Tugas

Oleh:KELOMPOK III
Ketua : Kelly claudya Anggota :Vivi Erfina Santi Shelly Cyntia Dewi KELAS : M-6 AKUNTANSI

untuk menentukan kualifikasi yang harus dimiliki seorang pekerja agar dapat menyelenggarakan tugas secara efesien. dan sebagainya.sifat. Metode pengumpulan harga pokok produk dimana biaya dikumpulkan untuk setiap pesanan atau kontrak atau jasa secara terpisah. Nama Istilah Job analysis (analisis pekerjaan) Definisi Analisis untuk memperoleh pekerjaan yang akan dilakukan. Suatu system dalam perusahaan dimana produksinya didasarkan atas pesanan (order) atau pekerjaan (job) tertentu. dan biaya overhead pabrik. Tanggung jawab pada debitur baik bersama-sama maupun seorang demi seorang atau khusus salah seorang saja untuk menanggung pembayaran seluruh utang. Job cost sheet (kartu pekerjaan) 3. biaya tenaga kerja. 14. Formulir khusus yang dipergunakan untuk mencatat secara kronologis transaksi-transaksi yang terjadi dalam perusahaan menurut nama perkiraan dan jumlah yang harus di debit dan di kredit. tanggung jawab. dan system kepangkatan. 1. 4.waktu. Perincian tugas yang akan dilaksanakan dalam suatu pekerjaan. Asuransi jiwa yang menangung hidup lebih dari seorang tertanggungan secara bersama yang dibayar pada saat meninggalnya salah seorang yang paling dahulu.No. serta pengupahan yang sesuai. 2. dan setiap pesanan atau kontrak dapat dipisahkan identitasnya. Teknik latihan dangan cara mengalirkan pekerjaan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain.Biaya produk bersama ini terdiri dari biaya bahan baku. Joint account (rekening gabungan) Joint and several liability (tanggung renteng ) 13. Suatu rekening yang dipegang atas nama dua orang atau lebih. dan nilai nisbinya sehingga diperoleh tenaga yang tepat. Analisis sistematika berbagai ukuran untuk mengelompokkan berbagai pekerjaan. Job order costing (kalkulasi harga pokok pesanan) 7. 12. Suatu metode kalkulasi harga pokok dimana catatan-catatan individual disusun untuk setiap pekerjaan atau pesanan yang diproduksi didalam pabrik. Job order cost method (metode harga pokok pesanan) 6. Obligasi yang diterbitkan oleh lebih dari satu perusahaan dan menjadi hutang bersama. Produk yang dihasilkan secara serentak melalui proses atau serangkaian proses bersama. 9. Job de scription (uraian pekerjaan) Job evaluation (penilaian pekerjaan ) 5. Joint bond (obligasi bersama) Joint live insurance (asuransi jiwa bersama) 15. 8. Joint product (produk gabungan) Journal (buku harian) . Pengendalian bersama oleh para venturer atas suatu kegiatan usaha yang berdasarkan pada perjanjian kontrak Biaya yang dikeluarkan sejak saat mula-mula bahan baku diolah sampai dengan saat berbagai macam produk dapat dipisahkan identitasnya. 16. Job order system (system produksi pesanan) Job rotation (rotasi pekerjaan) Job control (pengendalian bersama) Job product cost (biaya produksi bersama) 11. 10. Kartu (perkiraan) yang digunakan untuk mengumpulkan biaya pabrik yang berhubungan dengan pesanan atau pekerjaan tertentu.

Journal sheet . Key task (tugas pokok) 26. sebagai petunjuk dari mana suatu jumlah dipostingkan kedalam rekening dimaksud. 29. Pembelian barang dengan pembayaran secara angsuran dan pembeli langsung menjadi pemilik barang itu. Suatu unsur penting yang menyangkut urusan kerja atau aktivitas lainnya. Nomor urut yang tertera dalam lembar-lembar halaman buku jurnal. Keystone pricing (penentuan harga dasar) 27.untuk mengerjakan pada kartu pons Seorang juru tik yang ditugaskan menyiapkan data dan mengerjakan kartu pons untuk pengelolahan lebih lanjut dalam spde. dan sinkronisasi Dat mengenai fakta.17. 34. dengan lajur tertentu. keamanan kerja. integrasi. Faktor produksi berupa tenaga dan kegiatan manusia yang ikut dalam proses produksi atas dasar upah. Penentuan harga minimal dengan tujuan agar harga sebenarnya lebih tinggi daripada harga jual. dan gejala pemasaran. 20. opini. 33. Satuan dasar dari uang Laos. Pencatatan transaksi kedalam jurnal. Killing (laba istimewa) Kip(kip) Kis(kis) Kitting information (informasi pemasaran) 31. Sejenis formulir pembukuan. serta keadaad persaingan yang diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran. 30. untuk pencatatan seluruh transaksi dalam satu hari. Key punch (mesin pons) Key punch operator (juru pons komputer) 25. Tindakan penarikan suatu cek dari suatu bank (A) yang kemudian disetorkan pada bank lain (B) tanpa di ikuti pencatatan atas jumlah cek tersebut sebagai pengurangan terhadap saldo rekening bank (A) pada tanggal penarikan atau pada tanggal tranfernya. Journal entry (ayat jurnal) Journal page number (nomor halaman jurnal) Penyajian suatu transaksi ke dalam nama perkiraan dan jumlah yang harus di debit dan di kredit. Key factor (factor pokok/kunci) 23. yang sekaligus berfungsi sebagai referensi posting. Mesin tik elektronik yang dipergunakan dalam spde. 19. Singkatan dari koordinas. 21. Perjanjian antara pengusaha dengan pekerja mengenai syarat kerja seperti gaji. 18. karena hal tersebut membawa pengaruh besar. Penentuan harga berdasarkan kebijaksanaan pimpinan perusahaan tidak berdasarkan atas kekuataanpenawaran dan permintaan. proof (jurnal) Journalizing (penjualan) Judgement pricing (penentuan harga berdasarkan pendapat pimpinan) 22. maka dengan cepat dan tepat mencapai sasaran.sehingga pembeli merasa harganya murah.sehingga dapat mengubah hasil tersebut secara keseluruhan. Suatu keuntungan luar biasa yang diperoleh dari spekulasi efek atau komoditi. 24. Suatu bidang pekerjaan yagn mempunyai pengaruh besar atas hasil ekonomis dari suatu perusahaan/bank. Koop op afbetaling (beli cicil) Labour (tenaga kerja) Labour agreement (perjanjian kerja) . Nomor halaman jurnal ini dicatat pada kolom folio reference(F) yang terdapat pada setiap rekening buku besar. dan jaminan social. 18. faktor berpengaruh yang dikuasai dan yang tidak dikuasai. Kitting (kecurangan melalui transaksi bank) 32.

Doktrin yang mengajarkan bahwa. Usaha pekerja. misalnya upah. 41. Labour theory of value (teori nilai kerja) 47. 40. Labour intensive (padat karya) 39. Semua orang yang telah mencapai umur tertentu. Hak guna bangunan yang diberikan kepada perusahaan atas tanah yang dimiliki. Penarikan tenaga kerja dari majikan lain dengan memberikan upah yang lebih tinggi atau lingkungan tenaga kerja yang lebih baik. yang dijahit menjadi satu dengan sampul.seperti kerajinan tangan. Labour movement (gerakan pekerja) 43. Pengurangan atau penurunan aktivitas yang dilakukan secara sengaja oleh pekerja secara perorangan atau bersama. Jenis kegiatan ekonomi berupa pemberian jasa-jasa angkutan barang atau orang di darat seperti yang dilakukan oleh perusahaan bus dan taksi. terdiri atas salinan buku tanah dan surat ukur. 37. dalam suatu perusahaan atau dalam suatu perekonomian. Labour cost (biaya tenaga kerja) Labour dispute (perselisihan perburuhan) Labour force (angkatan kerja) Jumlah upah dan gaji yang dibayar kepada para pekerja. Land rent (sewa tanah) 50. Labour privacy (pembajakan tenaga kerja) 44. campur tangan pemerintah dalam bidang perekonomian dibatasi. dengan jalan menunda pembukuan penyetoran nasbah tertentu 38. Laissez faire (lese fer) Land certificate (sertifikat tanah) 49. dan pemberhentian. Peraturan perundangan-undangan menganai hubungan dan persyaratan kerja antara buruh dengan majikan. Sejumlah uang/barang yang dibayarkan kepada pemilik tanah oleh pihak yang menggunakan tanah sebagai balas jasa untuk penggunaan tanah tersebut. pemecatan. Mesin yang melakukan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh tenaga manusia. Peranan tenaga kerja secara nisbi lebih besar dari peranan barang modal atau tanah.dengan pengertian alat produksi lainnya dihitung sebagai tenaga kerja yang menghasilkan. 51. lease hold land (hak atas tanah) Land transport (pengangkutan darat) 52.baik pada tingkat yang sama maupun ke tingkat yang lebih tinggi atau rendah atau ke jenis pekerjaan yang berlainan.penuaian padi. Persengketaan antara buruh dengan majikan mengenai syaratsyarat kerja. Lapping (leping) . cara menutupi kekurangan kas. untuk memperkuat suatu tuntutan. dan pembuatan irigasi. baik sendiri maupun bersama. Interaksi antara penawaran dan permintaan terhadap tenaga kerja Permudahan peralihan kerja. Teori yang menyatakan bahwa nilai suatu barang ditentukan oleh jumlah tenaga kerja yang diperlukan untuk menghasilkannya. Land right . Labour law (hukum perburuhan) Labour market (pasar tenaga kerja) Labour mobility (mobilitas tenaga kerja) 42. Tanda bukti hak atas tanah. baik yang sudah maupun yang sedang mencari pekerjaan. Labour saving machine (mesin penghemat tenaga kerja) Labour slowdown (aksi pengurangan produktivitas) 46. dan mempunyai kesanggupan bekerja.untuk memperoleh suatu kebaikan melalui kekuasaan politik atau kekuataan ekonomi. 36. yang bentuknya ditetapkan sesuai peraturan. 45.35. 48.

Lay day (waktu bongkar muat) Lay out (tata ruang) Lead time (tenggang pesanan barang) Lease (sewa milik) 58.53. Dijit yang terletak paling kanan dalam deretan dijit. 68. 65. Least significant digit (dijit nilai rendah) 63. Memberi kesempatan pendayagunaan dana atau uang untuk keperluan pengembangan atau perluasan berbagai macam sector usaha. Legal of interest (bunga resmi) Legal reserve (cadangan wajib) Legal tender (alat pembayaran sah) Lend (meminjamkan) 70. perseroan terbatas. yang terendah nilainya dalam suatu jumlah. 56. Utang yang dapat diterima pelunasannya melalui tuntutan hukum. misalnya bank. pengusutan. 59. Lease hold mortagage (hipotik dengan Hipotik yang dijamin dengan sewaan gedung atau tanah jaminan sewa) Leasee (penyewa guna usaha) Perusahaan atau perorangan yang menggunakan barang modal dengan pembiayaan dari pihak perusahaan sewa guna usaha(leassor) Setiap kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh perusahaan lain dalam suatu jangka waktu tertentu. Badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara finance lease maupun operating lease untuk digunakan oleh penyewa guna usaha selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran berkala. gedung atau peralatan modal selama jangka waktu tertentu dengan pembayaran sewa berkala. Lender (pemberi pinjaman/kredit) . 57. Kumpulan dari perkiraan-perkiraan yang saling berhubungan dan yang merupakan suatu kesatuan tersendiri. dan asuransi. Jangka waktu antara pesanan dengan tibanyabarang digudang pesanan. termasuk kewajiban pemilik seperti 54.seperti digit 1 dalam jumlah 543. Uang yang karena Undang-undang harus diterima sebagai alat pembayaran. Suatu lembaga atau badan-badan tertentu yang berkudukan sebagai pihak pemberi pinjaman/kredit. Leasing company (perusahaan sewa guna usaha) 62. Jumlah alat likuid terendah yang harus dikuasai oleh bank menurut ketentuan bank sentral.yaitu memegang hak dan penanggung kewajiban. Perjanjian sewa-menyewa mengenai tanah.misalnya negara. Ledger (buku besar) Legal debt (utang sah) Legal entity (badan hukum) 66. dan yayasan. 64. 60. Leasing (penyewaan) 61.yang mengasumsikan bahwa barangbarang yang terakhir dibeli akan dijual atau digunakan lebih dulu.21. 55. Jangka waktu bongkar muat yang diperjanjikan Susunan atau bentuk informasi yang ditetapkan dalam alat data masuk dan alat data keluar. Bunga tertinggi yang ditetapkan dengan peraturan perundangundangan. Badan atau organisasi yang oleh hukum diperlakukan sebagai ornag. pajak. 67. 69. Last in first out = LIFO (masuk pertama keluar pertama) Suatu metode penentuan harga pokok persediaan akhir dan barang-barang yang dijual.

Semua pos pada sisi kredit neraca terdiri dari utang. Pengorbanan ekonomi yang wajib dilakukan oleh perusahaan di masa yang akan datang dalam bentuk penyerahan aktiva atau pemberian jasaa yang disebabkan oleh tindakan atau transaksi pada masa sebelumnya. Lenderof last resort (kreditur akhir) Salah satu fungsi bank sentral untuk memberikan kredit kepada system perbankan karena sumber pembiayaan lain telah tertutup. Leverage analysis (analisis pengungkit) 77. Pembubaran perusahaan dengan penjualan harta perusahaan. Suatu kewajiban yang berupa utang perusahaan atau pasiva perusahaan dengan demikian menjadi hak kreditur terhadap harta kekayaan perusahaan tersebut. 84. Leverage (efek pengunkit) 76. Hukum yang berlaku di tempat perjanjian diadakan. 78. 85. 83.71. Naiknya pengembalian kepada pemegang saham yang lebih besar sebagai akibat pembelanjaan dengan hutang dibandingkan kalau pembelanjaan dilakukan dengan pengeluaran saham Analisis laporan keuangan untuk mengukur sampai seberapajauh perusahaan dibelanjai dengan hutang dan sampai seberapa jauh pembelanjaan tersebut dapat melipat gandakan laba kepada pemegang saham. 74. 73. pendapatan yang diterima lebih dahulu dan ongkos-ongkos yang masih harus dibayar. Limited liability corporation-LLC (perusahaan dengan kewajiban terbatas) 87. 79. dan penulasan utang serta penyelesaian sisa harta atau utang antara pemilik. Liability (kewajiban) 82. di AS diperlakukan sebagai persekutuan untuk kepentingan perpajakan. Asuransi pertanggungan risiko karena bahaya tuntutan ganti rugi pihak ketiga. kemudian si pemilik barang berhak untuk menebus atau membeli kembali barang tersebut pada jangka waktu tertentu. Lex loci (hukum setempat) Lex mercatoria . Liquidation3 (likuidasi) .modal saham atau unsur-unsur semacam itu. Jenis surat perintah pengiriman barang yang berasal dari impotir atau pembeli kepada eksportir atau penjual yang transaksitransaksi pembayarannya dijamin oleh bank. Liquidation2 (likuidasi) 88. Hukum yang mengatur masalah perdagangan. Suatu badan atau perorangan yang disebabkan oleh kewajban atau utangnya. Liabilities (pasiva) 81. diminta untuk melakukan pembayaran Izin dari pemerintah atu badan lain untuk melakukan tindakan tertentu untk menjalankan usaha. Suatu pernyataan dalam rangka menjelang saat-saat pembubaran 72. Liability insurance (asuransi pihak ketiga) Liable (diwajibkan) Licence (lisensi) Lien (gadai) 86. Lending bank (bank pemberi kredit) Lessee (penyewa milik) Letter of credit = L/C (surat perintah pengiriman) 75. law merchant (hukum dagang) Liabilities (hutang) 80. penagihan piutang. Suatu bank yang operasionalnya berkedudukan sebagai pemberi kredit pada pihak lain Pihak yang menyawa dalam perjanjian sewa milik. Menyerahkan jenis barang bergerak kepada pihak lain untuk sementara. Bentuk usaha yang terdiri dari satu atau lebih orang atau entitas yang mempunyai kewajiban tebatas dalam bentuk usaha tersebut.

94. 92. Liquidator (likuidatur) Liquiditi (likuiditas) atau karena akibat-akibat lainnya. Jenis kredit yang pembayaran atau pengembaliannya berjangka waktu paling lama satu tahun. dengan dikenakan bunga tetap. 104 . Surat-surat berharga yang terdaftar termasuk golongan pertama. Beberapa orang yang ditunjk oleh bank. 103 . 90. . Listed securities (surat berharga terdaftar) Live stock (Peternakan) dan mencari keuntungan spekulatif. terperinci menurut jenis kredit. Bagian modal perusahaan atau lembaga lainnya yang digunakan untuk jangka waktu tertentu. Liquiditi credit (kredit likudasi) Liquidity preference (likuiditas kesukaan ) lancarnya. yang paling mudah dijaminkan untuk mendapatkn kredit. karena mengingat adanya keperluankeperluan mendadak. 100 . Jenis pinjaman yang biasanya dengan suku bunga yang rendah. Loan1 (kredit/pinjaman) Loan. jangka 101 . 96. Pembayaran utang kepada debitur sebagai pelaksanaan perjanjian kredit. Jenis kegiatan ekonomi tepatnya memelihara atau membiakan binatang untuk menghasilkan bahan pangan dan sandang seperti 95. Suatu cara atau sikap untuk segala siaga atas kemampuan yang berupa uang tunai/ kontan. short term (kredit jangka pendek) Loan. hal ini terjadi. Dalam perbankan kredit yang diberikan bank sentral kepada bank umum yang mengalami kesulitan likuiditasnya. 98. misalnya jka suatu pinjaman dari luar negeri kemudian dapat dilunasi dengn mata uang Negara peminjam itu. Upah yang diberikan kepada buruh yang memuat barang-barang kedalam truk atau alat pengangkut lainnya. soft (pinjaman lunak) Loan shark (lintah darat) waktu tunggakan dan sebagainya. 97. medium term (kredit jangka menengah) Loan. Loan disbursement (pembayaran atas beban kredit) Loan portfolio (portepel kredit) dan menelaah kredit-kredit yang diajukan oleh calon nasabah. Kemampuan seseorang atau perusahaan untuk memenuhi kewajiban atau utang yang harus segera dibayar dengan harta 91. dengan menarik mamfaat dari kelemahan dan kesulitan hidup peminjam. sector ekonomi atau komoditi yang dibiayai. Loading cost (upah memuat barang) Loading cost (upah memuat barang) Loan capital (modal pnjaman) Loan committee (panitia kredit) ayam. disamping selaku pegawai ditunjuk. mendesak serta memudahkan menentukan 93. sapi. suku bunga. ulat sutera dan buaya. Pendayagunaan ung dalam waktu tertentu oleh orang ataun lainnya yang diperkenankan/diizinkan yang akan dikembalikan memakai mata uang tambahan atau bunga sebagai jasa pengembalian atas pemakaian uang tersebut.suatu perusahaasn karena menderita kerugian teruus menerus 89. Kumpulan data tentang pemberian pinjaman oleh bank pada saat tertentu. Jenis kredit pembayaran atau pengembalian jangka waktu satu tahun sampi dengan tiga tahun. 102 . Orang atau badan yang memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi sekali. Seorang atau badan yang berwenang untuk menyelesaikan segala urusan mengenai likuidasi. 105 . Upah yang diberikan kepada buruh yang memuat barang-barang kedalam truk atau alat pengangkut lainnya. sebagai panitia yang membidangi penelitian 99. jumlah pinjaman.

seperti pengaruh pengeluaran pemerintah. 117 . indeks harga. 119 . Pengenalan terhadap lambing dicetak dengan tinta larutan magnet pada semua cek. 107 . Dana-dana yang berhasil dikumpulkan oleh bank yang khusus disiapkan untuk memenuhi keperluan kredit. pendapatan nasional. Penelahan kemampuan sponsor dan pimpinan baik yang ada 114 . 109 . Tempat pentyimpanan data informasi dalam SPDE yang berbentuk pita plastic berlapis magnet. gula pasir dan tekstil pasar. 111 . 118 . Barang yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dan perubahan harganya berpengaruh besar atas biaya hidup. tepung terigu. Cara menyusun instruksi yang dapat segera diolah komputer. Bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyediaan informasi bagi manajemen untuk membantunya dalam memecahkan masalah-masalah khusus yang dihadapi dalam suatu organisasi usaha. nomor rrekening. Kartu dalam SPDE dengan jalur magnet dihalaman belakang unutk menyimpan data dasar. dan bukti pembukuan. Sembilan bahan pokok contohnya beras. Pinjaman rupiah yng diberikan bank untuk pembiayaan local dalam rangka bantuan proyek. Grosir yang menjual barang melalui katalogus dan blangko. Ilmu ekonomi yang mempelajari peranan dan perkembangan unsur-unsur ekonomi secara keseluruhan. Sekelompok orang yang diberi tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan perusahaan. dan suku bunga. 110 . 123 . seperti jangka waktu dan bunga tertentu. Pejabat khusus di bank yang menangani tentang urusan kredit. Loan2 (pinjaman) Loanable fund (dana untuk pinjaman) Loanable funds (dana-dana yang dipinjamkan) Loaning officiers (pejabat bagian kredit) Local cost (biaya lokal) Low cost strategy (strategi biaya rendah) Machine language (bahasa mesin) Macro economis (ilmu ekonomi makro) Sejumlah uang yang dipinjamkan dengan syarat tertentu. dan jumlah uang beredar. Suatu strategi diman perusahaan mendesain dan memproduksi produk atau jas yang mutunya dapat diterima pada biaya yang lebih rendah dari para pesaingnya. surat pesanan yang dikirimkan kepada pengecer. 108 . Barang yang hasil ekspornya mempunyai peranan penting dalam penerimaan devisa dan berpengartuh atas indks biaya hidup Perawatan peralatan agar selalu dalam keadaan baik dan siap untuk dipakai. Magnetic Ink Character Recognition=MICR (pengenalan lambing magnet) Magnetic Ledger card=MLC (kartu berjalur magnetic) Magnetic tape (pita magnet) Mail order wholesaler (grosir pos) Mail transfer=MT (kiriman uang surat=KUS) Main commodities (barang utama) 120 .106 . Kiriman degan sejumlah uang oleh bank pengirim dengan surat yang memerintahkan bank pembayar untuk membyarkan jumlah tersebut kepada penerima. seperti sisa rekening. 112 . 116 . Dana bank yang dapat dipinjamkan kepada pihak ketiga. 122 . indeks harga. 121 . Main export commodities (barang ekspor nutama) Main rernance (pemeliharaan) Management (pimpinan perusahaan) Management accounting (akuntansi anajemen) 124 Management appraisal (penilaian . 115 . 113 .

dsb. 138 139 .. Sistem pengumnpula. 137 . Selisih antara dua nilai utk menampung risiko ongkos misalnya antara nilai barang jaminan dengan besarnya pinjaman atau Marginal analisyst (analisis marjinal) antara harga jual suatu barng dengan harga belinya. Suatu proses pengelolaaan atas kelangsunagan jalannya suatu perusahaan organisasi atau bank ssecara efektif untuk mencapai sasaran yang dapat mempertanggungjawabkan oleh pimpinannya. 130 . Perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi dan kemudian menjual barang jadi tersebut. 129 .pengolahan dan penyajian data untuk keperluan pelaksanaan fungsi manajemen terutama untuk mengam. premi asuransi. Seorang komisaris yang kedudukannya merangkap pemimpin tertinggi suatu perusahaan atau organisasi. Total penjualan dikurangi dengan harga pokok pnjualan variable. 128 . atau bank. Analisis mengenai perubahan jumlah suatu sehubungan dengan perubahan factor variable tertentu dengan satuan atau analisis dengan menggunakan rasio antara perubahan jumlah suatu dengan satu-satu lainnya yg mnerupakan patokan bagi suatu pilihan. 136 . Pimpinan atau pejabat yang bertanggungjawab atas kelangsungan jalannya pengelolaan perusahaan. Manager (manajer) Managing Director( direktur pengelolaan) Management banking (menajemen perbankan) kepemimpinan bank. Jumlah biaya yang diperlukan untuk pengolahan produk tetapi tidak dibebankan kepad aproduk seara langsung. Perusahaan dalam biaya total karena penambahan atau 131 . dalam melaksanakan proyek. kesalahan investasi dan terlewatnya kesempatan. menjalankan usaha. 133 . Management information system (system informasi manajemen) Management (manajemen0 127 . Pekerjaan yang terutama menggunakan kekuatan jasmani yang tidak banyak memerlkukan keahlian dan pengawasan yang teliti. dan mempertahankan kelangsungan hidup proyek itu. Management information (manajemen Suatu kegiatan mengumpulkan data yang diperlukan para informasi) manajer dan pengambilan keputusan secara cepatr dan tepat untuk menghindari kepincangan waktu. Rencana biaya produksi yang terjadi selama suatu periode tertentu dimasa datang. 126 . 135 . 134 . Manifest(manifest) Manual(buku pedoman) Manual Labour (karya badaniah) Manufacturing budget (anggaran biaya produksi) Manufacturing expebse (biaya tidak langsung) Manufacturing Firm (perusahaan pabrik) Manufacturing industry (industribarang jadi) Manufactury margin (margin pabrik) Margin (marjin) 141 Marginal cost (biaya marjinal) . 132 . manajemen) maupun yang akan dimasukan. Daftar muatan yang dibuat nakhoda yang berisi ikhtisar dari semua surat muatan mengenai barang yang diangkut kapalnya. Industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi. 140 . organisasi. misalnya penyusutan aktiva tetap.bilbahan keputusan. Buku yang berisi himpunan petunjuk untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Suatu cabang ilmu manajemen yang khusu untuk mengader 125 .

146 . Tariff pajak tertinggi yg dikenakan terhadap laba dari wajib pajak. Kelebihan penjualan atas biaya-biaya variable terkait. 156 . 149 . 150 Marginal income (laba/penghasilan marjinal) Marginal income ratio (rasio laba/penghasilan marjinal) Marginal product (produk marjinal) 151 . 148 .yg secara keseluruhan tetap memberikan tingkat kepuasan yg sama bagi konsumen. Tambahan produk sebagai hasil tambahan satu satuan factor produksi variable tertentu dalam hal factor-faktor produksi Marginal productivity theory of wages (teori upah produktivitas marjinal) Marginal propensity (kecenderungan tambahan tabungan marjinal) Marginal propensity to consume (kecenderungan tambahan konsumsi marjinal) Marginal propensity to invest ( kecenderungan tambahan investasi marjinal) Marginal rate of substitution (tingkat subsitusi marjinal) lainnya tetap. Uang yg diterima bank sebagai jaminan seperti dalam penukaran 1/c dalam negeri dan luar negeri yg biasanya akan diperhitungkan pada waktu penyelesaian transaksi bersangkutan. 143 . Perhitungan biaya produksi diluar biaya tetap umum yg tidak berubah menurut besar kecilnya produksi tsb. Rasio antara tambahan barang pengganti dengan pengurangan barang lain yg diganti. Marginal cost pricing (harga biaya marjinal) Marginal costing (penetapan biaya marjinal) Marginal deposit (setoran jaminan) 145 .besarnya atau daerah distribusi.total penerimaan dari penjualan dikurangi jumlah biaya produksi variable. Angka perbandingan antara tambahan tabungan (bagian pendapatan yg tidak dikonsumsi) dengan tambahan pendaratan. 157 Marginal rate of subtitation = MRS(tingkat penggantian marjinal) Marginal tax rate (tarif pajak marjinal) Marginal revenue (pendapatan produk marjinal) Marginal unit cost (biaya marjinal) Marginal utility (kegunaan marjinal) . Harga penjualan yg ditetapkan sama dengan biaya marjinal dalam hal semua produksi dapat terjual habis. Teori yg menyatakan bahwa permintaan akan tenaga kerja ditentukan oleh produktivitas marjinalnya yaitu pada tingkat upah sama dengan nilai produk marjinal. 154 . 155 . 153 . Tambahan guna yg diperoleh dengan mengkonsumsi satu satuan 142 . Sudut dari kurva indiferen yg menggambarkan berapa banyak lagi barang yg harus diserahkan utk mendapatkan satu unit barang lain dengan tingkat kepuasan yg sama. 147 .biasanya dinyatakan sbg rasio terhadap barang lain. Suatu rasio antara selisih hasil penjualan dan total biaya variable (marjinal income) dengan total penjualan yg dinyatakan dalam persentase. 144 . Angka perbandingan antara tambahan konsumsi dengan tambahan pendaratan. Hasil perkalian antara produk marjinal dengan pendapatan marjinal atau perubahan pendapatan yg terjadi karena perubahan satu satuan factor produksi variable tertentu. 152 .lihat biaya diferensial(diferensial cost). Angka perbandingan antara tambahan jumlah investasi dengan jimlah tambahan pendapatan nasional. pengurangan satu unit produksi atau suatu perubahan dalam factor-faktor yg mempengaruhi biaya seperti daya.. Tambahan biaya yg dikeluarkan karena tambahan satu ubit produksi.

Suatu investasi dalam suatu surat-surat berharga yg dapat dijual dengan segera bila uang kas diperlukan (biasanya surat-surat berharga atau saham yg dapat diperjualbelikan di pasar modal. 167 . Harga faktur atau catatan mutakhir pada akhir periode dikurangi penyesuaian yg lazim termasuk potongan tunai.serta juklah produk yg dapat dijual termasuk strategi pemasaran.seperti tingkat pendapatan.kecuali yg dalam polis secara tegas dinyatakan tidak ditanggung. 164 . Jenis barang atau lain yg dapat dipasarkan utk dijual dengan laris /cepat laku. Bagian dari keseluruhan permintaan akan suatu narang mencerminkan suatu golongan menurut cirri khas nya.kegiatan tsb saling berkaitan 159 . 172 .dan status social. 158 . 161 . Penelahan suatu proyek dari segi pasaran utk mengetahui apakah proyek tsb dapat dilaksanakan dan mampu mempertahankan hidupnya.obligasi.yg meliputi penawaran dan permintaan secara keseluruhan.besarnya investasi jangka pendek menunjukan kemampuan suatu perusahaan utk membayar utang jangka pendek.dalam pengertian sempit pasar sering dihubungkan dengan hal-hal yg khusus seperti tempat.volume dan luas pasaran.jenis kelamin . Pendekatan untuk penentuan harga transfer yang menggunakan harga jual produk atau jasa ke pihak luar. Jenis barang yg memiliki suatu kemungkinan dan kemampuan daya tarik kepada pembeli sehingga dengan mudah dapat dipasarkan. Market price approach (pendekatan harga pasar) Market share (porsi pasar) Market segment (temberang pasar) 165 . Asuransi mengenai pertanggungan resiko atas segala sesuatu tentang kapal dan muatannya karena bahaya apapun dikapal. Swaham atau surat-surat berharga lain yg dimiliki perusahaan yg mempunyai rasaean sehingga dapat diperjualbelikan dengan segera dan dipunyai tidak dengan maksud utk investasi jangka panjang.umur. Interaksi antara permintaan dan penawaran mengenai barang atau jasa tertentu.waktu. 169 ..pendidikan. Pasar utk jual beli surat-surat berharga mis efek. Marine isurance(asduransi pengangkutan laut) tambahan barang atau jasa yg bersangkutan. Market value (nilai pasar) Market money (pasar uang) Marketability(kemampuan utk dipasarkan) Marketable (dapat dipasarkan) Marketable securities1(surat-surat berharga) 170 Marketable securities2(investasi jangka pendek) 171 . Market analysis (analisis harga pasar) Market appraisal (penilaian pasaran) 162 .oleh karena itu.dll yg resiko kelalaiannya sangat minim dan tanggal jatuhnya sudah dekat sekali. Marketable security(surat berharga) Marketing(pemasaran) . Bagian yg dapat dipenuhi oleh suatu perusahaan dari seluruh potensi jual. 166 .sifat dll Analisis laporan keuangan untuk mengukur realistis tidaknya harga pasar saham yg berlaku. Aktiva yg tingkat likuiditasnya sangat tinggi. 168 . 163 . Market (pasar) 160 . Seluruh kegiatan yg berhuibungan dengan arus barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.

177 .kelompok langganan.penentuan harga. Gambar yang menunjukkan sturktur organisasi secara garis besar. dan dana kas. 181 . Matching concept (konsep penandingan/pengaitan) Matching cost against revenue (penetapan pendapatan dan biaya) tertentu. seperti surat kabar. prinsip atau asumsi akuntansi hanya diterapkan bila pengaruhnya terhadap ketetapan laporan keuangan sangat berarti sehingga akan 187 . Penyimpangan yang disebabkan pemakaian kuantitas bahan . Master organization chart (bagan organisasi aktivitas/bagan organisasi induk) Matching (penandingan) Markup Mass media (media massa) Master budget (anggaran utama) pemuasaan konsumen. Suatu prinsip akuntansi dimana beban ditandingkan / dikaitkan dengan pendapatan yang dihasilkan dari beban tersebut. Orang atau badan yang terlibat dalam proses pengalihan. Audit untuk menemukan kemungkinan yang dapat memperbaiki efektivitas kegiatan pemasaran. Alat komunikasi untuk mengadakan hubungan dengan masyarakat. cirri-ciri barang yang mendorong pembelian lebih banyak. 182 . dimana semua pendapatan harus ditandingkan (dicocokkan) dengan biaya-biaya yang timbul untuk memperoleh laba dari pendapatan untuk jangka waktu 183 . 179 . 176 . Jumlah yang ditambahkan ke ‘biaya’ untuk menentukan harga jual produk. Marketing strategy (siasat pemasaran) Marketing audit (audit pemasaran) Marketing channels (saluran pemasaran) Marketing cost allocation (alokasi biaya pemasaran) Marketing research (riset pemasaran) pendistribusian. dan daerah penjualan. dan televise. Barang yang dibeli untuk digunakan bagi operasi perusahaan. Material price variances (penyimpangan harga bahan) Materiality (materialitas) sama. 180 . Suatu prinsip akuntansi. Batasan akuntansi yang menyatakan bahwa teori. Pembagian biaya yang disediakan untuk melakukan proses pemasaran diantara barang/jasa yang ditawarkan. 184 . pengeluaran modal. 188 Materials (bahan baku) Materials quantity variances mempengaruhi penilaian atau keputusan. 186 . dan bentuk iklan dan lain-lain. Penelitian mengenai potensi pasar dan penjualan. Suatu rencana anggaran yang meliputi semua sub-anggaran individual yang menyangkut penjualan. Asumsi akuntansi bahwa biaya-biaya yang dibebankan dalam suatu periode tertentu haruslah hanya biaya-biaya yang digunakan untuk memperoleh pendapatan pada periode yang 185 . 174 . Penyimpangan yang disebabkan berbedanya harga aktual dengan yang telah ditetapkan. Pengendalian perubahan faktor pemasaran yang dapat dikuasai dengan memperhatikan faktor-faktor diluar kekuasaan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan melalui 178 .dan promosi penjualan. harga pokok barang dijual. radio. corak konsumen. dan penyampaian barang dari produsen kepada konsumen.pemilikan. 175 .dan membentuk satu system yg terlibat dalam fungsi 173 . biaya operasional.

Rata-rata yang menggambarkan besarnya perbedaan nilai masing-masinganggota dalam kelompok. sedfangkan perusahaan-perusahaan yang lain menghentikan kegiatannya. 202 . 196 . 193 . Segala unsur kebendaan dan kegiatan yang menyangkut masalah pedagangan. bahwa nilai tiap-tiap anggota kelompok berkisar sekitar itu.seperti batubara. seperti isi. makeral. 194 . Jumlah yang harus dibayar pada saat jatuh tempo. dan komisioner. termasuk nilai nominal dengan bunga. dan barang tambang bukan logam. 192 . wesel. Kegiatan merencanakan penjualan barang atau jasa dengan tepat. Jenis kegiatan ekonomi berupa penggalian. yang banyak hubungan tempat. Perkiraan yagng dipergunakan untuk mencatat harga poko barang dagang pada awal dan akhir periode. Merchandise inventory (persedian barang dagangan) Merchandise turn over (perputaran barang dagangan) Merchandising firm (perencanaan penjualan) Merger (merger) 203 . dan sebagainya. pengecer. Hubungan antara volume barang yang dijual dengan persediaan barang tersebut. Suatu saat yang menunjukkan jatuh tempo pada mestinya. Dalam buku ini kadang-kadang disebut juga dengan harga pokok barang yang tersedia untuk dijual: harga bali (perolehan) dari persediaan barang diawal periode ditambah dengan pembelian bersih selama periode yang bersangkutan. misalnya pinjaman. pengambilan ekstra bahan tambang baik padat. 195 . 205 . 201 . agen. salah satunya meneruskan kegiatan-kegiatan usaha gabungan. Suatu nilai yang menunjukkan. warkat inkaso atau surat-surat berharga. biji logam. yang dihuting dengan cara membagi harga pokok barang yang dijual dengan rata-rata persedian. Segala sesuatu yang menyangkut atau berhubungan dengan 199 . dan jumlah serta dengan harga yang sesuai. kadangkadang cek tersebut bertanggal undur. luas. kecepatan. yang menguntungkan pedagang. Orang yang bertindak sebagai perantara dalam pengalihan pemilikan barang dari produsen kepada konsumen. (penyimpangan kuantitas bahan) Material requisition (permintaan barang) Maturity date (jatuh tempo) Maturity value (nilai pada saat jatuh tempo) Maximal credit (kredit maksimal) Mean . 191 . 190 . jarak. mengukur. Petugas yang mengantar menyerahkan atau mengambil pesan. Cara menilai. promes-promes.. 204 . Cek yang ditarik oleh debitur bagi kepentingan kreditur. average (rata-rata devisa) Measurement (pengukuran) Memorandum cheque (cek memorandum) Merchandise (perniagaan) Merchandise avaible for sale (persediaan tersedia dijual) actual yang berbeda dengan kuantitas standar. average (rata-rata) Maen deviation . berat. Jumlah tertinggi pemberian kredit yang diizinkan pendayagunaan pada si penerima. dan sekaligus mencatat ciri sesuatu. Suatu dokumen atau formulir yang dapat dipergunakan oleh departemen tertentu dalam suatu perusahaan industri yang memberikan wewenang untuk pengambilan barang dari gudang. 189 . dan suhu. Penggabungan suatu usaha antara dua perusahaan atau lebih. waktu. 198 . pengumpulan. 200 . Messenger (pembawa pesan) Middleman (perantara pemasaran) Minning (pertambangan) 206 Monetary (moneter) . unutk diuangkan jika debitur tidak membayar pada waktunya. seperti pedagang besar. cair maupun gas. minyak dan gas bumi. 197 .

seperti : uang kertas. laba sebelum pajakk dan laba bersih. 210 . uang logam. Suatu bentuk perhitungan rugi laba. Pasar untuk perdagangan dan jangka pendek. 207 . Perusahaan bukan bank devisa yang memperoleh izin bank Indonesia. P endapatan rumah tangga konsumsi atau rumah tangga produksi dalam bentuk suatu kesatuan moneter. Suatu bunga yang dinyatakan dalam rupiah yang berlaku. 211 . cek bank. 215 .Perusahaan tersebut tidak boleh melakukan pengiriman uang dan menagih sendiri keluar negeri. yang menunjukkan daya ganda peerubahan investasi tersebut. Money income (pendapatan uang) Money market (pasar uang) Money rate of interest (suku bnga uang) Money stock (persediaan uang ) Multiple step income statement (ikhtisar rugi laba dengan bentuk bertahap) 214 . yang terjadi jika perubahan faktorfaktor ekonomi yang menambah jumlah uang beredan diimbangi oleh perubahan faktor-faktor ekonomi lainnya yang mengurangi jumlah uang yang beredar misalnya kelebihanekspor dari pada impor diimbangi oleh kelebihan tabungan swasta dari pada investasi. 212 . 208 . dan masingmasing kelompok dikurangkan secara bertahap dari pendapatan sehingga diperoleh sub-sub jumlah menengah dari laba. Money changer (pedagang valuta asing) 209 . yaitu biaya dan beban diklalifikasikan menjadi beberapa kelompok. untuk memperjualbelikan valuta asing. seperi laba kotor. Multiplier (rasio rambat) Multi stage allocation of overhead cost (alokasi biaya tidak langsung bertahap) . dan cek bepergian. laba koperasi. 213 . Angka perbandingan antar perubahan jumlah pendapatan nasional dengan jumlah investasi.. Kuantitas uang tanpa memperhatikan jangka waktu. berupa surat berharga yang berjangka waktu tidak melebihi 360 hari. Keadaan dibidang moneter. Pembebanan biaya tidak langsung kepada produk melalui berbagai tempat pembantu yang memberikan jasanya kepada produk tersebut. seperti besarnya tabungan yang berhasil dikumpulkan oleh bank pada suatu waktu tertentu. Monetary equilibrium (keseimbangan moneter) uang.