P. 1
makalah bayi tabung

makalah bayi tabung

|Views: 1,831|Likes:
Published by Agil Yudawan

More info:

Published by: Agil Yudawan on Aug 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/19/2013

pdf

text

original

BAB.

I PENGANTAR Anak merupakan karunia tak terhingga yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri, karena kehadiran sang anak ditengah-tengah keluarga diharapkan dapat membawa kebahagiaan dan penghiburan didalam keluarga itu. Sehingga saat sebuah keluarga mendapatkan buah dari cinta mereka yaitu seorang anak yang merupakan darah daging mereka, akan sangat riang dan berbahagia. Namun tak sedikit pula yang kurang beruntung karena berbagai macam hal yang menyababkan mereka belum mendapatkan keturunan walaupun mereka telah menikah selama bertahun-tahun . Walau berbagai macam cara mulai dari minum jamu herbal untuk menguatkan kandungan atau sperma sang suami, sampai berkonsultasi ke dokter kandungan telah mereka tempuh, namun mereka belum juga dikaruniai keturunan. Hal ini menyebabkan keresahan dibenak setiap pasangan suami istri, sehingga banyak pasangan yang telah mulai melirik metode ³ in vitro fertilisation´ atau yang sering disebut dengan ³ Bayi tabung ³ yang sedang ramai digemari para pasangan suami istri yang tak kunjung mendapatkan keturunan di indonesia. Theresia dan suaminya di papua misalnya yang telah menikah selama 5 tahun, selama 3 tahun mereka berusaha untuk mendapatkan buah hati lewat cara inseminasi, pijat, minum bermacam-macam ramuan herbal dll. Sebelum akhirnya mereka memilih program bayi tabung, mereka telah mengunjungi dokter untuk mengikuti program inseminasi 2 kali, namun tidak berhasil. Dokter kandungan mereka selalu menyarankan untuk mengikuti program bayi tabung. Akhirnya mereka mengikuti saran dokter kandungan mereka. Setelah mereka menjalani program bayi tabung tersebut, akhirnya mereka mendapatkan seorang keturunan. Selain Theresia masih banyak pasangan-pasangan lain yang telah merasakan keberhasilan program ³ Bayi tabung ³ namun yang membuat saya tertarik untuk mengangkat topik ³ in vitro fertilisation atau Bayi Tabung ³ ini kedalam makalah yang saya susun adalah :
y

Apakah kita sebagai umat katholik diperbolehkan untuk melakukan ³ Bayi Tabung ³?

y

Jika boleh, untuk alasan apa kita diperbolehkan melakukan program ³ Bayi Tabung ³?

y

apakah hal ini memang diatur oleh Gereja atau tidak ?

1.Theresia. 2011. sekali mengikuti program langsung berhasil . http://bayi-tabung.com/sekalimengikuti-program-langsung-berhasil-theresia/

pertama-tama dilakukan perangsangan indung telur sang istri dengan hormon khusus untuk menumbuhkan lebih dari satu sel telur.org/wiki/Fertilisasi_in_vitro . melainkan dengan tuntunan alat ultrasonografi transvaginal (melalui vagina). in vitro fertilisation atau yang sering disebut Bayi tabung dalam bahasa indonesia adalah sebuah teknik pembuahan dimana sel telur (ovum) dibuahi di luar tubuh wanita. tingkat keberhasilannya hanya 15%. Metode bayi tabung yang dipelopori sejumlah dokter Inggris ini untuk pertama kali berhasil menghadirkan bayi perempuan bernama Louise Brown pada tahun 1978. In Vitro Fertilisation . Sperma itu ditebarkan di sekitar sel telur dalam sebuah wadah khusus di dalam laboratorium. dibersihkan. pemindahan sel telur dari ovarium d an pembuahan oleh sel sperma dalam sebuah medium cair. Pada teknik bayi tabung atau in vitro fertilization yang melahirkan Louis Brown. Prosesnya terdiri dari mengendalikan proses ovulasi secara hormonal.1999. Sebelum ditemukannya teknik bayi tabung. Sampai dengan hari ketiga. PENDAPAT PARA AHLI Sebelum kita membahas lebih jauh tentang ³ In vitro fertilisation ³ kita harus mengetahui apa definisi dari istilah tersebut. http:// http://id. Sejak kelahiran Louise Brown. kemudian diambil sekitar 50. ditandai dengan adanya dua sel inti. Selanjutnya. Sel telur yang terbuahi normal. maksimal empat embrio yang sudah berkembang ditanamkan ke rahim istri.wikipedia. Sementara semua sel telur yang berhasil diangkat dieramkan dalam inkubator. Sayang. teknik bayi tabung atau In 2. Dua minggu kemudian dilakukan pemeriksaan hormon Beta-HCG dan urine untuk meyakinkan bahwa kehamilan memang terjadi. air mani suami dikeluarkan dengan cara masturbasi.BAB II.000 sel sperma. yakni dengan cara penyemprotan sejumlah cairan semen suami ke dalam rahim dengan bantuan alat suntik. Perangsangan berlangsung 5 . 2)Bayi tabung adalah salah satu metode untuk mengatasi masalah kesuburan ketika metode lainnya tidak berhasil. segera membelah menjadi embrio. Dengan cara ini diharapkan sperma lebih mudah bertemu dengan sel telur.100.6 minggu sampai sel telur dianggap cukup matang dan sudah saatnya diambil.000 . folikel atau gelembung sel telur diambil tanpa operasi. untuk menolong pasutri tak subur digunakan teknik inseminasi buatan.

Di Indonesia. dalam surat ensiklik Evangelium Vitae 14. Menurut dunia kedokteran metode in vitro ini sangat membantu pasangan suami istri yang susah memiliki keturunan namun hal ini sangat berlawanan dengan apa. Yohanes II. Setelah itu lahir sekitar 300 "adik" Nugroho. karena hal itu memisahkan pro creation dari konteks hubungan suami istri. . jumlah embryo yang dihasilkan sering lebih banyak daripada yang dibutuhkan untuk implantasi ke dalam rahim wanita itu. baik Wewenang Mengajar Gereja dalam tradisinya yang panjang dan tetap sama maupun perasaan susila umat beriman tidak pernah meragukan. sesungguhnya membuka pintu ancaman terhadap kehidupan. ³Kenyataan ialah bahwa. alasan lainya sperma yang dihasilkan untuk pembuahan sel telur ( ovum ) adalah melalui Masturbasi yang juga ditentang oleh ajaran gereja yaitu. di luar hubungan suami isteri yang normal. 3. Nugroho Karyanto. Jakarta. dengan motif apa pun itu dilakukan. The Gospel of Life . bertentangan dengan hakikat tujuannya´. teknik bayi tabung (IVF) ini pertama kali diterapkan di Rumah Sakit Anak-Ibu (RSAB) Harapan Kita. yang mempunyai tingkat resiko kematian yang tinggi. pada 2 Mei 1988. pada 1987. NN.Vitro Fertilization (IVF) semakin populer saja di dunia. untuk mencap masturbasi sebagai satu tindakan yang sangat bertentangan dengan ketertiban´.³ Ajaran itulah salah satu alasan mengapa ³ Bayi tabung ³ ditentang keras oleh gereja. pada dasarnya merendahkan kehidupan manusia pada tingkat ³materi biologis´ semata yang dapat dibuang begitu saja. KGK 2352 menyebutkan: ³Masturbasi adalah rangsangan alat-alat kelamin yang disengaja dengan tujuan membangkitkan kenikmatan seksual. Terpisah dari kenyataan bahwa hal tersebut tidak dapat diterima secara moral. teknik-teknik yang demikian mempunyai tingkat kegagalan yang cukup tinggi: tidak hanya dalam hal pembuahan (fertilisasi) tetapi juga dari segi perkembangan embryo. dan yang sering dilakukan untuk maksud demikian. ajaran Paus Yohanes Paulus II dalam surat ensikliknya Evangelium Vitae 14/ The Gospel of Life yang mengatakan demikian: ³ Bermacam teknik reproduksi buatan [seperti bayi tabung] yang kelihatannya seolah mendukung kehidupan. Katekismus Gereja Katholik (KGK) 2352 5. dan ³spare-embryo´ [embryo cadangan] ini lalu dihancurkan atau digunakan untuk penelitian yang dengan dalih ilmu pengetahuan atau kemajuan ilmu kedokteran. Lagipula. Paulus. Humanae Vitae 12 4. karena penggunaan kekuatan seksual dengan sengaja. di antaranya dua kelahiran kembar empat. Teknik bayi tabung yang kini disebut IVF konvensional itu berhasil melahirkan bayi tabung pertama. umumnya di dalam jangka waktu yang pendek.

Dalam hal ini. suami dan istri yang saling mengasihi dengan tulus harusnya bersedia untuk menjadi orang tua jika Tuhan mengaruniakan anak sebagai buah kasih mereka. In Vitro Fertilisation . Persatuan sel telur dan sperma yang dilakukan di luar hubungan suami istri yang normal jelas meniadakan aspek µpersatuan/ union¶ antara suami dengan istri. Perkawinan direncanakan Tuhan untuk mempersatukan suami dan istri. Jadi kedua aspek hubungan suami istri yang disebutkan dalam Humanae Vitae 12 yang berisi: ³Dalam Perkawinan ini terdapat dua aspek yang tak terpisahkan. karena dilakukan secara tidak normal. tidak dipenuhi dengan normal 2.Hal ini menambah deretan penyimpangan yang dilakukan manusia terhadap ajaran gereja yang selalu menghormati kodrat penciptaan Ilahi. artinya.1999. kesuburan dan anak harus dilihat sebagai berkat dari Tuhan (lih. yaitu Union dan Procreation (HV 12).org/wiki/Fertilisasi_in_vitro . dan persatuan itu selayaknya harus terbuka bagi kelahiran kehidupan baru. dan bukannya kutuk yang harus dihilangkan. Yang meyakini sebuah penciptaan makhluk hidup hakekatnya terbentuk dari pertemuan sperma dan sel telur melalui hubungan seksual.´.wikipedia. Aspek pro-creation juga disalah gunakan. Kej 1:28). Jadi. http:// http://id.

Karena menurut saya Tuhan telah menciptakan Bumi dan segala isinya beserta makhluk hidup beserta sistem yang sangat kompleks yang terdapat didalamnya dan kita bisa menyebutnya kodrat Ilahi. III ANALISA PRIBADI Aspek-aspek yang tercantum dipembahasan sebelumnya merupakan sebagian penyimpangan manusia akan hakikat penciptaan Allah. Makhluk hidup baik manusia maupun binatang diciptakan berpasangan dan Tuhan menghendaki kita sebagai makhluk ciptaanNya untuk beranak pinak dan memenuhi Bumi ciptaanNya ini. Melalui sistem reproduksi ini manusia laki-laki dan manusia perempuan berhubungan badan sehingga sperma laki-laki bertemu untuk membuahi sel telur perempuan didalam rahim perempuan . Katekismus Gereja Katholik (KGK) 2352 5. . sehingga mulai saat itulah hak hidupnya sudah harus diperjuangkan. Saat seseorang ditawarkan untuk memproses semua embrio 3. Maka sang bayi harus dilahirkan dan dibesarkan dengan sehat dan selamat didunia karena ini merupakan tanggung jawab orang tua. melalui jalan proses reproduksi yang juga telah diciptakan olehNya. NN. Humanae Vitae 12 4. dengan kata lain mereka telah memiliki hak hidup walau dalam wujud embrio. yang diatur didalam ajaran -ajaran gereja. Karena sel sperma tidak bertemu secara langsung melalui hubungan badan dan sperma yang dikeluarkan melalui jalan masturbasi yang juga telah melakukan penyia-nyiaaan penciptaan yang telah diberikan oleh Allah kepada kita. Karena melalui ³ In vitro fertilisation ³ ini manusia menurunkan darah daging mereka tanpa melakukan hubungan badan seperti yang dikehendaki oleh Tuhannya. Setelah sel telur diambil beberapa maka akan dibuahi juga yang lain sehingga. Pada saat sperma membuahi sel telur dan membentuk embrio yang merupakan awal kehidupan makhluk hidup telah memiliki nyawa. Sehingga sang ibu yang mengandungnya memiliki tanggung jawab untuk menjaga bayi tersebut sebagai perwujudan perlindungan hak hidup bagi sang bayi. total embrio yang telah dibuahi menjadi lebih dari satu . yang selanjutnya akan bertumbuh didalam rahim perempuan dan akan lahir sebagai buah karunia Tuhan terhadap pasangan laki laki dan perempuan itu. Yohanes II. Paulus. dalam surat ensiklik Evangelium Vitae 14. Saat pasangan suami istri melakukan ³ In vitro fertilisasi atau Bayi Tabung ³ menurut saya mereka telah menyalahi kodrat Ilahi dan terkesan ingin menyamai Allah sebagai satu-satunya pencipta di dunia ini.BAB. The Gospel of Life .

Pemusnahan embrio ini juga merupakan tindakan pembunuhan atau aborsi karena anak dalam wujud embrio pun sudah memiliki hak hidup. Sehingga embrio yang tidak terpakai disimpan didalam lemari pendingin dan jika sudah tidak diinginkan maka embrio yang tidak terpaikai itu harus dimusnahkan. Sehingga akan lebih baik jika menurut saya metode ini tidak jadi pilihan dalam mencari keturunan. http:// http://id. kebanyakan dari mereka sudah enggan menambah keturuna atau belum saatnya.wikipedia. Ada hal yan lebih baik dan tidak menyalahi aturan kodrati seperti mengadopsi anak di panti asuhan karena dengan hal itu kita tetap mendapatkan kebahagiaan dan kita membantu anak itu untuk mendapatkan hidup yang layak.1999. 2.yang telah berhasil diciptakan. Dan lagi pula arti anak sebagai pro-kreasi dari suami dan istri sebagai wujud cinta kasih tidak dapat terwujud karena manusia sudah tidak berhubungan badan sesuai kodrat mereka untuk menurunkan darah daging mereka. In Vitro Fertilisation .org/wiki/Fertilisasi_in_vitro .

Humanae Vitae 12 4. IV KESIMPULAN DAN SARAN Melihat penjabaran ini. karena dilakukan secara tidak normal. dengan motif apa pun itu dilakukan. Jadi kedua aspek hubungan suami istri yang disebutkan dalam Humanae Vitae 12. karena penggunaan kekuatan seksual dengan sengaja. ³Kenyataan ialah bahwa. untuk mencap masturbasi sebagai satu tindakan yang sangat bertentangan dengan ketertiban´. melalui hubungan perkawinan suami istri. y Pengambilan sperma dilakukan dengan masturbasi. Jika melibatkan µibu angkat¶. tidak dipenuhi dengan normal (Silakan baca artikel Humanae Vitae itu benar!. maka kita dapat menyimpulkan bahwa praktek IVF /bayi tabung dan ET itu tidak sesuai dengan ajaran Gereja Katolik. Yohanes II. Bayangkan bagaimana embryo tersebut dibekukan/ µfrozen¶. karena beberapa alasan: y Umumnya IVF melibatkan aborsi. silakan klik disini) y Praktek IVF atau bayi tabung menghilangkan hak sang anak untuk dikandung dengan normal. bertentangan dengan hakikat tujuannya´.BAB. ini juga berarti menghilangkan haknya untuk dikandung oleh ibunya yang asli. 3. y IVF adalah percobaan yang tidak mempertimbangkan harkat sang bayi sebagai manusia. dan tidak pernah dibenarkan. melainkan hanya untuk memenuhi keinginan orang tua. IVF/ bayi tabung jelas meniadakan aspek µpersatuan/ union¶ antara suami dengan istri. y Persatuan sel telur dan sperma dilakukan di luar hubungan suami istri yang normal. Aspek pro-creation juga disalah gunakan. NN. KGK 2352 menyebutkan: ³Masturbasi adalah rangsangan alat-alat kelamin yang disengaja dengan tujuan membangkitkan kenikmatan seksual. The Gospel of Life . Paulus. . baik Wewenang Mengajar Gereja dalam tradisinya yang panjang dan tetap sama maupun perasaan susila umat beriman tidak pernah meragukan. di luar hubungan suami isteri yang normal. karena embryo yang tidak berguna dihancurkan/ dibuang. Katekismus Gereja Katholik (KGK) 2352 5. dalam surat ensiklik Evangelium Vitae 14. Masturbasi selalu dianggap sebagai perbuatan dosa.

sesungguhnya membuka pintu ancaman terhadap kehidupan.1999. teknik-teknik yang demikian mempunyai tingkat kegagalan yang cukup tinggi: tidak hanya dalam hal pembuahan (fertilisasi) tetapi juga dari segi perkembangan embryo. dan ³spare-embryo´ [embryo cadangan] ini lalu dihancurkan atau digunakan untuk penelitian yang dengan dalih ilmu pengetahuan atau kemajuan ilmu kedokteran. umumnya di dalam jangka waktu yang pendek.³ Maka kita mengetahui bayi tabung/ IVF yang merupakan teknik reproduksi buatan bertentangan dengan ajaran Gereja Katolik. yang mempunyai tingkat resiko kematian yang tinggi. pada dasarnya merendahkan kehidupan manusia pada tingkat ³materi biologis´ semata yang dapat dibuang begitu saja. seperti IVF/ bayi tabung. 2.org/wiki/Fertilisasi_in_vitro . In Vitro Fertilisation .wikipedia. dan yang sering dilakukan untuk maksud demikian. Terpisah dari kenyataan bahwa hal tersebut tidak dapat diterima secara moral. yang paling jelas adalah ajaran Paus Yohanes Paulus II dalam surat ensikliknya Evangelium Vitae 14/ The Gospel of Life yang mengatakan demikian: ³Bermacam teknik reproduksi buatan [seperti bayi tabung] yang kelihatannya seolah mendukung kehidupan.Mungkin. karena hal itu memisahkan pro -creation dari konteks hubungan suani istri. Jika mereka sungguh merindukan kehadiran anak-anak di tengah mereka. mungkin adopsi anak adalah jalan keluarnya. jumlah embryo yang dihasilkan sering lebih banyak daripada yang dibutuhkan untuk implantasi ke dalam rahim wanita itu. Lagipula. http:// http://id. Memang. mungkin para pasangan yang tidak dapat mengandung anak secara normal mengalami kenyataan yang cukup menyakitkan. namun kita harus tetap berpegang bahwa tujuan yang baik (mempunyai anak) itu harus tidak diperoleh dengan jalan yang tidak sesuai dengan ajaran Tuhan. Memang kerinduan untuk membesarkan anak adalah suatu keinginan yang mulia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->