P. 1
ETIKA & MORAL dalam menggunakan Perangkat Lunak TIK

ETIKA & MORAL dalam menggunakan Perangkat Lunak TIK

|Views: 804|Likes:

More info:

Published by: Harvestianto Gilbert Keviawan Swanopati on Aug 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2013

pdf

text

original

ETIKA & MORAL dalam menggunakan Perangkat Lunak TIK

Aturan Hak Cipta O Seseorang/perusahaan yang membuat produk baru dapat mendaftarkan hasil ciptaannya ke instansi pemerintah yang berwenang atau badan hak paten dunia. . O Produk yang telah dipatenkan tidak dapat di pakai oleh orang lain tanpa seijin pemilik hak paten.

Simbol yang berhubungan dengan hak cipta O Copyright / Hak Cipta © O Registered / Terdaftar ® O Trademark / Merk Dagang TM .

. WordPerpect. Adobe Acrobat X Pro. dll.Contoh Hak Cipta Perangkat Lunak O Microsoft Corp. Adobe Photoshop. dll. O Corel Corp. Microsoft Windows. Adobe Flash. dll. Microsoft Office. CorelDraw. MS DOS. O Adobe Corp.

UU Hak Cipta O Undang-undang yang melindungi hak cipta: UU Republik Indonesia No.19 tahun 2002 pasal 72 ayat 1. dan 3 . 19 tahun 2002 O Sanksi pidana diatur dalam UU No.2.

3. 2. Tingkat Pendidikan yang relatif masih rendah. Pendapatan masyarakat yang relatif kecil.Faktor penyebab pembajakan software 1. 4. Harga ijin/lisensi software yang relatif mahal. Control pemerintah yang tidak tegas. .

Shareware sering dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya trial 30 hari). maka diharuskan membeli. Biasanya disertai syarat tidak boleh memodifikasi software tersebut. software bisa saja terkunci atau bisa saja tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan tetap terbatasi Open Source adalah software dapat di download dan source code-nya dapat dibuka ke publik. Sehingga bagi yang pinter dengan code-code nya bisa memodifikasi dan mendistribusikan ataupun mempublikasikan source code hasil modifikasi dengan syarat-syarat tertentu. Open Source Freeware adalah software gratis yang dapat di download dan digunakan namun sobat tidak bisa melihat source code software tersebut. Sesudah masa ujicobanya berakhir. Shareware adalah software gratis. dapat di download dan digunakan oleh pengguna. jika pengguna merasa softwarenya bagus. Tetapi syarat mutlak sebuah software disebut freeware adalah tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian. .Freeware. atau feature-feature tertentu yang tidak bisa diakses. Shareware. misalnya dengan tetap mempertahankan nama softwarenya. Ada pula yang disertai syarat harus untuk kepentingan non-komersial. Akan tetapi penggunaan software tersebut ada batas waktunya. atau jumlah software tersebut dijalankan (misalnya 30 kali).

O Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif. maksud jahat.Hacker VS Cracker O Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer. secara sengaja melawan keamanan komputer. . mem-bypass password atau lisensi program komputer. membuat program kecil dan membagikannya dengan orangorang di Internet. mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri. biasanya di jaringan komputer. atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain.

Tuliskan 5 Etika dalam menggunakan TIK! . 19 tahun 2002 pasal 72 ayat 1. dan 3! 3.Tugas Ke-1: 1.2. Tuliskan isi UU No. Tuliskan bagaimana cara menghargai hak cipta orang lain! 4. Tuliskan definisi dari Hak Cipta dan Pencipta? 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->