan antara satelit dan parabola.com . Dibeberapa sistem.Parabola satelit hanya berfungsi sebagai penerima. Satelit-satelit dapat cukup dekat bersama bagi parabola biasa dengan sebuah pusat berbentuk tantuk untuk menangkap sinyal dari kedua satelit tersebut. permukaan tersebut memantulkan sinyal radio ke dalam titik tertentu. tidak dapat memancarkan informasi. parabola perlu untuk menangkap sinyal dari dua atau lebih satelit pada waktu bersamaan. jadi parabola menerima sinyal yang bersih. Parabola baru didisain menggunakan dua atau lebih pusat yang berbentuk 12 | komputerBLOG. seperti cermin cekung yang menfokuskan cahaya kedalam titik tertentu. Hal tersebut menjanjikan sedikit kualitas karena parabola tidak dapat mengarahkan secara langsung satu atau lebih dari satelit.

Di Amerika Serikat. Beberapa setup parabola dan receiver dapat juga menghasilkan sinyal HDTV. Penerima (Receiver) Satelit Komponen yang terakhir dalam keseluruhan sistem satelit adalah receiver. Elemen pusat di pusat parabola yang berbentuk tanduk adalah low noise blockdown converter (LND). receiver memerlukan chip dekoder yang sesuai untuk paket program. Receiver mempunyai empat tugas yang penting:  Membalikkan pengkodean sinyal.tanduk untuk menangkap sinyal dari satelit yang berbeda. Saat receiver hanya mengeluarkan satu sinyal. pelanggan tidak dapat memutar satu program dan menonton 13 | komputerBLOG.com . Sebagai sinar dari berbagai satelit mengenai permukaan parabolik. receiver mengubah sinyal digital ke format analog National Television Systems Committee (NTSC). menyaring sinyal ke receiver satelit didalam rumah pelanggan.  Membuat sinyal digital MPEG-2 atau MPEG-4 dan mengubahnya ke format analog sebagai standar TV yang dapat dikenali. sebuah sinar mengenai satu pusat yang berbentuk tanduk dan sinar yang lain mengenai pusat yang berbeda. LND memperkuat sinyal radio memantul ke parabola dan menyaring gangguan (sinyal radio tidak membawa program). Penyedia TV kabel dapat berhubungan dengan chip tersebut via sinyal satelit untuk membuat penyesuaian yang tepat untuk membuka kode program. Penyedia layanan TV satelit terkadang dapat mengirim sinyal yang mencegah pembukaan kode secara ilegal dengan Electronic Counter Measure (ECM). Jadi.  Mengekstrak channel-channel secara individual dari sinyal satelit yang lebih besar. Agar membuka pengkodean. sinar memantul ke sudut yang berbeda. LNB menewati penguat.

Pelanggan juga tidak dapat menonton lebih dari dua program untuk dua TV dengan menggunakan receiver yang sama.com .com/satellite-tv.html http://www.org/wiki/Cable_television 14 | komputerBLOG.yang lain.indovision. TV kabel yang juga telah meningkatkan kualitas gambar dan tambahan pilihan channel menjadi saingan untuk penyedia layanan TV satelit. Persaingan kuat antara teknologi TV satelit dan kabel yang menawarkan berbagai layanan tambahan misalnya untuk menambah kemewahan di rumah. Referensi: 1. 4. TV satelit dan kabel menyediakan layanan TV dengan internet dan telepon. Receiver mempunyai berbagai fitur.howstuffworks. Receiver dapat menangkap sinyal untuk jadwal program dari penyedia layanan dan menyediakan informasi ini di layar TV sebagai panduan program.htm http://www. http://electronics. Banyak receiver mempunyai tua opsi pengawasan digital video orang records (parental yang control) dan beberapa telah terdapat (DVRs) memungkinkan pelanggan menghentikan siaran langsung atau merekamnya dengan hard drive.id/pojok-media/siaran-pers/telkom-akanlebih-serius-kembangkan-tv-satelit-komersial.co.telkom. 2.php?mod=AU0002&PHPSESSID=b89 32662181c5c70ae95944dbb9c84c1 http://en.tv/index. 3.wikipedia.

Jakarta.5.com . jurusan teknik elektro. lahir di Jakarta pada tahun 1989. organisasi. Lulusan dari SMAN 14. dan sastra diperdalam semenjak SMA. Pengajar privat adalah pekerjaan di luar kesibukannya sebagai mahasiswa. 15 | komputerBLOG. program studi telekomunikasi.com/2007/09/19/tv-berlangganankabel-atau-satelit/ Romy Romanza. Pendidikan dilanjutkan di Politeknik Negeri Jakarta.wordpress. Kecintaan akan dunia teknologi. http://indrariawan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful