P. 1
ujian mikro

ujian mikro

|Views: 36|Likes:

More info:

Published by: Mutiara Citra Arifin on Aug 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2011

pdf

text

original

Pengelompokkan mikroba

Ada 5 : bakteri,protozoa,virus serta algae dan cendawan mikroskopis ‡Bakteri Bakteri (dari kata Latin bacterium; jamak: bacteria) adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel.[2] Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi.[2] Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya dapat memberikan manfaat dibidang pangan, pengobatan, dan industri.[3] Struktur sel bakteri relatif sederhana: tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas.[4] Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang lebih kompleks.[5]

udara. air. mahluk hidup) Satuan ukuran bakteri adalah mikron (10-3) - - - .CIRI-CIRI UMUM - Tubuh uniseluler (bersel satu) Tidak berklorofil (meskipun begitu ada beberapa jenis bakteri yang memiliki pigmen seperti klorofil sehingga mampu berfotosintesis dan hidupnya autotrof Reproduksi dengan cara membelah diri (dengan pembelahan Amitosis) Habitat: bakteri hidup dimana-mana (tanah.

Sporozoa. Rhizopoda (Sarcodina). 3. adalah protozoa yang tidak memiliki alat gerak . Jika kondisi lingkungan tempat hidupnya tidak menguntungkanmaka protozoa akan membentuk membran tebal dan kuat yang disebut Kista.Habitat hidupnya adalah tempat yang basah atau berair. Ciliata (Ciliophora). alat gerak berupa silia (rambut getar) 4. alat geraknya berupa pseudopoda (kaki semu) ‡ Amoeba proteus memiliki dua jenis vakuola yaitu vakuola makanan dan vakuola kontraktil. Ilmuwan yang pertama kali mempelajariprotozoa adalah Anthony van Leeuwenhoek. ‡PROTOZOA DIBAGI MENJADI 4 KELAS Þ BERDASAR ALAT GERAK 1. lagellata (Mastigophora). 2.‡PROTOZOA Merupakan filum hewan bersel satu yang dapat melakukan reproduksi seksual (generatif) maupun aseksual (vegetatif). alat geraknya berupa nagel (bulu cambuk).

me seperti hewan) adalah protozoa yg hidup dari fitopla. Contoh: zooplankton (organis. yg akhirnya merupa.Manfaat Protozoa: Merupakan mt rantai dl rantai makanan utk komunitas dlm lingkungan akuatik.kan makanan bg organisme laut yg lebih besar .nton (organisme seperti tumbuhan).

sbg tanaman pangan ‡ Prototheca : sifat patogen. C dan K. ‡ Porphyra. lada cengkeh. jeruk dll. menyerang daun the. sebabkan infeksi sistemik . : ganggang merah. Ganggang banyak diguna kan sbg pupuk ‡ Banyak algae mensintesis vit A dan D. ‡ Gymnodinium dan Gonyaulax: sebabkan kematian pd hewan akuatik karena neurotoxin (racun syaraf) 5 . bila disari dari ikan jadi sumber vitamin yg berguna bagi manusia. dpt menyerang manusia. B1. algae renik bagian dari fitoplankton (flora larut yg tersuspensi). guna sbg sumber makanan bagi organisme lain.Sedang gang gang hijau mgd Vit. dlm jumlah cukup besar. algae dimakan ikan disimpan dlm organ ikan. kopi.ALGAE (GANGGANG) ‡ Morfologi : ‡ Ukuran : dari mikrometer s/d bermeter-meter ‡ Makna: kebanyakan hidup di air. subkutan dan bursitis: peradangan pada sendi ‡ Cephaleuros.

dapat dimakan. hasil kan Karagen dan Agar. mematikan hewan akuatik lain. suatu jenis ganggang merah.dan melumpuhkan manusia bila termakan 6 . kopi. ‡ Genus Gymnodinium dan Gonyaulax . ‡ Ada beberapa yang bersifat patogen : Prototheca. sebabkan in feksi sistemik dan subkutan. juga bursitis peradangan pd per sendian. penyakit pd daun the. Infeksi pd tumbuhan tinggi : ganggang hijau Cephaleuros. jeruk dll. hasilkan neurotoksin.Manfaat dan Bahaya Algae ‡ Beberapa jenis algae (ganggang) sbg bahan makanan : Jenis Porphyra. lada. ‡ Racun algae terkumpul dlm kelenjar pencernaan (sifon) pada molusca bivalva yg makan dg filter dan akibatkan keracunan kerang-kerangan. cengkeh. ‡ Ada yg hasilkan toksin letalis (mematikan): untuk ikan dan hewan lain.

‡ Virus mempunyai informasi genetis utk berreproduksi dan utk mengambil alih sistem pembangkit energi dan pembuat protein sel inangnya. 7 7 .luler obligat. dan mikroba lain. Reproduksi: pd sel hewan. tanaman.Virus ‡ Virus : mikroorganisme yg sangat kecil. ‡ Mengapa virus bergantung pd sel inang utk reproduksi? ‡ Terutama karena tidak mempunyai perlengkapan metabolik sendiri. Ini berada pd gen virus. hingga hanya dapat dilihat pd perbesaran yang disediakan oleh mikroskop elektron ‡ Dapat lolos lewat saringan bakteri. tidak mampu membangkitkan energi atau mensintesis protein. Karena itu disebut: parasit intrasel.

‡ Virus bakterial atau bakterifage : merupakan contoh dlm penelaahan virologi dan biologi molekuler. dapat berpindah dari sel iang satu ke yang lainnya .‡ Patogenitas : Selama berkembang biak dl sel inang virus dapat menyebabkan sakit (penyakit kronis yg berbeda-beda). Gambar : Virus Chlamydomonas Prototheca Oogamy 8 8 . bahan genetik virus : DNA atau RNA tetapi tidak ke dua-duanya.

penisilin. ‡ Yang bermanfaat: dlm fermentasi industri. 9 .Fungi ‡ Fungi (Cendawan) : organisme heterotrofik. makanan dan bahan lain. memerlukan senyawa organik untuk nutrisinya. Parasit : menyerang inang yg hidup lalu tumbuh di dalamnya. tekstil. ‡ Fungi yg hidup dr benda organik mati yg terlarut disebut : Saprofit.000 fungi bersifat patogen pd manusia. yg kemudian dikembalikannya ke dlm tanah dan selanjutnya meningkatkan kesuburan. ‡ 100 diantara 500. ‡ Mereka juga dpt merugikan: dpt membusukkan kayu.. pemasakan keju ‡ Sbg. minuman anggur. diuraikannya mjd zat kimia yg lebih sederhana. menghancurkan sisa tumbuhan/hewan yg kompleks. peragian adonan. produksi antibiotik spt. dlm pembuatan bir.

Sporangium di ujung hifa. Sporangiospora : spora bersel satu terbentuk dlm kantung dis. Zoospora : sporangiospora yg motil. Aplanospora ialah sporangiospora nonmotil. krn ada flagelum. konidiospora at. penguncupan dan pembentukan spora --pembelahan: satu sel membagi diri mjd dua sel anak yg serupa. Konidium: konidium yg kecil dan bersel satu dsbt mikrokonidium.Reproduksi jamur ‡ Ada bbrp cara : ± Aseksual : pembelahan. yg besar berisi banyak sel dsbt.pd penguncupan : satu sel anak tumbuh dr penonjolan kecil pd sel inangnya ± Seksual : dg peleburan nukleus dari dua sel induknya ± Bbrp macam spora aseksual : ‡ 1. Makrokonidium. 10 . pd ujung hifa ‡ 2. --.

sedangkan pembiakan seksual dilakukan dengan cara transformasi. Reproduksi. Misalnya pada bakteri Pneumococci yang menyebabkan Pneumonia dan pada bakteri patogen yang semula tidak kebal antibiotik dapat berubah menjadi kebal antibiotik karena transformasi. Namun. Pada proses transformasi tersebut ADN bebas sel bakteri donor akan mengganti sebagian dari sel bakteri penerima. Hal ini merupakan perbedaan penting antara bakteri (prokariot) dengan sel eukariot.‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Reproduksi Bakteri Bakteri tidak mengalami mitosis dan meiosis. dan Pseudomonas. Neisseria. Haemophillus. Berikut ini beberapa cara pembiakan bakteri dengan cara rekombinasi genetik dan membelah diri. yang terjadi hanya berupa pertukaran materi genetika (rekombinasi genetik). Cara transformasi ini hanya terjadi pada beberapa spesies saja. Proses ini pertama kali ditemukan oleh Frederick Grifith tahun 1982. Bakteri mengadakan pembiakan dengan dua cara. tetapi tidak terjadi melalui kontak langsung. Bacillus. yaitu secara aseksual dan seksual. Transformasi Transformasi adalah perpindahan materi genetik berupa DNA dari sel bakteri yang satu ke sel bakteri yang lain. Pembiakan secara aseksual dilakukan dengan pembelahan. Diguga transformasi ini merupakan cara bakteri menularkan sifatnya ke bakteri lain. dalam proses pembiakan tersebut tidak ada penyatuan inti sel sebagaimana biasanya pada eukarion. a. transduksi . Sebab. . . proses pembiakan cara seksual berbeda dengan eukariota lainnya. Rekombinasi Genetik Adalah pemindahan secara langsung bahan genetic (DNA) di antara dua sel bakteri melalui proses berikut: 1. Contohnya : Streptococcus pnemoniaeu. dan konjugasi.

‡ 2. Proses inilah yang dinamakan Transduksi. di dalam DNA virus sering terbawa sepenggal DNA bakteri yang diinfeksinya. Transduksi ‡ Transduksi adalah pemindahan materi genetik bakteri ke bakteri lain dengan perantaraan virus. kepingan ganda ADN dipisahkan dari sel bakteri donor ke sel bakteri penerima oleh bakteriofage (virus bakteri). Virus dapat menyambungkan materi genetiknya ke DNA bakteri dan membentuk profag. ‡ . Bila virus ± virus baru sudah terbentuk dan akhirnya menyebabkan lisis pada bakteri. Selama transduksi. Cara ini dikemukakan oleh Norton Zinder dan Jashua Lederberg pada tahun 1952. bakteriofage yang nonvirulen (menimbulakan respon lisogen) memindahkan ADN dan bersatu dengan ADN inangnya. Ketika terbentuk virus baru. Virus yang terbentuk memiliki dua macam DNA yang dikenal dengan partikel transduksi (transducing particle).

3. pembelahan biner pada sel bakteri tidak melibatkan serabut spindle dan kromosom. yaitu sebagai berikut: 1. Pembelahan Biner dapat dibagi atas tiga fase. dan adanya organisme pemangsa bakteri. suhu tidak sesuai. Jika pembelahan berlangsung satu jam. Pembelahan Biner Pada pembelahan ini. Ada bakteri yang segera berpisah dan terlepas sama sekali. Pembelahan biner mirip mitosis pada sel eukariot. Fase ketiga.‡ ‡ 3. ada pula bakteri yang tetap bergandengan setelah pembelahan. Konjugasi Konjugasi adalah bergabungnya dua bakteri (+ dan ±) dengan membentuk jembatan untuk pemindahan materi genetik. hasil eksresi yang meracuni bakteri. terpisahnya kedua sel anak yang identik. bakteri demikian merupakan bentuk koloni. Badanya. 2. Sebaliknya. Jika hal ini tidak terjadi. tumbuhnya sekat akan diikuti oleh dinding melintang. sitoplasma terbelah oleh sekat yang tumbuh tegak lurus. terjadi transfer ADN dari sel bakteri donor ke sel bakteri penerima melalui ujung pilus. Fase kedua. Artinya. maka bumi akan dipenuhi bakteri. Pada keadaan normal bakteri dapat mengadakan pembelahan setiap 20 menit sekali. Tetapi pembelahan bakteri mempunyai faktor pembatas misalnya kekurangan makanan. Fase pertama. maka akan dihasilkan delapan anakan sel. ‡ . sifat sel anak yang dihasilkan sama dengan sifat sel induknya. Kemampuan sel donor memindahkan ADN dikontrol oleh faktor pemindahan ( transfer faktor = faktor F ) ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ b. Ujung pilus akan melekat pada sel peneima dan ADN dipindahkan melalui pilus tersebut.

.

kimia Peptigoglikan(mukopeptida) + Daerah sitoplasma: mesosom + mitokondria + kloroplas + alat Golgi + reticulum endoplasma + vakuola + Bhn nukleus terbatasi membran + Reproduksi seksual jarang + 15 .protozoa bakteri) tumbuhan.siano(algae.fungi.Ciri pembeda sel Prokariotik dg Eukariotik ‡ =========================================== ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Ciri: Sel Prokariotik: Sel Eukariotik: (bakteri. hewan) --------------------------------------------------------------------------------------------------Dinding sel (komp.

.

Letak Flagella pada Sel 17 .

yaitu bakteri yang pada satu ujungnya memiliki lebih dari satu flagel.yaitu bakteri yang memiliki flagel pada seluruh permukaan tubuhnya. . yaitu bakteri yang pada kedua ujungnya hanya terdapat satu buah flagel. yaitu bakteri yang memiliki sebuah flagel pada satu ujungnya. 2.‡ Monotrik: * Lopotrik : ‡ * Amfitrik : ‡ * Peritrik : ‡ 1. 4. 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->