KOLOID

Koloid adalah campuran yang ukuran partikelnya antara homogeny dengan heterogen. Contoh dari koloid ini adalah: larutan susu, larutan sabun, agar-agar, kabut, embun, batu apung, santan, tinta, cat, keju, dan lain lain. Istilah yang terdapat pada koloid, diantaranya: 1. Disversi / Terlarut Adalah komponen campuran yang jumlahnya relatif sedikit. 2. Medium Pendisversi/ Pelarut Adalah komponen campuran yang jumlahnya relatif banyak Macam-Macam disversi: 1. Disversi kasar/ Suspensi Adalah campuran heterogen yang ukuran partikelnya besar dari 100 nm (nanometer) atau besar dari 10 cm. Contoh : Lumpur Campuran tanah Campuran pasir,garam,gula,dan air

2. Disversi halus / Koloid

Contoh : Larutan susu Larutan sabun Kabut Embun Batu apung Sabun Agar-agar 3. Disversi molekuler / larutan sejati Adalah larutan yang ukuran partikelnya kecil dari 1 nm atau kecil dari 10 cm.Adalah campuran antara homogeny dengan heterogen yang ukuran partikelnya antara 1-100 nm atau antara 10 .10 cm. Contoh : Sirup Larutan gula Udara yang bersih .

.

Contoh koloid positif : . begitu juga sebaliknya. Contoh : Sorot lampur proyektor dalam ruangan berasap Berkas cahaya matahari di sela dedaunan pohon kayu Sorot lampu mobil pada udara yang berkabut Larutan susu yang diberi cahaya lampu baterai 2. Efek Tyndal Adalah efek penghamburan berkas sinar oleh partikel koloid.Sifat-Sifat Koloid 1. sehingga jalannya sinar jelas terlihat. Sifat istimewa dari gerak Brown ini adalah : gerakan ini tidak dipengaruhi oleh gaya gravitasi. 3. Muatan koloid Koloid dapat bermuatan + (Kation) dan dapat juga bermuatan (Anion) Bila koloid menyerap muatan positif maka akan terjadi koloid positif. Gerakan ini disebabkan oleh tumbukan partikel koloid dengan medium partikelnya. Gerak Brown Adalah pergerakan partikel koloid yang merupakan garis lurus tapi patah-patah/ gerak zig-zag/gerak acak.

Koloid pelindung terdapat pada cat.1. . 7. Elektroforesis Adalah pergerakan partikel koloid dalam medan listrik. 5. AlCl + H 0 -) Al(OH) + HCl Contoh Koloid negative : As S 4. 6.tinta.cat yang dibiarkan. Koagulasi/Penggumpalan Adalah sifat partikel koloid yang dapat menggumpal seperti kuning telur yang dipanaskan. pembentukan delta di dasar sungai yang bermuara ke laut. Sol / koloid liofil Adalah partikel koloid yang dapat menarik medium pelarutnya/suka pelarut. Contoh : Agar-agar Lem Bila pelarutnya adalah air. FeCl + H O -) Fe(OH) + HCl 2.dan lain lain. tinta yang dibiarkan dalam waktu lama. dinamakan sol hidrofil. Koloid Pelindung Adalah koloid yang dapat melindungi supaya jangan terjadi penggumpalan seperti bahan kue gelatin untuk melindungi supaya eskrim tidak membeku.

Wujud Koloid dapat berwujud setengah padat/setengah cair (kenyal) contoh : selai . Contoh : koloid AgCl 9. Sol / koloid liofob Adalah partikel koloid yang tidak suka pelarut. Kestabilan koloid adalah koloid yang lambat memisah 10.8. dinamakan sol hidrofob. Bila pelarutnya air.

FOTO-FOTO : SUSU AIR SABUN HAHAHAH .

AGAR-AGAR KABUT .

EMBUN .

htm .tripod.com/2008/03/16/27/ http://sistemkoloid.com/sifat.wordpress.BATU APUNG SANTAN TAMBAH2 JUGA DARI LINK INI GA : http://verliany.

http://nabilahfairest.multiply.com/journal/item/38/koloid .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful