Lampiran Wawancara

Dr. Ir. Hendarmawan M.Sc (Dekan Fakultas Teknik Geologi Unpad)

-

Situasi dan permasalahan apa yang sedang dihadapi Fakultas Geologi saat ini ? Fakultas Geologi Unpad merupakan fakultas yang baru berdiri pada tahun 2007, jadi usianya baru 4 tahun. Fakultas yang telah lama berdiri saja pasti memiliki banyak permasalahan apalagi fakultas baru seperti Geologi ini. Mengenai permasalahan apa saja yang sedang kami hadapi tentunya banyak, seperti : y Administrasi. Sepertinya itu hal standar (biasa) yang dialami oleh setiap fakultas yang ada di universitas. Akan tetapi kami ingin mengembangkan system administrasi dimana tidak terjadi tatap muka dengan mahasiswa, akan tetapi mahasiswa tetap dilayani oleh kami. Contohnya KRS online, meminta surat-surat secara online (maksudnya ketika mahasiswa membutuhkan surat-surat tertentu tidak usah dating ke kampus, cukup dengan membuka situs Fakultas Geologi dan print surat yang dibutuhkan), lalu E-Learning dimana apabila dosen berhalangan hadir maka system belajar mengajar masih tetap dilakukan melalui internet. y Sarana dan prasarana. Saat ini fasilitas yang kami miliki masih sedikit baik itu dalam hal alat-alat laboratorium, ruang kelas dan gedung. Untuk memenuhi sarana dan prasarana tersebut tentu saja kami menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah serta melalui bantuan luar negeri, kalau tanpa bantuan tersebut kami bias ³babak belur´ keteteran. Kami sudah berencana membuat gedung perkuliahan baru yang bertempat di depan PTBS.

-

Kami mendengar informasi mengenai dosen yang mengerjakan proyek (dosen proyekan), bagaimana bapak menyikapi hal tersebut ? Pada dasarnya proyekan tersebut merupakan riset. Jadi selain mengajar dosen pun harus melaksanakan Tridarma yaitu pengajaran, pengabdian dan penelitian. Jadi dengan

melakukan proyekan maka dosen sudah melakukan penelitian, yang pada akhirnya proses dan hasil penelitian tersebut dapat disampaikan kepada mahasiswa sebagai bukti bahwa dilapangan, kenyataan yang dihadapi adalah seperti itu. Dosen tentu saja boleh melakukan penelitian (proyek) akan tetapi jangn lupa tugas mengajarnya. Manajemen waktu sangat dibutuhkan dalam hal ini, asalkan selama proyek tersebut tidak mengganggu jadwal dosen mengajar, maka tidak masalah proyek tersebut dilakukan.

-

Apa perbedaan antara Fakultas Geologi Unpad dengan Fakultas Geologi universitas lain ? Secara keseluruhan dalam hal akademik sama saja. Pada setiap universitas pasti memiliki kekhasannya masing-masing, seperti : y y y Fakultas Geologi ITB lebih mempelajari tentang perminyakan Fakultas Geologi UGM lebih mempelajari tentang bahan galian , contohnya emas Fakultas Geologi Unpad lebih mempelajari pada ketekhnikan seperti geoteknik, lingkungan, kewilayahan dsb . Disini mahasiswa disiapkan komitmen dan mentalnya , agar siap ketika bekerja nanti.

-

Akreditasi apa yang dimiliki oleh Fakultas Geologi ? Serta hal-hal apa saja yang menjadi penilaian sehingga Fakultas Geologi memiliki akreditasi tersebut ? Fakultas Geologi Unpad memiliki akreditasi B. Banyak hal yang menjadi penilaiannya, contohnya : y Kualifikasi dosen. Dulu masih banyak dosen yang masih bergelar S1. Sekarang jika ingin menjadi dosen minimal harus bergelas S2. y Sarana. Berhubung Fakultas Geologi merupakan fakultas baru jadi kami masih memiliki sedikit sarana dan prasarana, seperti yang bapak telah jelaskan. y Kualifikasi pegawai. Pegawai juga merupakan faktor yang penting dalam penilaian akreditasi. Waktu itu kami hanya kurang 1 poin untuk menuju akreditasi A. kekurangan poin tersebut ada pada kualifikasi pegawai.

y Fakultas Teknik Geologi Unpad memiliki akreditasi B . akan tetapi hal tersebut belum ditunjang dengan fasilitas yang memadai. setiap hari Sabtu kami mengadakan jadwal tambahan untuk praktikum.Untuk lebih lengkapnya mengenai penialain akreditasi kalian bisa mengeceknya pada situs dikti di internet. Jadi ketika melakukan praktikum mahasiswa harus mengantri. Tetapi alhamdulillah. Maka dari itu sebagai pemecah masalah tersebut. mahasiswa kami rata-rata setelah lulus 2 bulan kemudian sudah mendapatkan pekerjaan. Seperti. Selain itu kami pun bekerja sama dengan para alumni. Boy Yosef Cahya (Koordinator Riset Fakultas Teknik Geologi Unpad) - Situasi dan permasalahan apa yang sedang dihadapi Fakultas Geologi saat ini ? y Setiap tahunnya semakin banyak mahasiswa yang diterima di Fakultas Teknik Geologi (rata-rata 1 angkatan berjumlah 160 orang). karena terbatasnya ruangan di gedung FTG. ketika seseorang akan melamar pekerjaan pada suatu perusahaan hal pertama yang dilihat setelah IPK adalah akreditasi dari universitas dimana orang tersebut menuntut ilmu. apakah hal tersebut sangat berpengaruh pada para wisudawan yang akan mecari kerja ? Tentu hal tersebut sangat berpengaruh. jadi kami merekomendasikan mahasiswa yang berprestasi kepada para alumni yang membutuhkan fresh graduate. - Fakultas Geologi merupakan Fakultas yang masih berakreditasi B. Saat ini kami menghadapi kendala di sector fasilitas laboratorium yang masih sedkit. Mahasiswa semester 1 dan 2 mengikuti kegiatan belajar mengajar di gedung PTBS. y FTG Unpad hanya memiliki 1 gedung.

- Apakah pihak FTG sudah mengajukan proposal kepada rektorat perihal sarana dan prasarana fakultas ? Kami sudah mengajukan proposal kepada pihak universitas mengenai persoalan fasilitas. jadi dosen bisa memberitahukan kepada mahasiswa mengenai kenyataan di lapangan yang sesungguhnya tidak hany berdasarkan buku. bagaimana Fakultas Teknik Geologi Unpad beserta para lulusannya dimata para anggota IAGI yang lain ? . Terkadang ada dosen yang mengajak mahasiswa. Katanya akan dibangun gedung baru dekat dengan Fakultas Peternakan - Rata-rata setelah lulusa menjadi sarjana dimana biasanya para alumnus tersebut bekerja? Banyak alumni kami yang bekerja di luar negeri seperti Mongolia dan China dan bekerja di sector minyak dan gas (migas) - Apakah Fakultas Teknik geologi Unpad melakukan kerjasama denga universitas lain ? Ya kami melakukan kerjasama dalam bentuk project penelitian riset dengan universitas lain. - Kami mendengar informasi mengenai dosen yang mengerjakan proyek (dosen proyekan). jadi dosen memang seharusnya mempunyai riset. Tujuan riset itu sendiri tentu saja berguna bagi proses belajar mengajar. Setiap dosen melakukan riset pasti dibiayai oleh universitas bahkan ada juga kerjasama dengan perusahaan tertentu. jadi mahasiswa bisa memanfaatkan proyek tersebut untuk bahan skripsi - Bapak Aldrin (Dosen Fakultas Teknik Geologi sekaligus anggota IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia)) - Menurut bapak sebagai anggota IAGI. bagaimana tanggapan bapak mengenai hal tersebut ? Proyekan itu pada dasarnya riset.

sumber daya mineral. dimana 7 mikroskop itu di pakai oleh 120 orang (1 angkatan). dan juga FTG hanya memiliki 2 laboratorium. kewilayahan. air. ruang perkuliahan bahkan untuk pembangunan gedung baru. Di FTG hanya memiliki 7 mikroskop. Pihak fakultas sudah meminta kepada universitas untuk penambahan saran dan prasarana seperti alat-alat laboratorium. bisa dibilang sebagai penghasilan tambahan juga selain dari mengajar sebagai dosen dan juga sebagi bentuk reputasi seorang geologist itu sendiri. sekalian juga melakukan riset bagi kepentingan fakultas dan mahasiswa tentunya.Apa saja yang dipelajari di Fakultas Teknik Geologi Unpad ? Banyak yang dipelajari yaitu mengenai batuan. akan tetapi menurut saya respon dari universitas sangat lama - Bagaimana tanggapan bapak mengenai dosen yang mengerjakan proyek (dosen proyekan) ? Sebagai seorang geologist melakukan proyek tentu saja itu demi kepentingan pribadi. Kalau dilihat dari Unpad itu sendiri yang akan menuju World Class University sarana dan prasaranan yang terdapat pada Fakultas Teknik Geologi masih banyak yang harus diperbaiki Faisal Helmi (Dosen Geologi Struktur Fakultas Teknik Geologi Unpad) . minyak dan gas (migas). Menurut bapak situasi dan permasalahan apa saja yang sedang dihadapi oleh Fakultas Teknik Geologi saat ini ? y Fasilitasnya kurang. mitigasi dan kebencanaan lingkungan. .Lulusan Teknik Geologi Unpad mampu bersaing dengan universitas lain dan mereka lebih siap untuk bekerja di lapangan dibandingkan lulusan universitas lain.

- Apa harapan bapak bagi Fakultas Teknik Geologi Unpad untuk kedepannya ? y Akses peneliatian. Saya ingin Fakultas Geologi Unpad memiliki akreditasi A.menurut saya pihak fakultas memberikan fasilitas berupa pengadaan e-book bagi para dosen. - Apakah FTG Unpad pernah melakukan kerjasama dengan universitas dan pihak lain ? Ya pernah. Banyak dosen yang membutuhkan buku-buku sebagai bahan pengajaran. ditunjang juga dengan segala sarana dan prasarana yang ada. dan juga kemampuan spasial perempuan lebih rendah dibandingkan laki-laki. penelitian itu sendiri tentu saja berguna untuk fakultas juga. Saya ingin untuk kedepannya akses penelitian bagi para dosen dipermudah. . contohnya kita bekerjasama dengan PSG (Pusat Studi Geologi) untuk melakukan penelitian dimana anggota timnya merupakan gabungan dari dosen-dosen universitas lain.Kalau dosen ada yang melakukan proyekan tentu mahasiswa juga diajak. - Menurut bapak apa kelebihan Fakultas Teknik Geologi Unpad dengan universitas lain ? Di FTG Unpad mahasiswanya memiliki kemampuan di lapangan lebih banyak dibandingkan dengan universitas lain. Lalu kami pun bekerjasama dengan salah satu universitas di Jepang dalam hal pengadaan alat-alat laboratorium. selain untuk pengalaman untuk mahasiswa itu sendiri juga sebagai bahan membuat skripsi bagi mahasiswa - Menurut bapak hal apa yang mendasarai sedikitnya mahasiswa perempuan di FTG Unpad ? Ilmu kebumian atau geologi pada dasarnya memang agak berat untuk perempuan. karena banyak pekerjaan yang harus dilakukan di lapangan. karena pemetaan merupakan hal wajib yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa. y Penyediaan e-book. y Akreditasi.

dimulai dari Dekan hingga pada pihak keamanan. - Apakah Fakultas Geologi pernah mengadakan gathering bersama antar dosen dan juga karyawan yang lain ? Ya kami pernah mengadakan gathering . Fakultas Geologi tidak memiliki PR. alasannya karena di Universitas (rektorat) saja ada masa di fakultas tidak ada. contohnya beberapa bulan yang lalu kami mengadakan pelatihan pengembangan SDM di Anyer. Total sudah 28 tahun saya mengabdikan diri bekerja di UNPAD. semua dosen dan juga tenaga administrasi ikut serta. y Melayani semua kebutuhan yang dibutuhkan oleh fakultas . menjadi Kabag Kesejahteraan Mahasiswa. Kasubag Tenaga Akademik di rekrorat. - Apakah menurut bapak di Fakultas Geologi membutuhkan seorang PR ? Ya. Kami pun pernah melakukan outbond bersama. menurut saya perlu ada seorang Humas di Fakultas Geologi. - Apakah benar bahwa tugas bapak sebagai Kabag Tata Usaha sekaligus menjabata sebagai PR bagi Fakultas Geologi ? Itu tidak benar. - Kalau begitu apa saja job description bapak sebagi Kabag Tata Usaha ? y Secara teknis. dan juga di Pasca Sarjana. mengkoordinasikan tugas-tugas di bagian Tata Usaha. Komarudin (Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Geologi Unpad) - Sudah berapa lama bapak bekerja sebagai Kabag Tata Usaha Fakultas Teknik Geologi ? Saya bekerja disini dari bulan Mei 2008 sebagai Kabag Tata Usaha.Drs. disini semua orang menjalankan fungsinya sebagai PR. Sebelumnya saya bekerja di kantor Pembatu Rektor 3 . karena kebijakan pastilah dari Dekan. . Tujuannya yang pasti untuk mendekatkan hubungan dengan para pegawai yang lain.

dan juga bedah buku. student chapter. ada 3 pilihan yaitu perminyakan. .Brianto Setya Wardhana (Ketua BEM KM ³HMG´ Fakultas Teknik Geologi Unpad) - Coba kamu ceritakan mengenai Fakultas Teknik Geologi Unpad ! Pada awalnya jurusan geologi masih tergabung dalam Fakultas MIPA. Hal tersebut dikarenakan dosen tersebut ada yang melakukan proyek. UKM apa saja yang terdapat di FTG Unpad ? Geosentrik (jurnalistik dan fotografi). SEG (Society Economy Geologist). Pada semester 7 nanti ada mahasiswa mengikuti program peminatan. maklum saja FTG berdiri menjadi fakultas baru 4 tahun - Bagaiamana dengan mahasiswa FTG Unpad sendiri ? Alhamdulillah teman-teman saya rata-rata memiliki IPK 3 ke atas. batu bara dan geologi lingkungan. ini sedang dalam tahap proses pembuatan. Kami belum memiliki ikatan alumni FTG Unpad. y y Alat-alat laboratorium kita juga masih sedikit dan juga masih keluaran lama Fasilitas kampus juga masih sangat kurang. GEMA - - Kegiatan apa saja yang dilakukan oleh BEM KM ³HMG´ ? Setiap 2 tahun sekali kami pasti mengadakan Olimpiade Geologi Indonesia. lalu kami pun sering melakukan seminar-seminar. - Menurut kamu sebagi ketua BEM permasalahan apa yang sedang dialami oleh Fakultas teknik Geologi saat ini ? y Beberapa dosen jarang masuk untuk mengajar di kelas. lalu pada tahun 2007 telah berdiri menjadi Fakultas Teknik Geologi.

sedangkan mengajar merupakan pekerjaan sampingan´. . Dibandingkan dengan ITB kita kalah jauh. apa yang dimaksud dengan ospek berdarah itu ? Kami melakukan push up hingga tanga bisa berdarah. Untuk menanggulangi persoalan kekurangan alat laboratorium tersebut maka setiap hari Sabtu ada jadwal praktikum.- Apa harapan kamu bagi Fakultas Teknik Geologi Unpad untuk kedepannya ? Yang pasti sarana dan prasarana harus lebih ditingkatkan lagi dan juga adanya standarisasi masa bimbingan (seperti ospek). - Bisakah kamu ceritakan sedikit mengenai Fakultas Teknik Geologi Unpad ? Intinya di Geologi Unpad kalau mau cari ilmu harus cari tahu sendiri dan harus banyak Tanya juga sama senior - Menurut kalian permasalahan apa yang sedang dialami oleh Fakultas teknik Geologi saat ini ? y Permasalahan gender. sedangkan untuk mahasiswi perempuan dipermudah. hal itu sudah menjadi tradisi. sedangkan angkatan 2009 mengikuti masa bimbingan selama 6 bulan. karena tiap angkatan memiliki masa bimbingan yang berbeda. y Dosen proyekan. justru itu merupakan latihan ketika kita bekerja di lapangan nanti. tapi berdarah sedikit-sedikit tidak menjadi masalah. Proyekan sendiri lebih bersifat individu untuk kepentingan dosen itu sendiri. Di bagian Tata Usaha birokrasi terhadap mahasiwa lakilaki dipersulit. Contohnya angkatan 2008 mengikuti masa bimbingan selama 4 bulan. Agri dan Rania (Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi 2007) Saya mendengar mengeai ospek berdarah yang dialami oleh para mahasiswa FTG Unpad. Alat-alat yang dibutuhkan oleh laboratorium FTG Unpad harganya sangat mahal. kita dituntut menjadi pribadi yang kuat. y Fasilitas kurang. Kalau istilah teman-teman ³proyek itu pekerjaan utama.

Menurut kami tata letak ruangan (layout) kurang menarik. kami pernah dengar mengenai wacana pembangunan gedung baru. menurut kami fasilitas di Fakultas Geologi masih minim. . lalu peralatan laboratoriumnya juga sedikit. tapi sampai sekarang realisasinya belum ada. jadi bagaimana membuat perempuan tertarik untuk belajar mengenai geologi. jadi saya merasa sedikit bangga. karena jujur saja jumlah mahasiswi disini sangat sedikit. contohnya saja ruangannya hanya sedikit baik itu laboratorium dan juga ruang kelas. Wishnu Triananda dan Oktarian Iskandar (Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi 2008 ) - Situasi dan permasalahan apa saja yang kamu rasakan sekarang ketika berkuliah di Fakultas Geologi Unpad ? y Sarana dan prasarana. Setahu saya belum semua fakultas memiliki fasilitas seperti itu.- Apa harapan kalian bagi Fakultas Teknik Geologi Unpad untuk kedepannya ? Saya mempunyai saran. y Fakultas kami memiliki akreditasi B menurut kami itu merupakan sebuah permasalahan y Pihak Tata Usaha terkadang kurang bersahaja - Menurut kamu apa kelebihan Fakultas Geologi dibandingkan fakultas lain yang ada di Unpad ? Menurut saya salah satu kelebihannya kita sudah bisa melihat nilai online. jadi wajar saja kalau banyak mahasiswa yang kurang tertatik dating ke perpustakaan. y Perpustakaan.

Baru beberapa bulan kemarin kami semua (dosen dan juga karyawan) pergi ke Anyer untuk megikuti workshop. Pada awalnya akan diadakan piknik bersama.Bapak Juhenda dan Bapak Asep (Petugas keamanan Fakultas Geologi UNPAD) - Sudah berapa lama bapak bekerja sebagai pertugas keamana (satpam) di Fakultas Geologi Unpad ? Baru 1 tahun. - Pekerjaan apa saja yang bapak lakukan (jobdesk) ? Yang pasti menjaga keamanan di lingkungan fakultas dan juga tidak lupa untuk melayani tamu. Jika ada tamu yang datang berkunjung saya siap untuk membantu - Apakah selama bapak bekerja disini menemui hambatan ? Alhamdulillah tidak ada pernah ada hambatan ataupun masalah. Bandung. sebelumnya saya bekerja sebagai satpam di ekologi yang ada di daerah Sekeloa. biasanya suka ada pengajian bersama. saya senang bekerja disini. seluruh biaya ditanggung oleh fakultas. . Acara seperti itu biasanya ada 1 tahun 2 kali. - Apakah Fakultas Geologi pernah mengadakan gathering bersama antar dosen dan juga karyawan yang lain ? Pernah. lalu diganti menjadi workshop.

Niniek Rina Herdianita. biasanya disini kalau ada tamu yang datang dicuekin begitu saja oleh para dosen. akan tetapi sekarang tergabungnya kedalam Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian. Sekarang saya intens mengajar pada mahasiswa S1 dan juga S2. . lalu pada tahun 2002 sudah menjadi dosen tetap di ITB. jadi semakin tinggi IP mereka semakin besar peluang mereka untuk masuk geologi. Geologi ITB lebih dikenal luas dimasyarakat dalam hal migas. yaitu acara halal bihalal. IPK minimal untuk masuk geologi yaitu 2. jadi kalau ada tamu yang datang akan berhadapan langsung dengan PR. Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian ITB ) Sudah berapa lama ibu bekerja di Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian ITB ? Saya sudah masuk menjadi staff pada tahun 1992. Jujur saya pribadi menginginkan adanya divisi PR di faklutas ini. Pernah juga ada acara outbond. karena tugas PR sangatlah penting. untuk S1 saya mengajar geokimia dan untuk S2 saya mengajar geothermal - - Bisakah ibu jelaskan mengenai prodi Geologi ITB ? Dahulu geologi ITB bergabung dalam Fakultas Pertambangan dan Perminyakan. Untuk masuk geologi selain minat dari mahasiswa dilihat juga IPK mahasiswa pada tahun mereka kuliah. (Dosen Geokimia dan Panas Bumi . akan tetapi dosen tidak ikut serta hanya karyawan saja yang mengadakan. jadi mahasiswa disini kami didik dan kami arahkan untuk bekerja pada sektor migas. Msc. Contohnya membawa tamu.5 - Apakah FIKB ITB memiliki PR ? Disini belum ada PR. - Apakah Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian pernah mengadakan gathering bersama antar dosen dan juga karyawan yang lain ? Kalau acara bersama biasanya dilakukan ketika telah lebaran dan natal.

Maksudnya begini. saya harap demikian. terutama prodi geologi. . Menurut saya hal itu mulai terjadi semenjak ada peristiwa lumpur Sidoarjo dan juga banyak gempa terjadi di Indonesia.- Menurut ibu bagaimana perkembangan FITK ITB . Kalau ada dosen yang sedang mengerjakan proyek juga. jadi pasti setiap Universitas memiliki kelebihan masing-masing. Jika ada dosen yang sedang mengerjakan proyek tidak lupa mahasiswa juga di ikut sertakan. banyak dosen ITB yang memang memiliki pekerjaan tetap di sebuah perusahaan swasta jadi proyek tersebut bisa dibilang memang sudah tugas mereka juga. - Bagaimana pandangan ibu mengenai Fakultas Teknik Geologi Unpad ? Menurut saya FTG Unpad masih berada dalam baying-bayang geologi ITB. maka dari itupun kami menambah jumlah mahasiswa setiap tahunnya. Seharusnya mereka terutama mahasiswanya harus memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. jadi jadwal mengajarnya bisa ganti hari. bila Unpad sedang bersama-sama dengan ITB baik itu mahasiswa maupun dosen suka minder duluan kalau ketemu. Proyek tersebut bukan semata-mata untuk mencari keuntungan pribadi saja. mungkin mereka penasaran ingin memepelajari dan menanggulangi semua itu. - Bagaiamana menurut ibu mengenai dosen yang mengerjakan proyek (dosen proyekan) ? Setiap dosen pasti menjalankan fungsi tridharma. apakah semakin banyak mahasiswa yang berminat ? Semakin tahun semakin banyak calon mahasiswa yang mendaftarkan dirinya pada Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian. Kalau dari sisi dosen kerjasama tersebut dalam bentuk penelitian bersama. - Apakah FITK ITB pernah melakukan kerjasama dengan Fakultas Geologi Unpad ? Kalau dari sisi mahasiswa kami melakukan kerjasama dalam bidang kompetisi.. karena hal tersebut sangat penting untuk mahasiswa selain untuk menambah CV dan juga menambah pengalaman. karena bidang kajian geologi kami pun berbeda dengan Unpad.

Selain itu fakultas Ilmu dan teknik Kebumian memiliki akreditasi A. Jadi dalam Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian ITB terdapat 4 prodi yaitu Geologi. Akan tetapi semakin lama semakin banyak peminat dari kalangan perempuan. tapi yang jelas sudah lebih dari 20 tahun berdiri. sebenarnya tidak ada larangan untuk kedua univeristas tersebut menjalin kerjasama. dari total angkatan 2008 yang berjumlah 80 orang. Hal tersebut tentu saja untuk mendukung pendidikan dan juga penelitian y Harapan saya yang lain. yaitu 2008. adanya kolaborasi kerjasama dengan universitas lain. dalam hal ini yaitu kerjasama alat-alat laboratorium. jadi untuk masuk geologi selain dilihat minat mahasiswanya juga nilai IPK pada semester 1 dan 2. . Semakin tinggi IPK mahasiswa maka kesempatan dia masuk geologi semakin besar. adanya pergantian alat-alat pada laboratorium karena alat-alat tersebut sudah lama (dibandingkan dengan universitas lain yang ada di luar negeri). Rivan (Kepala Departemen Keprofesian Himpunan GEA (Hima Geologi ITB) ) - Coba kamu ceritakan mengenai jurusan Geologi ITB ? Geologi di ITB bukan merupakan jurusan akan tetapi disebut dengan prodi (bisa dikatakan juga peminatan). Sudah berapa lama prodi Geologi ITB berdiri ? Wah saya lupa. Misal Fakultas Teknik Geologi Unpad belajar di Laboratorium FITK ITB. - - Bagaimana dengan jumlah mahasiswa dan mahasiswi di prodi Geologi ITB ? Yang pasti mahasiswa perempuan lebih sedikit. dan Meteorologi.- Apa harapan ibu bagi Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian ITB ? y Harapan saya yaitu. Angkatan kami. dari keseluruhan angkatan yang berjumlah 80 orang terdapat 28 mahasiswa perempuan. Prodi Geologi merupakan yang paling banyak peminatnya. Oceanografi. Terbukti pada angakatan 2009. Geodesi. hanya memiliki 17 mahasiswa perempuan.

Kelebihan mereka dari kita yaitu. Dulu kan lulusan geologi biasanya kerja langsung di lapangan (jadi untuk perempuan bias dikatakan agak berat juga). Menurut dosen saya alasan dinaikan jumlah mahasiswa kerana pihak fakultas sudah mampu meningkatkan fasilitas dan juga sarana dan prasarana. Biasanya kalau kuliah 1 kelas ada 80 mahasiswa. belum ada penjurusan. jadi kami tidak ketinggalan pelajaran - Bagaiamana pandangan kamu mengenai Fakultas Geologi Unpad ? Wah kebetulan kami belum pernah melakukan perbandingan antar fakultas. Akan tetapi berhubung kelasnya nyaman dan luas jadi perkuliahan pun tetap berjalan dengan efektif. Dosen kalau sedang proyekan biasanya ngasih tugas sama mahasiswa. Tapi menurut saya secara umum Fakultas Geologi Unpad cukup bagus. tujuannya yang pasti untuk pembelajaran mahasiswa tersebut. Setelah proses awal dikerjakan mahasiswa selanjutnya dosen yang mengerjakan. Jadi awalnya mahasiswa yang mengerjakan proyek tersebut. atau asisten dosennya yang masuk menggantikan dosen yang bersangkutan. . mereka sudah belajar mengenai geologi dari tahun pertama.Setiap tahunnya jumlah mahasiswa semakin meningkat. - Bagaiamana dengan proses belajar dan mengajar di Geologi ITB ? Pada tahun pertama masih kuliah wajib (TPBM). Mungkin hal itu juga dipengaruhi oleh faktor lapangan pekerjaan. Jadi bisa dibilang mereka jenjang perkuliahan dan pengusaan materi mengenani geologi lebih unggul 1 tahun dibandingkan kita. sedangkan kita baru belajar pada tahun ke-2 . Jadi bisa dibilang kerjasama proyek. Oia biasanya setiap mendekati UTS dan juga UAS pada hari Sabtu juga masih ada perkuliahan - Bagaiamana proyekan) ? menurut kamu mengenai dosen yang mengerjakan proyek (dosen Kalau disini setiap ada dosen yang mengerjakan proyek biasanya mengajak mahasiswa. sekarang banyak juga lulusan geologi yang bekerja di bagian kantornya.

Akan tetapi dari pihak kampus melarang ada kegiatan sampai malam. Soalnya kami sering melakukan kegiatan belajar bersama di sekre Hima sampai malam. apa kelebihan geologi dibandingkan dengan Fakultas Geologi Unpad? Disini kami memiliki laboratorium Sand Box (konsep pemodelan sedimen). padahal mahasiswanya sendiri semangat untuk mengikuti belajar bersama sampai malam. y Yang terakhir kami berharap materi pengajaraan di luar kelas (di lapangan) lebih banyak. bahwa ide dari Sand Box itu sendiri berasal dari salah satu dosen ITB. - Apa harapan kamu untuk Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian ITB. Yang makin membuat saya bangga adalah. Seperti Geologi ITB yang unggul di bidang geologi migas. nama programnya yaitu Geosociety (penyuluhan di daerah-daerah rawan bencana di Bandung). asalkan nilainya bagus dan juga harus mengikuti seluruh persyaratan serta melakukan tes wawancara. Temanya sendiri yaitu mengenai mitigasi (bencana). Laboratorium ini hanya 1 di Asia Tenggara. contohnya gempa bumi (gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung merapi yang masih aktif). - Ngomong-ngomong event apa yang akan dibuat oleh HIMA GEA dalam waktu dekat ? Kami akan mengadakan bulan sebuah event pada bulan Mei.Selain itu tentunya setiap Universitas punya keunggulan masing-masing. orang-orang Bandung banyak yang belum menyadari bahwa Bandung merupakan daerah rawan bencana. Bisa dibilang Bandung terutama Ciater merupakan daerah rawan bencana. terutama prodi Geologi ? y Sebagai mahasiswa kami berharap kalau Geologi ITB semakin lama semakin bagus y Kami ingin kampus terus dibuka sampai malam. Jadi kami ingin . hanya ITB yang memilikinya. setahu saya Fakultas Geologi Unpad lebih unggul di bidang mineralugi - Menurut kamu. agar kami bisa tahu juga keadaan sesungguhnya di lapangan seperti apa. - Apakah di Geologi ITB mahasiswa bisa menjadi asisten dosen ? Ya bisa.

. sebagai rangkaian dari acara Geosociety tersebut. lebih baik mencegah daripada mengobati bukan.mengingatkan masyarakat agar jangan sampai terlalu terlena dengan keadaan. Selain program Geosociety kami pun akan mengadakan Geotrek yaitu jalan-jalan menyusuri jejak geologi gunung Tangkuban Perahu.

Fakultas ini memiliki akreditasi B. Sebagai seorang PR tentu menginginkan yang terbaik bagi kliennya. Setiap universitas yang memiliki fakultas atau jurusan geologi pastilah mempunyai kekhasannya masing-masing : y y y Fakultas Geologi ITB lebih mempelajari tentang perminyakan Fakultas Geologi UGM lebih mempelajari tentang bahan galian . contohnya emas Fakultas Geologi Unpad lebih mempelajari pada ketekhnikan seperti geoteknik. karena banyak pekerjaan yang harus dilakukan di lapangan. Mungkin. Sebelum menjadi fakultas seperti sekarang ini geologi merupakan salah satu jurusan yang terdapat pada Fakultas MIPA. Dikarenakan FTG Unpad baru berdiri 4 tahun jadi belum mempunyai ikatan alumni. Ketika ditanya kepada dosen FTG beliau berkata bahwa pada dasarnya ilmu kebumian atau geologi memang agak berat untuk perempuan. dan juga kemampuan spasial perempuan lebih rendah dibandingkan laki-laki. Di FTG pemetaan merupakan hal yang wajib dilakukan. Bahkan sampai ada yang berkomentar ³kering mata gw kuliah di FTG. Barangkali dengan membuat suatu acara yang dapat memotivasi calon mahasiswi agar tertarik belajar di FTG Unpad maka titik equilibrium (keseimbangan) mahasiswa menjadi seimbang. lingkungan. o Situation . lulusannya lebih siap untuk bekerja di lapangan. yang awalnya mahasiswa banyak yang malas untuk ke kampus karena ³kurangnya . karena kemampuan lapangannya lebih banyak dibandingkan universitas lain. Menurut ketua BEM KM ³HMG´ FTG Unpad saat ini pembuatan ikatan alumni FTG sedang dalam proses.Kesimpulan yang kami dapatkan berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber serta data yang kami peroleh dari internet adalah adalah sebagi berikut : o Organization Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadajaran berdiri pada tahun 2007. ga ada pemandangan yang bikin mata seger´. kewilayahan yang lebih dikenal dengan minearalugi Kelebihan FTG Unpad dibandingkan dengan universitas lain yaitu. Mahasiswi di FTG Unpad sangat sedikit.

Yang jelas sepengetahuan kami ketika melakukan wawancara dari pihak fakultas memberitahukan bahwa persoalan dosen proyekan sudah ada jalan kelaurnya melalui tim pengajar tadi. Koor Riset dan juga dosen FTG mengenai hal tersebut. kunjungan kampus pun perlu dilakuakan. akan menjadi lebih rajin pergi ke kampus dan semangat untuk belajar. Seharusnya menurut pendapat kami kerjasama tersebut tidak hanya dalam bidang penelitian saja. Seperti yang telah dikatakan Ibu Rina (dosen ITB) . dimana selain mencari pengalaman mahasiswa pun dapat mengumpulkan bahan untuk skripsi. Karena setelah kami wawancara belum pernah terjadi kunjungan kampus dari pihak Unpad ke ITB ataupun sebaliknya. Selain bisa meningkatkan hubungan kekeluargaan diantara 2 univeristas tersebut juga dapat menjadi acuan agar kedua universitas tersebut dapat terus meningkatkan kualitasnya.pemandangan´ . Memang benar ada dosen yang melakukan proyek sebagai salah satu perwujudan dari Tridharma yaitu penelitian. FTG Unpad sering melakukan kerjasama dengan universitas lain contohnya ITB dalam bidang riset. kami sudah melakukan konfirmasi kepada Dekan FTG Unpad. Hasil riset itu sendiri bisa menjadi pembelajaran kepada mahasiswa mengenai kenyataan di lapangan. Bahkan terkadang dosen pun mengajak mahasiswa untuk melakukan proyek. sedangkan pada kenyataannya menurut mahasiswa dosennya banyak yang tidak mengajar. kita harus cari ilmu sendiri dan juga belajar dengan senior´. beliau sangat mengharapkan sekali . Bahkan mahasiswa 2007 berpendapat ³jika ingin kuliah di geologi. Kunjungan tersebut tentu dapat meningkatkan hal positif diantara keduanya. Memang proyek tersebut sangat penting sebagi reputasi seorang geologist yang pada kenyataannya memang harus melakukan penelitian. Sepertinya ada perbedaan pendapat dan miss komunikasi antara mahasiswa dengan dosen. Mengenai dosen yang jarang mengajar mungkin karena beliau ada urusan lain atau entah apa. Informasi mengenai dosen proyekan yang berada di FTG Unpad. akan tetapi agar tidak mengganggu jadwal mengajar dibentuklah tim pengajar bila dosen yang bersangkutan berhalangan hadir diganti oleh dosen lain (yang tidak sedang melaksanakan proyek) untuk mengajar.

Hal seperti itu harus dihilangkan. Kepala Departemen Keprofesian Himpunan GEA (Hima Geologi ITB. Menurut ibu Rina. o Opini Public Kategori public yang kami wawancara adalah sebagai berikut : Costumer public Ketua BEM KM ³HMG´ Fakultas Teknik Geologi Unpad. Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Teknik Geologi Unpad Koordinator Riset Fakultas Teknik Geologi Unpad . Di Fakultas Teknik Geologi Unpad tidak mempunyai divisi Public Relations di dalam struktur organisasinya. beliau paham bahwa FTG masih memiliki kekurangan dalam hal fasilitas alat-alat laboratorium. Seperti FTG Unpad yang unggul di bidang mineralugi dan juga memiliki kemampuan lapangan lebih banyak dibandingkan dengan universitas lain. Sebagai seorang PR kita harus bisa meyakini dan menjelaskan kepada mereka bahwa setiap Universitas pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.adanya kerjasama pemakaian laboratorium. toh itupun sama-sama demi memajukan pendidikan anak-anak bangsa. FTG Unpad selalu menjadi bayang-bayang dari FITK ITB. jadi tidak ada salahnya FTG Unpad belajar di Laboratorium ITB. apabila berlarut-larut dibiarkan maka bisa-bisa tingkat kepercayaan diri mahasiswa akan menurun. Sepertinya PR merupakan pekerjaan yang mudah yang bisa dilakukan semua orang. beliau kurang begitu paham mengenai peran PR di suatu lembaga. Berdasarkan analisis kami. Beberapa mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Unpad. Producers Dosen Fakultas Teknik Geologi Unpad. Menurut Kabag Tata Usaha semua pegawai dan juga dosen di FTG Unpad melaksanakan fungsinya sebagai PR. Maksudnya bila ada pertemuan FTG Unpad dengan FITK ITB (baik itu dosen ataupun mahasiswa) mereka merasa dirinya minder.

Selama kurun waktu itulah geologi merasa kurang pas dan kurang membaur dengan jurusan lain yang ada di Fakultas MIPA. Menurut beliau pada tahun 1959 hingga tahun 2007 geologi berada di bawah naungan Fakultas MIPA. Dekan Fakultas Teknik Geologi Unpad Pembantu Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Geologi Unpad Media Pikiran Rakyat Rektorat Berdasarkan opini public yang telah kami dapatkan. karena sebanyak apapun kerjasama yang dilakukan oleh jurusan geologi dengan pihak luar pasti selalu di atas namakan Fakultas MIPA (jurusan tidak memiliki kewenangan untuk memiliki ³cap´ atas kerjasama). Sebelumnya Geologi merupakan salah satu jurusan yang terdapat di Fakultas MIPA. Semakin lama geologi merasa sebagai ³sapi perah´ di Fakultas MIPA. kami simpulkan sebagai berikut : Fakultas Teknik Geologi Unpad merupakan fakultas yang baru didirikan pada tahun 2007. Akhirnya Pada tahun 2007 jurusan geologi berani untuk berdiri sendiri sebagai fakultas. karena mereka yang mengerti benar hal-hal apa saja yang memang diperlukan oleh geologi serta mereka tidak ingin menjadi ³sapi perah´ lagi. . karena tentu saja akademiknya pun pada dasarnya geologi tidak berada pada ruang lingkup MIPA. Padahal ketika itu yang dibutuhkan oleh jurusan geologi memang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan alat-alat laboratorium. Setelah kami mewawancarai Pembantu Dekan 3 perihal berdirinya geologi menjadi fakultas. kami mendapatkan informasi yang menarik.Limiters Dosen Geokimia dan Panas Bumi . Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian ITB Enablers Dosen FTG Unpad sekaligus anggota IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia).

Disamping opini dari dosen dan juga pihak pejabat fakultas. karena pemetaan merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa´. Lalu persoalan lainnya yaitu FTG Unpad hanya memiliki 1 gedung. FTG Unpad hanya memiliki 7 buah mikroskop untuk seluruh mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan disana. Bahkan mahasiswa angkatan 2010 (yang notabene baru masuk) berpendapat kalau dosen geologi jarang masuk kelas. Maka dari itu untuk mengatasi keterbatasan ruangan yang terdapat di dalamnya. kami pun mengumpulkan opini dari beberapa mahasiswa. lulusan Fakultas Teknik Geologi Unpad memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh universitas competitor. beliau menjawab bahwa FTG Unpad masih berada dalam bayang-bayang geologi ITB. bila Unpad sedang bersama-sama dengan ITB baik itu mahasiswa maupun dosen suka minder duluan kalau ketemu. Untuk memecahkan persoalan tersebut maka pihak fakultas membuat jadwal praktikum tambahan pada hari Sabtu dari pagi sampai siang. Seharusnya mereka . Kami mendapatkan informasi mengenai dosen yang selain mengajar juga melakukan proyek di perusahaan lain. Ketika ditanya mengenai Fakultas Teknik Geologi Unpad di mata salah satu dosen. Menurut dosen FTG yang juga sebagai anggota IAGI. apalagi fakultas baru seperti FTg ini. setiap faklutas pastilah mempunyai masalah yang dihadapi. ³Lulusan Teknik Geologi Unpad mampu bersaing dengan universitas lain dan mereka lebih siap untuk bekerja di lapangan dibandingkan lulusan universitas lain. bahkan dikarenakan dosen tersebut melakukan proyek tak jarang jadi meninggalkan tugasnya mengajar. Selain itu kami pun mengumpulkan opini public dari aspek competitor. seperti kurangnya alat-alat laboratorium. Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian Institur teknologi Bandung. dimana yang kami wawancarai yaitu dosen serta mahasiswa prodi Geologi.Menurut Dekan FTG Unpad. Saat ini Fakultas Teknik Geologi Unpad sedang mengalami kendala di sector sarana dan prasarana. Maksudnya begini. mahasiswa semester 1 dan 2 melakukan proses belajar mengajar di gedung PTBS. Banyak mahasiswa yang berpendapat bahwa proyek tersebut hanya menguntungkan individu dosen tersebut. Walaupun begitu.

Mengenai hubungan media dengan Fakultas Teknik Geologi sendiri. Walaupun wartawan Pikiran Rakyat yang kami wawancarai hanya pernah 1 kali berhubungan dengan FTG Unpad yaitu ketika membuat profile mengenai salah satu guru besar Fakultas Teknik Geologi Unpad. Secara keseluruhan beliau mengakui bahwa hubungan dengan Universitas Padjadjaran sangatlah baik hal ini dikerenakan humas Unpad yang sangat aktif dan kooperatif terhadap media massa. . sejauh ini memiliki hubungan yang cukup bagus. jadi pasti setiap Universitas memiliki kelebihan masing-masing. karena bidang kajian geologi kami pun berbeda dengan Unpad. dan sangat membantu wartawan ketika mereka membutuhkan informasi.terutama mahasiswanya harus memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

TUGAS PR STRATEGI FAKULTAS TEKNIK GEOLOGI Kelompok 6 : Raka Restu Ramanda 210110080111 Nova Crsitina Dewi Anggita Herladianti Annisa Puji Utami Aditya Yudanegara Kantry Maharani 210110080237 210110080356 210110077045 KIB 053144 210110077075 Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran 2010 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful