Penyebab Gizi Buruk http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?

newsid1213674765,42930, Selasa, 17 Juni, 2008 oleh: siswono Penyebab Gizi Buruk Gizi.net - Ketua I Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Prof Sri Rezeki Hadinegoro mengatakan, ada tiga faktor penyebab anak menderita gizi buruk khususnya balita. Yakni, faktor keluarga miskin, faktor ketidaktahuan orang tua atas pemberian gizi yang baik bagi anak, dan faktor penyakit bawaan pada anak, seperti jantung, TBC, HIV/AIDS, saluran pernapasan dan diare. IDAI berencana menyelenggarakan 'Kongres Nasional Ilmu Kesehatan Anak (KONIKA) XIV' di Surabaya 5-9 Juli 2008 dan '4th Asian Congress of Pediatric Infectius Diseases' (ACPID), di Surabaya 2-5 Juli 2008. Menurutnya, ketiga faktor penyebab gizi buruk harus diatasi oleh pemerintah bersama seluruh komponen masyarakat Indonesia. Sri Rezeki mengharapkan pemerintah dapat meniru dari negara tetangga yang berhasil menurunkan jumlah penduduk yang mengidap penyakit infeksi, melalui imunisasi. Seperti, di Thailand untuk penyakit HIV/AIDS dan DBD, Hongkong (flu burung dan penyakit infeksi di rumah sakit).

http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/kedokteran/gizi-buruk GIZI BURUK View clicks Posted February 18th, 2008 by djmanshiro Kedokteran PENDAHULUAN Masalah gizi buruk kini sudah menjadi masalah yang sangat pelik dan pantas untuk di jadikan prioritas oleh pemerintah. Sudah selayaknya pula semua sektor wajib untuk memperhatikan masalah ini. Hal ini dikarenakan sudah begitu banyak jiwa yang terenggut dan lebih ironisnya lagi korban-korban tersebut sebagian besar adalah balita (bawah lima tahun). Masih maukah kita memandang sebelah mata permasalahan ini ? Atau yang kita inginkan memang kehilangan satu generasi penerus bangsa ini ? A. Data-data tentang gizi buruk di INDONESIA dan Sumatera Barat INDONESIA pada tahun 2006 jumlah balita yang menderita gizi buruk adalah 2,3juta jiwa, naik sekitar 500rb jiwa dibanding tahun 2005. NTB merupakan daerah dengan penderita gizi buruk terburuk di Indonesia. Kesulitan terbesar : masalah pangan. Daerah rawan gizi buruk : Gorontalo, Kalimantan Barat, NTB, NTT, NAD, Kalimantan Selatan, Banten.

tampak sangat kurus .rambut kusam.disertai dengan diare kronik dan sembelit ? Kwashiorkor-marasmus Gejalanya merupakan gabungan dari kwashiorkor dan marasmus.wajah membulat dan sembab .tulang terbalut kulit . Umumnya gizi buruk ini di derita olehbalita karena pada usia tersebut terjadi peningkatan energi yang sangat tajam dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi virus / bakteri.cengeng dan rewel .kulit keriput . Gejala klinis gizi buruk ? Kwashiorkor .sering disertai dengan anemia.perut cekung .Sumatera Barat kurang lebih 56 dari 480ribu balita di 19 kabupaten dan kota yang ada di Sumbar manderita gizi buruk. Tercatat sekitar 50 % balita di Asia.anoreksia . pirang dan mudah dicabut .3 %.wajah seperti orang tua . C. Definisi gizi buruk Gizi buruk adalah keadaan dimana asupan zat gizi sangat kurang dari kebutuhan tubuh. Penyebab gizi buruk 1) Penyebab langsung • Penyakit infeksi 2) Penyebab tidak langsung • Kemiskinan keluarga • Tingkat pendidikan dan pengetahuan orang tua yang rendah • Sanitasi lingkungan yang buruk • Pelayanan kesehatan yang kurang memadai D. Sensus WHO menunjukkan bahwa 49 % dari 10.4 juta kematian balita di negara berkembang berkaitan dengan gizi buruk.bercak merah coklat pada kulit . 30 % di Afrika dan 20 % di Amerika Latin menderita gizi buruk. . Penderita gizi buruk di Sumbar masih relative kecil dibanding rata-rata nasional yang mencapai 8 % yakni 0. diare dan infeksi ? Marasmus . Klasifikasi gizi buruk ? Kwashiorkor ? Marasmus ? Kwashiorkor-marasmus E. B.mata sayu .cengeng dan rewel .

Puskesmas serta sarana penunjang lainnya. ? Mengintegrasikan program perbaikan gizi dan ketahanan pangan ke dalam program penanggulangan kemiskinan. seperti : kapsul vit A dan tablet Fe.menimbang berat badan secara teratur . penyediaan air bersih. G. inflasi dan kemiskinan yang disebabkan olehkrisis ekonomi. politik dan keresahan sosial yang mnimpa Indonesia sejak tahun 1997. Program penanggulangan gizi buruk oleh pemerintah ? Revitalisasi Posyandu. . ? Pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi. . tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk peduli dan bertindak nyata di lingkungannya. penyuluhan gizi dan kesehatan. . ? Pelacakan kasus dan penemuan kasus baru. Usaha pencegahan gizi buruk ? Melaksanakan sistem kewaspadaan dini secara intensif.Hanya memberikan ASI sampai umur 6 bulan dan diteruskan dengan pemberiam makanan pendamping ASI (MP-ASI) sampai umur 2 tahun. legislative. pengobatan penyakit. pendidikan dan ketahanan pangan intuk meningkatkan pengetahuan dan daya beli keluarga.makan beranekaragam setiap hari. KESIMPULAN Akar permasalahan gizi buruk ini sebenarnya adalah kemiskinan yang tidak teratasi.Menggunakan garam beryodium. makanan pendamping ASI.F. ? Advokasi untuk meningkatkan komitmen eksekutif. . ? Pemberdayaan KADARZI (Keluarga Sadar Gizi) : .Memberikan suplemen gizi. ? Meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan. ? Meningkatkan pendidikan masyarakat terutama wanita. tingkat pendapatan dan pengetahuan penduduk yang rendah serta kurangnya pemanfaatan SDM terkait seiring dengan meningkatnya pengangguran. ? Memberikan bantuan pangan.

e-smartschool. makin baik pola pengasuhan maka akan makin banyak keluarga yang memanfaatkan pelayanan kesehatan. Penyebab tidak langsung Ada 3 penyebab tidak langsung yang menyebabkan gizi kurang yaitu : Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai. beberapa wilayah Indonesia saat ini. perkembangan dan pemeliharaan aktifitas tubuh kita.asp "Empat Sehat Lima Sempurna" "Dalam tubuh yang sehat. pengetahuan dan ketrampilan. Tanpa asupan gizi yang cukup maka kemungkinan besar kita mudah terkena penyakit. Makin tinggi tingkat pendidikan.Pentingnya Gizi Bagi Tubuh http://www. Setiap keluarga dan mayarakat diharapkan dapat menyediakan waktu. dan bahkan di Jakarta masih banyak anak-anak dan usia balita yang kondisi tubunya sangat memprihatinkan karena kekurangan gizi (gizi buruk). Setiap keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya. Ketiga faktor tersebut berkaitan dengan tingkat pendidikan. Slogan ataupun semboyan tersebut mungkin sering kita dengar.com/PNU/003/PNU0030012. Demikian pula pada anak yang tidak memperoleh cukup makan. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang. UNICEF. salah satu badan organisasi PBB yang khusus bergerak dibidang kesejahteraan anak telah mengembangkan kerangka konsep perbaikan gizi. . Dalam kerangka tersebut ditunjukkan bahwa masalah gizi kurang dapat disebabkan oleh: Penyebab langsung Makanan dan penyakit dapat secara langsung menyebabkan gizi kurang. makin baik tingkat ketahanan pangan keluarga. tetapi juga penyakit. mental dan sosial. dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik baik fisik. pengetahuan dan ketrampilan keluarga. Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai. Anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit. Tapi kenyataannya. maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit. Lalu apa ya kira-kira penyebab gizi buruk tersebut? Beberapa penyebab gizi buruk Pada tahun 1988. Pola pengasuhan anak kurang memadai. pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Mengapa hal itu terjadi? Gizi makanan sangat penting untuk pertumbuhan. misalnya penyakit yang menyerang pencernaan. Sistim pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan. terdapat jiwa yang kuat". perhatian.

gizi. politik dan keresahan sosial yang menimpa Indonesia sejak tahun 1997. Caranya mungkin bisa saja kita aktif dalam lingkungan kita maupun organisasi yang memang berkonsentrasi dalam hal gizi anak dan keluarga. Jika artikel ini belum menjelaskan semua hal tentang "gizi". jangan malas untuk makan. Keadaan tersebut teleh memicu munculnya kasus-kasus gizi buruk akibat kemiskinan dan ketahanan pangan keluarga yang tidak memadai. inflasi dan kemiskinan yang disebabkan oleh krisis ekonomi.net . Gizi yang baik sangat berpengaruh untuk mencetak manusia yang berkualitas baik. mudah-mudahan kita jadi lebih memahami bahwa kekurangan gizi dapat menyebabkan beberapa hal buruk yang tidak kita inginkan. Makanlah makanan yang bergizi tinggi. mari kita sama-sama memperbaiki gizi kita dan membantu memperbaiki gizi teman dan saudara-saudara kita.Pokok masalah di masyarakat Kurangnya pemberdayaan keluarga dan kurangnya pemanfaatan sumber daya masyarakat berkaitan dengan berbagai faktor langsung maupun tidak langsung.gizi. Bagi adik-adik pelajar. Karenanya. teman-teman bisa membacanya secara lengkap di www. Jika harus jajan. belilah makanan yang baik dan bersih. Setelah membaca penjelasan di atas. Akar masalah Kurangnya pemberdayaan wanita dan keluarga serta kurangnya pemanfaatan sumber daya masyarakat terkait dengan meningkatnya pengangguran.net Sumber : http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful