BIOLOGI UMUM

Untuk Rumpun Kesehatan & Rumpun Sains dan Teknologi

BAHAN AJAR

DIKTAT 4 EVOLUSI

Modul Universitas Indonesia
1

DAFTAR POKOK BAHASAN

4.1. Evolusi makhluk hidup 4.1.1 Penemuan fosil 4.1.2 Keragaman struktural dan fungsi dari yang sederhana hingga kompleks (homologi, analogi, komparatif) 4.1.3 Teori evolusi

4.1. Evolusi makhluk hidup

4.1.1. Penemuan fosil Penemuan fosil diawali dengan pembuktian para ahli evolusi dalam kaitannya dengan pembentukan bumi seperti tampak pada gambar 4.1. Gambar tersebut menjelaksan bahwa bumi terbentuk sekitar 4,56 milyar tahun yang lalu, diikuti penemuan kristal Zn yang tertua Selanjutnya fosil berumur 3,5 milyar tahun yang lalu dan penemuan sel eukaryot terjadi pada sebelum 1,5 milyar tahun yang lalu, baru kemudian binatang bercangkang pertama kali ditemukan sebelum 0.5 milyar tahun lalu.Setelah itu Dinosaurus pertama kali terbentuk kemudian manusia terjadi ratusan juta tahun yang lalu.

2

Gambar 4.1. Waktu pembentukan bumi disertai penemuan mineral serta beberapa fosil pada milyaran tahun yang lalu.

Berdasarkan penemuan fosil dan umur bumi secara penanggalan radioaktiv tampak bahwa di bumi terdapat 3 masa/era jutaan tahun lalu yang berkaitan dengan pembentukan makhluk hidup di zaman dahulu. Tiga 3 era tersebut dikelompokkan ke dalam 5 periode dengan 6 sub periode. Setiap periode dapat termasuk dalam dua era tertentu, sementara ada salah satu periode yang hanya memiliki satu sub periode, satu periode lainnya memiliki dua sub periode. Gambar 4.1. tampak masa pembentukan bumi milyaran tahun yang lalu beserta beberapa contoh fauna purba yang telah ada. a.Era Palaezoicum: Pada era Palaezoicum yakni periode Ordovician sekitar 500 juta tahun lalu, antara lain telah terbentuk alga laut banyak; kolonisasi tanah dengan adanya fungi; tumbuhan dan hewan . Pada periode Devonian terjadi pembentukan ikan bertulang belakang; tetrapoda dan serangga. b.Era Mesozoicum:Pada era tersebut terdapat beberapa periode diantaranya periode Creteaceous; Jurassic dan Triasic. Pada era tersebut telah terjadi beberapa hewan seperti Reptilia, serangga yang juga terjadi pada masa kini, sementara tumbuhan seperti Gymnospermae; Angiospermae

3

c.Era Cenozoicum: Era Cenozoicum berumur sekitar 65,5 juta tahun yang lalu, pada era tersebut sudah dijumpai adanya, burung pada periode Paleocene, manusia purba pada periode Pliocene, nenek moyang Primata pada masa Oligocene; sementara tumbuhan Angiospermae semakin banyak ditemukan pada periode Eucene.

Gambar 4.1. Sejarah pembentukan bumi

4.1.2. Keragaman struktural dan fungisonal makhluk hidup dari yang sederhana sampai dengan yang komoleks (homologi; analogi dan komparatif) Homologi adalah suatu bagian dari tubuh makhluk hidup yang mempunyai asal usul yang sama Lengan dari beberapa hewan tersebut berasal dari lengan
4

amphibi purba.Di bawah ini tampak beberapa contoh homologi lengan dan tangan jari-jari tangan beberapa hewan seperti manusia; kucing, ikan paus dan kelelawar (gambar 1.6). Lengan manusia untuk makan, menulis, memetik gitar sementara lengan pada kucing untuk berjalan dan berlari serta menangkap mangsa, lengan kelelawar untuk menggantungkan badannya pada malam hari dan lengan ikan paus untuk yang dikenal dengan sirip untuk berenang. homologi pada burung (gambar 1.7): homologi paruh burung ada yang berguna untuk mematuk kayu; membawa biji ; membawa mangsa; memangsa ikan . homologi pada perkembangan embrio pada ikan/Pisces; katak (Amphibia); ayam/Aves; serta kelinci/Mammalia. Homologi perkembangan embrio yang diawali dengan stadium gastrula, morula berasal dari satu sel zygote hasil reproduksi seksual pada hewan (gambar 1.8.).

Gambar 4.3. Homologi lengan pada beberapa hewan

5

Gambar 4.4.homologi paruh pada beberapa jenis burung Analogi adalah suatu kondisi pada makhluk hidup yang memiliki kemiripan dalam fungsi. Gambar di bawah ini tampak alat gerak pada ikan berupa sirip, sementara alat gerak pada reptilia purba nenek moyang cicak berupa telapak kaki dengan alat merayap.

Gambar 4.5.Analogi alat gerak dan hinggap pada ikan dan cicak.

6

Analogi bagian tubuh makhluk hidup mempunyai fungsi yang sama. Gambar 1.15 tampak bahwa sirip ikan digunkan untuk berenang sementara telapak kaki cicak untuk menempel pada dinding. Contoh lain seperti sayap burung analog dengan sayap kelelawar. Komparatif adalah perbandingan dalam struktural dan fungsional antara organ atau suatu system organ satu makhluk hidup dengan organ makhluk hidup lainnya . Contoh jantung vertebrata {jantung amphibi tidak sama dengan jantung reptile(tidak termasuk buaya) serta jantung mamalia}. Jantung amphibia memiliki tiga ruang terdiri atas 2 ventrikel dan satu atrium, sementara jantung pada reptil sudah memiliki 3 ruang dengan spetum partial membagi satu ventrikel. Sementara jantung pada buaya septum tersebut telah berfungsi sempurna, sehingga jantung buaya memiliki 4 ruang seperti juga jantung pada mamalia.

DAFTAR PUSTAKA

Campbell, N.A. & J.B.Reece.2002. Biology. 6th ed. Pearson Education, Inc., San Fransisco. Brum, G. L. Mc Kane & G.Karp. 1994. Biology: Exploring life. 2nd ed. John Wiley & Sons, New York Johnson,G.B. 1995. The living world. Wm.C.Brown Publisher, Dubuque. Starr, C.& R.Taggart. 1998. Biology: The Unity and diversity of life. 8th ed. Wardsworth Publishing Company, Belmont.

7

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful